Ide Membuat Usaha Makanan Ringan Yang Menguntungkan Dengan Modal Kecil

Banyak aneka ragam jenis-jenis usaha makanan ringan, cara memulai usaha dari usaha yang tradisional ataupun yang modern sering kita jumpai setiap hari di pinggir-pinggir jalan, tempat rekreasi, taman pasar, restoran, ataupun tempat lainnya. Peluang usaha makanan ringan tersebut adalah bisnis yang salah satunya secara modal fleksibel, karena modal yang dibutuhkan dan digunakan sesuai dengan jenis-jenis produk yang akan dijual. Jika anda masih juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan cara tertentu misalnya dengan menjalankan bisnis berwirausaha melalui peluang usaha makanan ringan dengan modal cukup.

Peluang jenis usaha tersebut sangat cukup menawarkan keuntungan atau laba yang cukup besar, apalagi jika dengan modal yang kecil, Anda juga bisa memulai usaha itu. Jika anda mau untuk  memulai usaha makanan ringan, tapi anda sedikit bingung ingin menjalankan usaha makanan ringan yang bagaimana. Macam Peluang yang bagus dengan modal yang kecil  dengan membuka Usaha Makanan Ringan

Peluang Usaha Makanan Ringan

  • Kedai Kopi

usaha makanan ringan

 

Orang Indonesia sangat menyukai kopi, dari kalangan remaja sampai dewasa, karena kopi adalah minuman terfavorit yang sebagian besarnya buat masyarakat Indonesia. Perkembangan kopi tersebut sangatlah pesat, karena terbukti dari banyak jenis-jenisnya dan varisi kopi yang juga bisa kalian jumpai, misalnya, kopi yang terkenal enak dan juga memiliki rasa yang khas adalah kopi luwak.

Tips Memulai membuka Usaha Warung Kopi dan Cara Membuat Kopi Sendiri Yang Bisa Anda Lakukan Membuka usaha kedai kopi tersebut adalah menjadi salah satu bisnis dengan usaha modal kecil. Contoh membuka usaha angkringan warung kopi, bisnis ini tidak banyak membutuhkan modal yang sangat besar, tapi usaha tersebut memiliki prospek yang sangat cukup bagus. Jadi tidak heran jika kalau saat ini banyak kedai kopi bermunculan, baik dilihat dari skala kecil ataupun besar.

  • Roti Bakar

usaha rumahan modal kecil

 

Saat ini sudah banyak orang yang menekuni usaha roti bakar ini. Bisnis ini bisa dijalankan dengan modal kecil, karena memang bahan-bahan baku yang dibutuhkan bisa Anda dapatkan dengan mudah dan tentunya dengan biaya yang murah. Sedangkan lokasi untuk berjualan bisa dilakukan di pinggir jalan, kedai, taman, pasar, maupun tempat keramaian lainnya.

Usaha roti bakar tersebut juga sangat mudah untuk dilakukan, karena proses cara pembuatan roti bakar yang sangat cukup simpel dan mudah. Contoh seperti roti tawar yang sedang dibakar, kemudian diolesi dengan mentega atau selai, lalu dibakar lagi dan ditumpuk hingga menjadi berlapis-lapis. Selanjutnya kemudian diberi coklat di bagian-bagian tengah, serta selai dengan berbagai macam-macam rasa sesuai dengan selera pembeli.

  • Aneka Kerupuk

bisnis makanan ringan

orang Indonesia sangat menyukai makanan ringan yang satu ini. Mempunyai rasa yang gurih dan nikmat, keripik tersebut mempunyai cita rasa sendiri yang begitu khas, sebagian orang menganggap ketika sedang makan tidak akan terasa lengkap jika tanpa kerupuk. Berbagai olahan kerupuk yang bisa Anda buat, tentu berbagai macam bahan dan cara-cara pengolahannya, tergantung dari kreasi dan inovasi Anda tersebut. Contoh seperti kerupuk bawang, kerupuk ikan, dan macam-macam krupuk lain sebagainya.

  • Tahu Kremes

cara memulai usaha kuliner

Salah satu bisnis makanan yang menguntungkan selain dengan harganya sangat murah adalah tahu, tentu sangat menyehatkan, karena tahu juga mengandung kadar protein yang sangat cukup tinggi. Tahu ini banyak digemari dan disukai dari berbagai kalangan semua masyarakat, mulai dari anak-anak hingga sampai orang dewasa, sehingga menjadi salah satu bisnis yang sangat memiliki prospek usaha yang sangat-sangat bagus.

Salah satu usaha kuliner rumahan yang juga bisa Anda jalankan adalah membuka usaha jualan Tahu Kremes. Peluang bisnis makanan ini merupakan tahu yang diluarnya dilapisi dengan tepung garing. Rasanya gurih dengan tekstur yang sangat renyah membuat makanan ringan yang salah satunya ini memiliki peluang usaha makanan-makanan ringan yang berprospek cerah.

  • Singkong Keju

usaha kuliner yang menjanjikan

Jenis usaha-usaha tersebut ini mungkin jarang banyak yang menjalankannya namun bukan juga peminat-peminat makanan ringan ini sedikit. Pelanggan atau pembeli makanan ringan salah satunya singkong keju ini lumayan dapat dijadikan sebagai ladang usaha bisnis, karena dengan bahannya yang mudah serta simpel dan proses pembuatannya cukup sangat sederhana.

Keunggulan dari peluang usaha makanan tersebut salah satunya adalah Anda juga bisa membuat berbagai rasa seperti, singkong keju cokelat, singkong keju pedas, ataupun singkong keju variasi dengan macam-macam pilihan anda sendiri.

  • Popcorn

franchise makanan murah

Peluang tersebut bisa dibilang bagus. Karena popcorn sering kita jumpai saat kita pergi di bioskop untuk menemani keseruan nonton film. Sering juga popcorn dijual di bioskop, dans angat  jarang ditemui dipinggiran jalan. Cemilan makanan ringan ini juga bisa membuka peluang sendiri dengan usaha rumahan modal yang kecil yang rasanya enak dan gurih dari bahan dasar jagung ini sangat pas untuk dimakan jika bersantai atau dibawa bepergian.

Peluang-peluang usaha makanan ringan tersebut memiliki prospek yang bagus dan tentunya sangat menguntungkan. Karena juga banyak sekali peminat atau pembeli popcorn yang ingin membeli cemilan untuk dibawa pulang ke rumah dan juga bisa dimakan saat pada dalam sebuah perjalanan. Selain juga,  bisa berkreasi dalam membuat popcorn ini dengan berbagai aneka macam-macam rasa, dari rasa buah rasa manis  dan juga caramel, rasa asin gurih,  dan lain sebagainya.

  • Keripik Tempe

usaha makanan rumahan

Salah satu makanan favorit orang Indonesia adalah keripik tempe yang bisa kita beli pada saat berlibur bisa dijadikan buah tangan untuk keluarga . Tempe juga memiliki harga yang lebih murah meriah, tapi juga kandungan gizinya sangat berlimpah. Apalagi dengan makanan khas Indonesia ini terkenal di dunia. Dengan cara membuat keripik tempe tersebut sangatlah mudah untu dibuatnya, gunakan bahan-bahan baku tempe yang diiris secara tipis-tipis dan juga dibalut dengan tepung dicampur bumbu rempah-rempah untuk penambah kenikmatan rasa makanan.

  • Jamur Crispy

bisnis makanan dengan modal kecil

Mengapa Jamur Crispy menjadi peluang usaha makanan ringan yang sangat bagus? Karena makanan ringan tersebut ini juga cukup populer di kalangan semua masyarakat. Cara pembuatan yang sangat praktis dan mudah, serta rasanya yang gurih hingga renyah membuat banyak semua orang menekuni usaha makanan ringan.

Kalian juga  bisa temukan berbagai banyak penjual dan pengusaha jamur crispy di wilayah Indonesia, yang menjadikan peluang usaha makanan ringan ini yang memiliki potensi sangat bagus untuk dijadikan sebagai lahan peluang bisnis makanan ringan.

Kunci Sukses Dalam Menjalankan Bisnis Makanan Ringan

Usaha makanan ringan macam apapun pastinya juga sangat memerlukan ketekunan dan manajemen dengan pengelolaan yang begitu baik. Kebanyakan pengusaha makanan ringan yang mencapai kesuksesan tersebut adalah pengusaha yang memang sudah sangat lama berjualan dan juga sudah memiliki pelanggan yang tetap.

Baca Juga  10 Resep Masakan Jawa Timur Beserta Kandungan Gizinya

Makanan ringan yang mereka tawarkan secara inovatif serta dengan rasanya yang unik dan enak, pada dasarnya kunci utama bagi para pemula atau peluang bisnis makanan dengan modal kecil dan usaha makanan ringan ini sangat kreatif dan inovatif.

Berbagai kesuksesan seorang pemula dalam bisnis kuliner yang menjanjikan dan bagus, diantaranya :

  • Kualitas Yang Bagus

Usaha makanan ringan yang tersebut sangat rintis berjalan dengan lancar dan semakin berkembang pesat, sangat perlu diperhatikan lagi dari segi kualitasnya.

Produk berbagai makanan ringan yang sering anda jual harus memiliki kualitas yang bagus, baik juga dari segi bahan yang digunakan, segi pengolahan, ataupun dari segi pengemasannya.

Bahan-bahan yang masih segar, higienis, dan tentunya sangat tidak mengandung zat-zat yang berbahaya,  sehingga menjadi aman untuk dikonsumsi.

Cara pengolahannya juga harus sesuai dengan aturan-aturan pemakaiannya, misal gorenglah cemilan dengan minyak yang sangat berkualitas.

Kemudian kemaslah makanan ringan yang di produksi menggunakan kemasan yang baik dan menarik sehingga pelanaggan pada tertarik.

Produk terjamin, gunakan kemasan yang kedap udara agar hingga olahan makanan ringan buatan Anda bisa bertahan lama. Anda bisa gunakan alat pres plastik untuk mengemas kemasan produknya.

  • Terus Berinovasi

Kesuksesan para pengusaha makanan ringan dengan mayoritas yang didapatkan dari berbagai banyak inovasi yang sedang mereka lakukan. Sehingga produk mereka lebih mudah dicari dan dibedakan oleh para konsumen.

Jadi tidak masalah produk yang dijual sudah tersedia di pasaran, bisa juga membuka peluang usaha makanan rumahan selama produk yang dijual itu berbeda secara inovasi dengan produk-produk yang sudah beredar.

  • Ciptakan Hubungan Baik Dengan Konsumen

Aspek salah satunya yang bisa membantu kesuksesan usaha dalam makanan ringan adalah hubungan yang baik dengan konsumen, agar mereka loyal kepada Anda.

Layani konsumen dengan sangat baik dan bijaksana, meskipun Anda belum mengenal mereka secara personal.

Ciptakan kesan yang mendalam kepada konsumen, tentunya dengan senyum dan kata, bukan hanya sekedar kata-kata. Anda juga bisa memanfaatkan segala media sosial untuk mempromosikan makanan ringan secara online untuk dijual yangmenciptakan hubungan yang dekat dengan konsumen. Bisa dapat memberikan dampak yang positif bagi usaha makanan ringan Anda.

  • Strategi Penjualan

Dalam menjalankan sebuah rencana atau buka usaha makanan, dengan tempat penjualan yang strategi baik itu diperlukan untuk bisa meningkatkan keuntungan atau laba.

Anda setidaknya harus bisa membuat peluang usaha makanan ringan dan membangun sebuah strategi tempat bisnis yang tepat, serta bisa untuk meningkatkan penjualan.

Sebagai contoh, pada saat awal berjualan, Anda bisa memberikan diskon, menambah bobot makanan, atau bisa juga dengan memberikan sampel produk secara gratis kepada masyarakat di area yang menjadi pangsa pasar Anda.

  • Visioner, Think Big, Think Positive

Berpikir positif yang selalu ditanamkan dalam jiwa dan pikiran seorang pengusaha dan juga selalu berpikir ke depan. Dalam menjalankan bisnis, kita dituntut untuk selalu melayani konsumen dengan sangat baik.

Bisnis Franchise yang murah dan Menguntungkan

Peluang usaha franchise makanan murah semakin besar. Sebagian besar fakta hampir semua tempat selalu kita pernah temui pemain usaha tersebut. Dimulai dari minuman , makanan,  jasa, dan juga bahkan pelatihan sekalipun bisa difranchisekan. Pengusaha yang begitu peka tidak perlu repot-repot memikirkan barang dagangannya serta  harus mempelajari sistem konsep pemasaran yang begitu sangat rumit. Suatu kemudahan dengan ide kreatif yang mampu mengimbangi jenis Franchise yang sedang digeluti.

Salah satu yang dapat menjanjikan masa depan yang sangat  luar biasa ini dengan  cara kreatifitas yang bagus pengusaha ingin memulai sebuah bisnisnya.

Bisnis Franchise murah di Indonesia
  • Es Pasco

bisnis kuliner yang menjanjikan

Membuka peluang usaha dengan menjual sampai dengan 120 es pasco setiap harinya. Modal awal untuk bisnis ini terbilang murah hanya sekitar Rp 6.300.000.

  • Semerbak Cofee

peluang usaha kuliner

Franchise satu ini , dengan modal hanya 4,5 juta rupiah, bisa anda memulai membuka peluang bisnis ini.

  • Warung Gerobax

usaha kuliner rumahan

Bermodal 4,5 juta rupiah. Bisnis warung gerobax tersebut sama dengan Es Pasco.

  • Martabak mini Afrika

usaha kuliner modal kecil

Bisnis usaha yang bisa anda mulai dengan modal pertama minimal 7,5 juta. martabak yang dijual ini sangat menarik karena terdiri dari berbagai warna-warna yang cerah.

  • FortyEight Iceblend

cara berbisnis makanan

Harga  dimulai dari harga sekitar 6 jutaan.

  • Waweo Choco Buzz

bisnis makanan yang menguntungkan

Usaha ini memerlukan sebuah modal Rp 7.000.000.

  • Bubur Bayi bebi luck

bisnis kuliner modal kecil

Dengan modal awal minimal 12.500.000. Bubur ini sudah mendapat ijin dinas kesehatan.

  • Kopi kapal api

memulai bisnis kuliner

Kelebihan produk tersebut adalah merknya sudah terkenal.Cukup buka usaha ini dengan modal anda bisa membuka franchise kopi kapal api.

  • Rainbow Drink Aloha

Bentuk model produknya seperti ice cone namun lebih cair. Membuka usaha bisnis tersebut memebutuhkan modal sekitar 5-6 juta rupiah.

  • Donat bakar

peluang usaha makanan ringan

Bisnis satu ini membutuhkan modal 7.500.000. Warnanya pun sangat berbeda-beda, begitu juga dengan rasa donat yang ditawarkan juga beragam.

Cara Memulai Bisnis Franchise Makanan

Beberapa yang anda gunakan sebagai sarana rencana kesuksesan anda dalam usaha Franchise.  Dengan konsep sederhana, anda tetap dapat menunjang dari segi nama yang heboh atau menarik, unik, hingga klasik.

Bisnis kuliner modal kecil  juga berkembang dengan cepat, sehingga terus-menerus muncul inovasi baru setiap harinya. Memulai bisnis kuliner Konsumen pun sangat beragam dari mulai anak-anak hingga orang dewasa.

  • Tahu Bulat

buka usaha makanan

Makanan ringan akhir-akhir ini semakin menjamur dengan ditemukannya sebuah inovasi dan kreasi dengan menjual tahu bulat secara dengan dadakan. Untuk membuka usaha tahu bulat, Anda hanya memerlukan modal untuk menyewa mobil pick up, kompor dan peralatan untuk menggoreng tahu. Bahkan dijual dengan harga 500 rupiah per satu buah tahu.

  • Takoyaki

usaha makanan ringan

Makanan Jepang Takoyaki Ide Bisnis Peluang Usaha Kuliner Makanan Ringan. Makanan dari negeri sakura ini banyak dikembangkan sebagai jajanan yang paling murah.Walaupun takoyaki yang asli menggunakan octopus atau gurita di dalamnya, namun ada pula yang sudah mengembangkannya dengan mengganti isinya tersebut menjadi sosis atau keju yang lebih ekonomis.

  • Cilok

peluang bisnis makanan

Cilok adalah Contoh Ide Bisnis Peluang Usaha Kuliner Makanan Anak Sekolah. Cilok merupakan singkatan dari ‘aci dicolok’. Dengan bentuknya yang bulat dengan ukuran kecil ini sangat enak jika disajikan dengan saus kacang dan sambal atau kecap.Dengan biaya bahannya pun begitu cukup murah karena memang hanya dari tepung singkong, yang hanya sekitar 8000-10000 rupiah per kilogramnya.

  • Pempek

usaha makanan ringan

Pempek adalah makanan Kuliner Tradisional Khas Daerah Palembang. Salah satu makanan yang berasal dari daerah palembang adalah pempek yang tiada akan ada habisnya disantap oleh orang-orang Indonesia. Dimakan bersama cuka yang asam namun menyegarkan . Cara berbisnis makanan dengan cara membuka bisnis usaha jajanan pempek kini juga bisa dilakukan secara kecil-kecilan dengan membuat sendiri pempek dari rumah agar lebih mudah .

  • Cireng
Baca Juga  13 Makanan Khas Sidoarjo Yang Wajib Dicoba

usaha rumahan modal kecil

Cireng Peluang Usaha Kuliner Makanan Kecil yang Baru dan Unik. Berbagai macam isinya cireng dimulai dari isi ayam, keju, hingga sosis juga menjadi makanan yang sangat ramah dengan lidah warga Indonesia. Bisnis tersebut tidak pernah akan memakan modal yang sangat.Selain itu, pembuatannya pun sangat mudah dan siapapun pasti mampu membuat cireng.

  • Martabak

bisnis makanan ringan

Martabak Mini Ide Bisnis Peluang Usaha Kuliner Makanan Anak Sekolah Inovasi Baru dan Unik. Martabak mini menjadi alternatif bagi Anda yang ingin menjajal bisnis usaha kuliner yang menjanjikan. Dengan harga yang begitu lebih murah , biasanya orang akan tertarik untuk membeli produk makanan tersebut, apalagi ada berbagai macam rasa seperti dari mulai cokelat, kacang keju, dan selai yang bisa lebih variasi dalam bentuk ukuran kecil.

  • Seblak

cara memulai usaha kuliner

Seblak Ide Bisnis Peluang Usaha Kuliner Makanan Tradisional Khas Daerah Bandung dengan Modal Kecil. Dengan cara kerupuk direndam dalam  wadah yang berisi air hangat sehingga menjadi lunak, kemudian dimasak bersama campuran bumbu dan bahan lainnya sehingga menjadi santapan yang paling juara.Rata-rata per harinya dapat mencapai seratus ribu rupiah lebih. Seblak masih bisa dikembangkan dari berbagai macam bentuk rasa campuran misal contoh kerupuk kulit, makaroni, dan juga telur .

  • Pisang Coklat

usaha kuliner yang menjanjikan

Pisang Cokelat Usaha Kuliner Makanan Rumahan dengan Modal Kecil. Pisang coklat adalah makanan ringan pemanis dilidah yang satu ini juga sudah menjamur dan diperkirakan masih akan laris-larisnya diburu oleh para konsumen.

Biasanya makanan pisang cokelat ini dijual satuan dengan harga yang tidak mahal cukup dengan 2000 rupiah saja, namun dengan tingginya peminat, dalam satu hari bisa terjual 100-200 buah pisang cokelat, sehingga omset yang telah didapatkan dalam penjualan tersebut per hari dapat mencapai 400.000 rupiah.

  • Bakpau

franchise makanan murah

Makanan Khas Cina Bakpau Ide Peluang Bisnis Kuliner yang Menjanjikan. Jajanan ini tidak pernah sepi dari pelanggan atau pembelinya , apalagi di malam hari yang dingin, sebuah jajanan ringan seperti bakpau ini yang hangat tentunya mampu memanjakan lidah.Bisnisnya berkembang hingga kini memiliki 24 karyawan dengan omset per bulannya mencapai ratusan juta.

  • Tahu Pedas

usaha makanan rumahan

Tahu Pedas Peluang Usaha Kuliner Makanan Ringan Gorengan. Tahu pedas berisi berbagai macam sayuran dan cabai. Memang bisnis tahu pedas ini juga sangat menarik banyak konsumen, di tempat yang ramai omset dapat mencapai satu juta per harinya.

  • Bakso Bakar

bisnis makanan dengan modal kecil

Bakso Bakar Ide Bisnis Peluang Usaha Kuliner Makanan Murah Meriah. Bakso bakar yang terkenal berasal dari kota Malang, namun beberapa daerah lain juga sudah mulai ramai orang berjualan bakso bakar. Dengan modal cukup  2 juta rupiah saja bisa memulai untuk berjualan makanan.

  • Lumpia Basah

bisnis kuliner yang menjanjikan

Lumpia Basah termasuk Makanan Murah Meriah. lumpia basah di kota bandung, banyak dijual menyatu dengan gerobak seblak. Lumpia basah yaitu campuran tauge dengan telur ini juga sangat menarik banyak konsumen atau pelanggan untuk membelinya dengan harga hanya sekitar 7.000-9.000 rupiah saja.

  • Cilor

peluang usaha kuliner

Cilor Peluang Usaha Kuliner Makanan Kecil Gorengan. Sangat enak disantap menggunakan saus. Bisnis usaha dalam berdagang cilor tersebut sangat cukup menguntungkan, seorang pedagang gerobak cilor di Bandung mengaku dapat penghasilan secara meraup omset 400.000 rupiah.

  • Camilan Crepes

bisnis makanan ringan

Peluang Usaha Dagang Kuliner Makanan Modern. Berbagai jajanan yang banyak dijual di depan atau sekitar sekolah anak-anak ini juga tidak memerlukan modal yang sangat besar dengan janji omset yang cukup menguntungkan ,dengan rasa yang enak dan manis adalah kegemaran makanan anak kecil terutama berasa manis.

  • Camilan Kue Cubit Greentea dan Nutella yang Sehat

usaha kuliner rumahan

Kue cubit modern ini banyak sekali yang menarik atau yang minat para pembelinya walaupun dijual agak sedikit  mahal. Jarang sekali pedagang yang berani menambahkan greentea dan nutella ke dalam kue cubit, karena memang akan memakan modal cukup besar.

  • Frozen Food Makanan Olahan Beku Dalam Kemasan

usaha rumahan modal kecil

Sangat banyak makanan olahan yang prospek menjadi usaha frozen food misalnya bakso ikan, bakso sapi, singkong keju, sosis tuna, scallop ,udang, aneka nugget, otak-otak, siomay, dumplings, french fries, dan lain sebagainya. Sebagai gambaran keuntungan bisnis frozen food dari kisah sukses pak Yudhi Dwinanto yang dulunya seorang PNS kemudian terjun ke bisnis Frozen Food dengan cuman modal awal 150 ribu rupiah dan berhasil sukses.

Dengan bentuk beku produk menjadikan kualitasnya yang lebih awet untuk didistribusikan ke luar kota karena itu frozen food sangat cocok karena kepraktisannya termasuk dalam Kelebihan dari frozen food.

Peluang usaha bisnis lain yaitu Reseller, Agen, dan Distributor Grosir

Sudah mulai terkenal nama besar dari skala seperti misalnya, KFC, sampai yang skala menengah kebawah semisal Kebab Baba Raffi, Mister Burger, Mc Donalds, Teh Tongdji, Teh Gopek, Sour Sally, Baskin Robbins, dan lain-lain sebagainnya.

Bagaimana dengan keuntungannya dan berapa modal yang didapat? Tentu sangat bermacam-macam modal dengan memiliki keuntungannya jika melihat macam franchisenya. Untuk franchise range modal yang paling kecil berkisar sekitar dari 2 juta rupiah.

Jika tempat lokasi sangat cocok dan penjualannya begitu laris, perkiraan dalam satu bulan bahkan kurang bisa akan balik modal bahkan mendapatkan keuntungan . Tinggal di kalikan saja dengan beberapa jumlah counter franchise yang anda dimiliki.

Aneka Jajanan Takjil Berbuka Peluang Usaha Kuliner Makanan pada Bulan Puasa Ramadhan

Pada saat bulan puasa atau bulan ramadhan kita melihat banyak penjual kaki lima yang menjajakan makanan takjil dengan membuka usaha makanan ringan di pinggiran jalan pada sore hari yang menjelang waktu berbuka untuk berpuasa.

Makanan takjil untuk berbuka puasa yang biasa dijual antara lain berbagai macam kolak, seperti kolak pisang, kolak biji salak. Berbagai makanan manis dan minuman manis, Kemudian ada berbagai es seperti es pisang hijau palu butung, es degan, es blewah, es buah, dan lain sebagainnya.  Banyak makanan ringan yang berbagai macam gorengan seperti martabak telur, tahu isi, sosis, bakwan, tempe mendoan,dan Juga ada makanan berat seperti uduk, nasi bungkus, aneka lauk sayur, ikan, dan daging.

Modal berjualan makanan takjil tidak cukup besar hanya dengan modal ratusan ribu rupiah saja bahkan juga bisa kurang, dapat menjual banyak macam makanan takjil untuk berbuka puasa di bulan ramadhan.