Cara Menghapus Virus Di Hp Android Dan Cara Mengatasi Datangnya Virus Dengan Ampuh

Sebelum kalian semua mengetahui bagaimana cara menghapus virus di hp kalian, kalian juga harus mengetahui sebab dan akibat dari virus yang ada di smartphone kalian. Sebenarnya banyak banget jenis virus di program aplikasi yang memang sebetulnya dibuat dengan sengaja dengan tujuan menambah kinerja perangkat hardware dan software pada sebuah perangkat baik itu komputer ataupun smartphone android, dan juga tidak semua virus mempunyai tujuan menghapus dan juga menghilangkan sebuah file atau program aplikasi yang ada pada data perangkat. Kita juga harus jeli dan teliti dalam menyikapi hal yang satu ini, karena tidak baik jika terlalu lama dibiarkan apa lagi kalau tidak diatasi dengan benar. Oleh karena itu kalian harus tahu cara menghilangkan virus hp yang kita pakai apakah dapat dioperasikan serta digunakan dengan nyaman serta aman seperti semulanya.

Tips menjaga HP anda agar tidak terkena Virus

cara menghapus virus di hp

Anda mungkin sudah tahu betapa pentingnya menghilangkan virus di hp, tetapi banyak pemilik smartphone tidak menyadari bahwa perangkat mereka juga membutuhkan perlindungan. Ponsel cerdas Anda pada dasarnya adalah komputer berukuran saku yang menyimpan data pribadi Anda, dokumen penting, dan file lainnya. Jika virus menginfeksi ponsel Anda, itu dapat merusak data Anda atau mencuri informasi pribadi, seperti kata sandi dan nomor rekening bank Anda. Dengan mengambil beberapa tindakan pencegahan, Anda akan melindungi ponsel Anda dari virus dan bahaya digital lainnya.

  1. Lindungi ponsel cerdas Anda dengan perangkat lunak anti-virus. aplikasi ponsel Anda yang dapat menawarkan perangkat lunak anti-virus gratis.
  2. Masukkan PIN atau kata sandi pada ponsel cerdas Anda dan biarkan terkunci saat tidak digunakan. Ponsel Anda mungkin juga memiliki fitur pola kunci atau kunci pengenalan wajah.
  3. Jauhi situs web yang mencurigakan saat menjelajahi Internet di ponsel Anda. Virus dapat diinstal pada ponsel Anda melalui situs web berbahaya. Jika Anda menerima email atau pesan teks tak terduga dengan tautan di dalamnya, jangan klik tautannya. Tautan dapat mengarahkan Anda ke situs web yang terinfeksi virus. Ini benar bahkan jika email atau teks itu tampaknya berasal dari teman atau bisnis yang sah, seperti pengecer atau bank.
  4. Unduh aplikasi atau dokumen hanya jika berasal dari sumber tepercaya, seperti toko aplikasi ponsel Anda. Mengunduh aplikasi dari situs web pihak ketiga dapat membahayakan ponsel Anda.
  5. Hindari memodifikasi ponsel Anda dengan cara yang tidak dimaksudkan oleh pabrikan. Modifikasi ini, juga disebut “jailbreaking,” mempermudah virus untuk masuk ke perangkat.
  6. Enkripsikan file dan data yang disimpan di telepon. Beberapa telepon memiliki enkripsi data built-in yang melindungi data Anda dari mata-mata. Enkripsi biasanya melindungi dokumen, kontak, kalender, file media, dan lampiran email. Ini juga berfungsi untuk data yang disimpan di kartu memori ponsel.
  7. Hindari menghubungkan ponsel Anda ke jaringan nirkabel yang tidak aman. Jaringan ini tidak memerlukan kata sandi untuk bergabung, jadi siapa pun dapat terhubung ke perangkat Anda dan menginfeksinya dengan virus tanpa Anda ketahui.
  • Cara Menghapus Virus di Android

pembersih virus hp

Semua virus Android dikirimkan melalui aplikasi yang dipasang di perangkat Anda dan anda sangat diwajibkan mengetahui cara menghapus virus di hp dan penyebab apa saja yang menjadi ponsel anda terkena virus, jadi jika ponsel atau tablet Anda belum memiliki virus, cara terbaik untuk menghindarinya adalah dengan tidak pernah memasang perangkat lunak di luar toko aplikasi Google Play.

Ini juga berlaku untuk virus Gunpoder, yang baru-baru ini menjadi berita utama setelah Palo Alto Networks menemukan itu bisa menyelinap ke telepon Anda melalui emulator Nintendo game yang dipasang di luar Google Play. Untungnya, Gunpoder belum terlihat mempengaruhi pengguna di Inggris, namun masih layak untuk mengambil tindakan untuk melindungi diri Anda dari virus Gunpoder dan virus Android lainnya yang mungkin akan dirilis di masa mendatang.

Untuk memastikan Anda tidak secara tidak sengaja memasang perangkat lunak perusak melalui pemasangan aplikasi di luar Google Play, buka menu Pengaturan Anda, cari opsi Keamanan, kemudian pastikan opsi untuk Sumber Tidak Dikenal dinonaktifkan dengan begitu ponsel anda menghapus virus di hp secara otomatis.

Jika Anda memutuskan untuk memasang aplikasi dari luar Google Play, lakukan penelitian. Periksa izinnya (apakah pemutar video benar-benar perlu melihat kontak Anda?), Lihat online untuk ulasan dan lihat dengan baik di situs pengembang untuk melihat apa lagi yang ditawarkannya. Dalam kasus Gunpoder, berhati-hatilah terhadap aplikasi emulator game Nintendo.

Anda juga dapat memasang aplikasi antivirus, dan banyak aplikasi antivirus Android gratis yang tersedia yang dapat hapus virus di hp anda, misalnya 360 Mobile Security, Avast, dan Lookout. Semua ini termasuk pemindai aplikasi yang akan mencari apa pun yang cerdik, tetapi perhatikan bahwa aplikasi ini juga dapat memicu kesalahan-positif – melaporkan aplikasi yang telah Anda gunakan selama berbulan bulan sebagai malware saat Anda tahu itu baik-baik saja.

BAGAIMANA CARA MENGHAPUS VIRUS DARI ANDROID?

cara membersihkan virus di hp

Nih simak bagaimana cara hapus virus di hp kalian masing masing.

  • Langkah 1

Masukkan ponsel atau tablet Anda ke mode Aman. Ini mencegah aplikasi pihak ketiga yang berjalan, termasuk malware apa pun. Di banyak perangkat Anda dapat menekan tombol daya untuk mengakses opsi mematikan, lalu tekan dan tahan Matikan untuk membuka opsi untuk memulai ulang dalam mode Aman. Jika ini tidak berfungsi untuk perangkat Anda, maka Anda harus Google ‘Cara memasukkan [nama model Anda] ke mode Aman’ dan ikuti petunjuknya. Saat berada dalam mode Aman, Anda akan melihat ‘Mode aman’ di kiri bawah layar.

  • Langkah 2

Buka menu Pengaturan Anda dan pilih Aplikasi, kemudian pastikan Anda melihat tab Diunduh. Jika Anda tidak tahu nama virus yang Anda pikir telah terinfeksi ponsel atau tablet Android Anda, buka daftar dan cari sesuatu yang cerdik atau yang Anda tahu Anda belum memasang atau seharusnya tidak berjalan di perangkat Anda.

  • Langkah 3

Ketuk aplikasi berbahaya (jelas tidak akan disebut ‘virus Dodgy Android’, ini hanya sebuah ilustrasi) untuk membuka halaman Info aplikasi, lalu klik Hapus instalan. Dalam kebanyakan kasus, ini semua yang perlu Anda lakukan untuk menghapus virus, tetapi kadang-kadang Anda mungkin menemukan tombol Uninstall berwarna abu-abu. Ini karena virus telah memberikan dirinya sendiri status administrator perangkat.

  • Langkah 4

Keluar dari menu Aplikasi dan ketuk Pengaturan, Keamanan, Administrator Perangkat. Di sini Anda akan menemukan daftar aplikasi apa pun di ponsel atau tablet Anda dengan status administrator. Cukup batalkan kotak untuk aplikasi yang ingin Anda hapus, lalu ketuk Nonaktifkan di layar berikutnya. Sekarang Anda seharusnya dapat kembali ke menu aplikasi dan menghapus aplikasi itu.

  • Langkah 5
Baca Juga  Tutorial Cara Membersihkan Layar Hp Yang Kotor Dengan Efektif dan Benar

Dengan virus sekarang lepas dari ponsel atau tablet Android Anda, yang Anda perlukan hanyalah memulai ulang perangkat untuk mengeluarkannya dari mode Aman. Sekarang ini berfungsi dengan baik, ini saat yang tepat untuk mencadangkan data penting apa pun yang telah Anda simpan di perangkat, dan memasang aplikasi antivirus Android untuk melindungi Anda dari virus masa depan yang menghampiri Anda.

Menganlisa Virus untuk Menghapus Virus di HP Android

menghapus virus di hp

  1. Virus Android jarang, tetapi mereka ada.

Hampir secara eksklusif diinstal melalui aplikasi cerdik, cara terbaik untuk menghindari virus Android adalah dengan tetap menjaga keamanan di Google Play store. Ketika Google menjadi sadar akan aplikasi cerdik, Google akan menghapusnya secara otomatis dari semua perangkat yang terpengaruh, yang persis terjadi pada Januari 2018 ketika menemukan 60 aplikasi Android. Titik Pemeriksaan ditemukan adalah memaparkan anak-anak pornografi.

  1. Masukkan ke mode Aman

Jika perlu, hapus status administrator aplikasi jahat

  1. Copot pemasangan apl

Jika ini gagal reset pabrik harus menghapus bug sekali dan untuk semua, meskipun Anda akan lebih memilih untuk tidak melakukannya jika Android Anda tidak didukung.

Sebelum memulai, ada baiknya menunjukkan bahwa ponsel atau tablet Android Anda mungkin tidak memiliki virus. Apa yang lebih mungkin Anda lihat adalah iklan yang ingin meyakinkan Anda bahwa perangkat terinfeksi dan Anda perlu mengunduh aplikasi, atau perilaku lamban (dalam hal ini Anda juga harus memeriksa panduan kami tentang cara mempercepat Android ).

Untuk mencegah ancaman lebih lanjut, Anda mungkin juga ingin menginstal aplikasi antivirus untuk ponsel atau tablet Anda. Anda akan menemukan favorit kami di kumpulan antivirus seluler terbaik kami. Pilihan utama kami adalah Bitdefender. Jika Anda yakin bahwa malware itu besar, baca petunjuk untuk menghapusnya dari perangkat Anda.

  • Gejala HP anda yang sudah terkena Virus

penghapus virus hp

Tanda pertama bahwa ponsel Anda memiliki virus adalah penyusutan cepat datanya. Itu karena virus mencoba menjalankan banyak tugas latar belakang dan berkomunikasi dengan internet.

Jika Anda tidak memiliki paket data tanpa batas, hal ini juga dapat menghabiskan biaya uang Anda. Anda mungkin harus membeli data tambahan untuk mengikuti semua proses yang terbuang itu. Pada dasarnya, Anda membayar untuk membiarkan malware merusak perangkat Anda.

Crashing Apps: saat anda memainkan Angry Birds di ponselmu, dan tiba-tiba crash. Hal ini sangat aneh. dan tidak pernah terjadi.  Setelah game crash beberapa kali lagi, Anda mulai curiga. Sebagian besar virus merusak operasi reguler Anda, dan biasanya aplikasi favorit Anda mogok tanpa penjelasan. Pastikan Anda memperbarui semua aplikasi Anda untuk mencegah gangguan virus.

Pop-Up: Banyak situs web memiliki iklan pop-up. Tetapi jika Anda mulai melihat sembulan sepanjang waktu, terutama untuk produk atau layanan yang tampaknya mencurigakan, Anda mungkin ingin memeriksa virus. Apa pun yang Anda lakukan, jangan klik tautannya. Pop-up berbasis virus hampir selalu dirancang untuk membuat perangkat Anda lebih sakit.

Tagihan yang Tidak Dijelaskan: Iklan dan aplikasi mogok menjengkelkan. Penagihan misterius akan membuat anda jengkel. Ini sangat umum di antara pengguna Android yang menemukan tagihan tidak biasa dalam kategori “SMS”. Gadget mereka terinfeksi malware dan mengirim pesan ke nomor premium-rate.

Aplikasi yang Tidak Diinginkan: Sesuai dengan namanya, trojan mengunduh aplikasi yang mungkin terlihat sah. Mereka dirancang dalam gaya yang sama dengan aplikasi nyata untuk menghindari deteksi. Jika Anda melihat aplikasi yang terlihat familier, tetapi Anda tidak ingat pernah mengunduhnya, periksa dan lihat apakah itu asli. Jika terlihat mencurigakan,kalian wajib mengetahui cara menghilangkan virus hp.

Tiriskan Baterai: Semua shenanigans digital ini membutuhkan banyak energi. Tidak hanya telepon Anda menggunakan lebih banyak data, tetapi baterai juga lebih cepat habis. Seperti virus yang sebenarnya, perangkat lunak perusak dapat meninggalkan tubuh perangkat Anda benar-benar habis.

10 Aplikasi Penghapus Virus Android Teratas

hapus virus di hp

Jika ponsel anda sudah lemot, anda harus waspada!! Karna, ponsel anda sudah terkena virus, dan kalian semua wajib tau pembersih virus hp yang cocok untuk aplikasi ponsel anda.

Anda dapat membersihkannya. Di sini kita daftar top 10 Android Virus Remover Apps untuk membantu Anda menghapus virus dari ponsel atau tablet Android Anda.

  1. AVL untuk Android
  2. Avast
  3. Bitdefender Antivirus
  4. McAfee Security & Power Booster
  5. Kaspersky Mobile Antivirus
  6. Norton Security and Antivirus
  7. Trend Micro Mobile Security
  8. Sophos Free Antivirus and Security
  9. Avira Antivirus Security
  10. CM Security Antivirus

Berikut rincian aplikasinya :

  • AVL untuk Android

cara menghilangkan virus hp

AVL antivirus remover app adalah mantan pemenang daftar hari ini. Aplikasi ini dilengkapi dengan kemampuan mendeteksi pemindai bersama dengan perangkat pembuatan file yang dapat dieksekusi. Aplikasi ini dirancang untuk menjadi sumber cahaya ketika Anda berjuang dengan masa pakai baterai.

Fitur :

  • Deteksi Komprehensif
  • Sistem pendukung aktif
  • Deteksi Efisien

Kelebihan :

  1. Aplikasi Ini menyediakan layanan pembaruan secara otomatis
  2. Sumber daya dan penghematan energi
  • Avast

menghilangkan virus di hp

Avast adalah alat anti-virus raksasa yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi yang dilengkapi dengan pemblokir panggilan, firewall, dan tindakan anti-pencurian lainnya. Ini memungkinkan Anda untuk mengunci dan menghapus semua data Anda dari jarak jauh jika Anda kehilangan perangkat.

Fitur :

  • Pengisi Pengisian Daya
  • Pembersih Sampah
  • Firewall
  • Anti pencurian

Kelebihan :

  1. Pindai dan hapus malware secara otomatis
  2. Dapat memberikan wawasan tentang aplikasi yang dipasang
  3. Menambahkan fitur baru di aplikasi yang sudah tersedia di ponsel
  4. Penghapus Virus Android 2 Teratas
  5. Dapatkan di Google Play
  • Bitdefender Antivirus

Jika kita ingin memiliki keamanan dan mengetahui cara menghapus virus di hp, maka Bitdefender adalah aplikasi antivirus terbaik yang datang dengan sangat ringan. Bahkan, itu bahkan tidak berfungsi di latar belakang.

Fitur :

  • Deteksi Tak Tertandingi
  • Performa Ringan-Fitur
  • Operasi Bebas Kerepotan

Kelebihan :

  1. Konfigurasi nol diperlukan
  2. Halaman pemindaian waktu nyata
  3. RAM dan penguat Game perlu diinstal
  • McAfee Security & Power Booster

cara hapus virus di hp

Aplikasi luar biasa McAfee adalah aplikasi perlindungan antivirus yang menghapus virus perangkat Anda. Ini memblokir akses ke situs web jahat dan memindai aplikasi secara terus-menerus untuk memeriksa apakah ada informasi sensitif kebocoran yang ditemukan.

Fitur :

  • Kunci pengaman
  • Anti-Spyware
  • Anti pencurian

Kelebihan :

  1. Hapus data jika Anda kehilangan ponsel Anda
  2. Pemindaian super cepat
  3. Keamanan harus lebih baik
  • Kaspersky Mobile Antivirus

Kaspersky memainkan peran yang sangat penting dalam menghapus virus dan bekerja dengan aplikasi antivirus jahat yang hebat. Ini membantu mencegah aplikasi yang terinfeksi untuk dipasang di perangkat Anda. Ini juga memblokir situs atau tautan jahat sebelum Anda mengekliknya.

Fitur :

  1. Kunci aplikasi
  2. Perlindungan Antivirus
  3. Kontrol status keamanan
  4. Kelebihan
  5. Salah satu aplikasi antivirus paling kuat
  6. Amankan data privasi Anda dengan cepat
  • Norton Security and Antivirus

cara menghapus virus di hp

Norton adalah aplikasi gratis yang memberi Anda 100% jaminan untuk menghapus virus dari perangkat Anda. Pemindai menambahkan ke perangkat Anda yang mendeteksi virus di dalam aplikasi dan file Anda untuk menghapusnya secara otomatis. Bukankah hebat, coba sekarang?

Fitur :

  • Perlindungan Android
  • Pribadi
  • Keamanan Android

Kelebihan :

  1. Mudah digunakan dan dimengerti
  2. Hapus malware dengan menggunakan pembersih sampah
  3. Tidak ada opsi yang tersedia untuk mematikan pemberitahuan
  • Trend Micro Mobile Security
Baca Juga  20 Aplikasi Kamera Fokus Terbaik Andalan Fotografer Dengan Autofocus Terbagus

Tren ini adalah aplikasi Antivirus yang tidak hanya memindai aplikasi baru untuk malware tetapi juga mencegah aplikasi yang baru dipasang. Ada pemindai privasi built-in yang membantu menghapus aplikasi dan file yang terinfeksi. fitur

Fitur :

  • Kunci aplikasi
  • Fitur pemblokir malware
  • Penghemat daya pintar

Kelebihan :

  1. Meningkatkan kinerja perangkat dengan pengelola aplikasi
  2. Temukan ponsel Anda yang hilang
  3. Membutuhkan lebih banyak waktu dalam pengaturan
  • Sophos Free Antivirus and Security

Sophos dilengkapi dengan berbagai utilitas untuk berselancar dengan aman serta panggilan / teks. Ini memainkan peran penting dalam menghapus malware secara otomatis ketika terdeteksi.

Fitur :

  • Perlindungan Perangkat Lunak
  • Perlindungan kehilangan & pencurian
  • Penasihat privasi

Kelebihan :

  1. Pemindaian penuh waktu menyebabkan aplikasi menjadi satu kali peningkatan masa pakai baterai
  2. Pantau kesehatan monitor Anda secara teratur
  3. Tidak ada pemeriksaan real-time yang dapat dilakukan tanpa koneksi internet
  • Avira Antivirus Security

Avira Antivirus app secara otomatis memeriksa penyimpanan eksternal dan internal Anda jika aman atau tidak. Aplikasi diberi nilai untuk membantu Anda memutuskan dengan cepat seberapa dapat dipercaya aplikasi tersebut.

Fitur :

  • Antivirus dan Perlindungan Privasi
  • Anti-Ransomware
  • Alat anti-pencurian & Pemulihan

Kelebihan :

  1. Pastikan lebih banyak perlindungan dalam versi yang lebih baru
  2. Desain paling mudah, berguna dan mengesankan
  3. Fungsi pemblokiran SMS tidak tersedia
  • Keamanan CM Antivirus

Aplikasi keamanan CM adalah aplikasi hebat yang membantu dalam pemindaian dan penghapusan malware secara otomatis. Aplikasi ini dilengkapi dengan kunci aplikasi dan fitur kubah untuk menjaga data pribadi Anda tetap aman. Hal terbaik tentang aplikasi ini adalah aplikasi ini gratis di Google Play Store.

Fitur :

  • VPN SafeConnect
  • Diagnosis Cerdas
  • Keamanan Pesan
  • Kunci aplikasi

Kelebihan :

  1. Junk bersih membantu dalam penyimpanan otomatis
  2. Itu membuat ponsel Anda dioptimalkan sebagai yang baru
  3. Setelah diinstal ulang, data tersembunyi terlihat
Macam macam virus yang ada di HP android anda!

pembersih virus hp

Selain kalian harus mengetahui cara cara menghapus virus di hp anda, anda juga wajib mengetahui virus apa saja yang ada di ponsel anda, yuk simak beberapa virus android yang sudah kami rangkum.

  • Engriks

Apa ponsel android anda sering muncul kata kata ini “Unfortunately Measure/Engriks Has Stopped”, Jika iya, selamat smartphone Android kamu telah terinfeksi virus yang bernama Engriks. Setelah terkena virus ini Android kamu akan terus menampilkan peringatan-peringatan aneh, seperti Monkey Test has stopped, dll. Virus Engriks ini dirancang oleh pembuatnya unuk menginveksi lewat situs porno.

  • Police

Selain Engriks, akhir akhir ini ada ransomware yang bernama Cyber.Police . sebuah virus yang menginfeksi lewat situs porno. Jika android anda sudah terinfeksi oleh ransomware ini, maka kamu tidak akan bisa menggunakan android anda karena terkunci oleh pop up yang terus-terusan muncul di layar smartphone anda.

Bukan hanya mengganggu, pop up itu juga berisi ancaman. Jika tidak membayar atau mentransfer sejumalah uang dalam bentu iTunes gift maka  semua data yang ada di smartphone kamu bisa terancam hilang dan dapat disebarluaskan. Dan sulit bagi kalian mengetahui cara membersihkan virus di hp kalian jika sudah terkena virus ini.

  • Shedun, Shuanet, dan ShiftyBug.

Bisa dikatakan bahwa ketiga jenis malware ini adalah virus paling berbahaya bagi perangkat Android yang kamu miliki dan akan susah mengetahu cara penghapus virus hp anda. Bagaimana tidak, ketiga malware ini saja akan menyebabkan Android kamu tidak bisa digunakan lagi! Jadi, sekalinya terkena virus ini, maka kalian tidak bisa menggunakannya lagi.

Virus Android paling berbahaya ini biasanya ditemukan dari toko aplikasi pihak ketiga (third-party app store). Setelah virus ini sudah terinstal di Android anda, malware ini akan me-root perangkat kalian, menanamkan (embed) yang ada diperangkat diri mereka ke system-level services, dan bisa mengubah bentuk mereka menjadi sah atau melegitimasi diri mereka sendiri didalam aplikasi populer contohnya Facebook, Candy Crush, Twitter, Snapchat, WhatsApp, dan lainnya.

  • Android PowerOffHijack

Apa jadinya jika Android kamu tiba-tiba mati? Mungkin kamu akan berpikir Android kamu kehabisan baterai atau baterainya rusak. Tetapi kalian juga harus berhati hati, karena terdapat virus PowerOffHijack. Virus berbahaya ini  bisa membuat Android kamu tiba-tiba mati meskipun baterai masih penuh. tak hanya itu saja, selagi Android kamu sedang mati, virus Android berbahaya ini akan menggunakan layanan telepon, SMS, sehingga mengakses kamera kamu. Sangat susah untuk mengetahui cara menghapus virus di hp jika sudah terkena virus ini.

  • Stagefright

Virus Android bernama Stagefright sempat menggegerkan pengguna Android beberapa waktu yang lalu. Mengapa tidak, virus berbahaya ini juga bisa berpengaruh besar lebih dari 1 milyar pengguna smartphone Android, terutama smartphone Android LG, Samsung, dan Google Nexus. Bahaya yang bisa ditimbulkan saat pengguna Android telah terinfeksi Stagefright adalah orang yang tidak bertanggung jawab karena telah memanfaatkan data yang tersimpan di Android untuk kepentingannya selain itu Stagefright juga bisa dipakai untuk mengakes seluruh perangkat Android (remote) tanpa diketahui pemiliknya.

Cara penyebaran bug Stagefright ini ialah dengan menyelipkan sebuah malware ke dalam file multimedia contohnya MP3 atau MP4. Disaat pengguna ponsel sudah melihat file itu, Maka  Android akan menampilkan preview dari lagu yang di download tadi. disaat preview terbuka, maka saat itu juga Android akan terinfeksi malware Stagefright.

  • Obad

Virus berbahaya di ponsel pintar anda selanjutnya ini lumayan merepotkan penggunanya, bahkan Kaspersky pun juga sempat dibuat kewalahan oleh virus ini. Meskipun mampu terdeteksi oleh Kaspersky, tetapi virus ini belum mampu diberantas sampai akarnya oleh Kaspersky. Jika smartphone kalian telah terinfeksi oleh virus yang dikenal dengan nama Backdoor.AndroidOS.Obad.a ini, maka kamu akan sering kehilangan pulsa dan juga akan mengalami kejadian hang diponsel anda. Virus Obad menginfeksi dengan cara menyuruh kalian mendownload sebuah aplikasi di halaman web tertentu, setelah menginstalnya maka virus Trojan akan mulai menyerang sistem di smartphone kamu.

  • Hipposms

Jika membicarakan virus mana yang paling bandel dan susah hilang, mungkin virus Hipposms inilah yang cocok mendapatkan gelarnya. bagaimana tidak, virus berbahaya di Android ini akan mengambil alih sistem SMS di smartphone kalian, lalu secara tiba tiba mendaftarkan kalian ke layanan SMS berbayar.

  • BaseBridge

Masih termasuk ke dalam golongan Trojan, virus yang disebut dengan nama lain Andr/BBridge-Aini memakai sistem previlege escalation untuk menginstal aplikasi asing yang sangat berbahaya di perangkat Android kamu. Tidak berhenti sampai di situ saja, virus berbahaya ini juga bisa memindai semua isi pesan kamu.

Virus komputer memang telah menjadi hal yang paling menakutkan di era Internet of Things dijaman ini. Dengan makin banyaknya aspek kehidupan yang berpindah ke metode komputerisasi dan telah terhubung lewat internet, serangan virus tentu menjadi salah satu perhatian khusus yang harus kalian waspadai. Virus pada smartphone juga tidak kalah berbahayanya dengan virus pada komputer kalian. Ada juga virus yang bisa mencuri data-data dan foto kalian, virus yang membuat smartphone kamu terus-terusan merestart, sehingga juga membuat Android kamu tidak bisa digunakan lagi. Untuk mendeteksi apakah ada virus berbahaya android atau tidak di Android kamu, kamu bisa mengetahui cara menghapus virus di hp lewat artikel.