Tempat Wisata Alam Malang Terbaru Yang Wajib Dikunjungi

Hai guys!! Kalian pasti tau salah satu kota di Jawa Timur yang terkenal dengan sepak bola terkenalnya yaitu Arema. Yak!! Betul sekali, kota malang adalah salah satu kota di Jawa Timur yang terkenal dengan berbagai wisatanya. Pesona tempat wisata alam malang dan non alam sudah berhasil menaklukkan banyak hati wisatawannya, Sambil berkeliling malang, kita juga dapat menikmati hawa sejuk yang ada di kota malang . Banyak banget wisata murah di malang yang terdapat di berbagai penjuru malang. Dari malang utara sampai malang selatan. Bagi kalian yang kalo weekend ga kemana mana, yuk kita kunjungi beberapa destinasi wisata di malang raya. Simak ya artikel ini selamat membaca.

Destinasi wisata pantai di kota malang selatan

Kalian pasti tau bahwa di area malang selatan terdapat banyak sekali wisata pantai, pantai di malang dapat kita kunjungi Bersama keluarga , yuk simak wisata malang selatan
1. Pantai Batu Bengkung

wisata alam malang

Pantai Batu Bengkung adalah salah satu pantai di Malang yang masih alami, asri dan bersih pas sekali untuk kegiatan kemah dan piknik. Di sini juga terdapat penyewaan tenda tetapi harganya cukup mahal, disarankan untuk membawa tenda sendiri dari rumah. Di area pantai ini ada 3 spot pantai tetapi yang paling unik masih tetap Pantai Batu Bengkung. Sayangnya ombak di pantai ini tergolong besar sehingga pengunjung dilarang untuk berenang di sekitar pantai.

Alamat tempat : Desa Gajah Rejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur

2. Pantai Sipelot

wisata di kota malang

Di Pantai Sipelot kamu bisa melakukan foto, camping dan juga snorkeling. Melihat paparan pasir putih atau menikmati kesegaran air terjun Coban Sipelot, diwaktu pagi hari kamu juga bisa melihat sunrise yang indah di pinggir pantai.

Alamat tempat : Desa Pujiharjo, Kec. Tirtiyudo, Kab. Malang, Jawa Timur

3. Pantai Ngliyep

tempat wisata malang gratis

Pantai Ngliyep mempunyai pemandangan yang indah, udaranya bersih dan jalan menuju lokasi cukup bagus dan tidak berlubang. Pantai ini cocok untuk wisata keluarga, tetapi untuk kalian yang membawa anak kecil harus terus berhati-hati karena ombak di pantai ini tergolong cukup besar.

Alamat tempat : Desa Kedungsalam, Kec. Donomulyo, Kab. Malang, Jawa Timur

4. Pantai 3 Warna

tempat wisata baru di malang

Kenapa pantai ini disebut Pantai Tiga Warna?  Karena pantai ini mempunyai warna air yang berbeda-beda, penyebabnya adalah perbedaan kedalaman air laut. Pantai 3 Warna adalah salah satu tempat snorkeling favorit di Malang.

Alamat tempat : Desa Tambakrejo atau daerah Konservasi Sendangbiru, Kab. Malang, Jawa Timur

5. Pantai Bajul Mati

wisata baru di malang

kondisi pantai Bajul Mati ‘tenang’ meskipun ombaknya kadang tidak terduga dan masih banyak mitos-mitos sekitar yang masih sangat kuat melekat di pantai ini. Contohnya seperti dilarang berenang pada waktu malam hari.

Alamat tempat : Desa Gajahrejo, Kec. Gedangan, Kab. Malang, Jawa Timur

6. Pantai Kondang Merak

objek wisata di malang

kenapa disebut Pantai Kondang Merak? Ini dikarenakan pantai ini memiliki kondang (muara pertemuan antara air laut dan air tawar) yang dulunya terdapat banyak burung merak.

Pasir di pantai Kondang Merak tempatnya putih bersih dan banyak pepohonan di sekitar pantai sehingga membuat suasana menjadi nyaman.

Alamat tempat : Desa Sumberbening, Kec. Bantur, Kab. Malang, Jawa Timur

7. Pantai Goa Cina

wisata pantai di malang

Kalau kalian pergi kemalang, kalian harus mengunjungi pantai ini. Pantai ini dahulu dikenal dengan nama Pantai Rowo Indah, tetapi telah terjadi kematian seorang China yang sedang bertapa di goa area pantai dan akhirnya nama Pantai Goa China menjadi lebih populer sampai saat ini.

Alamat tempat : Dusun Tumpak Awu, Desa Sitiarjo, Kec. Sumbermanjing Wetan, Kab. Malang, Jawa Timur

Destinasi gunung yang wajib kamu kunjungi di malang

Kalau kamu sedang berwisata ke Malang tidak hanya wisata pantai malang yang dapat kalian kunjungi, terdapat banyak wisata alam di malang contohnya beberapa gunung yang bisa kalian daki. Untuk kalian yang suka mendaki gunung, nih simak beberapa gunung yang ada di Malang.

  1. Gunung Panderman

wisata malang terbaru

Wisata alam malang yang wajib kamu kunjungi dan ketahui apabila kamu sedang berada di Malang salah satunya adalah sebuah gunung yang di sebut Gunung Panderman. Tentu bagi kamu para pencinta alam yang ada di kawasan Malang dan sekitarnya sudah tidak asing lagi jika di sebutkan kata Gunung Panderman ini.

Puncak dari Gunung Panderman ini yaitu mencapai ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut dan merupakan kawasan wisata gunung di malang yang cukup rame dengan pengunjung. Gunung Panderman juga biasanya di gunakan bagi orang-orang yang berkunjung ke sini sebagai tempat camping dan kamu juga bisa mendirikan camp di Latar Ombo yang ada di Gunung Panderman. Untuk dapat ke sana  silahkan kalian datang ke Dusun Toyomerto, Kelurahan Songgokerto, Desa Pesanggrahan, Batu.

  1. Gunung Arjuno

wisata alam di malang

Gunung ini adalah sebuah tempat wisata alam atau wisata gunung di malang yang sangat hits bagi para pendaki, nama dari gunung ini adalah Gunung Arjuno. berposisi di sebelah barat laut Kota Malang, Gunung Arjuno ini menjadi kalangan surga bagi para pendaki di seluruh Indonesia. Wisata gunung di malang ini memiliki tinggi 3339 meter di atas permukaan laut. Banyak sekali pencinta alam yang datang ke wisata gunung di malang yang satu ini.

Gunung Arjuno mempunyai banyak sekali jalur pendakian, ada 3 buah jalur pendakian yang bisa kalian pilih. jalur pendakian di wisata gunung ini misalnya saja Jalur Tretes, Lawang dan Batu. tetapi sampai saat ini banyak teman-teman yang mendaki melewati jalur tretes, banyak yang bilang jika lewat jalur ini, kita bisa sekalian mendaki ke gunung welirang. Apabila kamu tertarik untuk mengunjungi Gunung Arjuno lewat jalur Batu, kamu bisa datang ke Desa Sumber Brantas, Batu, Malang.

  1. Gunung Welirang

objek wisata malang

Wisata gunung di malang yang akan kita bahas adalah sebuah gunung yang sangat populer dan di kenal dengan nama Gunung Welirang. kalian sudah membaca di artikel sebelumnya jika Gunung Welirang ini memang sangat dekat dengan Gunung Arjuna, oleh karena itu banyak sekali pendaki yang jika mendaki di kawasan ini, mencoba untuk mendaki 2 gunung ini sekaligus dan ternyata Gunung Welirang ini adalah gunung yang masih aktif.

Dengan ketinggian 3156 meter di atas permukaan laut, Gunung Welirang di anggap masih sering mengeluarkan cairan belerang dan juga asap. sebab itu di Gunung Welirang ini banyak sekali penambang belerang yang akan sering kita jumpai dan for your information untuk jalur pendakian lewat tretes adalah jalan dari mobil jeep penambang belerang untuk mengangkut belerang. kamu bisa datang ke Gunung Welirang ini dengan jalur yang sama dengan Gunung Arjuno.

  1. Gunung Semeru

tempat wisata kota malang

Tempat wisata alam malang  gunung yang lain adalah sebuah gunung yang tentu sudah tidak asing lagi di mata orang Indonesia khususnya di daerah jawa timur, pasalnya tempat wisata gunung malang yang satu ini sangat sering di abadikan oleh awak media dan bahkan ada beberapa film yang mengambil setting di gunung yang populer dengan nama Gunung Semeru ini. Jika kamu ingin tau tempat paling indah di dunia, salah satunya ada di tempat ini yakni ranu kumbolo yang merupakan salah satu spot indah yang bisa kamu dapatkan di Gunung Semeru ini.

Baca Juga  Jelajah Pantai 3 Warna Di Malang Selatan

Tinggi dari Gunung Semeru yang biasa di sebut dengan puncak Mahameru yakni sekitar 3676 meter di atas permukaan laut dan dengan ketinggian seperti itu, Gunung Semeru ini di tanah jawa menjadi gunung tertinggi.

  1. Gunung Bromo

wisata terbaru di malang

Ada juga sebuah objek wisata malang yang tidak kalah menarik dari gunung-gunung di malang yang lainnya. Gunung Bromo merupakan sebuah tempat wisata gunung di malang yang kita ketahui keindahnya. tempat yang populer dengan nama Gunung Bromo ini, tidak hanya wisatawan yang berada di Indonesia saja yang tertarik untuk mendatangi Gunung Bromo ini, akan tetapi banyak juga turis dari luar negeri yang tertarik untuk menikmati keindahan dari wisata gunung di malang ini.

Setidaknya kamu bisa datang ke Gunung Bromo ini lewat 3 jalur, yakni Probolinggo, Nongko Jajar dan Tumpang. tetapi bagi kamu yang berada di area Malang, tentu akan lebih dekat apabila kalian melewati jalur Tumpang. Banyak sekali spot yang sangat sayang jika kamu tinggalkan jangan lupa juga datang ke tempat wisata gunung di malang yang satu ini, banyak obyek wisata malang seperti Bukit Teletubbies, Pasir Berbisik, Puncak Penanjakan, Gunung Batok dan Kawah Bromo itu sendiri.

Destinasi wisata di kota batu, malang

Batu merupakan salah satu daerah di Malang yang mempunyai banyak sekali tempat wisata malang murah  yang dapat kalian kunjungi. Yuk ketahui wisata terbaru di malang!!

  1. Omah Kayu Atau Rumah Pohon Malang

tempat wisata di kota malang

Pemandangan yang fantastis kalau kalian ada di atas omah kayu, cocok untuk kamu yang sedang mencari ketenangan, kesejukan, dan panorama alam yang tidak ada duanya. Omah kayu adalah penginapan unik yang ada di perbukitan, untuk menginap disini  biaya yang kamu butuhkan hanya sekitar 250-350rb permalam. Jika kamu tidak berniat untuk bermalam maka kamu hanya cukup mengeluarkan 5000-25000 rupiah saja untuk tiket masuk dan membeli camilan yang ada di sekitar lokasi.

  1. Paralayang Tempat Wisata Uji Adrenalin Malang

obyek wisata malang

Kalian ingin merasakan sensasi terbang melayang seperti elang diatas tebing-tebing, tumbuhan, rumah, yang bisa kamu lihat ketika kamu sesang ber selancar di udara. Untuk kamu yang sangat menyukai olahraga yang menguji adrenalin ini adalah pilihan yang sangat-sangat cocok dan paling drekomendasi dari kami.

  1. Batu Night Spectacular (BNS) Malang

wisata malang selatan

Keindahan malang di malam hari sudah tidak bisa diragukan lagi, kalau kalian melihat dari atas gunung atau bukit kamu bisa melihat gemerlap cahaya lampu yang sangat-sangat indah, ternyata di malam hari juga ada tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi? Yakk! BNS atau biasa di sebut batu night spectacular adalah salah satu tempat wisata yang selalu ramai dikunjungi wisatawan di malam hari. kamu akan melihat banyak sekali hiasan lampion berwarna warni yang memanjakan mata. BNS sendiri memiliki jam buka yaitu pukul 15.00 – tengah malam

  1. Wisata Petik Apel Malang

wisata murah di malang

Seperti yang sudah saya sebutkan tadi, bahwa kota Malang adalah kota yang memiliki sejuta destinasi wisata super lengkap dan akan membuat kamu super betah untuk tetap tinggal. Perkebunan apel adalah salah satu andalan dan ciri khas Malang. Tidak lengkap rasanya jika kamu berwisata tanpa membawa buah apel dari kota Malang.

  1. Eco Green Park Malang

wisata ke malang

Sebuah tempat wisata dimalang yang serbaguna, karena jika berkunjung di sini anak-anak beserta orang tua dapat belajar bersama melakukan wisata edukasi eco green park malang. banyak juga hiburan pertunjukan seperti Rangkong dan eagle show, fire dance, dan bird show. Eco Green Park juga berada bersebelahan dengan lokasi wisata Jatimpark 2, Batu Malang. Adapun wahana yang cukup unik disini seperti rumah terbalik, jungle adventure koleksi binatang unik, dan semua hal menarik lainnya,

  1. Museum Angkut Malang

wisata malang murah

wisata selanjutnya ini merupakan markas besar tempat kumpulan barang barang antik. Sangat cocok untuk kamu yang hobby berfoto atau selfie dengan backround mobil, motor, serta koleksi unik lainnya yang akan membuat foto kamu semakin menarik.

Museum ini sangat unik sekali dan kami yakin kamu tidak akan menemukan destinasi seperti ini di belahan Indonesia lainnya. Tidak hanya mobil-mobil tua dari berbagai negara seperti Eropa, Amerika, dan Asia saja yang diparkir, tetapi juga koleksi motor-motor antik dari berbagai jaman nenek moyang pun juga ada. Perkiraan biaya yang di perlukan untuk membeli tiket disini sekitar 75.000- 100.000 rupiah.

  1. Jatim Park 1

wisata malang kota

Salah satu tempat wisata di Batu, Malang yang sangat wajib kamu kunjungi adalah Jatim Park 1. Wisata Jatim Park adalah kawasan wisata terpadu di lereng Gunung Panderman, sekitar 20 km dari kota Malang. Ada Jatim Park 1 dan ada juga Jatim Park 2. Jatim Park 1 beralamat di Jl. Kartika No 2, Batu. Jatim Park 1 ini menggabungkan konsep rekreasi sekaligus edukasi. Jatim Park 1 mempunyai 36 wahana, di antaranya adalah Volcano Coaster, Pendulum, Air Borne Shot, dan Sky Swinger. Di Jatim Park 1 juga ada wahana seru yaitu waterbom, Galeri Nusantara yang mirip dengan Taman Mini Indonesia Indah, bioskop 3D. Untuk science centre, ada chemical and biology science centre, outdoor science centre, dan learning gallery. Jatim Park 1 ini dijangkapi dengan bermacam macam fasilitas lainya, seperti outlet makanan & minuman, Pasar Wisata, Pasar Buah, Pasar Sayur dan Galeri Bunga. Di jamtim Park 1 juga tersedia mushola, klinik, toilet, dan tempat parkir. Jatim Park 1 aka buka setiap hari pukul 08.30 – 16.30 WIB.

  1. Jatim Park 2

wisata alam malang

Jatim Park 2 beralamat di Desa Oro-oro Ombo, Batu, Jawa Timur. Lokasi Jatim Park 2 ini berdekatan dengan Jatim Park 1. kalau Jatim Park 1 lebih mengarah konsep taman hiburan, maka Jatim Park 2 lebih mengarah ke konsep edukasi. Jatim Park 2 lebih ke konsep belajar ilmu alam, biologi, dan pembelajaran satwa. Di dalam area Jatim Park 2 yang berdiri di lahan seluas 14 hektar ini, ada juga kebun binatang Batu Secret Zoo, penginapan Pohon Inn yang unik, dan museum satwa yang bangunannya persis seperti Istana Negara. Di Jatim Park 2 ini juga terdapat sekitar 50 wahana edukatif dan 21 macam area khusus anak-anak. ada juga insektarium yang berisi 5000 jenis serangga dari berbagai negara. Di dalam museumnya pun, kamu bisa menjumpai 80 diorama satwa dari berbagai negara. Menurut kami, Jatim Park 2 adalah tempat wisata yang wajib untuk putra-putri kalian, di Jatim Park 2.

  1. Taman Selecta Batu

wisata di kota malang

Obyek wisata di malang yaitu Selecta sudah ada sejak tahun 1930 pada masa penjajahan Belanda. Taman Rekreasi Selecta ini dibangun di lahan seluas 18 hektar dan terbagi menjadi empat bagian utama, yaitu Taman Rekreasi, Hotel, Restoran, dan kebun. Di Taman Selecta Batu ada berbagai fasilitas dan wahana, seperti kolam renang, taman bunga, outbond, dan juga arena jogging. Dengan keindahan alam dan hawanya yang sejuk, Selecta adalah tempat favorit wisatawan. Harga yang dibandrol untuk masuk ke tempat ini sebesar Rp. 20.000

  1. Jatim park 3
Baca Juga  25 Tempat Wisata Medan Terkeren Yang Wajib Dikunjungi

tempat wisata malang gratis

Kota batu memang sudah terkenal dengan banyak objek wisata baru di malang, contohnya saja jatim park 3. Sebelumnya di sekitarbatu sudah ada jatim park 1 dan jatim park 2. Dan kabarnya jatim park 3 telah dibuka pada tanggal 24 november 2017. Lokasi jatim park 3 berada di jalan raya IR.Soekarno beji kecamatan  junrejo, kota batu jawa timur. Ini adalah salah satu tempat wisata baru di malang. Kalian semua wajib banget ke sini.

5 Air terjun yang ada di malang

Kalau kalian belom tahu destinasi wisata alam malang yang lain dari kota malang, nih artikel ini akan berbagi destinasi tempat wisata malang murah yang dapat kalian kunjungi Bersama keluarga.

  1. Coban Rondo

tempat wisata baru di malang

Coban rondo adalah wisata di kota malang sekaligus air terjun yang berada di kecamatan pujon kabupaten malang, Air terjun ini terletak pada ketinggian 1135 di atas permukan laut dan memiliki ketinggian 84M. Air terjun ini gampang di jangkau oleh kendaraan umum, tidak hanya air terjun yang ada di sini, disini juga terdapat little zoo, taman ,perkemahan ,labirin dan lainnya,

Nama Coban rondo ini diambil dari dongeng yaitu tentang kisah sepasang pengantin yang bernama dewi anjarwati dan Raden Baron Kusumo, mereka baru saja menyelenggarakan pernikahan dan pergi ke air terjun. di sinilah mereka berdua bertemu dengan Joko Lelono yang tertarik dengan istri raden baron kusumo. Raden Baron Kusumo akhirnya bertarung melawan Joko Lelono sampai Raden Baron Kusumo meniggal dan Dewi anjar wati menjadi janda atau (rondo). Untuk  harga tiket yang dibandrol sebesar Rp.15.000 per orang.

  1. Coban talun

wisata baru di malang

Coban ini cukup mempunyai banyak penggunjung terletak didesa tulung rejo kecamatan Bumi aji kota Batu Malang. Akses jalan nya cukup mudah untuk angkutan umum, Coban ini memiliki ketinggian 74 Meter, di depan pintu masuk kamu harus berjalan menuju ke coban satu ini ,medan coban ini agak  menantang, banyak dikelilingi pohon-pohon dan rumput yang hijau dan akan terbayar oleh keindahan coban talun. Harga tiket masuk Rp.6.000 per orang. Banyak juga wisata malang terbaru di coban talun contohnya, taman bunga, hutan pinus, area camping ground dan penginapan.

  1. Coban pelangi

objek wisata di malang

tempat wisata di kota malang ini bernama coban pelangi, Coban ini berada di desa gubuk klakah kecamatan konco kusumo Malang, untuk akses ke coban ini kita harus menggunakan kendaraan sendiri ,dan jalan pun agak menanjak dari pusat kota Malang yang berjarak kurang lebih 30 km ,coban ini termasuk kawasan taman nasional tengger semeru. Coban ini seringkali di lewati oleh wisatawan dari bromo ataupun sebaliknya karena jalurnya satu arah dari malang

Coban ini selalu mucul pelanggi saat matahari mebias air terjun,untuk mendekat ke air terjun kita harus hati-hati karena jalannya agak sempit dan licin ketika musim hujan ketinggian air terjun ini kurang lebih 110 Meter.

4. Coban Parang tejo

wisata pantai di malang

Coban parang tejo terletak di Dusun Princi, Desa Gading Kulo, kecamatan Dau Malang. air terjun ini memiliki susunan berlapis-lapis, air terjun utama mengalir deras dari ketinggian 57 Meter. Sayangnya tidak ada akses kendaraan umum untuk mencapai ke air terjun. Untuk bisa ke air terjun tidak terlalu sulit dari area parkir kira-kira berjarak 500 Meter. kita bisa menikmati keindahan coban parang tejo dan kita dapat melihat keindahaan air terjun.

5 . Coban Rais

wisata malang terbaru

Coban rais berada di dusun Dresel oro oro ombo kota Batu Malang mempunyai ketinggian air terjun  20M di lereng gunung panderman. jarak dari pusat kota Batu sejauh 6km dan dari pusat kota Malang sekitar 10 km lokasi dari coban rais sendiri dekat dengan wisata BNS (batu night spectaculer) dan Jatim Park II, agar bisa pergi keair terjunnya sendiri memerlukan kurang lebih 2 jam dengan berjalan kaki melewati hutan, jurang, tepian sungai rasa capek kita akan terbayar oleh keindahan coban rais

Wisata dimalang yang tidak usah merogok kocek anda

Mau tau nggak destinasi liburan dikota malang yang gausah merogok kocek anda? kuy lah kita cari tempat yang bisa buat kita menghirup udara lepas, berteduh di bawah pohon, dan mendengarkan kicau burung serta gemerisik angin yang lewat di sela-sela dedaunan. Nihh dia, tempat wisata malang gratis tanpa dipungut biaya

  1. Alun-Alun Malang

wisata alam di malang

nggak perlu bayar untuk menikmati segarnya udara Malang. Diapit oleh Jl. Merdeka di keempat sisinya, Alun-Alun Malang sering banget disebut sebagai Alun-Alun Merdeka. saat ini, tampilan alun-alun ini telah dirubah, memperlihatkan kawasan terbuka yang luas dengan rumput hijau dan tempat-tempat duduk yang nyaman untuk pengunjungnya. Sangat Cocok banget buat para orang tua yang mengantar anak-anak bermain di alam terbuka. Atraksi yang paling ditunggu di alun-alun ini adalah air mancurnya yang menghibur bergoyang dimalam hari dengan lampu-lampu hiasnya yang indah.

  1. Taman Slamet

objek wisata malang

Taman Slamet adalah tempat indah tersembunyi di Kota Malang. Kenapa? Karena lokasinya, Jl. Taman Slamet, tidak berada di tepi jalan raya, sehingga nggak semua orang tahu tentang taman ini.

Tapi gausah ditanya bagaimana bagusnya taman ini. nggak terlalu luas, tetapi taman yang baru dibangun ini bertema modern dan futuristik taman ini menampilkan hehijauan yang bikin suasana lebih adem lagi. Pohon-pohonnya memang cukup rindang.

  1. Alun-Alun Tugu

tempat wisata kota malang

Alun-Alun Tugu bisa dibilang ikonnya Kota Malang. tempatnya berada persis di depan Balai Kota Malang, Berbentuk lingkaran, Alun-Alun Tugu sering disebut Alun-Alun Bunderan atau Alun-Alun Bundar. Dan karena lokasinya yang dekat dengan Balai Kota, orang orang sering menyebutnya Alun-Alun Balai Kota. Tak perlu susah mencari wisata malang kota kalian bisa loh mengunjungi alun alun malang. Lokasi ini pula yang menjadikan Alun-Alun Tugu pilihan pas untuk menggelar acara-acara publik yang melibatkan banyak orang, seperti jalan sehat, ulang tahun kota, perayaan tahun baru, atau yang lain-lain. Dolaners bisa ikut serta dalam acara-acara ini bila kebetulan sedang diadakan, atau cukup menikmati keindahan Alun-Alun Tugu yang tenang dikesehariannya. Banyak banget spot kece untuk selfie, bahkan kalau Dolaners cuma berpose dengan latar belakang rumput taman.

Malang merupakan wisata alam malang yang sangat terkenal . kota ini mempunyai sejuta pesona dan panaroma alam yang sangat menajubkan, sehingga banyak orang yang belum mengetahui akan keindahan dan tempat keren yang berada di Malang. Malang mempunyai banyak Spot objek wisata keren, mulai dari Situs budaya, situs bersejarah, spot foto foto kekinian , sampai air terjun yang sangat memanjakan mata dan harus  kalian explore kepada teman temanmu.

Kalau kamu punya rencana untuk berlibur ke Malang, Jangan khawatir akan keindahannya, kota ini menawarkan lumayan banyak tempat wisata kota malang pilihan untuk kamu hadiri. Terimakasi buat kalian yang udah baca artikel ini.