Berbagai Macam Wisata Kuliner Surabaya

Banyak Kota besar yang ada di Negara kita Indonesia, salah satunya adalah Kota Surabaya yang pastinya banyak keistimewaan di dalam kota ini, contohnya saja wisata kuliner surabaya. Saat ini kota Surabaya berkembang menjadi sebuah kota industri  yang lumayan maju dan sangat pesat, hal ini pasti membuat perdagangan di Kota Surabaya menjadi semakin pesat saja. Selain populer dengan kulinernya, Surabaya juga terkenal dengan industrinya yang semakin hari semakin bertambah maju, kota Surabaya banyak diminati pengunjung dan yang banyak di buru oleh para pengunjung adalah kuliner khasnya. Banyak banget tempat kuliner di surabaya yang harus kalian kunjungin saat kalian sedang berkunjung ke Kota Surabaya. Nah, diartikel kali ini tidak hanya membahas wisata kuliner saja. Ada juga tips-tips berlibur saat ke Surabaya! Nih simak artikelnya.

Kuliner Khas Kota Surabaya

Sebelum kalian tahu kuliner yang enak di Surabaya, kalian wajib tahu nih, kuliner khas Surabaya apa saja, yuk intip apa saja yang menjadikan kota Surabaya terkenal dengan kulinernya!

  1. Sate Klopo

wisata kuliner surabaya

Seperti sate-sate pada umumnya, sate klopo juga terbuat dari bahan daging dan dari bahan kelapa. Perbedaannya, Sate Klopo mencampurkan jeroan dan lemak sapi. Irisan sate di tempat kuliner di Surabaya ini lebih besar dan telah dibumbui terlebih dahulu menggunakan kelapa yang telah disangrai, sebab inilah yang menjadikan Sate Klopo Ondomohen menjadi lebih gurih dan enak.

kalian bisa menemukan banyak pemburu Sate Klopo di Surabaya, tapi ada salah satu yang paling populer yaitu warung Sate Klopo Ondomohen Bu Asih yang berada di Jalan Walikota Mustajab no 36, Surabaya. Untuk mencoba sate ini kalian perlu sedikit bersabar. Pasalnya meski warung ini terlihat sederhana, warung sate klopo yang satu ini tidak pernah sepi oleh para pelanggan.

  1. Nasi Goreng Jancuk

kuliner di surabaya

Kalau ada satu kata yang bisa mengingatkan kalian tentang kota Surabaya, maka kata terakhir pada tempat wisata kuliner ini yang tepat. Meski kalian bisa mendapatkan nasi goreng di mana saja, Nasi Goreng Jancuk adalah destinasi istimewa kuliner di Surabaya yang tidak bisa kalian lewatkan begitu saja saat berada di kota ini.

Asal mula nama ini juga bisa dikatakan spontan. katanya, Nasi Goreng Jancuk berasal dari umpatan seorang pelanggan setelah mencicipi makanan ini. Chef yang membuat menu ini sedang memasak untuk teman-temannya, dia sengaja menggunakan cabai rawit dengan jumlah yang banyak, dan saat sendok pertama nasi goreng ini sampai di mulut teman-teman si juru masak, mereka sepontan mengumpat, “Jancuk! Pedes, Cuk!”

Kalau mau menikmati nasi goreng khas Surabaya ini, ada baiknya kamu ditemani beberapa orang. Porsinya lumayan banyak, cukup untuk sekitar empat sampai lima orang. Dengan budget sekitar Rp150.000,00 per porsi, kamu bisa mendapatkan Nasi Goreng Jancuk di Royal Plaza.

  1. Tahu Campur Kalasan

wisata kuliner di surabaya

Wisata kuliner Surabaya yang satu ini merupakan salah satu kuliner ter-enak yang sayang untuk dilewatkan jika anda berada di Surabaya. Daging sapi, perkedel singkong, tahu goreng, taoge, dan selada adalah perpaduan yang membuat lidah ingin mencicipinya.

Apalagi tak ketinggalan bumbu petis yang banyak terdapat pada setiap makanan khas Surabaya. Pasti bakal membuatmu menggigit jari kalau sampai kelewatan tidak mencicipinya.

Salah satu tempat wisata kuliner Tahu Campur yang terkenal adalah tahu campur yang berlokasi di Jalan Kalasan No 22 Tambak Sari. Dengan harga yang ramah di dompet kalian sudah bisa mecicipi lezatnya Tahu Campur khas Surabaya.

  1. Kepiting Cak Gundul 1992 Surabaya

grup kuliner surabaya

Sesuai dengan namanya yaitu Kepiting Cak Gundul 1992, kuliner surabaya yang satu ini adalah sebuah kuliner khas Surabaya yang telah di bangun dari tahun 1992. Makanan populer khas dari Surabaya kepiting cak gundul 1992 ini merupakan kepiting bumbu kare dan juga kepiting asam manis.

Tapi kamu juga bisa menikmati masakan Surabaya yang lain, contohnya kerang, ikan, udang, cumi dan masakan enak yang lain. Kalau kalian mau mencoba dan mencicipi kuliner khas Surabaya ini, kalian bisa langsung menuju Jalan Kupang Indah.

  1. Tahu Tek

wisata kuliner surabaya murah meriah

Tahu tek atau biasa dipanggil dengan sebutan tahu telur, adalah salah satu makanan andalan khas Surabaya. Nama Tahu Tek berasal dari suara gunting yang biasa dipakai untuk memotong tahu. Tahu tek ini masuk kedalam wisata kuliner surabaya murah.

Sepiring tahu tek mempunyai isi tahu goreng, lontong, dan kentang yang dipotong-potong dengan gunting. Yaps, semua bahan ini digunting dan bukan diiris dengan pisau, kebiasaan inilah yang menjadi keunikan dari makanan ini.

Setelah itu ditambahkan taoge dan taburan seledri lalu disiram bumbu petis di atasnya. tidak lupa juga ditambahkan kerupuk sebagai pelengkap makanan ini.

  1. Bebek Tugu Pahlawan

tempat kuliner di surabaya

Tugu Pahlawan adalah salah satu monument yang paling bersejarah yang berada di kota Surabaya. Tepatnya berada di seberang jalan ada warung tenda sederhana yang menjual nasi bebek.

Tapi jangan salah, meski tampilannya sangat sederhana, warung yang mulai berjualan dari pukul 18.00 WIB tidak pernah sepi pengunjung. Malah mereka sering rela mengantri demi menikmati nasi bebek hangat dan sambal yang mantap.

  1. Rawon Setan

kuliner khas surabaya

Rawon merupakan makanan khas Jawa Timur, semacam soto tapi kuahnya mempunyai warna hitam pekat. Warna hitam ini berasal dari bahan makanan yang bernama kluwak. Rawon biasanya menggunakan bahan daging sapi yang sudah dipotong-potong dadu, dan sering ditambahkan campuran jeroan atau kikil sapi.

Di Surabaya, kuliner rawon sudah menjadi buruan para wisatawan. Salah satu yang paling populer adalah Rawon Setan karena potongan daging sapinya mempunyai ukuran besar dan teksturnya empuk ketika digigit. jika berkunjung ke Surabaya, pokoknya kalian wajib banget nyobain deh!

  1. Soto Lamongan Cak Har

kuliner surabaya barat

Soto Lamongan Cak Har, meski bukan makanan asli dari Surabaya, tetapi tempat makan soto yang paling terkenal ada di Surabaya. Berbeda dengan soto dari Jawa Tengah yang mempunyai warna kuah yang bening, soto lamongan mempunyai kuah yang berwarna kuning.

Yang menjadikan Soto Lamongan Cak Har terkenal, dari segi rasanya yang enak, kalian bisa dapetin potongan tulang ayam kampung yang masih ada beberapa daging disisi tulang secara gratis kalau kalian makan ditempat langsung.

  1. Semanggi Surabaya

kuliner enak di surabaya

“Semanggi Suroboyo, lontong balap wonokromo, makan ini enak sekali, sayur semanggi krupuk puli bung beli” inilah sebagian lirik lagu yang berjudul Semanggi Suroboyo. Lagu ini seperti menggambarkan betapa lezatnya makanan khas Surabaya ini.

Semanggi merupakan sebuah jenis tanaman yang daunnya biasa digunakan sebagai sayuran pelengkap makanan yang melegenda ini. mengapa dibilang legenda? yap, karena makanan yang menjadi kebanggaan kota ini sudah jarang kita temui di Surabaya dan sudah bisa dibilang langka.

Makanan ini persis seperti pecel, bedanya saja sayur yang dipakai adalah daun semanggi, disajikan dengan taoge rebus, disiram bumbu pecel diatasnya dan diberi krupuk puli.

Baca Juga  Kumpulan Menu Sarapan Pagi Sehat Yang Mudah Dibuat Dan Enak

7 Kuliner Bakso Paling Terkenal di Surabaya

Di kota pahlawan ini juga ada warung-warung yang menjual kuliner bakso di Surabaya loh! Pasti enak banget.

  1. Bakso Solo Rindu Malam

kuliner pagi surabaya

Bakso yang berada di ujung jalan Adityawarman ini sangat populer di kota Surabaya. Bukan hanya daging baksonya yang enak, tapi kuahnya juga begitu segar. Di jam-jam tertentu akan ada live music keroncong yang bisa menghibur kita, sambil menikmati bakso enak ini. Tempatnya yang luas, sangat cocok dijadikan destinasi bagi mereka yang datang secara rombongan.

  1. Bakso Jagalan 87

kuliner murah di surabaya

Bagi kalian yang bosan dengan bakso-bakso yang biasa saja, kalian harus coba bakso jagalan 87. Berada di emperan toko di Jl. Jagalan 87, pemilik membuat bakso saat toko tersebut tutup. Porsi yang cukup besar dan dengan rasa daging yang lumer, menjadikan bakso ini tidak pernah sepi pelanggan. Bahkan kita harus mengantri terlebih dahulu agar bisa mendapatkan tempat duduk. Harga bakso disini lumayan mahal bagi beberapa orang, tapi rasanya tak kalah mahal dengan harganya.

  1. Bakso Jamur Keju Bintoro

wisata kuliner surabaya murah

Nah bagi kalian yang mau mencoba kreatifitas olahan dari bakso, bakso jamur keju bintoro ini wajib dicoba. berada di depan ruko Jl. Bintoro menjadikan bakso ini tidak pernah sepi dari siang sampai sore. Siap-siap saja kalau harus terkena lezatnya keju yang ada di dalam bakso ketika kita memakannya. Kuah bakso ini nggak kalah enak juga, bahkan para pembeli sering meminta tambah kuah baksonya.

  1. Bakso Pak Nur Trunojoyo

kuliner bakso di surabaya

Tidak jauh dari bakso jamur keju bintoro, kalian bisa nemuin bakso Pak Nur di jalan Trunojoyo. Kalau kalian pada kesini, siap hatilah buat antri. Jujur ini bakso rame banget, harganya yang murah, citarasanya pun juga enak, saking ramainya sampai-sampai kita harus self service, yang berarti kalian bebas mengambil apa yang ada, dan jangan lupa untuk membayarnya.

  1. Bakso Pak Kus

wisata kuliner surabaya

Bakso Pak Kus ini populer dengan bakso yang berbentuk kotak, selain rasanya yang enak, bentuk dari bakso ini juga unik. Selain itu kuahnya berasa banget daging, dijamin deh ketagihan saat udah nyobain bakso ini. Bakso Pak Kus ini berada di sebelah gereja GKI Residen Sudirman. Saran kami jangan kesini saat hari minggu, kalian bakal kesulitan cari tempat parkir kendaraan.

  1. Bakso Kepala Sapi

kuliner di surabaya

Bakso kepala sapi ini sudah banyak langganan-nya, namun kali ini kami rekomendasikan bakso kepala sapi yang super duper enak. Bakso kepala sapi pusat ini berlokasi di jalan Klampis Jaya No 47, dekat dengan Rumah Sakit Haji Surabaya. Bakso ini punya beberapa langganan yang banyak, hal ini karena kelezatan baksonya, kualitas daging baksonya ‘kenyil-kenyil’ persis dengan daging di bagian kepala sapi.

  1. Bakso Klenger

Bakso Klenger

Sesuai dengan nama baksonya, kalau kalian makan bakso ini bakal dipastikan klenger beneran. Kenapa gitu? karena bentuknya yang Jumbo dan porsinya banyak, ukuran bakso berbagai macam, ada yang mulai dari diameter 15cm hingga yang paling besar dengan diameter 40cm. Cocok banget dihabisin bareng sama teman atau keluarga.

Wisata Pagi di Kota Surabaya

Buat kalian anak kos yang ada di kota Surabaya bingung kalo mau nyari sarapan pagi karna tidak ada makanan dirumah, dan kalau kalian bingung karna uang saku kalian pas-pasan yuk simak ada beberapa kuliner pagi Surabaya dan wisata kuliner surabaya murah meriah yang wajib dan cocok buat anak-anak kos Surabaya, kami rekomendasikan buat kalian.

  1. Sego Babat Usus Dukuh Kupang

grup kuliner surabaya

Penyetan emang cocok dinikmati kapan saja. Sego (nasi) babat menggunakan sambal yang pedas dan nikmat ini merupakan menu sarapan favorit dikota Surabaya. Apalagi kalau dinikmati dengan nasi yang masih hangat. Rasanya kalian bisa nambah lagi dan lagi. Satu piring sego babat di Dukuh Kupang, Surabaya ini hanya serharga sekitar 17 ribu rupiah. Lokasi tempatnya da di Jl. Dukuh Kupang Barat, Surabaya (tepatnya berada di depan sekolah TK. Gosyen).

  1. Nasi Kuning Avon

wisata kuliner surabaya murah meriah

Sesudah kalian jogging di kota surabaya, tidak ada salahnya dulu mampir untuk beli nasi kuning untuk ibu tercinta di rumah. Nasi Kuning Avon  membuka beberapa cabang dikota Surabaya, termasuk di daerah Darmo ini, tempat ini sudah berjualan sejak jam 5 pagi. Lauknya juga beragam, ada daging atau pun ikan tongkol. Komplit dengan taburan serundeng dan bawang goreng yang harumnya menggoda. budget yang dipasang juga tergantung lauknya. Untuk nasi kuning dengan ikan tongkol, sepiringnya cuman 15 ribu rupiah. Lokasi terdapat di Gang Lusi No.7, Surabaya (Masuk dari Jl. Kapuas), buka jam 06:00 sampai 12:00 WIB.

  1. Lontong Mie dan Rujak Cingur “Mak Rufah”

tempat kuliner di surabaya

Awali harimu dengan sepiring Lontong Mie, ini juga termasuk pilihan yang tidak salah. Kuah dan wangi petisnya yang khas dan pedas, bercampur dengan daging dan juga udang goreng. Kalian juga Bisa menambah dengan potongan tulang yang lunak dan memberikan sensasi saat masuk kedalam mulut dan digigit. cuman dengan 10 ribu rupiah, kamu udah bisa menikmati sepiring Lontong Mie Mak Rufah yang berada di daerah Pengampon, Surabaya. Kalau kalian mau nambah potongan daging, cukup nambah 5 ribu aja loh.

  1. Bubur Ayam Pak Salim

kuliner khas surabaya

Bubur Ayam emang tergolong menu sarapan favorite banyak orang. Termasuk kuliner murah di Surabaya, tiap jam 6 pagi, gerobak Pak Salim yang ada di Jalan Jawa, Surabaya selalu didatangi orang-orang yang mau mengumpulkan energi sebelum beraktifitas. Selain ada lauk tambahan seperti jeroan, Pak Salim tidak pernah irit memberikan kacang kedelai yang membuat buburnya menjadi lebih istimewa.

  1. Nasi Jagung

kuliner surabaya barat

Nasi jagung adalah penyampuran antara nasi khas dari masyarakat Jawa dan Madura. Nasi ini terdiri dari nasi putih yang dipadukan dengan biji jagung yang sudah dimasak bersama dengan nasi ini. Nasi jagung masih sama dengan nasi putih terkadang dimakan dengan lauk-pauk lainnya.terkadang nasi jagung di campur dengan Urap-Urap + Ikan Asin + rempeyek (Peyek). Penjual nasi jagung ini banyak di lihat di pasar bersamaan dengan penjual nasi pecel.

Tempat wisata kuliner yang rekomendasi

Buat kalian anak muda zaman now! Bingung buat nyari tempat nongkrong yang asik dan bisa dibuat foto buat feeds Instagram kalian, nihh ada rekomendasi tempat kuliner di Surabaya yang ga kalah menarik dari seluruh kota di Indonesia.

  • Es Krim Zangrandi

kuliner enak di surabaya

Kalian wajib nyoba nggunjungin Zangrandi. Kedai es krim yang satu ini udah cukup legendaris di kalangan pecinta kuliner di kota Surabaya. Sejak tahun 1930, kedai ini sudah menjadi bagian dari Surabaya. Zangrandi diciptakan oleh Roberto Zangrandi, seorang lelaki Italia yang tinggal dikota ini, dengan memakai resep es krim buatan sang istri Roberto telah menjadi orang sukses yang mendirikan kedai es cream disurabaya. saat Zangrandi kembali ke Italia sekitar tahun 1960, Adi Tanumilia, seorang pengusaha winery, membeli kedai dan resep es krim milik Zangrandi.

Baca Juga  Bubur Sagu Lezat Khas Maluku

Kalau kalian lagi berkunjung ke Surabaya, wajib banget buat singgah sejenak ke kedai es krim ini. lokasinya ada di Jalan Yos Sudarso no. 15 ini. Dengan budget mulai dari Rp24.000,00, kamu bisa menikmati lezatnya es krim ini. kedai ini masih terjaga rasanya selama lebih dari setengah abad.

  • Pakuwon Food Festival

Kalau kalian mau mencicipi aneka kuliner tanpa harus pindah dari satu tempat ke tempat lain, kalian wajib dating ke Pakuwon Food Festival. Berwilayah di Surabaya bagian barat. Dan serungkali disebut sebagai pusat kuliner surabaya barat tempatnya berada di Jalan Kejawan Putih Mutiara X, Mulyorejo, Surabaya.

buka mulai pukul 17.00 sampai dengan 24.00,di festival ini ada sekitar 100 stand makanan yang tersedia di wisata kuliner Surabaya ini. macam macam menu yang ditawarkan juga cukup beragam, mulai dari makanan tradisional Jawa Timur sampai makanan internasional, dan juga termasuk dessert. Bagi kalian yang datang bersama buah hati pun tidak perlu khawatir karena di Pakuwon Food Festival juga ada beragam wahana buat mereka mainkan.

  • Surabi Gatel

kuliner pagi surabaya

Surabi yang termasuk makanan tradisional, di ubah oleh Surabi Gatel menjadi kuliner modern yang cantik dan masa kini tanpa harus menghilangkan cita rasanya yang lezat. buat Surabi gatel, tempatnya berlokasi di Daun Palm Food & Beverage. Selain Surabi, Daun Palm food & beverage juga menampilkan “the best nasi bakar ” di Surabaya. Alamatnya di Jl. klampis semolo timur 47A (dekat dengan bengkel mobil GUT & IGOS) .

  • Orange Cafe

Café ini bernuasa taman, jarang banget kita jumpai di kota Surabaya. Cafe dengan keadaan outdoor yang romantis & nyaman. jika kalian pengen merayakan momen spesial bersama teman kalian, waji banget buat mengunjungi Orange Cafe. Lokasi tempat ini berada di Jl. Raya Prapen 22 , deketnya SMA N 16.

Kuliner malam dikota Surabaya

Saat tengah malam perut kita keroncongan kami punya solusinya, ada kuliner enak di Surabaya yang buka sampai tengah malam sekaligus,

  1. Sop Buntut Gelora Pancasila

kuliner murah di surabaya

saat kamu berada di Surabaya dan mau mengisi perut pada saat larut malam, datang aja nih ke depot Sop Buntut Gelora Pancasila yang buka 24 jam. Tempat ini adalah salah satu tempat makan yang menjual sop buntut paling lezat di Surabaya. kamu juga bisa menikmati buntut bakar yang merupakan menu andalan dari warung ini. kalau nggak mau makan buntut, kamu bisa memesan sop iga atau iga bakar. Potongan buntut atau iga sapi yang dijual di depot ini lumayan besar. so, harga dan porsinya memang sangat sebanding dengan rasanya. Sop Buntut Gelora Pancasila berlokasi di Jalan Mayjen Sungkono No. 94B, Surabaya. 3.

  1. Soto Madura Wawan

wisata kuliner surabaya murah

Soto Madura Wawan merupakan Salah satu warung soto terkenal di Surabaya adalah Soto Madura Wawan. warung ini menjadi sebagai salah satu warung malam di Surabaya karena buka selama 24 jam. lokasinya juga tidak jauh dari Sop Buntut Gelora Pancasila. Yang menjadikan soto di sini terasa begitu spesial adalah pengunjung bisa memilih lauknya sendiri, contohnya daging sapi, babat, paru, atau hati. warung Soto Madura Wawan nggak pernah sepi pengunjung saat siang sampai malam hari. Kalau mau mencoba kelezatan Soto Madura Wawan berada di Jalan Mayjen Sungkono No. 86, Surabaya. 

  1. Pecel Ambulance

kuliner bakso di surabaya

Pecel sangat identik dengan kuliner di pagi hari. banyak orang Indonesia menjadikan kuliner yang satu ini untuk menu sarapan. tapi di kota Surabaya, ternyata ada juga nih  warung pecel yang buka saat tengah malam. Namanya Pecel Ambulance.

Pecel Ambulance jadi salah satu kuliner yang cukup fenomenal di Surabaya, sampai sampai pernah didatangi oleh Chef Juna. Untuk menu pendamping nasi pecel, ada banyak varian yang bisa Kamu pilih, contohnya telur dadar, ayam goreng, bakwan, perkedel dan masih banyak masakan lainnya.

  1. Sego Sambel Mak Yeye

wisata kuliner surabaya

hmm, kuliner yang satu ini siapa sih yang tidak mengenalnya? Sego Sambel milik Mak Yeye ini sudah cukup tersohor di berbagai penjuru kota Surabaya. Yang menjadi andalan tentunya sambal yang mempunyai rasa yang benar-benar pedas bikin lidah ingin meledak. tetapi, tetap enak nih!

Kalau Kamu nggak suka pedas, kalian bisa request sambal sedang atau sambal manis. Sedangkan untuk lauknya, kalian bisa memilihnya sendiri. Di warung ini terdapat aneka lauk-pauk, mulai dari tempe goreng, olahan telur, ikan lele, ikan pari dan masih banyak lagi.

  1. Nasi Cumi-Cumi Bu Atun

Penggemar  wisata kuliner di Surabaya pada malam hari, kalian juga bisa nemuin orang berjualan nasi cumi yang enak dan benar-benar rame, yaitu di warung Nasi Cumi-Cumi Ibu Atun, Surabaya. masakan di warung ini sebenarnya ada lumayan banyak, ada nasi campur, nasi rawon, nasi biasa dan nasi komplit. semua menu ini dicampur dengan lauk cumi hitam yang pastinya enak banget! Selain itu, ada juga varian lauk lain contohnya empal, babat, paru, udang, tongkol, ayam dan lainnya.

  1. Nasi Goreng Krengsengan Cak Tomy

kuliner di surabaya

memakan nasi goreng di tengah malam memang paling cocok dan tentunya bikin perut kalian kenyang. nihh, di Surabaya ada banyak kuliner yang cukup populer, namanya nasi goreng krengsengan punya Cak Tomy.

sebetulnya nasi goreng ini hanya sebuah food street, tapi kelezatannya itu yang membuat warung ini selalu terlihat antri dan tidak pernah sepi. Ohh yaa, biasanya nasi goreng ini dihidangkan bersama mie goreng.hmm Kira-kira gimana ya rasanya? Kamu bisa langsung mendatangi ke kawasan taman Apsari, Surabaya.

  1. Nasi Bali Pengampon

Satu lagi nih kuliner malam Surabaya yang melegenda dan terkenal, yaitu Nasi Bali Pengampon. Dari pandang mata kedai nasi ini mempunyai tempat yang sangat sederhana, hanya sebuah rumah biasa yang difungsikan sebagai warung. tapi untuk urusan antrian pemesanan makanan jangan ditanya sihh! Ramai banget tempatnya.

Surabaya menjadi kota tertua di Indonesia, Surabaya emang istimewa dengan berbagai macam wisata yang bisa dinikmati siapa saja. Sama layaknya kota yang menyimpan banyak sekali gedung-gedung tua penjaga sejarah. Wisata kuliner di Surabaya tidak jauh berbeda dengan gedung-gedung tua yang punya sejuta kejutan.Surabaya pouler dengan bermacam kuliner yang lezat dan khas terkenal juga dengan grup kuliner Surabaya. Ada banyak banget tempat wisata kuliner Surabaya yang bisa kalian cari oleh para wisatawan. Wisata kuliner Surabaya menjadikan salah satu daya Tarik dari kota ini yang pasti tidak akan bisa kamu tolak kamu bisa berjalan – jalan selama 24 jam untuk mencari wisata kuliner di Surabaya ini. semoga artikel yang kami bahas kali ini mendapat respon yang baik bagi kalian para pembaca.