Makanan Khas Madiun  Dan Oleh Olehnya Paling Di Rekomendasikan

Halo semuanya dalam kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang beberapa makanan khas Madiun yang pastinya dapat memanjakan lidah anda serta pas dikantong. Kota Madiun merupakan sebuah kota di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kota ini terletak 160 km disebelah barat Surabaya, atau 111 km disebelah timur wilayah Surakarta, Jawa Tengah. Kota yang disebut sebagai Kota Gadis ini memiliki beragam budaya, salah satunya adalah kulinernya.

Madiun merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang akhir akhir ini namanya mulai berkembang di dalam dunia wisata. Melihat pada daerah lainnya, Madiun juga menghadirkan destinasi wisata kekinian, panggil saja Hutan Pinus Nongko Ijo, Hutan Trembesi dan masih banyak lagi. Tidak hanya wisata alam saja yang memikat mata, banyak kuliner legendaris di Madiun yang cocok dicicipi kelezatanya dan pastinya terjangkau.

Kuliner legendaris di Madiun ini tidak hanya pecel saja, banyak jenis kuliner lainnya yang dapat dicoba. Tapi tetap saja pecel masuk dalam kategori karena memang identik dengan kota Madiun selama ini.

Makanan khas Madiun memang identik dengan sajian sederhana serta murah, tapi bisa mamanjakan indera pengecap, tidak hadir dengan satu rasa, melainkan beragam cita rasa, mulai dari asin, manis, asam hingga pedas.

Di samping memiliki beragam warna wisata, kota yang masuk dalam wilayah administrasi Provinsi Jatim tersebut menyuguhkan berbagai macam sajian khas, seperti:

1. Nasi pecel

sambel pecel madiun

Hampir di setiap Pulau Jawa, khususnya Jawa Timur memiliki varian pecel tersendiri. Tapi, yang ada di Madiun ini sedikit berbeda, baik dari sisi bahan maupun lauk. Jika di tempat lain dominan dengan sayuran, pecel di Madiun diberi tambahan kembang turi, sejenis lalapan berwarna putih yang begitu digemari masyarakat Jawa.

Lauknya pun bukan rempeyek dan tempe, melainkan sebuah kerupuk nasi. Meski begitu, pelanggan bebas memilih lauk tambahan, seperti tahu, telur dadar, ayam goreng, ikan, sate telur puyuh, hati ampela dan lain-lain. Biasanya, sajian ini dihidangkan dalam sebuah pincuk dari daun pisang yang bersih dan unik.

Jadi, nasi diletakkan di wadah tersebut, setelah itu beraneka sayuran diletakkan di atasnya. Terakhir, dituang dengan sambel pecel madiun dan diberi lauk. Bumbunya sendiri terbuat dari kacang tanah, kunyit, cabai, gula aren jahe, dan bumbu rahasia yang didapat dari resep turun temurun. Begitu dikecap lidah, perpaduan kelezatannya begitu terasa.

Kuliner ini bisa ditemui di Jalan Cokroaminoto, Jalan Imam Bonjol dan sekitar Alun-alun Madiun. Beberapa penjual juga ada yang menawarkan bumbu pecel sebagai oleh-oleh, dibanderol dengan harga mulai dari Rp30.000,-/bungkus.

Nasi pecel ini dapat anda temui di beberapa tempat makan di madiun, seperti salah satu temat makan yaitu “Warung Pecel Pojok” yang berada di Jl. Cokroaminoto 119, Madiun. Pojok di sini bukan berarti di ujung jalan ya, tapi lebih tepatnya di pojok rumah. Menu utama yang ditawarkan adalah pecel Madiun yang sangat khas dengan dua tingkat kepedasan yang bisa dipilih. Warung ini sudah berdiri sejak tahun 1967 yang lalu, anda bisa menikmati pecel khas Madiun dengan puas dan lezat di warung ini.

2. Nasi Jotos

Nasi Jotos Madiun

Setelah pecel ada sebuah makanan yang bernama lain sego jotos, makanan ini sangat disukai penduduk Madiun. Dalam Bahasa Indonesia, “jotos” berarti tinjuan atau pukulan. Tapi, namanya bukan dikaitkan dengan harga sajian tersebut yang bisa membuat dompet berteriak, melainkan bentuk packingnya seperti kepalan tangan. Mirip seperti nasi jinggo dari Bali atau sego kucing khas Jogja.

Satu porsi hidangan ini berisi nasi putih, lengkap dengan lauk yang merakyat, seperti tempe, tahu, telur dan mie atau bihun. Keistimewaannya terletak di sambalnya yang mempunyai cita rasa nikmat. Biasanya, nasi jotos dijual pada sore hari dan menjadi teman bersantai yang paling pas.

Beberapa tempat yang terkenal dengan kelezatan sego jotosnya ada di Jalan MT. Haryono, Jalan Mayjend Pandjaitan, Jalan Salak dan Jalan Mangga.

3. Soto kutilang

kuliner di madiun

Seperti pecel, soto juga banyak dijumpai di Pulau Jawa. Tapi, tiap daerah tentu memiliki penyajian yang berbeda-beda, tak terkecuali Kota Madiun. Di sana, ada salah satu warung sederhana yang terkenal dengan hidangan soto nan gurih dan enak. Namanya soto ayam kampung Bu Topo atau biasa dijuluki dengan soto kutilang.

Makanan legendaris itu telah dinikmati sejak puluhan tahun yang lalu. Meski demikian, ia masih mampu menggeser berbagai kuliner yang merajalela. Warungnya tidak pernah sepi pembeli, bahkan saat sudah tutup pun masih banyak yang antri. Selain dari segi rasa yang lezat, porsi soto tersebut amat melimpah, terutama dagingnya.

Bila masih kurang, pembeli dapat menambah lauk, seperti empal, babat, perkedel kentang, usus atau keripik tempe.

4. Lontong tahu telur

lontong tahu telor

Masyarakat setempat kerap menyebutnya dengan tahu panggung. Penganan ini berupa lontong, tahu dan telur yang disiram bumbu kacang, lalu diberi taburan bawang goreng serta daun bawang. Sedapnya tahu telur yang berpadu dengan sambal kacang akan langsung menggoyang lidah sejak suapan pertama. Kuliner di Madiun tersebut bisa ditemukan di kedai yang berlokasi di Jalan Merbabu, Madiun. Dan anda tak perlu memerlukan banyak uang untuk menikmati hidangan khas Madiun ini.

5. Pentol corah

Pentol corah madiun

Bagi penggemar makanan pedas, haram hukumnya bila melewatkan camilan ini. Terbuat dari campuran tepung terigu, tepung kanji, air dan aneka bumbu rempah, seperti bawang putih, merica serta garam. Setelah diuleni, adonan tersebut dapat dimasukkan ke dalam tahu, kemudian dikukus.

Jika sudah matang, biasanya dihidangkan bersama saus yang diberi cabai,  bawang putih, merica dan garam.

Konsumen bisa menikmati pentol corah dengan ceker ayam goreng dan aneka kerupuk. Jajanan yang mampu membikin lidah terbakar itu bisa dibeli di pusat pembuatan dan penjualannya di RT/RW 018/006, Rejomulyo, Kertoharjo, Madiun. Di sana, pentol corah dijajakan dengan konsep kaki lima hingga kafe.

6. Bluder cokro

bluder cokro madiun

Sebetulnya, terdapat beragam roti bluder yang bisa dijadikan oleh-oleh dari Madiun, tapi di antara semuanya bluder cokro-lah yang mampu merebut popularitas mereka. Ikon buah tangan khas Kota Gadis ini sudah ada sejak lama, tepatnya pada masa kolonial Belanda, namun belakangan mulai naik daun. Sebelum populer, cuma orang-orang tertentu saja yang tahu keberadaannya.

Kini, roti yang memiliki bentuk unik dan tekstur lembut tersebut dinikmati oleh berbagai kalangan. Apalagi, proses pembuatannya masih dengan cara tradisional serta tidak menggunakan bahan pengawet, sehingga lebih enak dan menyehatkan. Tapi, hanya mampu bertahan hingga 6-7 hari. Bluder cokro tersedia dalam beraneka varian, seperti original, coklat, keju, kismis, kacang, abon, strawberry, nanas dan masih banyak lagi.

7. Brem

oleh oleh madiun

Kue yang berbentuk kotak dan berwarna putih kekuningan ini memiliki rasa yang khas sehingga menjadi pusat perhatian para wisatawan yang datang ke Madiun.

Ciri khas dari Brem ini terdapat pada teksturnya yang kering dan padat tapi mudah hancur di mulut , rasanya yang manis dan asam membuat makanan ini jadi memiliki cita rasa yang unik dan khas.

Tidak semudah memakannya, ternyata proses pembuatanya cukuplah sulit dan panjang karena dibutuhkan ketelatenan. Untuk pertama kalinya beras ketan dimasak hingga matang dan didinginkan dengan cara diangin-angin kan. Untuk merubah ketan menjadi tapai ketan perlu ditambahkan ragi tapai dan didiamkan beberapa saat.

Setelah tahap pertama selesai, mulai lah mengambil sari tapainya dengan memeras tapai ketan menggunakan alat khusus. Sari tapai itu dimasak kembali dengan ditambahkan perasa buatan. Sari tapai yang sudah matang kemudian di cetak dan didinginkan lalu dipotong sesuai keinginan.

Untuk menikmati makanan ini anda tak perlu merasa cemas dengan harga nya, karena brem dipatok harga yang cukup murah, sehingga tanpa menabung pun anda sudah bisa menikmati makanan khas kota Madiun ini.

8. Kue manco

kue maco madiun

Makanan khas Madiun ini merupakan warisan nenek moyang yang menurut mitosnya tidak bisa dibuat di daerah manapun kecuali Desa Tambak Mas. Jajanan berbahan ketan itu ketika digigit akan membentuk rongga di dalamnya.

Proses pembuatan kue manco cukup sederhana. Tepung ketan diberi air dan diaduk hingga bentuknya menyerupai donat. Setelah direbus dan dikeringkan bisa dibentuk segitiga kecil-kecil. Kemudian adonan dapat digoreng hingga mengembang dan dicampur dengan gula merah cair. Terkadang, ada yang diberi perisa, seperti beras atau kacang.

9. Madumongso

madumongso madiun

Madu Mongso, makanan yang berwarna hitam serta dibungkus kertas warna warni layaknya permen ini merupakan makanan yang terkenal dari kota Madiun. Rasanya yang begitu manis kadang-kadang membuat gigi anda sakit, tetapi rasa manis itulah yang membuat madu mongso disenangi banyak orang. Makanan ini terbuat dari tape ketan yang difermentasi dengan bantuan ragi, sama seperti saat kita membuat tempe atau tape. Pada awalnya makanan ini memang terasa manis, tapi lama kelamaan rasa manis tersebut berubah menjadi asam karena adanya asam cuka yang terbentuk sebagai hasil samping reaksi fermentasi. Jika dimakan ya berbahaya, sama seperti saat kita minum cuka makan tanpa diencerkan, bisa dilihat sendiri dampaknya.

Bahan dasarnya Madumongso adalah dari beras ketan hitam kualitas super yang harus dipoles (jawa: disosoh) terlebih dahulu, untuk menghilangkan kulit arinya yang kasar. Proses pembuatannya ada dua tahap.

Yang pertama adalah membuat tape ketan hitam. Beras ketan hitam dicuci bersih dan ditiriskan. Rebus air di dalam dandang sampai mendidih, lalu beras ketan hitam ditanak (jawa : dikekel) +/- 1 jam.

Setelah itu ditiriskan di tampah sampai dingin, kemudian dikasih ragi sampai rata. Dimasukkan dalam panci yang dilapis daun pisang, lalu ditutup rapat, diperam selama 3 hari.

Proses yang kedua, setelah tape matang, selanjutnya santan direbus dengan gula putih dan gula merah menggunakan wajan. jika sudah mendidih, tape dimasukkan, dimasak dan diaduk-aduk sampai asad. Madumongso sudah matang, siap dikemas.

10. Lempeng

krupuk puli madiun

Orang Madiun kerap menyebut camilan ini dengan kerupuk puli. Dibuat dari nasi yang digepengkan, lalu dijemur hingga kering. Ciri-ciri lempeng yang baik, yaitu mudah pecah serta lebih cepat ditumbuhi jamur apabila tidak segera digoreng.

Sedangkan yang kurang baik biasanya tampak keras. Banyak toko yang menyediakannya dalam bentuk mentah maupun matang.

Perlu diketahui, proses pembuatan lempeng melibatkan bahan pengawet berwarna kuning yang dikenal dengan nama bleng. Di dalamnya terkandung borax. Meski dengan kadar sedikit, tapi sangat berbahaya bila dikonsumsi dalam jangka waktu lama.

11. Wedang cemoe

wedang comoe

Bukan makanan, melainkan minuman yang dihidangkan dalam keadaan hangat. Satu mangkuk wedang cemoe berisi santan kelapa, potongan roti tawar dan kacang tanah goreng. Menghadirkan rasa yang manis serta hangat di tenggorokan.

Biasanya, minuman tersebut dinikmati bersama aneka gorengan. Bagi Anda yang mengaku traveler atau kuliner mania, rugi kalau belum mencoba hidangan-hidangan di atas. Jadi, supaya perjalanan lebih lengkap, sempatkan untuk berburu dan icip-icip makanan khas Madiun saat berkunjung ke sana.

OLEH OLEH KHAS MADIUN

Setelah menikmati hidangan khas madiun, tentu belum puas jika belum merasakan dan membeli oleh-oleh khas Madiun. Setelah ini kita akan membahas seputar tentang oleh-oleh khas madiun yang bisa anda bawa pulang setelah berlibur dan pulang dari Madiun. Berikut beberapa oleh oleh yang wajb anda bawa dari Madiun.

1. Kue Manco

Mau menikmati camilan manis dan renyah? Coba saja makanan khas Madiun yang saru ini. Adonan tepung ketan yang memberikan tekstur kenyal, digoreng hingga kering dan di lapisi dengan gula merah yang lengket dan manis seakan menambah ke eksotisan Kue Manco yang pastinya membuat anda ketagihan ketika pertama kali bersentuhan dengan balutan gula merah dan biji wijen nya.

Madiun merupakan salah satu Kabupaten yang berada di propinsi Jawa Timuryang memiliki beragam jajanan yang khas dan unik juga bersahabat dengan kantong anda, ya salah satunya adalah kue Manco, kue legit ini bertekstur renyah, kenyal dan lengket. Sangat cocok untuk anda jadikan buah tangan ketika selesai berkunjung di kota yang dijuluki sebagai kota Brem ini.

Jajanan yang banyak dijadikan oleh-oleh yang tidak boleh dilewatkan ini sudah terkenal sejak lama, oleh karena itu makanan ini sudah tidak asing di telinga dan lidah para pengunjung yang sering datang di Kota Gadis ini. Kue ini konon berasal dari salah satu Negara yang memiliki keajaiban dunia, benar China. Karena nya dulu manco sering dihidangkan saat acara lamaran Penduduk Tionghoa, namun seiring dengan berjalannya waktu kini Kue Manco selalu hadir dalam acara hajatan warga setempat.

Kue manco sendiri dibagi daam beberapa macam yang dibedakan dalam proses pembuatan dan rupa nya. Yaitu Kue Manco Ketan, Kue Manco kacang, dan yang terakhir Kue Manco Wijen. Berikut beberapa ulasan tentang masing-masing kue manco :

A. KUE MANCO KETAN

Yang pertama kita membahas varian rasa Kue Manco yang pertama, yaitu Kue Manco Ketan. Tidak jauh berbeda dengan saudaranya yaitu Manco wijen dan kacang, sesuai dengan namanya Kue Manco Ketan berbahan dasar ketan, Kue Manco Ketan berbentuk tabung kecil yang lucu serta dibagian tengahnya terdapat rongga dan dilapisi kroto. Kue Manco ketan sangat enak dan pas dihidangkan saat santai, tekstur nya yang kenyal akan membuat anda selalu ingin menggoyangkan mulut serta manisnya yang dapat membuat anda ketagihan dan ingin mencoba untuk kesekian kalinya.

B. KUE MANCO KACANG

Tidak jauh berbeda dengan Kue Manco Ketan, Kue Manco Kacang juga dibuat dengan bahan dasar ketan yang membedakan adalah jika Kue Manco Ketan berbentuk tabung atau silinder, maka Kue Manco Kacang dibentuk segitiga dan dilapisi dengan gula merah yang siap memanjakan lidah anda, tak lupa juga sesuai dengan namanya yaitu Manco Kacang tentu tak luput dengan Kacang, benar sekali Manco Kacang menggunakan toping Kacang sebagai rasanya. Setelah dilumuri dengan gula merah yang legit, kacang ditaburkan ke Manco tersebut.

C. KUE MANCO WIJEN

Nah setelah membahas Kue Manco ketan dan kacang, ini adalah Manco dengan varian rasa yang terakhir, tentu saja tak kalah menarik dan enak yaitu Kue Manco Wijen. Tak jauh berbeda dengan Kue Manco Ketan dan Kacang, Manco Wijen juga terbuat dengan beras ketan yang tipis. Jika varian ketan berbentuk tabung atau bulat dan varian kacang berbentuk segitiga, maka Kue Manco Wijen berbentuk keduanya, bisa bulat, segitiga bahkan kotak. Memang sangat unik begitu pula rasanya yang selalu mengundang selera para pengunjung. Bagian tengah Manco Wijen ini kopong. Seperti namanya “Manco Wijen”, Manco yang satu ini setelh di lumuri dengan gula merah cair kemudian ditaburi dengan butiran wijen sehingga terlihat menarik dan tentunya enak di lidah anda.

Kue Manco sendiri dijual dalam sebuah wadah wadah plastic yang sudah di press dengan mesin pemanas, didalamnya biasanya sudah tertera kertas berisikan logo penjual. Untuk masalah harga anda tak perlu risau karena kue lezat ini dibanderol dengan harga merakyat namun dengan rasa yang lezat. Cukup dengan membayar Rp.8000,- hingga Rp.20.000,- anda sudah dapat menikmati satu wadah Kue Manco dengan beragam varian. Hingga saat ini kue Manco ini masih sangat digemari oleh banyak wisatawan sebagai oleh oleh khas Madiun.

2. Roti Bluder Cokro

Setelah membahas tentang Kue Manco sekarang kita beralih pada sebuah makanan yang tidak asing di telinga kita yaitu Roti Bluder. Roti bluder adalah roti yang berasal dari negeri kincir angin Belanda, kalau di Indonesia termasuk dalam kategori roti jadul dan tentunya memiliki banyak penggemar setia. Bluder memiliki keistimewaan dengan roti lain pada umumnya, yaitu ada ada tekstur yang sangat lembut dan istimewa.  Tidak seperti kebanyakan roti bluder yang lain, roti yang satu ini memiliki beberapa keunikan yang membuat makanan ini menjadi oleh oleh khas Madiun.

Bluder yang paling legendaris di Madiun adalah Bluder Cokro. makanan ini merupakan produk roti legendaris yang berasal dari Madiun, Jawa Timur. Kelembutan dari roti Bluder Cokro memiliki ruang tersendiri dihati masyarakat, tentu saja dari rasa istimewa yang dipertahankan sejak dari dulu, sehingga membat roti yang satu ini tetap diburu oleh para wisatawan local maupun manca Negara yang berkunjung ke Kota Gadis tersebut.

Roti Bluder Cokro sendiri unggul dengan rasa dan elembutan yang ada padanya dengan berbagai macam varian rasa, total ada 14 varian rasa yang disuguhkan Bluder Cokro untuk para penikmat setianya. Ada original, coklat, keju, kismis, strawberry, blueberry, nanas, smoked beef, nutella abon sapi, abon ayam, dan lain-lain. Ada varian rasa yang sangat popular dikalangan penikmat bluder yang bertempat di Jalan Cokroaminoto nomor 36, Kota Madiun, Jawa Timur ini yaitu rasa original, rasa coklat, rasa keju, dan rasa kismis.

Salah satu faktor yang membuat bluder sangat digemari oleh para wisatawan adalah dari cara pembuatannya yang masih tradisional, seperti memakai geblok dan biang dengan babonan. Untuk menikmatibluder spesial ini anda tidak perlu merogoh kantong yang sangat dalam. Karena dengan Rp.8000,- hingga Rp.10.000,- anda suadah bisa menikmati salah satu makanan khas Madiun ini, tak jarang kue bluder ini juga menjadi hidangan Penutup di beberapa Cafe di Madiun.

3. Lempeng  Puli

Setelah menikmati lembutnya Bluder Cokro, kini kita akan beralih ke makanan yang sifatnya renyah. Makanan tersebut adalah krupuk puli atau sering disebut dengan Lempeng Puli.

Makanan khas Madiun lempeng atau nama lainnya kerupuk puli adalah kerupuk dengan bahan dasar nasi yang sudah digepengkan dan dijemur dibawah terik matahari hingga kering. Krupuk ini biasanya berwarna kuning, bukan tanpa sebab karena yang membuat nya warna kuning adalah pengawet yang biasa disebut dengan bleng. Krupuk puli yang baik adalah krupuk puli yang mudah pecah dan lebih cepat tumbuh jamur jika tidak segera digoreng.

Bumbu khusus yang diracik untuk Lempeng Puli khas Madiun ini menjadi salah satu alasan kenapa makanan gurih dan renyah ini menjadi terkenal dan menjadi daya tarik para wisatawan yang berkunjung ke Madiun.

Untuk mendapatkan Lempeng Puli khas kota Gadis ini tidaklah sulit, Karena kini sudah tersebar diberbagai toko oleh oleh Madiun dan dengan harga relative terjangkauyang pastinya bisa memanjakan lidah anda tanpa harus membuat dompet berteriak. Karena makanan ini juga sangat merakyat bagi kalangan wisatawan maupun penduduk Madiun sendiri.

Secara umum, banyak industri kecil yang yang membuat dan menjual produk oleh-oleh khas Madiun ini. Namun ada beberapa sentra industri kecil yang membuat makanan khas ini, salah satunya adalah di Jlan Gajah Mada, kelurahan Manguharjo, Kecamatan Manguharjo.

Makanan yang satu ini memang mudah didapat, bisa diperoleh dengan harga yan sangat terjangkau serta enak digunakan sebagai camilan maupun sebagai teman makan pecel.

4. Madumongso

Menikmati renyahnya Lempeng Puli tentu tak lengkap jika anda belum menikmati makanan lumer yang satu ini, “Madumongso” begitu sebutannya. Madumongso merupakan makanan yang berwarna hitam dibungkus dengan kertas warna – warni dan menjadi makanan khas Madiun selanjutnya. Legitnya rasa manis yang dimiliki oleh Madumongso ini kerap kali membuat gigi anda sakit, namun rasa manis ini lah yang membuat bnayk wisatawan dan penduduk madiun sendiri menyukai makanan yang satu ini.

Siapa sangka jika makanan yang lumer dimulut ini merupakan hasil fermentasi dari tape ketan dengan bantuan ragi. Pada awalnya memang terasa manis, namun lama kelamaan rasanya asam karena adanya reaksi fermentasi, memang terbilang unik.

Bahan dasar makanan khas Kota Gadis ini adalah ketan hitam kualitas terbaik yang harus dipoles terlebih dahulu untuk menghilangkan kulit arinya yang kasar. Si hitam manis ini memang lezat dan lumer di lidah anda, sehingga membuat anda untuk terus mencicipinya. Makanan khas ini bisa anda peroleh dibanyak took oleh-oleh yang ada di Madiun, selain harga nya yang pas dikantong, rasanya juga pas dilidah anda, tak salah jika makanan yang sau ini menjadi favorit para wisatawan untuk membelinya.

Itu tadi beberapa makanan khas Madiun beserta oleh-oleh yang wajib kamu bawa saat kamu pergi atau berwisata ke Madiun, selain harga nya yang murah, menu makanan dan oleh-oleh yang disajikan juga lezat menggoda bagi lidah. Tentunya jangan sampai kalian lewatkan. Lalu menu makanan khas yang manakah yang kalian suka?