Berbagai Macam Objek Wisata di Jogja

Kota Yogyakarta atau biasa disebut dengan  Jogja adalah destinasi wisata yang sangat mempesona. Banyak objek wisata dijogja yang tidak kalah dari kota kota lain. kota ini selalu ramai dikunjungi para pengunjung dari luar kota, terutama pada masa-masa liburan sekolah. Ada banyak banget daya tarik Kota Jogja, diantaranya Tempat wisata, kuliner, budaya dan kesenian, serta arsitektur bangunan yang unik contohnya candi candi yang ada di kota jogja . nihh, jika kamu lagi merencanakan liburan ke Jogja dalam waktu dekat, kalian ga perlu bingung dan khawatir mau ke mana. Nihh kita punya daftar lengkap tempat wisata di Jogja yang ga boleh kamu lewatin,  simak artikel ini guys. Jangan sampai kelewatan.

Wisata Jogja bangunan bersejarah

Kalian tahu nggak sih, kalo dikota jogja ini punya salah satu bangunan yang masuk kedalam keajaiban dunia, yapp! Betul banget, itu adalah candi borobudur, nggak hanya candi borobudur saja yang ada di kota jogja, kalian mau tahu berbagai macam candi dan obyek wisata jogja ?? kuy simak artikel ini.

  1. Candi Borobudur

objek wisata di jogja

Candi Borobudur ini merupakan objek wisata di jogja dapat disebut Candi Budha yang paling sensasional di dunia. Candi ini adalah candi Budha yang sangat terawat dengan baik dan sangat mudah diakses oleh para pengunjung. Candi ini terletak di kota Magelang, kota ini sangat mudah dijangkau dari kota Yogyakarta. Saran kami kalia harus memilih sunrise tour kalian bisa  melihat matahari terbit dari Candi Borobudur. Melihat beberapa pemandangan gunung merapi dan merbabu yang sensasional diatas horizon dan juga dapat merasakan kabut yang menyatu di udara dan matahari yang merangkak naik secara pelan,  sangat mengesankan walaupun kita harus membayar lebih mahal untuk menikmati pemandangan ini. Pengalaman wisata ini sangat  tidak mudah untuk dilupakan.

  1. Candi Prambanan

obyek wisata jogja

Candi Prambanan adalah salah satu candi paling terkenal di Jogja. Candi Prambanan berada kurang lebih 17 kilometer ke arah timur dari Yogyakarta. Candi ini mudah untuk dikunjungi dengan menggunakan bus ataupun kendaraan pribadi, tidak perlu mengeluarkan biaya mahal mahal, dengan uang seharga Rp 3.500 kita bisa mengetahui rute wisata jogja menggunakan  bus trans menuju candi ini

Candi Prambanan adalah Situs Warisan Dunia UNESCO, candi Hindu terbesar di Indonesia, sekaligus salah satu candi terindah dan termegah se Asia Tenggara. Kamu dibandrol biaya masuk sebesar Rp 40 ribu untuk orang dewasa dan Rp 20 ribu untuk anak-anak. ada beberapa fasilitas yang menarik seperti kereta kelinci, taman bermain, dan banyak lainnya.

  1. Candi Plaosan

wisata kota jogja

Kawasan candi Plaosan dibagi menjadi dua kelompok yaitu Plaosan Lor dan Kidul. Candi Plaosan Lor mempunyai dua candi utama yang dikelilingi 116 stupa perwara dan 50 buah candi perwara. Selain itu, candi Plaosan diketahui mempunyai  beberapa perwara berbentuk candi dan stupa.

Candi Plaosan Lor dan Kidul hampir mirip kalau dilihat dari jauh. Sehingga sampai sekarang candi Plaosan juga sering disebut Candi Kembar.untuk  Kamu yang mau menikmati wisata sejarah di sini kamu hanya ditarik biaya sebesar Rp 10 ribu. uniknya, di candi Plaosan ada beberapa acara tahunan yang menampilkan berbagai macam tarian dari seluruh nusantara.

  1. Candi Sewu

wisata baru di jogja

nampak sekilas bentuk Candi Sewu hampir sama dengan Candi Prambanan. Tetapi , Candi Sewu adalah candi Buddha terbesar kedua di Indonesia setelah Borobudur.
nampak dari namanya saja, kamu pasti mengira kompleks ini mempunyai seribu candi. Tapi nyatanya, kompleks ini hanya mempunyai sekitar 257 candi dengan satu candi utama, 8 candi pengapit, dan sisanya adalah candi pewarta.
Candi ini berada di lembah Prambanan yang menghampar dari lereng selatan Gunung Merapi di utara sampai pegunungan Sewu di sekeliling pertengahan Yogyakarta dengan Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. tapi sayangnya, akibat gempa tahun 2006 Candi Sewu mengalami kerusakan. Meski  begitu, candi ini tetap terlihat menawan.

  1. Candi Sambisari

objek wisata jogja

Candi Sambisari yang berlokasi di sekitar 12 km ke timur Kota jogja atau 4 km sebelum tiba di Candi Prambanan. Candi yang satu ini adalah situs yang ada sekitar 6,5 meter di bawah tanah. Selain itu kita bisa melihat pelancong ,pelancong memiliki 3 candi pendamping dan di bagian luar candi ada tembok dengan keliling 50 m x 48 m.
bentuk candi yang berada di dalam tanah membuat Sambisari punya keunikan tersendiri.

Wisata alam di Kota Yogyakarta

Nggak hanya bangunan bersejarahnya yang terkenal di yogakarta, ada jug nih tempat wisata jogja yang wajib dikunjungi yaitu, pantai dan gunung  yang ada dijogja. Yuk simak wisata alam di jogja J

  1. Gunung Merapi

wisata alam di jogja

Gunung Merapi menjadi destinasi  utama ketika membicarakan tentang gunung yang ada di Jogja. Gunung setinggi  2.968 mdpl ini menjadikan salah satu gunung yang paling disukai para pendaki di Jogja dan sekitarnya. posisi gunung ini sebenarnya tak hanya masuk wilayah Jogja tetapi juga masuk beberapa kabupeten di Jawa Tengah seperti Boyolali, Magelang, serta Klaten. semenjak erupsi besar tahun 2010, jalur pendakian merapi ke Gunung Merapi semakin mengurang. Jalur pendakian yang kini lebih sering dipakai oleh para pendaki adalah jalur Selo yang bertempat di kabupaten Boyolali. Sebagai salah satu gunung api paling aktif di Indonesia, mendaki Gunung Merapi adalah sebuah tantangan tersendiri yang justru banyak disukai oleh para pendaki

  1. Pantai Baron

wisata ke jogja

Pantai Baron bertempat di kabupaten Gunungkidul. Untuk masuk ke Pantai Baron ini nanti kamu akan diminta membayar sejumlah 5000 Rupiah dan biaya untuk parkir mobil atau motor sejumlah 1000 sampai dengan2500 Rupiah. Pemandangan  yang masih alami adalah salah satu keunggulan dari pantai ini

Para pengunjung yang datang akan menghabiskan waktu mereka dengan bermain dan berbasah-basahan di laut. tak perlu khawatir karena seret ombak, karena pihak penjaga telah memberikan pembatas untuk membatasi wilayah mana saja yang aman dikunjungi. Ombak di sini cukup menantang sehingga digemari oleh para peselencar.

  1. Kaliurang

paket wisata jogja murah

Kaliurang merupakan kawasan wisata ke jogja. Tempatnya  berada di Kabupaten Sleman. Kaliurang sendiri memang kawasan wisata di propinsi DIY yang terkenal mempunyai  hawa sejuk tapi cenderung dingin. Di sini, banyak sekali villa yang bisa dipakai para wisatawan untuk menginap. Khusus untuk yang suka berkemah, di Kaliurang juga ada beberapa tempat perkemahan yang bisa dipakai  untuk melakukan kegiatan tertentu yang bertema luar ruanga(outdor) . kalau mau lebih jauh mempelajari tentang Gunung Merapi, kalian bisa datang ke Museum Vulkanik Merapi. Kalau mau melihat kukuhnya puncak Merapi, kalian bisa ke tempat yang biasa disebut Gardu Pandang. Banyak banget  tempat yang bisa kamu datangi di Kaliurang, termasuk Tlogo Putri yang ada di kaki bukit Plawangan Turgo.

  1. Pantai Drini

tempat wisata jogja yang wajib dikunjungi

Pantai Drini berada di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul. Yang special dari Pantai Drini adalah sebuah pulau kecil di tengah  pantai. adanya pulau kecil ini seperti membuat Pantai Drini terbagi menjadi dua bagian.

Di sisi timur pantai ada barisan tebing yang berdiri kuat seperti benteng yang menghadang ombak disamakan dengan keindahan pulau karang, airnya yang lebih tenang boleh jad bagi kamu untuk berenang. Selain itu di sisi barat, kamu bisa melihat jajaran perahu bercadik yang pulang dari berlayar mencari ikan dilaut. Ombak yang cukup besar membuat perairan di barat ini kelihatan lebih ganas.

  • Puncak Suroloyo

wisata murah di jogja

tak terlalu jauh dari Kebun Teh Nglinggo kita bisa menemukan sebuah tempat yang ada pada ketinggian 2.000 mdpl. objek wisata di jogja ini adalah Puncak Suroloyo. yapp, dari tempat setinggi itu kita bisa melihat pemandangan yang super amazing. Dari bukit ini kita bisa disuguhi oleh pemandangan sebagian wilayah Kulonprogo dan Magelang. Sore hari menjadikan waktu yang paling tepat untuk datang ke Puncak Suroloyo. Tujuannya apalagi jika bukan untuk menikmati dan melihat sunset. kalau berniat melihat sunrise di Puncak Suroloyo seharusnya pikir dua kali karna kabut yang tebal sering muncul pada pagi hari yang membuat kita tidak bisa melihat pemandangan secara maksimal. Puncak Suroloyo adalah titik tertinggi dari Perbukitan Menoreh yang membentang di Kulonprogo

  • Pantai Sadranan

rute wisata jogja

Pantai Sadranan terkenal sebagai salah satu spot snorkeling baru yang banyak diminati di pulau Jawa. Di Pantai Sadranan ada tempat penyewaan yang dikenal dengan nama ‘Sadranan Snorkeling’ untuk Anda yang ingin menyewa peralatan snorkeling.

Pantai Sadranan adalah rumah dari beberapa spesies laut unik seperti Ikan Lepu, Kerondong, Botana Kuning, Kepe-kepe, Areng-areng, Ikan Neon, dan masih banyak yang lain yang menunggu kedatangan kamu. Jam jam terbaik untuk melakukan snorkeling di pantai ini adalah pada pagi, tengah, atau sore hari menjelang matahari terbenam.

5 Spot foto dijogja untu para instagram lovers

Buat kalian yang suka banget upload foto ke instagram atau sosial media yang lainya, wajib banget ngunjungin wisata baru di jogja yang ga kalah unik dari tempat yang lainya.

  1. Puncak 4G Gunung Gentong

wisata jogja murah

Unik ya nama gunung ini wisata kota jogja ini wajib banget buat kamu yang suka foto foto dan diupload ke media sosial! Kalo namanya 4G bukan berarti jaringa lohh. Sebutan ini muncul karna diletakkan untuk gunung getong yang terletak di padukuhan manggung, desa ngalang, gedangsari, gunung kidul, daerah istimewa yogyakarta

Gunung ini memang lagi ngehits nihh dimedia social, banyak banget foto tentang keindahan puncak 4G yang berseliweran di social media. 4G yang dmaksud itu merupakan singkatan dari Gunung Gentong, Gunungkidul, Gedangsari. Dari puncak ini kamu bisa melihat banyak alam hijau dan bukit disekitarnya.

  1. Pantai Cemara Sewu

paket wisata ke jogja

Pantai yang ga kalah menarik dari pantai lainnya adalah pantai cemara sewu. Alamatnya berada di jl. Pantai parangkusumo, parangtritis, kec. Kretek, bantul. Sesuai dengan sebutannya, pantai ini memang banyak banget keindahan pohon cemara.

Begitu tiba dipantai ini kalian sudah disambut hangat dengan puluhan atau ratusan pohon cemara yang menjulang tinggi, tempat ini menjadi tempat favorite anak muda mendapatkan spot foto yang keren banget. Fasilitas disini masih minim banget sebaiknya kalian membawa karpet, makanan, minuman, payung dan sunblock dari rumah sendiri.

  1. Hutan Pinus Mangunan Dlingo

objek wisata di jogja

Buat kalian yang suka sekali sama traveling dan suka banget ngikutin tempat tempat yang lagi hitz dijogja, kalian ga salah buat milih tempat ini wisata jogja murah disini, yap sesuai namannya hutan ini dikelilingi beribu ribu pohon pinus yang menjulang tinggi. Mendapatkan kesan cantik bila dijadikan background untuk foto. Ga heran banyak banget yang dateng ketempat ini buat dapetin spot foto yang menarik. Tempat ini sering banget dijadikan buat video clip dan shooting video, kalo masuk kesini  kalian cukup membayar 3-10 k rupiah.

  1. Rumah Hobbit

obyek wisata jogja

Coba deh kalian cari tahu rumah hobbit yang ada di jogja, tempat ini ga kalah menarik juga dengan tempat yang lainya, lokasi tempat ini ada di jl. Htan pinus nganjir, mangunan, dlingo, bantul. Seribu batu songgo langit memang secara model hampir sama dengan hutan pinus. Yang berbeda dari tempat ini adalah ada sebuah bangujnan yang berasal dari batu batuan yan menyerupai rumah hobbit yang kaya d film film itulohh.

  1. Taman Pelangi

wisata kota jogja

Taman ini berada di pelataran monumen jogja kembali, jl. Ring road utara, sari harjo, ngaglik, kabupaten sleman ini dibuka mulai jam 17.00 sampai 23.00 WIB. Taman ini banyak banget wahana yang tersedia yaitu seperti trampolin, becak kayuh, sepeda, motor aki dan bom bom car. Kalo kalian suka main air bisa mencoba bola air, perahu dayung dan bebek kayuh. Harga tiket masuk ke wisata ini adalah 10 ribu dari hari senin-jumat, hari sabtu-minggu 15 rbu.

Wisata Terkenal Pasaran di Jogja

wisata baru di jogja

Selain mengunjungi objek wisata jogja, kalian juga wajib banget mengunjungi beberapa pasar yang ada dijogja, kalian bisa mencari oleh oleh buat keluarga tercinta kalian. Kuy simak pasar apa saja yang terkenal dijogja dengan harga harga murah nya.

Jangan ngaku pernah ke Jogja deh kalo belum ndatengin tempat wisata belanja icon jogja yang satu ini, yashh Malioboro terkenal sebagai salah satu pusat wisata belanja di Jogja yang udah sangat populer banget di kalangan wisatawan.

Baca Juga 20 Objek Wisata di Jogja Yang Wajib Dikunjungi

Berjalan kaki sepanjang Malioboro pasti bakal buat kamu mau memborong berbagai barang yang ada, mulai dari aksesoris etnik, cendera mata khas Jogja hingga lukisan dan wayang kulit yang menarik.

banyak pernak-pernik cantik yang akan membuat kamu lebih leluasa untuk memilih barang yang kamu mau, jangan lupa buat nawarin di bawah harga yang ditawarkan biar bisa mendapatkan barang dengan harga yang lebih murah.

Selain aneka barang kerajinan dan batik, kamu juga bisa berbelanja di pusat perbelanjaan modern yang banyak terdapat di sepanjang Jalan Malioboro.

  • Pasar Beringharjo

Wisata belanja di Malioboro nggah bisa terpisah dari Pasar Beringharjo karena letaknya berseberangan. Tau nggak?, di pasar tradisonal ini yang menjadi salah satu pusat ekonomi masyarakat ini kamu bisa berbelanja sepuas hati dengan kisaran harga yang relatif lebih murah, terlebih bagi kamu yang pintar menawar.

Berbagai macam batik dengan motif yang beraneka rupa bisa kamu dapatkan di pasar ini, contohnya itu kain batik ataupun yang sudah berupa pakaian jadi dengan kualitas yang beragam sesuai selera.

Batik dengan kualitas tinggi contohnya batik tulis tentu punya harga yang relatif mahal kalau dibandingkan dengan batik yang berkualitas di bawahnya seperti batik cap, demikian juga dengan bahan kain yang dipakai seperti sutera, katun atau yang lainnya.

Berbagai perlengkapan fashion lainnya juga bisa kamu temukan di pasar ini, mulai dari sepatu, tas, aksesoris sampai keperluan rumah tangga seperti sprei hingga gordyn dan lainnya.

  • Kerajinan Perak Kotagede

Bagi kamu penyuka dan penggemar perak, maka sentra kerajinan perak di Kotagede bisa menjadikan salah satu tempat wisata belanja yang wajib didatengin. Kotagede adalah pusat kerajinan perak terbesar di Jogja yang udah sangat terkenal dan menjadi sumber ekonomi dari warga setempat.

Berbagai aksesoris cantik dari perak bisa kamu dapatkan dengan harga yang standar, selain itu berbagai sovenir unik berbahan perak juga nggak kalah menariknya dengan pembuatan yang detail dan teliti sehingga semakin menambah nilai plus seni di dalamnya.

  • Kasongan, Pusat Souvenir dan Aksesoris Kota Jogja

Bagi kamu penggemar kerajinan gerabah, kamu wajib untuk dateng ke Kasongan yang merupakan sentra kerajinan gerabah yang sudah sangat terkenal di Jogja.

berada di Pedukuhan Kajen, Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Bantul, lokasi wisata belanja yang satu ini bisa ditempuh dalam waktu 10-20 menit dari pusat kota Jogja.

Ada banyak banget barang kerajian yang bisa kamu dapetin di tempat ini, mulai dari pot bunga, lampu hias, guci, patung sampai souvenir untuk pernikahan yang pastinya berkualitas dan punya nilai seni tinggi sehingga bisa menjadikan pilihan bagi kamu yang ingin menghiasi rumah dengan unsur etnik yang ada di dalam kerajinan gerabah.

  • PASTY, Pasar Satwa dan Tanaman Hias Kota Jogja

berada di Dongkelan, PASTY atau Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta menjadikan pusat jual beli tanaman hias dan aneka satwa yang tidak pernah sepi dari pengunjung. Di tempat ini kamu bisa menemukan berbagai jenis satwa yang bisa dipelihara, mulai dari anjing, kucing, burung, reptil sampai ikan hias yang beraneka warna.

Tips berlibur dikota jogja

objek wisata jogja

Kalian pasti gamau rugikan kalo lagi liburan keluar kota, jangan khawatir guys! Disini kamu bakal dikasih tau tips tips kalo lagi berkunjung kekota gudhek ini, yuk tau paket wisata jogja murah apa saja yang ada disini.

  1. Memilih Penginapan
    kalian wajib milih penginapan murah maksimal Rp 100.000, nggak perlu khawatir because di jogja ada banyak penginapan dengan harga murah yang tersebar luas di seluruh kota contohnya beberapa hotel yang ada di pusat keramaian Malioboro yaitu Hotel Indonesia, Hotel Kunthi, Hotel Larashati, Hotel Puri, the Munajat Backpacker, dan masih banyak lagi. Hotel-hotel ini menyediakan persewaan kamar mulai dari harga 60.000 untuk satu malam, udah termasuk kamar yang nyaman dan minuman hangat di pagi hari.
  2. Transportasi Murah
    Karena Yogyakarta mempunyai banyak obyek wisata yang nggak semua dilewati oleh transportasi umum, supaya kamu mendapatkan transportasi dan menghemat biaya, kita dapat menyewa sepeda motor. Di jogja banyak banget jasa rental motor dengan harga yang lumayan terjangkau yaitu mulai Rp 50.000 untuk 24 jam, sehingga kita bisa puas berkeliling kota Yogya tanpa harus diributkan dengan transportasi. kalau kamu bepergian lebih dari 2 orang maka solusi hemat yang lainnya yaitu dengan menyewa mobil, harga termurah menggunakan mobil Karimun Estilo dengan biaya sewa 175.000 per 12 jam, kalau mau sekalian dengan jasa driver mobil karimun Estilo + Driver harganya murah banget cuman Rp 275.000 per 12 jam sudah bisa mengunjungi berbagai objek wisata di wilayah Yogyakarta, bisa lihat halaman tarif rental mobil buat info lengkapnya.  Bila mau sekedar mengelilingi kota jogja bisa menggunakan Trans Jogja dengan tarif Rp 3.500 sudah dapat mengelilingi kota gudeg ini.
  3. Makanan Murah Meriah
    agar bisa menghemat biaya selama liburan di jogja, kita bisa membeli makan di angkringan selain enak, harganya pun juga merakyat. 1 bungkus nasi kucingan di bandrol seharga Rp 1.000, gorengan Rp 500, minuman seharga Rp 1.500 (tergantung pesennya) di angkringan juga terdapat lauk ayam. kalau mau merasakan makanan khas jogja yaitu gudeg, di pagi hari ada beberapa penjual gudeg basah dengan harga Rp 7.000 per mangkok yang mudah di cari di pinggir jalan Malioboro, sedangkan di siang hari banyak terdapat rumah makan yang berjualan nasi sayur lengkap dengan lauk mulai dengan harga Rp 10.000 per porsi. Perut menjadi kenyang dengan harga yang irit adalah cara yang tepat untuk mengatasi pengeluaran bagi kamu yang mempunyai bugjet terbatas.
  4. Obyek Wisata Murah
    Banyak paket wisata ke jogja dengan objek wisata di jogja seperti Benteng Vredeburg, Keraton Yogyakarta, Taman Sari, Sentra perak, Sentra bakpia batok, kampung gudeg Wijilan dan masih banyak lagi yang lainnya. kalau mau melihat keindahan beberapa tempat ini kalian cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 saja, bahkan ada juga yang gratis. Selain itu di malam hari kalian bisa menikmati keindahan kota jogja seperti Alun-alu utara dan selatan, Tugu Jogja yang dapat dinikmati dengan gratis.
  5. Membawa Peta Wisata Yogyakarta
    untuk kalian yang belum kenal wilayah Jogja, membawa peta wisata adalah langkah terbaik untuk menghemat waktu, ongkos dan tenaga dalam menemukan beberapa objek wisata yang menarik selama liburan di Jogja. Peta wisata Jogja bisa kalian download di google, Ada beberapa tempat wisata di jogja yang dilengkapi dengan jasa foto keliling di tempat sebagai kenang-kenangan. kalau mau menghemat pengeluaran lebih baik kita membawa kamera sendiri untuk bisa mengabadikan segala kegiatan selama kita liburan, kalau mau menggunakan jasa foto cetak di tempat wisata asalkan bisa menawar dengan harga yang tepat kita dapat mempunyai foto cetak dengan harga yang seringkali satu foto lengkap menggunakan bingkai khas tempat wisata di hargai Rp 30.000, kalau bisa menawar dengan baik kalian dapat mempunyai foto dengan bingkai yang khas seharga Rp 10.000 sampai 15.000.
  6. Berbelanja Hemat
    Berbelanja adalah salah satu kebutuhan yang sulit ditiadakan pada saat liburan, tapi kita masih bisa berbelanja murah dengan budget yang terbatas di Jogja contohnya membeli kaos Dagadu khas jogja mulai harga Rp 20.000, berbagai macam pernak- pernik gelang mulai Rp 1.500, sandal motif batik berharga Rp 10.000, baju batik mulai Rp 30.000, dan lain sebagainya. Saat berbelanja kalian sebisa mungkin memakai bahasa jawa agar terlihat sebagai penduduk Jogja sehingga tidak akan di tawari dengan harga yang tinggi, selain itu saat menawarkan barang pastikan di bawah atau maksimal 50% dari harga yang ditawarkan, jika tidak ada kesepakatan cepat pindah ke tempat penjual yang lain untuk bisa membandingkan harga mana yang terbaik dan cocok untuk

Kota Yogyakarta nggak hanya terkenal dari budaya dan pariwisatanya tapi juga dari segi pendidikan yang patut untuk diacungi jempol. Banyak hal yang sangat luar biasa yang bisa dirasakan ketika berkunjung ke Kota Yogyakarta, mulai dari warisan budayanya, kuliner, keindahan alam ataupun seni dan tradisinya. Beberapa hal itulah yang menjadikan kota Yojakarta atau yang lebih dipanggil dengan Jogja menjadi daerah tujuan wisata favorit diIndonesia setelah pulau Bali. Orang orang dijoga mempunyai sifat dan watak yang kalem , menjadikan kota ini sebagai kota yang ramah terhadao pengunjung. Disini jogja pun banyak paket wisata ke jogja Dan objek wisata di jogja yang dapat mearik para woisatawan menuju kota ini. terimakasih untuk kalian yang mau membaca artikel ini sampai habis.