Cara Mengambil Foto bokeh malam hari yang super keren!

Bokeh mempunyai  arti blur dalam bahasa Jepang,apakah kalian mau tahu apa saja yang bisa kita lakukan untuk membuat foto bokeh malam hari yang benar? untuk menghasilkan foto bokeh yang memukau. Di Dalam dunia fotografi, bokeh merupakan lingkaran-lingkaran cahaya lembut yang merupakan hasil blurring pada background pada suatu foto. Kalau kamu adalah seorang fotografer yang punya passion besar, kamu pasti dapat menemukan konsep Fotografi Bokeh. Ada berbagai macam tips dan trick untuk membuat ribuan gambar bokeh di web buatan kalian. kalian mungkin bertanya-tanya bagaimana sebuah foto blur bisa dikatakan sebagai kreatif dan menawan. Yuk kita simak bagaimana cara mengambil sebuah foto bokeh keren.

Cara Mendapatkan Foto Bokeh Dengan Objek Yang Bagus

foto bokeh terbaik

Hal Pertama yang harus kamu pahami adalah tentang DOF (Depth Of Field). Dalam sebuah foto pasti selalu ada bagian yang fokus dan tidak fokus. Nah, objek yang terlihat fokus dan jelas ini sering disebut DOF. terkadang bagian background keluar dari fokus dan disinilah bokeh muncul. Ia menjadikan cahaya yang muncul menjadi bentuk-bentuk lingkaran dengan pinggiran yang halus.

Syarat utama untuk mendapatkan blur yang bagus ialah bukaan aperture (tempat keluar masuknya cahaya pada lensa) yang cukup besar. Semakin high angka aperture-nya, semakin besar dan bundar bokehnya. Hal yang kedua yang harus kita ketahui, tentu saja, harus ada titik-titik cahaya di bagian background. Jika kalian memakai backdrop polos (kain, tembok, dan sejenisnya) tidak akan ada hasil foto bokeh di dalam fotomu. Untuk mendapatkan hasil foto bokeh yang bagus, kalian wajib memastikan hal hal ini:

  • Harus Ada beberapa titik-titik cahaya di bagian background (contohnya lampu mobil di malam hari, cahaya dari sela-sela daun, lampu hias warna-warni, dan lainnya).
  • Kalian juga wajib Membuka bukaan selebar yang lensa kamu bisa lakukan.
  • Jarak diantara kamera dengan objek atau foreground dibuat sedekat mungkin.
  • Jarak latar depan dengan cahaya serta background dibuat cukup jauh.

Ini di cara cara menghasilkan foto bokeh yang keren:

  1. Bokeh yang baik adalah outdoor/di luar ruangan

foto bokeh malam hari

kalian bisa melakukan percobaan bokeh di depan rumah masing masing. tetapi, jika kalian ingin agar efek dalam gambar anda terlihat bagus, ambil sepeda kamu dan mulailah keluar jalan-jalan mencari objek yang bagus. Ingat jalan-jalan yang cocok untuk menemukan bokeh. Kalain bakal menemukan berbagai lampu di mana pun yang kalian lihat di jalan-jalan pada saat malam hari.

  1. Jadilah kreatif

Pastikan kalian tak hanya berfokus pada kamera kamu dan mulai memotret bokeh tanpa berpikir panjang. Pengamatan objek merupakan suatu keharusan untuk bokeh. Membayangkan suatu adegan dan berhasil menemukan cara yang berbeda untuk membuat adegan dan gambar terlihat lebih menarik bagi para penikmatnya. Kalian harus berpikir tentang membuat percikan air dengan bokeh di latar belakang / background. Ini merupakan ide yang akan membuat gambar kalian lebih menonjol dan menarik.

  1. Yang terbaik untuk foto bokeh adalah malam hari

foto bokeh keren

Tidak ada aturan yang menyatakan bahwa bokeh hanya bisa muncul saat malam hari, bokeh juga bisa diciptakan di saat siang hari. Tetapi, pola pada hasil bokeh seluruhnya terlihat cantik saat dipotret pada malam hari.

  1. Temukan cahaya yang tepat

Cahaya merupakan faktor paling utama dan yang paling penting untuk pemotretan bokeh. jika latar belakang menyala, maka lebih mudah untuk mendapatkan hasil yang sempurna berpola bokeh. kalau cahaya tidak cukup, hasil pemotretan bokeh tidak akan cukup baik. Pastikan kalian menjaga ruang yang sama diantara kamera dan latar belakang untuk menghasilkan bokeh yang tepat.

  1. Jelajahi lokasi yang tepat

Sementara itu memfoto bokeh di jalan memiliki tantangan terbesar ialah untuk menghindari orang banyak dan kendaraan bergerak. Kalian perlu menjelajahi jalan dan menemukan tempat yang cocok untuk mendapatkan hasil bokeh yang bagus. Salah satu lokasi terbaik akan menjadi tempat yang menawarkan pandangan yang jelas dari lampu malam lalu lintas. Memanfaatkan sinyal lalu lintas adalah yang terbaik untuk menghasilkan bokeh.

  1. Membawa benda-benda yang menarik dari rumah

Kalian akan menemukan sebuah gambar-gambar yang sangat menarik, kreatif dan keren. Salah satu obyek terbaik untuk digunakan contohnya segelas anggur. Dalam kasus ini kamu tidak bisa membawa benda maka yang harus kalian pastikan adalah menggunakan benda-benda di jalan contohnya mobil, atau lampu pos atau hal menarik lainnya sebagai latar depan.

  1. Gunakan shutter speed lensa tercepat

Sebuah lensa dapat membantu dalam menjalankan memotret bokeh dengan sempurna layaknya lensa 50 mm F.1/8, f/1.4, dan  f/2.8 lensa ini dapat menjadi pilihan yang baik untuk menangkap bokeh. Sangat Berbeda dengan lensa zoom, lensa prime mempunyai cara kerja yangt lebih baik. kamu juga bisa memakai lensa prime 35 mm untuk memotret bokeh.

Sebuah lensa f/2.8 70-300mm adalah lensa yang dapat menangkap bokeh dengan baik. Jika kalian tidak mempunyai lensa ini tapi hanya mempunyai lensa kit, 18-55mm kamu juga dapat menggunakan. Tetapi lensa zoom 18-55mm  harus dipastikan aperture ke f/5.6. ketika jumlah f lebih besar maka akan semakin besar juga aperture yang memberikan ruang sedikit lebih banyak cahaya untuk mendapatkan foto bokeh terbaik. (F/1.8 atau f/1.4 dapat memberikan Anda  bokeh hebat berbeda dengan f / 9 atau f/11 atau f/22).

  1. Manual fokus lebih baik

memfoto bokeh dengan fokus menggunakan mode auto bisa sangat merepotkan. Memfokuskan, menyesuaikan lalu memfokuskan kembali ,semua yang kamu lakukan akhirnya akan dilakukan berulang kali. Terutama jika kamu mempunyai objek latar depan yang sering kali bergerak,mencari boke yang lebih sederhana adalah ketika kalian menempatkan gear kamu pada manual dan akhirnya kamu dapat memotret dengan mudah.

  1. Komposisi itu penting

Kalian harus mengingat bahwa untuk mendapatkan foto bokeh yang keren, kalian harus memiliki letak dan posisi yang pas. Jika kamu mempunyai tripod, kalian bisa memanfaatkannya. Kalian bisa mendapatkan foto bokeh dimalam hari yang pas dan keren.

Macam-macam Lensa Yang Cocok Untuk Menangkap Bokeh

cara membuat foto

cara membuat foto bokeh ini ditenarkan oleh Mike Johnston, seorang editor majalah dari Photo Techniques Pada tahun 1997. Uniknya kata “bokeh” ini justru berasal dari bahasa Jepang yaitu “boke” yang berarti blur atau berkabut.

  1. Lensa dengan aperture kecil

Maksudnya di sini ialah lensa yang mempunyai aperture atau bukaan yang cukup lebar. Cara untuk mengetahuinya adalah kalian cukup melihat angka yang tertera di lensa yakni yang angkanya semakin kecil. Contohnya berukuran f/1.8 ini akan menghasilkan blur yang lebih “menonjol” disbanding berukuran f/8.0.

  1. Gunakan lensa dengan focal length terpanjang
Baca Juga  Cara Foto Keren Menggunakan Trik Fotografer Yang Handal

Semakin panjang lensa yang kamu miliki, maka kamu juga bisa mendapatkan foto bokeh malam hari yang semakin bagus . Jadi contohnya kamu menggunakan lensa ukuran 70-200 mm maka atur lah focal length di posisi 200mm ketika memotret. Jika kamu membawa beberapa macam jenis lensa di tas kamu yaitu lensa 300mm, lensa 18–200mm, lensa 14–24mm maka pakailah lensa yang berukuran 300mm jika mau mendapatkan foto bokeh yang keren blur-nya.

  1. Pilih lensa dengan kualitas optik terbaik

terikat dengan focal length, kualitas yang dimiliki optic lensa 200mm pastinya lebih baik ketimbang lensa optic yang berukuran 50mm. tapi jika ada pilihan lensa yang sama?

contohnya, lensa 18-200mm/f5.6 dan lensa 70-200mm/f2.8 maka kualitas kamera yang kedua yang bisa kalian pilih. Apalagi dengan menggunakan aperture f/2.8 pasti akan menghasilkan blur yang keren.

Mendapatkan Foto Bokeh Dalam Lensa Kit

cara foto bokeh

Ada banyak sekali faktor yang harus kamu perhatikan untuk mendapatkan efek bokeh (blur) dalam gambar kamu, khususnya ketika kamu mau memotretnya dengan memakai lensa kit yang kamu punya. Tapi, kamu tidak perlu patah semangat, yang paling penting adalah ketika kamu harus mengatur dengan tepat aperture, focal length, penempatan subjek. Mau tau bagaimana cara foto bokeh menggunakan lensa Kit, berikut pembahasannya :

  • APERTURE

Aperture dan Focal Length adalah hal yang sangat sering di bahas, ketika para fotografer membicarakan mengenai efek bokeh. Kita bisa memulai dengan membahas Aperture. Aperture merupakaan bukaan diafragma lensa yang berkerja menentukan banyaknya jumlah cahaya yang di peroleh dan masuk ke dalam lensa kamera.

Untuk mendapatkan efek bokeh, aturlah aperture kalian pada bukaan terkecil, sehingga kalian bisa mendapatkan dan memperoleh cahaya lebih banyak yang dapat masuk ke dalam lensa. Pengaturan Aperture yang Tepat dan cocok dapat Memudahkan kamu dalam Mencapai dan mendapatkan Efek Bokeh yang kalian Inginkan

  • JAUHKAN JARAK LATAR BELAKANG DENGAN SUBJEK

Semakin jauh objek dan latar belakang kamera kamu, maka akan semakin besar peluang yang bisa kamu dapatkan untuk mendapatkan foto bokeh. Posisikan objek dan latar belakang sejauh mungkin. Jika kamu memotret subjek dan latar belakang yang tidak bisa di pindahkan (tidak dapat bergerak), kamu bisa mendekatkan kamera kamu kearah subjek jadi, jarak latar belakang secara keseluruhan akan menjadi lebih jauh. Khususnya ketika kamu memotret dengan lensa kit, yang tidak bisa memperoleh cahaya lebih, beberapa faktor yang sangat sederhana tersebut sangat bermanfaat dan dapat membantu kamu untuk meningkatkan efek bokeh didalam gambar, seperti yang kamu inginkan.

  • PERHATIKAN LATAR DEPAN DAN SILUET

Sesudah kamu mengetahui langkahnya secara teknis, kamu juga bisa mulai memakai bokeh dalam kegiatan pemotretan kamu dalam sehari-hari. Cobalah untuk mengaplikasikan bokeh pada latar belakang sebuah gambar yang mempunyai alternatif untuk titik pusat pada latar depan foto tersebut, contohnya seperti orang atau subjek foto still life. cobalah untuk meletakkan objek pada latar depan foto kamu sejauh mungkin terhadap cahaya dibagian latar belakang objek. Sebagian besar langkah tersebut bekerja secara efektif untuk kamu pakai pada objek yang dibentuk dari sebuah siluet yang berada pada bagian paling depan cahaya yang dihasilkan, contohnya yang kamu inginkan untuk objek pada bagian depan. Cahaya kabur yang dihasilkan akan sangat kontras dengan cahaya lembut pada bagian latar belakang.

  • PERHATIKAN RENTANG JARAK (DEPTH OF FIELD)

Langkah selanjutnya yang perlu kamu ketahui adalah, rentang jarak subjek foto terhadap kamera untuk bisa mendapatkan fokus yang cocok (depth of field) agar dapat meraih efek blur. Pastikan anda berada pada jarak cukup jauh dengan sumber cahaya serta pastikan juga anda mengaktifkan fokus manual pada kamera anda. Agar anda mendapatkan efek bokeh terbaik, tempatkanlah subjek kamu sedekat mungkin dengan lensa. Jika kamu berfokus terhadap objek yang begitu dekat dengan kamera, sudah dapat dipastikan bahwa cahaya pada latar belakang gambar tersebut menghasilkan efek blur yang menakjubkan. Efek blur tercapai pada bukaan aperture terkecil, seperti pada bukaan: f/8. Sebagai tambahan, agar depth of field menjadi lebih pas dan kamu dapat memperoleh efek blur lebih banyak, perhatikanlah jarak antara subjek foto kamu dengan latar belakang, serta ukuran sensor kamu agar sebagian kualitas foto kamu keluar dari fokus (menjadi blur).

  • MILIKI SESUATU YANG BERKILAU PADA LATAR DEPAN/BELAKANG FOTO ANDA

Efek bokeh akan menjadi lebih terlihat indah ketika kita bisa mengkombinasikan objek dengan cahaya yang masuk kedalam objek(contohnya: cahaya matahari yang di saring pada sebuah pohon). Cahaya di luar fokus membuat efek bokeh kelihatan berkilau. Kombinasi bayangan membantu kilauan cahaya tersebut terbentuk. kamu dapat dengan mudah mencoba membuat efek bokeh jika memiliki pencahayaan di hari natal yang berkilauan disekitar kamu. Cahaya di sekitar pohon dan guyuran air juga merupakan subjek yang tepat untuk di coba. kamu juga seringkali dapat menemukan tekstur dan pola yang menarik di sekitar kamu untuk menciptakan efek bokeh yang lebih menarik. Ide tersebut juga sangat bermanfaat untuk fotografi portrait, yang dapat dengan mudah menciptakan latar belakang yang menawan, dimananpun kamu berada. Cahaya yang ada pada rumput, batu, atau pasir saat matahari terbenam, tercipta untuk efek bokeh yang begitu cantik.

  • TEMUKAN KESEIMBANGAN DALAM FOTO KAMU.

Apakah ada hal hal yang mempengaruhi hasil foto bokeh kamu? kamu dapat membuat orang-orang menjadi terkesima dengan efek bokeh yang kamu buat. Tapi, hal yang kamu harus fikirkan yaitu bagaimana efek bokeh dapat berpengaruh dalam foto kamu. Apakah efek tersebut mengalihkan subjek kamu dan sangat mendominasi tampilan gambar? Hal yang paling sering jika kamu ingin menciptakan efek bokeh yang menawan, tapi jika efek tersebut menjadi sangat berpengaruh terhadap komposisi di dalam foto kamu, berarti kamu harus menemukan keseimbangan di dalamnya. Ketika kamu telah menemukannya, efek bokeh secara lebih jelas akan muncul dalam foto kamu dan menjadikannya lebih fantastis!

  • PENCAHAYAAN

Pastinya dalam membentuk efek foto bokeh yang indah, kamu wajib memperhatikan bagaimana foto kamu telah dibentuk. Jika kamu mengontrol kondisi dimana kamu bisa menyesuaikan pencahayaan kamu dan ingin bereksperimen kemudian kamu mengatur aperture kamu untuk hasil terbaik. Ingatlah bahwa hasil yang kamu inginkan yaitu efek foto yang lebih halus dan mengandung unsur bokeh lebih banyak. Mungkin cahaya terdapat pada dedaunan sebuah pohon di bagian latar belakang gambar dan kamu ingin memotretnya dengan efek blur yang lebih halus. Sumber cahaya tidak datang dari arah belakang subjek, tetapi dari baiknya sebuah susunan tampilan gambar.

  • LUANGKAN WAKTU UNTUK BERKREASI

Kini, kalian wajib memperhatikan jumlah cahaya yang masuk kedalam kamera DSLR kamu. Contoh Cahaya yang cocok untuk kalian buat foto bokeh adalah cahaya dari pohon natal. Cahaya lampu jalan juga menghasilkan cahaya yang kamu cari dan hal tersebut akan membuat foto blur keren yang kamu miliki. Beri diri kamu kesempatan dan waktu luang untuk mempratekkan pengaturan pada kamera dengan benar serta saat kamu sudah merasa siap, kamu dapat keluar dan memulai kreatifitas kamu. Saat kreasi yang kamu lakukan belum sepenuhnya berhasil, setidaknya hal tersebut merupakan cara yang efektif dalam menciptakan cahaya yang begitu lembut dan tepat dalam sebuah gambar tanpa menguras terlalu banyak perhatian. Cara tersebut dapat memberi kesan lebih nyata, pada foto anda.

Baca Juga  17 Aplikasi Mengedit Foto Paling Terbaik 2018
Macam-macam Lensa Yang Cocok Untuk Menghasilkan Foto Bokeh
  1. Lensa Wide Angle/Sudut Lebar

cara membuat bokeh photography

Lensa ini bisa menangkap objek dengan luas ketimbang dan menangkap foto bokeh malam hari keren dengan lensa yang lainnya, hal ini karena Lensa Wide Angel mempunyai panjang fokus / focal lenght yang pendek, semakin pendek focal lenghtnya maka akan semakin luas juga bidang yang bisa ditangkap oleh kamera ini. saat kita memakai lensa ini, maka kamu akan lebih mudah menangkap gambar yang lebih jelas, daripada lensa yang Standart, jadi kamu wajib mengambil jarak yang lebih jauh dari objek hal ini bisa menyulitkan kamu jika ruangan yang digunakan mempunyai lebar yang terbatas.

Sedangkan untuk pemotretan outdoor Lensa Wide Angel sangat cocok untuk pengambilan gambar landscape. Lensa Wide Angel memiliki 2 tipe yaitu : Fixed Focal lenght dan Zoom, pada lensa fixed contohnya 15mm, 8mm, 10mm, 20mm dan masih banyak yang lainnya. Meskipun itu pada lensa zoom terkadang sama dengan range 10-20mm, 12-24mm, 11-16mm,dsb.

Kelemahan yang dimiliki Lensa Wide Angel yakni menimbulkan efek “melengkung“, hal ini bisa kita lihat pada setiap tepian foto yang sedikit melengkung, objek berbentuk bidang tinggi seperti, tiang listrik atau menara kadang juga terlihat melengkung pada potret landscape dengan objek yang majemuk, kadang obyek yang terdekat terlihat sangat besar dan tidak standart dibandingkan dengan obyek disekitarnya.

Tapi, kadang lensa ini mempunyai hasil yang kita inginkan dan kadang lensa ini juga memperlihatkan hasil yang tidak kita inginkan. Dalam fotografi masalah ini terkenal sebagai konvergensi, Lensa Wide Angle dengan kualitas tinggi contohnya Lensa Canon seri L sudah dapat mengatasi konvergensi tersebut dengan baik, namun untuk mendapatkan lansa ini anda harus menyiapkan budjet yang besar.

  1. Lensa Tele

lensa bokeh canon

lensa ini mempunyai ukuran yang panjang biasanya diatas 100mm. Lensa Tele bisa mendekatkan obyek yang jauh, mempersempit sudut pandang dan mengaburkan/blur pandangan disekitarnya sehingga obyek terlihat lebih dekat/lebih besar dan lebih jelas/lebih fokus.

  1. Lensa Zoom

cara setting blur kamera canon

Lensa Zoom mempunyai keunggulan, yakni mempunyai fungsi yang fleksibel, dengan rentang focal lenght yang panjang jika lensa ini bisa menjadi wide angel pada focal lenght terpendek dan sebagai lensa tele saat diputar pada focal lenght terpanjang. Contoh lensa yang paling terkenal dari lensa ini adalah ukuran 18-200mm yang biasa disebut dengan istilah “lensa sapu jagat“

  1. Lensa Fixed / Prime

foto blur keren

persis seperti namanya, Lensa Fixed / Prime hanya memiliki satu (fixed) ukuran focal lenght, cpntohnya adalah 35mm, 50mm, 100mm dsb. Lensa ini pada umumnya memiliki pembukaan diafragma yang cukup besar, contohnya f/1.4 dan f/1.8 sampai sangat handal untuk memotret dalam kondisi minim cahaya/low light dan memiliki kecepatan fokus lensa.
Keunggulan lainnya, hasil foto lensa fix yang lebih tajam dan efek blur dengan kedalaman ruang yang rendah, yang populer disebut foto “bokeh”. Selain itu Lensa Fixed / Prime mempunyai berat yang ringan dan ukuran yang kecil sehingga mudah dibawa salah satu kekurangan dari lensa ini yakni, tidak bisa dipakai untuk meng zoom objek, lensa ini hanya akan maju mundur saat kalian mencoba untuk melakukan zoom. Dari berbagai ukuran yang tersedia, ukuran 50mm yang paling populer dikalangan fotografer.

  1. Lensa Makro

cara membuat foto bokeh

Lensa Makro ini memiliki keunggulan yaitu dapat men close-up objek dengan extreme, dapat mendekatkan obyek yang kecil sehingga terlihat lebih jelas dan hidup, contohnya adalah foto serangga jika menggunakan lensa lainnya objek hanya terlihat seperti titik jika memakai lensa ini serangga terlihat sangat jelas bahkan sampai ke mimik wajahnya sehingga foto terlihat lebih hidup.

  1. Lensa Fish Eye

foto bokeh malam hari

lensa ini dinamakan fisheye karna bentuk lensa ini mirip seperti mata ikan. Lensa fisheye adalah jenis lensa ultra wide-angle yang menampilkan distorsi visual yang disengaja untuk menghasilkan foto lebar panoramik atau hemisperik. Hal penting yang harus diperhatikan daru lensa fisheye adalah lensa ini sudah tidak perlu dikoreksi lagi.

Cara Setting Kamera DSLR Canon EOS 1200D

foto bokeh keren

Cara Setting Kamera DSLR Canon EOS 1200D. untuk kamu yang baru baru ini menggunakan kamera, pastinya bisa sedikit kebingungan ketika settingan kamera dslr yang kamu pakai berubah atau ada yang dipencet. Hal ini tentunya cukuplah wajar sekali, karena tidak menjadi masalah ketika kebingungan, karena belum terbiasa dengan kamera, tetapi kami dapat membantu di sini untuk setting kamera canon 1200D dan cara menghasilkan lensa bokeh canon.

terserah kalian mau mensetting untuk bagian apa, tetapi setting kamera ini biasanya bergantung pada shutter speed, iso, dan aperture. Perpaduan 3 elemen ini dapat memudahkan kamu memilih kamera mana yang cocok dan layak untuk kamu gunakan. Karena banyak sekali cara lain seperti mengature picture style, mengatur flash, mengatur fokus, dan lain sebagainya. Tapi, kamu harus paham dulu apa saja shutter speed, iso, dan aperture. Dengan mengetahui 3 hal tersebut, pasti akan mudah untuk menggunakan mode manual pada kamera.

Jangan sedih untuk kalian yang tidak bisa menghasilkan gambar atau foto dengan hasil yang maksimal, cara setting blur kamera canon dapat menghasilkan foto bokeh malam hari yang keren, karena tidak akan ada flash otomatis muncul, tetapi kalau kamu mau menggunakan flash kamera, bisa juga menggunakan mode auto yang biasanya bewarna hijau. Dengan mencoba cara setting canon 1200d di atas tersebut kamu bisa dengan mudah untuk setting kamera, tidak lagi pusing mencari dan bertanya-tanya atau malah mengira kameranya rusak.

Demikian pembahasan tentang artrikel ini, dengan adanya artikel ini semoga saya yang membuat artikel bisa membantu kesusahan kalian , selain tau bagaimana cara membuat bokeh photography, kita juga dapat mengetahui jenis jenis lensa apa saja yang pas dengan kamera yang kalian miliki, disini kalian juga dapat mengetahui tips tips cara mendapatkan foto bokeh malam hari yang super keren.

Kalian juga dapat mengetahui cara men setting background blur menggunakan kamera canon. Tentunya artikel ini masih punya banyak kekurangan, kalian masih bisa mempelajari atau mendapatkan tips tips di artikel kami yang lainnya. Semoga artikel ini bisa membantu kalian semua! Terimakasih atas perhatianya.