Bahaya Makan Mie Instan Bagi Ibu Hamil Dan Akibat Dari Kanan Mie Instan Berlebihan

Semua orang pasti mengenal mie instan. Makanan ini adalah makanan yang sangat terkenal di indonesia khususnya di benua asia. Di indonesia makanan ini mempunyai banyak merk di dan juga rasanya yang lezat, membuat penggemarnya menjadi sangat banyak yang menyukai mie instan ini. Sebenarnya masyarakat di indonesia sudah tau mengenai bahaya makan mie instan serta bahaya mie instan untuk ibu hamil jika dimakan terlalu berlebihan. Namun masyarakat indonesia tidak menghiraukan bahaya ini, karena masyarakat indonesia memikirkan harga yang murah serta efek mengenyangkan perutnya itu adalah alasan utama masyarakat indonesia. Bahaya makan mie instan yang mengintai tubuh anda perlu Anda perhatikan juga untuk kesehatan tubuh.

bahaya makan mie instan

Bagi ibu hamil makanan yang mengandung kuah dan mempunyai rasa yang gurih itu ada di dalam mie instan, tetapi ibu hamil makan mie instan itu tidak boleh sering-sering karena makan mie instan saat hamil bisa merusak janin yang di kandung dan bisa merusak kesehatan yang lain. Akibat makan mie instan saat hamil mempunyai dampak bagi bayi yang didalam kandungan menjadi terganggu. Bolehkah bumil makan mie instan? boleh secara umum, asal jangan sering-sering mengkonsumsinya, hanya 2 minggu sekali dan cara penyajiannya dikendalikan serta frekuensinya. Ada beberapa tips mengkonsumsi mie instan bagi ibu hamil, simak artikel dibawah ini:

Tips Mengkonsumsi Mie Instan Bagi Ibu Hamil

ibu hamil makan mie instan

  • Kandungan garam natrium terutama yang terdapat dalam bumbu itu sangat berbahaya , oleh karena itu gunakan setengah dari bumbu itu dalam satu porsi mie instan, kalau anda ingin menambahkan kelezatannya anda boleh menambahakan dengan bumbu dapur.
  • Sebaiknya jangan hanya mengonsumsi mie instan polos, tapi tambahkan jenis makanan lain untuk menambah kenikmatan dan kandungan gizinya seperti telur, ayam, udang, ikan, sayuran berdaun hijau seperti sawi, bayam (bayam), seledri atau sayuran lain seperti wortel.
  • Ketika memasak mie instan gunakanlah air yang banyak dan saat matang buanglah rebusannya, dan gunakan air yang baru untuk penyajiannya. Hal ini berguna untuk membuang seluruh zat-zat kimia dalam mie kering agar konsentrasinya berkurang. Sekarang ibu hamil makan mie instan tidak perlu khawatir untuk makan mie ini karena, di atas sudah dijelaskan tentang bahaya ibu hamil makan mie instan dan tips makan mie instan bagi ibu hamil.
  • Ada pertanyaan tentang makan mie instan saat hamil muda, itu tidak masalah kalau ibu hamil makan mie instan tetapi, jangan makan mie instan sering karena mengakibatkan kerusakan pada tubuh anda dan bayi yang di dalam kandungan anda.berikut ini bahaya bagi ibu hamil mengkonsumsi mie instan
  • rusaknya sistem pencernaan tubuh yang terjadi akibat zat lilin yang terlalu banyak di masukkan ke dalam tubuh, bisa menyebabkan sistem pencernaan ibu hamil menjadi rusak. Jika sistem pencernaan rusak, makanan tidak bisa memaksimalkan makanan yang diserap oleh tubuh. Hal itu bisa bisa berakibat pada kurangnya gizi untuk ibu hamil yang masuk kedalam tubuh sebagai nutrisi janin. Rusaknya sistem pencernaan tersebut diakibatkan oleh kandungan zat lilin.

Makanan berbahaya ibu hamil yang mengandung zat, kemudian masuk ke dalam pencernaan tubuh akan sulit dicerna dan akan memberatkan sistem pencernaan. Jika terus-menerus di masuki pada zat lilin, sistem pencernaan tersebut dipaksa untuk bekerja berat sehingga bisa menyebabkan kerusakan, pada sistem pencernaan.

Bahaya Pada Organ Tubuh Mengkonsumsi Mie Instan

bolehkah ibu menyusui makan mie instan

  • Ginjal Dan Jantung

Zat kimia dalam mie instan juga akan membuat racun di organ ginjal dan juga jantung, rentan terserang racun atau penyakit, jika banyak racunatau penyakit  mengendap di dalam organ tersebut. Ibu hamil rentan terkena sakit ginjal dan juga sakit jantung.ibu harus memeriksa ke dokter agar penyakit tidak akan menyebar.

  • Mual

msg yang masuk ke dalam tubuh secara berlebihan dan ibu hamil akan merangsang mual-mual.Kandungan natrium pada mie instan tersebut juga menyebabkan kadar asam lambung ibu hamil menjadi tinggi atau naik. Kadar asam lambung yang tinggi itulah yang menjadi penyebab ibu hamil akan merasakan mual. Ibu bisa menghisap minyak kayu putih agar pernapasan ibu tidak mual-mual

  • Lemas

Bahaya makan mie instan bagi ibu hamil, mie instan akan menimbulkan efek lemas pada badan. Sebab mie instan meski memiliki karbohidrat, namaun tidak sebanyak seperti nasi. Oleh sebab itu, mengapa mengkonsumsi mie instan meski dalam jumlah yang sangat banyak tubuh akan terasa lemas.

  • Stroke

Hipertensi pada ibu hamil dapat membuat ibu hamil menjadi stroke. Stroke bisa disebabkan oleh hipertensi yang membuat aliran darah ke otak menjadi terganggu, karena pembuluh darah yang menuju ke otak mengalami penyempitan.

  • Sistem imun lemah

Bahaya kalau ibu hamil makan mie instan karena memiliki zat kimia bernama propylene glycol.zat kimia itu akan membuat imun anda menjai lemah. Ibu hamil bisa sesekali terkena penyakit.

  • Hipertensi

Natrium yang ada di dalam mie instan bisa menyebabkan ibu hamil mengalami hipertensi dalam kehamilannya(tekanan darah tinggi). Tekanan darah ini juga bisa dikait-kaitkan dengan kadar asam lambung yang tinggi di dalam lambung. Penyebabnya adalah terjadinya kadar asam lambung yang tinggi dan akan bisa menyempitkan pembuluh darah, sehingga tekanan darah menjadi meningkat. Ibu hamil yang mengalami hipertensi rentan untuk terkena penyakit komplikasi kehamilan yang sangat membahayakan.

Hal Yang Terjadi Pada Ibu Hamil Banyak Konsumsi Mie Instan

mie instan untuk ibu hamil

  • Mengalami keguguran

Zat kimia yang terkandung dalam mie instan serta zat pengawetnya bisa menyebabkan ibu hamil mengalami keguguran. Zat di dalam mie instan dapat menembus ke dalam plasenta dan menyebabkan ibu hamil keguguran.

  • Sakit kepala

Sakit kepala untuk ibu hamil jika ibu hamil terus-terusan mengkonsumsi makanan seperti mie instan secara terus-menerus. Kandungan MSG atau vetsin pada mie instan bisa menyebabkan gangguan kehamilan, yakni sering mengalami sakit kepala.

  • Beresiko pada Kerusakan hati

Salah satu zat berbahaya yang terkandung dalam mie instan adalah propylene glycol. Jika zat berbahaya ini dikonsumsi secara terus menerus dalam jangka panjang maka dapat menggangu kerja hati bahkan dapat merusak hati. Inilah salah satu bahaya makan mie instan.

  • Kadar kolesterol meningkat

Ternyata tidak hanya makanan bersantan dan juga seafood saja yang dapat menyebabkan kolesterol naik. Mie instan memiliki kandungan garam yang cukup tinggi sehingga dapat meningkatkan kadar kolesterol.

  • Dapat Mengganggu hormon

Terlalu banyak makan mie instan secara berkala ternyata mampu mengganggu hormon bagi seorang wanita karena adanya kandungan sodium sehingga dapat mempengaruhi jadwal menstruasi.

  • Dapat Menurunkan metabolisme tubuh

Aslinya kalau mengkonsumsi mie instan secara berlebihan akan menjadikan badan kita bisa menurunkan metabolisme dalam tubuh sehingga tubuh hanya akan menerima sedikit energi. Hal ini disebabkan oleh kandungan zat kimia berbahaya dalam mie instan.

  • Menyebabkan Obesitas
Baca Juga  Bolehkah Ibu Menyusui Minum Kopi? Ketahuilah Fakta Dan Efek Sampingnya

Salah satu bahaya mengkonsumsi mie instan iyalah dapat menyebakan  obesitas karena dalam sebungkus mie instan mengandung karbohidrat dan kalori dalam jumlah yang besar jika dibandingkan dengan nasi.

  • Kencing manis

zat yanag dimiliki seperti gula bisa menyebabkan kencing manis. Bisa saja mencapai Diabetes, bisa juga memang karena kandungan gula keluar dalam air seni.

  • Menghambat penyerapan nutrisi

Tidak sedikit orang tua yang memberi anaknya makanan instan berupa Mie. Tetapi banyak karena kebutuhan ekonomi mereka menipis, memang sang anak doyan dengan rasa Mie Instan.padahal mie instan sangat tidak baik untuk kesehatan anak-anak.  Hal ini di karenakan Mie Instan

Bahaya Bagi Anak-Anak Konsumsi Mie Instan

makan mie instan saat hamil

  • Menganggu sistem pernafasan

Kandungan MSG dalam Mie Instan jika kita mengkonsumsi terlalu berlebihan, berakibat dapat mengganggu pernafasan kita. Gejalanya yang paling utama adalah membuat kita sulit bernafas dan merasa sesak di dada. Bila anda sudah merasakan ini segera anda menjauhi makanan mie instan. Anda pasti tidak mau sampai kehilangan nyawa karena Mie Instan. Membuat perut

  • buncit dan kantung mata

Kandungan garam yang sangat banyak didalam Mie Instan akan secara tidak langsung membuat perut menjadi buncit dan menyebabkan munculnya kantung mata. Mengkonsumsi garam sedikit itu adalah untuk menjauhi perut buncit karena memakan mie instan berlebihan.

Muncul pertanyaan tentang , Bolehkah ibu menyusui makan mie instan itu tidak boleh kalau mengkonsumsi mie instan secara terus menerus. Seharusnya ibu menyusui tidak boleh mengkonsumsi mie instan.

Ibu yang lagi menyusui harus berhati-hati untuk memilih makanan yang bisa mengandung penyakit bagi bayi karena apapun yang masuk kedalam tubuh ibu akan sangat berpengaruh terhadap proses laktasi baik dalam segi jumlah maupun rasa ASI dan gizi.  Akibat makan mie instan bagi ibu menyusui dapat menjadikan bayi kurang asupan gizi Kandungan yang terdapat dalam mie instan(msg dan zat adiktif) memiliki dampak yang cukup fatal bagi perkembangan otak janin. Jika bayi terkena zat tersebut dalam waktu jangka panjang maka resikonya sangat fatal terutama dalam proses perkembangan otak si bayi. Bisa saja bayi Anda memiliki IQ tidak sesuai yang diharapkan.serta mempunyai klainan yang lain. Kalau anda mengkonsumsi mie instan 2 minggu berturut-turut.

Ibu menyusui seharusnya juga mengkonsumsi air putih yang sangat banyak  untuk menunjang produksi ASI supaya lancar dan kuantitasnya sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Jika bayi  mengalami gangguan selama menyusui dan hal-hal yang tidak wajar,  maka segeralah berkonsultasi dengan dokter.

akibat makan mie instan

Maka dari itu anda harus memperbanyak mengkonsumsi makanan bergizi dari kelompok buah-buahan, sayuran, daging,ikan, telur dan jenis makanan sehat yang lainnya. Selain itu, perbanyak juga konsumsi makanan yang mengandung kalsium dan karbohidrat untuk membantu pembentukan tulang dan gigi bayi.

Zat aditif dan pengawet pada mie instan memiliki resiko yang sangat berbahaya kalau di konsumsi ibu menyusi secara terus-menerus. Zat tersebut bisa berdampak buruk terhadap organ tubuh bagian dalam. seperti hati dan ginjal.

Selain itu,penggunaan minyak yang dimiliki oleh mie instan mempunyai resiko penyakit jantung.

Mie instan bahaya untuk di konsumsi karena terdapat zat lilin sebagai campuran pembuatan mie instan yang berfungsi agar mie instan tidak lengket saat dimasak.energi yang disumbangkan dari minyak berjumlah sekitar 170-200 kkal. Hal lain yang perlu d sadari adalah kandungan minyak dalam mie instan yang dapat mencapi30% dari bobot keringnya. Hal tersebut perlu diwaspadai bagi penderita obesitas atau mereka yang sedang menjalani program penurunan berat badan.

kelemahan dari konsumsi mie instan adalah kandungan natriumnya yang tinggi.bhan pengembang yang umum di gunakan adalah natrium yang mencapain1% dari bobot mie instan per takaran saji. namun, untuk memenuhi kebutuhan

akibat sering makan mie instan

gizi dalam tubuh, satu bungkus mie belumlah cukup. cara makan mie yang baik adalah dengan menambah menu yang berasal dari bahan dasar hewani dan sayur-sayuran berserat. menurut seorang ahli gizi terkenal klinik, orang yang kebanyakan makan mie instan tanpa diimbangi makanan berserat berpotensi mengalami gangguan kesehatan.hal ini karna mie mengandung karbohidrat sederhana, lemak, dan kadar natrium tinggi. Akan tetapi  obesitas, kenaikan kadar gula darah, kenaikan tensi tubuh dan lain-lain.

Akibat makan mie insatan dengan nasi Mie instan itu mengandung karbohidrat dari tepung yang diolah berulang, ditambah lagi dengan nasi putih yang mengandung karbohidrat juga. Bila keduanya di makan bersama maka gula darah akan cepat naik, selain itu akan membuat tubuh terisih dan banyak mengandung karbohidrat di dalam tubuh sehingga menyebabkan ngantuk pada badan anda. selain itu menurut, mengkonsumsi mie instan dengan nasi hanya akan membuat tubuh anda terisi karbohidrat yang sangat banyak dan menjadi gula tubuh akan kehilangan zat gizi yang lain seperti: protein, mineral, vitamin dan lemak.maka dari itu anda tidak boleh makan mie instan di campur sama nasi, kalau anda makan mie di campurkan mie hanya di perbolehkan  satu minggu sekali saat anda makan mie instan.

Mengkonsumsi mie instan sama nasi putih akan menghasilkan kurang lebih sekitar 750.000 kalori perporsinya. Hal ini tidak baik bagi tubuh kita, apalagi yang sedang melaksanakan program diet. Secara normal, makanan yang masuk ke dalam tubuh kita akan dicerna dan akan menjadi gula, hal itu akan menyebabkan pankreas kita menghasilkan hormon insulin. Jika kita makannya banyak atau makan mie instanya banyak maka hormon insulinnya juga akan melonjak tinggi dan hal ini tidak baik, karena akan mengakibatkan pankreas kita overload atau mengalami “kelelahan” dan berakibat kerusakan pankreas kemudian timbullah penyakit diabetes atau penyakit kencing manis.

Walaupun diet lemak dan juga protein tetapi, anda malas untuk berolahraga dan beraktifitas di pagi hari,  maka karbohidrat ini akan dipecah lagi menjadi lemak. Penumpukan lemak tidak hanya ada dalam organ hati, lemak yang jahat akan diproses (metabolisme) di sistem pencernaan dan akan dikirim ke hati. Nah jika lemak yang baik di proses kemudian di kirim kembali kehati mungkin tidak ada masalah, nah bagaimana kalau lemak yahat yang diproses dan kemudian dikirim kembali ke hati? tentunya menjadi sesuatu yang tidak sehat bagi hati kita.

ibu menyusui makan mie instan

Akibat makan mie instan setiap hari, Makanan apa yang biasanya Anda cari saat turun hujan? Mie instan, bukan? Apalagi bila disajikan dengan direbus ditambah dengan irisan beberapa biji cabai rawit. Mie instan mungkin memang sudah menjadi makanan favorit sebagian besar masyarakat Indonesia, terutama anak kos di akhir bulan. Namun tahukah Anda bahaya mie instan jika Anda mengonsumsinya terlalu sering?

Mie instan merupakan salah satu makanan yang telah di proses oleh perusahaan dengan cara yang efektif. Makanan yang di proses bukan hanya makanan yang telah jadi lalu di panaskan lagi. Makanan yang di proses adalah makanan yang telah diubah dari bentuknya yang asli menjadi bentuk baru lagi karena alasan kesehatan, kenikmatan, maupun alasan tertentu lain. Proses yang dapat terjadi pada pemrosesan makanan ini antara lain adalah pendinginan, pemasakan, pemanasan dan pengeringan. Bahaya mie instan jika di makan terlalu sering adalah terkait dengan banyaknya proses kimia dan penambahan bahan-bahan lain yang tidak baik untuk kesehatan.

Baca Juga  Berbagai Macam Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami

Makanan yang diproses umumnya hanya dilakukan penambahan garam, gula, dan lemak saja untuk memberikan rasa yang lebih nikmat, sekaligus supaya awet dan bisa disimpan dalam waktu yang lebih lama. Terkadang, penambahan beberapa kandungan tersebut juga mampu mempengaruhi tampilan makanan yang di proses, bahkan dapat meningkatkan keinginan orang untuk memakannya.

Namun dengan penambahan gula ini, tentu lemak yang terkandung dalam makanan yang diproses tersebut pun makin meningkat, dan kandungan nutrisi di dalamnya pun tentu tak banyak. Sehingga, bahaya mie instan pada tubuh kita jika di makan terlalu sering antara lain adalah:

  • Diabetes

Mie instan terbuat dari bahan maida. maida yaitu olahan tepung terigu yang telah mengalami proses penggilingan, penghalusan, dan pemutihan. seorang ahli gizi pada rumah sakit fortis di new Delhi, maida yang terkandung pada mie instan hanyalah bahan tambahan yang tidak memiliki kandungan nutrisi apapun selain kaya akan rasa. Sehingga konsumsi maida justru hanya akan memicu kegemukan.

Selain itu, maida juga memiliki kandungan gula yang tinggi sehingga konsumsi maida dapat meningkatkan gula darah Anda, zat ini membutuhkan waktu yang lama untuk di cerna. Anda bisa terkena diabetes.

  • sindrom metabolik

Makan mie instan secara berlebihan tidak wajar bagi kesehatan tubuh anda karena, bisamempunyai resiko buat badan anda yaitu: berisiko lebih tinggi terpapar sindrom metabolik di bandingkan dengan yang tidak makan mie instan sama sekali.

Penelitian ini di lakukan kepada 11.000 orang dewasa berusia 19 hingga 64 tahun. Partisipan di minta melaporkan apa saja yang mereka makan, lalu daftar makanan tersebut akan diklasifikasikan oleh para peneliti. Ini adalah akibat sering makan mie instan setiap hari sangat berguna untu anda yang lagi membentuk badan dan tidak mengkonsumsi mie instan ini.

Akibat makan mie instan satu minggu terus menerus dapat merusak organ dalam anda. Apakah Anda penggemar mie instan? Seberapa sering Anda makan mie instan? Mengonsumsi mie instan sudah menjadi kebiasaan sebagian besar masyarakat Indonesia. Rasanya yang enak, gurih, mudah disajikan, dan harga yang terjangkau, tidak mengherankan jika makanan cepat saji ini menjadi menu favorit. Namun, tentu Anda tidak boleh mengonsumsinya secara berlebihan. apa yang akan terjadi jika Anda kebanyakan makan mie instan? Simak ulasannya.

Proses pembuatan mie instan di mulai dengan mencampur bahan-bahan garam, pati, dan bumbu-bumbu lain dengan tepung. Adonan tersebut kemudian di aduk, lalu di masukkan ke cetakan. Setelah menjadi bentuk yang di inginkan, mie di kukus dan di keringkan dengan proses menggoreng atau pengeringan dengan udara panas.Mie instan kerap disebut sebagai makanan tidak sehat lantaran kandungan lemak dan karbohidrat yang tinggi, namun rendah serat, protein,mineral, dan vitamin. Selain itu, mie instan yang di sajikan dengan kaldu instan biasanya memiliki kandungan garam atau sodium yang tinggi. asupan sodium yang di sarankan per hari tidak lebih dari 2.000-2.400 mg (setara 5-6 gram garam).Penggunaan MSG atau monosodium glutamate yang berfungsi meningkatkan rasa mie instan menjadi lebih asin, manis, atau asam juga memiliki risiko kesehatan.

Hal ini yang harus di perhatikan saat membahas mie instan yang berbahaya adalah kemasannya. Ada mie instan yang di kemas dengan bahan yang menggunakan styrofoam yang mengandung bahan kimia bisphenol A (BPA). BPA dapat mengganggu cara hormon bekerja, terutama estrogen. Jangan merugikan kesehatan anda dengan kebanyakan mie instan yang berbahaya. Kandungan sodium yang sangat tinggi dan msg di sarankan untuk di hindari oleh penderita: hipertensi, pengguna obat diuretik, dan pengguna beberapa jenis obat anti-depressan serta penderita gagal jantung kongestif. Mie instan di duga juga dapat meningkatkan resiko seseoranga mengalami penyakit seperti:diabetes, stroke dan penyakit jantung.

ibu hamil boleh makan mie instan

jika mempertimbangkan kandungan nutrisi mie instan yang tidak seimbang di tambah dengan bahan-bahan pelengkapyang beresiko pada badan atau kesehatan, sebaiknya Anda membatasi konsumsi mie instan. Sebagai tambahan supaya menyeimbangkan gizi pada sajian mie instan, Anda dapat menambahkan beberapa bahan tambahan yang bergizi yaitu seperti telur, ayam, jamur, wortel, kacang-kacangan, kubis, dan bahan-bahan alami lainnya. Jika mungkin, jangan gunakan seluruh bumbu.

Jangan pernah membatasi stengah bumbu karena, bumbu mie instan mengandung sat yang dapat merusak tubuh. jika anda mengkonsumsi mie instan secara teratur, pertimbangkan untuk segera menguranginya. Perbanyak konsumsi makanan dengan kandungan nutrisi seimbang, dilengkapi dengan pola hidup sehat seperti tidak merokok dan olahraga secara teratur.Selalu ingat untuk membaca label kemasan produk makanan atau minuman untuk mengetahui nilai nutrisi sebelum Anda mengonsumsinya. Jadi mulai sekarang anda tidak boleh kebanyakan makan mie instan karena mie instan dapat membahayakan kesehatan anda.

mie instan adalah makanan favorite anak kos, makan mie instan sama nasi sudah kenyang  perut sampai pagi. Tetapi, bahaya yang ada di dalam zat mie instan dapat membuatnya terkena penyakit yang mengendap di dalam tubuhnya. Bahaya makan mie instan, anda sudah mendengarkan atau sudah tau bahaya-bahaya dari makanan cepat saji ini.Mie instan memang bukan makanan yang sempurna. Jumlah zat dalam mie instan tidak seberapa dan terbilang sedikit di bandingkan panganan lain. Untuk itu, mie instan tidak bisa di makan sendirian. Mie instan bisa  Kamu bisa mencampur dengan telur rebus, sawi, wortel, atau daging. Selain lebih sehat, rasanya juga pasti tambah nikmat.

Teman-teman mie instan jangan di jadikan makanan pokok anda karena mempunyai efek yang dapat merusak tubuh anda. boleh makan mie instan tapi jangan sering-sering satu mingu 1 kali atau 2 kali lebih dari itu tidak boleh, kalau ibu hamil dua minggu 1 kali atau 2 kali lebih dari itu tidak boleh, karena membahayakan janin atau bayi yang ada di dalam kandungan sedangkan ibu menyusui juga tidak papa kalu mengkonsumsi mie instan, tetapi jangan banyak-banyak karena bisa menyebabkan bayi anda terkena penyakit.warna kuning dalam mie instan itu adalah bukan warna alami tapi buatan pabrik. zat pewarna makanan itu adalah tatrazine (ch940).  Zat pewarna ini sudah terserap dengan baik kok, jadi saat direbus tidak akan luntur. Nah, sekarang sudah tahukan bahaya makan mie instan dan akibat memakanya.ingat jangan terlalu sering memakannya, di atas ada cara memakan mie instan dengan benar dan efek dari memakan mie instan.