Masih Efektif, Inilah Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Jerawat

Saat menginjak usia remaja pastinya banyak hal yang dialaminya. Masa remaja juga lagi masa aktifnya untuk kegiatan diluar, pastinya kulit terkena polusi udara, debu, sinar matahari dan berminyak,sehingga membuat kulit menjadi kusam dan berjerawat. Pastinya mereka bingung untuk bagaimana cara ampuh menghilangkan bekas jerawat. Bekas jerawat bisa berupa noda berwarna kemerahan, noda berwarna kecokelatan/hitam yang biasa disebut hiperpigmentasi dan ada juga bekas jerawat membentuk jaringan parut atau acne scars.

Bekas jerawat yang membentuk lubang atau jaringan parut sulit menghilang dan tidak bisa diatasi hanya dengan perawatan topikal. Ketika bekas jerawat yang berlubang terjadi ketika kelenjar minyak yang ada di kulit lapisan dalam pecah dan menimbulkan luka atau jaringan parut. Sel inilah yang menarik lapisan atas kulit sehingga menimbulkan cekungan seperti berlubang.  Penyakit kulit yang cukup besar jumlah penderitanya.

Seorang peneliti masalah jerawat ternama di dunia berpendapat yaitu Klimann,Tak ada satu orang pun di dunia yang melewati masa hidupnya tanpa sebuah jerawat di kulitnya. Salah satu, penyebabnya adalah perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak di kulit. Hal lainnya yang dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat adalah masa menstruasi, kehamilan, pemakaian pil KB, dan stres.

bahan alami untuk menghilangkan jerawat

Tumbuhnya jerawat memang bukan penyakit kulit yang membahayakan. Akan tetapi, jika ada jerawat di wajah tentu akan menurunkan tingkat kepercayaan diri. Rasanya tangan gatal ingin menyentuh jerawat yang tidak hilang-hilang ini. Eits, apakah tangan Anda bersih ketika menyentuh jerawat?  Jerawat jika di sentuh sembarangan ternyata malah bikin jerawat makin tumbuh subur lho.

Peristiwa ini memang menjadi permasalahan utama bagi para cewek. Belum hilang bekas jerawatnya, eh tiba-tiba sudah datang bulan yang bikin hormon berubah dan timbul lagi jerawatnya. Peristiwa  ini sepertinya bakal berulang-ulang bagi para kaum hawa.

Walaupun terlihat sepele, bekas jerawat di kulit membuat banyak orang tak percaya diri dan minder. Jangan khawatir, ada beberapa cara ampuh menghilangkan bekas jerawat yang bisa Anda coba, baik yang alami, lewat prosedur bedah, maupun dengan obat. Namun, memilih cara menghilangkan jerawat tentu tidak mudah. Anda harus mempertimbangkan kondisi serta kebutuhan Anda. Ketika anda ingin menghilangkan bekas jerawat, Anda bisa menghilangkan bekas jerawat dengan cara alami  bisa juga dengan metode atau bahan kimiawi. Maka, sebelum menentukan cara cara menghilangkan jerawat mana yang akan Anda ambil, konsultasikan dulu dengan dokter kulit atau dermatologis Anda.

Dengan menggunakan kosmetik memang jadi cara termudah menutupi bekas jerawat, flek, dan semua tanda di kulit yang warnanya tak rata dengan kulit Anda. Meskipun bekas jerawat Anda hanya berupa noda atau warna yang berbeda, kosmetik bisa jadi cara menghilangkan jerawat dan bekasnya. Untuk Anda yang memiliki kulit sensitif dan jerawat yang parah, cara menghilangkan jerawat yang satu ini tidak direkomendasikan.

Sayangnya, menemukan produk makeup yang tepat dapat menjadi pengalaman yang membingungkan karena begitu banyaknya merek dan keunggulan produk yang ditawarkan di pasaran.

Hal biasanya, ada dua produk kosmetik yang paling dasar untuk menghilangkan bekas jerawat Anda, yaitu alas bedak (foundation) dan concealer. Kedua produk tersebut tersedia dalam berbagai formula, warna, coverage (kemampuan produk dalam memulas kulit), dan komposisinya.

Pilihlah concealer yang paling sesuai dengan jenis kulit wajah Anda. Namun , Anda harus  hati-hati karena beberapa produk kosmetik mengandung bahan berbahaya, yang berarti Anda harus benar-benar bijaksana dalam memilihnya.

Tips agar makeup Anda tidak memicu jerawatan adalah selalu membersihkan wajah setelah dan sebelum pakai makeup. Selain itu, pastikan Anda selalu cuci tangan sebelum dandan dan jangan lupa juga bersihkan alat makeup Anda secara rutin agar bakteri tidak berkembang biak.

Bekas jerawat yang berlubang biasanya untuk  cara ampuh menghilangkan bekas jerawat dapat diatasi menggunakan perawatan laser atau yang sedang marak, Vampire Treatment dengan metode PRP (Platelet Rich Plasma). Dengan menggunakan darah pasien itu sendiri yang dijadikan sebagai sistem cell serum untuk membantu regenerasi kulit sekaligus menghaluskan permukaan kulit untuk menghilangkan bekas jerawat ini. Disamping itu, bekas jerawat yang berupa noda hitam atau kemerahan, cara menghilangkannya dengan produk-produk yang ada di pasaran.

Anda mencari cara menghilangkan bekas jerawat secara instan di dokter , denagn cara dermal filler bisa jadi pilihannya.  Perawatan dermal fillier atau suntik wajah adalah prosedur yang dilakukan untuk mengembalikan kekenyalan pipi, memuluskan keriput dan lipatan, serta menebalkan bibir.

Dermal fillier tidak hanya membersihkan bekas jerawat saja , dermal fillers juga digunakan untuk memperbaiki bekas luka, termasuk menghilangkan bekas jerawat. Dermal filler adalah cara menghilangkan jerawat dan bekasnya yang tidak membutuhkan sayatan dan tidak mengakibatkan perdarahan atau luka.

Ya, prosedur ini cukup dilakukan dengan menyuntikan cairan dengan komposisi tertentu ke beberapa bagian wajah yang membutuhkannya.

Tedapat beberapa jumlah produk dermal fillers yang dibuat khusus untuk perbaikan kulit. Namun, beberapa produk ini bersifat sintetis, beberapa lainnya terbuat dari sapi atau babi. Beberapa juga terbuat dari sel kadaver yang disterilkan.

Hal lainnya dari dermal fillers adalah untuk mengambil lemak pasien dari bagian tubuh lain, dan disuntik ke bekas luka. Hanya menyuntik wajah dengan cairan tersebut, bopeng bekas jerawat pun akan tersamarkan. Kekurangannya adalah fillers ini tidak akan mengenyalkan kulit yang sudah sangat kendur, dan filler lama-lama akan diserap oleh tubuh dan menghilang.

Perawatan dengan Dermal filler ini memang aman untuk dilakukan sebagai cara menghilangkan jerawat dan bekasnya. Namun, Anda harus ingat, semua prosedur pasti memiliki risiko.

Setelah melakukan perawatan ini , Anda mungkin akan merasakan beberapa efek samping seperti kulit kemerahan dan bengkak di area suntik, bekas luka, serta alergi. Efek samping juga berupa penggumpalan darah, reaksi alergi, dan sebagainya, adalah jenis risiko lain dari prosedur ini.

Jika ingin melakukanperawatan cara ampuh menghilangkan bekas jerawat yang satu ini hanya boleh dilakukan oleh dokter spesialis kulit (dermatolog), dokter bedah kecantikan, ahli farmasi, atau terapis kecantikan yang sudah mengantongi sertifikat. Pada biasanya dokter membutuhkan waktu 30 menit untuk melakukan tindakan. Untuk hasil suntikan biasanya bertahan dari enam bulan sampai setahun lamanya.

Pada proses penyembuhan, kulit berusaha memperbaiki dirinya sendiri dengan membentuk serat kolagen baru. Sayangnya, proses perbaikan ini tidak bisa sehalus dan sesempurna kulit aslinya. Walaupun untuk  penyembuhan dan perbaikan kulit ini memiliki proses yang serupa, ternyata bekas jerawat yang dihasilkan tidak selalu sama, lho! Terdapat beberapa jenis bekas jerawat yang memiliki tampilan yang berbeda-beda. Hanya dengan mengetahui jenis bekas jerawat yang dimiliki, Anda dapat melakukan perawatan yang lebih spesifik. Terdapat  5 jenis bekas jerawat yang perlu Anda kenali.

1. Ice Pick Scar

Bekas jerawat berjenis Ice pick scar merupakan jenis yang  paling susah untuk ditangani. Sesuai dengan namanya, bekas jerawat ini memilki bentuk serupa lubang yang dibuat menggunakan ice pick atau alat pemecara cara menghilangkan jerawatcah es. Ice pick scartergolong bekas jerawat yang sangat dalam, bahkan hingga mencapai lapisan dermis. Pada umumnya, ice pick scar merupakan hasil dari cystic acne yang biasa terjadi pada area rahang, dagu, dan pipi. Masalah  jerawat yang terjadi pada bagian dalam kulit merusak jaringan tissue kulit dan meninggalkan bekas luka seperti tusukan. Jika ingin cara cepat hilangkan jerawat ini , butuh perawatan khusus seperti laser treatmentpunch excisions, hingga cangkok kulit.

2. Boxed Scar

Jika Anda sedang berurusan dengan bekas jerawat yang meradang, boxed scaradalah jenis jerawat yang kemungkinan besar akan dialami. Untuk masalah bekas jerawat ini memang tidak terlalu dalam, tetapi memiliki ukuran yang lebih lebar dan batas-batas bekas jerawat yang cukup tegas layaknya sebuah box. Rusaknya kolagen dan hilangnya jaringan tissue pada kulit merupakan penyebab utama dari boxed scar adalah. Akibatnya, area kulit pada bagian ini tidak memiliki tumpuan dan berujung dengan kulit yang masuk ke arah dalam. Bekas jerawat berjenis tersebut dapat diatasi dengan perawatan punch excisionpunch elevationdermal filler, atau laser resurfacing.

3. Rolling Scar

Bekas jerawat jenis ini  berbeda dengan jenis bekas jerawat sebelumnya yang meninggalkan lubang pada kulit, Bekas jerawat jenis rolling scar adalah bekas jerawat yang membuat tekstur kulit menjadi naik dan turun seperti berombak. Bekas jerawat jenis Rolling scar cenderung lebih dangkal dan tidak memiliki batas luka yang jelas. Rolling scars ini umumnya terjadi sehabis mengalami jerawat yang meradang dalam jangka waktu yang panjang. Dengan bertambahnya usia dan berkurangnya kekencangan kulit, rolling scar dapat semakin terlihat semakin jelas. Biasanya cara paling umum untuk menangani bekas jerawat ini adalah dengan melakukan laser treatment untuk meratakan permukaan kulit kembali. Disamping itu, facial filler juga dapat menjadi alternatif lain untuk mengatasi rolling scar.

4. Hypertrophic Scar

cara cepat hilangkan jerawat

Apa Anda memilki bekas jerawat yang berubah warna menjadi gelap dan terlihat seperti benjolan? Ini merupakan ciri dari hypertrophic scar atau yang biasa disebut juga dengan keloid. Benjolan pada bekas jerawat ini terbentuk saat tubuh tidak sengaja memproduksi terlalu banyak sel saat sedang berusaha memperbaiki sel kulit yang rusak akibat inflamasi. Teknis Cara untuk merawat hypertrophic scar adalah dengan memberi suntikan steroid atau costisone. Disamping itu, Anda juga bisa menggunakan produk retinol topical dan laser treatment. Cara ini dianggap lebih ampuh dibanding dengan pengangkatan keloid melalui operasi.

5. Hyperpigmentation Scar

Hyperpigmentation Scar

Disamping itu, perubahan tekstur kulit, ada juga jenis bekas jerawat yang menyebabkan perubahan warna pada kulit, yaitu hyperpigmentation scar.  Hyperpigmentation  ini berbeda dengan 4 bekas jerawat sebelumnya karena tidak berbentuk bekas luka. Hyperpigmentation juga disebabkan oleh peradangan yang membuat kulit memproduksi melanin dalam jumlah yang berlebih. Jika berhenti untu melakukan perawatan atau tanpa perawatan, bekas jerawat ini membutuhkan 1-2 tahun untuk menghilang. Untuk menghilangkan bekas jerawat ini, pastikan Anda selalu menggunakan sunscreen agar hiperpigmentasi tidak semakin parah. Selain itu, gunakan juga glycolic acid untuk mengeksfoliasi kulit dan retinoid untuk mempercepat proses regenerasi sel kulit.

Perawatan kecantikan dengan Laser resurfacing adalah salah satu cara memperbaiki kulit yang bolong-bolong. Alat leser ini akan digunakan untuk menargetkan area spesifik pada kulit agar “naik” dan rata kembali.

laser karbondioksida dan laser erbium merupakan Laser yang paling sering dilakukan. Laser ini juga dapat digunakan untuk menghapus tattoo dan membersihkan kulit dari bulu.Selain dapat menghilangkan bekas jerawat Laser juga dapat menghilangkan spider veins alias urat-urat yang terlihat jelas dan merah di pipi atau dekat hidung.

Laser skin resurfacing juga mengangkat lapisan teratas kulit Satu sesi akan berlangsung selama 2 jam dan membantu kulit tampak lebih normal dan sehat, . Kulit akan sembuh setelah 10 hingga 20 hari.

Sehabis menggunakan laser tersebut , Anda dapat menggunakan foundation atau alas bedak bebas minyak untuk mengurangi kemerahan. Setelah 2 hingga 3 bulan, noda kemerahan ini sebagian besar akan menghilang.

Anda tidak boleh menggunakan ibuprofen, aspirin, atau vitamin E Sebelum prosedur laser resurfacing ini dilakukan. Berbagai obat-obatan tersebut dapat memengaruhi proses pembekuan darah.

Namun, Efek dari pengobatan laser ini biasanya kurang cocok untuk orang dengan kulit gelap. Prosedur ini memiliki risiko yang sama seperti dermabrasi, tapi juga ada risiko cedera mata yang tak disengaja jika laser mengarah ke mata saat prosedur.

Setelah selesai melakukan prosedur laser resurfacing, Anda harus melindungi kulit ketika pergi di luar ruagan yang mengharuskan Anda terkena paparan sinar matahari.

Pelindung kulit Tabir surya, pakaian berlengan panjang, celana panjang adalah pilihan yang baik. Gunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih. Ingatlah untuk menjaga kelembapan kulit agar membantu dalam proses penyembuhan.

Supaya jerawat tidak membekas lagi, alangkah baiknya anda menggunakan pelindung seperti dibawah ini :

  1. Gunakan Tabir Surya
    Sebelum Anda melakukan pembersihan bekas jerawat yang perlu dilakukan adalah dengan terlebih dulu tidak lupa memakai tabir surya saat keluar rumah. Akibat dari tidak menggunakan tabir surya kulit akan terpapar radiasi sinar matahari. Hal ini akan memperparah bekas jerawat. Oleh sebab itu, jangan lupa mengaplikasikan tabir surya sebelum keluar rumah dan gunakan lagi setiap tiga jam. Gunakanlah  tabir surya dengan minimal 30 SPF dan PA +++ untuk perlindungan terhadap sinar UVA dan UVB.
  1. Gunakan Produk Pencerah Kulit
    Dengan menggunakan produk pencerah kulit juga merupakansalh satu Cara ampuh menghilangkan bekas jerawat lainnya . Contoh kandungan yang dapat mencerahkan kulit adalah vitamin C. Melansir dari laman Skincare.org, vitamin C mengandung antioksidan yang dapat menetralisir kulit dari radikal bebas agar tidak merusak kulit. Zat asam dalam vitamin C juga membantu membersihkan kulit dan menghilangkan infeksi yang disebabkan mikroorganisme.
  2.  Lakukan Eksfoliasi
    Menghilangkan bekas jerawat juga dapat dilakukan dengan eksfoliasi. Masalah kulit ini dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dengan chemical peeling dan mechanical peeling. Dengan menggunakan cara tersebut biasanya menggunakan produk dengan kandungan Alpha Hydroxy Acid (AHA) atau BHA yang membantu mengelupaskan sel kulit mati dan dapat menghilangkan noda bekas jerawat. Seandainya kulit kamu rentan berjerawat dan sensitif, sebaiknya pilih produk chemical peeling yang tidak terlalu abrasif.Sementara itu, mechanical peeling adalah cara menghilangkan bekas jerawat dengan pengelupasan secara fisik, menggunakan scrub. Scrub yang berbentuk krim biasanya dengan butiran-butiran kasar yang fungsinya mengelupaskan sel kulit mati di lapisan atas.

Bahan alami untuk menghilangkan jerawat

Penyakit jerawat adalah kondisi kulit yang abnormal dikarenakan gangguan produksi dari kelenjar minyak yang berlebihan. Penyebab munculnya kelebihan produksi kelenjar minyak ini atau sebaceous gland akan menyebabkan penyumbatan pada saluran folikel rambut dan pada pori-pori kulit. Jika penyakit Jerawat sering muncul akan menyebabkan peradangan pada kulit (kulit membengkak dan menjadi kemerah merahan). Pastinya anda bingung  mengatasi dengan bahan alami untuk menghilangkan jerawat. Berlebihnya produksi kelenjar minyak kulit atau sebum yang kemudian menyumbat saluran kelenjar dan membentuk komedo (whiteheads) dan seborhoea sehingga menyebabkan Timbulnya jerawat pada kulit wajah  .

Kalau penyumbatan yang disebabkan oleh kelenjar minyak kulit ini semakin membesar maka komedo akan terbukan (blackheads) dan kemudian sering kali berinteraksi atau terkena bakteri jerawat. Kalau kamu menemukan jerawat dengan nanah biasanya bisa dipastikan jerawat tersebut terlah terinfeksi dengan bakteri.

Jerawat sering kali muncul dibagian bagian tertentu tubuh para siswi, yang paling mudah terkena jerawat biasanya adalah bagian muka, dada, bagian atas lengan para siswi serta punggung.Dengan timbulnya jerawat dan pastinya agar aman menggunakan bahan alami untuk menghilangkan jerawat . Hal ini biasanya muncul ketika masa pubertas atau mulai menginjak dewasa antara usia 14 sampai 19 tahun. Peristiwa ini disebabkan oleh terjadinya perubahan hormonal pada remaja yang menginjak dewasa.

Munculnya efek psikologis bagi seseorang yang berjerawat adalah fakta bahwa dengan adanya jerawat wajah menjadi tidak lagi mulus dan cantik. Bahkan tidak jarang jerawat akan mininggalkan bekas yang tidak bisa hilang seumur hidup. Akibat timbulnya jerawat akan berpengaruh pada efek kejiwaan seperti seseorang yang tadinya tidak berjerawat ketika mengalami pertama kali ia menjadi susah dan depresi. Kepercayaan diri pun menjadi berkurang karenanya.

Munculnya efek psikologis bagi seseorang yang berjerawat adalah fakta bahwa dengan adanya jerawat wajah menjadi tidak lagi mulus dan cantik. Bahkan tidak jarang jerawat akan mininggalkan bekas yang tidak bisa hilang seumur hidup. Akibat timbulnya jerawat akan berpengaruh pada efek kejiwaan seperti seseorang yang tadinya tidak berjerawat ketika mengalami pertama kali ia menjadi susah dan depresi. Kepercayaan diri pun menjadi berkurang karenanya. Definisi jerawat sering disebut dengan Acne Vulgaris. Pada dasarnya acneadalah benjolan yang timbul akibat penyumbatan pori atau peradangan pada kulit yang disertai dengan nanah atau darah.

Bakteri , kulit yang berminyak, ketidakseimbangan hormon, pola makan yang tidak sehat juga dapat menagtasinya menggunakan bahan alami untuk menghilangkan jerawat . Penyebab tersebut merupakan contoh faktor yang bisa memicu timbulnya jerawat. Contoh  yang paling sering terjadi adalah karena pori-pori di kulitmu tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati.

Zat yang berminyak  disebut sebum yang dihasilkan  dari Setiap pori-pori di kulit terhubung ke kelenjar sebaceous. Penyebab pori-pori yang tersumbat karena jumlah sebum yang terlalu berlebihan , yang kemudian akan menjadikan pertumbuhan bakteri yang dikenal dengan nama Propionibacterium acnes atau P. acnes.

Sel darah putihmu akan berusaha menyerang P. acnes, sehingga akan menimbulkan peradangan kulit dan acne.Terdapat beberapa kasus, hal tersebut akan menimbulkan jerawat yang cukup parah. Hal biasanya, gejala umumnya adalah timbulnya whiteheads, komedo, dan acne.

Sudah banyak cara menghilangkan jerawat dan bekas jerawat yang dilakukan para perempuan. Mulai dari facial di salon atau klinik kecantikan ternama, hingga membeli banyak produk yang dipercaya bisa menjadi cara menghilangkan jerawat dalam semalam.

Sebagai cara menghilangkan jerawat kecil kecil Namun, tidak banyak yang tahu bahwa bahan kimia dalam produk-produk tersebut belum tentu bisa digunakan. Jika anda terus menggunakanya justru membuat acne di wajah Anda menjadi lebih parah .

Kalau kamu ingin mencari cara menghilangkan jerawat dengan cara alami, cobalah menggunakan bahan-bahan alami yang telah terbukti mampu mengatasi masalah acne. Meskipun efek yang ditimbulkan tidak secepat produk yang dijual di pasaran, namun jangan sedih, karena efek jangka panjangnya dijamin lebih aman dan natural.

Terdapat   beberapa cara alami hilangkan bekas jerawat dengan cara yang bisa kamu coba di rumah seperti dibawah ini :

1. Masker Untuk Menghilangkan Jerawat Dengan Masker Soda Kue Dan Air

bahan alami untuk menghilangkan jerawat

Bahan yang satu ini tidak hanya dipakai sebagai Soda kue atau biasa disebut dengan baking soda bahan kue saja, Anda bisa membuat bahan alami untuk menghilangkan jerawat pada wajah Anda. Selain jerawat biasa, menggunakan masker soda kue juga bisa menjadi cara menghilangkan jerawat batu secara alami dan cepat. Manfaat yang terdapat pada soda kue dapat menjadi penyeimbang pH kulit untuk mencegah jerawat. Selain menjadikan penyeimbang pH kulit untuk mencegah jerawat soda kue juga dapat menjadi antiseptik dan anti-inflamasi untuk menyembuhkan jerawat membandel.

Caranya mudah sekali, cukup ikuti langkah berikut ini:

  1. Cukup campurkan 2 sdm soda kue dengan air hingga mengental.
  2. Sebelum diaplikasikan pada wajah, Anda disarankan untuk mencuci wajah dahulu, agar wajah bersih.
  3. Aplikasikan soda kue ke wajah secara merata.
  4. Tunggu selama 15 menit lalu bersihkan dengan menggunakan air hangat.

Setelah digunakan sebagai masker soda kue pada wajah, wajah Anda bisa menjadi cukup kering. Oleh karena itu Anda bisa memakai pelembap wajah sesudahnya.

2.  Masker Alpukat Dan Madu Cara Alami Hilangkan Jerawat

cara cepat hilangkan jerawat

Bahan tersebut yang dapat menembus pori-pori kulit sehingga dapat meredakan peradangan kulit karena Alpukat kaya akan vitamin E. Sedangkan madu mengandung hidrogen peroksida yang bersifat anti-bakteri. Kombinasi kedua bahan ini juga mampu menjadi cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dan cepat.

Caranya menggunakannya pun cukup mudah. Langkah pertama ambil setengah bagian alpukat, tumbuk hingga halus, tambahkan 1 sdm madu. Aplikasikan pada wajah yang telah bersih. Selanjutnya diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

3. Masker Menghilangkan Jerawat Secara Alami Dengan Yogurt Dan Madu

cara alami hilangkan jerawat

Krim yogurt mengandung bakteri baik, asam laktat, dan asam alfa hidroksi yang dapat membantu menghilangkan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Caranya cukup campurkan 1 sdm madu dan 2 sdm yogurt, aduk hingga rata. Oleskan pada wajah. Selanjutnya diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

4. Masker Menghilangkan Jerawat Secara Alami Dengan Jeruk Nipis

cara alami hilangkan bekas jerawat

Masker dengan bahan alami jeruk nipis hampir memiliki efek dan khasiat yang sama dengan lemon. Caranya pun hampir sama. Potong jeruk nipis jadi dua bagian, peras. Campurkan dengan 2 sdm madu. Oleskan pada wajah. Setelah dioleskan air jeruk nipis diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

5. Masker Menghilangkan Jerawat Secara Alami Dengan Pisang Dan Kunyit

Pisang kaya akan antioksidan, potasium, dan vitamin E. Manfaat yang berada didalam pisang tersebut membuat wajah menjadi lebih cerah dan lembap. Zat Lektin yang juga ada pada pisang dapat melawan bakteri penyebab jerawat. Daripada itu, kandungan yang terdapat pada kunyit yaitu kurkuminoid yang berkhasiat obat bagi wajah yang meradang.

Cara pembuatan masker ini  adalah dengan pertama haluskan 1 buah pisang, lalu tambahan setengah sdm bubuk kunyit dan setengah sdm soda kue, aduk hingga rata. Aplikasikan pada wajah yang sudah bersih. Setelah dioleskan ke wajah lali, diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat. Setelah mengggunakan masker tersebut Jangan lupa pakai pelembap jika dirasa wajah kering.

6. Masker Menghilangkan Jerawat Secara Alami Dengan  Bawang Putih

Jenis bumbu yang satu ini  bawang putih tidak hanya bermanfaat sebagai bumbu dapur saja, tetapi juga dapat membantu menghilangkan peradangan pada kulit karena bawang putih yang merupakan anti virus, anti jamur, anti oksidan, dan antiseptik sehingga kesehatan kulit akan terus terjaga. Disamping itu, bawang putih mengandung zat sulfur yang ampuh dalam proses pembasmian jerawat membandel.

Cukup siapkan 1 siung bawang. Anda bisa mengaplikasikannya dengan dua cara.Untuk  penggunaan cara pertama adalah dengan membaginya menjadi dua lalu gosokkan pada jerawat. Selanjutnya, diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat. Bisa juga dengan menghaluskannya lalu diaplikasikan pada wajah yang bersih. Selanjutnya Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

7. Menggunakan Es Batu

cara cepat mengempeskan jerawat

Dengan menggunakan es batu merupakan cara cepat mengempeskan jerawat caranya pun mudah.Sama seperti ketika menaruh es batu pada luka lebam, hal tersebut bekerja serupa pada jerawat. Es batu dapat meningkatkan sirkulasi darah. Lancarnya peredaran darah dapat membantu menghilangkan jerawat membandel.

Untuk pengaplikasiannya Pertama ambil es batu secukupnya. Kedua, bungkus dengan kain bersih lalu letakkan pada jerawat membandel selama beberapa detik. Lakukan secara rutin sampai jerawat terlihat mengempis.

8. Menggunakan Uap

Uap akan membuka pori-pori yang tertutup sehingga kulit dapat bernapas. Maka dari itu  kotoran yang terperangkap dalam pori-pori dapat keluar.

Caranya adalah dengan mengisi suatu wadah dengan air panas lalu letakkan wajah Anda di atas wajah tersebut. Lakukan selama 5 menit. Rutin menguap wajah setiap hari terutama menjelang tidur agar kotoran selama seharian penuh dapat keluar.

Kamu juga bisa menghilangkan jerawat dengan cara alami di atas tanpa perlu pengobatan yang melibatkan bahan kimia, Perawatan yang dilakukan secara konsisten niscaya akan membantumu untuk membasmi jerawat yang mengganggu.

Jerawat yang membandel memang kerap mengganggu penampilan Anda. Dari  beberapa cara ampuh menghilangkan bekas jerawat  secara alami yang telah dipaparkan sebelumnya, jerawat juga bisa diobati dengan obat-obatan. . Sebelum Anda mencoba cara alami untuk mengatasi jerawat , ada baiknya  konsultasikan ke dokter kulit Anda agar mendapatkan penanganan dan pengobatan yang tepat.

Itulah beberapa pilihan atau cara pengobatan cara ampuh hilangkan jerawat di atas, diketahui dapat membantu menangani masalah jerawat, meski demikian, masih dibutuhkan rangkaian panjang penelitian lagi untuk dapat mengetahui efektivitas serta keamanan penggunaan jangka panjang dari bahan-bahan alami tersebut.