38 Tempat Wisata Di Bengkulu Paling Memukau 2018

Kenapa sih memilih weekend di Bengkulu? Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti mengakui Bengkulu tertinggal dalam hal pariwisata dengan provinsi tetangga. Padahal, potensi wisata Bengkulu cukup menjanjikan. Pariwisata digadang-gadang menjadi unggulan Bengkulu, selain pertanian dan produk maritim. Jadi, kenapa kalian wajib liburan ke sana? Alasan pariwisata sebagai unggulan di Bengkulu karena dukungan alam yang indah baik di gunung ataupun di pantai. Bengkulu punya jejeran pantai menawan dari Pantai Panjang sampai Pantai Linau yang bening. Di gunung ada bunga Rafflesia arnoldii, danau dan air terjun. Semua menunggu para petualang sejati. Yang kedua adalah dukungan sejarah masuknya Belanda, Inggris dan Portugis dengan situs yang masih ada sekarang. Di samping juga sejarah pengasingan Bung Karno. Benteng Marlborough asyik untuk dikunjungi. Rumah pengasingan Soekarno dan Rumah Fatmawati adalah objek sejarah yang juga sangat penting untuk Indonesia. Belum lagi Masjid Jami, hasil rancangan Soekarno sebagai seorang arsitek. Dan yang ketiga ada beragam budaya dengan adat dan tarian serta kuliner. Jadi,kalian wajib kesini deh,simak ya beberapa destinasi tempat wisata di bengkulu di bawah ini.

Macam-macam Wisata Bengkulu Terbaru

Rumah yang pertama kalinya adalah milik pengusaha Tionghoa (Tan Eng Cian) yang bekerja untuk Belanda sebagai penyalur sembako bagi Pemerintah Belanda, kemudian disewa oleh Belanda sebagai tempat Bung Karno selama diasingkan. Nah, Di tempat ini Bung Karno tinggal dari tahun 1938 hingga 1942. Di tempat ini juga Soekarno bertemu dengan Ibu Fatmawati yang kelak menjadi istrinya dan merupakan orang yang menjahit bendera merah putih di saat proklamasi 17 Agustus 1945. Walaupun berada di pengasingan, Soekarno tidak pernah berhenti menyusun berbagai strategi perjuangan dalam rangka memperjuangkan kemerdekaan Bangsa Indonesia. Tempat wisata ini juga menyimpan bermacam benda bersejarah, diantaranya adalah sepeda ontel kesayangan Bung Karno, surat cinta Bung Karno untuk Ibu Fatmawati, sampai dengan koleksi buku serta barang peninggalan Soekarno lainnya. Harga Tiket:  Untuk dapat masuk lokasi wisata ini, anda harus membayar tiket seharga R 2.500,-.

  • Danau Dendam Tak Sudah

tempat wisata di bengkulu

Danau yang memiliki panorama memikat ini berlokasi di Kota Curup, Bengkulu Utara. Perjalanan Apabila kalian tempuh dari pusat Kota Bengkulu maka jaraknya kurang lebih 6 km. Danau ini mempunyai flora dan fauna yang begitu kaya, ditambah dengan banyak bukit hijau yang mengelilinginya membuat danau berhawa sejuk segar ini dijadikan kawasan cagar alam. Salah satu hal menyenangkan kegiatan yang bisa dilakukan ketika anda berwisata ke Danau Dendam Tak Sudah adalah naik rakit berkeliling danau serta memancing.

  • Kota Curup

tempat wisata di bengkulu

Kota Curup merupakan Ibukota dari Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu. Di kota inilah kita dapat menyaksikan secara langsung bunga terbesar di dunia yang bernama Rafflesia Arnoldi. Akan tetapi, ketika kalian akan berkunjung kemari saya sarankan  untuk membawa sweater atau jaket karena suhu kota yang dingin yakni mencapai 18oC di pagi harinya. Perlu diketahui bahwa Kabupaten Rejang Lebong sendiri adalah salah satu daerah yang berada di atas pegunungan Bukit Barisan dengan ketinggian tempat antara 100-1000 meter di atas permukaan air laut. Di sini sebetulnya akan banyak anda temukan petak-petak tanaman buah serta sayuran. Tapi petak tanaman itu tak akan terlihat jelas (samar-samar) karena berselimut kabut tebal. Jika kalian ingin melihat keindahan alam memikat, dari Kota Curup anda dapat langsung tancap gas menuju Bukit Kaba. Atau jika anda ingin merasakan sensasi mandi di sumber air panas supaya tubuh terasa segar kembali, anda dapat mengunjungi obyek wisata Suban Air Panas (sumber air panas alami yang airnya benar-benar berasal dari pegunungan yang langsung dialirkan ke kolam-kolam).

  • Benteng Marlborough

wisata di bengkulu

Dari sekian banyak daftar tempat wisata di Bengkulu yang wajib di kunjungi, salah satunya adalah banteng Marlborough. Benteng Marlborough merupakan benteng Inggris yang berfungsi sebagai benteng pertahanan untuk Kota Bengkulu sebagai suatu daerah perdagangan serta monopoli lada. Benteng ini letaknya ada di Pantai Barat Sumatera. Benteng yang konon merupakan benteng Inggris yang paling kuat di bagian timur setelah Benteng St. George yang berlokasi di Madras, India, ini dibangun oleh East India Company atau EIC pada masa pemerintahan Gubernur Joseph Callet yang berlangsung pada tahun 1713 sampai dengan 1719. Tempat tersebut mempunyai Benteng yang begitu gagah dan juga berdiri di atas lahan seluas 44.100 meter persegi dengan panjang areanya 240,5 meter dan lebar mencapai 170,5 meter, letaknya saling bertolak belakang dengan Samudera Hindia. Salah satu obyek wisata sejarah di Bengkulu ini bentuknya mirip sekali dengan kura-kura. Jadi ada jembatan yang menjadi penghubung  bagian badan dengan kepalanya.

  • Bukit Kaba

tempat wisata bengkulu

Bukit Kaba termasuk jenis gunung berapi yang masih aktif hingga saat ini. Lokasi yang satu ini masuk dalam kategori gunung aktif tipe A, maksudnya adalah gunung yang pernah meletus sejak tahun 1600 sampai dengan sekarang. Bukit yang mempunyai ketinggian 1.952 meter di atas permukaan air laut ini mempunyai 8 kawah. 5 kawah diantaranya tertutup oleh tumbuh-tumbuhan (vegetasi). Apabila kalian akan menikmati indahnya Gunung Kaba yang biasa disebut Bukit Kaba oleh warga sekitar,kalian harus mendaki anak tangga sebanyak 307 buah. Selanjutnya setelah sampai barulah tampak lukisan alam hijau Bukit Kaba yang sangat menawan. Berbagai aktivias menarik bisa kalian lakukan ketika berada di tengah weekend ke Bukit Kaba, salah satunya adalah menyaksikan indahnya Bukit Barisan, berkemah, sunset yang mempesona,serta melihat kecantikan Kota Curup yang berhias lampu-lampu ketika malam hari. Agar bisa masuk ke Obyek wisata Bengkulu yang satu ini kita harus membeli tiket seharga Rp 2.500,-. Sangat terjangkau, bukan?

  • Museum Negeri Bengkulu

oleh oleh bengkulu

Di tempat inilah beragam koleksi berupa benda cagar budaya disimpan demi keamanan. Di awal berdirinya, Museum Negeri Bengkulu ada di dalam Benteng Marlborough. Akan tetapi beberapa tahun setelah itu, lokasi benteng dipindah ke gedung baru hingga saat ini. Pemindahan lokasi dilakukan pada tanggal 3 Januari 1983. Tersedia dua ruang pameran di museum ini yang menyimpan sekitar 6.220 koleksi dengan 10 kategori. Diantaranya adalah biologika, geologika, arkeologika, historika, etnografika, numismatika, keramologika, filologika, teknologika, sampai dengan seni rupa. Sebagian besar koleksi dari museum ini adalah benda etnografi, yaitu benda-benda perlengkapan hidup. Sebagai contoh adalah senjata, kain tenun, sampai dengan benda-benda yang dipakai untuk upacara. Benda-benda yang dikoleksi ada yang termasuk benda kuno yang tentunya sudah tidak dibuat lagi masa sekarang ataupun benda yang masih diproduksi hingga saat ini. Museum ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai dngan 13.00 (kecuali pada hari Senin).

  • Danau Mas Harun Bastari

pantai di bengkulu

Danau mas harun bastari adalah tempat wisata di bengkulu yang berdekatan dengan bukit kaba. Apabila ditempuh dari pusat Kota Curup kita dapat menempuhnya dengan jarak kurang lebih 17 km. Danau Mas Harun Bastari merupakan salah satu obyek wisata keluarga favorit di Kota Bengkulu. Wahana dan permainan Wahana yang dapat dijumpai di sini antara lain adalah perahu dan sepeda air yang biasa digunakan untuk menjelajah danau. Anak-anak tentunya akan suka apabila diajak untuk berwisata ke tempat yang satu ini karena ada pula area bermain anak. Dengan permainan antara lain adalah komidi putar dan kursi ayun. Luas dari obyek wisata yang satu ini yaitu 36 hektar dengan bukit-bukit di sekitarnya banyak yang ditanami aneka sayur mayur yang segar. Alamat : Kecamatan Selupu Rejang, Kabupaten Rejang Lebong (tepi Jalan Raya Curup-Lubuk Linggau).

  • Masjid Jamik Bengkulu

objek wisata bengkulu

Salah satu peninggalan dari presiden pertama Indonesia, yaitu Bung Karno ketika diasingkan di Bengkulu adalah Masjid Jamik Bengkulu. Selama diasingkan Presiden Soekarno membangun masjid ini bersama masyarakat sekitar. Penuh sejarah dan nilai budaya atap masjid yang berbentuk limas merupakan simbol persatuan budaya antara Bengkulu dengan Indonesia. Hal ini merupakan nilai budaya yang diterapkan di rumah ibadah di Indonesia. Tidak heran, masjid ini adalah yang paling populer di Bengkulu karena nilai arsitekturnya yang tinggi. Selain tempat wisata di bengkulu ada  yang memiliki masjid yang sangat indah, masjid ini beralamat di Jalan Soeprapto, Bengkulu.

  • Sungai Air Berau

wisata kota bengkulu

Seperti halnya yang memiliki objek wisata arung jeram, wisata di bengkulu terbaru yang selanjutnya adalah Sungai Air Berau. Ini cocok sekali bagi kalian yang suka petualangan. Di sungai ini kalian dapat melakukan olahraga arung jeram yang bisa memicu adrenalin. Arus sungai yang begitu deras membuatnya pas untuk melakukan arung jeram. Yang beralamatkan di kabupaten Muko-muko, Bengkulu. Selain olahraga arung Tempat olahraga air jeram, yang menjadi daya tarik obyek wisata yang satu ini adalah adanya upacara adat bernama upacara anak daro  mandi ke air, maksudnya adalah upacara memandikan bayi baru lahir ke Sungai Air Berau.

  • Air Terjun Curup

tempat wisata di bengkulu

Tempat wisata di bengkulu yang paling indah berikutnya adalah air terjun curup. Apabila anda tengah berada di Bengkulu, jangan lupa juga untuk datang melihat keindahan air terjun ini. Dengan alam hijau di sekitarnya dan juga adanya danau, sangat menarik dijadikan destinasi wisata keluarga. Keunikan Air terjun curup mempunyai banyak keunikan yang dapat membuat anda sangat menikmati wisata alam dari provinsi bengkulu ini, diantaranya adalah ada beberapa air terjun, bukan hanya satu saja. Air dan pemandangan yang sangat menonjol di sekelilingnya. Selain itu air terjun ini juga memiliki batu batuan serta dangkal yang memuatnya dapat dijadikan tempat berendam bagi wisatawan.

  • Danau Lebong

wisata di bengkulu

Danau ini sebetulnya adalah bekas galian tambang batubara. Namun sayangnya tak direklamasi. Danau Lebong pemandangannya sangat memukau. Airnya biru muda jernih dan terkadang akan berubah warna jadi kehijauan ketika terkena cahaya mentari. Karena Jarak dari lokasi danau yaitu Taba Panunjang dari Bengkulu lumayan jauh, maka untuk mencapai obyek wisata yang satu ini kita perlu persiapan matang dan perjuangan keras. Akan tetapi ketika sampai di lokasi wisata, semua lelah akan hilang. Dibayar oleh pesona panorama Danau Lebong. Perlu diketahui bahwa air danau ini adalah air yang beracun dan dapat membuat lingkungan tercemar. Bengkulu merupakan salah satu provinsi yang berada di Sumatera yang memiliki banyak keindahan alam dan tempat wisata alam seperti danau, pantai, hingga air terjun. Sangat jarang tempat wisata di Indonesia yang memiliki keindahan alam seindah Bengkulu.

Tempat Wisata Bengkulu

  • Pusat Pelatihan Gajah Seblat

tempat wisata bengkulu

Bukan Lampung saja yang memiliki fasilitas Pusat Pelatihan Gajah (PLG). Bengkulu memiliki Pusat Pelatihan Gajah Seblat, tepatnya di Bengkulu Utara. Harga tiket masuk Pusat Pelatihan Gajah Seblat cukup terjangkau. Tidak lebih dari Rp. 50.000. PLG Seblat menjadi destinasi wisata edukasi untuk keluarga atau anak-anak. Kita akan belajar mengenali berbagai macam flora dan fauna yang ada di Hutan Wisata Seblat. PLG Seblat berada di Taman Wisata Alam Seblat, Kecamatan Putri Hijau.

  • Arung Jeram Sungai Ketahun

oleh oleh bengkulu

Kabupaten Lebong, Bengkulu, mempunyai wisata andalan yang dapat memicu adrenalin kita. Bukan hanya wisatawan lokal Bengkulu saja, wisatawan nusantara dan mancanegar akan tergiur deras dan keelokan Sungai Ketahun. Pesona alam sungai Ketahun akan sanggup membuat kita terpukau. Nangai Silai, inilah spot yang dijuluku sebagai Green Canyon-nya Kabupaten Lebong. Kita bisa melihat goa alami yang terbentuknya dari pepohonan di samping kanan dan kiri sungai yang saling bertemu. Rimbun pepohonan tersebut membentuk lorong yang terlihat seperti gua. Arung Jeram Sungai Ketahun ini memakan waktu hingga sekitar 3 jam. Pastinya kita akan sangat senang dan puas menjajal petualangan di Arung Jeram Sungai Ketahun ini.

  • Perkebunan Teh Kabawetan

pantai di bengkulu

Sudah pernah mencoba merasakan kesegaran udara pegunungandi  Perkebunan Teh Kabawetan? Hamparan perkebunan teh nan hijau membuat hati terasa sejuk dan juga damai. Dan memang tempat wisata di Bengkulu ini sangat cocok buat mengisi liburan akhir minggu baik dengan keluarga maupun dengan teman. Jangan berharap dengan fasilitas yang mumpuni seperti di tempat wisata pada umumnya. Kita harus menyiapkan segalanya, termasuk bekal makanan dan minuman. Berada di jajaran bukit barisan, perkebunan teh ini memiliki pemandangan yang indah.

  • View Tower

objek wisata bengkulu

Tower ini berfungsi untuk memantau kemungkinan terjadinya bencana tsunami. Namun banyak juga wisatawan yang tertarik untuk menaikinya dan melihat Kota Bengkulu dari ketinggian. Kebayang kan kalau kita selfie dengan latar belakang Kota Bengkulu dari atas tower ini. Di malam hari, banyak anak muda sampai orang dewasa nongkrong di bawah View Tower. Menjadi tempat nongkrong di Bengkulu dengan berbagai macam kuliner di areal View Tower.

  • Tugu Thomas Parr

wisata kota bengkulu

Tugu ini berada di antara Polresta Bengkulu, Benteng Marlborough, dan Pasar Baru Koto 2. Didedikasikan kepada Residen Inggris di Bengkulu kala itu, Thomas Parr, yang tewas saat terjadi kerusahan dengan rakyat Bengkulu. Bangunan cagar budaya berbentuk octagonal ini masih terawat dan berdiri dengan megah. Menjadi tempat wisata bengkulu yang sering dikunjungi wisatawan nusantara maupun mancanegara.

  • Rumah Ibu Fatmawati

tempat wisata di bengkulu

Rumah Ibu Fatmawati masih berdiri dengan anggun di Jalan Fatmawati, Penurunan, Kecamatan Ratu Samban. Tak jauh dari pusat kota Bengkulu. Beberapa bagian sudah dilakukan rehabilitasi agar tetap terjaga dan bisa dijadikan pelajaran bagi generasi berikut. Rumah dengan arsitektur sederhana namun cantik khas Bengkulu ini menyimpan cerita dan berbagai benda bersejarah berdirinya NKRI.

Di rumah ini kita bisa melihat dari dekat mesin jahit yang digunakan untuk menjahit Sang Saka Merah Putih. Juga masih tersimpan baju kebaya yang biasa beliau kenakan. Di dinding terdapat berbagai foto keluarga yang terpajang rapi.

Oleh-Oleh Khas Dari Kota Bengkulu

  • Kue Perut Punai

Punai adalah nama dari jenis burung, tapi jangan salah sangka dulu kalau kue ini adalah kue yang berbahan utama burung punai oleh oleh bengkulu. kue perut punai merupakan kue yang memakai  bahan dasar model pembuatan kue biasanya bahanya saja penamaan ini diberikan karena wujudnya yang sama dengan perut burung puna.

  • Kain Besurek

Menurut warga Bengkulu, Besurek berasal dari dua kata Melayu, yakni be(r) yang berarti mempunyai atau memiliki, dan surek  yang artinya surat/tulisan. Jadi, Kain Besurek adalah kain yang memiliki tulisan atau surat. Memang demikianlah adanya. Lembaran kain dengan motif tulisan serupa kaligrafi Arab, namun bukan kaligrafi ataupun ayat Al Quran. Hanya motif arab gundul yang tak ada artinya. Ada dua pendapat mengenai sejarah kain Besurek ini. Konon pada sekitar abad ke-16 kain Besurek diperkenalkan oleh para pedagang Arab dan India yang berlayar ke pesisir barat Sumatera. Ada juga yang mengatakan bahwa batik Besurek ini adalah hasil akulturasi budaya membatik yang dikenalkan pada masa kedatangan Sentot Alibasyah, panglima perang Pangeran Diponegoro yang diasingkan oleh penjajah Belanda. Terdapat beragam motif seperti kaligrafi, bunga rafflesia, burun kuau, relung kaku dan rembulan. Sayangnya, saat ini semakin sulit didapati pengrajin kain Besurek yang asli handmade. Lebih banyak hasil print pabrikan. Semoga salah satu warisan wastra nusantara ini tetap lestari keberadaannya.

  • Sirup Jeruk Kalamansi

Pertama kali mencobanya ketika datang ke festival kopi di sport arena Pantai Panjang Bengkulu. Sesapan pertama langsung membuat saya jatuh cinta. Aduh, sumpah! Sirup jeruk Kalamansi ini enak banget! Apalagi diminum dingin, beuh… segar di tenggorokan. Saya nyesel kemarin cuma beli 2 botol. Tau gitu beli sekardus. Sirup ini terbuat dari sari buah jeruk Kalamansi dan gula pasir yang diolah hingga menjadi sirup. Satu botol ukuran sedang bisa jadi sekitar 40 gelas. Oiya, harga per botolnya bervariasi ada yang Rp. 25.000,- ada juga yang Rp. 50.000,- dll tergantung jumlah isinya.

  • Lempok Durian

Lempok durian atau yang disebut juga dengan dodol durian merupakan olahan daging buah durian yang matang dicampur dengan gula dan sedikit tepung terigu. Teksturnya kenyal, rasanya manis dan wangi khas durian begitu terasa ketika dikunyah. Unch banget lah kalau buat pecinta durian.

  • Kue Bay Tat

Kue ini berbentuk segi empat dengan tampilan mirip pie dengan isian selai nanas. Komposisinya terdiri dari tepung gandum, gula pasir, telur ayam dan mentega. Rasanya lembut, manis dan renyah. Menurut info dari guide famtrip, dulunya kue Bay Tat hanya dihidangkan untuk para raja. Namun sekarang sudah menjadi ikon makanan khas Bengkulu yang dapat dikonsumsi semua kalangan.

Macam-macam Pantai Kota Bengkulu

Jangan khawatir mencari Pantai di Bengkulu yang cocok buat kalian, Karena saya akan mengulas secara singkat tempat wisata di Bengkulu simakya beberapa macam pantai di bawah ini dan lokasinya.

  • Pantai Linau  

wisata di bengkulu

Berlokasi di Jalan Lintas Barat, Maje, Linau, Maje, Kabupaten Kaur, Bengkulu

  • Pantai Aluran Pandan

Berlokasi di Desa Pajar Bulan,Kaur, Bengkulu

  • Pantai Pasar Bawah

tempat wisata bengkulu

Pantai ini terletak di Pasar Bawah, Pasar Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan, Bengkulu

  • Pantai Panjang Bengkulu

oleh oleh bengkulu

Tempat wisata Bengkulu berikutnya yaitu Pantai Panjang. Dikenal sebagai Pantai Panjang karena pantai ini memiliki garis sepanjang 7 kilometer. Pantai Panjang ini berada di kawasan strategis pariwisata Bengkulu, ketika tempat ini menyediakan fasilitas publik dan akomodasi. Dari pusat kota, anda hanya perlu waktu sekitar 15 menit untuk sampai di pantai ini. Pantai Panjang ini menyuguhkan bermacam macam fasilitas bagi para pengunjung, yakni restoran, café, pusat perbelanjaan, arena bermain anak-anak, sampai kegiatan olahraga. Ngga kaget kalau di pantai ini selalu padat pengunjung dan dijadikan tempat populer. Keindahan lainnya yang menjadi daya tarik pantai ini merupakan di sepanjang bibir pantai ditumbuhi pohon pinus dan cemara yang berjajar. Pasir putih yang halus terasa nyaman ketika kalian berjalan menyusuri pinggir pantai ini di pantai karena di pinggir pantai ini tersedia jogging treck.

  • Pantai Way Hawang 

pantai di bengkulu

Pantai ini berada di Way Hawang, Maje, Way Hawang, Kaur, Kabupaten Kaur, Bengkulu

  • Pantai Lentera Merah  

objek wisata bengkulu

Ini dia Lentera Hijau dan Lentera Merah yaitu di Pulau Baai, Kp. Melayu, Kota Bengkulu, Bengkulu. Selain mempunyai fungsi yang sangat penting bagi transportasi laut kita, tempat ini menjadi objek yang banyak dikunjungi warga Bengkulu karena Keindahan Alamnya. Tidak hanya sekedar berfoto, banyak juga yang memancing ikan di sekitar Lentera Merah.

  • Pantai Jakat

wisata kota bengkulu

Berada di kelurahan Bajak, Kecamatan Teluk Segara Kota Bengkulu,lokasinyasekitar 1 kilometer dari pusat Kota Bengkulu.

  • Pantai Manula

tempat wisata di bengkulu

Pantai ini terletak di Kecamatan Nasal Kabupaten Kaur Propinsi Bengkulu

  • Pantai Bengkenang

wisata di bengkulu

Terletak di jl.Lintas antara Kab.Manna dengan Kab.Kaur, Bengkulu.

  • Pantai Sungai Suci

tempat wisata bengkulu

Pantai ini berada di Pasar Pedati, Pd. Klp., Kabupaten Bengkulu Tengah, Bengkulu

  • Pantai Padang Betuah

oleh oleh bengkulu

Terletak di Padang Betuah, Pd. Klp., Kabupaten Bengkulu Tengah, Bengkulu.

  • Pantai Tapak Balai

Di Bengkulu Utara ada satu pulau kecil imut yang unik. Pantai Tapak Balai, yang berada di Desa Tebing Kandang, Kecamatan Air Napal. People sering menyebutnya dengan Tanah Lot-nya Bengkulu. Pulau kecil ini letaknya sangat dekat dengan daratan. Namun kita tidak bisa begitu saja menyeberanginya. Harus menunggu air laut surut karena ombak di pantai ini lumayan besar.

Wisata Bengkulu Terkenal Tahun Ini
  • Pulau Enggano

objek wisata bengkulu

Bengkulu juga memiliki pulau terluar Indonesia. Akan tetapi untuk menuju ke Pulau Enggano kita harus menempuhnya dengan kapal dan membutuhkan waktu sekitar 12 jam. Jika memakai pesawat perintis hanya membutuhkan waktu kurang dari 1 jam perjalanan. Pulau Enggano memang memiliki daya tarik bagi wisatawan termasuk objek wisata bengkulu. Bahkan banyak sekali wisatawan asing yang datang ke Pulau Enggano, terutama para surfer professional. Pantainya yang menawarkan kedahsyatan ombak yang dicari-cari oleh para peselancar. Pulau Enggano memang menjadi tempat wisata andalan di Bengkulu Utara. Diharapkan kan lebih banyak lagi wisatawan asing yang datang kemari.

  • Pulau Tikus

wisata kota bengkulu

Pulau Tikus ini dulunya digunakan oleh para pelaut yang berlindung dari hantaman badai yang ganas di Samudera Indonesia. Saat ini menjadi salah satu tempat wisata di Bengkulu yang indah. Untuk menuju pulau Tikuskita dapat menyewa kapal di Pantai Jakat. Dengan waktu tempuh berlayar sekitar 1 jam. Sedangkan kalau melalui Pelabuhan Pulau Baai hanya memerlukan waktu sekitar 40 menit.

  • Pantai Tapak Paderi Bengkulu

tempat wisata di bengkulu

Pantai Tapak Paderi Bengkulu dulunya adalah pusat pelabuhan laut Pemerintahan Inggris. Saat ini sudah menjadi salah satu destinasi wisata kota bengkulu yang paling hits . Tempat wisata pantai di Bengkulu ini masih dalam deretan Pantai Panjang di Bengkulu. Kita bisa menikmati suasana keindahan sunset. Ditemani jagung bakar dan kuliner lainnya melengkapi pemandangan pantai yang sangat menawan ini.

  • Air Terjun Muara Kemumu

wisata di bengkulu

Air terjun ini berlokasi di Desa Batu Kalung, Kecamatan Muara Kemumu, Kabupaten Bengkulu Utara. Kejernihan dan kesegaran air terjun ini membuat petualanganmu lebih indah. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 m. Di air terjun ini sudah tersedia fasilitas seperti masjid,lahan untuk parkir,tempat makan dan sebagainya. Dijamin ngga sedih deh kalau kesini.

Demikian artikel tentang beberapa macam destinasi di Bengkulu semoga kalian suka,pada artikel kali ini sudah saya berikan pentunjuk lokasi setiap wisatanya agar kalian tidak kebingungan jika akan kesana. Kota Bengkulu adalah kota yang mempunyai banyak destinasi yang sangat banyak dan indah,tak jarang wisatawan asing belain ke Bengkulu hanya untuk melihat tempat tempat yang indah dan menarik, jika kalian salah satu orangnya maka ngga salahkan kalau tempat wisata Bengkulu selalu ramai jika hari libur tentunya, jadi yang sabar ya kalau padat pengunjung hehe. Nah, udah dulu ya artikel tempat wisata di bengkulu kali ini,mohon maaf jika ada salah penulisan dari artikel ini, terima kasih sudah membaca artikel saya, happy weekend.