Lengkap! Harga Honda Brio Beserta Spesifikasinya

Hai sobat! Pasti kalian sudah tidak asing dengan mobil honda brio. Honda brio merupakan mobil city car yang cocok digunakan untuk lalu lintas di perkotaan yang sering kali macet. Harga honda brio ini pun bervariasi. Honda brio hadir dengan desain yang tak mengikuti pasar LCGC (Low Cost Green Car). Honda brio ini hadir dengan desain yang lebih fresh dan lebih sporty tentunya tak kalah dengan mobil-mobil pesaingnya.

Honda brio ini sangat populer dikalangan anak muda dan paling digemari oleh para konsumen. Honda brio memiliki mesin yang tangguh dan interior yang memberikan kenyamanan saat sedang berkendara.

Selain itu salah satu hal yang membuat honda brio ini populer adalah kualitas performanya yang mumpuni dan desain body yang fresh. Meskipun honda brio ini masuk dalam kategori mobil low cost honda brio ini tetap di bekali dengan spesifikasi dan fitur-fitur yang mumpuni seperti layaknya mobil honda terbaru lainnya.

Meskipun honda brio ini memiliki body yang kecil tetapi interior honda brio ini mampu memberikan kenyamanan saat berkendara pada waktu lalu lintas sedang macet. Selain itu honda brio ini juga memiliki beberapa keunggulan lainnya.

Berikut spesifikasi honda brio Indonesia dan review harga honda brio.

Review Honda Brio satyabrio satya

Honda brio satya ini memiliki ukuran yang mungil dibandingkan dengan mobil besutan honda yang lainnya. Akan tetapi fitur yang yang ditawarkan honda pun juga tidak main-main, honda menawarkan fitur dan desain yang berkelas pada honda brio ini.

Desain honda brio ini memang minimalis tetapi fungsional. Body pada bagian samping di desain minimalis dan body pada belakang mobil ini di desain dengan sangat dinamis dan sporty.

Desain sporty dan karakter body

desain body brio satya

Brio satya ini memiliki tiga tipe yaitu Brio satya E, Brio satya A, dan Brio satya S. Ke 3 tipe honda brio ini sama-sama menggunakan platform dan berbasis model yang sama dengan honda brio yang terlebih dahulu dipasarkan di Indonesia dan sudah teruji ketangguhan dan kepopularitasannya.

Desain dari honda brio ini sendiri memiliki desain body yang minimalis namun tetap memiliki aura yang mempesona lewat desain headlight multireflektor tiga dimensi yang lumayan lebar sehingga bisa memancarkan cahaya yang maksimal pada saat berkendara di malam hari.

Interior yang minimalis

interior brio satya

Honda brio interior ini di desain dengan minimalis sebab itu tidak banyak fitur-fitur yang tersedia di dalam dashboard ataupun kabinnya. Meskipun begitu interior honda brio ini tidak mengecewakan. Secara konsep, honda brio ini memiliki desain kabin yang cukup luas. Di bagian dashboardnya, panel instrumen yang terpasang memang masih standart namun tetap fungsional.

Selain itu ada beberapa panel yang tersedia pada kabinnya seperti panel Audio system, AC, USB port, dan lain-lain. Kabin kemudi pada honda brio ini memiliki desain yang minimalis dan tidak ada instrumen-instrumen yang memenuhi di dasboard kemudi.

Di kabin penumpang honda juga menempatkan bangku penumpang yang sudah dilengkapi sabuk keselamatan atau sabuk pengaman. Bahan yang digunakan untuk bangku penumpang pun di pilih dari bahan yang cukup baik. Untuk kabin bagasi honda  brio ini tidak lah luas. Apalagi honda brio ini kita tidak bisa melipat bangku penumpang untuk tambahan bagasi.

Dimensi body yang di dukung suspensi berkualitas

Dimensi mobil besutan dari honda ini memang tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan mobil besutan honda yang lainnya. Ukuran brio yang tidak terlalu besar ini mampu menampung atau mengangkut maksimal lima orang di dalam kabinnya.

Honda brio ini didukung suspensi yang berjenis MacPherson Strut pada bagian depan dan H-Shape Torsion Beam pada bagian belakang. Penggunaan suspensi yang berkualitas akan memberikan kenyamanan bagi pengemudi dan penumpangnya.

Dan honda brio ini juga dibekali dengan sistem pengereman ABS dan EBD ( pengereman ini khusus pada tipe E dan S) yang mampu melakukan pengereman secara efektif dan mampu menjaga kestabilan mobil pada saat pengereman mendadak. Untuk mendukung semua spesifikasi itu, velg baja yang berdiameter 14 inci yang terbalut dengan ban yang berukuran 175 / 65.

Mesin untuk performa yang bertenaga serta irit bahan bakar

mesin brio satya

Mesin yang digunakan pada honda brio mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga mencapai 88 ps pada putaran 6.000 rpm dengan torsi maksimum sebesar 109 Nm dengan putaran 4.500 rpm. Mesin yang digunakan pada honda brio ini di klaim lebih tangguh dan memiliki konsumsi yang lebih irit pada bahan bakar.

Mesin juga sudah lolos uji emisi standart EURO 4 dan menjadikan brio sebagai kendaraan yang ramah lingkungan. Selain itu juga dibagian mesin honda brio terdapat patterned skirt coating yakni inovasi desain untuk meminimalisir gesekan dan meredam kebisingan untuk memaksimalkan performa mobil..

Fitur-fitur keselamatan, keamanan dan kenyamanan

Mobil brio ini juga di lengkapi dengan fitur keselamatan dan kenyamanan. Honda brio ini dibuat dengan mengusung teknologi rangka body G-CON + ACE. Dengan struktur rangka body ini akan memberi perlindungan yang maksimal pada saat terjadi benturan atau tabrakan.

Selain itu honda brio juga dibekali dengan fitur keamanan yang sudah sering digunakan pada varian mobil contohnya seperti Side Impact Beam, Pedestrian Protection, dan Dual Front SRS Airbags.

Semua fitur-fitur keamanan itu ada pada semua tipe honda brio. Honda brio ini selain dibekali dengan fitur keselamatan honda brio ini juda dibekali dengan fitur keamanan dan kenyamanan. Untuk fitur keamanan honda brio ini sudah dibekali dengan fitur wave key untuk semua tipe, dan keyless entry, immobilizer, serta alarm system pada tipe S dan E.

Selain itu honda brio juga sudah dibekali dengan fitur multimedia seperti ingle disc, MP3 atau WMA, audio system, aux input, made for ipod (untuk tipe E), USB port, rear + front speaker ( untuk tipe E dan S) yang bisa digunakan oleh pengendara untuk hiburan pada saat berkendara.

Spesifikasi honda brio

Berikut ini spesifikasi dari honda brio:

Mesin

  • Tipe mesin : 1.2 L SOHC silinder segaris, dan 16 katup i-VTEC+DBW
  • Kapasitas isi silinder : 1198 CC
  • Sistem pada bahan bakar : Full injection
  • Bahan bakar yang digunakan : Bensin
  • Transmisi : Manual atau automatic 5-speed
  • Torsi maksimal : 109 Nm/4.500 rpm
  • Standart emisi : EURO 4

Dimensi

  • P × L × T : 3.610 × 1.680 × 1.485 mm
  • Jarak poros roda : 2.345 mm
  • Jarak terendah : 165 mm
  • Berat kosong : 930 kg
  • Kapasitas tangki bahan bakar : 35 L
  • Kapasitas penumpang (maximal) : 5 orang

Sistem kemudi

  • Sistem kemudi : Rack dan pinion electric power streering (EPS)

Suspensi

  • Suspensi depan : Macpherson strut
  • Suspensi belakang : H-shape torsion beam

Pengereman

  • Sistem pengereman : ABS + EBD (hanya tipe E dan S)
  • Rem depan : Disc
  • Rem belakang : Drum

Kaki-kaki

  • Velg : Steel wheel 14”
  • Ban : 175 / 65 R14

Sebagai kendaraan LCGC, ternyata honda brio ini menempati level teratas dari berbagai varian mobil LCGC yang ada di Indonesia. Hal ini dikarenakan honda memang sukses menciptakan brio sebagai kendaraan low cost dengan desain serta performa yang terbaik.

Nah beberapa kelebihan ini lah yang membuat harga honda brio ini menjadi yang paling mahal dibandingkan dengan mobil LCGC yang lainnya. Untuk mobil brio yang dibanderol dengan harga termurah ditempati oleh honda brio satya A manual. Untuk mobil brio yang paling mahal di tempati oleh brio sport yang memiliki dua varian yaitu transmisi manual dan transmisi otomatis.

Brio sport memang populer di kalangan masyarakat karena warnanya yang berkarakter di tambah aksen di tengah-tengah body menjadi daya tarik bagi masyarakat.

Harga Honda Brio Satya

  • Honda brio satya E A/T : Rp 157.600.000.00,-
  • Honda brio satya S A/T : Rp 149.600.000.00,-
  • Honda brio satya E M/T : Rp 125.900.000.00,-
  • Honda brio satya S M/T : Rp 119.900.000.00,-
  • Honda brio satya A M/T : Rp 114.900.000.00,-

Harga bekas honda brio satya

brio satya bekas

  • Honda brio satya tipe S M / T : Rp. 100.000.000,-
  • Honda brio satya tipe E CVT (Matcic) : RP. 100.000.00,-
  • Honda brio satya tipe E M / T : Rp. 104.000.000.00,-

Perbedaan harga brio satya yang ditawarkan oleh honda brio 2018 memang cukup signifikan jika dibandingkan dengan kendaraan LCGC besutan dari pabrik lain. Dengan fitur-fitur yang dimiliki honda brio ini tak heran jika harganya cukup mahal dibandingkan dengan mobil LCGC lainnya. Sejak pertama kali dirilis pada tahun 2013 honda brio ini menjadi salah mobil LCGC yang di minati dan di gemari oleh para konsumen.

Review Honda Brio RS

brio rs

Baru-baru ini honda meluncurkan produk terbarunya yang diberi nama honda brio rs. Brio rs ini memiliki fitur-fitur yang lebih lengkap ketimbang mobil brio besutan honda lainnya. New honda brio ini sangat cocok pada lalu lintas perkotaan yang macet. Honda ini menyediakan dua varian transmisi yaitu manual dan matic. Varian ini bisa dipilih sesuai dengan kenyamanan para penggunanya. Bentuk mungil honda brio rs ini nyaman sekali meskipun dipakai termanuver.

Selain itu juga brio ini mampu menghasilkan kecepatan maksimal yang mencapai 90 Ps dan memiliki torsi maksimal yang mencapai 110 Nm. Sehingga mobil ini memberi kenikmatan pada saat berkendara yang optimal dan yang mampu melaju kencang melewati kondisi lalu lintas perkotaan yang macet.

Mobil honda brio ini juga memiliki suspensi yang sudah di sempurnakan. Yang membuat brio ini semakin nyaman untuk dikendarai dan tetap stabil meski melewati jalan yang penuh dengan lubang. Teknologi system Drive  By Wire juga akan mengoptimalkan efisiensi dari bahan bakar. Teknologi ini dapat mengontrol buka dan tutup Throttle Valve. Dan ada juga sistem pembakaran injeksi yang berteknologi PGM-FI dan membuat mobil ini lulus standart emisi euro-2 dan lulus emisi euro-4.

Dan mobil terbukti memiliki emisi gas pembuangan lebih bersih dan membuatnya menjadi lebih ramah lingkungan. Hal yang membedakan honda brio rs dengan brio satya adalah fitur yang digunakan dan interiornya. Dan wajar saja harga brio rs ini akan di banderol lebih mahal karena fitur-fiturnya yang lebih lengkap jika dibandingkan dengan brio satya. Selain itu juga honda brio rs ini memiliki fitur keselamatan dan keamanan yang lebih lengkap.

Desain dimensi eksterior dan interior

inetrior brio rs

Brio rs ini menawarkan desain dimensi yang lebih sporty dibandingkan dengan honda brio satya. Honda brio rs ini memang di banderol lebih mahal daripada honda brio satya karena honda brio rs tidak termasuk dalam mobil LCGC (Low Cost Green Car) sperti layaknya mobil brio satya. Meskipun harga yang di banderol untuk mobil ini lebih mahal itu sepadan dengan fitur-fitur yang ditawarkan oleh honda. Karena pada brio rs ini honda menawarkan fitur-fitur yang lebih lengkap dan desain yang lebih sporty. Ukuran dimensi dan bobot brio rs ini sama seperti dengan brio satya.

Namun brio rs ini memiliki perbedaan pada bagian eksteriornya, pada desain eksterior brio rs ini akan dijumpai headlamp yang berteknologi projector dengan LED Light Guide yang tidak ada pada eksterior honda brio satya.

Selain headlamp juga tersedia foglamp yang berpadu dengan headlamp yang berukuran besar. Tampilan dibagian depan brio rs ini hampir mirip dengan honda mobilio. Tetapi di dalam mobil ini sudah ada layar sentuh yang berukuran 6.2 inci yang sudah terhubung pada sistem audio dan video. Pada desain interior mobil brio rs ini pun terlihat elegant di dalam kabinnya yang luas dan dibalut dengan warna ivory yang terlihat lebih berkesan dan mewah.

Dapur Pacu Brio RS

mesin brio rs

Pada semua tipe honda brio menggunakan jenis mesin  yang sama yaitu mesin 1.2 L SOHC silinder segaris, dengan 16 katup yang berteknologi i-VTEC + DBW. Cara kerja pada mesin tersebut akan disempurnakan oleh sistem pembakaran PGM-FI, sehingga dapat mengirit bahan bakar yang digunakan jika dibandingkan dengan mobil lainnya sekelasnya. Teknologi injeksi yang dipakai juga dapat mengoptimalkan cara kerja mesin ini.

Honda juga menawarkan dua varian transmisi yaitu varian transmisi manual dan transmisi CVT (matic). Akan tetapi untuk varian transmisi CVT atau matic ini akan dibanderol dengan harga yang lebih mahal, karena pada varian transmisi ini disediakan dengan fitur yang lebih nyaman pada saat dikendarai.

Fitur keamanan, kenyamanan dan keselamatan

Fitur keamanan yang dimiliki oleh honda brio adalah Keyless Entry, Immobilizer, dan Alarm system yang sudah ada pada honda brio rs manual ataupun CVT (matic). Dan untuk fitur keselamatan yang dimiliki oleh honda brio adalah Dual Front SRS Airbags yang berfungsi untuk melindungi penumpang di bagian depan pada saat terjadi benturan ataupun kecelakaan.

Selain itu, juga sudah tersedia indikator pengingat untuk menggunakan sabuk pengaman atau sabuk keselamatan. Brio rs ini juga memiliki struktur rangka yaitu G-CON + ACE yang berfungsi kabin penumpang pada saat terjadi kecelakaan.

Untuk mendukung sistem-sistem keselamatan pada honda brio rs ini sudah disediakan teknologi Side Impact Beam yang fungsinya untuk meredam benturan pada saat terjadinya tabrakan pada sisi samping. Lalu sabuk pengaman berteknologi Pretensioner dan Load Limeter yang dapat membuat pengendara semakin aman. Semua sistem itu dirancang untuk mendukung keselamatan, keamanan dan kenyamanan para penggunanya.

Suspensi

Dengan harga yang mahal brio rs ini sudah dilengkapi dengan fitur ABS (Anti-Lock Breaking System) yang berfungsi untuk mencegah penguncian roda pada saat mobil mengerem mendadak. Ada juga fitur EBD (Electronic Brake-Force Distribution) yang berfungsi untuk daya pengereman yang stabil dan sempurna.

Selain itu rem yang digunakan pada bagian depan digunakan rem cakram (Ventilated Disc) dan rem yang digunakan pada bagian belakang memakai sistem rem tromol. Pada bagian suspensi depan brio rs ini bertipe MachPherson Strut dan suspensi belakang beretipe H-Shape Torsion Beam.

Pada bagian kaki-kaki brio ini sudah ada velg allow wheel yang berdiameter 15 inci dan memkai ban berukuran 185/55 R15. Semua sistem ini sangat berbanding dengan harga mobil brio rs yang mahal.

Spesifikasi honda brio rs

Mesin

  • Tipe : 1.2 L SOHC silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW
  • Sistem untuk suplai bahan bakar : PGM-FI
  • Diameter x langkah : 73 mm x 88,4 mm
  • Perbandingan kompresi : 10,3 : 1
  • Isi silinder : 1.198
  • Transmisi : manual 5 percepatan, 5 speed CVT
  • Torsi maksimum : 11,2 kg.m (110 Nm) / 4.800 rpm
  • Tenaga maksimum : 66 Kw (90 Ps) / 6.000 rpm

Dimensi

  • Panjang keseluruhan mobil : 3.610 mm
  • Tinggi keseluruhan mobil : 1.485 mm
  • Lebar keseluruhan mobil : 1.680 mm
  • Jarak pijak bagian depan : 1.480 mm
  • Jarak pijak bagian belakang : 1.465 mm
  • Jarak pada poros roda : 2.345 mm
  • Berat : 930 kg
  • Kapasitas tangki : 35 liter

Sistem kemudi

  • Tilt : teleskopic steering : All type
  • Sistem : rack dan pinion with electric power stering (EPS)

Fitur

  • Fog lamp
  • Alarm sistem
  • Side impact beam
  • Rangka G-CON + ACE
  • Pedestrian protection
  • Pretensioner w/ Load limiter seatbelt
  • Dual front SRS airbags
  • Immobilizer
  • Keyless entry
  • Projector headlamp with LED light guide

Suspensi

suspensi brio rs

  • Suspensi depan : MacPherson strut
  • Suspensi belakang : H-shape torsion beam
  • Sistem pengereman : ABS + EBD
  • Rem depan : ventilated disc
  • Rem belakang : drum
  • Velg : alloy wheel 15”
  • Ukuran ban : 185 / 55 R15

Harga Honda Brio Rs 2018

  • Honda Brio Rs CVT (Matic) : Rp. 180.000.000.00,-
  • Honda Brio Rs Manual : Rp. 165.000.000.00,-

Harga Honda Brio RS Bekas 2017

  • Honda Brio Rs CVT (Matic) : Rp. 162.000.000,-
  • Honda Brio Rs manual : Rp. 148.000.000,-

Harga Honda Brio RS Bekas 2016

  • Honda Brio Rs CVT (Matic) : Rp. 145.000.000,-
  • Honda Brio Rs manual : Rp. 138.350.000,-

Kelebihan dan Kekuranga Honda Brio

Setelah kalian mengetahui spesifikasi dan harga dari honda brio ini kalian juga perlu tahu keunggulan dan kekurangan dari produk honda ini, berikut ini kelebihan dan kekurangan dari honda brio ini.

Kelebihan Honda Brio:

  1. Performa yang bertenaga

Kelebihan pertama yang dimiliki honda brio ini adalah performanya yang bertenaga. Mobil brio ini memiliki tenaga yang besar bahkan untuk mobil jenis LCGC. Honda brio ini memiliki tenaga yang besar yaitu kurang lebih 1.300 cc oleh karena itu manuver dari mobil ini cukup lincah, cepat dan bagus. Performa mesinnya pun juga didukung oleh mesin yang berkapasitas 1,3 Liter SHOC i-VTEC yang mampu menghasilkan tenaga hingga sebesar 100 Ps pad putaran 6000 rpm dan toris maksimal mencapai 13 kg.m pada putaran 4800 rpm.

  1. Penggunaan irit bahan bakar

Sistem bahan bakar yang digunakan mobil ini menggunakan teknologi PGM-FI. Sehingga mobil ini bisa mengirit penggunaan bahan bakar pada mobil ini. Untuk satu liternya mobil ini mampu menempuh jarak hingga mencapai 20 km.

  1. Handling yang cukup stabil

Honda brio ini juga memiliki handling yang cukup stabil, sebab hal ini lah yang membuat sistem pada kemudinya tidak gampang loss. Sehingga wanita sekali pun akan mudah menggunakan atau mengendarai mobil ini.

  1. Fitur untuk hiburan yang lengkap

Honda brio ini juga dilengkapi fitur hiburan yang cukup lengkap dan canggih. Contoh fitur hiburan yang ada mobil brio ini adalah Double Din, pemutar MP3, Single disc, USB port dan radio. Pastinya fitur-fitur tersebut akan membuat nyaman dalam perjalanan anda.

  1. Ramah lingkungan

Dengan teknologi yang digunakan untuk mengirit bahan bakar membuat mobil ini menjadi mobil yang ramah limgkungan, karena tidak ada asap yang dikeluarkan dari knalpotnya dan mesin yang digunakan pada mobil ini tidak menyebabkan kebisingan.

Kekurangan Honda Brio:

  1. Jok atau kursi penumpang yang kurang nyaman

Honda brio ini memiliki kekurangan pada kursi pada bagian belakang yang kurang nyaman ditempati untuk orang dewasa. Karena kaki penumpang akan mentok pada kursi di depannya dan membuat kaki penumpannya susah untuk bergerak, sebab area kabin penumpang yang kurang luas

  1. Bagasi sempit

Bagasi sempit ini juga mejadi kekurangan bagi honda brio. Dengan ukuran bagasi yang sempit ini tidak bisa memuat barang-barang cukup banyak.

  1. Central Lock yang tidak otomatis

Honda brio ini memiliki central lock namun central lock ini tidak bisa otomatis mengunci pada saat mobil sedang melaju.

  1. Desain interior yang terlihat murah

Meskipun pada desain eksterior mobil ini terlihat sporty dan elegant, itu sangat berbanding terbalik dengan desain interior mobil ini. Desain interior mobil ini masih sangat sederhana jika dibandingkan dengan mobil-mobil LCGC masa kini.

Nah itu tadi harga honda brio 2018 beserta spesifikasi dan fitu-fitur yang ada di dalamnya.

Meksipun ada kekurangan dari honda brio ini masih banyak konsumen yang berminat pada mobil besutan honda ini. Sejak pertama kali peluncurannya mobil ini sudah banyak menyita konsumen peminatnya.

Meskipun body mobil ini minimalis tetap nyaman untuk digunakan apalagi pada saat kondisi lalu lintas yang macet. Selain itu dengan ada nya fitur-fitur hiburan dapat membuat kita menjadi tidak bosen pada saat kondisi macet di daerah ibu kota.

Meskipun mobil ini termasuk dalam kategori mobil LCGC mobil juga memiliki fitur dan mesin yang mumpuni untuk menyaingi mobil-mobil LCGC besutan dari pabrik lain.

Nah itu tadi sekilas informasi tentang spesifikasi dan harga honda brio di Indonesia semoga bermanfaat bagi kalian.

Menurut pendapat kalian bagaimana sistem yang ada pada mobil brio ini! Apakah sudah mumpuni atau belum?