Berbagai Macam Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami

Hai guys! Bagaimana rasanya saat berbicara kepada teman, dan tidak sengaja kalau mulutmu baunya tidak sedap? Siapa sih yang betah berbicara lama lama didekat mereka yang mempunyai masalah bau mulut?. Apa kalian tau cara menghilangkan bau mulut secara alami? di artikel ini saya akan membahas beberapa cara untuk menghilangkan bau mulut tidak sedap. Sebelumnya, apa kalian tau apa itu yang dimaksud bau mulut? Bau mulut adalah suatu keadaan dimana mulut kita mengeluarkan bau yang tidak sedap atau kurang sedap. Ada 25% penduduk dunia yang mengalami masalah ini. Dan di artikel ini, kita akan membantu menyelesaikan masalah kalian. Selamat membaca teman teman.

Gejala bau  mulut  yang  tidak  sedap.

Pada umumnya, kita pasti ingin tau cara menghilangkan bau mulut secara alami. Bau mulut yang tidak sedap umumnya disebabkan penumpukan bakteri pada gigi, gusi, dan lidah.  kondisi tersebut muncul ketika terjadi penurunan kadar air liur yang berperan sebagai pembersih bakteri atau kebersihan gigi kurang. Kondisi ini disebut mulut kering atau xerostomia. Selain itu, mulut kering juga dapat disebabkan oleh tarikan napas melalui mulut, bukannya melalui hidung. Merokok, diet, serta konsumsi makanan, minuman, atau obat tertentu juga dapat menjadi penyebab bau mulut. Bau mulut tidak hanya disebabkan oleh masalah kesehatan gigi, gusi dan makanan yang berbau menyengat.

 Faktor- Faktor penyebab bau mulut.

Bau-Mulut

Ternyata hal sepele dikehidupan sehari hari dapat menyebabkan bau mulut loh? Mau tau apa saja penyebabnya dan mau tau cara menghilangkan bau mulut secara alami? Beberapa kondisi kesehatan lain yang bisa menjadi penyebabnya bau mulut adalah:

  1. Xerostomia (mulut kering karena gangguan produksi air liur akibat bakteri menumpuk di rongga mulut)
  2. Gangguan saluran pencernaan seperti infeksi oleh bakteri H.pylori dan penyakit refluk gastro-esofageal.
  3. Sinusitis yang menghasilkan post nasal drip(aliran cairan kental dari rongga sinus ke tenggorokan)
  4. Gangguan hati.
  5. Infeksi saluran pernapasan seperti bronkitis kronis.
  6. Peradangan kronis atau peradangan pada sinus, hidung, atau tenggorokan.
  7. Kanker dan gangguan-gangguan metabolisme.

Namun pada kondisi tertentu, bau mulut dari manusia dapat terjadi karena penyebab yang lebih serius seperti berikut ini:

  1. Penyakit yang memengaruhi kelenjar air liur seperti sindrom Sjögren atau skleroderma. Penyakit ini juga menjadi penyebab mulut kering.
  2. Infeksi pada mulut seperti sariawan atau luka setelah pencabutan gigi.
  3. Masalah gastrointestinal (perut dan usus): bau mulut tidak sedap dapat disebabkan oleh penyakit yang berhubungan dengan perut dan usus (gastrointestinal) seperti infeksi H. pylori (infeksi bakteri pada usus kecil dan lapisan perut), serta penyakit asam lambung atau GERD di mana asam lambung sering naik ke kerongkongan.
  4. Masalah gusi dan gigi berlubang : bau mulut  tidak sedap yang berlangsung terus-menerus juga dapat disebabkan oleh masalah gusi. Penyakit gusi disebabkan oleh penumpukan plak pada gigi. Bakteri pada plak kemudian menyebabkan racun yang menimbulkan peradangan pada gusi, suatu kondisi yang jika tidak ditangani akan membahayakan gusi dan tulang rahang.

Cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang dan gusi membusuk :

  • Rajin menggosok gigi.
  • Penggunaan benang gigi.
  • Penggunaan obat kumur.
  • Hindari rokok.

Cara menghilangkan bau mulut akibat gigi berlubang dan gusi membusuk :

  • Tambal gigi yang berlubang
  • Jaga kebersihan mulut dan gigi
  • Pilih obat kumur yang tepat
  • Perhatikan apa yang kamu makan

Ada juga beberapa macam makanan penyebab bau mulut dan cara menghilangkan bau mulut secara alami akibat makanan , berikut ini :

jengkol

1.) Daging Merah

Daging merah merupakan salahsatu makanan yang menimbulkan aroma yang kurang sedap pada mulut, tak hanya mulut bahkan aroma badan Anda juga bisa terpengaruh. Ini disebabkan karena daging adalah makanan yang agak sulit dicerna oleh tubuh dan kemungkinan besar mengeluarkan gas yang kurang sedap pada tubuh. Apabila keluar keringat juga biasanya aroma yang dikeluarkan agar berbau. Cara mengatasi bau mulut akibat daging merah : mengonsumsi buah-buahan dan sayuran secara teratur dan mengurangi konsumsi daging, dapat mengurangi risiko bau napas tidak sedap.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Bulu Ketiak Permanen

2.) Bawang Putih

Bawang putih, bawang bombai, bawang merah memiliki aroma yang kuat dan jika dikonsumsi bisa menyebabkan bau mulut bahkan bau badan menjadi kurang sedap. Bau yang dihasilkan pun kadang bisa bertahan beberapa jam hingga berhari-hari. . Cara mengatasi bau mulut akibat bawang putih : meminum segelas susu, memakan apel karna memiliki enzim yang mempunyai bahan seperti deodoran alami.

3.) Makanan Berserat

Makanan baik yang tinggi serat maupun rendah serat bisa memicu timbulnya aroma kurang sedap pada mulut, yang menjadi penyebabnya yaitu serat yang mengandung metana, karbon dioksida dan juga hidrogen yang memiliki sifat mengeluarkan gas ketika dicerna oleh tubuh. Cara mengatasi bau mulut akibat Makanan Berserat : meminum banyak air putih dan menggosok gigi setelah memakannya.

4.) Junk Food

Junk Food merupakan salah satu yang menyebabkan bau mulut dan juga bau pada badan. Ini disebabkan junk food mengandung lemak yang memaksa pencernaan bekerja untuk mengolahnya. Namun, banyak orang yang kurang menyadari penyebab bau mulut yang satu ini. Cara mengatasi bau mulut akibat junk food : meminum banyak air putih dan menggosok gigi setelah memakannya.

6.) Permen

Permen selain dapat merusak gigi Anda, ternyata bisa menjadi pemicu bau mulut yang tak sedap. Ini disebabkan kandungan gula pada permen. Pada saat berinteraksi dengan gula, bakteri yang ada dalam mulut dipercaya mengeluarkan zat yang membuat mulut menjadi berbau kurang sedap. Cara mengatasi bau mulut akibat peremen : kurangi mengkonsumsi permen, dan menggosok gigi secara teratur, karna permen adalah penyebab gigi berlubang.

7.) Telur

Telur juga bisa memicu mnculnya bau mulut karena telur mengandung banyak protein. Ketika bereaksi dengan cairan asam yang ada pada saluran pencernaan, protein akan melepaskan bau kurang sedap yang bisa terbawa kembali oleh udara pernapasan dan keluar melalui rongga mulut. Cara mengatasi bau mulut akibat telur : menjaga kebersihan diri, lingkungan tempat tinggal dan mengkonsumsi makanan sehat.

8.) Kopi

Kopi juga merupakan salahsatu peyebab munculya bau mulut. Keasaman dan enzim alami yang ada pada kopi menyatu dengan air liur yang ada pada mulut sehingga menyebabkan mulut beraroma tak sedap. Cara mengatasi bau mulut akibat kopi : Menyikat gigi adalah cara tercepat untuk menghilangkan bau mulut karena kopi, dan selalu ada permen karet yang mengandung xylitol untuk dikunyah.

9.) Jengkol

Bau pada jengkol disebabkan oleh adanya senyawa djengkolic acid atau asam jengkolat.Hanya saja, bau ini tak akan permanen menempel di mulut atau air seni. Bau ini hanya sementara. Tapi jika Anda termasuk tak sabar dan ingin segera menghilangkan bau jengkol, mengutip berbagai sumber, ada beberapa cara menghilangkan bau mulut setelah makan jengkol ,salah satu caranya adalah Makan permen karet atau permen mint akan membantu menyegarkan kembali aroma mulut Anda. Aneka rasa permen karet akan berfungsi seperti layaknya pencuci mulut sekaligus menghilang kotoran yang menempel di gigi.

Cara cara mengatasi bau mulut.

Menghilangkan bau mulut memang mudah, tapi disini kita juga harus mempelajari apa penyebabnya, bagaimana cara menghilangkan bau mulut dan masih banyak lagi. Bisa saja dimulai dari hal hal kecil seperti saat berpuasa apa kalian menyadari bahwa saat bulan puasa bau mulut kita juga terasa tidak sedap?. Terlebih apabila berkomunikasi dengan orang lain dalam jarak yang dekat tentu saja akan menyebabkan rasa tidak percaya diri. Berikut cara menghilangkan bau mulut saat puasa :

  1. Menggosok gigi secara rutin 3 kali sehari.
  2. Disaat sahur dan buka puasa rutin meminum air putih.
  3. Hindari memakan makanan yang lengket seperti coklat dan permen.
  4. Menghindari makanan yang berbau tajam.
  5. Mengkonsumsi buah segar.
Baca Juga  Diet Sehat Menurunkan Berat Badan Secara Cepat

Diartikel ini Ada juga beberapa cara menghilangkan bau mulut permanen , dan cara menghilangkan bau mulut dengan cepat, berikut uraianya :

  1. obat penghilang bau mulut dengan kencur.

Caranya sangat mudah yaitu cukup dengan mengunyah sejari kelingking kencur hingga halus dan meratakannya ke seluruh mulut. Dan muntahkan kembali asapnya.

  1. Menghilangkan bau dengan daun sirih.

Untuk memanfaat daun sirih sebagai ramuan herbal bau mulut adalah dengan menjadikan air rebusan daun sirih sebagai obat kumur kumur. Cara ini dapat mematikan kuman dan bakteri mulut yang akan membuat napas anda lebih segar dan bebas bau secara permanen pada hari itu.

  1. Obat tradisional jerup nipis plus madu untuk mengatasi bau mulut.

Prosedur pakainya adalah dengan membuat minuman dari perasan jeruk nipis di tambahkan madu asli pada sebuah gelas berisi air. Di aduk dan minumlah untuk sekali habis. Teraturka  ramuan alami penghilang bau mulut ini agar bisa hilang secara permanen.

  1. Pergunakan obat kumur penghilang bau mulut tak sedap.

Banyak di jual obat kumur anti septik yang bisa membantu mengurangi bau mulut anda, namun pastikan berbasis herbal alami tradisional. Dan nama produk yang reputasinya baik adalah Dental Water Liquid yang dapat mematikan kuman dan parasit mulut dalam waktu 60 menit pengkumuran.

Bagaimana cara menghilangkan bau mulut secara alami pada mulut :

  1. Makan Beras.

Untuk menghilangkan bau mulut yang sangat mengganggu Anda bisa mengunyah beras. Ketika mulut sudah terasa tidak nyaman karena bau mulut, ambil segenggam beras kemudian kunyah beras tersebut. Tidak perlu ditelan, jika sudah halus Anda bisa membuangnya.

  1. Minum Kopi hitam.

Kopi hitam juga merupakan salah satu cara yang ampuh dan praktis untuk menghilangkan bau mulut. Anda bisa langsung minum kopi yang sudah diseduh atau langsung ambil kopi hitam yang masih fresh kemudian dimakan langsung. Memang pahit tapi sangat ampuh.

  1. Minum susu.

Cara selanjutnya dalam menghilangkan bau mulut yaitu dengan minum susu. Susu yang bisa menghilangkan bau mulut yaitu susu kental manis. Kandungan susu akan membuat gigi sehat dan melindungi gigi dari kerusakan. Saat gigi sehat maka bau mulut pun tidak akan ada lagi. Caranya cukup mudah anda hanya perlu menyeduh susu kental manis kemudian minum secara rutin.

  1. Makan buah.

Buah-buahan juga bisa membantu menghilangkan bau mulut. Buah yang kaya akan vitamin C bisa memenuhi kebutuhan vitamin dalam mulut dan bisa membantu menghilangkan bau mulut.

  1. Hindari makanan pemicu bau mulut.

Agar bau mulut tidak muncul lagi jangan makan makanan yang berbau tak sedap, misalnya saja jengkol, petai, dan makanan berbau lainnya.

  1. Hentikan merokok.

Berhenti merokok adalah solusi yang paling jitu untuk Anda yang mengalami bau mulut karena kecanduan rokok. Rokok tidak hanya merusak kesehatan tapi juga dapat menyebabkan bau mulut.

  1. Kumur air garam.

Jika bau mulut sudah datang pada Anda, cara praktis untuk mengatasinya berkumurlah dengan menggunakan air garam. Ambil satu gelas s air hangat beri sedikit garam kemudian kumur-kumurlah.

 

cara menghilangkan bau mulut secara alami

Menjaga kebersihan dan kesehatan mulut akan mencerminkan kepribadian seseorang. Jika memiliki mulut yang bau maka mencerminkan kepribadian orang tersebut jorok tetapi jika mulut kita bersih dan segar tentunya hanya dimiliki oleh orang-orang yang selalu menjaga kebersihan mulutnya. Tidak hanya menjaga kebersihan mulut, disini kita juga harus menjaga pola pola makanan dan menghindari makanan yang menyebabkan bau mulut. Jangan patah semangat untuk menjaga mulut kita agar tidak bau, jangan hanya mau menjaga tubuh saja, menjaga mulut agar tidak bau pun penting untuk kepercayaan diri masing masing. Semoga artikel ini dapat membantu para pembaca untuk mengetahui cara menghilangkan bau mulut secara alami.