Cara Mengatasi Mata Minus Yang Ampuh Tanpa Efek Samping

Minus pada mata memang sangat menggangu bagi semua orang.Penyebab nya pun beragam, mulai dari keturunan, kebiasaan membaca yang salah, jarang beraktifitas di luar ruangan, dan masih banyak penyebab lainya. Banyak orang berlomba lomba mencari cara mengatasi mata minus dengan berbagai macam upaya.

Salah satu cara yang terbukti dapat untuk menyembuhkan mata minus dengan kurun waktu 1 minggu memang belum tentu berhasil.Namun tidak ada salahnya bila cara ini dicoba.

Cara mengurangi minus mata dengan cepat dan alami

cara mengurangi minus mata

Pada zaman yang serba modern ini semua orang pasti menginginkan yang serba cepat, sama halnya dengan pengobatan.Berkat kemajuan teknologi para ilmuwan telah menemukan cara cara untuk mengobati mata minus dengan cepat dan alami diantara lain adalah:

· Minum jus lidah buaya

Minum jus lidah buaya

Jus lidah buaya ini dapat anda konsumsi selama 1 minggu penuh dan telah diyakini dapat mengurangi minus pada mata anda.Hal ini disebabkan oleh kandungan gizi yang dimiliki oleh lidah buaya.Selain itu anda juga bisa menambahkan bahan bahan herbal lain seperti lemon, kenari dan madu.

· Minum jus buah bit

jus buah bit

Buah bit dipercaya dapat membantu menyembuhkan mata minus parah dan tinggi, karena buah bit mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan retina mata.Minumlah secara rutin selama satu minggu.

· Minum jus wortel

jus wortel

Sayuran wortel sendiri memang terkenal akan manfaatnya untuk kesehatan tubuh, tidak hanya itu kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung di dalamnya sangat tinggi, mulai dari kalsium, zat besi, fosfor, magnesium, kalium, sodium, vitamin A,B1,B2,B3,B6,B9 serta C.

. Minum jus tomat

jus tomat untuk kesehatan mata

Minum jus tomat merupakan salah satu  cara mengatasi mata minus yang tergolong sangat mudah. Selain karena buahnya yang mudah didapatkan,cara pengolahanya pun sangat mudah.Selain itu, banyak yang mengkonsumsinya secara langsung. Tomat sangat kaya akan kandungan vitamin A dan vitamin C.Dalam satu buah tomat terkandung 22 kalori dan 5 gram karbohidrat

Salah satu jenis antioksidan alami dalam tomat adalah likopen, sebuah zat yang dapat merubah tomat menjadi berwarna merah.Antioksidan lain yang ada dalam tomat adalah kolin.Kolin berperan untuk pertahanan struktur membran sel, serta mengurangi peradangan kronis dalam tubuh.

Vitamin A dalam buah tomat sangat baik untuk mencegah berbagai gangguan pada mata yang berakibat pada menurunnya tingkat penglihatan seperti mata minus, silinder, katarak, glaukoma dan beberapa penyakit mata lainya. Buah tomat juga dapat mencegah perkembangan penyakit Stargardt. Penyakit Stargardt merupakan penyakit warisan pada mata yang menyebabkan kehilangan kemampuan penglihatan yang parah pada usia yang relatif muda.Minum jus tomat secara rutin merupakan cara menghilangkan minus mata yang paling mudah, karena bahannya yang terjangkau dan pembuatannya yang cukup mudah untuk dilakukan bagi semua orang.

Cara mengobati mata silinder

cara mengobati mata silinder

Silinder adalah kondisi mata yang tidak bundar sempurna.Normalnya, kornea dan lensa mata harus memiliki lengkungan ke segala arah, supaya sinar dan cahaya bisa masuk dengan mudah.

Namun, jika kornea tidak mulus dan tidak merata ke semua sisi, maka mata tak akan bisa menangkap sinar dengan benar.Mata silinder membuat lantai atau dinding jadi terlihat miring yang sebenarnya lurus.Salah satu gejala silinder yaitu penglihatan menjadi kabur dan sering merasakan mata lelah.Bagaimana pun mata silinder masih bisa disembuhkan.Berikut adalah beberapa caranya:

· Gunakan Kacamata dan Lensa Kontak

cara mengetahui mata minus

Berbeda halnya dengan mata minus, pada dasarnya ukuran penderita mata silinder tidak akan bertambah jika anda menggunakan kacamata yang tepat.Namun, bagi anda yang tidak terbiasa menggunakan kacamata, bisa mencoba lensa kontak sebagai alternatifnya.

· Olahraga Mata

Olahraga mata harus minimal dilakukan saat pagi dan malam sebelum tidur.Tujuanya adalah untuk melatih mata agar lentur dan mendapatkan cukup oksigen.Caranya pun cukup mudah, anda hanya perlu menggerakkan mata ke kiri dan kanan lalu pandangan lurus ke depan.Selanjutnya pijat pelipis kanan dan kiri searah jarum jam, lalu pijat perlahan di bagian bawah kepala.

· Kompres dengan air hangat

Meski kacamata masih tetap dibutuhkan, jangan biarkan mata anda jadi ketergantungan.Oleh sebab itu, kompres mata dengan air hangat setiap harinya.Tujuanya untuk membuat otot mata menjadi lentur, rilex dan tidak tegang.

· Stop kebiasaan buruk

Hentikan kebiasaan yang dapat memperburuk kesehatan mata anda.Ini mencakup membaca buku terlalu lama, menonton televisi terlalu dekat atau bermain komputer dengan penerangan yang buruk.Satu hal yang penting, kondisikan mata anda senyaman mungkin ketika melakukan hal hal tersebut.Jangan sampai mata menjadi menjadi terlalu lelah dan tegang.

· Konsumsi suplemen mata

Konsumsi suplemen mata

Kondisi mata silinder dapat juga disebabkan karena kurangnya asupan zat/gizi pada mata.Nah, untuk mengatasinya anda dapat mengonsumsi suplemen mata yang dapat dengan mudah anda temui di apotek.Di sisi lain, anda juga dapat mengonsumsi suplemen alami seperti wortel, ikan salmon, tomat atau blueberry.

Cara mengetahui mata minus

cara menghilangkan minus mata

Normalnya, cahaya dari luar harusnya jatuh tepat di retina agar anda bisa melihat dengan jelas.Namuhn, pada penderita mata minus, cahaya akan jatuh dan berada di depan retina mata sehingga benda posisinya jauh akan terlihat buram atau kabur.

· Ciri-ciri mata minus pada anak

cara cek mata minus

Rabun jauh atau mata minus sering terdeteksi pertama kali waktu masa kanak-kanak dan umumnya didiagnosis antara tahun-tahun awal menjelang masuk sekolah hingga remaja.Ciri- ciri mata minus pada anak diantara lain adalah:

  • Terus menyipitkan mata ketika melihat sesuatu
  • Perlu duduk lebih dekat saat menonton televisi atau bagian depan kelas
  • Mengedipkan mata dengan berlebihan
  • Sering mengucek mata

· Ciri-ciri mata minus pada orang dewasa

Tidak hanya anak-anak, orang dewasa pun dapat terkena rabun jauh atau mata minus.Salah satu ciri-cirinya adalah:

  • Anda perlu menyipitkan mata untuk melihat suatu objek dengan jelas
  • Mata terasa perih dan lelah ketika memandang suatu objek terlalu lama
  • Sakit kepala yang disebabkan oleh mata lelah
  • Sulit melihat saat mengendarai, terutama di malam hari

. Ciri-ciri mata minus yang harus diperiksakan ke dokter

Jika pandangan mata anda menjadi kabur hingga mengganggu aktifitas anda sehari-hari, maka sebaiknya anda segera mengunjungi dokter mata untuk mendapatkan hasil diagnosis yang pasti tentang  penyebab mata anda menjadi kabur.

Cara cek mata minus atau tidak adalah dengan melakukan pemeriksaan mata.Pemeriksaan ini dimulai dari yang paling sederhana, seperti membaca grafik huruf standar yang ada di kartu snellen, hingga tes yang jauh lebih rumit dengan menggunakan mesin canggih dan lensa untuk mengamati struktur internal mata.

Dari pemeriksaan tersebut, dokter dapat menentukan derajat minus rabun jauh anda dan menyarankan anda tentang pilihan pengobatan untuk memperbaiki kondisi mata minus anda.Entah itu pakai resep kacamata atau merusuk LASIK.Segera kunjungi dokter mata jika anda menaglami gejala seperti:

  • Tiba-tiba muncul floaters atau bintik kecil yang tampaknya melayang dalam penglihatan anda
  • Kilatan cahaya di satu atau kedua mata
  • Bayangan seperti tirai di atas bidang penglihatan anda

Operasi LASIK bagi penderita mata minus

biaya operasi mata minus

Operasi LASIK ini merupakan cara mengatasi mata minus yang tergolong modern karena dengan seiringnya perkembangan zaman yang semakin maju, para ilmuwan menemukan cara untuk mengatasi mata minus dengan alat alat canggih dan dengan hasil yang lebih memuaskan.

LASIK sendiri merupakan prosedur bedah rawat jalan yang biasa digunakan untuk mengobati masalah – masalah pada mata seperti rabun dekat, rabun jauh dan astigmatisme.Prosedur LASIK menggunakan sebuah laser yang digunakan untuk membentuk kornea dan untuk memperbaiki cara mata memfokuskan sinar cahaya ke retina di belakang mata.

Dengan LASIK ini, dokter dapat menciptakan flap tipis pada kornea, baik menggunakan pisau ataupun laser.Dokter bedah kemudian melipat kembali flap tersebut, lalu dengan akurat mengangkat sejumlah jaringan kornea yang berada di bawah flap dengan menggunakan laser excimer.

Bagi orang penderita rabun jauh, LASIK digunakan untuk meratakan kornea yang melengkung terlalu tajam.Namun, bagi orang penderita rabun dekat, LASIK digunakan untuk melengkungkan kornea yang terlalu datar.Lasik juga dapat membenahi kornea yang tidak teratur menjadi normal untuk penderita astigmatisme.

Biaya operasi mata minus dengan metode FemtoLASIK ini berkisar Rp.14.000.000 untuk satu mata.Adapun metode FemtoLASIK merupakan operasi mata yang menggunakan laser pada permukaan kornea.Metode FemtoLASIK ini memiliki keunggulan tingkat presisi yang sangat tinggi, efek samping dan resiko untuk terkena peradangan lebih sedikit serta proses penyembuhan yang lebih cepat.

Selain metode FemtoLASIK, ada juga metode yang dalam operasinya tidak memerlukan pembukaan pada kornea dan hanya menggunakan laser saja, metode ini disebut dengan metode Relex smile.Biaya operasi dengan menggunakan metode ini adalah Rp.19.000.000 untuk satu mata.

Seluruh proses nya hanya memakan waktu 10 menit dan proses lasernya hanya berlangsung selama 24 menit per mata karena metode ini memiliki tingkat presisi dan akurasi jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan metode FemtoLASIK.Insisi pada kornea hanya sebesar 2-4 mm saja sehingga struktur kornea tetap stabil dikarenakan struktur kornea bagian atas tidak tersentuh.

· Prosedur operasi LASIK

LASIK dilakukan ketika pasien berbaring di bawah alat bedah yang dinamakan excimer.Tahapan pertama, mata anda nantinya akan diberi beberapa tetes anestesi topikal yang gunanya membuat mata anda mati rasa.Lalu penahan kelopak mata diletakkan diantara kelopak mata yang bertujuan agar mata tetap terbuka dan mencegah pasien untuk berkedip.Sebuah cincin hisap diletakkan pada mata yang terbuka untuk meratakan kornea dan mencegah mata bergerak.Pasien mungkin akan merasakan tekanan dari penahan kelopak mata dan cincin hisap.Hal ini mirip dengan jari yang ditekan keras ke kelopak mata.

Saat cincin hisap dipasang pada mata, maka anda perlahan akan merasakan pandangan yang mulai meredup dan perlahan menjadi gelap.Setelah kornea diratakan, flap yang ada pada jaringan kornea diciptakan dengan menggunakan sebuah perangkat microsurgical yang mirip seperti laser atau pisau bedah.Kemudian flap kornea tersebut akan diangkat dan dilipat kembali.Lalu, excimer laser akan mengukur mata terlebih dahulu sebelum diprogram.

Kemudian dokter akan memeriksa bahwa laser tersebut sudah berada pada posisi yang benar.Setelah laser memotong jaringan kornea, dokter kemudian meletakkan flap kembali dan juga menghaluskan sisi-sisinya.Flap tersebut akan menempel pada jaringan kornea selama 2-5 menit tanpa membutuhkan sebuah jahitan.Lalu setelah operasi selesai, dokter akan memberikan sebuah obat tetes mata dan pelindung mata agar mata terlindung dari gesekan.Pemulihan nya sendiri bisa memakan waktu 3-6 bulan pasca operasi.

· Hal yang perlu disiapkan sebelum operasi LASIK

Untuk menghindari kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak kita inginkan, maka alangkah baiknya anda melakukan hal-hal sebagai berikut:

  • Tidak memakai soft contact lenses selama 2 minggu sebelum evalusi awal.
  • Tidak memakai toric soft contact atau rigid gas permeable (RGP) lenses selama 3 minggu sebelum evaluasi pertama.
  • Tidak memakai hard lenses selama 4 minggu sebelum evaluasi pertama.
  • Tidak menggunakan berbagai krim, lotion, make up dan parfum sehari sebelum operasi berlangsung.

·  Hal yang perlu dilakukan pasca operasi LASIK

Setelah melakukan operasi LASIK, kondisi anda masih belum sepenuhnya pulih.Anda masih membutuhkan waktu 3-6 bulan hingga mata anda dapat melihat dengan baik.Berikut merupakan beberapa hal-hal yang harus dilakukan pasca operasi:

  • Tidak melakukan olahraga apapun selama 3 hari.
  • Tidak menggunakan make up mata apapun selama 3 minggu.
  • Menggunakan pelindung mata di malam hari selama 1 bulan.
  • Tidak melakukan kegiatan atau olahraga yang berat selama 1 bulan.
  • Tidak boleh berenang, berendam maupun mandi air panas selama 2 bulan.

Dan jangan lupa menaati segala peraturan yang telah diberikan oleh dokter agar mata anda dapat pulih sepenuhnya.

Fakta –Fakta mengenai operasi LASIK

operasi LASIK

Banyak mitos yang tersebar seputar operasi LASIK, namun untuk mengetahui bahwa mitos tersebut benar atau salah, maka perhatikan berbagai fakta LASIK berikut ini:

· LASIK tidak menyebabkan kebutaan

Hingga detik ini belum ada kasus kebutaan yang dikarenakan komplikasi operasi LASIK, menurut laporan di Amerika Serikat.Resiko kebutaan dari operasi LASIK adalah sama dengan resiko kebutaan dari pemakaian lensa kontak, yang artinya resiko kebutaan tersebut sangatlah kecil.

· Tidak semua metode LASIK aman digunakan

Setiap prosedur LASIK sama-sama melibatkan pembuatan flap pada permukaan kornea mata anda.Prosedur Intralase merupakan prosedur yang memanfaatkan laser untuk pembuatan flap, sedangkan prosedur LASIK biasa hanya menggunakan pisau untuk membuat flap.Intralase memiliki resiko tersendiri seperti sensifitas terhadap cahaya, meskipun hal itu jarang terjadi.Dokter bedah LASIK anda akan membantu anda untuk menentukan prosedur yang tepat untuk dilakukan.

· Tidak semua orang dapat mengikuti operasi LASIK

Meskipun sudah banyak orang yang telah melakukan operasi LASIK dengan lancar dan tanpa hambatan, namun masih banyak juga orang yang tidak dapat melakukanya.Tercatat sekitar 30% pasien yang dievaluasi oleh dokter mata secara rutin dan ditolak untuk melakukan operasi LASIK dengan berbagai macam alasan, mulai dari usia yang berada dibawah 18 tahun, ibu-ibu yang sedang hamil ataupun sedang menyusui, memiliki penyakit atau kondisi kesehatan tertentu atau kondisi mata yang kurang stabil.Hubungi dokter anda terlebih dahulu untuk melakukan pengecekan apakah anda bisa jadi kandidat untuk operasi LASIK.

· Operasi LASIK bebas dari rasa sakit

LASIK merupakan metode operasi yang paling populer saat ini yang sebagian besar disebabkan oleh kemudahan operasi itu sendiri.Tetes mata digunakan di awal operasi yang berguna untuk membius mata dan menjaga mereka tetap nyaman selama operasi yang hanya memakan waktu 15 menit untuk kedua mata.Anda akan merasakan tekanan sebentar, namun proses laser pada mata bebas dari rasa sakit.Jika anda merasa gugup sebelum operasi dimulai, maka dokter akan memberikan obat penenang berdosis ringan untuk membuat anda rilex.

Jenis zat gizi yang dapat menjaga mata anda

buah untuk kesehatan mata

Mata merupakan salah satu organ tubuh penting yang terkadang terabaikan kesehatanya.Cara menjaga mata bukan hanya terbatas pada menjaga jarak aman saat menonton TV atau membaca buku saja.Namun, asupan yang anda makan juga berpengaruh terhadap kesehatan mata anda.Berikut merupakan makanan yang dapat membantu menjaga indera penglihatan anda:

· Lutein dan Zeaxanthin dalam sayuran hijau

Antioksidan yang terkandung dalam sayuran hijau memberikan sejuta manfaat bagi kesehatan mata anda.Bayam hijau, collard dan selada berdaun gelap merupakan sumber Lutein dan Zeaxanthin yang baik untuk mata.Fungsinya pun tidak lain adalah untuk melindungi mata dari sinar bersinergi tinggi yang dapat membahayakan mata, seperti sinar ultraviolet yang berasal dari sinar matahari.Menurut beberapa penelitian yang pernah diadakan, zat tersebut dapat membantu meningkatkan kualitas penglihatan terutama dalam keadaan minim cahaya.

Tidak hanya itu, jika anda mengkonsumsi makanan yang terkandung zat Lutein dan Zeaxanthin maka anda akan terhindar dari penyakit mata yang disebabkan oleh usia senja.Mereka yang rajin mengkonsumsi sayur-sayuran hijau memiliki kemungkinan 50% lebih rendah untuk mengalami katarak di usia tuanya.

Ketika anda mengkonsumsi sayuran hijau, anda tidak hanya mendapatkan Lutein dan Zeaxanthin saja melainkan juga berbagai jenis vitamin seperti vitamin C dan vitamin E.Para ilmuwan banyak yang menggunakan campuran Lutein,Zeaxanthin,vitamin E dan vitamin C untuk mencegah berbagai penyakit penglihatan.

Untuk menjaga kesehatan mata, menurut The American Optometric Association, dibutuhkan Lutein kira-kira 10 mg per hari, dan 2 mg Zeaxanthin per hari.Pada 1 cup brokoli sudah terdapat 1,6 mg Lutein dan Zeaxanthin.Sementara pada 1 cangkir bayam terkandung 20,4 mg Lutein dan Zeaxanthin.Kadar Lutein dan Zeaxanthin tertinggi terdapat pada kale yaitu 23,8 mg per cup nya.

· Beta Karoten dalam makanan yang berwarna kuning dan orange

buah orange

Anjuran memakan wortel untuk kesehatan mata pasti sudah tidak asing asing di telinga anda.Hal ini dikarenakan kandungan Beta Karoten yang terkandung didalamnya.Namun tidak hanya wortel saja, ubi dan labu kuning juga banyak mengandung Beta Karoten yang bermanfaat bagi kesehatan.

Sebenarnya wortel, labu dan ubi kuning tidak serta merta mengandung vitamin A.Ada dua jenis bahan dasar vitamin A yang terdapat pada makanan, yaitu preformed vitamin A yang dapat kita temukan pada pangan hewani seperti ikan, daging dan susu.Juga prekursor vitamin A yang terdapat pada sayur dan buah dalam bentuk Beta Karoten.Di dalam tubuh, preformed dan prekursor vitamin A ini nantinya akan diubah menjadi vitamin A.

Banyaknya vitamin A yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah 500-600 mcg per hari untuk dosis orang dewasa.Namun anda perlu hati-hati jika yang anda konsumsi adalah vitamin A dalam bentuk preformed.Jika dikonsumsi dalam dosis berlebihan, preformed vitamin A dapat menyebabkan masalah kesehatan yang sangat berbahaya terutama pada ibu hamil.Suplemen vitamin A yang dibuat dari preformed vitamin A biasanya memiliki dosis yang tinggi dan jika anda tidak berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter maka bukan tidak mungkin anda dapat mengalami overdosis vitamin A.Tetapi sebaliknya, mengkonsumsi prekursor vitamin A dalam bentuk Beta Karoten tidak memiliki efek toksik bagi tubuh.

· Asam lemak omega 3 yang terdapat pada ikan dan kacang kacangan

Para ilmuwan baru-baru ini mengungkapkan bahwa asam lemak omega 3 ternyata dapat meningkatkan kesehatan mata.Asam lemak omega 3 yang dikonsumsi oleh ibu selama hamil dapat membantu perkembangan fungsi penglihatan pada janin.Ilmuwan asal Kanada menyatakan bahwa bayi yang ibunya mengkonsumsi suplemen omega 3 ketika hamil ternyata memiliki fungsi penglihatan yang lebih baik jika dibandingkan dengan bayi yang ibunya tidak mengkonsumsi suplemen saat hamil.

Bagi orang dewasa, asam lemak omega 3 berguna untuk melindungi mata dari berbagai penyakit seperti sindrom mata kering dan menurunya fungsi otot mata.Asam lemak lainnya juga berfungsi untuk mengurangi resiko glaukoma dan tekanan tinggi pada bola mata.Seseorang yang setidaknya seminggu sekali mengkonsumsi ikan tinggi omega 3 seperti salmon dan tuna mempunyai resiko 50% lebih rendah untuk terkena neovascular, suatu penyakit pada sel retina yang menyebabkan timbulnya blind spot.

Minyak zaitun, ikan dan kacang-kacangan adalah jenis makanan yang kaya akan asam lemak omega 3.Pilihlah ikan laut seperti ikan salmon dan tuna karena ikan ini kaya akan omega 3.Untuk kacang-kacangan pilihlah kacang yang mengandung asam lemak didalamnya seperti kacang mede dan almond.Tetapi sebenarnya jenis kacang yang paling banyak mengandung omega 3 adalah jenis walnut.Minyak zaitun merupakan salah satu contoh sumber omega 3 yang mudah didapat dan bisa anda gunakan sehari-hari untuk memasak.

Bahan alami yang terkenal ampuh untuk mengatasi mata buram

mengatasi mata buram

Mata buram merupakan salah satu gangguan mata yang muncul dikarenakan masuknya debu kedalam mata, radiasi sinar matahari, terlalu keras mengucek mata, radiasi sinar biru layar smartphone dan lain sebagainya.Penderita mata buram juga dapat terindikasi untuk terserang penyakit katarak dan glaukoma.Namun sekarang, anda tidak perlu khawatir lagi karena mata buram dapat diatasi dengan bahan-bahan alami dan mudah didapatkan.Berikut merupakan cara mengatasi mata buram dengan menggunakan bahan-bahan alami:

· Daun sirih

Daun sirih memiliki kandungan zat antiseptic yang mampu membersihkan mata kita dari kotoran dan mejernihkan pandangan menjadi lebih baik.

Pertama-tama, remas beberapa lembar daun sirih, kemudian ambil airnya.Gunakan air daun sirih tersebut untuk merambang mata.Gunakan hanya pada mata yang mengalami penurunan penglihatan 2 kali sehari secara teratur.

· Daun melati

Daun melati secara klinis memiliki kemampuan khusus dalam meningkatkan kejernihan dan ketajaman mata secara bertahap.Anda bisa mencucinya terlebih dahulu untuk kemudian dihaluskan dan siap dipakai sebagai masker dahi.

. Jus blueberry

Jus blueberry

Blueberry merupakan buah yang mengandung nutrisi yang cukup tinggi termasuk vitamin C, asam folat, kalsium dan seng yang bermanfaat menyembuhkan berbagai macam masalah gangguan pada penglihatan seperti mata buram, mata merah ataupun mata gatal.Minum jus Blueberry secara rutin dapat mengobati mata buram sebelah dan mempertahankan ketajaman mata.

· Jus alpukat

Alpukat terbukti dapat menjaga dan meningkatkan kesehatan jaringan kulit dari dalam karena memiliki kandungan vitamin E dan zat antioksidanya yang cukup tinggi.Didalam alpukat juga terkandung vitamin A, vitamin B1 dan C yang dapat memperbaiki jaringan mata yang rusak. Minum jus alpukat secara rutin merupakan salah satu cara mengatasi mata minus yang tergolong sangat ampuh.

· Jus wortel dan tomat

Anda dapat mencampurkan wortel dan tomat untuk dijadikan jus untuk dikonsumsi satu kali sehari.Kedua bahan tersebut mengadung betakaroten yang cukup tinggi dan juga mengandung vitamin A dan C yang dapat melindungi retina mata dari kumpulan noda putih katarak yang dapat menyebabkan mata buram.

· Air mawar

Air daun mawar dapat dimanfaatkan untuk mengobati mata buram yang paling efektif denga cara merendam kapas yang berbentuk bulat lalu peras namun jangan terlalu kering.Tempelkan kapas tersebut pada kelopak mata yang tertutup.Lakukan hal tersebut sesering mungkin dalam satu hari hingga penglihatan berangsur membaik.

· Lendir lidah buaya

Selain berguna untuk kesehatan kulit, ternyata lendir lidah buaya dapat menyembuhkan luka, iritasi dan peradangan pada jaringan mata yang dapat menjadi penyebab jaringan mengalami degenari makula, dimana kondisi tersebut dapat menyebabkan penglihatan menjadi buram. Lidah buaya kaya akan kandungan karbohidrat, lemak, kalsium, zat besi, fosfor, vitamin A, B1 dan C dan masih banyak lagi.Jadikan lendir lidah buaya sebagai jus harian yang dapat menjaga kesehatan mata anda.

Nah, itulah beberapa penjelasan dari beberapa cara mengatasi mata minus. anda harus mengenali terlebih dahulu penyebab-penyebab nya dan anda juga harus mengetahui cara mencegah yang benar, Kami juga sudah menjelaskan beberapa ciri-ciri mata minus yang dapat anda cegah sejak dini. So,apakah anda salah satu penderita mata minus?.