Macam-Macam Olahan Makanan Dari Ubi Jalar Enak Dan Bermanfaat Untuk Kesehatan

Selama ini, kita mungkin lebih akrab dengan makanan dari ubi berwarna yang kuning dan tentu manis. tapi, bagaimana apakah anda sudah mencoba ubi ungu? Jenis ubi jalar berwarna ungu yang satu ini memang beda dari yang lain nya karena bagian daging buahnya berwarna ungu. Tapt sayang, ubi ungu memang sangat jarang sekali beredar di pasaran dari jenis ubi ubi yang lainnya. Bahkan, harganya pun tidak murah bagi kualitas ubi ungu yang satu ini memang sangat bagus. Tapi untuk saya, dengan rasanya yang enak tidak rugi merogoh kantong lebih dalam jika bisa merasakan banyaknya manfaat dari ubi ini. Namun ternyata, ubi ungu juga bisa diolah menjadi aneka kudapan dan pencuci mulut, lho. Penasaran? Simak artikel berikut ini, yuk!

Puding Ubi Jalar Ungu

makanan dari ubi

Semua orang akrab makanan dari ubi dengan ubi jalar yang dicintai. Tapi apakah Anda sudah mencoba aneka kue basah dari ubi jalar ungu yang tampaknya sulit dipahami? Ini harus menjadi salah satu varietas favorit saya! Sebenarnya, ada beberapa varietas dalam kategori ubi jalar ungu. Jadi untuk lebih spesifik, saya cenderung menyukai Stokes Purple Sweet Potatoes. Warna cerah mereka bukan hanya eye catching, tetapi juga memberi kita sedikit gambaran betapa mereka sarat dengan antioksidan. Lain ubi ungu populer adalah ubi jalar Okinawa. Anda dapat dengan mudah membedakan mereka dari warna kulit luarnya. Kentang Stokes memiliki kulit yang keunguan, sementara kentang Okinawa memiliki kulit yang berwarna krem. Ini tidak harus bingung dengan Japanese Yam yang memiliki kulit ungu tetapi berwarna putih di bagian dalam.

Apakah ubi jalar ungu benar-benar berbeda dari ubi jalar standar Anda? Iya nih. Dibandingkan dengan ubi dan ubi jalar lainnya, Anda akan merasakan rasa dan teksturnya yang enak, lebih padat, dan lebih kaya rasa manis yang seimbang. Karena lebih kering, jika Anda memilih untuk memanggangnya, lakukan pada suhu 350 ° F, yang merupakan pengaturan panas yang lebih rendah daripada kentang biasa Anda. Tentu saja Anda butuh waktu lebih lama untuk memasak, jadi catat itu. Anda juga bisa mengukus atau merebus kentang ini. Mereka masih mempertahankan warna cerah mereka di seluruh proses memasak. Jadi tidak peduli metode apa yang Anda pilih, Anda akan berakhir dengan warna ungu yang cantik.

Karena ubi jalar memiliki masa hidup yang lebih pendek daripada kentang tradisional, belilah dengan rencana untuk menggunakannya dalam waktu dekat. Simpan di tempat yang sejuk dan kering dan gunakan dalam 1-2 minggu. Mari bicara manfaat kesehatan. Penelitian menunjukkan bahwa makan ubi ungu dapat menurunkan tekanan darah. Ini bisa karena efeknya pada kapiler dan pembuluh darah, bersama dengan konsentrasi tinggi dari fitokimia yang disebut asam klorogenat, yang telah dikaitkan dengan menurunkan tekanan darah. Bonus serius lainnya adalah ubi ungu ini dapat membantu mencegah trombosis, yang sayangnya merupakan penyebab utama kematian di seluruh dunia. Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, ubi ungu mengandung asam klorogenik. Asam ini telah terbukti dapat memecah pembekuan darah dan menghambat aktivitas enzimatik protein dan peptida prokoagulan.

Banyak orang berjuang untuk mendapatkan cukup serat dalam makanan mereka. Mungkin sedikit ubi ungu dapat membantu masalah itu karena memiliki kandungan serat tinggi yang sehat. Mengapa serat sangat penting? Salah satu alasan terbesar adalah membantu menjaga semua hal bergerak dengan lancar melalui sistem pencernaan Anda, yang dapat membantu menghilangkan sembelit, ketidakteraturan dan ketidaknyamanan. Kentang ini mengandung serat yang tidak larut dan itu adalah berita yang luar biasa bagi para pelari dan atlet ketahanan. Serat tak larut menyediakan semacam efek waktu yang dilepaskan yang membantu daya tahan atlet mempertahankan tingkat energi yang tinggi untuk jangka waktu yang lama. Jadi lupakan soal pembebanan karbohidrat pada pasta. Beralihlah ke ubi jalar untuk mendapatkan lebih banyak manfaat kesehatan serta lebih mudah dicerna.

Selain kemudahan pencernaan, mereka juga mengandung banyak kalium potasium. Ini bermanfaat bagi atlet dari semua jenis, khususnya, karena elektrolit yang dikandungnya. Kentang ungu mengandung 341 miligram potasium per porsi setengah cangkir, yang merupakan 10 persen dari nilai harian yang direkomendasikan. Ini dapat membuat kentang menjadi karbohidrat yang sempurna bagi para atlet karena membantu mencegah kadar potasium yang rendah.

Jika Anda berjuang untuk menemukan permata yang indah ini di bagian produk Anda, kunjungi situs web baca terus untuk mencari tahu tempat terbaik untuk menemukannya di daerah Anda. Jadi mari kita bicara tentang kue tradisional dari ubi jalar puding ini. Pertama, ketika saya mengatakan puding, jangan berpikir saya mengacu pada puding cokelat tradisional yang Anda makan sebagai anak-anak. Meskipun itu lezat pada saat itu, puding ubi jalar ini tidak seperti itu. Itu jauh lebih unggul! Daftar bahan-bahannya sederhana, namun mereka menciptakan jenis sihir yang kental dan kental. Penuh nutrisi dan rasa, Anda bisa makan puding ini untuk sarapan! Tapi tidak masalah ketika Anda memilih untuk menikmatinya, saya tidak ragu itu akan dengan cepat menjadi salah satu ubi favorit Anda juga!

Bahan:

  • 1 & 1/2 pon ubi jalar ungu (2 gelas berisi, dimasak)
  • 2 sendok makan sirup maple murni (atau secukupnya)
  • 1/2 sampai 3/4 cangkir santan penuh lemak (untuk mencapai konsistensi yang Anda inginkan)
  • 2 sendok makan mentega mete
  • 1/4 sendok teh kayu manis
  • 1/4 sdt pala

Metode:

  • Kupas dan masak kentang manis dalam air mendidih selama 10-15 menit, atau sampai pertigaan garpu.
  • Tiriskan ubi saat dikerjakan, dan hancurkan dengan garpu untuk mengemasnya. Anda harus berakhir dengan sekitar 2 cangkir.
  • Tempatkan ubi dan sisa bahan ke dalam blender berkecepatan tinggi Anda. Mulai dengan 1/2 cangkir susu dan tambahkan lebih banyak sesuai kebutuhan. Blender bahan hingga halus.
  • Bagi menjadi 4 porsi. Taburi dengan pilihan bahan seperti kelapa tanpa pemanis, kacang & biji cincang, buah segar atau kering, krim kocok kelapa, dll.
  • Nikmati hangat atau dingin ini. Kedua cara itu lezat. Simpan sisa makanan dalam wadah kedap udara.

Keripik Ubi

olahan ubi jalar

Apakah Anda tahu makanan dari ubi kemarin adalah Hari Kentang Nasional? Tidak? Begitu juga dengan saya. Nah, tidak sampai setelah saya sudah memiliki olahan dari ubi ungu yang indah ini sudah di oven siap untuk menjadi camilan saya untuk hari ketika saya menonton basket perguruan tinggi. (Go Badgers!) Tapi sayangnya, itu kemarin, jadi posting ini datang terlambat satu hari tetapi cukup dekat dalam buku saya.

Baca Juga  Wisata Kuliner Bali Yang Menjadi Pilihan Favorit Untuk Dicoba

Saya baru-baru ini mulai memiliki obsesi dengan kue dari ubi jalar ungu. Mereka benar-benar hal tercantik yang pernah saya lihat. Itu selain pelangi chard dan pelangi wortel karena. Tetapi tidak ada yang lebih baik daripada memotong kentang hanya untuk melihat daging ungu cerah itu menatap balik ke arah Anda. Bisakah makan makanan utuh seperti ini? Kenapa ya, ya itu bisa. Warna ungu cemerlang hilang sedikit di keripik kentang manis yang dipanggang ini karena waktu yang lama di oven. Saya tidak akan berbohong kepada Anda, saya sedikit sedih ketika mereka keluar dari oven dan saya melihat bahwa ungu berubah sedikit cokelat.

Tapi rasanya, oh rasanya! Begitu lezat! Saya mencoba memasak aneka olahan ubi  keripik di 400F untuk waktu yang lebih singkat yang menghasilkan chip yang lebih bagus tetapi mereka tidak serak seperti yang saya inginkan. Jadi saran saya adalah suhu yang lebih rendah untuk waktu yang lebih lama tetapi merasa bebas untuk bermain dengan suhu. Hal tentang membuat chip panggang adalah bahwa Anda harus mengawasi mereka dan memeriksa chip apa saja yang sudah selesai dan mengeluarkannya dari chip sementara yang lain terus memanggang. Jika tidak, Anda mungkin akan berakhir dengan chip yang dibakar. Percayalah kepadaku. Saya sudah punya banyak chip yang hangus!

  • Keripik Ubi Jalar Ungu Panggang

makanan dari ubi

Keripik kentang ubi ungu panggang super mudah yang tidak hanya cantik, tapi juga lezat! Bebas gluten, bebas susu dan vegan.

Bahan:

  • 1 lb ubi jalar ungu
  • 1-2 sdm minyak kelapa meleleh
  • garam sekitar 1/4 hingga 1/2 sdt

Instruksi:

  • Panaskan oven sampai 250F. Lapisi dua loyang dengan kertas roti dan sisihkan.
  • Iris kentang dengan mandolin. Anda akan ingin kentang Anda dipotong secara merata dan setipis mungkin. Dalam mangkuk, campurkan minyak kelapa dan kentang iris. Anda hanya ingin sedikit melapisi kentang. Tempatkan irisan kentang dalam satu lapisan pada loyang. Taburi dengan garam.
  • Panggang selama 35-45 menit dengan membalik kentang sekali atau dua kali selama memanggang. Pastikan untuk mengawasi kentang dan pindahkan kentang yang renyah. Panggang sampai ujung kentang melengkung dan kentang hampir tidak renyah. Biarkan dingin selama 5-10 menit.

Catatan Resep:

Sayangnya ini tidak menyimpan terlalu baik, jadi yang terbaik untuk memakannya segera. Namun, kami makan ini hari berikutnya dengan sebagian besar dari mereka yang renyah (keripik basah masih enak!). Simpan dalam wadah kedap udara.

Cake Ubi Ungu

makanan terbuat dari ubi

Makanan terbuat dari ubi Ungu ini cerah dan bersemangat baik dalam warna dan rasa! Krim keju tofu yang dikocok dan frosting ungu membuat kue unik! Untuk membuat Kue Ubi Jalar Ungu selalu ada di daftar ember saya. Tetapi mari kita perjelas, ada berbagai jenis ubi ungu. Mengapa ini penting? Menggunakan ubi ungu yang berbeda akan menghasilkan warna, tekstur, dan kadar air yang berbeda. Untuk nama tiga ada Stokes Purple Sweet Potatoes, Ubi Jalar Okinawa, dan Ube Sweet Potatoes. Anda mungkin berpikir bahwa ketiganya dapat dipertukarkan, tetapi mereka tidak bisa. Stokes ubi jalar berasal dari North Carolina.

Mereka memiliki kulit ungu dan daging yang sama-sama ungu yang kering dan padat. Warna violet meningkat ketika dipanggang atau dimasak. Kentang Manis Okinawa — kadang-kadang disebut Kentang Manis Hawaii — memiliki kulit coklat pucat dan daging berwarna ungu lavender. Mereka lebih creamy daripada Stokes dan, ketika dipanggang, mereka memiliki warna ungu-biru yang lembut. Akhirnya ube itu rumit dan tidak mudah tersedia di Amerika Serikat. Kulitnya yang tebal seperti kulit coklat membungkus daging putih-lilac. Karena ube sangat sulit untuk dimasak dan dipecah dari kebanyakan ubi jalar, ada banyak item ube yang diproses (pikirkan selai, bubuk, purees, dll).

Berdasarkan lokasi geografis saya dan akses yang terbatas, saya bekerja dengan berbagai Stokes. Tidak hanya akses terpisah dari keputusan saya, tetapi kelembapan dan warna juga penting. Tekstur yang lebih kering membantu mengendalikan kelembaban. Lebih baik lagi, Stokes memiliki warna ungu yang lebih cerah, artinya saya tidak harus menggunakan pewarna makanan sebanyak itu. Secara tradisional, lemak dan gula krim bersama-sama, tetapi untuk kue ubi jalar ungu ini, saya melakukan sesuatu yang berbeda. Mengalahkan ubi ungu tumbuk dengan gula menghasilkan adonan halus, adonan bebas gumpalan. Anda mungkin berpikir bahwa potongan ubi jalar akan baik-baik saja, tetapi gumpalan dan potongannya menciptakan tekstur yang tidak baik.

Anda tidak ingin bongkahan ubi jalar ungu mengambang di dalam kue ini. Tip lainnya adalah menambahkan gel makanan ke dalam bahan basah. Mengalahkan gel makanan di awal melakukan dua hal: menjamin pemerataan warna dan mencegah pembentukan gluten dalam adonan (dalam hal menempatkan gel di akhir di mana Anda akan over mengalahkan adonan untuk mendistribusikan warna gel makanan). Pengisi tahu yang dikocok memiliki tekstur seperti mousse. Rasa vanilla-laced yang netral memungkinkan ubi ungu untuk bersinar. Ungu ungu pada ungu, membuat penampilan yang mencolok, mengemudi pulang bahan bintang ubi jalar ungu. Taburan yang sama dengan warna ungu mendorong pulangnya warna dalam Sweet Potato Cake Ungu ini!

  • Sweet Potato Cake Ungu

aneka olahan ubi

Jenis resep: Makanan penutup

Porsi: 1 kue 3-lapis 8-inci

Bahan Untuk Kue Ubi Jalar Ungu:

  • 2 ¾ cangkir tepung serbaguna
  • 2 sendok teh bubuk kue
  • 1 sendok teh soda kue
  • ½ sendok teh garam halus
  • 1 ½ gelas gula pasir
  • 1 cangkir ubi jalar ungu tumbuk matang, lebih disukai Stokes Variety
  • Gel makanan ungu
  • 1⁄3 cangkir minyak canola
  • 2 telur besar, suhu kamar
  • 1 cangkir buttermilk, suhu kamar
  • ½ cangkir krim asam, suhu kamar
  • 2 sendok teh ekstrak vanili

Untuk Whipped Tofu Filling:

  • 1 ½ cangkir krim kental
  • 1 sendok teh ekstrak vanili
  • 2 sendok teh gula pasir
  • ½ cangkir (1 batang, 4 ons) mentega tawar, suhu kamar
  • 2 gelas bubuk gula
  • ⅛ sendok teh garam halus
  • 2 sendok teh ekstrak vanili
  • 8 ons krim krim tahu, suhu kamar

Untuk Frosting Ungu:

  • 1 cangkir (2 batang, 8 ons) mentega tawar, suhu kamar
  • 8 ons krim keju, suhu kamar
  • 6 sampai 8 gelas bubuk gula
  • ¼ sendok teh garam halus
  • 1 sendok makan ekstrak vanili
  • Gel makanan ungu
  • ¼ cangkir krim kental

Untuk merakit kue ubi jalar ungu:

  • Frosting Putih
  • Taburan Ungu

Intruksi Untuk membuat kue ubi jalar ungu:

  • Panaskan oven sampai 350 derajat F. Olesi tiga loyang 8 inci dengan baking spray, sisihkan.
  • Tepung terigu, baking powder, baking soda, dan garam bersama, sisihkan. Kocok gula, ubi jalar ungu tumbuk, dan gel makanan ungu hingga halus dan benjolan gratis, sekitar 4 menit dengan kecepatan sedang. Scrap bowl dan dayung sesuai kebutuhan. Tambahkan minyak, terus kocok hingga dipadukan. Kocok telur satu per satu. Dalam gelas ukur yang disemburkan, kocok buttermilk, krim asam, dan vanila.
  • Dengan mixer pada bahan kering rendah tambahkan di 3 tambahan secara bergantian dengan bahan basah dalam 2 tambahan, dimulai dan diakhiri dengan bahan-kering. Berikan adonan beberapa kali dengan tangan untuk memastikan bahkan penggabungan.
  • Bagilah antara panci yang disiapkan dan panggang selama 20 hingga 26 menit, putar setengah. Kue akan mulai menjauh dari panci dan tusuk gigi yang dimasukkan akan keluar dengan sedikit lembab, bukan basah, remah-remah. Biarkan kue mendingin dalam wajan selama 5 menit. Balikkan ke rak kawat untuk mendinginkan sepenuhnya. Jika membuat lebih awal, bungkus dalam bungkus plastik dan dinginkan hingga Anda siap untuk merakitnya.
Baca Juga  Beberapa Kuliner Di Malang yang Terjamin Enaknya

Untuk membuat makanan dari ubi Tofu Frosting:

  • Cambuk krim berat di mixer berdiri dilengkapi dengan paddle attachment. Setelah bentuk puncak sedang, tambahkan vanili dan gula pasir hingga bentuk puncak yang sedang kaku, pindahkan ke mangkuk lain.
  • Fit stand mixer dengan attachment dayung. Kocok mentega hingga halus, sekitar 1 hingga 2 menit di atas, potongan sisi dan bagian bawah mangkuk. Tambahkan gula bubuk dan kocok hingga halus dan bebas gumpalan, kocok garam dan vanila. Dengan mixer rendah, tambahkan keju krim tofu, kocok hingga hanya dipadukan. Setelah keju krim tofu dimasukkan, jangan over beat filling. Lipat dengan krim kocok dengan tangan. Dinginkan sampai siap dirakit.
  • Untuk membuat Frosting Ungu:
  • Cube mentega dan krim keju, dan tambahkan ke mixer berdiri dilengkapi dengan lampiran dayung. Kocok dengan kecepatan sedang hingga halus dan bebas gumpalan, sekitar 3 menit. Menggores mangkuk dan dayung sesuai kebutuhan. Secara bertahap tambahkan gula bubuk diikuti dengan garam, vanili, vanili, dan gel makanan. Naikan kecepatan ke sedang-tinggi dan kocok hingga aerasi, 3 menit lagi. Tambahkan krim kental sesuai kebutuhan, beberapa sendok teh setiap kali, untuk mencapai konsistensi yang tepat.

Untuk merakit kue ubi jalar ungu:

Oleskan sedikit frosting ke papan kue dan amankan lapisan kue pertama. Pipa sebuah papan hiasan frosting putih di sekeliling perimeter, isi pusat dengan Whipped Tofu Filling. Tumpuk lapisan kue kedua, ulangi frosting dan proses pengisian dan tutup dengan lapisan ketiga terakhir. Aplikasikan lapisan kotor frosting ungu dengan ringan. Dinginkan selama 15 menit, aplikasikan lapisan frosting ungu yang lebih tebal. Menerapkan taburan dan pipa dengan frosting putih yang tersisa.

Ubi Jalar dan Ubi: Apa Bedanya?

kue dari ubi

Seringkali nama-nama “ubi jalar” dan “yam” digunakan secara bergantian dalam percakapan, dalam memasak dan bahkan di supermarket. Tetapi mereka benar-benar dua sayuran yang berbeda. Faktanya, meskipun keduanya adalah sayuran akar, mereka termasuk dua famili tanaman yang berbeda – ubi jalar berasal dari keluarga morning glory sedangkan ubi berkaitan dengan bunga lili. Ubi lebih manis daripada ubi jalar, tumbuh jauh lebih besar dan juga lebih rendah gizi. Fakta bahwa ubi jalar dan ubi jalar diberi label yang salah pada kaleng dan dalam resep dapat menyebabkan banyak kebingungan. Beginilah cara membedakan mereka dan memasaknya dengan benar.

  • Ubi jalar

olahan dari ubi

Olahan ubi jalar  milik genus Ipomoea. Mereka diduga berasal di Amerika Tengah atau Selatan dan populer di Amerika Selatan dan tersedia di seluruh dunia. Dijual sepanjang tahun, ubi jalar memiliki umur simpan yang panjang karena proses pengawetan setelah panen yang meningkatkan kemampuan penyimpanan mereka selama setahun. Anda akan menemukan kentang manis yang dikupas dan dimasak dan dijual dalam kaleng atau beku. Ada dua jenis ubi jalar utama, yang keduanya adalah ubi kuning atau oranye memanjang yang meruncing ke titik di setiap ujungnya.

Ubi jalar yang pucat memiliki kulit tipis, kuning muda dan daging kuning pucat. Ini tidak manis dan memiliki tekstur kering, rapuh mirip dengan kentang putih. Ragam yang berkulit lebih gelap (yang paling sering dan salah disebut ubi) memiliki kulit yang lebih tebal, berwarna oranye gelap sampai kemerahan dengan kulit jeruk yang manis dan hidup serta tekstur yang lembab. Varietas ubi jalar populer saat ini termasuk Goldrush, Georgia Red, Centennial, Puerto Rico, New Jersey dan Velvet.

Ubi jalar digunakan baik dalam hidangan gurih dan manis, paling sering dipanggang, dihaluskan atau digoreng. Ketika bubur itu dapat digunakan dalam sup serta makanan yang dipanggang dan makanan penutup, termasuk, tentu saja, kue ubi jalar. ini juga telah menjadi pokok di meja Thanksgiving, paling sering sebagai casserole kentang manis dengan marshmallow.

  • Ubi

kue tradisional dari ubi jalar

Ubi yang sebenarnya adalah umbi dari pohon anggur tropis (Dioscorea batatas) dan bahkan tidak jauh terkait dengan ubi jalar. Ini adalah sayuran yang populer di pasar Amerika Latin dan Karibia, dengan lebih dari 150 varietas tersedia di seluruh dunia, dan perlahan-lahan menjadi lebih umum di Amerika Serikat. Ubi ubi memiliki kulit bersisik coklat atau hitam yang menyerupai kulit pohon dan daging putih, ungu atau merah, tergantung pada varietasnya. Mereka di rumah tumbuh di iklim tropis, terutama di Amerika Selatan dan Karibia, serta Afrika, di mana mereka berasal.

Di Spanyol, mereka disebut sebagai batata, boniato dan ñame. Umumnya lebih manis dari ubi jalar, umbi ini dapat tumbuh lebih dari tujuh kaki panjangnya dan atas 150 pon. Makanan pokok di masakan Afrika, ubi jalar paling sering direbus, dipanggang atau digoreng. Umur simpan mereka yang panjang selama 6 bulan memungkinkan mereka untuk menjadi sumber makanan yang dapat diandalkan selama masa pertanian yang buruk – ubi adalah tanaman yang jauh lebih sulit untuk dipanen daripada ubi jalar.

Ubi jalar ungu ditemukan di Jepang, Indonesia, Vietnam dan Filipina dan sering digunakan dalam makanan penutup. Di beberapa bagian Amerika Serikat di mana ubi jalar tidak populer, sebagian besar supermarket tidak membawanya – untuk menemukan ubi jalar, Anda harus pergi ke pasar khusus yang menjual makanan Karibia, Asia atau Afrika.

The Root of the Confusion

Dari kata-kata Afrika njam makanan dari ubi, nyami atau djambi, yang berarti “makan,” datanglah kata bahasa Inggris “yam.” Budak Afrika di Amerika mulai memanggil ubi jalar asli “ubi” karena mengingatkan mereka tentang makanan pokok yang mereka tahu di Afrika. Untuk alasan ini, di seluruh Amerika Selatan, istilah ini biasa diterapkan pada ubi jalar. Yang menarik, kebingungan itu tidak terbatas pada Amerika. “Ungu ubi” yang terkenal di Okinawa juga merupakan ubi jalar dan bukan ubi sejati. Di Malaysia dan Singapura, “yam” mengacu pada talas. Dan di Selandia Baru, oca disebut ubi.