Cara Membuat Gigi Putih Dan Penyebab Gigi Menjadi Kuning

Anda termasuk orang yang mudah sekali tersenyum? Apakah anda sudah yakin dan percaya diri dengan senyum anda yang manis. Eitsss, tunggu dulu. Gigi yang sudah anda pamerkan apakah sudah putih berkilau atau justru berwarna kuning? Mempunyai gigi kuning jelas membuat orang yang melihat senyum anda menjadi jijik dan merasa tidak nyaman, Mempunyai gigi kuning bisa menyebabkan teman teman anda mengejek dan menghina anda. Pokoknya punya gigi kuning itu nggak enak banget. Membuat anda gak pede, mau ngomong malu, mau tertawa malu. Gak nyaman kan? Ketahui dulu penyebab gigi menjadi kuning sebeum anda mulai mencoba cara membuat gigi putih.

Penyebab gigi kuning

1. Cara menyikat gigi yang salah

cara membersihkan gigi kuning

Pernahkah kita sadari bahwa kita menyikat gigi dengan cara yang salah. Mungkin kebanyakan ada yang beranggapan, yang penting sikat gigi agar mulut tidak bau. Hal ini tentu merupakan cara berpikir yang salah. Karena jika kita asal-asalan menyikat gigi, maka sisa makanan yang menempel pada gigi anda tidak akan hilang dengan sempurna. Hal ini dapat menyebabkan kuman-kuman pada sisa makanan membuat gigi anda menjadi warna kuning. Oleh sebab itu, mulailah terapkan cara menyikat gigi dengan benar, minimal 2 menit.

2. Jarang menyikat gigi

Penyebab gigi kuning berikutnya adalah jarang menggosok gigi. Ketika kita jarang dan malas menggosok gigi kita, maka sisa makanan akan menumpuk dan membuat gigi kita menjadi kuning. Rajinlah menyikat gigi 2 kali sehari. Setelah sarapan dan sebelum tidur

3. Kebiasaan merokok

 kebiasaan merokok

Nikotin yang terkandung dalam rokok bisa menyebabkan gigi kita berubah menjadi warna kuning.

4. Kopi

minum kopi penyebab gigi kuning

Kandungan kafein yang tinggi pada kopi dapat membuat gigi menjadi kuning. Bahkan jika kita kebiasaan minum kopi, gigi kita bahkan bisa berubah menjadi hitam.

5. Alkohol

Kebiasaan meminum minuman beralkohol dapat juga menyebabkan gigi menjadi kuning. Tidak hanya itu, alkohol pada umumnya memang sebenarnya tidak baik untuk kesehatan kita semua

Yah itulah ke-5 penyebab mengapa gigi kita bisa menjadi kuning.

Cara untuk menjaga agar tetap putih dan bersih

Mempunyai gigi putih dan bersih akan membuat kita tampil percaya diri saat tersenyum. Namun, bagaiamana cara mempunyai gigi yang putih dan bersih? Pada saat kita rajin menyikat gigi tak bisa menutup kemungkinan gigi kita akan menguning dan itu tidak bisa dijadikan solusi terbaik dalam menjaga keputihan dan kebersihan gigi kita.

Berikut beberapacara untuk membuat gigi putih dan bersih :

  1. Menerapkan pola makan yang sehat dengan menghindari makanan manis yang lengket dan berlebihan. Perbanyak makan makanan yang segar, terutama sayuran dan buah. Beberapa contoh makanan yang baik untuk menjaga penampilan gigi agar tetap bersih dan putih adalah keju, susu, sayuran hijau seperti bayam dan brokoli, dan kacang-kacangan. Makanan yang banyak mengandung serat bisa meningkatkan produksi air liur, yang dapat membersihkan zat-zat yang dapat merusak gigi. Begitupun sebaliknya, kurangi mengkonsumsi makanan yang tinggi asam sitrat seperti lemon dan jeruk untuk mencegah kerusakan enamel gigi.

 

  1. Membersihkan gigi dengan baik dan benar sebenarnya dapat menjaga kebersihan gigi kita dengan baik adalah cara terampuh untuk menjaga gigi menjadi kuning. Penumpukan plak adalah salah satu penyebab gigi menjadi kuning. Jadi, menggosok gigi, menggunakan obat kumur dan membersihkannya dengan benang gigi tidak boleh diremehkan.

 

  1. Hentikan kebiasaan buruk dengan tidak menggosok gigi dengan benar Terlepas dari penumpukan plak, munculnya noda atau pengikisan lapisan email yang merupakan lapisan terluar gigi, juga dapat menyebabkan perubahan warna pada gigi anda menjadi kuning. Jika kita memang berniat untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gigi, maka ada banyak hal yang harus dilakukan untuk melindungi gigi dari noda.Mengkonsumsi kopi, anggur merah, minuman bersoda dan makanan manis olahan dapat membuat gigi putih bersih kita menghilang. Merokok merupakan salah satu faktor terbesar yang membuat gigi kita menjadi kuning.

 

  1. Mengkonsumsi bahan-bahan rumahan Jika kita sulit menghilangkan kebiasaan konsumsi anggur merah dan merokok, ada bahan-bahan rumahan yang bisa membantumu untuk menjaga gigi putih bersihmu.Meskipun banyak buah-buahan manis yang dapat merusak gigi kita dan bisa membuat gigi kita menjadi kuning, makan sayuran mentah dapat membantu menghilangkan plak.Selain itu, stroberi dan nanas adalah dua buah yang terbukti dapat membantu memutihkan gigi kita secara alami.Menyikat gigi menggunakan baking soda dapat membantu memutihkan gigi dalam waktu lama. Baking soda berfungsi sebagai abrasif ringan yang perlahan-lahan dapat menggosok noda enamel. Untuk bisa menggunakannya kita cukup mencampurkan satu sendok teh baking soda dengan dua sendok teh air kemudian aduk hingga menjadi pasta. Lalu, gosokkan lah pada gigi  dengan metode ini beberapa kali setiap minggu.Pasta ini juga dapat dicampurkan dengan pemutih hidrogen peroksida, akan tetapi memakainya terlalus sering dapat menyebabkan erosi email. Cuka sari apel yang dicampurkan dengan air juga dapat digunakan sebagai obat kumur yang hemat.Bahan rumahan lainnya yang bisa digunakan untuk memutihkan gigi seperti minyak. Kalian cukup berkumur dengan minyak untuk mencegah penumpukan plak. Metode ini merupakan salah satu cara tradisonal yang ada di India. Kita bisa pula memakai satu sendok makan minyak kelapa untuk berkumur selama 15-20 menit penuh.Cara ini seratus persen aman digunakan setiap hari karena tidak akan merusak email gigi.

 

  1. Perawatan kecantikan merupakan metode paling tepat Jika semua cara yang kalian lakukan di atas tidak berhasil atau kalian ingin memutihkan gigi secara instan, maka adapun cara yang bisa lakukan yaitu dengan menggunakan cara yang “lebih berat”. Cara ini adalah dengan memakai perawatan kecantikan, termasuk memakai satu paket pemutih gigi terbaik. Strip pemutih gigi dan nampan gel adalah perawatan yang relatif murah dan terjangkau agar kita bisa tersenyum lebar dengan gigi yang sudah putih, bersih dan mempesona. Kita bisa memakai strip gigi dengan dilekatkan pada bagian atas dan bawah gigi. Tidak membutuhkan waktu yang lama, bahan kimia yang terkandung dalam strip gigi akan membuat gigimu putih dan bersih. Hal itu juga berlaku pada nampan gel. Cuma saja, nampan gel yang digunakan dengan cara disikat langsung pada gigi. Adapun cara lain yaitu dengan memakai veneer. Namun, veneer adalah pilihan yang paling bahaya dan paling mahal harganya. Prosesnya yang dapat mengeluarkan  biaya jutaan rupiah, ketika memakai cara ini dengan melibatkan pengasahan gigi yang kemudian diganti dengan pemasangan veneer untuk memutihkan gigi.

Jika cara membuat gigi putih seperti yang dijelaskan di atas tidak memberikan hasil yang maksimal, Saya merekomendasikan  anda untuk berkonsultasi dengan dokter gigi agar mendapatkan pemeriksaan gigi lebih lanjut, kemudian dokter akan menentukan cara memutihkan gigi yang tepat.

Cara membuat gigi putih secara alami

 cara memutihkan gigi alami dan permanen

Cara membuat gigi putih memang banyak. Namun daripada anda harus mengeluarkan uang untuk pergi ke dokter atau membeli obat pemutih gigi, lebih baik anda mencoba cara memutihkan gigi alami dan permanen. Terbukti ampuh dan tidak menimbulkan efek samping.

1.      Daun Sirih 

bagaimana cara memutihkan gigi

Daun sirih merupakan resep tradisional sejak jaman nenek moyang yang terbukti ampuh sebagai cara membuat gigi putih secara alami.Apakah anda pernah melihat nenek atau kakek anda menguyah sesuatu sampai mulutnya berwarna merah. Yang mereka kunyah ialah daun sirih. Daun sirih bermanfaat sebagai penguat gigi, menghilangkan bau mulut, menghentikan pendarahan pada gusi, dan juga sebagai cara membuat gigi putih.

Caranya :

  1. Anda bisa memakainya dengan cara dikunyah atau merebusnya kemudian dipakai untuk berkumur.
  2. Bisa juga dengan dihaluskan lalu oleskan pada gigi secara merata
  3. Lakukan cara itu beberapa kali seminggu agar gigi menjadi putih maksimal

2.      Siwak

cara cepat memutihkan gigi

Siwak dari dulu memang dikenal sebagai obat herbal untuk menjaga kesehatan mulut Anda. Siwak dapat menghambat pertumbuhan bakteri, mengikis plak, mencegah gigi berlubang, terutama dalam memutihkan gigi. Nenek moyang biasanya menggunakan siwak dengan cara dikunyah batangnya.

Cara memutihkan gigi secara alami menggunakan siwak adalah:

  1. Oleskan batang siwak bersih yang telah dihaluskan pada gigi secara merata.
  2. Bisa juga dicampurkan dengan air hingga berbentuk pasta.
  3. Lalu gunakan sebagai pasta gigi.
  4. Lakukan kegiatan tersebut secara rutin setiap hari.

3. Daun Mimba

Daun mimba mengandung azadirahtin yang berfungsi sebagai antibakteri yang tentu saja sangat efektif sebagai cara cepat memutihkan gigi.

Cara memutihkan gigi secara alami menggunakan daun mimba adalah:

  1. Ekstrak minyak daun mimba
  2. Lalu gunakan sebagai pasta gigi
  3. Lakukan kegiatan tersebut secara rutin setiap hari.

4. Daun Salam

cara membuat gigi putih secara alami

Daun salam kaya akan manfaat yang dapat menjaga kesehatan gigi secara efektif. Minyak atsiri, sitral, tannin, flavonoid, metal kavikol, juga mengandung Vitamin A, B, C, D serta kalsium, zat besi, kalium dan magnesium yang terkandung dalam daun salam. Ke semua zat ini ampuh sebagai cara membersihkan gigi kuning.

Cara membersihkan gigi kuning dengan daun salam :

  1. Tumbuk daun salam sampai halus.
  2. Campur dengan air hingga menjadi pasta.
  3. Lalu gunakan sebagai pasta gigi.
  4. Lakukan kegiatan tersebut secara rutin setiap hari.

5. Kulit pisang

Kulit pisang juga dapat digunakan sebagai cara membersihkan gigi kuning.

Cara membersihkan gigi kuning secara alami menggunakan kulit pisang adalah:

  1. Ambilah kulit pisang yang telah dibersihkan terlebih dahulu.
  2. Gosokan kulit pisang yang sudah dibersihkan pada gigi anda.
  3. Lakukan kegiatan tersebut secara rutin setiap hari.

6. Kulit jeruk

Zat pektin yang terkandung  pada kulit jeruk dan juga minyak atsiri bermanfaat untuk memutihkan gigi anda secara alami. Bukan hanya untuk memutihkan gigi, kulit jeruk juga dapat menjaga kesehatan mulut terutama gigi Anda.

Cara memutihkan gigi dengan kulit jeruk:

  1. Jemur kulit jeruk dibawah sinar matahari sampai kering
  2. Tumbuk kulit jeruk sampai halus
  3. Campur dengan air hingga menjadi pasta
  4. Lalu gunakan sebagai pasta gigi
  5. Lakukan kegiatan tersebut secara rutin setiap hari.

7. Lemon

cara memutihkan gigi

Asam yang terkandung dalam lemon berfungsi sebagai alkali alami agar kadar pH dalam mulut seimbang. Selain itu lemon juga merupakan antibakteri yang paling ampuh untuk membasmi bakteri penyebab gigi kuning.

Cara memutihkan gigi secara alami menggunakan lemon adalah :

  1. Peras satu buah lemon.
  2. Campurkan air perasan ke dalam segelas air hangat
  3. Gunakanlah air tersebut untuk berkumur
  4. Lakukan lah minimal 3 kali sehari agar bakteri benar benar hilang
  5. Bisa juga dicampurkan dengan 1 sendok makan air perasan lemon dengan garam hingga membentuk pasta lalu oleskan pada gigi
  6. Lakukan kegiatan tersebut secara rutin setiap hari.

8. Jeruk Nipis

Sama juga dengan lemon, jeruk nipis juga efektif dalam membasmi bakteri dalam mulut sehingga gigi menjadi putih

Cara memutihkan gigi menjadi putih menggunakan jeruk nipis adalah :

  1. Potong 2 buah jeruk nipis
  2. Peras dua buah jeruk nipis
  3. Campurkan perasaan jeruk nipis kedalam segelas air hangat
  4. Gunakanlah air tersebut untuk berkumur
  5. Lakukan kegiatan tersebut secara rutin setiap hari.

9. Apel

Serat apel ketika anda sedang menguyahnya maka akan dengan sendirinya membersihkan noda yang membuat gigi anda menjadi kuning.

10. Strawberry

 Strawberi mengandung Vitamin C dan asam malat yang berfungsi untuk menghilangkan noda pada gigi, selain itu strawberi juga bermanfaat untuk mencegah sariawan, mencegah gusi berdarah dan membunuh bakteri yang ada di dalam mulut.

Cara memutihkan gigi secara alami menggunakan strawberry adalah :

  1. Bersihkan buah strawberry secukupnya
  2. Jus buah strawberry sampai halus
  3. Kemudian oleskan pada gigi
  4. Lakukan kegiatan tersebut secara rutin setiap hari.

11. Pinang

Buah pinang mengandung astringent dan hemostatik dari zat tanin yang bermanfaat sebagai cara memutihkan gigi secara alami.

Cara memutihkan gigi secara alami menggunakan buah pinang adalah :

  1. Siapkan beberapa biji buah pinang
  2. Bakar biji buah pinang sampai hangus
  3. Tumbuk sampai halus
  4. Kemudian oleskan pada gigi
  5. Lakukan kegiatan tersebut secara rutin setiap hari.

12. Susu

Susu dapat menambah asupan kalsium yang berfungsi untuk menjaga kekuatan gigi Anda. Kandungan fosfor dan magnesium pada susu akan membantu anda untuk mengatasi masalah dalam memutihkan gigi secara alami. Cukup dengan rutin meminum susu setiap hari.

13.  Dark chocolate

Dark chocolate atau coklat hitam mengandung suatu zat yang dapat melapisi gigi Anda dan membuat gigi menjadi putih. Anda hanya perlu mengkonsumsi coklat hitam setiap hari.

14.  Jahe

jahe memutihkan gigi

Zat kandungan antibakteri pada jahe yang berfungsi membersihkan noda tersisa pada gigi Anda.

Cara memutihkan gigi secara alami menggunakan jahe adalah :

  1. Parut jahe secukupnya
  2. Lalu kemudian peras airnya
  3. Kemudian gunakan air perasan jahe untuk berkumur
  4. Atau bisa juga menggunakan parutan jahe yang sudah diparut, langsung dioleskan pada gigi anda
  5. Lakukan kegiatan tersebut secara rutin setiap hari.

15.  Minyak Cengkeh

Selain bisa mengobati gigi yang sakit, minyak cengkeh juga bisa digunakan  untuk memutihkan gigi kuning Anda. Cukup dengan mengoleskan minyak cengkeh pada gigi Anda

16. Minyak Kelapa

Cara membuat gigi putih secara alami berikutnya adalah dengan menggunakan minya kelapa.

Cara memutihkan gigi secara alami menggunakan minyak kelapa adalah :

  1. Siapkan minyak kelapa dan baking soda untuk gigi
  2. Campurkan minyak kelapa dan baking soda sampai membentuk pasta
  3. Gunakan sebagai pasta gigi agar gigi anda afkan berubah warna menjadi putih
  4. Lakukan kegiatan tersebut secara rutin setiap hari.

17. Cuka Apel

Cuka apel ternyata juga bisa membuat gigi anda menjadi putih alami

Cara memutihkan gigi secara alami menggunakan cuka apel adalah :

  1. Siapkan 1 sendok makan cuka apel dan segelas air
  2. Campur atau aduk kedua bahan tersebut sampai rata
  3. Gunakan cotton bud ata sejenis lainnya untuk mengoleskannya pada gigi anda
  4. Lakukan kegiatan tersebut secara rutin setiap hari.

18. Arang

Sifat alkali yang terkandung pada arang berfungsi sebagai pengikis noda kuning pada gigi Anda. Memang kelihatannya kotor, namun dengan jumlah kecil tidak akan berdampak bagi tubuh.

Cara memutihkan gigi secara alami menggunakan arang adalah :

  1. Siapkan arang batok secukupnya
  2. Tumbuk hingga halus, lalu diayak
  3. Campur bubuk arang tersebut dengan 1 sendok makan air perasan lemon
  4. Gunakan sebagai pasta gigi anda
  5. Lakukan kegiatan tersebut secara rutin setiap hari.

19.  Wortel

Tidak hanya mengandung vitamin A yang dapat menyehatkan indra penglihatan (mata) saja, Wortel juga dapat dipercaya untuk memutihkan gigi yang kuning.

Cara memutihkan gigi secara alami menggunakan arang adalah :

  1. Siapkan beberapa wortel mentah yang belum direbus
  2. Cuci wortel sampai bersih
  3. Lalu potong ujung wortel kemudian gosokan pada gigi atau juga bisa anda langsung mengunyahnya, sehingga dapat meningkatkan jumlah air liur pada mulut dan juga dapat membersihkan rongga-rongga mulut

20. Permen karet tanpa gula

Cara memutihkan gigi dengan permen karet sangatlah mudah, silakan anda beli permen karet tanpa gula di minimarket terdekat atau di apotek.

Kemudian kunyahlah secara rutin.

Permen karet tersebut akan menghilangkan noda-noda yang membandel serta dapat mengangkat serpihan kecil sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi.

21.  Brokoli

Brokoli merupakan salah satu sayuran yang dapat memutihkan gigi secara alami .

Brokoli memiliki kandungan besi dan dapat berfungsi untuk melindungi enamel pada gigi.

Cara memutihkan gigi secara alami menggunakan brokoli adalah :

  1. Siapkan 1 buah brokoli yang segar
  2. Cuci brokoli sampai bersih terlebih dahulu
  3. Anda bisa langsung mengunyah atau memakannya untuk menghilangkan noda pada gigi anda
  4. Lakukan kegiatan diatas secara rutin agar anda mendapatkan hasil yang maksimal

22. Buah pir

Kebanyakan dari kita sudah tahu bagaimana rasanya buah pir yang manis, buah ini dapat menyehatkan mulut kita, salah satu penyebabnya adalah buah ini mengandung banyak sekali air.

Cara memutihkan gigi secara alami menggunakan buah pir adalah :

  1. Siapkan 1 buah buah pir yang segar
  2. Cuci buah pir sampai bersih terlebih dahulu
  3. Anda bisa langsung mengunyah atau memakannya untuk menghilangkan noda pada gigi anda
  4. Lakukan kegiatan diatas secara rutin agar anda mendapatkan hasil yang maksimal

23. Kismis

Kismis mempunyai beberapa kandungan vitamin dan juga memiliki mineral seperti asam folat dan juga zat besi.

Anda dapat menggosokkan buah kismis ke gigi anda atau mengunyahnya secara langsung.

Dengan mengonsumsi kismis setiap hari secara rutin pagi dan sore hari, Maka itu akan bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga akan menyehatkan mulut dan gigi kita tentunya.

24.  Seledri

SELEDRI

Seledri merupakan sayuran yang harganya terjangkau, untuk mendapatkan sayuran seledri sendiri tidaklah begitu sulit.

Seledri ini bisa juga  digunakan untuk memutihkan gigi kuning secara alami.

Seledri sendiri memiliki kandungan serat selulosanya dan dengan memakan atau mengunyah sayur seledri ini maka hal tersebut akan membantu anda dalam membersihkan gigi.

Bukan hanya itu saja dengan mempunyai kandungan air yang cukup banyak maka akan menyebabkan produksi air liur mulut kita menjadi lebih banyak dan hal itu cukup berguna untuk membersihkan rongga pada mulut.

25.  Air putih

Kebutuhan air putih pada tubuh kita memang harus terpenuhi.

Karena jika kita kurang mengkonsumsi air putih maka tubuh kita akan mengalami kekurangan cairan (dehidrasi).

Kekurangan mengkonsumsi air putih pada tubuh kita juga dapat membentuk noda pada gigi.

Dengan rutin meminum air putih maka rasa keaasaman pada mulut kita akan berkurang oleh sebab itu kita harus mencegah atau terhindar dari kerusakan enamel gigi dan juga gigi yang menguning.

26.  Ikan Salmon

Ikan salmon mempunyai kandungan protein dan kalsium yang cukup tinggi, tentu hal itu dapat menjaga kesehatan tulang serta gigi kita.

Jika ingin mempunyai gigi yang sehat dan juga kuat, Maka kita harus rutin mengkonsumsi ikan salmon supaya gigi kita menjadi sehat dan kuat.

27.  Daun jambu biji

Bukan hanya digunakan sebagai pemutih gigi saja. Daun jambu biji juga mampu mengatasi berbagai masalah yang ada pada gigi seperti plak dan juga pembengkakan pada gusi anda.

Cara memutihkan gigi secara alami menggunakan daun jambu biji adalah :

  1. Siapkan beberapa daun jambu biji
  2. Cuci daun jambu biji hingga bersih
  3. Kemudian tumbuk daun jambu biji sampai lembut hingga menjadi pasta
  4. Lalu gosokkan pada gigi anda sampai rata
  5. Diamkan dan tunggu hingga beberapa menit
  6. Jika anda sudah merasa cukup, anda dapat berkumur menggunakan air bersih

28.  Biji bunga matahari

Anda bisa menggunakan biji bunga matahari sebagai pemutih gigi atau menghilangkan plak pada gigi anda. Caranya dengan memotong ujung pada biji bunga matahari dan anda bisa menyikatnya langsung pada gigi anda.

Bukan hanya itu saja, Biji bunga matahari juga bisa mengurangi bau mulut, karena biji bunga matahari memiliki aroma yang cukup khas dan juga sedikit harum.

29.  Nanas

Buah nanas mempunyai kandungan enim dan bromelain yang hal tersebut dipercaya dapat memutihkan gigi yang kuning.

Cara memutihkan gigi secara alami menggunakan baking soda adalah :

  1. Siapkan satu buah nanas
  2. Kupas kulitnya
  3. Cuci buah nanas sampai bersih
  4. Kemudian potong kecil kecil buah nanas
  5. Lalu gosok-gosokkan pada gigi anda sampai rata
  6. Jika anda tidak suka repot-repot menyikat pada gigi anda, anda bisa langsung memakan buah nanas secara rutin

30.  Baking soda

baking soda untuk gigi

Bagaimana cara memutihkan gigi menggunakan baking soda dengan cepat?

Cara memutihkan gigi secara alami menggunakan baking soda adalah :

  1. Campur baking soda dengan air perasan lemon menjadi Satu Lalu oleskan pada gigi anda
  1. Lakukan kegiatan tersebut secara rutin setiap hari.

Nah, Itulah beberapa penjelasan yang bisa saya sampaikan mengenai cara membuat gigi putih dengan cara yang alami, aman dan juga terbukti ampuh dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut, membersihkan gigi dari plak dan juga menghindari gigi menjadi kuning. Bagaimana teman-teman cukup membantu atau tidak penjelasan dari saya?