Cara Meluruskan Rambut Dengan Alami Dengan Permanen

Cara meluruskan rambut ikal dan bergelombang dengan cara alami tanpa rebonding dan catok lebih aman dan hasilnya memuaskan dan permanen. Bukan itu saja, cara meluruskan rambut dengan alami pastinya lebih terjangkau harganya.

Rambut halus, lurus, lembut, dan indah merupakan keinginan setiap orang terutama wanita. Akan tetapi bagi wanita yang mempunyai rambut ikal dan bergelombang, maka mereka harus melakukan usaha lebih untuk memperoleh rambut lurus.

Para wanita juga akan berusaha mencari berbagai macam cara untuk meluruskan rambut ikal dan  bergelombang. Mulai dari catok, rebonding, sampai smoothing dilakukan walaupun itu memakan biaya yang cukup besar. Banyak alat pelurus rambut dengan menggunakan panas dan bahan kimia, yang tentunya berdampak sangat fatal untuk kesehatan rambut.

Seiring dengan berjalannya waktu, penggunaan alat pelurus rambut akan mengeringkan rambut dan membuat ujung rambut menjadi bercabang. Hal itu mengakibatkan rambut menjadi rusak dan tidak menarik lagi.

Saya menyarankan kepada anda untuk menghindari penggunaan alat pelurus rambut yang memakai panas dan bahan kimia. Sebetulnya ada alternatif cara meluruskan rambut dengan bahan alami yang membuat rambut kita tidak ikal dan bergelombang.

Cara meluruskan rambut ikal dan bergelombang secara alami tanpa catok dan rebonding pastinya lebih aman dan hasilnya permanen. Tidak itu saja cara meluruskan rambut dengan alami pastinya lebih terjangkau harganya.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini ada beberapa cara meluruskan rambut dengan cepat dengan menggunakan alat sederhada dan cara meluruskan rambut secara alami cepat mudah dan permanen tanpa menggunakan catok dan rebonding yang bisa dicoba di rumah.

Cara meluruskan rambut dengan cepat

cara meluruskan rambut secara alami dalam 1 hari

1. Menyisir rambut basah sampai mengering

cara meluruskan rambut dengan bahan alami

Setelah mandi kamu harus menyisir rambut setiap lima menit sekali hingga kering. Kamu bisa memilah rambut menjadi beberapa bagian untuk membantu prosesnya lebih mudah. Perlu difahami, pastikan untuk memakai kondisioner saat keramas. Karena, saat menyisir rambut terlalu sering dalam keadaan basah dapat membuat rambut menjadi rusak.

2. Menggunakan karet rambut

cara meluruskan rambut permanen

Cara meluruskan rambut secara alami dalam 1 hari adalah dengan cara mengikat rambut dengan karet rambut. Caranya mudah, Pastikan rambut dalam kondisi basah, kemudian bilah menjadi dua bagian. Ikatlah pada masing-masing sisi rambut menggunakan karet rambut. Berilah beberapa karet di setiap ikatan rambut. Tidurlah dengan ikatan rambut tersebut dan membukanya pada pagi hari dan hasilnya rambut anda menjadi lebih lurus.

Cara Meluruskan Rambut Secara Alami Dengan Cepat, Mudah, Dan Permanen.

1. Campuran santan dan lemon

cara meluruskan rambut secara alami cepat mudah dan permanen

Cara meluruskan rambut secara alami dan permanen menggunakan santan dan jus lemon tanpa harus pergi ke salon. Kandungan vitamin dan antioksidan yang ada pada air lemon akan menutrsisi rambut dan kulit kepala secara optimal. Sedangkan campuran santan kelapa juga dapat memberi nutrisi dengan optimal sekaligus melembabkan sel kulit kepala dan rambut. Campuran keduanya juga dikenal ampuh sebagai pencampuran yang mampu membantu meluruskan rambut. Berikut cara meluruskan rambut secara alami dan permanen dengan percampuran antara santan dan lemon.

Campurkan satu gelas santan dan perasan lemon yang sudah disiapkan dalam sebuah wadah. Lalu taruh dan biarkan di dalam kulkas hingga beberapa jam sampai bentuknya menjadi sedikti creamy. Setelah itu, oleskan campuran tersebut ke seluruh rambut sampai rata sambil dipijat dan biarkan selama 20 menit. Langkah selanjutnya, pakai shower cap dan bungkuslah rambut menggunakan handuk hangat selama 30 menit. Lalu, keramas seperti biasa dan biarkan kering dengan sendirinya

2. Minyak zaitun.

cara meluruskan rambut dengan minyak zaitun

Minyak zaitun tidak hanya bermanfaat sebagai salah satu bahan pembuat makanan, minyak zaitun juga dikenal sebagai salah satu cara meluruskan rambut secara alami. Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa bahan yang satu ini mengandung khasiat besar untuk membantu rambut kelihatan lurus dengan bahan alami.

Cara meluruskan rambut dengan minyak zaitun tanpa perlu menggunakan catok dengan menggunakan bahan alami:

  • Sediakan ½ cangkir minyak zaitun, Tuangkan ke dalam wadah, lalu panaskan dalam beberapa menit
  • Tambahkan ½ cangkir daun rosemary yang sudah mengering, lalu masukkan ke dalam wadah yang telah berisi minyak zaitun panas,  kemudian biarkan beberapa saat terlebih  dulu  sampai menjadi dingin.
  • Oleskan secara merata pada rambut dan kulit kepala, sambil memijit mijitnya
  • Diamkan selama 30 menit
  • Pakailah handuk hangat untuk menutupi rambut dan biarkan sampai mengering

3. Telur dan yoghurt

cara meluruskan rambut secara alami dan permanen

Tidak hanya enak digunakan sebagai bahan pelengkap hidangan, fermentasi buah segar yang mempunyai vitamin ini juga berkhasiat untuk meluruskan rambut dengan cepat. Cara meluruskan rambut  secara alami dan cepat. Yaitu dengan membuat pasta menggunakan bahan baku yoghurt dan telur. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan maka lakukanlah cara dibawah ini secara terus menerus hingga usaha anda membuahkan hasil.

Cara meluruskan rambut dengan alami memakai telur dan yoghurt tanpa perlu menggunakan catok:

  • Campurkan yoghurt dan putih telur sampai membentuk pasta sehingga bisa digunakan sebagai masker rambut
  • Oleskan secara merata pada daerah kulit kepala samapai ujung rambut (seluruhnya)
  • Pijat rambut dengan lembut menggunakan ibu jari supaya nutrisi dari bahan bahan tersebut dapat terserap dengan baik
  • Sisir seluruh bagian rambut secara perlahan sampai menyeluruh
  • Tunggu beberapa saat sampai mengering
  • Lalu bilas menggunakan air bersih secara menyeluruh

4. Lidah buaya

cara meluruskan rambut dengan lidah buaya

Cara meluruskan rambut dengan lidah buaya dalam satu hari. Gel lidah buaya yang dikenal sejak dahulu kala sebagai penghitam dan penguat rambut kepala. Penggunaan gel lidah buaya ini bisa juga untuk memberikan nutrisi rambut supaya subur dan lebat.

Bagaimana cara meluruskan rambut dengah lidah buaya dalam satu hari?

  • Siapkan beberapa potong lidah buaya dan ambil gelnya (isinya) dengan mengelupas kulit luar. Gunakan sendok makan atau pisau untuk mengambil gel lidah buaya dan masukkan kedalam wadah yang sudah disiapkan
  • Campurkan 2 sendok makan lidah buaya dengan 1 sendok makan minyak zaitun. Lalu masukkan kedalam wadah kecil
  • Hangatkan di atas api kecil sebentar saja
  • Kemudian, oleskan campuran tadi ke rambut dan kulit kepala sampai merata, gunakan jari tangan untuk meratakannya sambil dipijat kulit kepala dengan kedua ibu jari dan telunjuk
  • Setelah dioleskan secara merata bungkus rambut menggunakan shower cap atau handuk dan dililitkan di atas kepala untuk menutupi seluruh bagian rambut
  • Diamkan selama beberapa jam, kemudian bilas dengan air bersih secara menyeluruh.

5. Minyak jarak

Minyak jarak atau yang biasa dikenal sebagai minyak katsor adalah minyak yang sangat bermanfaat untuk kecantikan. Bukan hanya untuk kecantikan saja ternyata minyak katsor juga bisa membantu anda dalam meluruskan rambut yang ikal.

Bagaimana cara meluruskan rambut permanen menggunakan minyak jarak atau minyak katsor:

  • Pertama-tama siapkan minyak jarak secukupnya
  • Kemudian hangatkan diatas api kecil beberapa saat
  • Lalu oleskan minyak jarak yang masih hangat tersebut ke kulit kepala anda secara merata dan menyeluruh
  • Lakukan pijatan-pijatan kecil ke kepala anda selama beberapa saat
  • Selanjutnya, bungkus rambut anda menggunakan handuk yang telah direndam menggunakan air hangat, lakukan cara ini secara teratur seminggu minimal satu kali supaya kita cepat memiliki rambut lurus yang indah

Selain itu anda juga bisa mencampurkan antara minyak jarak dan minyak kedelai untuk meluruskan rambut secara alami :

  • Pertama-tama siapkan tempat atau wadah
  • Kemudian masukkan satu sendok makan minyak kelapa dan satu sendok makan minyak jarak
  • Lalu aduk hingga merata dan panaskan minyak yang sudah dicampur tersebut
  • Setelah dingin maka ratakan ke kulit kepala sampai ujung rambut
  • Lalu pijat pijat kulit kepala anda dengan perlahan dan lembut
  • Diamkan selama beberapa menit
  • Kemudian bersihkan rambut anda dengan cara berkeramas dengan bersih

6. Minyak almond

cara meluruskan rambut secara alami dan cepat

Minyak almond ternyata juga bisa digunakan untuk anda yang ingin mempunyai rambut lurus dan indah.

Cara meluruskan rambut dengan alami menggunakan minyak almond adalah sebagai berikut :

  • Saat anda memakai kondisioner waktu keramas, teteskan dua sampai empat tetes minyak almond ke dalam kondisioner tersebut
  • Setelah itu usap usap rambut anda agar minyak almond tercampur secara merata

Setelah mandi dan berkeramas, tentu banyak yang ingin meluruskan rambutnya menggunakan produk kondisioner yang paling bagus. Namun menggunakan kondisioner bermerek sekalipun tidak akan memberi pengaruh yang maksimal dan optimal pada rambut anda untuk solusinya anda bisa memberi sebanyak dua sampai empat tets minyak almond pada konsioner yang sudah tersedia lalu campurkan dan kemudian ratakan ke seluruh rambut anda. Adapun sebaiknya anda tidak mengeringkan rambut anda menggunakan hairdryer setelah selesai keramas menggunakan kondisioner. Cukup keringkan saja memakai handuk lalu dibiarkan kering dengan sendirinya secara alami, sebab memakai hairdryer ternyata bisa membuat rambut kita menjadi rusak dan cepat patah.

Lakukan cara diatas beberapa kali dalam seminggu agar anda mendapatkan rambut lurus secara alami yang selama ini anda idam-idamkan dan jangan lupa lakukan cara diatas secara teratur agar anda mendapatkan hasil yang memuaskan.

7. Pisang dan Pepaya

Pisang dan pepaya ternyata jika disatukan akan menjadi ramuan penghalus paling berkhasiat. Cara membuat ramuan dari pisan dan pepaya ternyata sangat mudah. Pertama-tama siapkan buah pisang dan pepaya yang sudah matang. Kemudian blender sampai halus kedua bahan ini sampai rata. Lalu masukkan kedalam sebuah wadah. Jika sudah, ambilah sedikit dan ratakan ke rambut sampai merata dan menyeluruh. Diamkan selama kurang lebih satu jam. Barulah anda bisa membersihkannya dengan air atau dengan cara keramas sampai bersih.

Atau anda bisa memakai langkah pembuatan sebagai berikut :

  • Sediakan mangkuk berukuran sedang yang sudah bersih
  • Lalu cuci bersih kedua buah dan potonglah menjadi berukuran kecil-kecil
  • Masukkan beberapa potong kedua buah tersebut kedalam mangku yang berukuran sedang tadi
  • Kemudian tumbuk keduanya sampai halus dan aduk sampai rata
  • Selanjutnya masukkan satu sendok madu murni lalu aduk lagi sampai rata menggunakan sarung tangan plastik
  • Lalu ratakan pada kulit dan rambut anda secara merata, kemudian tunggulah sampai benar-benar kering
  • Kemudian cuci rambut anda dengan menggunakan air bersih atau dengan cara berkeramas menggunakan sampo
  • Jika sudah bilas lagi dengan air dan gunakan lah kondisioner
  • Biarkan rambut anda kering dengan alami

Cara yang satu ini sangat ampuh sekali untuk membuat rambut anda cepat lurus secara alami. Selain itu, rambut anda menjadi sehat dan terhindar dari berbagai macam kerusakan pada rambut seperti beberapa orang yang tidak memakai cara diatas.

8. Minyak kedelai

Minyak yang sudah dikenal mempunyai manfaat kesehatan yang cukup banyak ini akan berdampak negatif khasiatnya jika digunakan untuk memasak. Oleh karena itu tidak dianjurkan jika menggoreng makanan dengan memakai minyak kedelai karena mengandung tingginya kandungan lemak omega 3 yang akan menimbulkan peradangan pada dalam tubuh kita. Tetapi minyak kedelai ini sangat ampuh dalam meluruskan rambut yang ikal dan bergelombang.

Pemakaian minyak kedelai secara langsung jauh lebih baik, contohnya untuk meluruskan rambut yang ikal dan bergelombang. Berikut cara meluruskan rambut secara alami menggunakan minyak kedelai dan jarak :

  • Siapkan minyak kedelai dan minyak jarak secukupnya
  • Pakailah mangkok sebagai wadah untuk mencampurkan satu sendok makan minyak kedelai dan dua sendok makan minyak jarak
  • Kedua jenis minyak yang sudah menyatu dan kemudian panaskan dan tunggu biarkan dingin dengan sendirinya
  • Oleskan pada kulit kepala, akar, hingga ujung rambut secara merata
  • Pijat dan remas kepala dengan lembut, setelahnya diamkan 30 menit
  • Proses terakhir, bilas rambut dengan air atau dengan berkeramas dengan shampo yang ringan bahan kandungan

9. Susu dan telur

cara meluruskan rambut dengan telur

Susu dan telur ini selain untuk membantu menghilangkan bekas jerawat ternyata juga bisa untuk meluruskan rambut dengan cara yang alami, caranya ternyata cukup mudah, anda hanya perlu memakai kedua bahan ini sebagai masker, cara membuat masker menggunakan susu dan telur bisa anda ikuti cara cara dibawah ini.

Cara meluruskan rambut dengan telur dan susu :

  • Siapkan beberapa butir telur ayam, dan susu secukupnya
  • Kemudian tuangkan putih telurnya saja ke dalam mangkok yang sudah disediakan
  • Lalu tambahkan dua atau tiga cangkir susu putih tanpa pemanis atau gula ke dalam mangkok
  • Aduk keduanya sampai tercampur dengan rata
  • Lapisi tangan anda dengan sarung tangan plastik, kemudian oleskan secara merata bahan masker pada setiap helai rambut anda
  • Diamkan kurang lebih 15-20 menit, kemudian bungkus rambut anda dengan topi mandi atau biasa disebut dengan shower cap
  • Lakukan cara diatas ini sehabis mandi, dan lakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang memuaskan

Anda bisa memakai masker rambut dari susu dan telurdi atas 30 menit sehabis berkeramas dan memakai kondisioner.

10. Minyak goreng

Apa yang ada dipikiran anda ketika mendengar kata minyak goreng? Pasti hampir semua orang langsung membayangkan bahan untuk memasak bukan? Tapi tahukah anda bahwa minyak goreng yang terbuat dari komposisi biji bunga matahari ini mempunyai manfaat besar yang terkandung di dalamnya dan bisa membuat rambut menjadi lurus yang sebelumnya ikal dan bergelombang?

Memiliki rambut yang ikal dan bergelombang memang bukan impian bagi sebagian orang terutama untuk wanita. Pasalnya mempunyai rambut yang ikal dan bergelombang ini memang terbilang lebih sulit untuk diatur daripada rambut yang lurus. Selain itu mungkin kaum wanita juga sekali kali ingin mengubah penampilan atau gaya rambutnya supaya terlihat berbeda dari biasanya dan lebih fresh

Apabila anda termasuk salah satu diatas, maka cara mendapatkan rambut secara alami dengan minyak goreng tanpa perlu menggunakan catok di bawah ini sangat saya rekomendasikan

  • Sediakan minyak goreng yang mengandung biji bunga matahari secukupnya
  • Tuangkan kedalam wadah, lalu oleskan minyak tersebut secara merata saat rambut dalam keadaan basah (sesudah keramas)
  • Kemudian bungkus rambut menggunakan shower head
  • Diamkan selama kurang lebih 30 menit
  • Pijat secara lembut selama 5 menit
  • Kemudian bilas sampai bersih menggunakan air
  • Agar rambut anda tidak lepek, maka anda bisa menggunakan vitamin rambut setelahnya

11. Tea tree

Tea tree oil adalah minyak dari tumbuhan melaleuca alternifiolia yang banyak ditemukan di oceania dan australia. Tea tree oil memang sudah terbukti bermanfaat untuk kesehatan kulit kepala dan rambut. Mengoles rambut menggunakan tea tree, minyak argan atau menggunakan minyak lainnya disertai kain lembut ata dengan handuk sebagai pembungkusnya.

Berikut cara meluruskan rambut secara alami dan cepat menggunakan tea tree :

  • Pertama tama, usahakan rambut dalam keadaan basah dengan menyemprotkan air bersih ke seluruh helai rambut atau dengan menyiram dan membilas rambut terlebih dahulu dan tambahkan kondisioner guna untuk melembutkan rambut
  • Sebaiknya gunakan kondisioner yang mengandung pelembut seperti minyak argan
  • Sisir rambut secara perlahan hingga seluruh bagian rambut. Usahakan menyisir dari pangkal rambut hingga ujung rambut secara merata. Gunakan sisir yang bergigi rapat atau juga bisa menggunakan sikat rambut. Sisir secaara perlahan dan jangan terburu buru. Sisir secara hati hati terutama pada bagian yang kusut. Jangan menariknya secara paksa
  • Tambahkan minyak argan, atau tea tree ke seluruh permukaan rambut. Pakailah jari dan telapak tangan untuk mengusap seluruh bagian rambut. Minyak ini berguna untuk mengikat kondisi rambut yang sudah lurus. Hindari penggunaan pelembab berbahan air, sebab akan mengembalikan rambut menjadi ikal dan bergelombang kembali
  • Belah rambut dengan sisir menjadi dua bagian. Awali mulai menyisir dari depan ke belakang, sikat kesamping rambut hingga ujung rambut
  • Lilitkan setiap bagian atau belahan rambut mengelilingi kepala anda, pegang akar rambut menggunakan telapak tangan agar tidak menggembung, sembari dililitkan sedikit demi sedikit, memutar dan mengelilingi kepala
  • Pakailah penjepit untuk menghindari rambut yang menggelembung
  • Kemudian pasang beberapa penjepit dengan jarak 3 sampai 5 cm. Sisir kembali dan periksa bagian rambut yang belum terkena sisir
  • Tutup semua bagian rambut menggunakan kain halus atau dengan handuk. Silahkan nikmati hasilnya, rambut anda akan lurus secara alami tanpan menggunakan catok

12. Kapur sirih

Kapur sirih mempunyai kandungan sennyawa kadinen, karvanol, sineol dan zat samak, kandungan kandungan tersebut mempunyai fungsi yang baik untuk rambut, kapur sirih memberi sensasi hangat terhadap apa yang di olesinya. Hal ini dimanfaatkan untuk membantu membuat rambut anda menjadi lurus, jika kita ingat teori dari alat rebonding atau ion adalah dengan memanaskan rambut supaya lebih mudah untuk diatur.

Kandungan yang berada didalam kapur sirih ini dapat membuat rambut menjadi lebih berkilau dari sebelumnya, memanjangkan lebih cepat dan yang paling penting lagi adalah dapat membuat rambut anda menjadi lurus dari biasanya.

Berikut cara meluruskan rambut dengan kapur sirih menggunakan kapur sirih :

  • Sediakan mangkok sebagai wadah untuk mencampur kapur sirih dengan deterjen. Perbandingan percampuran antara deterjen dengan kapur sirih adalah 1:2 sendok teh
  • Pertama tama ambil satu sendok teh deterjen dan 2 sendok teh kapur sirih lalu campur dengan air, sebaiknya jangan terlalu encer, buat sampai menjadi seperti pasta
  • Jika sudah tercampur dengan rata, oleskan secara merata di rambut anda, hal yang perlu anda ingat andalah jangan sampai mengenai kulit kepala anda ataupun tengkuk leher anda, dahi, dan tulang pipi, karena ditakutkan akan terkena iritasi jika sampai terkena kulit anda
  • Biarkan kurang lebih selama 20 menit kemudian bilas menggunakan air bersih atau dengan menggunakan shampoo selayaknya seperti keramas biasa
  • Gunakan pada rambut anda maksimal 2x dalam sebulan agar tidak terlalu sering, karena kapur sirih jika dicampurkan dengan deterjen akan memberikan efek yang panas
  • Jika anda tidak mengerti mendapatkan kapur sirih dimana, anda dapat membelinya dipasar tempat orang orang berjualan bunga untuk menyekar kuburan
  • Cara ini tidak dianjurkan kepada orang orang yang memiliki kulit yang sensitif, jika pada saat pemakaian, kulit anda menjadi merah maka langsung saja anda bilas agar tidak terkena iritasi pada kulit
  • Efek dari cara ini tidaklah langsung tampak perbedaannya atau bahkan perubahannya hanya berlangsung beberapa waktu saja atau tidak permanen

13. Tepung beras dan telur

Tepung beras memang dikenal mampu membuat rambut lurus dengan cepa. Namun pemakaian masker tepung beras dan telur tidak boleh dilakukan secara berlebihan karena dapat mengakibatkan rambut mengalami berbagai macam masalah. Mulai dari bercabang hingga kerontokan, ada baiknya menggunakan masker rambut ini 1 kali dalam seminggu. Setelah anda mendapatkan rambut yang lurus sebaiknya anda menghentikan penggunaan masker dari tepung beras dan telur

Cara meluruskan rambut dengan alami menggunakan tepung beras dan telur :

  • Sediakan tepung beras secukupnya dan beberapa butir telur
  • Siapkan wadah guna sebagai tempat mencampurkan kedua bahan tersebut
  • Lalu pecahkan satu butir telur, kemudian pisahkan putihnya kedalam wadah yang sudah disiapkan
  • Campurkan lima sendok makan tepung beras dengan putih telur, lalu aduk sampai merata hingga membentuk adonan seperti pasta
  • Kemudian oleskan secara merata dari akar rambut sampai ujung rambut, lalu gunakan sisir rambut untuk meluruskan rambut
  • Diamkan selama kurang lebih satu jam, lalu bilas menggunakan air bersih atau bisa juga bilas menggunakan shampo yang ringan.

14. Madu dan susu

madu dan susu untuk rambut

Madu dan telur baik sendiri maupun bersamaan ternyata dapat membuat rambut anda menjadi lurus secara alami

Cara meluruskan rambut dengan telur dan madu adalah sebagai berikut :

  • Sediakan segelas susu tanpa pemanis dan tambahkan dua sendok makan madu ke dalam gelas
  • Jika anda mempunyai stroberi, tumbuk atau haluskan buah stroberi segar dan masukkan kedalam campuran madu dan susu
  • Aduk beberapa kali, kemudian oleskan pada rambut secara merata
  • Diamkan minimal selama 2 jam. Karena waktu yang gunakan cukup lama agar manfaatnya terserap secara sempurna, anda bisa habiskan waktu menunggu dengan membaca majalah fashion atau pun melakukan kegiatan yang tidak membuat anda bosan menjadi bosan.
  • Jika sudah 2 jam terlewat, cuci rambut dengan shampoo

Semua cara meluruskan rambut dengan alami diatas sebenarnya sangat mudah, anda bisa memilih salah satu cara yang saya rekomendasikan diatas yang kalian anggap paling mudah dan cocok dengan rambut yang anda miliki. Saya merekomendasikan anda hanya fokus pada satu cara diatas agar anda mendapatkan hasil yang lebih maksimal dan agar rambut anda tidak rusak. Menurut kalian semua apakah penjelasan dari saya cukup membantu anda dalam meluruskan rambut yang ikal dan bergelombang?