Mengungkap Cara Belajar Mobil Manual Sampai Bisa

Umumnya, orang yang belum pernah BELAJAR MENGEMUDI MOBIL MANUAL UNTUK PEMULA, akan mengalami kesulitan saat mempraktikan cara mengemudi mobil. Bahkan kepanikan sering datang ketika sudah berada di belakang setir mobil. Namun berkendara di jalanan harus membutuhkan kemampuan yang baik serta kewaspadaan yang sangat tinggi. Kebanyakan, bagi para pemula akan lebih memilih belajar mobil manual dari pada mobil matik. Nah, khusus untuk mobil manual, para pemula butuh trik khusus untuk bisa mengendarainya. Seperti panduan yang dikutip dari Daihatsu, berikut beberapa cara mudah CARA BELAJAR MOBIL MANUAL:

Daftar Isi

1. Kenali Fitur Mobil

belajar menyetir mobil manual

Tips utama yang harus anda lakukan sebelum BELAJAR MENYETIR MOBIL MANUAL adalah menghafal. Pastikan Anda sudah hafal dengan elemen penting mobil seperti pedal rem, gas dan kopling. Jangan sampai salah menginjak karena akan berakibat fatal. Tak hanya itu saja, tombol lampu sign, klakson dan lainnya juga perlu anda hapal. Perhatikan juga tata letak dan bagaimana mengubah posisi perpindahan gigi mobil atau persneling.

2. Latihan di Tempat yang Tepat

Pilih lokasi yang akan anda jadikan tempat latihan menyetir mobil manual. Contoh lokasinya seperti lapangan yang cukup luas, itu akan membuat Anda lebih berkonsentrasi sambil menghafal elemen-elemen tadi. Setelah terbiasa barulah pilih lokasi yang lebih menantang. Contohnya jalanan umum yang sepi.

3. Harus Konsentrasi

belajar menyetir mobil secara otodidak

Saat belajar mengemudi mobil transmisi manual masa-masa paling menegangkan yaitu ketika kamu mulai memasuki kabin mobil dan duduk layaknya seorang sopir yang mahir. Pastikan pikiran anda harus lebih tenang, lebih relaks dan konsentrasi penuh. Dan patut diingat, saat proses menyalakan mesin mobil, pastikan mobil dalam keadaan netral (tidak masuk gigi).

4. Seimbangkan antara Pedal Kopling dan Gas

Gear shift sudah berada di posisi gigi 1, masih belum jalan? Tentu karena Anda belum menginjak pedal gas nya. Tapi jangan diinjak full. Ketika gas akan anda pijak, anda harus angkat kopling mobil anda dengan pelan-pelan. Ini biasanya bagian paling susah buat pemula. Saat bagian gas diinjak kencang sementara kopling belum terangkat dapat mengakibatkan munculnya suara kasar.

Sementara jika anda mengangkatan kopling terlalu cepat, ada dua kemungkinan yang akan terjadi pada mobil anda yaitu mesin mati atau jalan mobil tersendat-sendat. Jika sudah berjalan pelan dan hendak melakukan perpindahan gigi, baik naik ataupun turun gigi, Anda harus selalu menginjak kopling.

5. Jangan Lupa Selalu Siaga Rem Ketika Gas Sudah Mulai Stabil

Jika dirasa mobil terlalu cepat maka sebaiknya Anda melakukan pengereman, secara otomatis kaki harus bergeser meninggalkan gas dan menginjak rem, biarkan kaki kiri dan biarkan koplingnya, untuk pemula sebaiknya lupakan hal-hal yang kompleks. Cukup injak rem saja jika ingin membuat mobil lebih lambat atau melaju pelan.

Pada dasarnya mengendarai mobil adalah hal yang tidak dianjurkan. Namun, di era yang serba canggih seperti sekarang, keterampilan khusus untuk membawa mobil itu diperlukan. Oleh karena itu, semakin hari kursus menyetir mobil semakin banyak orang yang berdatangan. Tempat kursusnya pun sudah tersedia hampir di seluruh wilayah yang ada di Indonesia, terutama daerah perkotaan.

Bagi Anda yang memiliki atau tidak memiliki mobil, tak ada salahnya untuk belajar menyetir mobil. Skill menyetir mobil yang Anda miliki nantinya dapat Anda gunakan untuk bekerja. Anda bisa bekerja menjadi supir pribadi, supir taksi, apapun yang ada kaitannya dengan menyetir. Jika Anda telah berhasil mendapatkan pekerjaan dari skill ini, kelak Anda akan mampu membeli mobil. Toh harga mobil saat ini tidak semahal dulu. Harga perunit untuk mobil ada yang dibanderol di bawah Rp 100 jutaan.

Kebanyakan orang menganggap remeh perihal menyetir ini. Banyak orang yang mengira menyetir adalah hal yang mudah, tinggal menginjak pedal gas, rem dan mengendalikan setir kemudi. Anda dapat mengatakan hal ini jika Anda membawa mobil matic atau otomatis. Namun, Anda yang hendak menyetir mobil manual tentu harus mengikuti kursus lebih dulu.

Sebelum Anda mengambil kursus menyetir mobil, sebaiknya Anda mengenal dasar-sdasar menyetir lebih dulu. Ada tiga dasar yang perlu Anda ketahui, yaitu:

  • Gas. Fungsi utamanya adalah untuk mempercepat dan memperlambat laju sebuah mobil
  • Kopling. Fungsinya untuk memindahkan gigi saat mobil melaju. Misalnya, saat Anda melewati jalan yang menanjak, Anda harus segera berpindah ke gigi 1. Jika sebelumnya berada di gigi 2, Anda harus menekan kopling dahulu dan mengubahnya ke gigi 1
  • Rem. Digunakan untuk menghentikan laju mobil

Belajar Menyetir Mobil Secara Otodidak

belajar menyetir mobil secara otodidak

Bagi sebagian orang, mengemudikan sebuah mobil memang hal yang gampang. Tinggal hidupkan mesin, dan seolah kakinya sudah menyatu dengan mobil sehingga bisa meliak-liuk dijalanan tanpa rasa sulit.

Secara umum ada dua jenis mobil

  1. Mobil Bertransmisi ManualMobil dengan transmisi M/T ini menggunakan perseneling mekanis yang bisa mereduksi dan mengubah perbandingan putaran mesin saat kita geser tuasnya.

    Ciri-ciri mobil ini bisa anda lihat pada pedalnya yang berjumlah tiga biji. Satu untuk gas, rem dan kopling yang terletak palimng kiri.

  2. Mobil Bertransmisi MaticSementara untuk mobil yang bertransmisi automatic atau A/T sudah mengusung sistem perpindahan gigi secara otomatis. Sehingga anda tidak perlu memindahkan gigi kecepatan 1, kecepatan 2 dan seterusnya. Namun tidak berarti transmisi ini tidak dilengkapi dengan tuas pengendali.

    Tuas transmisi di mobil matic berfungsi untuk memposisikan transmisi di mode Netral, Mundur, Parking, dan Drive.

    Ciri-cirinya, hanya terdapat pada dua pedal saja, yakni dipedal gas dan pedal rem. Sementara dibagian pedal kopling sudah ditiadakan karena sudah mengusung kopling otomatis.

Beda sistem transmisi, beda pula teknik mengemudikannya. Bagi sebagian orang mengemudikan mobil bertrasmisi matic lebih mudah daripada manual karena tidak perlu mengoperasikan kopling.

Tapi sebagian orang justru lebih suka mobil manual dengan alasan power serta keiritannya.

1. Cara mengemudikan mobil manual

cara memasukan gigi mobil

Pertama adalah siapkan kunci mobil anda dan pastikan ketika anda melakukan menghidupkan mesin mobil, rem tangan harus dalam keadaan menarik dan tuas transmisi berada pada posisi netral(N). Anda bisa menggerakan tuas kekanan dan kekiri, apabila terbebas maka posisi sudah Netral.

Selanjutnya bisa anda hidupkan mesin menggunakan kunci kontak atau tombol start/stop engine jika disediakan. Di beberapa mobil, anda harus menginjak pedal kopling saat menghidupkan mesin. Untuk itu saat anda start engine, injak juga pedal koplingnya

Saat mesin hidup, posisikan diri anda senyaman mungkin dan persiapkan tubuh anda agar rebih rileks dan tenang. Hal ini agar kita bisa mengendalikan laju kendaraan secara tenang.

Didalam posisi pedal kopling tertekan dengan penuh, masukan transmisi ke posisi gigi 1. Anda bisa menggeser tuas transmisi ke posisi gigi satu. Perlu anda diperhatikan tiap mobil memiliki posisi speed yang berbeda-beda, anda bisa melihatnya di permukaan tuas biasanya terdapat peta kecepatan transmisi mobil.

Saat ini, posisi anda dalam keadaan menekan pedal kopling dan posisi transmisi gigi satu, langkah selanjutnya release rem parkir. Jika rem parkir mobil anda tetap menggunakan tuas, anda cukup mengangkat sedikit tuas rem, kemudian tekan lock tuas dan rem bisa diturunkan kembali.

Namun jika anda menggunakam rem parkir elektrik, anda perlu menekan pedal rem sambil menekan tombol rem parkir. Maka rem akan release secara otomatis.

Jika rem parkir pada mobil anda sudah turun, tinggal selangkah  untuk menjalankan mobil. Perlu diingat bagi seorang pemula, disarankan tidak memainkan pedal gas. Biarkan mesin menyala pada keadaan ideal tanpa penekanan pedal gas.

Pastikan anda sudah memegang steering wheel, kemudian lepas kopling secara berlahan. Mobil pastinya akan berjalan dengan kecepatan 2 – 5 Km/h. Saat ini mobil anda sudah dalam keadaan jalan dan tugas anda adalah untuk mengendalikan arahnnya dan tetap tenang.

Ketika mau berhenti, anda hanya perlu menekan kedua pedal yakni pedal kopling dan pedal rem. Dan jangan lupa memposisikan tuas pada posisi Netral saat anda selesai.

2. Cara mengemudikan mobil matic

cara memasukan gigi mobil matic

Bagi mobil matic juga sama, pastikan kondisi rem parkir sudah terangkat kemudian posisi tuas ada diposisi Parking (P).Hidupkan mesin sambil menekan pedal rem dengan menerus. Hampir semua jenis mobil matic menyalakannya dengan menekan pedal rem.

Selanjutnya, posisikan tuas transmisi pada posisi D sambil menekan pedal rem. Tanpa anda menekan pedal rem, tuas transmisi tidak dapat berpindah dari posisi P. Release rem parkir seperti cara yang sudah dijelaskan diatas. Lalu, tanpa menekan pedal gas, lepas pedal rem secara halus. Maka mobil anda bisa berjalan dan anda tinggal mengendalikan kemudinya dengan tenang.

Saat akan berhenti, anda hanya perlu menekan pedal rem dan Jangan lupa juga memposisikan tuas transmisi ke posisi P. Jika langkah dasar diatas, sudah dapat anda kuasai maka selanjutnya anda bisa menggunakan teknik-teknik yang lainya. Pembahasan lebih lengkap ada pada Ebook ini. yang berjudul Panduan nyetir mobil tanpa kursus.

Jika Anda sudah mengetahui dasar-dasar dari menyetir dengan baik, kini sekarang Anda sudah dapat melaju ke langkah yang selanjutnya. Dibawah adalah 10 panduan dan tips jika Anda ingin menyetir mobil manual:

Mengenal Semua Bagian Pedal

CARA BELAJAR MOBIL MANUAL, ada tiga jenis pedal yang harus Anda injak. Pedal yang ada di sebelah kiri adalah pedal untuk kopling, pedal tengah bertujuan untuk rem, dan pedal dibagian paling kanan sebagai pedal untuk gas. Ketiganya harus benar-benar Anda kuasai. Ingatlah posisi yang ketiga pedal ini saat Anda ingin memulai menyetir mobil. Jangan sampai salah menginjak, karena hal ini akan membahayakan diri Anda dan orang yang ada di dalam mobil anda.

Kuasai Kopling dengan Baik

Seperti yang telah dijelaskan, kopling berfungsi untuk mengatur gigi. Anda juga dapat menggunakan kopling untuk menghentikan putaran roda dan mesin yang masih terhubung. Bagi Anda yang ingin berganti kopling, jangan lupa untuk menginjak pedal kopling.

Apabila mesin mobil sudah hidup dan Anda ingin memutar mobil, jangan heran jika mobilnya tidak berputar. Itu disebabkan karena Anda belum menginjak pedal koplingnya. Jadi pastikan jika Anda sudah menginjak kopling dengan benar, baik untuk gigi 1, 2, 3, dan 4.

Bawa Mobil di Jalanan Datar

belajar mengemudi mobil manual untuk pemula

Anda yang berstatus sebagai pemula atau yang masih belajar CARA BELAJAR MOBIL MANUAL, perlu berhati-hati saat ingin menyetir. Apalagi jika tangan dan kaki masih kaku. Ketika Anda Ingin memulai menyetir, pilihlah jalanan yang datar dan lurus bertujuan untuk menghindari dari kejadian yang tak diinginkan. Jangan lupa untuk mengenakan sabuk pengaman sebagai syarat utama jika Anda ingin menyetir.

Ketika Anda sudah mahir di jalanan datar, Anda dapat meningkatkan level dengan menyetir mobil di jalan bebatuan. Setelah itu, barulah Anda bisa latihan menyetir di jalan raya. Lakukan step demi step dengan benar. Jangan berambisi langsung ingin menyetir di jalan raya padahal Anda masih pemula atau dalam keadaan belajar.

Atur Posisi Duduk

Agar anda menyetir semakin nyaman, Anda harus perlu mengatur posisi duduk yang baik dan benar. Apakah Anda perlu mengatur posisi duduk sedikit ke belakang atau tidak. Posisi duduk ini dapat memudahkan Anda untuk menginjak ketiga pedal pada semua jenis mobil manual. Jadi, pastikan Anda mendapatkan posisi ternyaman saat menyetir.

Gunakan Semua Pedal

Maksud dari poin ini bukan menginjak semua pedal mobil manual. Namun, Anda diarahkan untuk menginjak pedal setidaknya satu per satu sesuai kebutuhan. Saat Anda ingin menginjak pedal, Anda perlu berkonsentrasi penuh dan menghapal letak pedal tersebut. Anda juga harus tahu bagaimana jarak ayunan dari masing-masing pedal itu sendiri. Selanjutnya, Anda perlu berlatih untuk melepaskan pedal secara perlahan, terutama pedal kopling.

Gigi Harus di Posisi Netral

Sebelum anda menyetir, Anda harus memastikan jika gigi dalam posisi netral. Maksudnya tuas transmisi untuk mengatur gigi belum berpindah, entah itu di gigi 1 atau 2. Untuk Anda yang ingin mengoperasikan mobil, pastikan Anda menginjak gigi dengan penuh dan tenang. Jika Anda menginjaknya setengah-setengah, maka hasilnya tidak akan maksimal. Jangan lupa untuk berhati-hati saat ingin berpindah gigi.

Mulai Hidupkan Mesin Mobil

menyalakan mobil

Setelah mengamati semua posisi tuas transmisi, sekarang saatnya Anda mulai menghidupkan mesin mobil anda. Menghidupkan mobil termasuk mudah. Anda hanya perlu menekan starter dan menginjak pedal kopling dengan penuh jangan menekan setengah saja. Jika Anda melakukannya dengan benar, maka mesinnya akan hidup. Jangan pernah melepaskan pedal kopling jika mesin mobil anda belum menyala.

Injak Kopling dengan Hati-Hati

Belajar mobil tidak seperti belajar naik sepeda. Anda perlu sangat berhati-hati ketika menyetirnya. Anda juga harus bisa berkonsentrasi penuh saat menyetir mobil, terlebih ketika ingin menginjak pedal kopling. Ingat, sebelum berganti antara kopling 1 dengan kopling 2, pastikan Anda mengenal jarak ayunan dari ketiga pedal.

Saat menginjak kopling, berhati-hatilah. Lepaskan pedal kopling secara perlahan dan dengarkan suara mesin mobil anda. Jika suara mesin mobil sudah mulai turun atau terdengar mesin mau mati, barulah Anda dapat menginjak kopling lagi agar mesin tidak jadi mati. Itupun masih tetap harus berhati-hati.

Cara Menjalankan Mobil

Mobil manual bisa berjalan jika Anda mengendarainya dengan benar dan berhati-hati. Jika Anda menginjak pedal dan memegang setir kemudi dengan tidak benar atau dengan keadaan grogi, maka mobil anda tidak akan berjalan sesuai yang anda inginkan. Oleh karena itu, selalu imbangkan antara bagian pedal dan setir kemudi mobil. Jika Anda sedikit sulit untuk menyeimbangkan pedal, Anda dapat menginjak bagian pedal secara berulang-ulang. Lalu kombinasikan antara bagian pedal kopling dan rem.

Selain anda berfokus pada bagian pedal, Anda juga harus berfokus untuk bagian rem tangan. Rem tangan ini sangat berfungsi ketika Anda ingin berhenti secara mendadak. Jika suatu ketika tarikan mobil tidak maksimal, Anda dapat menggunakan rem tangan untuk menghentikan mobil agar tidak tertabrak.

Ketika Anda ingin menjalankan mobil, kenali juga suara mesinnya agar mesin tidak mati. Jika suara mesinnya seperti mau mati, maka Anda hanya perlu menahan pedal kopling lebih dalam hingga suara mesinnya kembali terdengar kencang dan tidak akan mesin sampai mati. Perhatikan hal-hal yang kecil ini agar Anda cepat mahir saat menyetir mobil manual.

Cara Menghentikan Mobil

Selain anda tahu cara-cara menjalankan mobil, Anda juga harus tahu bagaimana cara-cara menghentikan mobil dengan benar. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menghimpit bagian kopling, lepas gas, dan pijaklah rem secara pelan agar mobil melaju lebih pelan. Setelah itu, aturlah posisi mobil sesuai dengan keinginan.

Satu hal yang perlu Anda ingat saat menghentikan mobil yaitu jangan menghimpit rem secara kencang dan tiba-tiba, Hal ini dapat berakibat fatal.

Bagi Anda yang ingin cepat mahir saat menyetir mobil manual, sebaiknya Anda mengikuti tips di atas dengan benar dan detail. Selain itu, Anda harus memiliki kemauan dan tekad yang kuat agar dapat belajar menyetir dengan mudah.

CARA MEMASUKAN GIGI MOBIL

Bagi anda yang masih ingin tau CARA BELAJAR MOBIL MANUAL juga harus tau cara mengoper gigi pada mobil manual pertama kali yang harus anda lakukan adalah sikap tenang dan juga jangan grogi, untuk anda yang sudah mengerti penggunaan kopling walaupun hanya di motor itu bisa menjadi nilai + karena memang hampir sama saja dan anda bisa lebih cepat untuk menguasainya, yang pasti pada saat mengoper gigi baik itu menurunkan atau menambahkan gigi anda harus menekan kopling anda

Gigi Netral

Gigi netral ini terletak di tengah-tengah , jika posisi mobil dalam keadaan netral anda mau menginjak gas sedalam apapun mobil tidak akan berjalan, anda bisa memastikan gigi mobil anda netral dengan cara menggeser tuas transmisi kekanan dan kekiri, jika tuasnya bisa dengan leluasa bergeser ke kanan dan kekiri itu menandakan gigi di mobil anda netral

Gigi 1

Untuk memasukan gigi satu anda perlu menggeser tuas transmisi ke kiri sampai mentok, kemudian mendorongnya ke atas, maka anda sudah berhasil memasukan gigi 1

Gigi 2

Apabila anda ingin memasukan gigi 2 dan posisi saat ini di gigi 1 maka anda hanya perlu menahan transmisi di bagian kiri dan menariknya ke bawah

Gigi 3

Lalu lanjut masuk ke gigi 3, jika posisi sekarang ada di gigi 2 anda perlu mendorong transmisi ke atas sedikit namun jangan terlalu atas karena akan kembali masuk ke gigi 1, lebih tepat menariknya ke tengah dan menggeser tranmisi sedikit kekanan lalu dorong keatas

Gigi 4

Dan untuk masuk ke gigi 4 , perpindahan dari gigi 3 anda hanya perlu menarik transmisi tersebut ke bawah saja, tidak perlu digeser ke kanan dan kiri karena akan secara otomatis masuk ke gigi 4

Gigi 5

gigi 4 ini adalah gigi tertinggi yang digunakan untuk kecepatan maksimal, cara memasukannya jika anda dalam posisi di gigi 4 anda hanya perlu mendorong transmisi sedikit ketengah pada posisi netral, lalu geser ke kanan dan dorong keatas maka anda masuk dalam gigi ke 5

Gigi Mundur (R)

Untuk memasukan gigi mundur, bila anda pada posisi netral anda bisa mendorong transmisi ke kanan ,kemudian anda menariknya kebawah , jika mobil anda sudah dilengkapi dengan kamera atau sensor parkir biasanya setelah gigi mundur masuk semua sensor akan aktif, kamera akan menyala dan juga sensor parkir juga akan berbunyi

Untuk anda yang masih baru belajar, lebih baik anda mencobanya dalam keadaan mesin mobil mati karena akan berbahaya jika mesin mobil hidup dan anda belajar tanpa pendamping, jangan lupa menginjak pedal kopling supaya anda bisa memindahkan transmisi dengan mudah

Dan itulah Cara Mengoper, Memindahkan Gigi Mobil Manual semoga cara yang kami jelaskan sekarang ini bisa bermanfaat dan memudahkan anda yang baru belajar mengemudi mobil, ini memang langkah awal agar anda bisa mengemudi, usahakan hafalkan semua posisi gigi agar anda bisa memindahkan gigi dengan cepat dan benar

CARA MENGENDARAI MOBIL MANUAL DI BELOKAN

cara mengendarai mobil manual di belokan

Bagi anda yang sudah terbiasa mengendarai dan mengemudikan mobil, berbelok di berbagai jenis tikungan tentunya tidak akan mengalami kesulitan. Akan lain halnya bagi pengemudi pemula yang baru belajar mengemudikan mobil, berbelok dan menikung merupakan tantangan tersendiri yang cukup mendebarkan.

Selain usaha untuk menyesuaikan feeling terhadap lebar mobil, cara mengoper gigi , cara belok yang benar, serta cara menginjak pedal kopling agar mesin tidak mati pada mobil yang sedang dikendarai. Yang pasti dan tentunya, mereka tidak ingin mobil yang sedang digunakan untuk berlatih menjadi rusak ataupun penyok karena tertabrak dan bersenggolan.

Oleh karena itu, diperlukanlah teknik dan cara mengemudi mobil di tikungan dengan cara yang benar, bagaimana caranya ? Di artikel kita kali ini, kami akan menginformasikan bagaimana cara mengemudi mobil di tikungan yang benar, selamat membaca

Agar mobil yang kita kemudikan tetap bisa dikendalikan sehingga aman untuk masuk dan keluar tikungan, maka kita akan membaginya menjadi tiga kondisi, yaitu sebelum di tikungan, saat di tikungan dan setelah tikungan

SEBELUM MASUK BELOKAN

Hal paling penting selama mengemudi mobil adalah keselamatan, baik diri sendiri maupun orang lain. Oleh karena itu, sebelum mengemudi mobil di tikungan, anda harus melakukan beberapa persiapan sebelum masuk dan berbelok di tikungan yaitu

NYALAKAN LAMPU SEIN

nyalakan sen mobil

Saat yang tepat untuk menyalakan lampu sein kiri atau kanan adalah 5-6 detik. Kurang lebihnya sekitar 30 meter sebelum berbelok. Dengan begitu pengendara lain yang berada di depan atau dibelakang kita bisa mengatur kecepatan dan bisa memberikan kesempatan kita untuk berbelok ke arah yang kita tuju.

KURANGI KECEPATAN KENDARAAN

Setelah memberikan isyarat untuk pengendara lain dengan menyalakan lampu sein, langkah selanjutnya adalah mengurangi kecepatan laju kendaraan. Mengurangi kecepatan mobil sebelum masuk tikungan akan memudahkan kita untuk mengendalikan arah kendaraan agar senantiasa sesuai dengan arah yang akan kita tuju.

JIKA DIPERLUKAN TURUNKAN GIGI PERSENELING

Menurunkan gigi persneling ke tingkat yang lebih rendah akan membantu kita agar mobil semakin mudah dikendalikan, selain itu menurunkan gigi persneling dapat membantu kendaraan supaya tidak kehilangan tenaga saat keluar dari tikungan.

jika sudah berada pada gigi paling rendah dan mobil anda sedang dalam kecepatan rendah juga (contoh : menikung di lingkungan komplek perumahan), maka anda tidak perlu lagi untuk menurunkan gigi persneling.

PERHATIKAN KENDARAAN DIBELAKANG MELALUI KACA SPION

melihat kebalakang

Langkah terakhir sebelum mobil berbelok di tikungan adalah dengan memperhatikan kondisi kendaraan di belakang anda melalui kaca spion. Perhatikan kaca spion kendaraan anda ketika akan berbelok. Jika kondisi kosong dan aman maka anda dapat segera berbelok, namun jika tidak maka tunggulah sesaat untuk memastikan kondisi anda aman untuk berbelok.

SAAT DITIKUNGAN

Cara belok mobil 90 derajat tentulah berbeda dengan cara belok mobil 180 derajat. Berbelok 90 derajat umumnya dilakukan pada persimpangan jalan, sedangkan untuk belok 180 derajat dilakukan pada U-Turn (putar balik)

Untuk berbelok 90 derajat jumlah putaran setir biasanya 1-2x putaran, sedangkan untuk berbelok 180 derajat jumlah putaran stir bisa lebih dari 2x putaran (putar penuh). Namun itu semua tergantung dari jenis kendaraan dan tikungan yang dilalui.

Setelah persiapan sebelum masuk tikungan sudah kita lakukan dan sudah benar-benar aman untuk bisa berbelok, maka langkah berikutnya yang perlu anda lakukan saat di tikungan

BELOK SETELAH SETENGAH PANJANG MOBIL

Ketika anda ingin berbelok, biarkan setengah panjang mobil anda melewati sudut tikungan khususnya untuk tikungan yang memiliki sudut belok sebesar 90 derajat. Hal ini bertujuan agar mobil anda bisa melewati tikungan tanpa takut tersangkut di bagian tengah badan mobil.

PUTAR PENUH SETIR SEARAH JALAN YANG DITUJU

putar penuh kemudi

Setelah setengah mobil anda melewati sudut tikungan, maka putar penuh setir 2x searah dengan jalan yang anda tuju untuk mendapatkan belokan yang sempurna. Misalnya belok ke kiri maka putar penuh setir 2x kearah kiri, begitu juga sebaliknya. Penguasaan terhadap stir mobil serta mengetahui dengan baik seberapa banyak jumlah putaran setir akan sangat membantu pemula saat berada di tikungan.

PERHATIKAN KONDISI MOBIL SAAT BERBELOK

Langkah berikutnya adalah memperhatikan kondisi sekitar mobil ketika berbelok. Bagian depan mobil serta bagian sisi yang searah dengan arah beloknya mobil menjadi bagian yang perlu anda perhatikan.

Perhatikan kondisi melalui kaca spion sepintas saja sambil tetap mempertahankan arah kendaraan agar tetap searah dengan jalan. Jika diperlukan kembalikan posisi stir agar mobil melaju searah dengan arah tikungan yang sudah dilalui.

Selain itu, perhatikan juga kondisi lalu lintas di jalur yang sudah anda ambil untuk berbelok, pastikan kondisi lalu lintas sudah aman dari kedua sisi jalur tempat anda berbelok.

SETELAH MELEWATI TIKUNGAN

Ketika posisi mobil sudah melewati tikungan dengan aman dan lancar, langkah terkahir yang perlu dilakukan adalah mengatur kecepatan yang aman dan mengarahkan laju mobil anda agar tetap melaju sesuai di jalur yang benar

Tips Saat Membelok Ditikungan

Membelok di tikungan di jalan raya untuk pemula sangatlah berbahaya jika tidak didampingi oleh instruktur mengemudi dan menggunakan mobil yang dirancang untuk kursus mobil. oleh karena itu perlu diperhatikan hal-hal berikut ketika berbelok di tikungan

  1. Hindari untuk memotong dan mengambil jalur kendaraan lain, berusahalah untuk selalu mempertahankan laju mobil tetap pada jalur kendaraan anda yang semestinya.
  2. Pastikan situasi lalu lintas di sekitar aman untuk berbelok, perhatikan dengan seksama apabila banyak pengendara motor yang berada di sekitar mobil anda, terkadang dapat secara tiba-tiba memotong lajur kendaraan anda, usahakan untuk selalu berhati-hati.

Cara Mengemudi Mobil Manual Di Jalan Menurun

Pada saat kondisi jalan yang anda lewati menurun maka persneling juga harus turun, Apabila jalanan yang dilewati cukup curam maka pengemudi bisa menggunakan gigi 2 dan dengan menggunakan rem yang seperlunya dapat mempertahankan kecepatan anda melewati jalan yang menurun, rem yang sedang anda gunakan tidak usah diinjak secara penuh.

Jaga posisi RPM dalam keadaan aman. Akan sangat berbahaya jika anda hanya menggunakan rem saja saat melewati jalan menurun, karena jika anda terlalu sering menggunakan rem maka rem bisa panas karena terlalu lama di gunakan, engine brake juga bisa hilang atau aus, dan jika anda sepenuhnya menggunakan rem maka sangat berbahaya bagi mesin mobil anda, mobil anda bisa mengalami kehilangan booster rem. Jika booster rem mobil anda hilang maka bisa membahayakan anda dan pengendara yang lain yang ada didekat anda karena mobil yang anda kendarai bisa melaju sangat cepat dan susah dikendalikan.

CARA MENGEMUDI MOBIL MANUAL DI TANJAKAN

Untuk CARA MENGEMUDI MANUAL DI tanjakan maka harus memiliki ide untuk melakukan hal – hal yang khusus untuk bisa mengendalikan mobil yang kita kendarai bisa melewati jalanan tanjakan dengan selamat. Caranya cukup mudah yaitu dengan menggunakan fungsi rem tangan, karena anda juga harus memperhatikan tenaga mesin, dan kekuatan pada kampas kopling mobil anda, rem pada kaki serta beban muatan yang ada didalam mobil . Anda harus pintar – pintar dalam mengendalikan rem tangan, rem kaki, kopling dan pedal gas agar mobil kuat saat menanjak.

CARA MENGEMUDI MOBIL MANUAL DIJALAN PEGUNUNGAN

mengemudi dipegunungan

Berbagai macam jenis jalanan yang akan kita lewati saat berkendara dari yang lurus, berlandai, tanjakan curam, turunan curam. Dari perjalanan diperkotaan yang memiliki tingkat kemacetan sangat tinggi, pasti ada juga jalanan yang menanjak ditambah menurun secara curam yang sering kita jumpai di daerah pegunungan. Di perjalanan yang ada di daerah pegunungan memang tidak macet dan anda akan mendapatkan udara yang cukup segar. Untuk menghindari hal – hal yang tidak di inginkan maka berikut ini ada cara mengendarai mobil manual di jalan yang menanjak dan menurun.

Jika untuk jalur yang akan anda lewati adalah tanjakan maka gunakan lah transmisi dalam posisi yang rendah. Dengan menggunakan transmisi yang rendah maka mesin mobil yang anda gunakan akan tetap bekerja di RPM yang tinggi agar mendapatkan tenaga yang cukup untuk melewati jalan tanjakan. Harus lebih hati – hati jika tanjakan yang akan anda lewati panjang dan curam, dalam kondisi seperti itu maka anda akan memaksakan mobil anda untuk mengkonsumsi bahan bakar lebih banyak.

Ketika anda akan melewati jalanan yang menikung maka pastikan bahwa anda menggunakan kecepatan yang standar dan memperlambat kendaraan. Dalam keadaan menikung usahakan tidak menyelang kendaraan lainnya karena jika anda menyelang saat menikung bisa sangat berbahaya. Kecuali dalam kondisi yang sangat mendesak, tetapi dengan membunyikan klakson untuk memberi tahu kendaraan yang berada di depan kita dan kendaraan yang berlawanan arah dengan kita.

CARA MEMUNDURKAN MOBIL MANUAL

Harus anda ketahui bahwa mobil tidak akan berjalan kedepan saja, tetapi ada kalanya mobil yang anda kendarai butuh jalan untuk mundur, harus anda kuasai juga cara memundur kan mobil manual. Dalam mpbil manual, cara memundur kan hal yang tidak terlalu sulit jika anda sudah menguasai cara memindahkan gigi untuk transmisi manual. Pada dasarnya mobil bisa berjalan mundur hanya dengan memindahkan gigi ke R (mundur). Awalnya hidupkan mesin mobil dahulu, setelah itu injak pedal kopling yang ada di sebelah kiri dengan penuh dan ditahan, lalu tangan kiri anda bekerja untuk memindahkan tuas gigi ke posisi R (mundur).

Jika mobil anda sudah berjalan mundur maka posisi kaki anda tetap di sebelah kiri untuk menginjak kopling dengan penuh, lalu kaki kanan anda menginjak pedal gas dengan lembut. Posisi kaki kanan masih tetap menginjak pedal gas maka kaki kiri yang berada di pedal kopling angkat secara halus hingga kaki kanan saja yang bekerja. Anda bisa merasakan mobil akan berjalan mundur. Jangan gunakan rem tangan dan pastikan arah belakang mobil yang anda kendarai tidak dihalang apapun.

CARA MENGEMUDI MANUAL DI JALAN MACET DAN PANAS

jalanan macet

1. Kurangi Penggunaan Setengah Kopling

Ketika kondisi jalanan sedang padat dan macet, tak jarang banyak pengemudi yang akan bereaksi dengan melakukan stop and go. Namun banyak pengemudi lainnya yang menggunakan cara lainnya seperti teknik setengah kopling sehingga dapat mempercepat respon mobil.

Cara ini dilakukan banyak orang karena tidak membuat kaki menjadi cepat lelah. Namun sayangnya, cara ini lah yang menjadi penyebab kampas kopling mobil cepat habis, panas, dan aus. Sehingga akan lebih baik untuk mengurangi bahkan tidak menggunakan cara setengah kopling ini.

Anda bisa mencoba untuk menjaga harak dengan kendaraan di depan mobil anda, setelah agak jauh barulah anda bisa mulai berjalan perlahan-lahan. Cara ini juga harus anda hindari ketika menaiki tanjakan yang tinggi. Akan lebih baik untuk menggunakan rem tangan dibandingkan menggunakan setengah kopling.

2. Posisikan Gigi Transmisi Netral Ketika Berhenti

Ketika kemacetan yang terjadi sangat parah, tak jarang hal ini akan membuat anda harus berhenti dalam waktu yang cukup lama. Jika anda mengalami hal ini, maka coba memposisikan gigi transmisi di posisi yang netral. Hal ini sebagai bentuk dari berjaga-jaga jika kemungkinan pedal kopling terlepas saat pengemudi lupa.

3. Posisikan Gear Dalam Posisi D

Jika anda menggunakan Mobil matic terbaru, maka cobalah untuk menekan pedal akselerator mobil dengan sehalus mungkin. Namun sebelumnya, pastikan bahwa posisi gear pada posisi D. Jika anda menekan pedal akselerator dengan halus, maka cara ini juga dapat menekan konsumsi penggunaan BBM dan mencegah pemborosan.

4. Perhatikan Instrumen dan Indikator Kendaraan

Ketika anda mengendari mobil saat jalan macet, jangan lupa untuk selalu mengecek instrumen dan indikator pada kendaran anda. Dalam keadaan jalanan yang macet, tanpa disadari kerja mobil menjadi lebih berat dibandingkan saat anda gunakan di jalanan yang normal.

Apalagi jika anda mengendarainya di cuaca yang terik, maka akan penyebab mesin mobil cepat panas yang dapat membuat mobil mogok di tengah jalan. Sehingga seringlah perhatikan indikator suhu pada mobil anda dengan cermat. Selain itu perhatikan pula indikator-indikator lainnya seperti bensin dan oli jangan sampai terlewatkan.

5. Jaga Jarak Aman Dengan Mobil Depan

Dengan menjaga jarak yang aman dengan mobil yang ada di depan kendaraan anda maka akan menghindarkan anda dari resiko-resiko buruk yang mungkin saja bisa terjadi. Sangat disarankan untuk jarak yang aman adalah ketika anda memiliki respon 3 detik.

Pada waktu ini dapat memberikan ruang gerak yang cukup untuk berhenti, berpindah jalur, ataupun saat mobil depan anda tiba-tiba rem dengan mendadak.

6. Gunakan Hand Rem Saat Berhenti Lama

Ketika terjebak dalam kemacetan yang parah yang mengharuskan anda harus diam berlama-lama di satu tempat maka cobalah untuk menggunakan hand rem. Fungsi hand rem ini sangatlah penting. Cobalah menarik tuas dari hand rem sehingga mencegah agar mobil tidak bergerak kedepan atau belakang. Cara ini juga tidak akan membuat para pengemudi cepat capek karena harus menginjak pedal rem dengan terus menerus.

7. Gunakan Lampu Sein

Jika anda berkeinginan untuk memotong, berputar arah, ataupun berpindah jalur maka jangan lupa untuk menggunakan lampu sein sebagai isyarat untuk mobil lainnya yang ada di belakang anda. Biasanya dalam kondisi macet, memang akan kesulitan untuk melakukan ini. Namun meski begitu, hal ini dapat membuat anda terhindar dari resiko yang tidak diinginkan saat di jalan. Jangan terburu-buru saat akan memotong jalur, butuh kesabaran serta jangan memaksakan untuk emnggunakan jalur yang tidak diberikan akses.

8. Gunakan Gigi Rendah

Cobalah untuk menggunakan posisi gigi rendah saat mengendari mobil di kondisi jalanan yang macet. Hal ini akan bertujuan untuk memberikan respon baik saat pergerakan kendaraan. Hal ini juga mencegah agar mesin tida tiba-tiba mati dikarenakan beban yang berlebihan.

9. Matikan Sistem Pendingin (AC)

mematikan ac

Cara mengendarai mobil saat jalan macet lainnya adalah dengan cara matikan AC mobil anda. Apalagi jika kondisi cuaca tidak terlalu panas, tidak ada salahnya mematikan AC. Ataupun Ac dimatikan ketika suhu dalam kabin mobil memang sudah cukup dingin.

Hal tersebut dapat meringankan kerja mesin mobil dan menghindari penyebab mesin mobil panas saat di tengah jalan. Saat suhu kabin mobil mulai memanas, anda bisa mencoba menghidupkan AC mobil.

10. Jangan Terlalu Sering Memainkan Pedal Rem

Usahakan untuk tidka terlalu sering memainakn ataupun menginjak pedal rem mobil, hal ini akan sangat menganggu mobil lainnya yang ada di belakang. Selain itu hindari melakukan pengereman mendadak yang dapat menimbulkan resiko tabrakan dengan mobil lainnya di belakang anda.

Nah itu tadi beberapa tips cara belajar mobil manual yang dapat anda lakukan ketika ingin belajar mobil manul dengan mudah dan dapat dipahami. Mengendari mobil manual sangatlah mudah memang tidak membutuhkan cara khusus, hanya saja cara-cara diatas dapat menghindarkan dari resiko-resiko yang mungkin akan sangat berbahaya untuk anda maupun mobil anda. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.