Mengenal dan Mempelajari Teknik Dasar Fotografi Untuk Pemula

Photography dapat diartikan dengan kata Photo (Cahaya) dan Grafo (menulis/menggambar), dengan begitu bisa diterjemahkan bahwa fotografi merupakan suatu cara menggambar dengan cahaya. Dengan begitu , jelas bahwa cahaya sangat berfungsi penting dan menjadi sumber utama di dalam mendapat gambar (tanpa cahaya tidak bisa menghasilkan foto).

Okay, diartikel kali ini kita akan membahas teknik dasar fotografi yang berbakat, sebelumya apakah kalian sudah mngerti belum apa itu teknik dasar? Teknik dasar merupakan sesuatu yang  harus dipahami sebelum lebih dalam lagi mengetahui tentang fotografi, jika kalian memegang kamera apakah kalian pernah merasakan sesuatu yang aneh? Seperti takut jelek mengambi gambar ataupun takut salah, disini saya akan memberikan informasi tentang teknik dasar fotografi, simak yaa.

Yang Harus Dipahami Sebelum Menjadi Fotografer

teknik dasar fotografi

  1. Dasar Dasar Fotografi

Fotografi ngga cuman bagaimana kita pencet tombol shutter saja. Fotografi merupakan seni yang rumit. Dia ngga cuman hanya permaina akan tetapi rasa dan inovasi karya yang terus lebih maju. Belajar fotografi seharusnya step by step. Jangan terlalu terburu buru melangkah ke step yang rumi jika Anda tidak paham aaaakan dasarnya dimulai dari mana. Karena itu cuman bisa membuat Anda bertanya-tanya, bingung, dan endingnya Anda akan kembali lagi ke tahap awal. Dibawah ini beberapa pengetahuan dasar dasar fotografi yang sebaiknya  Anda pelajari:

  • Mengetahui Kamera

Langkah yang pertama yaitu mengetahui tahap-tahap penting kamera dan juga fitur pada  kemampuan kamera Anda. Sebagai fotografer sewajarnya Anda bersahabat dengan kamera Anda. Pahami dan pelajari kegunaan dari setiap tombol yang tersebar pada kamera Anda.

  • Cara Menekan Tombol Shutter

Tombol shutter merupakan tombol yang Anda pencet buat mengambil gambar (memotret). Langkah  menekan tombol shutter di  kamera DSLR tidak sama dengan cara menekan tombol shutter di kamera Handphone atau smartphone Anda.

  • Mengenal Eksposur (Exposure)

Eksposur adalah bagian dari fotografi. Jadi, sangat dianjurkan buat Anda memahami dan menguasai apa saja yang menyangkut dengan eksposur. Tiga elemen yang digunakan eksposur (segitiga eksposur) yaitu: Shutter speed,Aperture / difragma,ISO.

  • Mengenal Mode Pemotretan

Semua kamera DSLR memberikan pilihan penggunaan kamera, mulai dari yang lebih gampang (auto) sampai berada dipilihan pengoperasian manual, dan semua pilihan tersebut dikatakan sebagai mode / modus pemotretan. Akan tetapi yang saya anjurkan disini cuman mode pemotretan yang hanya dibutuhkan dalam pengembangan fotografi.

  • Pengetahuan Tentang Lensa DSLR

Ada dua macam kamera yaitu body dan lensa yang digabungkan ke body kamera. Buat pengenalan fitur dan banyaknya tombol yang tersebar di body kamera sudah saya anjurkan pada poin pertama di atas, jadi selanjutnya agar Anda mempelajari materi yang mengulas tentang lensa kamera:

  1. Mengenal jenis-jenis lensa
  2. Penjelasan kode yang ada di lensa
  3. Cara  memakai fokus pada lensa
  4. Mengetaui fungsi Image Stabilization dan Stabilizer
  • Mengatur Fokus di Kamera

Penggunaan fokus bukan cuman menyangkut soal lensa. Ada setting tambahan yang harus Anda pahami cara berkerjanya untuk bagaimana fokus itu asli kerja maksimal darilensa dan kamera. Kesalahan menetapkan pengaturan fokus di kamera atau tidak paham akan fatal terjadinya dan sangat berpengaruh hasil gambar Anda.

  • Settingan Kamera

Kecuali segitiga eksposur, ada berbagai pengaturan kamera yang harus dapat Anda kuasai dan ini berangkaian erat dengan hasil pemotretan atau disebut mensuport hasil foto dan kreasi Anda nantinya.

  • Dua Teknik Dasar

Langkah pertama: mengenali teknik seragam yang benar membingkai adegan seragam dengan kaidah fotografi, aturan ini disebut Teknik Pengambilan Gambar (Type of Shot).

Langkah kedua: sangat dianjurkan juga buat Anda mengenali macam-macam sudut pengambilan gambar (angle).

  • Belajar Menyusun Komposisi

Sesudah Anda memahami semua materi yang saya sudah anjurkan diatas, maka tibalah Anda mulai masuk ke tahap keindahan yang sesungguhnya dari fotografi, yaitu komposisi. Merangkai komposisi bisa lebih mudah dan bisa sulit, sesekali diuntungkan oleh suasana dan sesekali juga Anda wajib berfikir keras supaya bagaimana adegan yang sederhana biasa menjadi luar biasa. Hal ini perlu latihan. Karena komposisi lah jadi tampak perbedaan dari gambar oleh profesional berbanding gambar dari pemula, dengan begitu keduanya akan kelihatan samar di mata Anda.

  • Mengenal Genre Fotografi (Referensi)

Materi ini saya sampaikan sebagai referensi dasar buat Anda yang pemula agar mengenal karakter sedikit genre fotografi yang populer. Contohnya seni musik yang mempunyai berbagai aliran (genre), dengan begitu fotografi juga mempunyai banyak aliran fotografi.

Saya ingatkan sekali lagi agar anda benar benar memahami dasar dasar fotografi dan terus bermainlah engan kamera Anda akan lebih maksimal hasil gambar an Anda.

Cara Menjadi Fotografer

cara menjadi fotografer

  • KEMBANGKAN KETRAMPILAN ANDA DI BIDANG MEMOTRET

Tanpa ada pemikiran  “ini cara yang salah ini cara yang benar”agar  cara menjadi fotografer. Sebagian orang berpikir dengan cara terbaik agar menjadi fotografer profesional yaitu dengan sekolah di bidang fotografi,Bukan hanya dengan cara tersebut. Karena beberapa orang bernilaian bahwa sekolah cuman membuang-buang waktu mereka agar menjadi fotografer.

Memang hal ini benar adanya , karena anda bisa melakukannya dengan cara membaca buku tentang  fotografi atau bertanya kepada orang yang telah berpengalaman dan juga melakukan praktik sendiri. Segala sesuatu yang anda putuskan buat dilakukan, maka lakukanlah. Hal tersebut dapat meningkatkan ketrampilan anda dalam memotret.

  • GUNAKANLAH PERALATAN YANG BENAR

Jenis peralatan yang harus anda perlukan selama pemotretan bergantung pada jenis pemotretan yang anda kerjakan. Akan tetapi seringkali, anda butuh menyiapkan 2 kamera dan lensa yang berbeda untuk suasana yang berbeda-beda. Disisi lain, anda juga butuh menyajikan perangkat lunak yang benar buat melakukan pemeriksaan selesai pemotretan supaya dapat menciptakan hasil yang bagus. Ingat, semuanya ini bergantung pada jenis pemotretan yang anda kerjakan. Jadi, pakailah alat yang cocok untuk tiap kali pemotretan yang anda kerjakan.

  • BELILAH PERALATAN SECARA HEMAT

Membeli peralatan yang bagus dan bermutu memang penting buat menciptakan foto yang bagus, namun anda tidak harus menginvestasikan semua tabungan anda buat membelikan peralatan yang baru saat anda baru memulai karir anda. Contohnya,belilah peralatan yang sudah kepakai tapi masih bagus; belilah model lama yang ada potongan harga setelah model baru keluar; sewa peralatan; atau dapat juga meminjam peralatan ketika sudah anda yakin bahwa bisnis anda dapat sukses. Saat anda membeli peralatan, cermatilah pajaknya. Membeli lensa yang bagus adalah investasi yang lebih penting dibanding tubuh kamera, karena lensa bisa dipakai kembali jika anda sudah  membeli kamera yang baru, dan biasanya menghasilkan efek yang sangat besar dalam kualitas jepretan.

  • KENALI KAMERA ANDA

Kamera mempunyai peran yang terpenting dalam mmenciptakan  gambar yang bagus.Dengan begitu , sebelum anda membeli kamera pertama anda, tentu belajarlah terlebih dahulu tentang pengaturan dan ciri khas dari kamera yang akan segera anda beli. Belajarlah buat mengganti lensa foto tidak harus melihat. Karena meraba-raba menggunakan peralatan dapata membuat anda kelihatan tidak profesional dan akan mempengaruhi kualitas pada akhir foto anda.

Agar menjadi fotografer yang benar-benar mahir, anda harus belajar dan berlatih. Berlatihlah dengan leluasa di rumah anda dengan memanfaatkan sekitan lingkungan anda. Ambilah sebagian gambar dengan settingan yang bermacam macam supaya menghasilkan foto yang unik dan menarik. Hal ini akan membantu anda dalam memilih  peralatan yang hendak anda pakai dalam pemotretan.

  • BELAJAR LEWAT INTERNET DAN MEDIA LAINNYA

Belajarlah dari media internet, majalah, atau buku-buku fotografi terupdate tentang cara meninggikan kualitas anda dalam memotret. Hal ini akan memandu anda cara-cara baru dalam memakai kamera anda untuk menghasilkan gambar yang bagus dan keren. yakinkan bahwa anda mempunyai pengetahuan yang luas tentang cara memakai peralatan kamera yang lain, seperti halnya merubah lensa. Soalnya jika tidak, maka anda bisa kebingungan dan kelihatan kurang profesional saat mengerjakan pemotretan.

  • BELAJAR CARA MENGEDIT HASIL

Belajarlah cara memakai perangkat lunak yang benar selama kegiatan pemeriksaan (editing). Karena perangkat lunak yang bermutu bisa menolong anda agar menghasilkan gambar yang speaktakular. Pakailah Adobe Photoshop ketika  anda melakukan pemeriksaan terhadap gambar gambar anda. Tapi, jika anda kurang menyukainya, anda bisa memakai Lightroom atau perangkat lunak yang lainya.

  • BUATLAH PORTOFOLIO YANG SEMPURNA
Baca Juga  Kumpulan Kamera DSLR Nikon Terbaik 2018

Supaya jasa anda dapat dipakai oleh banyak orang dan tidak cuman keluarga dan teman-teman, jadi anda harus menampilkan karya-karya terbaik anda dalam wujud portofolio. Pakailah foto-foto anda yang keren dengan variasi yang bermacam macam  untuk mewujudkan bakat anda. Dengan begitu portofolio anda tidak cuman  terdiri dari 5 atau 10 gambar ,akan tetapi lebih dari itu. Dengan melakukan cara seperti itu , maka orang-orang mau melihat karya yang anda buat. Dengan cara seperti ini anda dapat menghasilkan seorang klien.

  • CARI TAHU KETRAMPILAN/KEAHLIAN ANDA

Cobalah buat mengambil gambar di setiap model  fotografi yang anda minati, sebelum anda memilih bidang keahlian anda.Contohnya, foto preweding, pemandangan, olahraga, dan sebagainya. Jika anda sudah melakukannya, dengan begitu cari tahu bidang fotografer anda, dan pakailah hal tersebut buat menghasilkan keuntungan d keahlian dalam bisnis anda.

  • BERIKAN PADA KLIEN APA YANG MEREKA INGINKAN

Anda mungkin mau menghasilkan foto orang yang inovatif, akan tetapi klien anda suka hal yang berbeda seperti cukup saja terlihat cantik

  • AMBIL GAMBAR (MEMOTRET)

Cara berikut cukup mudah,tapi hal ini kunci buat segala sesuatu. Hal tersebut adalah memotret. teknik dasar fotografi merupakan cara yang bisa mengambil gambar keren di tempat yang biasa saja.Cara jitu.Keluarlah, kemanapun anda pergi. Contohnya ketempat yang mungkin dibilang orang jelek buat mengambil gambar, tetap anda cobalah. Karena anda belum pernah tahu apa yang dapat anda hasilkan jika anda belum mencobanya. Hal ini akan membantu untuk melancarkan kemampuan fotografi anda.

Sebagian Teknik Ini Dianjurkan Untuk Fotografer

belajar fotografi pemula

  • Fotografi HDR (High Dynamic Range)

HDR  merupakan serangkaian trik yang dipakai dalam suatu bidang fotografi untuk membentuk sebentuk jangkauan cahaya dinamis yang lebih luas dibandingkan memakai trik fotografi standar Teknik Teknik Fotografi. Kamera non-HDR cuman  bisa menghasilkan gambar dengan jangkauan pencahayaan yang terbatas, hasilnya kurang kurang lengkap pada area gelap atau terang.

Senyampang trik HDR dapat menyembunyikan keminusan  ini dengan meniru bermacam macam foto pada tingkat pencahayaan dari berbagai gambar dan memadukannya buat menghasilkan foto dengan jangkauan tone yang lebih lebar. Foto HDR bisa diolah di Photoshop dan PhotoMatrix.

  • Fotografi High Speed

Fotografi High Speed pada dasarnya merupakan teknik mengambil gambar dengan shutter yang sangat kunjung. Shutter speed buat fotografi high speed jauh lebih kunjung, 1/8000 detik. Dengan shutter speed yang lebih kunjung, fotografer dapat membekukan situasi dan memusnahkan blur. Mengambil high speed foto wajib memakai lensa dengan aperture yang lebar, pencahayaan yang terang atau ketepatan setting ISO. Ditambah lagi kamera wajib  mempunyai  sensor yang baik, shutter, dan lampu sorot yang baik.

  • Fotografi Soft Focus

Foto soft focus diciptakan dengan memakai kamera khusus yang menghasilkan garis lembut di foto sedikit blur dan garis tepi yang tajam. Gaya foto ini seringkali diumpamakan dengan dreamy dan glamour style yang sering dipakai untuk event fashion dan pernikahan fotografi. Ada macam macam kamera terupdate yang bisa menciptakan foto soft focus. Atau kamu boleh memakai cara yang lebih murah dengan meletakkan lensa soft focus di depan lensa biasa lalu memberikan efek di photoshop.

  • Fotografi Infrared

IR fotografi merupakan seni menangkap cahaya yangtidak kelihatan , Dan kemudian dikatakan spektrum warna Infra Red. Akhir akhir ini sangat memungkinkan buat  memotret IR memakai kamera digital. Buat menciptakan foto IR, Anda membutuhkan filter IR dan juga tripod. Di sini tripod memanfaatkan sebagai stabilizer saat memotret dengan memakai shutter speed yang lambat dan exposure kecil.

  • Fotografi Fisheye

lensa fisheye atau disebut fisheye memakai dengan wujud berputar 180 derajat. Fotografer boleh menciptakan  foto dengan perspektif yang sudah berlainan, teknik dasar fotografi baik itu indoor atau outdoor. Angle yang istimewa lebar dengan titik fokus tertentu dapat menghasilkan  warna berbeda di foto yang di ambil. Dengan begitu , lensa fisheye difungsikan  sebagai memotret semua awan sebagai kepentingan penelitian di bidang pengkajian meteorologi.

Luar biasa tidak Teknik Teknik Fotografi profesional? Menjadi profesional tidak hanya gampang digapai dengan cara yang instan. Jika ingin menjadi salah satu fotografer pro dengan karya yang keren, belajarlah terus dengan tekun dan jangan mudah menyerah adalah kunci utamanya.

Trik Fotografi Tanpa Kamera

belajar fotografer dengan kamera hp

  1. Belajar Fotografer Dengan Kamera Hp

Kenyataannya tidak cuman smartphone android saja ya sob yang bisa dipakai saat  memotret dengan konsekuensi yang bagus, disamping itu juga ada windowsphone, smartphone blackberry, iphone yang dengan keahlian hardware setiap produsen smartphone. Dapat Anda percaya bahwa kita tidak harus mempunyai kamera digital yang dikatakan cukup mahal, hanya dengan smartphone saja Anda bisa memotret dengan menciptakan yang keren.

Dibandingkan dengan kamera digital yang setiap saatnya bisa bagus kurang lebih keuntungtungan untuk skill dan pengalaman, fotografer ketika professional seringkali dapat lebih baik ciptaan nya. Karena juga saat memakai kamera nggak gampang dalam memakainya lebih gampang saat memotret memakai smartphone. Ada berbagai problem  yang menjadikan bagus kurangnya suatu karya jepretan kamera, salah satunya yaitu cara memotret, pencahayaan, spesifikasi kamera dan masih banyak hal lainya.

Seiring majunya teknologi tentu saja pada smartphone akan terus mengalami perbaikan dan pembaruan fitur yang ada.Tidak kecil dari beberapa vendor / produsen smartphone (android, iphone, windows phone, blackberry) yang dilengkapi dengan fitur kamera layaknya kamera SLR. Ketika sahabat sudah mengetahui cara memakai dan cara memotret dengan memakai smartphone secara benar, maka dapat dipastikan akan memiliki hasil jepretan yang keren.

Berikut Belajar Fotografer Dengan Kamera Hp yang akan saya ulas lebih dalam agar kamu memahaminya.

1. Pencahayaan Yang Lumayan

Yang pertama bisa Anda pahami cara menyetting  pencahayaan di   obyek, karena di setiap usulanya kamera smartphone baik itu windows phone, blackberry, iphone dan hp android tidak mempunyai sesensitif mata dengan benar. Hanya mata kita yang bisa melihat kesamaran lebih terlihat, jadibisa dibuktikan anda menganalisa apakah pencahayaan sudah lumayan atau masih kurang.

Apakah Anda mengerti bahwa foto di tempat terbuka hasilnya akan lebih bagus di bedakan dengan di dalam ruangan, ya benarsaja karena seandainya di siang hari memudahkan lebih mendapat penerangan yang lumayan. Kemudian saat dirasa tetap gelap begitu dengan anda bisa memakai flash, akan tetapi sebaiknya ketika memakai flash pakailah pada jarak 2  atau 3 meter saja. Seandainya terlalu dekat dengan begitu bisa terlalu terang dan jika terlalu jauh bisa kurang terang jadinya.

2. Jangan Gunakan Zoom

Solusi yang benar dalam fotografi yaitu mengarah dengan benar, Apakah Anda mergerti tentang kamera handphone lebih mengarah untuk memperkecil obyek pada gambar, nah oleh karena itu maka perlu memotret dengan jarang yang cukup. Sering kali orang lebih suka dengan zoom pada kamera ketika akan memotret, akan tetapi tahukah anda bahwa ketika kita memotret dengan fitur zoom akan menurunkan resolusi pada hasil foto nantinya.

Jadi fitur zoom dapat membuat hasil foto menjadi tidak tajam dan jika diperbesar lagi menjadi buram tidak fokus, oleh sebab itu sebaiknya jangan memakai fitur zoom. Lebih bagusnya mendekat ke obyek yang ada agar nanti endingnya juga lebih bagus dan lebih tajam.

3. Pegang Smartphone (Jangan Goyang-Goyang)

Kemudian pada tips yang ketiga yaitu dengan menggenggam smartphone di posisi yang solid, semakin solid memegang kamera maka akan semakin bagus foto yang dihasilkan. Sesungguhnya tidak susah kok buat menjaga keseimbangan, jika pada keadaan tertentu misalnya kita bisa memotret dengan sandaran. Berbaring  dan sebagainya yang terutama jangan takut ya jika suka gerogi bisa gemetaran gitu. Jadinya ya obyek foto nyablur dan kurang bagus, dengan begitu sekali lagi lihatlah solid jangan sering gerak dan bergoyang.

Baca Juga  17 Aplikasi Mengedit Foto Paling Terbaik 2018

4. Fotografi Obyek Yang Unik dan Bagus

Kemudian nih sob agar hasilnya bisa bagus, tentu saja harus menentukan obyek foto yang bagus pula sob. Saran saya lebih baik memilih obyek luar lingkungan jadi dengan begitu lebih leluasa memilih macam macam obyek menarik, alangkah baiknya sobat memilih obyek pemandangan alam. Karena banyak orang lebih suka dengan pemandangan alam lalu usahakan menerapkan cara diatas tadi sob.

Maka dari itu akan kelihatan bagus dengan pemandagan alam yang bagus juga, untuk zonanya sebenarnya tergantung lingkungan anda. Jika Anda lebih menyukai pemandangan yang berbau ke panorama sungai dan persawahan, ada juga panorama yang bagus terletak dari atas pegunungan, yang dimana kita bisa melihat daerah dibawahnya dengan terlihat sangat bagus.

5. Gunakan Resolusi Tinggi

Yakinkan saat akan memotret memakai smartphone android atau (windows phone, iphone, blackberry) Anda wajib mengatur ketentuaan menjadi tinggi, tujuan resolusi tinggi adalah agar hasil jepretan foto menjadi lebih detail dan ketika dicetak tidar pecah gambarnya. Selain itu, dengan adanya hasil foto yang resolusinya tinggi, maka akan semakin bagus kualitasnya jika akan dicetak dengan ukuran besar maupun kecil, karena dipastikan gambar tidak pecah ketika selesai mencetak.

Saat Anda mengatur akan resolusi tinggi tentu saja patokan file foto atau gambar akan menjadi lebih besar, pahami handphone yang anda gunakan memiliki memory yang lumayan dan spesifikasi resolusi kamera yang cukup bagus. Dalam hal ini spesifikasi dari handphone atau smartphone juga dituntut untuk lebih baik lagi.

6. Bersihkan Lensa Kamera

Perlu bagian lensa juga Anda ingat ingat, nah saat kita mengambil foto sebaiknya pakailah lensa yang bersih / tidak kotor, tentu saja jepretan Anda pasti tujuanya supaya hasil potret menjadi keren. Jika lensa kamera kotor maka hasilnya akan menjadi buram, bahkan tidak akan terlihat jelas obyek nantinya jika di potret, oleh sebab itu kita perlu membersihkan lensa terlebih dahulu sebelum menggunakanya.

Caran membersihkan lensa kamera smartphone cukup gampang ya , Anda cuman perlu menggunakan tisu basa kain juga bisa sob tapi kain yang lembut dan bersih. Kemudian bersihkan dengan langkah searah, misalnya dari atas ke bawah maka lakukan hal tersebut hingga lensa kamera sampai bersih, maka dengan kita membersihkan lensa hasil foto akan lebih bagus dan bersih.

7. Gunakan Efek / Edit Foto

Langkah terakhir nih bagi sobat yang ingin mendapatkan hasil foto yang bagus dan keren, pastikan untuk mengedit terlebih dahulu. teknik dasar fotografi dengan tujuan mengedit yang saya maksud adalah dengan memberikan efek tertentu, misalnya gunakan autofocus / blur yang biasa digunakan oleh banyak orang. Foto akan lebih hidup dengan berbagai efek menarik yang lebih padu, pemilihan efek tentu saja perlu di pertimbangkan dan di sesuaikan dengan obyek.

Trik Memotret Menggunakan Kamera

cara memotret dengan kamera dslr

Mayoritas orang membeli kamera yang bagus karena cuman ingin memotret momen disaat malam hari yang gelap. Kamera DSLR mempunyai sensor gambar yang jauh lebih besar dibanding kamera compact jadi potensi mempunyai hasil foto yang cukup jelas lebih besar. Namun jika Anda tidak dapat menyetting dan memakai kamera dengan benar, hal itu membuat hasil foto dengan kamera DSLR tidak  dapat maksimal juga. Kali ini saya akan rekomendasikan cara memotret dengan kamera Dslr  dengan kondisi cahaya yang cukup gelap, misalnya di dalam ruangan atau ketika malam hari.

  • Pakailah ISO tinggi – Ketika memotret di kondisi cahaya gelap dan dengan kamera dalam genggaman, seharusnya memakai ISO tinggi kira kira ISO 800-6400 (tergantung tingkat cahaya yang ada).
  • Mode Aperture Priority (A atau Av) – Mode kamera yang saya gunakan adalah mode A / Av. Mode ini lumayan handal untuk macam macam kondisi, termasuk kondisi cahaya gelap. Jika Anda lumayan ahli, mode Manual (M) juga lumayan Mode A ini sangat praktis. Ketika memotret di keadaan yang  gelap, putar nilai bukaan ke angka yang kecil sebagai contoh f/3.5 atau lebih kecil lagi.  Nilai bukaan ini tergantung lensa yang terpasang.  Semakin kecil angkanya, semakin besar bukaan lensanya. Ada lensa yang dapat membuka sampai f/1.4 tapi kebanyakan lensa zoom maksimal bukaannya kira kira  f/3.5, f/4 atau f/5.6.
  • Gunakan lensa berbukaan besar – lanjutan tips diatas ya, lensa bukaan besar sangat berguna di keadaan yang gelap. Dengan lensa berbukaan besar, model 35mm f/1.8 atau 50mm f/1.8, kita bisa memberi banyak cahaya ke dalam kamera. Ketika memakai bukaan ukuran besar, ISO tidak membutuhkan terlalu tinggi, ISO 400-1600 biasanya sudah seimbang . Efek lain dari bukaan besar yaitu latar belakang yang tidak fokus kelihatan menjadi blur, sementara subjek yang difokus menjadi tajam. Ideal buat Anda portrait orang/model.
  • Continuous drive – Memotret berturut-turut bisa menolong Anda dalam kondisi cahaya gelap. Tujuannya yaitu supaya menghasilkan satu foto yang tajam. Cara mengaktifkan foto berturut-turut dengan cara aktifkan di menu drive mode. Klik simbol kotak-kotak berlapis, ketika Anda mengambil foto. Tahanlah tombol shutter dan kamera bisa mengambil foto berturut-turut. Pilihlah foto yang menurut Anda sempurna dari beberapa foto yang ada.
  • Ingat ingat ya arah cahaya yang jatuh ke subjek foto – cermati jatuhnya cahaya ke subjek. Sebagai contohnya ketika memotret orang, cermati apakah cahaya yang jatuh ke wajah cukup sempurna? atau wajahnya tertutup oleh bayangan? Jika mengkondisikan, komunikasikan kepada subjek tersebut supaya menoleh ke arah cahaya.
  • Tunggu momen yang pas – Jika subjek tidak dapat diatur, maka tunggulah waktu yang tepat untuk memotret. Ketika fashion show contohnya , ada waktu 1-2 detik ketika subjek berpose dan diam. Ketika itu merupakan tips yang tepat buat memotret.
  • Mantapkan genggaman – Ketika memotret di kondisi cahaya yang cukup gelap, biasanya shutter speed menjadi lebih lambat. Untuk hal tersebut, kita harus mantapkan genggaman kamera dan latihan pernafasan yang lebih baik. Tahan nafas  kemudian hembuskan nafas pelan pelan ketika menekan tombol shutter dengan lembut. Mantapkan posisi tubuh dan jangan sampai kamera bergetaran  ketika kita tekan tombol shutter.
  • Efek gerakan – Kita dapat menghasilkan efek orang yang bergerak dengan memasukkan elemen motion blur. Tips tersebut memakai shutter speed yang lumayan lambat dan sedikit panning (menggerakkan kamera) jadilah subjek foto dan latar belakang sedikit blur. Efek gerakan ini seringkali berhasil, sering kali juga gagal karena terlalu blur/goyang.
  • Lebih baik lagi jika Anda gunakan tripod – Tripod ideal dalam pemotretan subjek yang diam di malam hari, misalkan nih ya foto pemandangan alam, kota, langit bisa juga di dalam ruangan. Dengan menghandalkan tripod, kita tidak takut shutter speed lambat menjadikan foto blur.
  • Nyalakan flash/lampu kilat – Jika cahaya yang menerangi subjek kurang bagus (gelap, merata, warnanya tidak cocok). Dari permasalahan tersebut dapat di hindari dengan menyalakan   Di kamera DSLR seringkali kita temukan sudah ada lampu kilat yang terpasang (Built-in flash).
Teknik Fotografer

dasar dasar fotografi

 

Jika Anda ingin menjadi fotografer yang dapat di percaya, Anda tidak usah khawatir, dalam bagaimana teknik fotografer model cukup hanya menggunakan komposisi dan pencahayaan , jadilah foto yang sangat bisa di andalkan.Yang Terpenting yaitu:

  1. Ekspresi
  2. Postur atau sikap dan gerakan tubuh model
  3. Harmoni dengan background
  4. Pencahayaan

Tips yang harus diperhatikan oleh fotografer yaitu konsep,properti,kostum dan makeup model, waktu, lokasi, peralatan, komposisi dan pengambilan angle, olah digital.

Demikian artikel yang saya buat dengan sebenar benarnya, dari artikel tersebut tentang teknik dasar fotografi yang harus di pahami oleh seorang fotografer,seperti  Dasar Dasar Fotografi, Cara Menjadi Fotografer, Teknik Teknik Fotografi, Belajar Fotografer Dengan Kamera Hp, Cara Memotret Dengan Kamera Dslr, topik tersebut sudah saya ulas lebih dalam dengan begitu Anda bisa lebih profesional lagi dalam mengambil berbagai macam foto.

Jika ada kekurangan dalam artikel ini saya mohon maaf sebesar besarnya dan semangat terus ya dalam berlatih jangan pernah mengeluh dan jangan langsung merasa puas, ganbate.