Mengetahui Lebih Dalam Rahasia Facebook Ads

Facebook Ads adalah  layanan pengiklanan  yang ditawarkan oleh sebuah facebook untuk mempromosikan berbagai produk dengan berbagai banyak nya macam target dipasar. Salah satu hal yang dapat bisa kita lakukan di sebuah perusahaan untuk meningkatkan penjualan produk yaitu dengan cara kita melakukan promosi. Dan promosi itu juga akan menjadikan kegiatan wajib yang harus kita lakukan pada setiap perusahaan agar produk yang kita buat,  bisa dikenal oleh masyarakat luas, kegiatan promosi ini juga bisa lebih baik rutin dan diterapkan dalam periode yang tertentu, baik itu pada satu tahun sekali maupun enam bulan sekali yang intinya, kita bisa rutin melakukan dalam waktu yang sudah ditentukan.

Bahkan pengiklan juga bisa dapat mengatur pasar yang dikehendakinya, misalkan jangkauan pada iklan tersebut hanya dapat ditujukkan untuk orang-orang yang berada di suatu wilayah tersebut, umur yang tertentu, berdasarkan hobinya, jenis kelamin maupun lain-lainnya. Tentu dapat mengatur pada jangkauan dipasar tersebut untuk membuat iklan yang lebih tertuju dan bisa sampai kepada pengguna yang diinginkannya. Misalnya saat anda mempromosikan produk yang mengenai baju perempuan, otomatis itu akan mustahil bagi anda yang mempromosikan baju tersebut kepada laki-laki. Maka dari itu tersebut, anda bisa dapat mengatur jangkauan pada pasar yang berdasarkan jenis kelamin dan memilih perempuan  yang dapat melihat iklan itu tersebut.

Adapun iklan yang akan ditayangkan pada menggunakan layanan FB Ads yang hanya akan menampilkan pada Facebook dan Instagram. Meskipun hanya ada dua jejaring saja, tetapi tersebut seperti diketahui pada Facebook sebagai salah satu jejaring social yang terbesar di dunia dan telah memiliki banyak pengguna kurang lebih dari 1 miliar maka tidak salah jika kita mempercayakan FB Ads sebagai layanan periklanan pada produk anda tersebut.

apa itu facebook ads

Facebook Ads adalah  layanan pengiklanan  yang ditawarkan oleh sebuah facebook untuk mempromosikan berbagai produk dengan berbagai banyak macam target dipasar Seperti yang sudah disebut pada yang sebelumnya, bahwa Facebook ads adalah salah satu jejaring sosial yang terbesar di dunia yang memiliki pengguna kurang lebih dari 1 miliar pada tahun 2015. Jumlah tersebut tentu akan terus bertambah dengan seiring berjalannya waktu. Tidak hanya digunakan oleh penduduk di negara-negara tertentu. Pada pasalnya Facebook hampir digunakan di seluruh negara manapun, termasuk Indonesia yang menjadi salah satu negara  berpenduduk aktif yang menggunakan jejaring sosial ini tersebut.

Berdasarkan pada data tersebut, Indonesia sendiri juga memiliki kurang lebih dari 54 juta penduduk yang aktif menggunakan Facebook dari 72,7 juta pengguna internet di tanah air. Hal ini sekaligus dapat membuat Indonesia menjadi negara ke-4 dengan cara pengguna Facebook terbanyak di dunia. Jika dilihat dari sisi bisnis tersebut, tentu data tersebut menjadi pasar yang potensial bagi beberapa perusahaan, sekaligus juga dapat menjadi pilihan yang tepat sebagai media beriklan memasarkan produk atau jasa yang anda miliki tersebut.Facebook Ads adalah bisnis yang berkaitan dengan iklan buatan Facebook yang disajikan kepada seluruh pengguna Facebook yang berdasarkan pada aktivitas pengguna, informasi demografis, informasi penggunaan perangkat, iklan juga informasi yang disediakan oleh mitra pemasarannya, dan aktivitas online pengguna yang lainnya di luar Facebook ads.

Cara Membuat Facebook Ads

Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan saat Anda ingin memasangkan iklan lewat Facebook Ads

Login ke Facebook Ads

Pertama yang perlu anda lakukan login terlebih dahulu ke akun Facebook Anda. Setelah anda berhasil login, Anda bisa mengarah ke menu sebelah kanan yang di atas profile Facebook yang Anda miliki. Kemudian pilih navigasi yang letaknya berada di halaman tersebut pada bagian pojok kanan yang paling atas. Setelah itu coba anda klik kata “Buat Iklan”. Langkah selanjutnya Anda akan langsung menuju ke bagian page Facebook Ads Manager.

Jika Anda sudah masuk ke bagian halaman page yang kami sebutkan pada di atas, Anda nantinya akan ditawarkan oleh Facebook Ads ada beberapa pilihan. Selain itu, Anda bisa mempromosikan alamat URL anda tersebut yang berada pada Facebook yang Anda kelola atau juga yang berada dari luar halaman page Facebook tersebut.

Melakukan Pengaturan Akun Facebook Ads

Untuk bisa melakukan pengaturan akun Facebook Ads, pertama kali yang harus Anda coba masuk dan tinjau ke pengaturan Facebook Ads secara keseluruhan mulai dari atas hingga bawah. Langkah selanjutnya Buatlah nama akun yang Anda inginkan. Kemudian, coba isi formulir data-data yang sudah tersedia secara lengkap.

Mengatur Tagihan Facebook Ads

Setelah Anda peergi dari pengaturan akun Facebook Ads, maka langkah selanjutnya Anda perlu masuk lagi ke menu “Tagihan Facebook Ads”. Anda bisa dapat melakukan metode pembayaran yang sesuai Anda inginkan lewat apa saja yang sudah tersedia, misalnya melalui kartu kredit anda. Kemudian, langkah selanjutnya Anda tinggal mengikuti langkah-langkah tersebut dalam melakukan proses pembayaran.

Melakukan Promosi Facebook Page dengan Facebook Ads

Untuk melakukan promosi, coba anda atur halaman page Facebook Anda yang ingin ditayangkan lewat Facebook Ads. Bagaimana caranya? Caranya ialah dengan klik tombol Halaman pada pengaturan Facebook Ads. Lalu, setelah Anda sudah masuk ke halaman facebook yang Anda kelola, coba klik tombol “Promosikan”. Lalu klik “Promosikan Halaman Anda”. Kemudian, sangatlah mudah sekali, Anda tinggal ikuti langkah selanjutnya yang ingin anda diberikan oleh Facebook Ads.

Di sini Anda juga dapat mengatur banyaknya jumlah biaya yang ingin dikeluarkan bagi kampanye Anda. Setelah Anda atur, barulah klik tombol promosikan yang ada pada sebelah kanan bagian bawah yang berwarna biru.

Fb Ads Manager

Buat dan kelola iklan pada perangkat seluler atau desktop anda.

Pengelola Iklan adalah langkah awal Anda untuk menjalankan iklan di Facebook, Instagram, Messenger, atau Audience Network. Pengelola Iklan adalah alat yang serbaguna untuk membuat iklan, mengelola waktu dan tempat dijalankannya iklan, serta dapat memantau seberapa baik kinerja kampanye Anda. Pengelola Iklan ini bukan hanya merupakan alat pengelolaan iklan yang handal, tetapi juga dirancang sebagai untuk pengiklan dengan berbagai tingkat pengalaman.

cara membuat facebook ads

Buat kampanye iklan baru.

Di Pengelola Iklan tersebut, Anda dapat memilih berbagai parameter kampanye seperti tujuan dan pemirsa Anda. Anda juga dapat bisa mengelola pekerjaan materi iklan: mengupdate materi iklan, menulis teks iklan, dan meninjau tampilan iklan di berbagai perangkat anda.

Tinjau dan sesuaikan kampanye Anda.

Pengelola Iklan ini mempermudah Anda untuk mengedit berbagai anggaran, pemirsa, opsi penempatan, dan materi iklan, yang termasuk pengeditan beberapa iklan sekaligus. Anda selalu dapat bisa menjeda, menyalin, atau meluncurkan kembali kampanye iklan kapan saja dan dimana saja.

Pelajari pelaporan iklan ini secara realtime.

Alat pelaporan Pengelola Iklan ini tentu dapat bisa membantu Anda mengetahui berbagai macam apakah iklan Anda mewujudkan sasaran yang diinginkan. Dengan mengenali trend dari waktu ke waktu, Anda dapat mengenali lingkungan yang akan disesuaikan, seperti foto, anggaran, atau pemirsa Anda, untuk dapat meningkatkan kinerja kampanye Anda.

Belajar Facebook Ads

Cara Buat iklan dengan mudah menggunakan alur kerja terbaik bagi Anda.

Kami telah menawarkan dua metode cara untuk membuat iklan: dengan pembuatan cepat dan pembuatan terpandu. Setelah anda memilih metode pembuatan, langkah selanjutnya Anda akan secara default diarahkan kembali ke pengalaman tersebut setiap kali membuat kampanye, set iklan, atau iklan baru. Anda bisa dapat mengubah preferensi kapan saja.

Pembuatan iklan yang terpandu

Pembuatan iklan yang terpandu ini menggunakan panduan langkah demi langkah untuk menjalani langkah yang akan diambil pengiklan untuk menjatuhkan kampanye umum. Pilih opsi ini jika Anda kurang familier dengan semua komponen kampanye iklan pada Facebook.

cara menggunakan facebook ads

Pembuatan cepat

Dengan pembuatan cepat, Anda bebas untuk menyiapkan kampanye, set iklan, dan elemen iklan ini dalam beragam urutan. Pembuatan cepat merupakan salah satu pilihan yang tepat bagi pengiklan canggih.

cara buat facebook ads

Pengelola Iklan di Facebook

Dengan aplikasi Pengelola Iklan untuk iOS dan Android, Anda bisa terus memantau kampanye kapan pun di mana pun, dan tetap dapat mengakses sebagian besar fungsi Pengelola Iklan masyarakat. Anda tetap dapat membuat dan mengedit sebuah iklan, melacak kinerjanya, dan mengelola anggaran serta jadwal iklan di mana pun Anda berada. Notifikasi otomatis yang mudah dan selalu memberikan informasi terbaru kapan pun di mana pun.

Belajar Facebook Ads

Hal-hal Teknis (Tutorial Menjalankan Facebook Ads)

Nah pada, berikut ini adalah penjelasan yang sangat detail. Saya harap Anda semua tidak mengantuk. Jika perlu, ditulis, disimpan dulu halaman ini sampai waktunya tiba Anda siap mencobanya. Tutorial ini akan terbagi menjadi beberapa bagian:

  • mempersiapankan business manager
  • Mempersiapkan akun iklan anda
  • Mempersiapkan metode pembayaran anda
  • Mempersiapkan page facebook anda
  • Beriklan

Persiapan Business Manager

Dalam memasang iklan tersebut, ada 2 cara yang bisa Anda lakukan:

  • Menggunakan akun personal
  • Menggunakan akun Business Manager

Apa saja yang saya sarankan? Saya tidak akan pernah lagi mengajarkan orang untuk menggunakan akun personal. Kenapa? Karena akhirnya nanti Anda semua akan menjalankan iklan Facebook Ads dari akun business manager! Jadi semacam Anda belajar 2 kali. Selain itu, fitur pada business manager Facebook Ads lebih komplit dan akan bisa membuat iklan Anda jauh lebih mudah

1. Apa itu FB Ads Business Manager?

Business Manager (BM) adalah sebuah portal pengelolaan yang multi akun FB ads yang disediakan di Facebook. Cara membuatnya sangatlah mudah

2. Mengenal ID Business Manager

Setelah Anda membuat akun pada Business Manager, silakan anda login. Lihat URL di browser Anda seperti berikut. Tulis nomor yang muncul setelah business_id=. Apa sesungguhnya Business Manager ID ini? Ibaratkan Anda punya no KTP, maka ini adalah no KTP dari business manager Anda akan terpakai dalam banyak sekali hal pada nantinya.

fb ads manager

3. Mulai pelajari Business Manager

Untuk memulai dengan Business Manager tersebut ini sangat mudah. Pertama, silakan anda lihat screenshot dashboard business manager berikut ini :

Jika Anda kebingungan, silahkan lihat tombol ini adalah tombol Home dari business manager. Jadi, anda harus hafalkan dulu, pahami dulu. Jika kembali ke home adalah solusinya kalau ternyata habis Anda jalan-jalan, terus tersesat.

cara buat facebook ads

4. Hal Pertama Yang Mesti Dimasuki Ketika Membuka BM ialah

Setelah Anda memahami mana jalan pulang, mari kita jalan-jalan. Pada semua peta perjalanan di dalam BM ada di apa yang dinamakan “Business Settings”. Mari kunjungi ini, kalo udah paham, baru langkah  poin berikutnya.

cara facebook ads

5. Membaca Peta

Sekarang ini anda dapat memasuki peta di Business Manager. Ada beberapa hal yang harus Anda ketahui agar Anda bisa cepat paham business manager. Sekedar informasi, untuk mempelajari business manager facebook Ads tanpa panduan, dapat memakan waktu 1 bulan lebih. Tapi dengan panduan ini, mungkin dalam beberapa hari Anda akan cepat dalam belajar.

fb ads adalah

Struktur penting yang dapat Anda perhatikan, yaitu People & Assets. Isinya adalah sebagai berikut :

People. Ini adalah orang-orang yang tergabung dalam business manager Anda. Bisnis Anda, bukan bisnis saya, atau orang lain. Ingat, bisnis Anda. Tentunya di dalam sebuah bisnis tersebut, ada bos dan ada karyawan. Bosnya business manager disebut Admin, dan karyawannya business manager disebut Employee. Anda dapat mengangkat seorang karyawan, atau mungkin sementara anda hanya  sendiri dulu saja yang menjadi Admin.

Pages. Ini adalah aset dalam bisnis Anda dan aset bisnis yang Anda kerjasama di dalamnya. Misalnya, anda mempunyai pages Facebook (dimana nanti akan anda pelajari terlebih dahulu), lalu Anda kerjasamakan dengan orang lain untuk mengelola page tersebut, maka Anda bisa menjadikan business manager mereka sebagai admin. Demikian sebaliknya.

Ad Accounts. Inilah tempat dimana nantinya Anda akan meluncurkan iklan. Anda harus hafalkan dulu aja tempatnya, nanti akan kita bahas di bawah tentang bagaiamana cara mempersiapkan akun iklan tersebut. Ingat: Business Settings > People dan Assets > Ad Accounts.

1. Mempersiapkan ads Acount

Dalam mempersiapkan Ad Account, tersebut  yang harus Anda lakukan yaitu:

2. Masuk ke Business Settings > Accounts > Ad Account

Perhatikan bahwa disana akan terdapat akun Anda yang pribadi. Jika Anda baru membuat BM, maka disana tidak akan terlihat akun apapun. Saya akan memberikan kepada anda screenshot BM saya yang sudah ada akunnya, jadi anda jangan bingung lagi. Simak gambar dibawah ini!

belajar facebook ads

Perhatikan pada box 3  Diatas box 3 ada tombol yang lupa saya kotakin, yang bernama:  Add New Ad Account atau ADD (untuk versi terbaru). Anda tinggal klik, nanti Anda akan melihat kotak seperti ini:

apa itu facebook ads

Pilih Create a New Ad Account. Langkah selanjutnya Anda akan melihat kotak seperti ini tersebut :

cara buat facebook ads

Pada halaman tersebut, isilah dengan data sebagai berikut:

  1. Ad Account name: terserah Anda
  2. Advertising on behalf: pilihlah nama business manager Anda sendiri (default)
  3. Time zone: Indonesia (Jika Anda beriklan di negara Indonesia)
  4. Currency: Isi Rupiah saja, lebih aman (terkait dengan urusan pajak dsb)
  5. Payment method: abaikan dulu sekarang (karena Anda masih belum menambahkan payment method)
  6. Jika selesai semua, klik Create Ad Account. Selanjutnya, jika approved Anda akan melihat kotak-kotak seperti berikut:
    fb ads
  7. Ikut yang sesuai petunjuk pada gambar tersebut.
  8. ubah default role menjadi admin
  9. Centang nama Anda sendiri
  10. Lalu, Klik save changes
  11. Setelah fase ini beres, selesailah sudah Anda membuat ad account facebook. Anda dapat melihat tampilan sebagai berikut :

Perhatikan yang saya tandai berikut :

fb ads adalah

No 1 adalah Ad Account number. Bedakan dengan Business Manager ID. Business Manager adalah wadah yang menaungi banyak Ad Account.

No 2 adalah link anda untuk mengarah ke dashboard ad account Anda.

3 Membuat Pixel

tutorial fb ads

Anda telah berhasil membuat akun Facebook Ads. Ini adalah hal terpenting dalam mempersiapkan iklan Facebook. Sekarang, kita akan membuat pixel. Apa itu pixel? akan saya jelaskan pada artikel lain. Intinya: Anda harus mempersiapkan pixel dari sekarang. Sangatlah mudah.

Kalau Anda baru bikin BM, akan muncul seperti yang ada di screenshot saya diatas. Perhatikan: Business Manager Settings > Data Sources > Pixel. Kosong pixelnya. Maka kita akan membuatnya terlebih dulu.

  1. Klik tombol ADD. Jika sudah, Anda akan melihat popup seperti berikut ini. Klik saja Nextfb ads
  2. Setelah Anda sudah klik next, maka akan muncul lagi keterangan sebagai berikut :fb ads manager
  3. Selanjutnya Klik saja continue. Lalu Anda akan melihat daftar pixel seperti ini :apa itu fb ads

4 Cara Menghubungkan Pixel dengan akun Facebook Ads Anda

Lihat SS terakhir pada diatas, sebelah kanan atas ada tombol yang bertuliskan Assign Ad Accounts. Klik itu sekarang juga. Setelah Anda klik, maka Anda akan melihat tampilan sebagai berikut:

how to make fb ads

Setelah itu, pilihlah akun yang tadi telah Anda buat. Setelah itu, klik Save Changes. Selesai sudah Anda mempersiapkan pixel Facebook tersebut.

3 Mempersiapkan Metode Pembayaran

Sekarang, kita akan mempersiapkan metode pembayaran kepada Facebook tersebut. Yang pada intinya kita membayar Facebook bisa melalui 2 metode yaitu: kartu debit dan kartu kredit. Untuk kartu kredit, hingga seluruh kartu kredit di Indonesia bisa dipakai sebagai metode pembayaran. Tapi, tidak semua kartu debit tersebut bisa Anda gunakan. Yang bisa hanya ada 3 kartu debit sejauh yang saya tahu yaitu :

  • Bank Mandiri (Verfied by Visa)
  • Bank Permata
  • BTPN Jenius

Saran saya, buatlah akun anda di 3 bank tersebut dan mulailah memasang iklan dengan kartu debit bukan kartu kredit. Kenapa? Karena agar budget iklan Anda bisa dialokasikan dengan lebih aman. Misal Anda menaruh uang di kartu debit 1 Membuat payment method terlebih dulu.

Masih ingat dengan dashboard business settings anda? Jika anda lupa, silakan lihat kembali:fb manager

Untuk dapat menambahkan payment method, Anda akan bekerja dengan menu Payments.

Perhatikan pada sebelah kanan gambar tersebut. Lihat ada tombol dengan bertulisan: Add. Anda klik button tersebut.

Setelah Anda sudah klik, akan muncul box seperti berikut:

pembayaran fb ads

ubah dengan komposisi sebagai berikut:

2. Menghubungkan payment method dengan Ad Account

Ada beberapa cara untuk menghubungkan payment method. Yang akan kami jelaskan adalah langkah yang mudah dan terstruktur terlebih dulu.

Yang pertama, Anda harus kembali ke menu business settings > Accounts> Ad Account. Tekan pada garis tiga di header atas, lalu perhatikan gambar tersebut :

fb ads

Setelah Anda sudah memilih business settings, nanti akan muncul halaman utama. Pilih pada bagian Ad Accounts.

Setelah Anda sudah memilih Ad Accounts, lalu pilih akun yang Anda telah buat di sesi pembuatan Ad Account pada diatas. Jika sudah, perhatikan gambar dibawah ini tersebut :

fb manager

Pada gambar tersebut, jika Anda sudah memilih akun, lalu segera klik no 3 yaitu View Payment Method. Setelah itu akan muncul petunjuk pada gambar tersebut:

manager fb

segera anda klik Add Payment Method. Nanti akan muncul seperti ini :

manager fb

Secara default, akan terpilih pada credit or debit card. Maka Anda tinggal pilih saja Payment Method from Business Manager.  pada continue. Setelah Anda sudah klik continue, maka akan muncul halaman seperti berikut :

fb fb

4 Mempersiapkan Page

Kami harap, dengan Anda sudah sampai pada gambar 4 ini, Anda sudah mulai memahami struktur business manager. Jadi, sekarang kita akan mempersiapkan page. Apa itu page? Page adalah halaman yang akan dikunjungi oleh audience iklan Anda pada nantinya. Kemungkinan page itu “websitenya user” lah. Iklan kita nantinya akan dibuat pada page, dan page tersebut yang diiklankan.

1 Membuat Page

Sekarang kita akan masuk pada : business settings > Accounts > Pages. Klik pada gambar di bawah ini

fbfb

Klik tombol yang berwarna biru: ADD. Nanti akan muncul seperti berikut :

manager

Selanjutnya pilih Create New Page. Setelah itu, akan muncul lah halaman seperti berikut ini :

fb manager

Jika sudah selesai memilih, maka Anda akan mengisi form lagi seperti berikut :

fb manager

Jika anda sudah, klik Create Page. Misalkan disini saya akan membuat page dengan nama Belajar Bisnis Online. Maka pada bagian tersebut akan terlihat seperti ini jika sudah di create:

fb manager

Silakan link tersebut anda klik. Maka Anda akan sampai di halaman inti page seperti berikut :

fb ads

2 Membuat Post

Cara membuat post pada page sangat sederhana, mirip seperti Anda memuat postingan pada Facebook.

manager

5 Memasang Iklan

1 Memilih objective

Masuklah pada bagian business settings > Accounts > ad account. Setelah Anda memilih ad account, silahkan anda masuk ke halaman Ads Manager dengan memilih link view ad account in ads manager seperti pada gambar tersebut:

tutor fb ads

Setelah Anda sudah pilih link tersebut, Anda akan masuk pada dashboard Ads Manager seperti ini:

fb ads

Perhatikan pada urutan di samping kiri:

Pada bagian Ad Account: create new, itu akan hanya muncul jika Anda baru pertama kali mengakses akun iklan Anda untuk memasang iklan tersebut.

fb ads manager

2 Mengatur Ad Account

Setelah anda klik Set Up Ad Account, akan muncul sebagai berikut. Pilih saja Indonesia semuanya, karena akan jualan/mendapatkan traffic di Indonesia lagi.

fb fbfb

3 Membuat Ad Set

Ad set yang berisi mengenai audience Anda, placement dimana iklan diletakkan, dan budget & schedule. Lihat SS berikut:

fb 1

Berikut ini ialah pengaturan Audience.

fb 2

Sampai disini, Anda juga bisa meletakkan iklan Anda pada placement tertentu yang telah Anda anggap menguntungkan.

fb 1

Terakhir, di level adset Anda dapat mengatur budget & schedule. Perhatikan disini ada beberapa hal yang cukup penting yaitu, terutama mengenai pada budget dan bidding. Anda bisa mengatur budget Anda harian, atau lifetime. Budget terendah beriklan yang terdapat pada Facebook Ads bervariasi untuk setiap objective.

4 Membuat Ad

Karena tadi kita sudah pernah membuat post di page “belajar bisnis online”, maka kita bisa gunakan post tersebut sebagai materi iklan. Simak berikut ini:

fb 2

Anda lihat pada tab diatas, terdapat pilihan create new ad atau use existing post. Pilih saja yang kedua jika Anda memang telah punya post yang ingin diiklankan. Anda bisa buat saja dulu di page, postingan yang ingin Anda iklankan nantinya.

jika sudah siap semua, Anda bisa klik pada tombol Place Order untuk melanjutkan.

fb 5

Setelah ampai disini, proses iklan anda telah selesai. Iklan Anda telah disubmit ke Facebook untuk di review, apakah Ada yang salah dalam materi dan kontennya. Jika anda lolos, maka selamat, iklan Anda sudah aktif!

FB Ads adalah sebuah advertising platform yang dimiliki oleh setiap Facebook. Tugas Facebook Ads adalah menyebarkan berbagai konten iklan kita pada timeline para user Facebook tersebut.

Apa Itu Facebook Ads  iklan yang ditempatkan dan yang selalu muncul pada Facebook baik melalui aplikasinya atau melalui PC.

Cara Menggunakan Facebook Ads

  • Penargetan yang sangat Efektif

Facebook yang menawarkan beberapa jumlah yang besar opsi penargetan dan penargetan ulang agar Anda dapat menayangkan iklan kepada target audience yang telah didefinisikan secara mendetail.

Facebook ini dapat bisa memudahkan Anda dalam menangani kampanye iklan di berbagai media sosial, dengan fitur yang sangat mudah untuk digunakan. pada layar ponsel anda maupun desktop. Anda tinggal megatur preferensi Anda sendiri yang sesuai dengan kepentingan bisnis Anda.

  • Jangkauan Target yang sangat Luas

Traffic seluler saat ini menjadi sangat penting karena penetrasi smartphone tersebut terus meningkat dan jaringan data 4G semakin berkembang pesat. Banyak orang melirik smartphone dan mengakses media sosial bahkan di tengah-tengah pekerjaan penting bagi mereka. Dengan hadirnya Facebook Ads ini, Anda dapat  akses ke audience seluler Anda dan pesan iklan yang Anda pasang pasti sampai pada layar mereka.

  • Analisa Lanjutan untuk Penargetan Pada Berikutnya

Facebook tersebut tidak berfokus hanya pada analitik dan pelaporan untuk iklan yang dikerjakannya. Daripada berjuang untuk dapat melihat seberapa tinggi tingkat konversi Anda dan bagaimana metrik sosial yang lainnya, dengan Facebook Ads Anda dapat mengatur perencanaan iklan Anda dengan jelas di depan Anda dengan langkah yang lebih mudah dimengerti atau difahami.

  • Meningkatkan Brand Awareness

Pengguna Facebook tersebut memeriksa news feed mereka sejumlah beberapa kali per hari. Inilah yang memberi kesempatan agar target pasar Anda bisa berulang kali dan menerima paparan atau exposure akan iklan yang sudah Anda pasang.

  • Meningkatkan CTR (Click Through Rate)

Kualitas dan keakuratan hasil pada iklan Facebook juga terus meningkat. Mengapa? Karena Facebook tersebut meningkatkan tool periklanan dan bisnisnya yang secara terus-menerus sehingga Facebook tersebut dapat dikatakan konsisten mempelajari berbagai hal terkait penggunaan Facebook Ads ini dengan tepat.

Tutorial Facebook Ads

1.Pertama anda masuk pada pengaturan akun,

  1. Selanjutnya isi pada form mulai dari atas hingga bawah
  2. Setelah anda beranjak dari pengaturan akun, maka selanjutnya masuk pada menu ‘Tagihan’.
  3. Pada Digita lMarketer.id akan memberi contoh dengan mengeklik untuk pilihan kartu kredit, dan pada selanjutnya pilih dengan klik ‘lanjutkan’.
  4. Jika Anda sudah memutuskan untuk memilih kartu kredit untuk metode pembayaran, maka Anda wajib untuk memasukan nomor kartu kredit, jenis kartu, dan informasi-informasi lainyang terkait dengan hal tersebut.
  5. Selanjutnya, jika Anda telah menginginkan untuk mengubah metode pembayaran, maka Anda dapat mengeditnya tersebut.

Cara Buat Facebook Ads

Cari Tahu Siapa Audiens Anda Secara Spesifik

Pusat aktivitas Anda sekarang memang pada facebook, namun itu bukan berarti Anda hanya perlu menggunakan facebook semata untuk mengoptimalkan iklan pada facebook Anda. Diluar facebook banyak sekali alat bantu yang dapat membantu kegiatan digital marketing Anda. Yaitu Google Analytics salah satunya.

Penggunakan Berbagai Macam Pendekatan Saat Hendak Memposting Iklan

Facebook saat ini memang secara terang-terangan menyarankan agar Anda memilih satu faktor pendekatan saja saat hendak memposting suatu iklan. Nyatanya penggunaan lebih dari satu faktor pendekatan juga tidak dilarang dan beberapa oleh ahli digital marketing sepakat kalau cara ini bisa memberikan hasil yang lebih mengoptimalkan.

Batasi Jangkauan Target Iklan Anda

Jika followers Anda belum begitu banyak, mungkin hal ini tidak terlihat dan berpengaruh. Tetapi ketika followers Anda telah mencapai angka 5-digit keatas (puluh ribuan), hal ini tentu akan dapat memberikan pengaruh yang signifikan. Jadi anda tidak perlu menghabiskan uang dengan memasang iklan bagi sekian puluh ribu user yang jelas-jelas sudah menjadi followers laman facebook di perusahaan Anda.

Gunakan Facebook Pixel

merupakan suatu layanan dari facebook yang mungkin Anda untuk melihat rekam jejak para pengunjung website Anda tersebut. Layanan ini juga dimiliki oleh besar mesin pencari dunia, Google. Cara kerjanya yaitu dengan menempatkan ‘iklan’ pada website Anda apabila di-klik akan memunculkan salah satu artikel dari laman facebook perusahaan Anda tersebut.

Fokus Pada Latar Belakang Audiens

Disinilah pentingnya Anda hadir untuk memenuhi kebutuhan mereka dengan secara tepat. Segera anda masuk ke bagian “Job Title” pada laman dashboard ini iklan facebook perusahaan Anda. Disana Anda bisa melihat secara lebih detail seperti apa komposisi para followers Anda pada hari ini.

Semakin Spesifik sama dengan Semakin Produktif

Misal bisnis Anda bergerak dalam bidang pembuatan aplikasi Android tersebut. Tentunya pada iklan Anda tidak akan berdampak apa-apa bagi pengguna iPhone bukan? Maka selagi facebook tersebut memberikan keluasan bagi Anda untuk membatasi jangkauan audiens Anda berdasarkan pada jenis perangkat yang digunakan mengapa Anda tidak mencoba.

Cara Facebook Ads

  • Buka bagian Facebook Pages
  • Pilih pada Kategori
  • Lengkapi Informasi tersebut
  • Unggah Foto Profil anda
  • Unggah Foto Sampul anda
  • Selesai sudah

Facebook Ads adalah sebuah bisnis iklan buatan Facebook yang telah disajikan oleh pengguna Facebook berdasarkan aktivitas pengguna, informasi demografis, informasi penggunaan perangkat, iklan dan informasi yang disediakan oleh mitra pemasarannya, dan aktivitas online pengguna yang lainnya di luar Facebook.