Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Dan Mengenal Gejala Penyebabnya

Penyakit asam lambung atau Bahasa ilmiahnya Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) adalah kondisi yang ditandai dengan adanya nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar bagian dada yang diakibat karena naiknya asam lambung menuju esofagus. Esofagus atau yang juga dikenal sebagai kerongkongan adalah sebuah bagian dari saluran pencernaan yang menghubungkan mulut dan lambung. Penyakit asam lambung merupakan masalah kesehatan yang cukup umum terjadi di  kalangan masyarakat. Untuk Itu kita perlu mengenal bagaimana cara mengatasi asam lambung naik dan apa tanda tanda jika kita mengalami hal tersebut.

Apa Penyebab Asam Lambung atau GERD Naiknya.

cara mengatasi asam lambung kambuh

Penyakit asam lambung atau yang biasa disebut GERD pada umumnya disebabkan oleh tidak berfungsinya lower esophageal sphinchter (LES). LES adalah lingkaran otot pada bagian bawah dari bagian esofagus. LES berfungsi sebagai pintu otomatis yang akan terbuka ketika makanan atau minuman turun melalui lambung. Setelah makanan masuk, LES akan menutup untuk mencegah asam dan makanan yang ada di lambung agar tidak naik kembali ke bagian esofagus.

Jika LES menjadi longgar dan tidak menutup dengan sangat baik, asam lambung bisa keluar dari perut dan menyebabkan penyakit asam lambung. Penyebab penyakit asam lambung biasanya terkait dengan faktor keturunan, stres, mengkonsumsi obat – obat tertentu dengan berlebihan, kelebihan berat badan, hiatus hernia, keadaan hamil, gastroparesis, atau konsumsi makanan yang mengandung cukup banyak lemak.

Gejala GERD yang dirasakan adalah sensasi terbakar di bagian dada atau nyeri sangat sakit pada ulu hati. Akibatnya, kita akan merasa menjadi tidak nyaman setelah mengonsumsi makanan.

Mulut serta kerongkongan juga akan terasa menjadi tidak enak. Kita juga akan mengalami rasa sakit dan kesulitan untuk menelan makanan. Perawatan serius akan diperlukan jika gejala GERD muncul secara terus – menerus tanpa ada konpromi.

Diagnosis Asam Lambung atau GERD

Untuk melakukan diagnosis pada penyakit asam lambung atau GERD, dokter cukup menanyakan beberapa gejala – gejala yang Anda alami. Penelitian lebih lanjut untuk memastikan diagnosis bisa dilakukan melalui prosedur prosedur endoskopi.

Endoskopi sendiri menggunakan alat yang disebut dengan endoskop, sebuah tabung fleksibel panjang dengan lampu dan kamera pada bagian ujungnya. Alat ini akan dimasukkan melalui mulut untuk melihat penyebab dari naiknya asam lambung dan jika ada luka di dinding esofagus.

Makanan Penyebab Naiknya Asam Lambung

apa penyebab asam lambung

Sistem pencernaan Anda mengikuti oleh aliran tertentu. Makanan akan mulai dicerna di mulut kemudian akan langsung pindah ke tenggorokan Anda, kemudian ke kerongkongan dan perut, kemudian usus kecil dan besar, kemudian dikeluarkan dari tubuh Anda. Ketika makanan dalam perut berjalan kembali ke arah yang berlawanan, hal yang seperti itu dapat menyebabkan rasa sakit.

Heartburn alias perut mulas (maag) adalah salah satu kondisi dimana yang disebabkan makanan dari lambung kembali lagi ke kerongkongan. Meskipun penyebabnya sering kali berbeda pada setiap orang, berikut adalah beberapa makanan yang perlu Anda hindari demi menghindari asam lambung naik. Inilah beberapa hal yang perlu di perhatikan untuk membantu anda cara mengatasi asam lambung naik.

1. Makanan Dengan Porsi Besar

Makanan besar menyebabkan perut Anda menghasilkan lebih banyak asam lambung dari normalnya menyebabkan dapat menumpuk dan mengiritasi kerongkongan Anda. Dianjurkan untuk makan lebih sering dengan porsi yang kecil dibandingkan makan sekaligus dengan porsi sangat besar.

2. Makanan yang digoreng

Makanan tinggi lemak seperti halnya gorengan, membutuhkan waktu lebih lama untuk langsung dicerna. Semakin lama ia berada di perut Anda, semakin banyak pula asam lambung yang diproduksi dan akhirnya akan mengambil lebih banyak ruang di perut Anda. Karena perut dipenuhi oleh banyak makanan, makanan Anda akan meluap hingga ke kerongkongan. Hal ini akan menyebabkan munculnya gejala gangguan asam lambung dan maag. Gorengan termasuk kentang goreng, ayam goreng, donat, dan keripik kentang lainnya.

3. Makanan asam

cara mencegah asam lambung

Meskipun buah memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan, kadang – kadang mereka juga dapat memicu datangnya asam lambung. Banyak buah mengandung kadar asam yang sangat tinggi. Keluarga buah jeruk termasuk seperti lemon, jeruk, dan tomat mengandung cukup banyak asam yang dapat mengganggu keseimbangan pH di dalam perut Anda. Buah – buahan dan sayuran dapat menambah keasaman dan menyebabkan gejala maag itu muncul.

4. Brokoli

Brokoli merupakan sumber serat dan banyak nutrisi. Jika Anda mengalami gejala maag terkait dengan gas dan kembung, hindari memakan brokoli yang berlebih. Terlalu banyak serat dapat menyebabkan sistem pencernaan Anda menghasilkan lebih banyak gas, yang dapat memicu heartburn atau hati terbakar.

5. Minum Kopi

minum kopi penyebab asam lambung

Jika Anda sering bermasalah dengan gangguan asam lambung, kebiasaan minum kopi dengan rutin sebaiknya dikurangi, kalau belum bisa untuk anda ditinggalkan sama sekali. Asam Lambung memang sering kali menjadi momok Bagi Para pecinta kopi , Apa Lagi meminum kopi dengan keadaan perut yang belum terisi makanan.

6. Makanan pedas

makananpedas

Jika Anda menyukai makanan yang pedas namun Anda memiliki maag, kami punya kabar buruk. Ini saatnya untuk menjauhkan botol sambal untuk menjaga kesehatan anda. Makanan pedas sangat berpengaruh dalam bertambahnya serta penumpukan asam dan menyebabkan naiknya asam lambung. Untuk mencegah gejala maag, lebih baik menghindari cabai dan saus yang pedas pedas.

7. Alkohol

Anda mungkin sudah tahu bahwa alkohol memang tidak baik bagi kesehatan, tapi kami ingin menyebutkan lagi bahwa memang alkohol akan memperburuk refluks asam lambung. Alkohol dapat meningkatkan asam lambung dalam perut Anda dan membuat tubuh Anda menjadi sering dehidrasi.

8. Cokelat

apa penyebab asam lambung2

Cokelat memang dikenal sebagai pemicu utama gejala refluks asam lambung. Cokelat mengandung senyawa yang disebut theobromine yang menyebabkan otot esophageal sphincter mengendur, yang memungkinkan asam mengalir hingga ke kerongkongan.

9. Soda

Selain membuat perut kembung, soda dan minuman berkarbonasi dapat memicu datangnya asam lambung naik. Bahkan soda yang juga mengandung kafein dapat membuat kondisi asam di lambung semakin memburuk. Nah, itulah sebabnya, soda adalah salah satu hal memang mengganggu untuk asam lambung yang harus dihindari jika Anda tidak ingin mengalami mual, panas di lambung, dan mulas.

10.  Susu Berlemak Tinggi

minum susu

Pada dasarnya, semua makanan yang memiliki kadar lemak tinggi dapat menyebabkan refluk. Baik susu, mentega, ataupun keju memiliki kandungan lemak yang kurang lebih sama tingginya. Jadi, jika Anda penggemar keju dan mentega, namun sakit asam lambung, sebaiknya hindari untuk mengonsumsi kedua jenis makanan tersebut. Agar lebih aman untuk konsumsi produk olahan susu dengan versi yang rendah lemak.

11.  Tomat

makanan asam

Jika lambung Anda sudah terlihat bermasalah, sebaiknya Anda menghindari tomat. Buah ini mengandung sitrat dan asam malat yang dapat meningkatkan asam di lambung anda. Ketika Anda mengonsumsi terlalu banyak tomat, asam tersebut dapat mengalir ke bagian kerongkongan.  Tidak ada alternatif lain, sebab ketika Anda menyajikan tomat dengan cara memanggangnya pun, ini tidak mengurangi dari asam tersebut.

12.  Bawang Bombay

Menurut dari Oklahoma Foundation, orang yang mengidap penyakit GERD dan makan bawang bombay akan mengalami penurunan pH lambung dalam kurung waktu sangat cepat. Semakin rendah pH, asam pun juga akan semakin tinggi. Hal ini juga dapat menyebabkan terjadinya sendawa dan mual.

Ragam Jenis Pengobatan Secara Medis Ataupun Herbal, Tergantung dari Tingkatannya

Kebanyakan penyebab utama dari munculnya asam lambung, ditengarai karena gaya hidup. Perubahan gaya hidup bahkan mengurangi ketegangan dan stres bisa dijadikan acuan untuk menyembuhkan penyakit asam lambung yang sedang terjadi. Berikut ini adalah hal – hal sederhana namun efektif untuk  membantu anda dalam mengatasi kondisi asam lambung .

  • Tidur selama 8 jam sehari di waktu malam.
  • Mengurangi konsumsi makanan yang pedas.
  • Menghentikan atau menghindari minuman beralkohol, juga kebiasaan merokok yang berlebihan.
  • Jenis minuman yang memiliki kandungan kafein, seperti contohnya teh, kopi juga minuman jenis cola yang berkarbonasi.
  • Mengatur pola makan, sebaiknya 3 kali sehari dengan porsi yang cukup dan berimbang serta waktu yang teratur.
  • Menjauhi hal yang menyebabkan stress.

Bila sudah terlanjur terkena, dan memasuki intentsitas yang sangat parah. Biasanya penderita sangat disarankan untuk langsung menemui dokter. Selanjutnya dokter akan memberikan resep obat – obatan yang berfungsi untuk menurunkan dari asam lambung yang tinggi. Berikut ini adalah jenisnya :

1. Antagonis Reseptor H2.

Jenis obat ini diresepkan dengan maksudkan untuk menghambat kerja dari histamin. Histamin ditengarai sebagai satu senyawa yang berada di dalam tubuh yang berfungsi untuk mengeluarkan asam lambung.

2. Obat Penghambat Pompa Proton.

Asam lambung dikenal juga dengan rumusannya HCl, konsentrasi ion (H+) dalam tubuh dalam jumlah yang tinggi berbanding lurus dengan meningkatnya asam lambung yang berada dalam tubuh seseorang. Oleh karenanya dokter akan meresepkan obat dari jenis penghambat pompa proton tubuh dengan maksud tertentu untuk menghambat dari tingginya ion tersebut.

3. Antibiotik

Beberapa penderita dari asam lambung ada yang disebabkan karena terinfeksi bakteri dari jenis helicobacter pylori. Guna untuk mengatasinya dokter akan meresepkan jenis antibiotik yang biasanya berisi kombinasi antara 2 antibiotik.

4. Antasida

Untuk jenis obat – obatan ini adalah jenis yang paling banyak digunakan juga sering dipakai untuk menangani penyakit asam lambung untuk stadium rendah. Bentuknya seperti tablet kunyah yang berfungsi untuk menetralkan dari kadar asam di dalam lambung.

Selain dengan mengandalkan pengobatan medis. Secara turun temurun ada juga pengobatan yang memanfaatkan bahan herbal. Beberapa dipercaya untuk memberikan efek terapeutik yang sangat baik untuk kesembuhan pasien tersebut dan dipercaya sebagai cara mengatasi asam lambung naik. Berikut ini adalah daftar jenis jenis tanaman obat untuk meredakan dari asam lambung tinggi.

5. Buah Pisang

Sudah sejak dari lama, buah pisang raja dapat dipergunakan nenek moyang masyarakat Indonesia sebagai MP ASI (Makanan Pendamping ASI). Teksturnya yang sangat lembut, serta cenderung manis ketika sudah matang menjadikan buah yang satu ini memang sangat nikmat untuk dikonsumsi. Tetapi ternyata dibalik hal tersebut terdapat pula khasiat juga dapat dijadikan cara mengatasi asam lambung kambuh karena mengandung anti luka pada lambung.

Untuk menjadikan buah pisang raja sebagai herbal guna untuk mengobati penyakit ini ada tata caranya. Pertama tama buah pisang dipilih yang sudah tua tetapi cenderung belum terlalu matang. Pisang dipotong secara tipis – tipis seperti dalam pembuatan keripik.

Selanjutnya, jemur dan anginkan hingga menjadi kering. Pisang yang sudah kering lantas diblender sampai menjadi seperti bubuk, dan bisa dikonsumsi dengan mencampurkan 2 sendok bubuk pisang dengan madu yang asli. Waktu yang paling tepat untuk meminumnya adalah pada saat pagi dan malam hari.

6. Kacang Hijau

kacang hijau

Jenis polong – polongan yaitu kacang hijau juga dipercaya bisa jadi alternatif herbal untuk atasi penyakit asam lambung yang sedang kambuh. Selain bisa untuk menebalkan lapisan lambung cara mengolahnya pun terbilang gampang. Cukup buat menjadi bubur kacang hijau sebagaimana biasanya, dengan tempo memasak yang memang tidak terlalu lama. Untuk mendapatkan efek yang maksimal, waktu yang paling pas adalah pagi dan sore hari untuk mengkonsumsinya.

7. Mentimun

Sayuran yang satu ini sangat mudah dijumpai dan bisa dikonsumsi secara langsung. Untuk menjadikannya sebagai obat herbal untuk asam lambung pilih mentimun yang masih segar yang bebas dari bintik kuning apalagi kehitaman. Cukup dengan mengkonsumsi irisan mentimun setebal 1 cm dan dikonsumsi setiap 2 jam sekali, dipercaya kelebihan asam lambung dapat segera teratasi.

Selain itu ada juga cara yang lainnya. Mentimun mentah dikupas dan dibuang bagian dari biji serta kulitnya. Ini bertujuan untuk menjaga kesegaran dan kandung nutrisi dari mentimun tersebut. Selanjutnya bisa dicampurkan dengan bahan herbal lainnya yang juga dipercaya baik dan bisa memberikan efek positif untuk meredakan asam lambung seperti halnya ; yogurt, wortel, mint ataupun bawang putih mentah, setelahnya bisa dikonsumsi langsung.

Beberapa orang mungkin ada yang tidak terlalu suka dengan mentimun. Karena itu mungkin bisa dijadikan mentimun parut untuk dijadikan semacam saus pada salad ataupun roti. cara Ini untuk mencegah keasaman lambung  terus terjadi.

8. Kunyit

cara mengobati asam lambung dengan kunyit

Studi pada tahun 1953 telah menunjukkan bahwa salah satu herbal yakni kunyit juga punya efek yang maksimal untuk mengobati dari pada asam lambung. Cara untuk menyiapkannya juga sangat sederhana, hanya dengan memarut kunyit sebesar ukuran 2 jari tangan yang telah dibersihkan tentunya, selanjutnya kemudian diperas dengan menggunakan kain yang bersih untuk kemudian didiamkan lalu diambil airnya saja. Minum ramuan ini sebanyak 2 kali pada pagi sebelum makan dan malam menjelang tidur dipercaya dapat menyembuhkan asam lambung. cara mengobati asam lambung dengan kunyit memang sudah sangat dipercaya sejak lama ,bahkan sudah pernah di pakai nenek moyang dulu untuk menjadi cara mencegah asam lambung.

9. Buah Melon

Buah melon dengan kadar pH 6,1 juga baik untuk para penderita penyakit asam lambung. Sama halnya dengan buah pisang, ada sebagian kecil penderita penyakit asam lambung yang memang harus menghindari mengonsumsi buah melon ini.

10. Buah Semangka

Dengan kadar air yang sangat banyak yang terdapat didalam buah semangka maka menyebabkan buah ini juga sangat baik bila dikonsumsi untuk menyembuhkan dari penyakit asam lambung. Di samping itu, buah semangka juga sangat mampu membantu terbentuknya amonia di dalam tubuh. Amonia ini akan mampu mempertahankan tingkat keasaman pada dalam lambung.

11. Buah Mangga

buah mangga

Selain terkenal karena memiliki rasanya yang manis, buah mangga juga sangat baik untuk mereka yang menderita karena penyakit asam lambung ini. Buah mangga yang mengandung banyak sekali vitamin dan nutrisi di dalamnya akan mampu menetralkan asam pada lambung. Selain itu, kandungan anti oksidan dan juga anti inflamasi di dalam buah mangga akan mampu menjaga dan melindungi lapisan di dalam perut,mampu menjadi solusi buah penetral asam lambung.

12.  Kelapa

Khususnya pada bagian air kelapa, sangatlah baik untuk diminum dan menjadi obat asam lambung. Selain menyegarkan, air kelapa juga merupakan salah satu alternatif untuk cara menetralkan asam lambung yang bisa kita coba. Elektrolit yang ada pada air kelapa mampu menjaga kadar asam pada lambung agar menjadi tetap stabil dan tidak meningkat.

13.  Buah Apel

Buah lain yang juga bisa menjadi salah satu alternatif untuk menetralkan asam lambung adalah buah apel. Mengkonsumsi buah apel yang mengandung sangat banyak sekali vitamin dan mineral akan mampu mengurangi tingkat keasaman pada lambung anda.

14.   Buah Pepaya

Manfaat-Buah-Pepaya

Salah satu buah yang juga menjadi obat alternatif dari penyakit asam lambung ini adalah buah pepaya. Pada dasarnya buah pepaya ini memang sangat baik bagi sistem pencernaan. Selain itu, di dalam buah pepaya juga terdapat enzim yang dapat meringankan rasa nyeri akibat naik nya asam lambung. Di dalam buah pepaya juga mengandung enzim papain yang juga akan membantu mengatasi masalah bagaimana cara mengatasi asam lambung naik ini.

Cara mengatasi asam lambung saat hamil

Naiknya asam lambung pada saat hamil, tentu membuat Anda merasa tidak nyaman. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena terdapat beberapa cara untuk mengurangi rasa sakit akibat naiknya asam lambung.

1. Mengubah Kebiasaan Makan.

Ini merupakan cara yang memang terbaik untuk dapat mengatasi gangguan asam lambung Anda. Beberapa hal yang perlu Anda ubah terkait dengan kebiasaan dari pola makan Anda adalah:

  • Makanlah makanan dengan porsi yang kecil tetapi sering.
  • Makan dengan perlahan, jangan terburu – buru.
  • Jangan langsung berbaring atau tidur setelah Anda usai makan. Setidaknya Anda harus menunggu 2-3 jam setelah makan, jika Anda ingin berbaring ataupun tidur. Beri waktu pada lambung Anda untuk memproses makanan yang baru saja usai Anda makan. Untuk itu, Anda tidak disarankan untuk makan malam mendekati waktu anda akan tidur.
  • Sebaiknya hindari makan cokelat dan mint karena kedua makanan ini dapat membuat gangguan asam lambung Anda menjadi bertambah buruk. Cokelat dan mint dapat membuat otot – otot pada esofagus (saluran yang menghubungkan kerongkongan dan lambung) berelaksasi, sehingga asam lambung dapat naik ke kerongkongan.
  • Hindari juga makanan makanan pedas, asam, dan kopi. Makanan ini juga dapat membuat gangguan asam lambung menjadi bertambah buruk pada beberapa orang. Jika Anda merasakan ketidaknyamanan setelah mengonsumsi makanan tersebut, sebaiknya berhentilah untuk makan. Anda bisa memilih makanan lainnya yang tidak membuat memperburuk gangguan asam lambung Anda.
  • Hindari minum terlalu banyak selama Anda makan, ini akan membuat lambung Anda menjadi penuh sehingga Anda menjadi tidak nyaman. Minum banyak air selama kehamilan memang disarankan, tetapi pilih waktu yang sangat tepat, jangan selama Anda makan.
  • Cobalah untuk mengunyah permen karet setelah anda makan. Mengunyah permen karet nyatanya dapat membuat produksi air liur menjadi meningkat, sehingga dapat membantu anda dalam cara menetralkan asam lambung yang naik ke kerongkongan.

2. Minum minuman yang memberi kehangatan

Anda mungkin bisa mencoba untuk minum air jahe hangat untuk meringankan gejala naiknya asam lambung. Jahe juga dapat menghilangkan perasaan mual dan muntah yang biasa Anda alami saat mengandung. Atau, mungkin Anda bisa membuat segelas susu yang hangat atau teh chamomile untuk membuat Anda merasa menjadi lebih nyaman.

3.Tidur dengan posisi yang nyaman

Jika Anda sering merasakan gangguan asam lambung saat hamil, sebaiknya tidur dengan posisi bantal yang lebih tinggi dari biasanya. Posisi kepala dan bagian tubuh atas Anda yang lebih tinggi dari posisi lambung akan membantu menjaga asam lambung agar tidak naik ke atas. Hal ini juga dapat membantu kerja sistem pencernaan Anda.

Selain itu, Anda mungkin terasa lebih nyaman untuk tidur dalam posisi menghadap ke kiri. Tidur dengan posisi menghadap ke kanan membuat posisi lambung Anda menjadi lebih tinggi daripada kerongkongan, sehingga Anda dapat merasakan heartburn.

4. Jaga berat badan Anda dalam rentang normal

Saat hamil, Anda perlu untuk meningkatkan berat badan Anda sebagai upaya dalam mendukung kesehatan Anda dan bayi berada didalam kandungan. Namun, terlalu banyak jumlah kenaikan berat badan saat hamil juga mala tidak baik. Berat badan yang terlalu besar pada saat hamil memungkinkan Anda akan mengalami gangguan asam lambung pada saat hamil, karena lambung akan tertekan oleh rahim Anda yang besar. Untuk itu, Anda harus menjaga berat badan Anda agar tetap dalam rentang yang normal saat hamil. Sebaiknya, konsultasikan dengan dokter Anda berapa kenaikan berat badan yang harus Anda capai selama dalam masa kehamilan.

5. Memakai pakaian yang longgar

Saat hamil, pakailah pakaian yang memang longgar dan memberikan kenyamanan saat Anda memakainya. Memakai pakaian yang terlalu ketat (terutama pada bagian di daerah sekitar pinggang dan perut) dapat menempatkan lebih banyak tekanan pada perut Anda, sehingga hal ini dapat memperburuk dari gangguan asam lambung.

6. Gunakan obat antasida

Antasida merupakan obat yang memang sudah biasa digunakan untuk mengobati sakit maag atau naiknya asam lambung. Kandungan magnesium atau kalsium  yang berada dalam antasida mampu meringankan ketidaknyamanan yang sedang Anda rasakan. Namun, sebaiknya berhati – hatilah dalam memilih antasida saat Anda sedang hamil. Karena, antasida yang mengandung natrium bikarbonat yang dapat menyebabkan retensi cairan atau pembengkakan. Juga perhatikan, sebaiknya hindari antasida yang mengandung aluminium karena dapat menyebabkan sembelit dan bisa menyebabkan keracunan pada dosis yang sangat tinggi. Pilih obat antasida yang tidak mengandung cukup tinggi natrium, aluminium, atau aspirin.

7. Jangan merokok

Bahaya-rokok

Jika Anda merokok, sebaiknya berhenti merokok pada saat Anda hamil. Selain karena rokok berdampak buruk bagi kesehatan Anda dan bayi Anda pada saat hamil, merokok juga dapat meningkatkan asam lambung Anda.

Itulah Beberapa Tips mengenai apa penyebab asam lambung naik, hingga jenis jenis pengobatan untuk asam lambung secara medis maupun dengan bahan bahan alami seperti buah buah. Dan cara mengatasi asam lambung yang naik pada saat hamil untuk ibu ibu yang masih bingung bagaimana cara nya agar meredakan asam lambung,perlu diperhatikan cara mengatasi asam lambung naik  untuk ibu hamil tidak boleh sembarangan karena bisa saja nanti akan mengganggu anak yang sedang di kandung. Bagaimana dengan anda apakah cara diatas pernah anda lakukkan untuk meredakan sakit akibat asam lambung yang naik ? Jika cara cara diatas sudah anda lakukkan tapi masih  sakit , segera konsultasikan kepada dokter agar segera teratasi.