NIH Contekan ! Kata Pengantar Untuk Makalah, Skripsi, Laporan PKL

Jika Anda sering bergelut di dalam karya tulis seperti makalah, skripsi, tesis, novel dan lain sebagainya tentunya Anda tidak akan asing lagi dengan istilah kata pengantar. Dalam menulis beberapa karya tulis, kata pengantar untuk makalah merupakan komponen yang sangat paling utama serta tidak boleh Anda lewatkan begitu saja. Mengapa demikian? Oleh sebab itu tentunya karya tulis yang Anda buat akan terlihat tidak baik dan terasa menjadi tidak lengkap apabila seandainya Anda tidak menyertakan kata pengantar di dalamnya.

Begitupun sama dengan namanya, kata pengantar untuk makalah merupakan halaman nya yang berisi mengenai tentang ucapan – ucapan dari si penulis atas terselesaikannya penulisan karya tulis yang telah dibuatnya, baik itu tentang bentuk ucapan rasa syukur, ucapan rasa terimakasih, tujuan dan manfaat dari penulisan serta kritik dan saran yang membangun penulis. Tidak hanya itu saja, biasanya pula kata pengantar berisikan tentang kalimat – kalimat penjelasan dan pengharapan yang memiliki kaitan dengan tema beserta isi makalah yang ditulis oleh si penulis itu sendiri.

Dalam membuat sebuah karya tulis ilmiah Anda diharuskan sekali untuk menuliskannya secara terperinci sekali yang berisikan, halaman kata pengantar, halaman daftar isi, isi, dan terakhir penutup. Semua karya ilmiah diharuskan memiliki halaman kata pengantar, yang berisi ucapan – ucapan dari penulis atas keberhasilan telah menyelesaikan tesis, skripsi, atau makalah penelitian.

Seberapa pentingnya kata pengantar dalam sebuah karya tulis? Adanya kata pengantar dalam suatu karya tulis untuk memberikan sebuah penghormatan kepada para pembaca. Dalam membuat kata pengantar harus menggunakan kalimat yang sangat efektif, dengan tujuan supaya agar semua para pembaca mudah memahami isi dari kata pengantar yang telah di tulis tersebut. Sebelum Anda membuat atau menuliskan sebuah kata pengantar, sebaiknya anda harus mengetahui telebih dahulu struktur dalam penulisannya. Berikut ini struktur penulisan kata pengantar yang benar.

Pembukaan

Dalam hal ini pada bagian pembukaan paragraf pertama hingga paragraf kedua, berisi tentang ucapan rasa syukur penulis atau tim penyusun atas terselesaikannya karya tulis. Kata pengantar yang sering digunakan salah satu contohnya adalah , mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan YME dengan masing-masing cara menyampaikannya. Kemudian setelah ungkapan ucapan rasa syukur, dilanjutkan dengan berbagai ucapan – ucapan rasa terima kasih kepada semua orang – orang yang telah senantiasa Membantu mendukung penulis saat mengerjakan hingga menyelesaikan karya tulis tersebut.

Isi                                         

Pada bagian isi, berisi dari gambaran – gambaran isi karya tulis yang telah Anda buat. Biasanya, dimulai dengan menyebutkan judul karya tulis. Barulah kemudian berikutnya dijelaskan sedikit mengenai pembahasan dan bagaimana penulis menuliskan isi tersebut dalam karya tulis. Tuliskan secara terperinci singkat padat dan jelas pada bagian isi. Sebab hal ini hanya untuk mengisi kata pengantar.

Penutup

Bagian penutup ini, berisikan kalimat – kalimat permintaan maaf jika ada beberapa kesalahan dalam penulisan gelar, nama, atau isi dari karya tulis.

Kata Pengantar Yang Baik dan Benar

kata pengantar yang baik dan benar

 

 

1. CONTOH KATA PENGANTAR UNTUK MAKALAH

Puji syukur alhamdulillah kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena telah melimpahkan rahmat-Nya berupa kesempatan dan pengetahuan sehingga makalah ini bisa selesai tepat pada waktunya.

Terima kasih juga kami ucapkan kepada para kawan-kawan yang telah berkontribusi dengan memberikan ide-idenya sehingga makalah ini dapat disusun dengan baik rapi dan benar.

Kami sangat berharap semoga makalah ini bisa menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Namun terlepas dari itu semua, kami amat sangat memahami sekali bahwa makalah ini masih jauh dari kata sempurna, sehingga kami sangatlah mengharapkan sekali kritik serta sarannya yang bersifat membangun demi terciptanya makalah selanjutnya yang lebih baik lagi.

2. CONTOH KATA PENGANTAR LAPORAN PKL

Untuk Anda yang telah menyelesaikan laporan PKL (Praktek Kerja Lapangan), dibawah ini kami akan memberikan sebagai contoh.

Puji syukur alhamdulillah kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan nikmat, taufik serta hidayah-Nya yang sangat amat besar  sekali sehingga saya pada akhirnya dapat dengan mudah menyelesaikan laporan Praktikum Biologi tepat pada waktunya.

Rasa terima kasih tak lupa juga kami ucapkan kepada para Dewan Guru Pembimbing yang senantiasa selalu memberikan dukungannya serta bimbingannya sehingga Laporan Praktikum Biologi ini dapat disusun dengan sangat baik.

Semoga Laporan Praktikum Biologi yang telah kami susun ini turut memperkaya khazanah ilmu biologi serta bisa menambah wawasan pengetahuan dan pengalaman para pembaca.

Selayaknya ada kalimat yang menyatakan bahwa tidak ada sesuatu yang sempurna. Kami juga menyadari-Nya bahwa Laporan Praktikum Biologi ini juga masih memiliki banyak sekali kekurangan. Maka dari itulah kami amat sekali mengharapkan saran serta masukan dari anda semua para pembaca sekalian demi penyusunan Laporan Praktikum Biologi  ini dengan tema serupa yang lebih baik lagi.

3. CONTOH KATA PENGANTAR PROPOSAL

Jika ingin memulai penelitian dan mengajukan proposal, berikut ini adalah contoh kata pengantar proposal :

Segala puji bagi Allah SWT, sang Pengatur Alam Semesta ini, yang telah melimpahkan kasih-Nya sehingga kami berhasil menyusun Proposal Penelitian ‘Analisis Kerawanan Banjir Sebagai Upaya Pengelolaan Bencana alam di Kecamatan Panti Kabupaten Jember’ dengan sangat amat baik.

Proposal ini diajukan dikarenakan demi pembaharuan informasi mengenai daerah yang sangat rawan sekali bencana banjir di Kecamatan Panti Kabupaten Jember, sebagai salah satu Early Warning untuk meminimalisir jatuhnya korban jiwa di daerah penelitian.

Meskipun kami sangat berharap sekali agar proposal ini tidak memiliki kekurangan-kekurangan, tetapi kami amat menyadari bahwa pengetahuan kami sangatlah terbatas, sehingga kami tetap mengharapkan masukan serta kritik dan saran yang sangat amat membangun dari para pembaca untuk proposal yang kami buat ini demi terlaksananya penelitian dengan sangat baik, sehingga tujuan diadakannya penelitian ini juga bisa tercapai.

4. CONTOH KATA PENGANTAR SKRIPSI           

kata pengantar untuk skripsi   

Jika anda ingin menyelesaikan skripsi, berikut inilah versi masuk universitas.com, contoh kata pengantar skripsi :

Puji syukur alhamdulillah kami penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat-Nya serta hidayah-Nya sehingga kami penulis bisa menyelesaikan skripsi dengan judul ‘Analisis Kerentanan Longsor di Kecamatan
Kecamatan Kemiri – Kabupaten Jember.

Sholawat serta salam semoga tetap selalu tercurahkan kepada junjungan besar kita Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan para sahabatnya hingga pada umatnya sampai di akhir zaman.

Skripsi ini disusun sebagai memenuhi salah satu syarat ketentuan untuk kelulusan di Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial di Universitas Negeri Malang, dan dalam proses penyusunan skripsi ini, penulis mendapatkan sangat banyak sekali bantuan, bimbingan serta dukungan dari berbagai macam pihak, sehingga dalam kesempatan ini penulis juga bermaksud menyampaikan rasa terima kasih kepada: yang telah memudahkan segala perijinan penelitian serta selalu memberikan motivasi agar penulis segera cepat dan mudah menyelesaikan skripsi.

–  Bapak Drs. Mahmud Saleh, M.Pd selaku Pembimbing I yang selalu memberikan bimbingan, masukan dan waktunya untuk membimbing penulis.

–  Bapak Drs. Hendri Warsito, M.Si selaku pembimbing II yang juga senantiasa memberikan banyak perhatian serta waktunya untuk membimbing penulis.

–  Anitasari, S.Si selaku kepala laboratorium jurusan Geografi yang juga senantiasa selalu membantu dan memudahkan penulis saat melaksanakan uji laboratorium.

–  Serta para pihak-pihak lainnya yang tidak mungkin penulis sebutkan satu-persatu.

Semoga Allah SWT senantiasa akan selalu memberikan balasan yang sama setimpalnya kepada semuanya.

Penulis berharap skripsi yang telah disusun ini bisa memberikan sumbangsih untuk menambah pengetahuan bagi para pembaca, dan akhir kata, dalam rangka perbaikan berikutnya, penulis akan terbuka terhadap saran dan masukan dari semua para pihak karena penulis sangat menyadari skripsi yang telah disusun ini memiliki banyak sekali kekurangan.

5. CONTOH KATA PENGANTAR KARYA ILMIAH

PENULISAN IDE UNTUK KARYA ILMIAH

Berikut ini adalah salah satu contoh kata pengantar karya ilmiah :  

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena hanya dengan rahmat-Nyalah pada akhirnya kami dapat dengan mudah menyelesaikan karya ilmiah yang berjudul “Peran Rumput Vetiver dalam Mengendalikan Laju Erosi” ini dengan baik tepat pada waktunya.

Tidak lupa pula kami sampaikan rasa terima kasih yang amat dalam kepada dosen pembimbing yang telah memberikan banyak sekali bimbingan serta masukan yang sangat bermanfaat dalam proses penyusunan karya ilmiah ini. Rasa terima kasih juga hendak kami ucapkan kepada rekan-rekan para mahasiswa yang telah memberikan kontribusinya baik secara langsung maupun tidak langsung sehingga karya ilmiah ini bisa selesai pada tempat waktu yang telah ditentukan.

Meskipun kami telah mengumpulkan banyak referensi untuk menunjang penyusunan karya ilmiah ini, namun kami amat menyadari bahwa di dalam karya ilmiah yang telah kami susun ini masih terdapat banyak sekali kesalahan serta kekurangan. Sehingga kami sangat mengharapkan sekali saran serta masukan dari para pembaca demi tersusunnya karya ilmiah lain yang lebih lagi. Akhir kata, kami berharap supaya karya ilmiah ini dapat memberikan banyak manfaat demi terciptanya lingkungan hidup yang aman, nyaman dan bebas dari ancaman erosi.

6. CONTOH KATA PENGANTAR LAPORAN PKL    

Berikut ini adalah contoh kata pengantar laporan PKL:

Alhamdulillahirabbil ‘alamin, puji syukur alhamdulillah penulis ucapkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan banyak rahmat-Nya yaitu berupa kesehatan, kesempatan serta pengetahuan dan wawasan kepada penulis sehingga penulis mampu menyelesaikan laporan Praktik Kerja Lapangan yang berjudul “Analisis Distribusi Spasial Kerajinan Mendong di Kecamatan Wajak – Kabupaten Malang”.

Dalam kesempatan ini, penulis juga hendak mengucapkan terima kasih kepada:

  1. Bapak Drs. Muhammad furqon, M.pd selaku ketua jurusan Geografi di Universitas Brawijaya Malang.
  2. Bapak Imam Nawawi, S.Si, M.Sc, Ph.D selaku pembimbing I.
  3. Bapak Drs. Ahmad Syahroni, M.Si selaku pembimbing II.
  4. Ibu Dra. Kholifatul Hasanah, SE selaku kepala Badan Perencanaan Daerah Kabupaten Malang yang telah memberikan ijin kepada penulis untuk melaksanakan Praktek Kerja Lapangan ini.
  5. Para teman-teman mahasiswa yang telah turut serta membantu pelaksanaan penelitian.
  6. Serta pihak-pihak lainnya yang belum dapat penulis sebutkan kesemuanya.

Penulis menyadari bahwa Laporan Praktik Kerja Lapangan ini masih memiliki banyak sekali kekurangan di dalamnya, sehingga dalam kesempatan kali ini juga penulis bermaksud untuk meminta saran dan masukan dari semua pihak demi untuk terciptanya laporan Praktek Kerja Lapangan yang lebih baik lagi. Penulis juga sangatlah berharap agar Laporan Praktik Kerja Lapangan yang telah penulis susun ini bisa bermanfaat dan berguna bagi rekan-rekan mahasiswa dan para pembaca.

7. CONTOH KATA PENGANTAR KARYA TULIS ILMIAH

Berikut ini adalah contoh kata pengantar karya ilmiah:

Puji syukur alhamdulillah penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena dengan segala kuasa-Nyalah penulis akhirnya dapat menyusun Karya Tulis Ilmiah yang berjudul “Permen Putri Malu, Solusi Bagi Para Penderita Insomnia” ini sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Rasa terima kasih penulis ucapkan kepada Dra. Ani Elvia selaku pembimbing yang telah memberikan banyak masukan serta saran yang sangat bermanfaat dalam proses penyelesaian karya tulis ilmiah ini. Penulis juga mengucapkan terima kasi kepada semua pihak yang telah turut serta membantu menyumbangkan pikirannya yang tidak bisa penulis sebutkan satu-per satu.

Penulis sangat berharap sekali agar karya tulis ilmiah ini memberikan banyak manfaat bagi para pembaca terutama pada para penderita insomnia sehingga mereka pun memiliki jalan keluar atas permasalahan yang tengah dihadapinya.
Penulis juga sangat mengharapkan sekali masukannya, kritikan serta saran dari berbagai semua pihak supaya karya tulis ini bisa menjadi lebih baik lagi dan sempurna.

8.      CONTOH KATA PENGANTAR PRAKERIN

Berikut contoh penggunaan kalimat untuk kata pengantar prakerin:                

Rasa syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena telah memberikan rahmat-Nya sehingga kami mampu menyelesaikan Praktek Kerja Instansi (PRAKERIN) serta menyusun laporan dengan baik.

Dalam penyusunan Laporan Praktek Kerja Instansi (PRAKERIN) ini tidaklah terlepas dari bantuan berbagai banyak pihak, sehingga dalam kesempatan kali ini, kami juga bermaksud untuk menyampaikan rasa terima kasih kepada:

  1. Drs. Hamdan Madani selaku kepala sekolah SMK Negeri III Banyuwangi.
  2. Pokja Prakerin serta Tim Penjajakan tang telha telah melaksanakan tugasnya dengan begitu baik, menyiapkan administrasi, tempat serta memberikan pembekalan kepada peserta prakerin.
  3. Drs. Andy Wijaya selaku guru pembimbing peserta prakerin.
  4. Berbagai pihak yang sudah ikut turut membantu yang tidak bisa penulis sebutkan semuanya.

Meskipun kami telah berhasil menyelesaikan tugas laporan Prakerin ini dengan baik, kami menyadari akan adanya kekurangan serta kekeliruan di dalam laporan ini, sehingga kami akan sangat terbuka dengan kritik, saran serta masukan dari berbagai pihak. Akhir kata, kami juga berharap sekali agar laporan Prakerin ini bisa dapat bermanfaat sebagaimana mestinya.

CONTOH KATA PENGANTAR KLIPING

Berikut lebih lengkapnya dibawah ini sebagai salah satu contoh kata pengantar kliping:

Puji syukur alhamdulillah kami panjatkan ke hadirat Allah SWT, karena hanya dengan segala rahmat-Nyalah akhirnya kami bisa menyusun kliping dengan tema ‘Bencana Alam’ ini tepat pada waktunya. Kami juga mengucapkan terima kasih banyak kepada Bapak Agung S.Si selaku guru pembimbing kami yang telah memberikan tugas ini kepada kami sehingga kami mendapatkan banyak tambahan pengetahuan khususnya dalam masalah bencana alam.

Kami selaku penyusun berharap semoga kliping yang telah kami susun ini bisa memberikan banyak manfaat serta menambah pengetahuan terutama dalam hal mengantisipasi bencana alam.

Kami menyadari bahwa kliping ini masih memiliki amat banyak kekurangan yang membutuhkan perbaikan, sehingga kami sangat mengharapkan masukan serta kritikan dari para pembaca.

Namun tidak terlepas dari itu semua, kami menyadari sepenuhnya bahwa masih terdapat banyak sekali kekurangan baik dari segi penyusunan bahasa dan aspek lainnya. Oleh sebab itu, dengan sangat amat lapang dada kami membuka selebar-lebarnya pintu bagi para pembaca yang ingin memberi saran maupun kritik demi memperbaiki makalah ini.

Akhirnya penyusun sangat mengharapkan semoga dari makalah sederhana ini dapat diambil manfaatnya dan besar keinginan kami dapat menginspirasi para pembaca untuk mengangkat permasalah lain yang berkaitan pada makalah-makalah selanjutnya.

Bandung, Maret 2015

Penyusun

Kata Pengantar Makalah Yang Baik dan Benar.

Puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala semua rahmatNya yang di berikan sehingga makalah ini dapat tersusun rapi hingga selesai. Tidak lupa kami mengucapkan terimakasih terhadap bantuan dari pihak yang telah berkontribusi dengan memberikan sumbangan baik pikiran maupun materinya.

Kami berharap semoga dengan makalah ini dapat menambah pengetahuan,wawasan dan pengalaman untuk para pembacanya. Bahkan kami berharap lebih jauh lagi agar makalah ini bisa pembaca praktekkan dalam kehidupan sehari-hari.

Kami yakin masih banyak kekurangan dalam penyusunan makalah ini karena keterbatasan pengetahuan dan pengalaman Kami. Untuk itu kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan makalah ini.

Jakarta, 02 Desember 2018

Penyusun

Kata Pengantar Untuk Laporan.

Kata Pengantar Laporan Praktikum Fisika.

KATA PENGANTAR

Ucapan rasa puji syukur kami kepada Tuhan yang Maha Esa tidak pernah bosan-bosannya selalu kami panjatkan kehadirat Allah SWT, karena setiap curahan rahmat serta anugerah-Nya, sehingga kami mampu merampungkan laporan percobaan yaitu berjudul “PemanfaatanTerhadap Hukum Fluida Bagi Sistem Irigasi Pertanian”.

Adapun dengan penyusunan laporan percobaan ini adalah dengan maksud supaya dapat dengan mudah menemukan rumus yang tepat yang mana diperlukan buat sistem perairan modern saat ini dan untuk menemukan faktor yang apa saja yang berpengaruh sekali bagi sistem irigasi modern ini supaya lebih maksimal.

Lewat pencatatan percobaan ini, beragam bagai banyak sekali macam tantangan- tantangan telah penulis rasakan, dan oleh sebab itu, selesainya laporan percobaan ini tentu saja bukan hanya sekedar kerja keras dari penulis semata-mata. Tetapi karena bantuan dan dukungan yang diberikan oleh segenap pihak yang terlibat.

Berkaitan dengan perihal tersebut, penulis disertai keikhlasan dengan setulus hati menghaturkan ucapan terima kasih sebanyak-banyaknya untuk Bapak Pengajar Mata Pelajaran Fisika kelas XII A 1 yang telah selalu membina penulis untuk penyelesaian laporan ini.

Penulis sera sekaligus pula menghaturkan terima kasih sebanyak-banyak bagi segenap semua orang-orang yang tak bisa kami sebutkan satu-persatu, yang sudah mendukung kami semua untuk merampungkan laporan percobaan ini.

Terkait dengan membuat laporan percobaan ini, penulis benar benar amat menyadari ditemukan banyak sekali keterbatasan yang ada pada laporan ini. Dengan sebab itu, penulis sungguh-sungguh meminta saran beserta kritik yang membangun dari segenap pihak supaya laporan percobaan ini tambah baik lagi dan dapat berguna bagi khalayak umum.

Makasar, 03 Oktober 2017

Penyusun

kata pengantar untuk skripsi.

PROSES PENULISAN SKRIPSI

KATA PENGANTAR

Puja dan puji syukur se-banyak banyaknya kehadirat Allah SWT, atas kelimpaan Rahmat dan Karunia-Nya, sehingga penulis dapat dengan mudah merampungkan skripsi dengan judul: Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Melipat Kertas Pada Anak Kelompok B3 di TK Adi Permai Kendari. Ini sebagai cara untuk memenuhi salah satu persyaratan menyelesaikan studi serta dalam rangka memperoleh gelar Sarjana Pendidikan Strata Satu pada Program Studi Pendidikan Guru Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Kendari.

Penghargaan serta terima kasih pula yang teramat banyak dan yang setulus-tulusnya kepada Ayahanda tercinta Ardiansyah dan Ibunda yang kusayangi Susanti yang telah menalucurahkan segenap cinta dan kasih sayang serta perhatian moril maupun materil. Semoga Allah SWT selalu melimpahkan RahmatNya, Kesehatan,Karunia dan keberkahan di dunia dan di akhirat atas budi baik yang telah diberikan kepada penulis.

Penghargaan dan terima kasih banyak penulis berikan kepada Bapak Drs. H. Muh. Natsir, M.Si selaku Pembimbing I dan Ibu Hadriani, S.Sos, M.Pd selaku Pembimbing II yang telah membantu penulisan skripsi ini. Serta ucapan terima kasih kepada :

Bapak Dr. Rivai Nur, M. Hum selaku Rektor Universitas Muhammadiyah Kendari

Bapak Drs. H. Muh. Eko Wibowo, M.Si selaku Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Kendari

Bapak Achmad Anwar Said, S.Si selaku Ketua Program Studi Pendidikan Guru Anak Usia Dini Universitas Muhammadiyah Kendari

Ibu Kepala TK Adi Permai Kendari.

Terima Kasih Kepada semua para murid-murid siswa siswi TK Adi Permai Kendari.

Sahabat-sahabatku (Bekti, Ida Fitriani, Dahlia, Tiur, Rina, Junarlin) dan rekan-rekan mahasiswa khususnya program studi S1 PGAUD.

Seluruh teman-teman semua Asrama Putri (Persahabatan dan kebersamaan kita tak akan pernah kulupakan), buat orang terdekat saya (Ramadhan) yang selalu senantiasa membantu di dalam penyusunan skripsi dan juga ucapan terimakasih atas perhatiannya selama ini terhadap penulis, Wa Ode Surianti, Hasnawati, Julianti terimakasih atas doanya. Dan juga Rika Astuti, Febriana, Ahmad Alfarezi, Kakak cinta kalian.

Akhir kata penulis menyadari bahwa dalam penulisan skripsi ini masih jauh dari yang namanya kesempurnaan. Karena itu, penulis memohon saran dan kritik yang sifatnya membangun demi kesempurnaannya dan semoga bermanfaat bagi kita semua. Amiin

Kendari, Agustus 2014

Memang dalam menyusun sebuah laporan membutuhkan waktu yang tidak sebentar , jadi perlu didukung dengan beberapa referensi agar lebih banyak variasinya dan menunjang kualitas penulisan laporan.

Nah itulah beberapa contoh kata pengantar untuk makalah, laporan, skripsi yang baik dan benar. Semoga bermanfaat. Jangan bosan mengerjakan laporannya. Bagaimana pendapat kalian mengenai artikel saya apakah dapat kalian fahami? Silahkan komentar dibawah yaaa.