Bahaya Bagi Wanita Minum Air Es dan Minum Soda Saat Haid

Haidh atau haid (didalam penjelasan kamus bahasa Indonesia) adalah darah yang keluar dari organ rahim seorang wanita pada waktu-waktu satu bulan sekali dan tentu saja ini normal bukan karena disebabkan oleh suatu penyakit yang di derita atau karena adanya proses persalinan, dimana keluarnya darah itu merupakan sunnatullah yang telah ditetapkan oleh tuhan yang maha kepada seorang wanita. Sifat darah ini yang berwarna merah kehitaman yang kental, keluar dalam jangka waktu tertentu, bersifat panas, dan memiliki bau yang khas yaitu seperti ikan busuk (amis banget) atau tidak sedap.

Haid adalah sesuatu yang normal terjadi pada seorang wanita, dan pada setiap wanita kebiasaannya pun berbeda-beda ketika sedang menstruasi/haid. Ada yang ketika keluar haid disertai dengan rasa sakit pada pinggulnya, namun ada yang tidak sama sekali merasakan sakit. Ada yang lama haidnya Cuma 3 hari, ada pula yang lebih dari normalnya yaitu 7-10 hari. Ada ketika saat mngelami menstruasi/haid keluar lendir yang berwarna kuning kecokelatan, ada pula yang langsung keluar dengan berupa darah merah yang kental. Dan pada setiap kondisi inilah yang harus kalian ketahui dan kenali segala gejala gejala yang menurut kalian tidak normal bagi para cewek, karena dengan mengenali masa dan karakteristik darah haid inilah dimana kalian sebagai seorang wanita dapat membedakann darah-darah lain yang menurut kalian asing atau aneh yang keluar dari haid yang kalian alami.

mitos yang beredar di masyarakat seputar larangan bila menstruasi atau haid meminum minuman bersoda, Konon katanya wanita yang sedang haid tidak dianjurkan dan disarankan meminum minuman bersoda atau jelasnya apakah boleh minum soda saat haid. Apakah Benarkah demikian?

minum soda saat hamil

Saat menstruasi atau haid, seorang wanita mengalami beberapa perubahan di dalam tubuh, khususnya perubahan hormonal yang tidak stabil. Hal ini terkadang menyebabkan wanita lebih memilih mengonsumsi makanan atau minuman yang kurang sehat bagi tubuh wanita itu sendiri, termasuk salah satunya adalah meminum minuman bersoda.

Minuman bersoda atau banyak orang menyebutnya dengan soft drinks telah dikenal sejak lama. Secara umum, minuman bersoda mengandung air yang mengandung zat karbon, kafein, dan gula. Dan Gula di dalam minuman soda ini terbilang tinggi, dapat mencapai 10 gr per 100 mL. Kalorinya juga tinggi tetapi sangat rendah nutrisi yang ada di dalam kandungan minuman bersoda tersebut.

Fakta membuktikan bahwa mengkonsumsi minuman bersoda memang tak dianjurkan atau disarankan saat sedang kalian sedang mengalami menstruasi atau haid. Kandungan di dalam minuman bersoda salah satunya yaitu kafein dan gula, kadar gula yang tinggi yang berada di dalamnya dapat memperburuk gejala menstruasi/haid. Karena Kafein yang bersifat vasokonstriktor atau mempersempit pembuluh darah dapat menghambat keluarnya darah kotor yang akan keluar, termasuk pembuluh darah di daerah rahim (uterus). Bila hal ini terjadi akan menyebabkan kram perut yang dialami saat kalian menstruasi/haid semakin berat karena rasa sakit akibat kram tersebut dan kuat tidaknya wanita tersebut untuk menahan rasa sakit yang luar biasa. Tak hanya soda saja yang bisa menghambat proses dari menstruasi/haid tersebut, kafein juga diketahui dapat memicu kecemasan yang muncul di, depresi, dan nyeri payudara pada saat menstruasi atau haid berlangsung.

Kandungan zat gula yang tinggi dalam meminum minuman bersoda ini sama sekali tidak ada baiknya dengan zat kafein. Zat Gula ini memiliki sifat inflamatori atau bisa memicu peradangan. Bila dikonsumsi saat menstruasi atau haid berlangsung, kadarnya akan menjadi tidak stabil dalam darah tentu saja itu pasti tidak baik bagi klaian para cewek yang sedang menstruasi atau haid dan akan memperparah kram pada perut yang sakitnya luar biasa.

bolehkah ibu menyusui minum soda

Di samping itu, zat gula dapat mengakibatkan sistem kekebalan tubuh menjadi tidak seimbang sehingga memicu mudah lelah bila melakukan aktivitas sehari hari dan kurang berenergi. Berbagai penelitian pun telah menunjukkan bahwa meminum minuman bersoda dapat menyebabkan masalah kesuburan pada masa yang akan datang. Itulah sebabnya tak hanya wanita yang sedang haid saja yang harus dibatasi bila mengkonsumsi minuman bersoda, tetapi anak-anak pun perlu dibatasi minum minuman bersoda.

Daripada kalian mengkonsumsi minuman yang mnegandung soda atau bersoda, kalian dapat mengonsumsi makanan atau minuman lain yang lebih sehat dan baik bagi tubuh kalian saat prosesnya menstruasi atau haid. Minumlah 2 liter air putih tiap hari dan itu bebas tidak ada batasan waktu untuk mengkonsumsi air putih, konsumsi buah serta yoghurt yang mengandung sedikit atau  rendah lemak, itu dapat menolong kesahatan tubuh kalaian para cewek yang tidak menstruasi dan wanita yang lagi menstruasi atau haid agar tetap bugar selama hari-hari haid tanpa perlu khawatir soal kram perut yang selalu datang saat terjadinya menstruasi.

Ternyata banyak penelitian menyatakan bahwa wanita tidak boleh minum soda saat haid, larangan mengkonsumsi atau meminum soda saat haid berlangsung bukanlah mitos belaka yang kalian remehkan. Selama masa masa menstruasi atau haid berlangsung, lebih baik bila kalian para cewek batasilah mengkonsumsi minuman bersoda dan ganti dengan minuman atau makanan sehat lainnya.

Manfaat Minum Soda Bagi Tubuh

minum soda saat haid

Dan saya akan memberikan tentang informasi manfaat minuman soda tentusaja ini hanya untuk semua orang cara mendapatkannya minuman yang bersoda ini pun sangat mudah sekali karena terdapat di setiap toko atau swalayan, dan tentu saja pasti ada yang menjual atau menyediakan minuman bersoda. Namun dibalik kenikmatan dan kesegaran saat mengkonsumsinya ternyata minuman bersoda juga banyak sekali memiliki efek sampingn yang terdapat didalam kandungan minuman bersoda tersebut. Pada artikel kali ini yang saya tulis, saya akan membahas tema tentang mengenai beberapa efek samping dan manfaat minum soda bagi kesehatan tubuh kalian. Agar pembahasannya tidak panjang dan lebar langsung saja anda simak beberapa keterangan di bawah ini, semoga bisa bermanfaat. Berikut Manfaat dan efek samping minuman bersoda bagi kesehatan.

Inilah 7 manfaat meminum soda

manfaat minum soda

  • Menetralisir Zat Nikotin

rumor yang beredar di masyarakat bagi pecinta soda berkata bahwa, mereka mengutarakan sebuah pendapat bahwa segala minuman bersoda bisa menetralisir zat nikotin yang berasal dari asap rokok. Air soda ini juga bisa berfungsi untuk membersihkan organ organ dalam tubuh dari asap rokok yang di hasilkan dari perokok aktif.

  • Mencegah penyakit asma

Ada beberapa laporan yang menyebutkan bahwa jika minum dua kaleng soda yang berkafein bisa memperlambat serangan penyakit asma. Namun ingat hal ini bukan berarti kalau minuman yang mengandug soda bisa menyembuhkan penyakit asma.

  • Membersihkan karat
Baca Juga  Diet Sehat Menurunkan Berat Badan Secara Cepat

Menyiramkan cairan soda pada besi atau sesuatu yang berkarat bisa dihilangkan dengan cairan soda dan membuatnya terlihat kinclong kembali seperti baru atau semula. Bagian yang berminyak pun mampu dibersihkan dengan sangat mudah memakai cair soda.

  • Menghilangkan noda darah

Jika kalian yang tidak sengaja teriris atau bagian tubuh kalian terluka dan kemudian darah tersebut berceceran secara tidak sengaja jatuh di karpet kesayangan kalian, kalian pasti bingung bagaimana cara membersihkannya agar noda darah tersebut hilang. Soda bisa menjadi solusin yang tepat dan mudah dan bahannya pun mudah dicari, karena soda juga bisa menghilangkan darah yang menempel bandel pada kain termasuk karpet.

  • Menyembuhkan sengatan ubur-ubur

Kadang kandang ketika seseorang yang memiliki hobi menyelam terkadang secara tidak sengaja tersengat oleh ubur-ubur. Jika itu terjadi dan kalian pernah mengalaminya, kalian bisa menggunakan soda untuk mengatasi kulit yang terkenan sengatan ubur-ubur.

  • Membersihkan jendela bersoda

Segala macam kotoran yang menempel pada jendela konon dipercaya oleh sebagian orang dapat dibersihkan dan bisa diatasi dengan menggunakan cairan soda. Caranya yaitu cukup gampang dengan merendam kain pada cairan soda diamkan selama beberapa menit sebelum kalaina mengelapkan dan menyapukan pada kaca jendela yang kotor.

  • Membersihkan bau sigung

Sigung merupakan sejenis musang yang memiliki bau busuk yang menyengat ketika dia sedang keaadan atau merasa terancam. Namun bila sigung yang berbau busuk itu menempel pada baju bisa diatasi dengan menggunakan cairan soda seperti yang mirip seperti parfum.

Menstruasi sering kali menyiksa sebagian besar kaum hawa atau wanita. mual, emosi naik turun, Perut keram dan nyeri kepala itu semua merupakan gejala gejala yang sering kali dialami para kaum hawa dan menstruasi atau haid muncul pada kaum hawa pada umur 9 tahun. Beberapa jenis makanan dan minuman diyakini di masyarakat dapat memberikan pengaruh baik pada siklus menstruasi atau haid tersebut. Namun ada beberapa makanan juga yang lebih sebaik dihindari saat menstruasi atau haid. dan bila kalian masih bingung tentang boleh minum soda saat haid apa tidak jawabannya andalah boleh minum soda saat haid tapi tidak berlebihan dan ada takarannya.

Bolehkah Ibu Menyusui Minum Soda? Aturan Konsumsi

ibu menyusui minum soda

Ibu menyusui minum Soda apakah ditu diperbolehkan ???, perlu kalian ketahui soda merupakan salah satu minuman yang sebenarnya tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibuketika fase menyusui karena bisa berdampak pada sang buah hati. Minuman bersoda memiliki kandungan pemanis buatan, zat pewarna buatan dan juga kafein. Kafein itu  sendiri merupakan zat yang sangat mudah untuk diserap organ usus dan bahkan akan langsung terserap oleh darah yang akhirnya didistribusikan ke seluruh jaringan tubuh orang yang menkonsumsi minuman bersoda itu, termasuk juga otak. Kafein juga termasuk zat yang tidak mudah dikeluarkan oleh tubuh melalui urin. Orang dewasa membutuhkan waktu 5-6 jam untuk mengeluarkan zat kafein ini dan untuk mengeluarkan sekitar setengah kadar kafein di dalam darah.

Sedangkan bayi memerlukan waktu yang cukup lama yang hampir setengah hari yaitu 14 jam untuk mengeluarkan zat kafein dari tubuh sang bayi karena bayi masih sulit memetabolisme kafein yang masuk ke dalam tubuhnya karena metabolisme atau sistem pencernaan sang bayi kurang sempurda. Minuman bersoda juga menyebabkan perut ibu dan sang bayi tidak nyaman karena menimbulkan gas. Oleh karena itu, apabila memang tidak menginginkan gejala seperti itu maka lebih baiknya sang ibu ketika dalam fase menyusui tidak dianjurkan atau tidak perlu mengkonsumsi minuman bersoda. Tetapi jika memang sedang menginginkannya bagi kalian sang ibu boleh saja mengkonsumsinya tapi dengan takaran dan tidak berlebihan ketika meminum minuman bersoda, dengan takaran cukup 300 mg per hari atau sekitar 3 cangkir gelas setiap harinya.

efek minum soda saat hamil muda

Minuman bersoda hingga saat ini belum ada bukti secara ilmu kedokteran atau medis namun melalui hasil dari penelitian minuman bersoda dapat dapat menyebabkan keguguran bagi wanita yang sedang mengandung atau hamil. Selain itu, mengkonsumsi minuman bersoda selama kehamilan lebih baik atau ada baiknya dibatasi karena menurut beberapa pusat dan lembaga pengawasan makanan di negara-negara dunia tidak merekomendasikan atau menyarankan minuman bersoda untuk dikonsumsi oleh ibu yang sedang hamil ( atau jika memungkinkan jumlah konsumsinya selama fase kehamilan untuk dibatasi ). Ini karena adanya kemungkinan dampak buruk dari kandungan nutrisiatau zat yang ada di dalam minuman bersoda untuk kesehatan sang janin.

Selama fase kehamilan, mengkonsumsi bahan makanan dan obat-obatan oleh sang ibu harus diawasi karena kedua hal ini dapat berdampak signifikan dan buruk terhadap kesehatan kandungan (janin) dan kesehatan sang ibu sendiri atau biasanya seringkali sang ibu ingin makanan dan minuman atau biasanya disebut dengan “Ngidam“ nah, disaat inilah ibu meminum soda saat hamil dengan alasan “Ngidam“ tersebut. Keguguran dapat diprovokasi oleh asupan makanan atau minuman yang sangat berbahaya bagi kesehatan sang ibu yang sedang mengandung, karena setiap proses pada keguguran secara ilmu medis merupakan kondisi yang sangat gawat darurat yang dapat mengancam nyawa sang ibu. Oleh karena itu, ibu harus sadar untuk menjaga kandungannya tetap sehat adalah hal yang sangat penting.

Mengenai bolehkah ibu hamil minum soda dan kandungan di dalam minuman bersoda dan efeknya terhadap kandungan, adalah:

  • Aspartam

adalah zat pemanis buatan di dalam minuman bersoda tersebut. Bila mengKonsumsi zat ini cukup aman, akan tetapi jumlahnya harus dibatasi dan tidak berlebihan.

  • Sakarin

Adalah zat pemanis buatan yang sangat berbahaya karena kalau berlebihan bisa menyebabkan penyakit kencing manis atau bahasa dokternya disebut sebagai diabetes, tetapi sakarin ini berbahaya untuk ibu hamil. Pemanis ini sudah dilarang banyak negara-negara besar. Selain itu zat ini juga menyebabkan penyakit obesitas bagi sang ibu dan janin juga dapat terpengaruh karena bisa menyebabkan kecacat tubuh sang bayi. Bagi sang ibu Untuk menjaga kehamilan pilihlah minuman tanpa sakarin.

  • Sukralosa

adalah pemanis buatan yang berada di dalam minuman bersoda. mengkonsumsi zat ini cukup aman bila tidak dilakukan secara berlebihan dengan takaran yang pas, tetapi jumlahnya harus dibatasi.

Kandungan gula yang sangat tinggi (gula buatan atau sintetik) dapat menimbulkan asupan nutrisi glukosa atau zat gula dalam darah yang berlebihan dan dapat menyebabkan kegemukan atau istilah kedokteran dalam ilmu medis disebut obesitas. Hal ini juga dapat berdampak pada sang bayi yaitu membuat berat badan bayimenjadi berlebih dan dapat menyebabkan kesulitan dalam saat proses persalinan.

Kandungan natrium dan kafein yang tinggi terdapat pada minuman bersoda dapat menimbulkan tekanan darah tinggi yang bendampak membahayakan sang ibu maupun janin yang dikandungannya.

Baca Juga  Memilih Makanan Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Kandungan zat fosfat yang tinggi akan dapat mempengaruhi kesehatan tulang sang ibu beserta bayinya dan menimbulkan osteoporosis karena akan menghambat penyerapan zat kalsium yang dikonsumsi sang ibu selama mengandung (padahal selama fase kehamilan membutuhkan asupan zat kalsium sangat tinggi).

bolehkah ibu hamil minum soda

Nyeri perut yang dialami bisa saja berhubungan dengan sang ibu habis mengkonsumsi minuman bersoda, bisa juga deangan merupakan kondisi yang normalnya terjadi karena ibu bila memasuki fase hamil akan mengalami peregangan pada daerah panggulnya sehingga kalian akan ada sensasi teregang yang kadang terasa seperti nyeri-nyeri ringan, atau bisa merupakan pertanda adanya penyakit bahaya yang perlu diperiksa ke klinik atau rmahsaikt terdekat. Cobalah untuk beristirahat dan jika gejala tidak membaik atau masih terjadi dalam hitungan jam (misalnya 24 jam) atau gejala semakin parah kunjungi dokter atau klinik kesehatan terdekat lebih awal.

Oleh sebab itu, lebih baik hindari mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung soda selama kalian memasuki fase kehamilan. Jika muncul gejal gejala yang menurut kalian mengkhawatirkan seperti nyeri perut bawah yang tidak membaik dengan beristirahat, perdarahan dari jalan lahir, dll. segeralah kunjungi dokter atau rumah sakit terdekat untuk dilakukan pemeriksaan dan meminta saran terhadap kesehatan kandungan dan kesehatan sang ibu. Jaga pola makan, makanan yang dikonsumsi ibu dan obat-obatan yang dikonsumsi ibu selama memasuki fase kehamilan, untuk obat-obatan lebih baik kalian sang ibu konsultasikan dulu kepada dokter sebelum kalian mengkonsumsinya (karena banyak sekali obat yang dapat memengaruhi kesehatan janin yang dikandung oleh sang ibu).

Efek minum soda saat hamil muda

ibu hamil minum soda

Minuman bersoda merupakan jenis minuman berkarbonasi yang sangat banyak mengandung zat gula atau pemanis buatan, bahan pengawet, kafein, hingga asam fosfat. Bahan-bahan yang terkandung dalam minuman bersoda tersebut akan meningkatkan dan memicu beberapa risiko penyakit yang akan diderita sang penikmat soda apabila dan apabila juga dikonsumsi oleh wanita yang sedang hamil. Lantas apa saja bahaya dan apa saja yang bisa ditimbulkan dari mengkonsumsi minuman bersoda pada Ibu yang sedang memasuki fase hamil?

  1. Berat badan yang berlebihan (obesitas)
    tidaklah baik bila Terlalu sering mengkonsumsi minuman atau makananyang mengandung soda. Perlu kalian ketahui Dengan seringnya kalian mengkonsumsi minuman atau makanan bersoda dapat peningkatan risiko kelebihan berat badan atau obesitas. Adapun berat badan yang berlebihan tersebut kemungkinan besar disebabkan oleh tubuh yang terlalu banyak menyerap zat kalori. Di samping itu, tidak ada kandungan nutrisi yang justru sangat dibutuhkan bagi Ibu hamil bagi dirinya serta janin dalam kandungan. Obesitas berbahaya sekali bagi ibu hamil atau kelebihan berat badan adalah salah satu penyebab atau faktor utama diabetes dan penyakit kardiovaskular lainnya.
  2. Tekanan darah tinggi (hipertensi)
    Jangan salah sangka, jenis minuman dengan kandungan soda juga mempunyai kandungan kafein yang bersifat adiktif, salah satu faktor pemicu kondisi hipertensi atau tekanan darah tinggi. Ibu hamil yang gemar mengonsumsi makanan atau minuman dengan zat kafein cenderung meningkatkan risiko hipertensi hingga akhirnya berdampak pada kelahiran bayi prematur.
  3. Mengganggu kesehatan tulang (osteoporosis)
    Salah satu zat yang terkandung dalam minuman soda adalah asam fosfat yang sangat berperan terhadap naiknya penyerapan fosfor dalam tubuh. Yang pada akhirnya keadaan tersebut dapat menyebabkan terhambatnya penyerapan kalsium yang sangat berguna bagi kesehatan tulang. Lambat laun akan terjadi penurunan massa tulang kemudian risiko terkena gangguan osteoporosis akan semakin meningkat. Efek samping minuman bersoda tersebut juga berdampak buruk terhadap kesehatan tulang perkembangan janin di dalam kandungan.
  1. Menurunkan kemampuan sistem imun
    banyak ilmuan telah menyatakan bahwa kandungan gula yang tinggi di dalam minuman bersoda dapat menyebabkan sel-sel darah putih tidak mampu bekerja secara efektif. Dengan begitu, mengkonsumsi minuman bersoda dapat menghambat peran penting dari sel darah putih  dalam melindungi tubuh dari serangan bakteri serta virus merugikan, yang bisa menyebabkan gangguan kehamilan.
  1. Risiko cacat lahir dan stroke pada Ibu
    Salah satu bahan pemanis buatan yang biasa dipakai dalam produk softdrink adalah zat sakarin. Bahan kimia tersebut sangatlah berbahaya apabila dikonsumsi saat hamil, yang dapat mengakibatkan terjadinya kecacatan pada janin saat lahir. Di sisi lain, minuman yang mengandung soda jika sering dikonsumsi selama masa kehamilan dapat mempengaruhi kesehatan sang Ibu setelah melahirkan nantinya, terutama meningkatnya resiko terkena stroke.Perlu diketahui efek samping minuman bersoda bagi Ibu hamil agar dapat terhindar dari risiko yang tidak diinginkan selama kehamilan. Sebaiknya diganti dengan minuman susu kehamilan sehat PRENAGEN yang bisa memenuhi nutrisi kehamilan sehari-hari. Dengan kandungan kalsium, fosfor, asam folat, dan kolin yang baik bagi kesehatan Ibu serta tumbuh kembang sang janin. Tersedia juga dengan varian rasa, seperti cokelat, vanilla, strawberry, moka, dan kacang hijau agar Ibu tidak merasa bosan dan senantiasa semangat selama masa kehamilan berlangsung.
  1. meningkatnya resiko keguguran
    Efek dari minuman soda yang satu ini para ibu pasti tidak menginginkannya. Yaitu kehilangan sang calon bayi yang sangat mereka cintai. Minuman bersoda memang sangatlah nikmat, tetapi bahaya yang terkandung amat sangatlah besar. Itu disebabkan karena kandungan gula dan kafein yang tinggi dalam minuman bersoda yang dapat mengakibatkan keguguran sebelum usia kehamilan 20 minggu. Sudah dipastikan bahwa soda tidaklah baik bagi sang ibu terlebih lagi bagi janin yang sedang dikandungnya. Untuk itu para ibu sebisa mungkin jauhilah minuman bersoda saat kalian sedang hamil jika kalian tidak ingin kehilangan calon buah hati kalian.Sebenarnya ketika ibu sedang mengandung atau hamil disarankan mengkonsumsi asupan yang sehat dan bergizi karena asupan yang diknonsumsi sang ibu akan berdampak pada sang bayi, dan sang ibu harus menjaga kesahatan fisik dan mental.dan biasanya sang ibu yang sedang hamil akan mengalami “ Ngidam “ kalau ibu berada di fase ini sang ibu akan sangat menginginkan makanan dan itu harus dipenuhi keinginannya, dan apabila sang ibu menginginkan minuman bersoda perrtanyaannya adalah bolehkah ibu hamil minum soda / minuman bersoda, jawabannya adalah boleh saja tetapi sangat dibatasi karena minuman bersoda tidaklah baik bagi kandungan.Demikian beberapa hal yang dapat saya disampaikan dari mengkonsumsi minuman bersoda selama fase kehamilan. Pada intinya, ibu hamil lebih baiknya menghindari konsumsi terhadap minuman ini untuk menjaga kesehatan janin dan tubuhnya dengan baik. Oklah semoga info info yang saya berikan di artikel saya ini yang berjudul minum soda saat haid bermanfaat bagi kalian yang masih belum mengetahui dan telah berkunjung diblog kami. Kami ucapkan terimakasih