Beginilah Cara Membuat Clear Slime Sangat Gampang

Assalamualaikum wr.wb , hai kawan kawan dalam kesempatan kali ini saya akan menyampaikan beberapa hal tentang SLIME. Mulai dari pengertian, bahan hingga pembuatan, seperti cara membuat clear slime, slime bening dan masih banyak lagi. Semuanya akan kita ulas dan di bahas berikut ini. Bagi kalian yang masih penasaran dan tidak tahu apa itu slime, yuk simak penjelasan berikut ini!.

1. APA ITU SLIME?

bahan untuk membuat slime

Siapa yang tidak tahu slime? mainan anak-anak yang sempat booming dan menjadi salah satu mainan favorit bagi anak-anak. bahkan tidak hanya anak-anak saja, kalangan pemuda khususnya perempuan juga kerap kali menjadi konsumen mainan ini, dan tak jarang lelaki pun juga senang dengan mainan yang lembut dan kenyal ditangan ini. Mainan yang bisa kita jumpai dengan berbagai macam warna ini sebenarnya berasal dari bahasa inggris, slime diartikan sebagai ‘lendir’, namun pada masa ini mainan ini sering sekali dihubungkan dengan mainan anak – anak yang bertekstur kenyal, lembut dan sangat seru untuk dimainkan. Hal itu terbukti dalam beberapa waktu yang membuktikan bahwa slime sangat banyak diminati di semua kalangan.

keunggulannya terletak dalam penggunaanna yang lucu dan menggemaskan sehingga sangat cocok untuk menemani santai, waktu luang dan penenang waktu stres. Selain itu cara pembuatan yang cukup mudah dan simpel, sehingga bisa dijangkau dengan mudah oleh semua kalangan, bisa dikatakan mainan ini adalah mainan LOW BUDGET mengasyikkan.

2. BAHAN UNTUK MEMBUAT SLIME

Setelah kita belajar dan tahu tentang apa itu slime dan kegunaanya maka tidak lengkap jika kita belum membahas bahan dasar apa saja untuk membuat mainan dengan tekstur kenyal dan halus ini. Untuk kalian yang tidak punya uang untuk membeli slime, kini kalian bisa membuatnya sendiri di rumah, sehingga cukup terjangkau dan praktis, karena bahannya pun juga mudah kalian temui.

Ya benar sekali, SLIME terbuat dari lem yang dicampur dan di aduk dengan sabun atau lotion dengan diberi tambahan berupa  borax sebagai bahan untuk proses penggumpalan slime (bahan yang digunakan dalam proses penggumpalan slime disebut dengan slime activator). Slime activator  yang disebutkan disini tidak harus menggunakan borax bubuk . Ada beberapa bahan yang bisa kalian gunakan untuk slime activator, berikut penjelasannya:

A. BORAX BUBUK

Yang pertama adalah Borax bubuk, seperti yang sudah disebutkan diatas tadi penggunaan borax bubuk memang simple dan mudah serta bisa kalian temui dan kalian beli dipasar dengan harga yang cukup murah. Borax ini termasuk dalam kategori bahan cara membuat clear slime yang paling dasar. Ingat jangan pernah menyalahgunakan penggunaan borax, terlebih lagi untuk makanan, karena benda ini tidak untuk dimakan dan membahayakan kesehatan. Cara penggunaan borax bubuk sendiri cukup mudah yaitu cukup dengan dicampur dengan air sebagai bahan pelarutnya.

B. OBAT TETES MATA

Setelah penggunaan borax untuk slime activator, kini ada bahan kedua yang bisa kalian gunakan dan mudah untuk kalian dapatkan. Yaitu obat tetes mata, bisa kalian temui dan kalian beli apotek terdekat atau beli diwarung sekitar rumah anda.

C. AIR SOFTLENS

air softlens

Jika obat tetes mata tidak kalian temukan, kalian bisa menggunakan bahan     selanjutnya yaitu air softlens. Memang terdengar unik namun air softlens juga bisa           digunakan sebagai slime activator, khususnya yang perempuan jika kalian ingin     membuat slime dan membutuhkan activatornya, cukup ambil air softlens kalian.        Karena itu dapat digunakan sebagai Slime Activator.

D. DETERJEN CAIR

detergen cair

Buat kalian yang sering cuci pakaian menggunakan mesin cuci ada baiknya sisihkan sedikit deterjen cair untuk activator jika kalian ingin membuat slime. Tak perlu khawatir lagi kesusahan mencari activator slime karena cukup ke kamar mandi, kalian sudah bisa menemui Activator Slime. Namun ada satu hal yang perlu kalian ketahui, bahwa tidak semua deterjen cair bisa kalian gunakan sebagai Activator Slime, jadi silahkan dicek terlebih dahulu ya. Salah satu contoh deterjen cair yang bisa kalian gunakan sebagai Activator adalah Tide.  Tide sendiri adalah contoh merk deterjen cair di Indonesia, bisa kalian temui di beberapa supermarket dan minimarket di daerah kalian.

E. DETERJEN BUBUK

Deterjen Bubuk

Setelah mengulas tentang Deterjen Cair, jangan sangka jika Deterjen Bubuk tidak mampu membuat activator slime. Ya benar sekali saudara dari deterjen cair ini juga bisa digunakan sebagai activator Slime. Selain mudah dijangkau dan pasti di temui di setiap rumah, Deterjen Bubuk juga terbilang cukup murah. Hanya dengan 5000 saja anda sudah bisa membuat activator slime di rumah anda. Setiap produk yang dihasilkan dan dibuat pasti ada plus dan minusnya, keunggulan seperti yang sudah dijelaskan tadi juga mempermudah kalian untuk penggunaan. Kekurangannya terletak pada hasil slime yang diciptakan, slime yang terbuat dari activator deterjen bubuk biasanya akan basah dan kurang bagus. Namun tetap saja semua itu tergantung dari minat anda dan bagaimana anda menanggapinya, pastinya tidak ada hal yang akan dirugikan.

D. LULUR AYUDYA

Siapa yang tak kenal dengan lulur yang satu ini?, khususnya wanita yang baru menikah pasti tahu merk lulur yang satu ini. Ya lulur Ayudya adalah lulur pengantin untuk kecantikan kulit khususnya bagi para wanita. Namun siapa sangka jika lulur pengantin tersebut memiliki fungsi lain diluar kegunaannya. Tetap dalam pembuatan slime, lulur ayudya adalah salah satu bahan berikutnya yang bisa kalian gunakan sebagai  Activator yang bisa manfaatkan. Lulur ini sendiri bisa kalian jumpai di minimarket atau pun di Online shop yang sekarang sudah banyak bermunculan dan pastinya tambah mudah kalian dapatkan.

E. GOM

Jika kalian penggemar slime dan sering membuat nya, maka kalian tidak akan asing dengan bahan yang satu ini. GOM adalah bahan terakhir yang bisa kallian gunakan sebagai Activator slime dalam pembutan slime, bahan yang mudah kalian dapatkan di Apotek ini merupakan bahan yang sangat bagus dan disarankan untuk kalian dalam pembuatan Slime. Selain harganya yang terjangkau yaitu antara 3000 hingga 5000 rupiah saja, penggunaan GOM membuat slime akan lebih cepat menggumpal karena merupakan Slime Activator yang kuat.

Nah, contoh dan penjelasan yang sudah dipaparkan diatas tadi adalah cara membuat clear slime dan Slime activator yang bisa kalian gunakan untuk slime anda. Sebenarnya cara dan pembuatan slime sangatlah beragam, tergantung dari bahan apa yang digunakan. Bahkan ada yang slime yang dibuat dengan air sebagai ganti Lem. Memang dalam pembuatannya Slime bisa dikreasikan.

3. MANFAAT SLIMES

cara membuat slime bening

Sebelum kita melanjutkan pembahasan tentang cara membuat clear slime, selanjutnya akan kita bahas mengenai  manfaat sime itu sendiri. Banyak yang beranggapan apakah slime cuma sekedar untuk mainan?. Memang pada dasarnya Slime sendiri adalah sebuah mainan yang menggemaskan dan dalam penggunaanya tinggal dipencet ditarik dan dipijat-pijat. Namun kenyataannya ada beberapa manfaat yang bisa kalian dapatkan ketika kalian bisa mengkreasikan slime kalian, jadi bukan hanya sebagai mainan belaka namun mempunyai kegunaan lain. Berikut penjelasannya:

 A. MENGHILANGKAN STRES

menghilangkan stress

Jika kalian sedang menghadapi sebuah masalah entah itu diputusin pasangan kalian atau yang lainnya , atau bosan dengan keseharian dirumah dan disekolah dan dimana saja, sehinga membuat kalian setres maka jangan khawatir. Slime sendiri terbukti bisa membuat kalian lebih   rileks dan terhibur, jadi buat kalian yang boring dan stres mungkin bermain slime adalah jawabannya. Karena daripada kalian mainin hati seseorang lebih baik kalian mainin slime.

B. PEMBERSIH

slime bersihkan keyboard

Jika kalian bilang slime cuma untuk mainan, maka kalian kurang dalam pemanfaatannya.  Karena faktanya slime adalah alatyang paling efektif dan simple untuk membersihkan permukaan. Cocok buat kalian untuk membersihkan sela-sela keyboard dan lubang lubang kecil atau tempat yang sulit kalian jangkau degan tangan kalian. Dengan begitu kalian tidak perlu    kesulitan lagi untuk membersihkan tempat – tempat sempit.

 C. DEKORASI RUANGAN

Pernah dengar seni rupa murni? yap, seni rupa yang digunakan sebagai hiasan, salah satunya adalah dekorasi. Tanpa kalian sadari ternyata Slime juga bisa digunakan sebagai dekorasi ruangan anda jika anda terampil dan kreatif dalam penggunaannya dengan tetap memperhatikan keadaan dan tempat yang pas untuk slime agar bertahan lama. Kamu bisa      memberikan warna yang mencolok pada slime agar terlihat lebih menarik dan berkesan, setelah   itu bisa kamu bentuk dengan bentuk yang unik dan lucu lalu dimasukkan ke dalam wadah transparan. Hiasan tersebut nantinya  bisa kalian taruh dikamar, ruang keluarga dan rumah tamu sesuai selera kalian.

Nah seperti yang sudah disebutkan diatas tadi, bahwa proses pembuatan slime beragam dan tergantung dari bahan yang digunakan. Setelah menyebutkan bahan bahan pembuatan slime activator, kini kita menginjak pada pembahasan pembuatan slime itu sendiri. Hasil dari slime ini sendirijuga diebdakan dari bahan dasarnya dan terbagi dalam beberapa macam, yuk simak uraian berikut:

A. CARA MEMBUAT SLIME BENING

cara membuat slime

Pertama kita akan bahas tentang cara membuat clear slime atau biasa disebut slime   bening. Seperti nama nya slime bening, slime ini tidak berwarna alias bening. Berikut ini adalah bahan dan alat pembuatannya:

Alat dan bahan :

  • Air bersih
  • Slime activator
  • Wadah bersih
  • Clear glue

Cara pembuatan :

  • Masukkan clear glue ke dala wadah bersih yang tadi sudah disiapkan, untuk takaran sesuai dengan selera kalian saja;
  • setalah clear glue sudah di takar di wadah bersih, tambahkan air dengan perbandingan 1 : 5 dengan glue. jika kalian ingin lebih padat atau lembut, silahkan ditakar sesuai selera dengan perbandingan yang pas;
  • setalah adonan sudah siap, aduk secara perlahan;
  • jangan lupa masukkan slime activator sedikit demi sedikit agar tercampur dengan rata;
  • aduk semua adonan hingga rata dan menjadi gumpalan didalam wadah tersebut
  • slime kalian bisa dikatakan berhasildan jadi apabila sudah bersih dari wadah atau dalam artian tidak lengket di wadahdan nyaman dimainkan ditangan kalian, jika masih banyak gelembung gelembung maka simpanklah di tempat kedap udara dan biarkan selama 3 – 4 hari. Setelah itu ambilah.

Nah uraian diatas tadi adalah cara pembuatan Clear Slime, memang cukup mudah dan simple dan bisa kalian coba sendiri di rumah, selan itu bahan dan alatnya juga mudah untuk kalian dapatkan. Semoga membantu.

B. CARA MEMBUAT SLIME DARI LEM POVINAL

CARA MEMBUAT SLIME DARI LEM POVINAL

Setelah kita mempelajari membuat slime bening, selanjutnya adalah dari Lem povinal. Ya salah satu lem yang sering terlihat disekitar kalian dan bisa ditemui di warung sekitar rumah. Dalam sesi ini akan kita bahas dan kita jelaskan apa saja alat dan cara pembuatannya, berikut ini:

Alat dan bahan :

  • Lem cair Povinal
  • Air putih
  • Pewarna makanan
  • Baby oil
  • Obat tetes mata
  • Sabun mandi cair
  • Sendok makan bahan plastik

Cara pembutatan :

  • Pertama kalian masukkan bahan utama kita, ya lem povinal yang sudah kalian beli diwarung terdekat;
  • jika lem povinal sudah siap, masukkan air secukupnya;
  • Untuk lebih menarik tambahkan beberapa tetes pewarna makanan, sesuai selera kalian;
  • Setelah itu aduk semua bahan hingga merata;
  • lalu tuangkan obat tetes mata secukupnya hingga adonan slime jadi sedikit mengental, bisa klian amati sendiri sesuai keinginan kalian;
  • Campurkan sedikit demi sedikit sabun cair lalu aduk hingga merata;
  • Setelah semua dicampur dan diaduk dengan benar, bahan terakhir yaitu baby oil kalian tambahkan agar adonan tidak lengket di tangan;
  • Terakhir, diamkan adonan beberapa saat dan slime pun jadi.

Meskipun semua lem pada dasarnya sama dan memiliki fungsi yang sama yaitu merekatkan, namun perlu kalian ketahui dalam pembuatan Slime ini, yang bisa kalian gunakan hanya Lem povinal. Kalian tidak bisa mengganti dengan lem merk lain. Semoga cara diatas bermanfaat dan berguna bagi project kalian.

C. CARA MEMBUAT SLIME DARI BEDAK BAYI

CARA MEMBUAT SLIME DARI BEDAK BAYI

Setelah kita membahas tentang pembuatan slime dengan Lem povinal, kini adalagi bahan dan cara pembuatan slime yang tak kalah uniknya. Ya siapa sangka kalau bedak bayi bisa        digunakan dalam pembuatan slime kalian. Proses pembuatannya pun juga tergolong mudah dan beda bayi bisa mudah kalian temukan dimana saja, bisa diminimarket atau di toko toko disekitar daerah tempat kalian tinggal di bumi. Ingin tahu bagaimana cara dan proses pembuatannya? mari simak penjelasan berikut ini:

Alat dan bahan:

  • 1 botol bedak bayi
  • 2 gelas air putih
  • 4 sendok makan baby oil
  • 2 sendok makan pewarna makanan

Cara pembuatan :

  • Setelah semua bahan yang kalian siapkan sudah lengkap, langkah pertama adalah siapkan baskom terlebih dahulu untuk membuat adonan slime;
  • Setelah baskom sudah siap, masukkan bedak bayi ke dalam baskom;
  • Lalu tambahkan air bersih secara perlahan sambil kalian aduk hingga merata;
  • setelah kalian aduk tambahkan baby oil secukupnya sambil tetap diaduk dengan merata;
  • jika adonan belum cukup kental maka tambahkan bedak bayi hingga kalian rasa sudah cukup kental, sesuai selera kalian. Namun jika kalian rasa terlalu padat atau kental maka tambahkan airnya hingga dirasa tekstur nya cukup;
  • Trakhir agar slime kalian nanti terlihat lebih menarik maka tambahkan pewarna makanan secukupnya atau sesuai dengan kriteria yang telah disebutkan tadi, warna dan takaran sesuai selera. Jika sudah maka adona slime ditutup dalam wadah yang kedap udara dan dibiarkan selama beberapa jam hingga bisa dimainkan oleh tangan kalian.

Diatas tadi adalah beberapa penjelasan dan cara tentang pembuatan slime dari bahan bedak bayi yang bisa klian terapkan dirumah, entah mengisi waktu luang atau dibuat untuk berjualan. Semoga bisa membantu.

D. CARA MEMBUAT SLIME DARI SUNLIGHT

CARA MEMBUAT SLIME DARI SUNLIGHT

Mengulas tentang pembuatan Slime dari lem povinal dan bedak bayi sudah kita pelajari, kini kita akan membahas pembuatan slime menggunakan bahan sabun cuci piring yang biasa      kalian gunakan dirumah, ya SUNLIGHT. Sunlight sendiri adalah salah satu produk sabun cair untuk cuci piring yang biasanya bisa kalian temui di toko, warung dan minimarket dengan kota kalian. Namun siapa sangka jika sunlight bisa kalian gunakan sebagai salah sau bahan pembuatan slime. Perlu kalian ketahui bahwa dalam penggunaan sunlight bsa kalian kombinasikan dengan beberapa bahan lainnya seperti Lem, Tepung dan shampo. ingin tahu caranya? mari simak penjelasannya:

1. Membuat slime dngan sunlight dan shampo

Salah satu cara pertama dalam pembuatan slime yang berbahan dasar sunlight adalah dengan mengkombinasikan nya bersama shampo. Pembuatan slime yang satu ini terbilang sangat mudah, bahan nya pun bisa kalian temui dimana pun. yuk simak rinciannya :

Alat dan bahan :
  • wadah atau baskom bersih
  • sunlight, bisa kalian dapatkan di warung atau toko sekitar rumah kalian
  • shampo
  • lemari es
Cara Pembuatan :
  • Pertama tama siapkan wadah atau baskom bersih sebagai tempat dituangkannya sunliht dengan shampo;
  • setelah wadah sudah disiapkan, masukkan shampo dengan sunlight kedalam baskom dengan takaran 2 : 1 , 2 ukuran shampo dibanding dengan satu ukuran sunlight;
  • setelah bahan dimasukkan aduklah kedua adonan tersebut selama 2 menit dengan cepat agar merata hingga dirasa cukup;
  • jika sudah di aduk dan tercampur dengan merata maka langkah terakhir adalah memasukkannya ke dalam freezer atau lemari es selama 10 hingga 20 menit
  • slime siap dimainkan

Nah diatas tadi adalah cara pembuatan slime dengan menggunakan sunlight yang dicampur dengan shampo. Slime yang dibuat dengan bahan ini cenderung lembek dan cepat meleleh ketika terkena panas, jadi tergantung bagaimana cara anda dalam menjaga suhu dan    kestabilan tekstur pada slime itu sendiri. Semoga bermanfaat.

2. Membuat slime dengan sunlight dan lem UHU

Membuat slime dengan sunlight dan shampo sudah kita pelajari, kini kita akan mencoba membuat slime dengan bahan dasar yang sama yaitu sunlight tapi shampo kita gantkan dengan lem UHU. Ya lem yang sering kita jumpai dan sering digunakan oleh anak anak untuk mainan, dan ternyata bisa kita gunakan dalam pembuatan slime. ingin tahu caranya ? ini penjelasannya :

Alat dan bahan :
  • Baskom bersih
  • sunlight, bisa kalian beli di warung atau minimarket terdekat
  • lem UHU, bisa kalian beli di toko toko percetakan atau perlengkapan sekolah
  • alat pengaduk, sesuai selera
Cara Pembuatan :
  • Pertama siapkan baskom atau mangkok bersih dan alat alat lainnya, seperti pengaduk, sunlight dan juga lem UHU;
  • jika semua bahan sudah kalian siapkan, masukkan sunlight dengan lem UHU dengan takaran perbandingan 3 : 2 ke dalam baskom yang sudah disiapkan;
  • pastikan kedua bahan sudah dimasukkan dengan porsi yang tepat, lalu aduklah dengan pengaduk hingga rata dan tercampur;
  • bila tekstur slime nya kenyal, anda bisa menambahkan lem, dan jika kalian ingin slime yang dibuat lebih menarik maka bisa ditambahkan pewarna secukupnya.

Pemaparan diatas sudah menjelaskan tentang pembuatan slime dengan bahan dasar sunlight yang dikombinasikan dengan lem UHU. Cara pembuatan nya juga terbilang mudah dan praktis, namun slime dengan bahan ini, teksturnya cenderung stratchy dan bisa mengeras apabila dibiarkan di udara terbuka dan penyimpanan harus di tempt yang tertutup atau di dalam freezer.

3. Cara pembuatan slime dengan sunlight dan tepung

Yang terakhir kita akan mengulas tentang cara membuat slime dari tepung dan sunlight. Jika lem UHU sulit kalian temukan maka klaian bisa menggantinya dengan tepung, tepung yang dimaksud adalah tepung kanji karena ketika terkena minyak,tekstur tepung kanji akan menyenyal meskipun teksturnya tidak sekenyal saat kita menggunakan lem UHU. Tepung kanji sendiri bisa kalian beli di warung sekitar rumah tempat kalian tinggal. Yuk disimak bagaimana prosesnya! :

Alat dan bahan :
  • baskom bersih
  • tepung kanji
  • sunlight
  • minyak goreng atau baby oil
  • pengaduk
Cara pembuatan :
  • siapkan baskom bersih juga dengan bahan bahan lainnya;
  • jika baskom sudah siap masukkan 2 sendok makan tepung dan 2 sendok makan sunlight;
  • jika sudah kalian masukkan semua bahannya, langkah selanjutnya adalah aduk hingga merata sampi dirasa cukup;
  • pastikan adonan sudah teraduk rata dan tambahkan minyak goreng sedikit demi sedikit. Jika kalian ingin slime lebih wangi maka gunakanlah baby oil;
  • terakhir aduk rata semua adonan hingga merata dan tercampur dengan sempurna, lalu tekan tekan slime kalian. Jika dirasa sudah cukup maka siap untuk dimainkan dan jika masih lengket maka tambahkan minyak goreng atau baby oil secukupnya.
  • slime pun siap dimainkan

Itu adalah penjelasan akhir tentang cara pembuatan slime menggunakan bahan dasar   sunlight. Mulai dari shampo, lem UHU hingga tepung kanji semua bisa digunakan sebagai bahan pembuatan slime kalian. Namun seperti pada setiap penjelasan diatas bahwa beda bahannya      akan membuat setiap slime yang dihasilkan juga berbeda pula teksturnya. Tergantung dari bahan dan cara pembuatannya sudah benar atau belum. Dan itu semua tergantung dari selera     juga kebutuhan anda.

E. CARA MEMBUAT SLIME DARI GARAM

cara membuat slime dari garam

Ini adalah cara terakhir yang bisa kita lakukan dalam membuat slime di rumah. Caranya adalah dengan menggunakan garam dapur, garam sendiri yang dikenal dengan rasa asinnya dan juga basanya menjadi bahan wajib dalam membuat suatu masakan di dapur khusunya kalian   yang cewek. Siapa sangka kalau serbuk putih dari laut ini bisa kita gunakan juga sebagai bahan pembuatan slime. Garam bisa dengan mudah kalian dapatkan cukup dengan 2000 rupiah saja kalian sudah bisa membelinya di warung sekitar tempat kalian tinggal. Nah pingin tahu bagaimana cara prosesnya? ini penjelasannya :

Alat dan bahan :

  • baskom bersih
  • shampo (bisa kalian beli diwarung)
  • pasta gigi (ambil dikamar mandi)
  • garam dapur
  • pengaduk
  • lemari es

Cara pembuatan :

  • masukkan shampo kental ke dalam baskom dengan takaran 1 – 2 tekanan, jika kalian ingin slime yang berwarna maka tambahkan pewarna makanan secukupnya pada adonan;
  • jika shampo sudah kalian tuangkan, selanjutnya tambahkan pasta gigi dengan takaran sepertiga dari shampo tadi, kalian bebas untuk memilih pasta gigi dengan warna dan merk apa saja, namun direkomendasikan agar menggunakan pasta gigi gel non warna agar hasil lebih baik;
  • jika semua bahan sudah tertuang dalam baskom, selanjutnya adalah mengaduknya menggunakan pengaduk hingga merata;
  • sambil teru kalian aduk, tambahkan sejumput garam dan ratakan hingga adonan dirasa cukup dan pas;
  • jika tekstur yang kalian dapat belum sempurna, maka tambahkan shampo, pasta gigi dan juga garam sedikit demi sedikit hingga adonan tidak lagi lengket dan slime siap untuk digunakan;

Uraian diatas adalah cara pembuatan slime dari garam, perlu kalian ketahui bahwa pada  dasarnya semua garam meimiliki sifat dan bentuk yang sama, namun dalam pembuatan slime dianjurkan untuk menggunakan garam dapur, bukan garam balok (garam padat) karena itu akan sangat sulit untuk larut.

sebenarnya dalam pembuatan slime sendiri tidak ada aturan khusus dan pasti, jadi kalian tidak harus terpaku dengan aturan. Bahkan dalam beberapa step yang ada kalian harus bisa mengukur sendiri takaran hingga Slime dirasa pas dan siap untuk dimainkan. Simpan slime anda apa wadah tertutup agar bisa bertahan lebih lama, meskipun pada akhirnya juga akan mengeras dan anda harus membuat slime lagi.

Nah diatas tadi adalah pengertian dan cara membuat berbagai macam slime, mulai dari cara membuat clear slime, membuat slime dari shampo hingga garam. Semua cara diatas bisa kalian coba di rumah yang pastinya praktis dan mudah untuk kalian dapatkan. Kalian bisa membagikan informasi ini kepada teman teman atau keluarga, semoga bisa membantu dan selamat mencoba!, lalu bagaimana cara membuat slime menurut versi kalian masing masing? semoga berhasil.