Mengenal Cara Buat Akun Intagram Lewat HP

Membuat dan menggunakan akun instagram memang direkomendasikan dari hp. Enggak tau kenapa kalau instagram di buka lewat browser pc atau daftar instagram di web, tidak begitu menarik dan banyak fitur yang tidak bisa digunakan.

Jadi anda yang ingin membuat instragam wajib buat akun instagram lewat Hp dengan menggunakan aplikasi instagram itu sendiri yang sudah ada di playstore atau appstore. Aplikasi dan daftarnya juga gratis tidak perlu membayar apapun, anda hanya perlu mendownload saja aplikasi IG.

Buat akun instagram lewat hp sangatlah mudah bagi yang menggunakan iphone tentu saja downloadnya di app store bagi yang menggunakan android tentu download di playstore. Buat akun instagram baru bisa menggunakan akun facebook, jika anda tidak bisa daftar Instragam daftar facebook terlebih dahulu setelah itu akun facebook anda bisa anda kaitkan pada instragam.

Instagram dapat didefinisikan sebagai aplikasi mobile berbasis iOS, Android dan Windows Phone dimana pengguna dapat membidik, mengedit dan memposting foto atau video yang menarik ke halaman utama Instagram dan jejaring sosial lainnya.

Foto atau video yang dibagikan nantinya akan terpampang di feed pengguna lain yang menjadi follower Anda.

Sistem pertemanan di aplikasi Instagram menggunakan istilah following dan followerFollowing berarti Anda mengikuti pengguna, sedangkan follower berarti pengguna lain yang mengikuti Anda. Selanjutnya setiap pengguna instagram dapat berinteraksi dengan cara memberikan komentar dan memberikan respon suka terhadap foto yang dibagikan.

Cara Membuat Akun Instagram di Handphone

cara membuat akun instagram

  1. Buat akun instagram lewat hp sangatlah mudah Silahkan anda download apk Instagram secara gratis di Google Play Store hp android anda
  2. Buka aplikasi instagram pada perangkat android Anda, maka Anda akan dihadapkan pada pilihan untuk mendaftar atau login. Di pilihan pendaftaran (Sign Up) ada 2 macam pilihan yaitu pendaftaran melalui reguler dengan menggunakan email atau pendaftaran menggunakan akun Facebook.
  3. Jika Anda memutuskan untuk mendaftar menggunakan email, silahkan tap pada bagian email dan masukkan email anda yang aktif. Tap Next untuk melanjutkan
  4. Atau Anda bisa melakukkan Skip untuk melewati tahap ini. Jika sudah memasukkan nama pilihan anda, tap pada Next.
  5. Tahap selanjutnya adalah memilih username. Username yang anda buat ini nantinya akan menjadi alamat akses akun Anda di instagram. Jika username tidak tersedia, silahkan pilih username lain.
  6. Tahap selanjutnya adalah membuat password. Pastikan Anda membuat pasword yang kuat dan tidak mudah ditebak. Anda juga bisa menggunakan angka atau tanda baca agar password anda semakin kuat dan tidak mudah ditebak. Jika sudah selesai, silahkan tap Next.
  7. Pada bagian ini, Anda dipersilahkan untuk memilih foto profil. Anda juga bisa mengambil foto profil dari Facebook anda, mengambil foto secara langsung, mengambil dari Twitter anda, dan juga dari gallery foto. Ada juga pilihan skip jika Anda ingin melewati tahapan ini.
  8. Selanjutnya adalah anda tinggal mencari teman, Anda akan diberikan pilihan untuk mencari teman melalui Facebook, kontak, dan juga akun yang sudah direkomendasikan oleh Instagram. Anda juga bisa men-skipnya dengan melakukkan tap pada Skip di pojok kanan atas.
  9. Di sini akun Instagram yang Anda buat sudah selesai dibuat dan Anda siap berbagi foto dan gambar dengan teman-teman anda.
  10. Anda juga bisa menghubungkan akun instagram dengan menggunakan akun Facebook Anda.

Manfaatnya adalah, Anda akan sangat  lebih mudah menemukan teman-teman Anda di Facebook yang menggunakan Instagram dan Anda juga bisa login langsung menggunakan Facebook jika sewaktu-waktu anda ingin mengakses instagram di perangkat lain atau ingin membuka instagram di PC.

Setelah akun Instagram anda selesai dibuat, yang perlu Anda lakukkan selanjutnya adalah memfollow beberapa orang teman Anda serta mencari follower yang akan mengomentari gambar-gambar yang anda share.

Cara Membuat Akun Instagram di Komputer/Laptop

daftar instagram baru

  1. Buka google pada komputer/laptop anda.Meskipun pengalaman menjelajahi Instagram di komputer lebih terbatas daripada pengalaman yang ditawarkan melalui aplikasi seluler, Anda tetap bisa membuat dan mengakses akun melalui situs Instagram di website.
  2. Kunjungi situs web Instagram digoogle anda.Klik tautan yang sudah disediakan untuk mengunjunginya.
  3. Masukkan info pendaftaran pada kolom yang berada di sisi kanan halaman. Informasi ini mencakup:
  • Alamat surel yang sedang Aktif saat ini.
  • Nama lengkap yang anda inginkan.
  • Nama pengguna sesuai keinginan anda.
  • Kata sandi sesuai keinginan anda.
  • Anda juga bisa mengeklik pada pilihan “Log in with Facebook” yang ada di atas kotak entri informasi untuk membuat akun menggunakan nama dan kata sandi akun Facebook. Akun Facebook dan Instagram Anda akan saling terhubung
  1. Klik tombol “Sign Up“.Tombol ini berada di bagian bawah menu pendaftaran. Setelah itu, akun Anda akan dibuat.
  2. Klik ikon gambar orang yang ada di pojok kanan atas layar.Setelah itu, Anda dibawa ke halaman akun.
  3. Klik pilihan “Edit Profile.Pilihan ini ada di samping kanan nama Instagram Anda, di  atas layar.
  4. Tambahkan informasi apa pun yang ingin anda ditampilkan di profil.Informasi ini mencakup biodata akun anda, tautan ke situs web pribadi, atau foto profil. Jika selesai, klik tombol “Submit” yang ada di bagian bawah halaman. Sekarang, Anda sudah berhasil membuat akun Instagram!

Daftar Instagram Baru

Memiliki akun jejaring sosial agar kita terhubung dengan orang tercinta maupun teman baru lainnya dari berbagai belahan dunia memang sangat menyenangkan. Sekarang banyak sekali aplikasi medsos, memungkinkan pengguna internet untuk memilih, seperti Facebook, Instagram, Twitter, dll.

Tentu saja agar anda bisa masuk ke account, kamu harus daftar terlebih dahulu. Kami berkeyakinan bahwa hampir semua mampu mendaftar karena prosesnya mudah. Panduan cara membuat akun Instagram yang merupakan satu produk dengan Facebook gratis selamanya, sengaja kami ulas khusus bagi teman yang belum pernah mendaftar IG.

Membuat sebuah akun tentu diperlukan alat verifikasi berupa akun email atau nomor ponsel. Sudah menjadi ketentuan bahwa untuk membuat akun Instagram (IG) baru diharuskan melakukan proses konfirmasi, jika Anda tidak memiliki email ada baiknya kamu membuat terlebih dahulu.

Tenang saja untuk membuat akun email tidak butuh waktu lama, jadi silahkan buat email dulu. atau kunjungi: cara daftar akun Google – GMail Jika telah punya persyaratan diatas, sekarang saatnya untuk buat akun Instagram (IG) dengan cara daftar terlebih dahulu kemudian baru bisa masuk ke akun dengan gratis.

Cara Bikin Instagram

Cara BUAT AKUN INSTaGrAM LEWAT HP memang sangatlah simpel.  Bicara tentang social media memang tidak ada habisnya, ada puluhan jejaring social yang tersedia dan siap untuk memanjakan anda dengan berbagai macam fitur serta keunggulannya.

Yang paling sering dikenal orang contohnya saja Facebook dengan berbagai macam fiturnya atau twitter yang dikenal sebagai media sosial “ringkas” dengan batasan update status 140 karakter yang ada.

Ada Google Plus yang dikenal sebagai jejaring social media yang wajib bagi pengguna akun Google, LinkedIn yang dikenal sebagai halaman depan CV bagi anda yang ingin menonjolkan diri di dunia pekerjaan, sampai jejaring sosial berbasis sharing gambar seperti Path, Pinterest, dan Instagram.

Soal jejaring sosial berbasis sharing gambar, yang terbaik di Indonesia masih ada pada Instagram. Setelah diakusisi oleh Facebook, kesuksesan jejaring sosial ini semakin menjadi-jadi.

Dalam hal fitur, jejaring sosial Instagram tidak ada batas hanya pada sharing gambar saja tapi juga bisa digunakan sebagai tempat sharing video pendek-pendek. Instagram juga tersedia secara gratis untuk beberapa OS seperti android dan iOS.

Cara Verifikasi Akun Instagram

Instagram merilis cara baru bagi pengguna mengajukan veifikasi akun langsung dari aplikasi. Verifikasi yang dimaksud adalah verification badge (lencana verifikasi) dengan simbol centang biru di bagian samping nama akun untuk menandakan keasliannya.

Lencana verifikasi ini bertujuan membantu pengguna mengetahui keaslian dari akun publik figur terkenal, merek global atau entitas terkenal lainnya. Mendapatkan verifikasi, sebuah akun harus memenuhi syarat dan ketentuan yang ada, serta panduan komunitas Instagram. Pengguna tidak perlu mengeluarkan dana untuk mengajukan verfikasi akun.

Ada tiga macam pertimbangan utama sebelum IG memberikan lencana verifikasi kepada sebuah akun, yaitu:

  1. Asli: Akun Anda harus mewakili orang asli, atau bisnis dan entitas yang terdaftar
  2. Lengkap: Akun harus dalam pengaturan publik, memiliki bio, foto profil, dan setidaknya satu unggahan
  3. Layak: Akun harus mewakili individu, merek, tau entitas terkenal dankerap dicari orang

Cara Mengajukan Verifikasi

Untuk mengajukan verifikasi kepada Instagram, orang yang sudah buat akun instagram baru perlu melakukan beberap langkah sederhana. Pertama, kamu harus membuka Opsi dan akan menemukan keterangan “Minta Verifikasi”. Lalu klik “Minta Verfikasi”, lalu bisa langsung mendaftar untuk diverifikasi Instagram.

Ada beberapa data yang harus disertakan, seperti nama pengguna dan nama lengkap. Selain itu, anda juga harus melampirkan foto tanda pengenal anda. Setelah semua data-data lengkap, anda bisa menekan menu “Kirim” untuk mengakhiri proses pendaftaran verifikasi akun.

Fitur ini tampaknya sedang proses peluncuran, sehingga belum semua pengguna bisa mendapatkannya. Namun seiring waktu, semua pengguna bisa mendapatkannya. Mengajukan verifikasi tidak menjamin semua akun akan mendapatkan simbol centang biru di samping nama penggunanya.

Setelah permintaan anda diterima dan ditinjau lebih lanjut, anda akan mendapatkan pemberitahuan di tab notifikasi berupa persetujuan atau penolakan. Telepas hal itu, Instagram berharap cara baru ini bisa lebih melindungi para pengguna Instagram dari iming-iming verifikasi pihak lain.

Buat Akun Intagram Lewat HP Mempunyai Banyak Fitur

Kamera

Instagram mempunyai banyak fitur-fitur unggulan yang membuatnya digemari oleh jutaan pengguna. Yang pertama adalah fitur kamera, dimana lewat aplikasi Instagram pengguna tidak hanya bisa mengunggah foto dari galeri. Tetapi dapat juga langsung membidik atau merekam momen dari dalam aplikasi kemudian mengedit, memberi caption baru membagikannya.

Pengikut

Sistem social yang ada di dalam Instagram adalah dengan menjadi mengikuti akun pengguna lainnya, atau memiliki pengikut Instagram. Dengan demikian berkomunikasi antara sesama para pengguna Instagram sendiri dapat terjalin dengan memberikan tanda suka dan juga mengomentari foto-foto yang telah diunggah oleh pengguna instagram lainnya.

Pengikut adalah menjadi salah satu unsur yang paling penting, dan jumlah tanda suka dari para pengikut anda sangat mempengaruhi apakah foto tersebut dapat menjadi sebuah foto yang populer atau tidak populer. Untuk menemukan teman yang sudah ada di dalam Instagram, dapat menggunakan teman-teman yang juga menggunakan Instagram melalui jejaring sosial seperti Twitter dan juga Facebook.

Mengunggah Foto

Kegunaan yang utama dari Instagram adalah sebagai tempat untuk mengunggah dan berbagi macam foto-foto kepada pengguna lainnya. Foto yang ingin anda diunggah dapat diperoleh melalui kamera iDevice ataupun foto-foto yang ada di album foto di iDevice.

Efek foto

Pada versi pertama, Instagram memiliki 15 efek foto yang dapat digunakan oleh para pengguna instagram pada saat mereka hendak menyunting fotonya. Efek terdiri dari: X-Pro II, Lomo-fi, Earlybird, Sutro, Toaster, Brannan, Inkwell, Walden, Hefe, Apollo, Poprockeet, Nashville, Gotham, 1977, dan Lord Kelvin.

Di tanggal 20 September 2011, Instagam telah menambahkan 4 buah efek terbaru, yaitu Valencia, Amaro, Rise, Hudson, dan menghapus 3 efek, Apollo, Poprockeet, dan Gotham. Dalam pengaplikasian efek, para pengguna juga dapat menghilangkan bingkai-bingkai foto yang sudah termasuk di dalam efek instagram tersebut.

Fitur lainnya yang ada di bagian penyuntingan adalah tilt-shift yaitu fungsinya tidak beda dengan efek kamera melalui Instagram, yaitu untuk memfokuskan satu titik pada sebuah foto, dan sekelilingnya menjadi buram atau blur.

Dalam sistem penggunaannya aplikasi tilt-shift memiliki 2 bentuk, yaitu persegi panjang dan bulat. Kedua bentuk tersebut dapat anda atur besar dan kecilnya dengan titik fokus sesuai keinginan anda. Tilt-shift juga mengatur rupa foto di sekeliling titik focus foto tersebut, sehingga para pengguna dapat mengatur tingkat keburaman pada sekeliling titik fokus di dalam foto tersebut.

Arroba

Seperti Twitter dan juga Facebook, Instagram juga tidak ketingalan memiliki fitur yang dapat digunakan penggunanya untuk menyebut pengguna lainnya dengan manambahkan tanda arroba (@) dan memasukkan nama akun Instagram dari pengguna tersebut.

Para pengguna tidak hanya dapat menyebut pengguna lainnya di dalam judul foto, melainkan juga pada bagian komentar foto. Dasarnya penyinggungan pengguna yang lainnya bermaksudkan untuk berkomunikasi dengan pengguna yang telah disinggung tersebut.

Judul foto

Setelah foto disuntingkan, maka foto dibawa ke halaman selanjutnya, dan foto tersebut akan langsung diunggah ke dalam tampilan Instagram ataupun ke jejaringan sosial lainnya. Di bagian dalamnya tidak hanya ada pilihan untuk mengunggah pada jejaring sosial atau tidak, tetapi juga untuk memasukkan judul foto, dan menambahkan lokasi foto.

Sebelum anda mengunggah sebuah foto, para pengguna instagram dapat memasukkan judul untuk menamai foto tersebut sesuai dengan yang ada dipikiran para pengguna. Judul-judul tersebut dapat digunakan pengguna untuk menyinggung pengguna akun Instagram lainnya dengan mencantumkan nama akun instagram dari orang tersebut.

Label foto

Sebuah label dalam Instagram adalah sebuah kode yang memudahkan para pengguna untuk mencari foto tersebut dengan menggunakan “kata kunci”. Bila pengguna memberikan label pada sebuah foto, maka foto tersebut akan lebih mudah untuk ditemukan.

Label itu sendiri juga dapat digunakan di dalam segala bentuk komunikasi yang bersangkutan dengan foto itu sendiri. Para pengguna dapat memasukkan namanya sendiri, tempat pengambilan foto, untuk memberitakan sebuah acara, untuk menandakan bahwa foto tersebut mengikuti sebuah perlombaan, atau untuk menandakan bahwa foto tersebut dihasilkan oleh para anggota komunitas Instagram.

Foto yang telah diunggah dapat dicantumkann label yang sesuai dengan informasi yang bersangkutan dengan foto. Pada saat ini, label adalah suatu cara yang terbaik jika pengguna hendak mempromosikan foto di dalam Instagram.

Penandaan foto dengan bendera

Menandai foto dengan sebuah bendera adalah berfungsi bila pengguna ingin melakukan pengaduan terhadap penggunaan akun Instagram lainnya. Hal ini dilakukan jika sebuah foto mengandung unsur-unsur pornografi, ancaman, foto curian ataupun foto yang sudah memiliki hak cipta.

Dalam menandai sebuah foto dengan bendera (flagging), informasi mengenai pihak yang telah menandainya akan tetap dijaga kerahasiaannya. Para pengguna lainnya juga dapat melaporkan foto yang bukan milik mereka di saat menemukan suatu foto dengan pelanggaran-pelanggaran yang sama.

Editor

Instagram juga mempunyai tool editor yang menjadi tempat bagi para pengguna untuk memoles foto yang dijepret lewat kamera perangkatnya. Di sini akan dijumpai 10 tooleditor tingkat lanjut untuk mengatur kembali pencahayaan, kontras dan saturasi semudah menggerakkan jemari tangan.

Di update terbaru Instagram tidak lagi mengharuskan foto berwujud kotak, tapi sudah mendukung pilihan portrait dan juga landscape. Memberikan keleluasaan pada pengguna saat ingin membagikan foto dengan sudut tangkapan lensa yang lebih lebar dan enak dilihat.

Tag dan Hashtag

Sebagaimana jejaring sosial umumnya, Instagram juga mempunyai fitur tag dan hashtag yang fungsinya untuk menandai teman atau mengelompokkan foto dalam satu kategori.

Caption

Caption berfungsi layaknya sebagai deskripsi, di sinilah pengguna bisa memberikan kata-kata soal foto yang diunggah. Di samping tentunya menambahkan hashtag.

Integrasi ke Jejaring Sosial

Seperti yang sudah disinggung, Instagram juga memungkinkan penggunanya untuk berbagi foto atau video ke jejaring sosial lain seperti Facebook, Twitter, Tumblr dan Flicrk. Bila tool ini diaktifkan maka setiap kali foto dibagikan, secara otomatis Instagram juga akan membagikannya ke jejaring sosial yang sudah terhubung dengan Instagram anda.

Cara Menggunakan Instagram

buat instagram baru

Setelah anda mengetahui sebenarnya apa itu Instagram dan juga fitur-fiturnya. Sekarang Anda tentu merasa mantap untuk bergabung dan menjadi anggota barunya.

Sekarang anda unduh dahulu aplikasi Instagram dari Google Play Store atau App Store jika Anda menggunakan perangkat iOS.

Setelah diunduh sekarang jalankan aplikasi di ponsel Anda. Daftarkan akun anda dulu, pakai emailyang valid atau jika ingin yang lebih mudah Anda bisa login menggunakan akun Facebook jika sudah mempunyai akun facebook. Klik Login with Facebook, kemudian saat muncul jendela popup silahkan masukkan email dan sandi Facebook Anda.

  • Saat berhasil masuk, lengkapi dahulu profil Anda. Tap menu paling kanan, lalu tap Edit Your Profile dan lengkapi informasi diri Anda di sana.
  • Berikutnya carilah teman baru, tap saja menu berikon kaca pembesar kemudian ketikkan nama pengguna yang ingin Anda temukan.
  • Klik profil pengguna yang ingin anda dijadikan teman, kemudian tekan Follow untuk menjadi follower-nya.
  • Dan jika anda sudah siap untuk mem-postingfoto pertama, tap ikon kamera yang terletak di bagian tengah menu lalu pilih salah satu dari tiga pilihan. Gallery, photo atau video. Selanjutnya silahkan dicoba sendiri ya.

Ketentuan Penggunaan Instagram

Bila kamu membaca dengan saksama , terdapat satu klausul yang menyebutkan bahwa Instagram memiliki hak penuh untuk menggunakan konten milikmu di platform mereka tanpa harus membayar kamu sepeser pun.

Ketentuan tersebut menyebutkan bahwa anda sebagai pengunggah foto/video “memberi Instagram lisensi non-eksklusif, dibayar sepenuhnya dan bebas royalti, bisa ditransfer, bisa disublisensikan, dan berlaku di seluruh dunia”. Selain itu, mereka juga bisa menampilkan konten-konten iklan bersama-sama dengan konten anda tanpa pemberitahuan terlebih dahulu, serta tanpa memberikan imbalan atas itu.

Meski memiliki ratusan juta pengguna instagram di seluruh dunia, ternyata akun dengan jumlah pengikut (follower) di Instagram bukanlah akun milik selebritas tersohor. Akun instagram yang paling banyak diikuti pengguna adalah akun resmi Instagram yang memiliki 226 juta follower per Oktober 2017.

Akun tersebut adalah satu-satunya akun perusahaan yang menempati sepuluh pengguna Instagram dengan jumlah follower terbanyak pada Oktober 2017. Akun milik Selena Gomez menduduki peringkat kedua dengan 128 juta follower, diikuti oleh Ariana Grande dengan 114 juta follower.

Foto lebih disukai daripada video

cara bikin instagram

Meski Instagram gencar merilis beragam fitur baru untuk menggenjot jumlah konten video di dalam platformnya, ternyata konten berupa foto tetap lebih disukai oleh para pengguna. Konten foto menuai lebih banyak engagement ketimbang video.

Pengguna bisa dengan cepat melihat dan memberikan Like pada foto yang mereka anggap menarik. Meski demikian, laporan NewsWhip juga menyebutkan bahwa video cenderung bisa mendapatkan lebih banyak komentar dibanding foto karena para pengguna meluangkan lebih banyak waktu untuk menikmati konten tersebut.

Indonesia sebagai negara dengan jumlah populasi buat instagram baru terbesar keempat di dunia juga menjadi salah satu pasar penting bagi Instagram. Mereka mengklaim bahwa Indonesia adalah pasar terbesar di Asia Pasifik, dengan jumlah pengguna instagram aktif mencapai 45 juta orang per Juli 2017.

Selain itu, fitur Instagram Stories yang hadir pada Agustus 2016 lalu juga menjadi primadona masyarakat dalam negeri untuk daftar akun instagram. Instagram mengklaim bahwa para pengguna instagram Indonesia merupakan komunitas yang paling aktif membagi pengalaman mereka lewat Instagram Stories, dengan frekuensi dua kali lebih sering ketimbang rata-rata pengguna di seluruh dunia.

Instagram Stories adalah fitur baru Instagram yang sangat mirip dengan aplikasi Snapchat. Mungkin masih ada yang merasa asing dengan fitur ini. Foto dan video yang sudah anda upload di Stories akan hilang setelah 24 jam.

  1. Foto dan video Instagram Stories tidak muncul di feed
  2. Foto dan video tersebut akan muncul di:
    • Profilmu — Ada lingkaran warna warni di sekitar foto profilmu. Follower bisa menekannya untuk melihat Stories milikmu.
    • Di Feed — Foto profilmu akan muncul di atas feed follower. Menekannya akan memunculkan Stories milikmu.
  3. Yang bisa melihat Stories milikmu
    • Untuk akun publik — Follower dan siapa pun yang membuka profilmu.
    • Untuk akun privat — Hanya follower (yang disetujui).
  4. Untuk melihat siapa saja yang sudah melihat Story-mu, buka Story-mu dan swipe ke atas. Akan ada jumlah orang dan siapa saja yang sudah melihatnya.
  5. Siapapun yang melihat Stories—baik follower-mu dan sebaliknya (kalau kamu melihat Stories pengguna lain)—akan tetap terlihat.
  6. Kamu bisa menyembunyikan Stories dari follower tertentu.
  7. Stories bisa dibalas dengan pesan, dan kamu bisa membatasi siapa yang bisa membalas Stories-mu dengan pesan.
  8. Kamu bisa memindah foto dan video dari Story ke feed normal.

Saat ini, kebanyakan foto di Instagram sudah ‘tertata’. Dengan Stories, pengguna bisa lebih ‘bebas’ berbag tidak perlu terlalu jaim karena dalam 24 jam foto itu akan terhapus. Mungkin memang tidak sepribadi seperti Snapchat, tapi diharapkan akan lebih natural dari foto Instagram yang sekarang ini.

Cara Buat Akun Intagram Lewat HP sangatlah enak dan mudah karena dapat dengan mudah melihat stories, Instagram juga memberi garis tambahan antara foto yang lebih personal, dan foto pajangan. Sebagai contoh, sebagai food blogger, kamu bisa mengshare foto makanan yang anda favoritkan dan enak di feed normal, sedangkan di Stories kamu juga bisa share foto pengalaman menuju restoran yang bersangkutan. Sedangkan untuk lebih profesional, tentunya sudah ada profil bisnis Instagram.