Cara Menggunakan Kamera DSLR Untuk Pemula

Banyak orang yang menyebutnya bisnis tapi ada juga orang yang menyebutnya sebagai hobi. Apapun alasannya, dunia fotografi memang selalu menyenangkan dan mengasyikkan bagi siapapun yang melakukannya. Mulai dari berpetualang mencari panorama dan tempat bagus sampai mengutak-atik perangkat yang dipakai alias kamera itu sendiri. Bagi seorang fotografer yang sudah berpengalaman pasti memilih kamera yang sesuai dengan yang diinginkan. itu sangatlah mudah namun akan berbeda cerita untuk kamera dslr untuk pemula. Nah, di bawah ini kami akan memberikan rekomendasi mengenai kamera DSLR yang ramah untuk pemula.

  • Nikon D3400

“DSLR rilisan tahun ini yang paling murah”

Harga : Rp 6.345.000

Ingin punya DSLR pertama berupa rilisan terbaru? Maka Nikon D3400 bisa jadi pilihan  DSLR Terbaik Untuk Pemula. Diantara rilisan tahun ini, D3400 adalah yang termurah.Nikon merilisnya dengan membawa pembaruan dari versi sebelumnya yakni D3300. Lensa bawaannya juga sudah ciamik untuk pemotretan via LCD view. Overall, kamera dslr ini memberikan kualitas foto dan video yang bagus untuk kelas harganya. Bahkan fotonya lebih tajam sedikit di low light di banding pendahulunya karena adanya sensor yang baru. Namun white balance otomatisnya kurang oke sehingga warnanya agak terlalu cool di daylight. Hal ini tidak akan banyak berpengaruh jika anda bukan tipe orang yang rewel dengan akurasi warna. Nikon sendiri membundel D3400 dalam dua versi kit yaitu lensa AF-P yang lebih smooth dan bagus untuk pemotretan via LCD view. Lensa AF-P yang disertakan Nikon ini sudah jauh meningkat performanya, lebih cepat dan halus. Autofokus selama perekaman video juga memuaskan.

a.The Good : Nikon D3400 menghasilkan foto dan video berkualitas tinggi   dengan kecepatan yang cocok untuk pemula. kamera dslr untuk pemula ini sangat pas untuk kamu yang ingin memilikinya.

b.The Bad : Kekurangan dari model sebelumnya masih ada, termasuk poin autofokus yang kecil sekali di viewfinder dan mode self-timer yang “alot”. Selain itu, sistem wireless menggunakan bluetooth untuk transfer file juga tidak oke.

c.The Bottom Line : Kualitas foto yang sangat bagus untuk kelasnya dan kemampuannya di fokus dan continous shooting yang sudah mumpuni untuk mode memotret anak-anak dan binatang akan memuaskan bagi pemula di DSLR. Juga cocok untuk dibawa travelling.

  • Nikon D5300

“DSLR all-in-one terbaik”

Harga : Rp 6.400.000

Nikon D5300 di-review memiliki fitur ciamik dan kecepatan memuaskan dengan hasil berkualitas tinggi di kelasnya. CNET memuji kualitas jepretannya sekelas Fujifilm X-M,  malah lebih bagus karena resolusinya tinggi. Meski tone warnanya tidak luar biasa namun ketajaman dan reproduksi warnanya memuaskan, bahkan foto JPEG yang dihasilkan di low light tetap bagus. Format JPEG tetap clean di ISO 800 hingga 1600, baru terlihat ada penurunan kualitas di ISO 3200. Namun, walau noise meningkat tapi ketajamannya tak berpengaruh. Nikon D5300  memang menggunakan prosessor foto yang baru sehingga memungkinkan perekaman video 1080/60p dan tambahan ISO. Dilengkapi juga beberapa efek olah foto bawaan di kamera. Untuk lensa bawaannya, ada versi kit lensa 18-140mm f3.5-5.6 yang lebih fleksibel dari pada model sebelumnya.

a.The Good : Kualitas foto yang excellent, fitur-fitur bagus dan kecepatan yang mumpuni di kelasnya.LCD lebih tinggi resolusinya dan viewfinder lebar.

b.The Bad : Settingan default sebenarnya bisa lebih baik lagi karena area AF terlalu lebar sehingga sulit fokus. Live View juga terbilang lemot saat digunakan.

c.The Bottom Line: Nikon D5300 masih jadi pilihan terbaik jika mencari DSLR yang mumpuni untuk semua area kebutuhanmu sebagai pemula.

  • Nikon D5500

“DSLR paling compact terbaik”

Harga: Rp 10.250.000

Nikon D5500 ini sejatinya versi update dari D5300 dengan desain baru yang justru bikin galau. CNET me-review perubahan ini 50:50, ada okenya ada kurangnya. Tapi tenang saja, masih recommended untuk kamera dslr untuk pemula. CNET menyebut D5500 dibundling dengan lensa yang tidak sebagus sebelumnya tapi justru itu yang membuatnya jadi lebih compact dan ringan, cocok dibawa travelling. Untuk performanya dalam menjepret, tidak jauh beda dengan D5300. Hasil jepretan dalam JPEG di pencahayaan low hingga very low (ISO 3200) masih bagus meski ada sedikit penurunan warna. Hal itu masih bisa dikompromikan dengan memotret dalam format RAW. Performa perekaman videonya juga sangat memuaskan, bahkan jauh lebih baik levelnya untuk kegiatan olahraga dan liburan seru lainnya. Bisa juga untuk bikin video serius karena Nikon membekali dengan kemampuan flat picture yang berguna untuk mengolah area terang-gelap. Namun di sisi lain, review menyebutkan D5500 ini kurang oke autofocus-nya untuk video yang kerap “lari-lari”. Sedangkan untuk pemotretan terbilang bagus, tergantung yang anda abadikan juga.

a.The Good : Nikon D5500 memberikan kualitas foto terbaik dengan performa kamera yang bisa untuk menangkap momen anak-anak dan binatang peliharaan.

b.The Bad : Pegangan (grip) kamera tidak nyaman untuk orang dengan tangan besar. Nikon juga tidak meng-update aplikasi Wi-Fi.

c.The Bottom Line : Ringan dan compact, komplit dengan semua yang dibutuhkan fotografer keluarga.

  • Canon EOS 750D/Rebel T6i

“Terbaik di kelasnya saat ini”

Harga : Rp 9.360.000

Canon EOS 750D  direview cukup memuaskan dengan performanya yang lebih ngebut dibanding model sebelumnya, baik pemotretan menggunakan viewfinder maupun via display Canon juga menambahkan koneksi Wi-Fi yang bakal makin memuaskan. Secara desain bodi, seri yang disebut juga Canon 750D ini feel-nya lebih high end dengan LCD baru, lockable mode dial dan control dial di belakang serta minim tombol. Kualitas foto dan video Canon EOS 750D  bagus di kondisi pencahayaan yang cukup. Sebenarnya kualitasnya sedikit di bawah untuk kelasnya tapi tidak akan terlihat jika tidak diperhatikan sangat detil. Noise juga tidak jadi masalah yang baru terlihat di pemakaian ISO 1600 ke atas. Musuh terbesar Canon EOS 750D  bukan noise, tapi tonal range. Detil gelap akan berkurang saat exposure terus menurun. Bahkan di format RAW pun tidak bisa menangkap banyak detil jika dibanding kamera yang mirip, misalnya Nikon D5500. Namun jangan khawatir karena kamera dslr untuk pemula ini juga memberikan pembaruan performa dengan menambah jadi 19 autofokus area dan itu pun tidak akan lemot. Cukup 0,3 detik untuk fokus dan menjepret di pencahayaan minim, baik dalam format JPEG dan RAW.

a.The Good : Canon T6i ini performanya jauh lebih baik dibanding model sebelumnya dan desainnya tetap dipertahankan secara fungsional.

b.The Bad : Kualitas hasil foto dan autofocus tidak sebanding ketika digunakan di kondisi sangat low light.

c.The Bottom Line : Canon EOS 750D masih meneruskan tradisi serinya sebagai kamera DSLR paling memuaskan bagi fotografer keluarga.

  • Nikon D3300
Baca Juga  Tak Disangka! Nenek Tua Berusia 105 Ini Ternyata Fotografer Professional

“DSLR murah terbaik”

Harga: Rp 6.135.000

Meneruskan D3200, Nikon memberikan upgrade pada D3300. Nikon D3300 mendapat update video 1080/60p, Guide Mode untuk beginner yang didesain ulang serta bodi yang lebih kecil dan ringan.

Aspek yang tetap sama adalah 11 poin autofokus dan Wi-Fi built-in masih absen. Setidaknya Nikon serius memberikan pembaruan di kualitas foto hasil jepretan 24MP yang tetap tajam. Format JPEG di ISO 3200 terlihat minim noise dibanding D3200. Warnanya akurat dan kualitas perekaman video juga bagus meski di low light. Performa saat memotret cukup cepat tapi untuk Live View harap bersabar. Viewfinder juga masih tetap agak redup, seperti kamera entry level pada umumnya.

Anda juga harus siap mencari titik fokus saat setengah menahan tombol. Kabar baiknya adalah ukuran LCD lega dan terang bahkan untuk dilihat di bawah sinar matahari terik.

Body Nikon D3300 sendiri tidak jauh beda dengan yang sebelumnya, hanya lebih ringan dan lebih “plastik” dengan grip yang nyaman di tangan.Dan kamera dslr untukPemula ini juga akan dimudahkan dengan Guide Mode yang tersedia dalam opsi Auto dan Advance yang bisa anda atur sendiri settingnya.

a.The Good :  Kualitas foto Nikon D3300 meningkat dibanding pendahulunya. Walau tidak ngebut namun performanya sudah terbilang sesuai dengan harganya.

b.The Bad : Fitur-fiturnya masih tetap terbatas.

c.The Bottom Line : Kualitas fotonya sangat bagus di kelasnya dan performa memuaskan sehingga tetap jadi pilihan terbaik sebagai DSLR pertama.

Harga Kamera DSLR Murah

kamera dslr untuk pemula

  1. Kamera Canon EOS 1300D

Harga kamera dslr murah Kamera DSLR Canon entry-level ini jangan dilihat dari harganya,Walau harganya cuma Rp 5 jutaan, hasil foto lensa CMOS 18 MP miliknya nggak bisa diremehkan. Cocok nih buat belajar fotografi tanpa jebolin tabungan.

2. Kamera DSLR Nikon D3400

Pesaing ketat merek Canon ini selalu berusaha ngasih berbagai kamera DSLR yang bervariasi harganya. Contohnya Nikon D3400. Dengan jepretan lensa 24 MP-nya nggak kalah dengan yang seharga puluhan juta. Harga kamera dslr murah Cukup dengan  Rp 6 juta, Kamera  Nikon D3400 dapat kamu bawa pulang untuk berfoto sepuasnya tanpa batas.

3. Kamera Nikon D5300

Kamera ini Sekelas dengan Nikon di atas yakni dengan Nikon D3400, harga kamera dslr murah  Nikon D5300 masih tergolong murah kok. Resolusi foto maksimalnya 24.2 MP dan didukung  Wi-Fi juga, Jakmallers. Harga Rp 6 jutaan pas banget buat fotografer pemula.

Daftar Harga Kamera DSLR

harga kamera dslr murah

Canon EOS 700D (Rebel T5i / Kiss X7i) Kit

  • DSLR – dengan Lens, 18 mp Rp (6.955.000)

Canon EOS 600D (Rebel T3i / Kiss X5) Kit

  • DSLR – dengan Lens, 18MP
  • ISO100-6400
  • 30-1/4000 (Rp 5.850.000)

Canon PowerShot SX410 IS

  • Kompak, Approx. 20MP
  • AUTO, ISO100 – ISO800, 1 stop increments
  • 1 – 1/4000sec., 15 – 1sec. in Long Shu (Rp 2.350.000)

Canon EOS M10 Kit

  • Mirrorless, Approx. 18.MP Rp (4.989.000)

Canon EOS 1200D (Rebel T5 / Kiss X70) Kit

  • DSLR – dengan Lens, 18MP
  • ISO 100 – ISO 12800 (Rp 4.892.500)

Canon EOS 1300D (Rebel T6 / Kiss X80) Kit

  • DSLR – dengan Lens, Approx. 18.0 megapi…
  • 100–6400 (in whole-stop increments), ex…
  • 1/4000sec. to 30sec. (Rp 4.545.000)

Canon PowerShot G7X

  • Kompak, Approx. 20.2 megapixels (aspect…
  • AUTO, ISO 125 – ISO 12800 1/3-stop incr. (Rp 6.430.000)

Canon EOS 1100D (Rebel T3 / Kiss X50) Kit

  • DSLR – dengan Lens, 12.2MP
  • ISO100-3200
  • 30-1/4000 (Rp 4.400.000)

Canon PowerShot SX430 IS

  • Kompak, Approx. 20.0 megapixels aspect
  • AUTO, ISO 100 – ISO 800
  • 1 – 1/4000sec. 15 – 1sec. in Long Shut. (Rp 2.569.900)

Canon EOS 750D (Rebel T6i / Kiss X8i) Kit

  • DSLR – dengan Lens, Approx. 24.2 megapi…
  • ISO 100 – ISO 6400 (Rp 8.800.000)

Canon EOS 60D Kit

  • DSLR – dengan Lens, 18MP
  • ISO100-6400
  • 30-1/8000 (Rp 11.800.000)

Canon EOS M100 Kit

  • Mirrorless, 24.2 MP
  • 100-25600 ISO
  • 1/4000 to 30 sec., bulb, X-sync at 1/20. (Rp 7.470.000)

Canon EOS 7D Kit

  • DSLR – dengan Lens, 18MP
  • ISO 100-6400
  • 1/60-1/8000 (Rp 20.665.939)

Canon PowerShot SX420 IS

  • Kompak, 20 MP
  • Auto, ISO 100-1600
  • 1 – 1/4000sec., 15 – 1sec. in Long Shu (Rp 15.665.999)

 

Demikian tadi daftar harga kamera dslr,Dan bagi kamu yang ingin menjadi fotografer pemula,selamat membeli dan semoga bermanfaat.

Harga Kamera DSLR Untuk Pemula

daftar harga kamera dslr

  1. Nikon D5200
  • Harga Termurah : Rp 6,399,000
  • Resolusi Kamera : 24.1 Megapixel
  • Lensa Kit : 18-55mm
  • Rekaman Video : Full HD 1080p

Kamera DSRL yang baik untuk digunakan oleh pemula berasal dari salah satu brand Nikon, yaitu Nikon D5200. Kamera ini sangat cocok untuk digunakan para fotografer  pemula karena kamera dslr murah untuk pemula dan memiliki resolusi gambar yang cukup besar, hingga 21.1 MP dengan ISO yang mencapai 25.600 dan mempunyai 39 titik Auto Focus dengan kemampuan video HD.

  1. Canon Rebel T5i (Canon EOS 700D)
  • Harga Termurah : Rp 6,999,000
  • Resolusi Kamera : 18 Megapixel
  • Lensa Kit : 18-55mm
  • Rekaman Video : Full HD 1080p

Selanjutnya, kamera yang direkomendasikan untuk digunakan oleh pemula adalah Canon Rabel T5i. Kamera terbaik yang satu ini dibekali dengan resolusi lensa kamera 18 MP dan mempunyai sensitivitas ISO mencapai 25.600 yang dapat menghasilkan gambar yang bagus di tempat yang bercahaya minim. Kamera Canon Rabel T5i ini juga mempunyai kemampuan merekam video yang sangat bagus dan kamera ini juga dilengkapi dengan kamera LCD yang bisa diputar.

  1. Sony Alpha SLT-A65
  • Harga Baru : Rp 11.280.000
  • Resolution 24.3 Pixels
  • Rekaman VIdeo Full HD 1080p

Sebelumnya, banyak orang yang tidak menyangka bahwa kamera DSLR Sony Alpha SLT-A65 merupakan salah satu kamera yang direkomendasikan untuk fotografer pemula. Mengapa Sony Alpha SLT-A65 ini sangat baik digunakan untuk pemula? Sebab, kamera ini mempunyai kemampuan gambar secara berurutan, yaitu sekitar 10fps. Tak hanya itu saja, kamera Sony Alpha ALT-A65 ini juga dilengkapi dengan resolusi 24.3 MP dengan rentan ISO mencapai 16.000.

  1. Canon EOS 60D
  • Harga Baru : Rp 8.325.000
  • Resolution 18.0 Pixel
  • Rekaman Video : Full HD 1080p

Canon memang selalu menciptakan produk yang disukai oleh banyak orang, termasuk oleh para fotografer pemula. Salah satu kamera buatan Canon yang sesuai untuk pemula adalah Canon EOS 60D. Kamera ini dibekali dengan sensor yang dapat meningkatkan gambar dan video secara drastis. Tak hanya itu saja, Canon EOS 60D ini juga mempunyai daya tahan baterai yang lebih unggul dibandingkan dengan kamera DSRL low entry lainnya. Kamera ini mampu menghasilkan 1.100 jepretan dengan menggunakan resolusi 18 MP.

  1. Nikon D3200
  • Harga Termurah : RP575.000
  • Resolusi Kamera : 24.2 Megapixel
  • Lensa Kit : 18-55mm
  • Rekaman Video : Full HD 1080p
Baca Juga  Pria dengan istri Terbanyak di dunia

Yang berada di posisi selanjutnya adalah kamera Nikon D3200 yang hadir dengan cukup sempurna. Kamera Nikon D3200 ini mengusung fitur dan spesifikasi yang dapat menghasilkan gambar cerah, tajam dan jernih walaupun objek berada di tempat yang minim cahaya.

Dibekali resolusi yang cukup besar yaitu 24.2MP dan dapat merekam video Full HD yaitu 1080p. Kamera ini menggunakan CMOS DX forrmat yang dapat mengabadikan video terbaik.Dan juga harga kamera dslr untuk pemula ini cukup murah,hanya dengan harga Rp.4.575.000 kamu sudah bisa mengabadikan setiap moment terbaikmu.Dan kamera ini memiliki LCD yang cukup besar berukuran 3 inch yang dapat dipakai untuk melihat objek yang di foto, mengatur beberapa settingan dan juga dapat melihat hasil rekaman video.

Harga Kamera DSLR Murah Dibawah 3 Juta

harga kamera dslr untuk pemula

Canon sangat membahami konsumennya, setiap mengeluarkan produk tidak asal-asalan. Kamera canon eos 500d merupakan lanjutan dari generasi canon 450d. Pada kamera 450d tidak ada tersedia fitur video. Sedangkan pada kamera generasi lanjutannya ini sudah tersedia.

Kamera canon eos 500d memiliki resolusi 15 megapiksel dengan 9 titik auto fokus. Dengan bodi yang kecil dan berat 0,5kg, membuat kamera ini sangat kompak saat digunakan, apa lagi cocok dengan ukuran tangan orang asia.fakta lainnya kamera ini juga masuk kedalam tipe kamera dengan Harga kamera dslr murah di bawah 3 juta. Maka kamu ingin untuk memeilikinya dan kamu harus membelinya dengan harga sebesar Rp3.000.000-3.500.000 setelah itu kamu akan mendapatkan kamera tersebut.

kamera jenis ini juga termasuk  harga kamera dslr termurah karena Layar pada kamera canon 500d menggunakan tipe FT colour liquid-cystal monitor yang tentunya dengan dengan monitor size dan dots yang cukup tinggi. Bila kamera ini cocok dengan kebutuhan Anda, maka sudah layaknya membeli kamera ini.

kamera dslr profesional terbaik

harga kamera dslr murah dibawah 3 juta

  • Canon EOS 5D Mark IV

Jika Anda seorang fotografer profesional yang ingin menghasilkan kualitas foto terbaik, Canon EOS 5D Mark IV mungkin menjadi pilihan yang tepat bagi Anda. Kamera ini menawarkan kualitas foto yang makin sempurna. Ini karena memiliki sensor full-frame CMOS beresolusi 30.4 megapiksel dengan tingkat senstivitas hingga ISO 32000. Dengan kemampuan tersebut, Anda dapat menggunakan Canon EOS 5D Mark IV untuk beragam kebutuhan. Seperti foto studio, memotret pemandangan di siang atau malam hari, dokumentasi acara-acara penting, dan kebutuhan periklanan. Canon EOS 5D Mark IV  dilengkapi dengan teknologi Dual Pixel CMOS AF. Teknologi ini berguna untuk mengambil subyek yang bergerak dengan cepat dan lebih akurat (dalam posisi landscape atau potrait). Kamera ini dibekali juga dengan prosesor Image DIGIC 6+. Prosesor ini memungkinkan semua fitur kamera dapat dijalankan lebih cepat. Sehingga dapat membidik foto secara beruntun hingga 7 frame per detik, baik di dalam maupun di luar ruangan. Canon EOS 5D Mark IV saat ini adalah kamera dslr profesional terbaik dan juga dilengkapi dengan teknologi Intelligent Scene Analysis (iSA) sehingga kualitas foto yang dihasilkan konsisten saat pengambilan gambar secara beruntun. Menariknya lagi, kamera DSLR ini juga memiliki fitur anti-flicker untuk mendeteksi intensitas cahaya. Memiliki juga Intelligent Tracking and Recognition System (iTR AF) untuk melacak pergerakan subyek. Bukan hanya untuk foto, Canon EOS 5D Mark IV juga dapat Anda gunakan untuk merekam video hingga resolusi 4K. Hasil foto dan video ini dapat pindahkan dengan mudah ke telepon seluler atau laptop Anda secara manual atau melalui WiFi. Dengan harga Rp 60 jutaan, Canon EOS 5D Mark IV tidak cocok untuk Anda yang berdompet tipis. Selain itu, penggunaan kamera DSLR ini cukup rumit sehingga menyulitkan Anda yang notabene pemula.

  • Nikon D810    

Kamera ini merupakan salah satu kamera DSLR terbaik yang ada di pasaran saat ini. Meskipun memberikan fitur high-end, produk dijual pada batas harga yang wajar yaitu Rp39.000.000.

Dengan sensor gambar full frame 36,3 MP (megapiksel), kualitas gambar D810 sangat mengesankan untuk DSLR tingkat menengah. Pengguna bisa memotret dalam format gambar JPEG, RAW atau TIFF yang memberi beberapa fleksibilitas pada model ini.

Sistem autofocus D810 akurat, cepat, dan pemiliknya bisa memotret dengan Mode Burst antara 5–7 frame per detik. Masa pakai baterai D810 juga jauh di atas rata-rata. Nikon juga memberikan fotografer beberapa pilihan penyesuaian melalui banyak tombol cepat.

jual kamera dslr bekas

harga kamera dslr termurah

Kamera dslr Nikon D3300

Kami men-jual kamera dslr bekas dengan kualitas baik dan terjamin,karena kami hanya membandrol nya dengan harga yang cukup wajar yakni sekitar Rp 3.950.000 saja.

a.Canon EOS 450D

Canon EOS 450D juga cukup bagus jika hanya untuk bergaya dan untuk memotret sehari hari saja. Dengan resolusi kamera 12.2 Megapiksel cukuplah untuk menghasilkan gambar yang tajam dan detail. Selain itu 9 titik auto fokus yang ada pada kamera bisa membantu kita untuk mencari titik fokus secara cepat.

Untuk harga yang ditawarkan saya melihat yang termurah adalah 2.8 juta rupiah disalah satu toko online.

b.Canon EOS 550D

Canon EOS 550D adalah salah satu jenis kamera dslr murah terbaik karena kamera DSLR tersebut keluaran dari Canon dan juga harga yang ditawarkan untuk sekarang ini berkisar 3 juta rupiah untuk bekasnya. Spesifikasinya juga cukup mumpuni dengan 18.7 Megapikselnya tentu kita bisa mendapatkan gambar yang jernih dan tajam.

c.Canon EOS 1000D

Kamera murah Canon yang terakhir ini adalah Canon EOS 1000D. Harganya dibawah 3 juta dan spesifikasinya juga cukup bagus untuk kalangan pemula. Yang pasti untuk kamu para remaja yang ingin disebut fotografer bisa lah untuk membeli kamera ini. Yang pasti untuk kualitas foto yang akan kamu dapatkan akan lebih baik dibandingkan jika foto menggunakan kamera HP.

Itulah daftar Harga Kamera Canon Murah Dibawah 3 Juta Untuk jenis kamera dslr untuk Pemula. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk membeli kamera DSLR yang murah. Namun perlu diingat jika kita ingin lebih serius menggeluti dunia fotografi setidaknya beli lah yang kelas meenengah jangan yang amatir. Sekian dari saya, terima kasih dan salam fotografi.