Beberapa Oleh Oleh Khas Banjarmasin Sayang Kalo Gak DiCoba

Dikota Banjarmasin memang sangat banyak makanan yang wajib anda ketahui ketika sedang berkunjung ke Kalimantan Selatan salah satunya adalah Oleh oleh khas Banjarmasin. Kota yang merupakan sebuah ibu kota yang berada di provinsi Kalimantan Selatan ini dikelilingi oleh aliran sungai barito dan sungai martapura.

Para wisatawan akan disuguhkan dengan pasar terapung yang berada di atas sungai Barito. Nilah yang membuat banyak wisatawan berkunjung setiap tahunnya untuk sekedar menikmati sensasi berbelanja di atas perahu.

Akan tetapi jika anda menginginkan untuk berwisata religi, datanglah ke Masjid Sultan Suriansyah dan Masjid Sabilal Muhtadin. Sedangkan berlibur di Banjarmasin?jangan beranjak dulu tanpa membawa oleh oleh Banjarmasin alias tangan kosong.

Ada banyak pilihan oleh oleh khas Banjarmasin ini. Yang pastinya akan menjadi buah tangan untuk saudara di rumah atau untuk sahabat ataupun teman kita. Di artikel ini kami akan membahas 10 oleh oleh khas Banjarmasin.Simak terus yaa

AMPLANG IKAN PIPIH

oleh oleh banjarmasin

Amplang merupakan sejenis kerupuk  berbahan dasar ikan. Amplang juag dieknal dengan “KUKU MACAN”.Mungkin kalau amplang yang berasal dari ikan tengiri kita sudah prenah mencoba.

Akan tetapi,bagaimana denngan ampalang ikan pipih? Apakah kalian pernah mencobanya ? Jika kalian penasaran dengan amplang ini kalian dapat menemukanya di daerah Kalimantan selatan.

Amplang terbuat dari daging yang digiling halus dengan campuran tepung sagu. Ikan yang digunakan adalah Belida (ikan pipih). Ikan belida (ikan pipih) dianggap ikan yang terbaik karena rasa gurihmya yang lebih enak dan tekstur daging yang lembut saat dihaluskan. Karean ikan pipih merupakan spesies ikan yang semakin langka. Kerupuk ini dijual dengan harga Rp 25 per bungkus.

Maka Pada umunya amplang hanya bisa dijumpai di daerah kalimantan saja. Maka jika kalian berkunjung di daerah Kalimantan jangan lupa membeli amplang untuk dijadikan oleh oleh atau dijadikan temn saat perjalanan kamu.

PANTING

alat musik panting

Di dalam bahasa Banjar, Panting mempunyai banyak nama atau arti. Salah satunya adalah duri ikan yang mempunyai arti racun.Nah, yang kita bicarakan disini bukan duri ikan.Tetapi sebuah alat musik yang sepintas mirip dengan gambus yang diberi nama alat musik panting.

Panting merupakan alat musik khas Kalimatan Selatan.alat musik ini mempunyai 3 dawai yang dimainkan dengan cara dipetik.Tidak semua orang bias memainkan alat musik ini. Akan tetapi, kamu bisa membeli panting untuk oleh oleh yang bisa digunakan sebagai pajangan atau hiasan rumah.

Jadi,alat musik ini hanya berfungsi untuk menciptakan musik. Tapi juga untuk menghias ruangan karena bentuknya yang unik dan khas.Di kalangan Pemantingan dikenal pula adanya datu-datu pemelihara “Panting”. Di jaman dahulu, jika panting akan digunakan atau dimainkan di hadapan banyak orang, hal terlebih dahulu adalah di panggil datu-datu dengan cara membakar kemenyan dan meletakkan “Panting” di atas asap kemenyan yang dibakar tersebut.

Dan beberapa datu yang sanmagt dikenal adalah Datu Lampai, Datu Bangkala, Datu Kalambahai, Datu Kundarai, Datu Ujung, Dan Datu Lampai Sari yang satu-satunya adalah datu perempuan. Panting ini dijual dengan harga berkisar Rp 850 ribu. Nah murah kan??

RABUK IKAN HARUAN

Berbeda dari abon biasanya yang hanya terbuat dari daging ayam dan sapi.Di Banjarmasin ,abon tersebut terbuat dari ikan Haruan. Ikan ini hanya hidup di aliran sungai Barito. Memiliki rasa dan aroma khas yang unik  yang membuat ikan haruan ini dijadikan sebagai bahan utama untuk membuat rabuk.Walaupun dikenal sebagai yang ikan beracun. Namun berkat keahlian para pengrajin atau pembuat ikan haruan disuap menjadi makanan yang sangat lezat dan nikmat.

Jika  kalian  pergi atau berkunjung ke Banjarmasin, jangan lupa untuk membeli makanan khas yang ada di Banjarmasin untuk dijadikan sebagai oleh oleh buah tangan. Salah satu kuliner Banjarmasin yang sangat terkenal dan khas adalah rabuk ikan haruan atau yang sering dikenal sebagai abon ikan haruan. Kamu juga bisa mendapatkan rabuk ikan haruan ini di toko-toko yang menjual oleh oleh khas Banjarmasin. Selain sangat praktis, harga rabuk ikan haruan ini juga sangat bersahabat dengan kantong saku kamu.

Rabuk ikan Haruan ini dijual dengan harga yang berkisar dengan mulai Rp 25 ribu hingga Rp 125 ribu rupiah per toples. Sangat cocok untuk anak anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Abon ikan haruan ini juga bisa mempercepat penyembuhan pada luka dan dapat mencegah penyakit stroke.

Maka jika kalian pergi ke Banjarmasin jangan lupa untuk membeli ikan rabuk haruan ini  karena memiliki rasa yang sangat lezat dan sangat gurih sekali. Dan dijamin pasti kalian akan ketagihan. Makanan ini enak juga dimakan dengan nasi hangat saja. Umtuk itu masukan sekarang juag Rabuk ikan pada daftar oeh oeh wajib anda.

WADAI RANGAI

kue WADAI RANGAI

Kue ini salah satu oleh oleh khas Banjarmasin. Makanan ini bernama Wadai Rangai yang terbuat dari sagu yang memiliki rasa gurih dan teksturnya sangat renyah. Rasanya yang cukup unik, antara rasa manis dan gurih membuat para penikmatnya selalu lagi dan lagi. Karena cara pembuatannya dengan cara dipanggang. Anda akan merasakan sensasi makan kue kering  diluar namun akan lumer ketika masuk ke mulut .Makanan ini sangat cocok bagi anda yang sedang diet rendah lemak.

Jika pada zamna dahulu kue ini disajikan pada saat acara adat atau acara formal, kue ini bisa dijadikan oleh oleh untuk keluarga atau untuk teman.Bentuk kue ini terlihat biasa saja dan tidak menarik. Akan tetapi, sekali kamu mencoba kue ini kamu pasti akan ketagihan. Wadai rangai adalah kudapan atau camilan yang sangat cocok untuk suguhan di saat minum teh atau disaat bersantai. Kamu bisa mendapatkan dan membeli kue ini di pusat oleh oleh khas Banjarmasin.  Terbuat dari campuran tepung ketan dan bumbu lainnya. Diproses dengan sedemikian rupa sehingga menghasilkan tekstur kue yang sangat lembut dengan cita rasa rempah yang kuat.

Wadai Rangai ini ditawarkan berkisar Rp 23 ribu hingga Rp 27 ribu per kemasan.

BATIK SASIRANGAN

BATIK SASIRANGAN

Jika kalian pecinta batik, jangan lupa untuk mampir atau berkunjung ke kota Banjarmasin. Karena di kota ini terdapat berbagai jenis batik yang sangat terkenal, yaitu adalah batik sasirangan. Batik sasringan mrerupakan batik khas ari Banjarmasin. Warna cerah yang melekat pada batik ini  membuat kain terkesan anggun.Secara kasat mata kain ini terlihat mirip batik di Jawa. Kain tradisional ini punya beragam motif. Sebut saja Sari Gading, Iris Pundak, Jajumputan, Kulat Karikit dan sebagainya. Harganya pun bervariasi.

Tidak hanya kainnya, namun anda  juga dapat membeli barang yang sudah jadi berbahan batik sasirangan. Seperti halnya pakaian, selendang, sprei, bakan tas dan dompet.

Meski belum begitu dikenal, namun  kain ini cukup diminati oleh masyarakat. Ada sejumlah Koperasi UKM yang mengambil karya tangan masyarakat Banjar ini untuk kembali dijual, bahkan dipasarkan sampai ke luar negeri.

Namun seiring perkembangan zaman, nilai kesakralan kain ini mulai luntur  sebagaimana kegunan di awalnya. Sasirangan dan telah menjadi produk seni dan komersil. Harga yang dibanderol pun berbeda-beda, tergantung bahannya. Untuk bahan katunnya sendiri dijual dengan harga Rp 85 ribu hingga dengan harga Rp 95 ribu per 2 meter. Sedangkan sutera bisa mencapai harga Rp 250 ribu.

MINIATUR RUMAH ADAT

Suku banjar memang popular dengan masyarakatnya yang tetap memelihara kebudayaan leluhur. Salah satu pelestariannya adalah membuat souvenir berupa miniature rumah khas Kalimantan Selatan. Miniatur rumah didesain menyerupai rumah adat suku banjar, seperti : Joglo Gudang, Balai Kaki, dan Cacak Burung.Banjarmasin memiliki banyak puluhan suku yang masih melestarikan adat istiadat dan budaya mereka hingg saat ini. Miniatur rumah adat ini daspat dijadikan salah satu referensi untuk oleh oleh. Miniatur rumah adat ini biasanya cara membuatnya dengan menggunakan kayu agatis. Sekedar informasi bahwa kayu adatis merupakan kayu yang biasa digunakan untuk membuat rumha adat Banjarmasin.

Miniatur rumah adat ini dapat kalian dijadikan untuk koleksi atau hiasan rumah kamu. Atau bisa juga dijadikan untuk sebuah hadiah bagi sahabat dekat atau teman kamu dirumah. Beberapa jenis rumah adat yang ada di suku banjar ini antara lain rumah joglo gudang, cacak burung, tadah alas, balai kaki, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Harga jual miniatru adat ini sangat bervariasi. Dijual dengan kisaran harga Rp 450 ribu, sampai dengan harga Rp 600 ribu rupiah.

IKAN SELUANG

Masyarakat di Jawa mengenal ikan seluang dengan sebutan nama ikan wader. Di beberapa toko oleh-oleh di Banjarmasin, ikan seluang ini dijual sebagai cemilan yang sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh dan teman makan kamu di dalam perjalanan berpergian. Ikan seluang goreng tepung ini merupakan salah satu makanan khas Banjarmasin yang biasa dinikmati untuk cemilan atau bisa pula dimakan hanya dengan nasi putih.

Ikan seluang sangat paling cocok dimasak dengan cara digoreng. Sebelum Di goreng, ikanakan dibalut dengan tepung terlebih dahulu agar rasanya lebih gurih. Kumudian ikanini dikemas dengan higienis agar rasanya tetap renyah dan gurih. Jika kamu ke Banjarmasin, jangan lupa untuk mencoba ikan seluang goreng tepung ini,karena rasanya dijamin enak deh pasti kamu akan ketagihan.Harga ikan Saluang per bungkus hanya Rp 25 ribu rupiah.

DODOL KANDANGAN 

Dodol Kandangan merupakan salah satu oleh-oleh yang wajib anda bawa pulang Kelengitan dan banyaknya rasa varian seperti rasa durian dan coklatakn membuat anda ketagihan lagi dan lagi. Dodol durian adalah satu varian rasa dari dodol kandangan yang selalu diburu oleh penikmatnya dan salah satu dodol paling banyak peminatnya. Rasa durian yang sangat legit dan manis akan luber dan lebih terasa ketika berada di dalam mulut.

Tidak hanya daerah Garut saja yang mempunyai dodol dengan rasa yang sangat khas. Banjarmasin juga mempunyai berbagai cemilan yang serupa yang bernama Dodol Kandangan. Dodol ini terbuat dari beras ketan dan juga dari gula aren.  Harga dodol ini mulai dari harga Rp 2 ribu hingga Rp 9 ribu rupiah. Penasaran dengan rasa Dodol Kandangan ini ? Silahkan berkunjung ke Kalimantan Selatan. Dijamin ketagihan deh…

KAOS BANJARMASIN

kaos banjarmasin

Di Banjarmasin ada sebuah toko brand clothing yang terkenal dengan berbagai macam kaos khas Banjarmasin nya yaitu Hy-Munk. Disini kamu bisa mendapatkan dan membeli kaos dengan berbagai gambar atau motif yang bertemakan kota Banjarmasin. Jadi, tidak salah jika kamu membeli  kaos khas Banjarmasin untuk dijadikan sebagai buah tangan untuk keluarga teman atau sahabat bahkan juga pacar. Kaos ini sangat menarik dan eksotis untuk dipakai atau dikoleksi. Harga yang dibanderol mulai dari 70 ribu rupiah.

Gambar atau tulisan yang ada di design kaos dibuat dengan sangat kreatif teliti dan bersifat sangat lucu. Karena kaos merupakan salah satu oleh-oleh yang sangat umum dan bersifat lebih tahan lama. Toko Brand tersebut menyediakan berbagai macam macam jenis kaos, salah satunya adalah kaos polos bagian depan dan belakang. Jika kamu ingin terlihat  lebih keren, banyak design desaign yang berkaitan dengan kota Banjarmasin. Kamu tinggal pilih saja yang sangat kamu suka ??

Seperti namanya, kopiah jangang terbuat dari akar pohon jangang yang banyak tumbuh di Banjarmasin. Kopiah ini dulu hanya dikenakan oleh orang orang yang bisa disebut alim saja. Akan tetapi perkembangan zaman membuat kopiah jangang banyak digunakan untuk alah beribadah.

Kopiah ini disebut demikian karena bahannya dari akar pohon jangang. Pohon jangang marak ditemui di hutan hutan belantara Kalimatan.

Kopiah ini lemas dan bisa dilipat walaupun berbahan akar kayu. Kopiah jangang ini biasanya dijual di emperan saja, taka da toko khususnya.Biasanya, para penjualnya menggelar lapak  jualanya di emperan pasar Sudimampir di jalan Sudiampir, kelurahan, Kertak baru, Kecamatan Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

BATU MULIA

Banjarmasin terkenal sebagai penghasil batu permata berkualitas. Bagi para penggemar intan permata, Anda wajib mampir ke pasar intan Martapura.Dari pusat Banjarmasin, Anda akan menempuh jarak hingga 45 km untuk tiba di pasar ini.Batu permata di sini dijual dalam dua bentuk. Pertama berbentuk batuan . Sedangkan yang kedua berbentuk produk yang sudah diolah menjadi kalung, gelang, cincin, dan lainnya. Harga baru ini dijual dengan harga berkisaran Rp 15 ribu hingga Rp ratusan ribu rupiah.

Jika kamu pergi ke kota Banjarmasin, jangan lupa mampir ke Kota Martapura. Kota ini sangat dekat sekali dengan kota Banjarmasin. Di Martapura terdapat pusat penjualan batu mulia. Pantas saja kota ini dikenal sebagai Kota Intan. Kota ini merupakan seperti surga bagi para wisatawan yang pecinta batu akik. Pasalnya, di kota ini kamu bisa mendapatkan aneka ragam bebatuan yang dijual dengan harga puluhan ribu sampai dengan harga yang milyaran rupiah. Kamu bisa menjadikan batu mulia sebagai salah satu oleh oleh atau bisa dijadikan sebagai koleksi kamu dirumah. Itulah beberapa referensi oleh oleh khas Banjarmasin, mulai dari makanan khas Banjarmasin, kue khas Banjarmasin, dan Souvenir khas Banjarmasin.

Disini kami juga akan membahas beberapa resep kue khas banjamasin

Supaya kalian bisa mencob membuat sendiri di rumah mari simak beberapa resep kue khas banjarmasin yang bisa kalian coba sendiri..

RESEP KUE KHAS BANJARMASIN

PUTU MAYANG BANJAR

resep masakan khas banjarmasin

Resep : tepung beras, garam, air panas, santan kara, daun pandan, gula pasir.

KUE PEPARE

KUE PEPARE

Resep : kelapa parut, gula jawa, air, garam, daun pandan, Bahan kulit : tepung ketan.

BINGKA NASI / LUMPUR NASI

BINGKA NASI atau LUMPUR NASI

Resep : nasi sisa semalam, terigu, gula pasir, telur santan, vanili bubuk, mentega cair. 

APAM BARABAI 

Resep : tepung terigu, telur, ragi instan, gula pasir halus, mentega, susu dancow bubuk.

KUE IPAU

kue ipau banjarmasin

Resep : daging sapi atau sesuai selera, wortel ukuran sedang, kentang ukuran sedang.

KUE BINGKA PANDAN KHAS MELAYU                        

Resep : terigu serba guna, gula pasir, telur santan, margarin, garam, pasta pandan.

KUE LAPIS Banjar Legit & Wangi                                 

Resep : tepung hangkue, santan, gula pasir, tepung kanji atau tapioca, garam, daun pandan, dan jeruk purut, serai.

KUE PUTRI SELAT                                   

Resep : tepung beras, tepung kanji, gula pasir, air daun suji, santan hangat, santan panas

KUE BINGKA KETANG BAKAR                                

Resep : santan, dari 1 butir kelapa, gula pasir, garam, telur bebek, vanili bubuk, tepung terigu, kentang.

Selain itu kami akan meriview tempat makan terbaik di Banjarmasin.

TEMPAT MAKAN TERBAIK DI BANJARMSIN

SOTO BANJAR BANG AMAT

soto banjarmasin

Soto Banjar adalah tempat makan di Banjarmasin yang terkenal. Soto Banjar ini banyak yang menjualnya, namun yang paling dikenal adalah Soto Banjar Bang Haji Amat atau lebih dikenal sebagai Soto Bang Amat.

Alamatnya tempatnya di Jalan Banua Anyar nomor 6, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Posisinya dekat dengan Jembatan Banua Anyar, bersisian dengan Sungai Martapura.

RM LONTONG ORARI

Rumah makan di Banjarmasin ini adalah salah satu rumah makan yang terkenal karena selain makanannya harganya pun sangat menjangkau

Rumah makan di Jalan Simpang Sungai Mesa (Kabel) nomor 12 RT 18, Kelurahan Seberang Masjid, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin itu selama ini memang dikenal warga sebagai tempat penjualan lontong Banjar terbaik.

Dari segi kualitas rasa dan porsinya memang banyak disukai tak hanya oleh warga Banjarmasin, namun juga di luar itu. Dan lontong orari banyak yang menyebutnya tempat makan terbaik di Banjarmasin  yang harus kalian coba. Bahkan para selebrito sering datang ke tempat ini.

OMNIVORA CAFÉ

Omnivora cafe atau yang biasa dengan disebut “Kafe Omnivora” merupakan sebuah kafe yang tempatnya terletak di Jl Adyaksa No. 16D Kayu Tangi Banjarmasin, dan saat ini kafe Omnivora ini sendiri telah memiliki berbagai macam cabang diantaranya cabang kafe Omnivora yang tempatnya bteletak di Jl. Hasan Basri No 2A Kayu Tangi Banjarmasin (Omnivora Kayu Tangi) dan cabang kafe Omnivora yang tertetak di Jl. Panglima Batur No 2A Banjarbaru (Omnivora Banjarbaru) selain berada di kota Banjarmasin, kafe Omnivora juga memiliki cabang yang berada di kota Banjarbaru.
Eat, Play, Selfie merupakan salah satu tujuan utama tema yang di usung oleh pemilik kafe omnivora, seperti yang terlihat dari temanya kafe Omnivora sendiri memiliki tujuan untuk mengajak para pelanggan makan, cafe ini juga digunakan sebagai wisata kuliner Banjarmasin karena kita disana bisa bermain dan tentu saja jangan lupa mengabadikan dua momen tersebut dengan cara selfie (foto-foto).

Seperti namanya cafe Omnivora ini merupakan kafe yang memiliki banyak berbagai menu pilihan dan memiliki macam macam harga yang terjangkau bagi semua kalangan siapapun sehingga kafe ini sangat layak untuk dijadikan pilihan utama bagi Anda yang ingin merasakan masakan ala kafe tanpa memakan biaya yang lebih banyak. (Mpl)

DEPOT BAKSO SAPI PAL 1

depot bakso sapi banjarmasin

Ini dia salah satu legenda kuliner di banjar. Bakso nya terkenal dari seratus persen daging sapi pilihan, Dan menu favorit di depot ini ada beberapa macam,selain baksonya, yaitu gado gadonya yang nendang banget rasanya, lumpia nya, siomay dan pangsitnya… Beh, raja banar dah rasanya.

Lokasinya bertempat di jalan ahmad yani km.1, buka di ruko, kalo sudah jam makan siang atau malam, bisa antri sampai banyak. Tempatnya kecil dan agak panas, tapi ga bikin pengaruh terhadap antusias pemburu mkanan enak.

CRYSTAL BAKERY

Salah satu toko kue dan roti yang terkenal di banjarmasin. Menyediakan kue ulang tahun/ black forest juga. Rasanya enak, kualitas premium, tempatnya juga bersih, harga memang agak sedikit mahal, tapi sesuai aja lah sama kuenya/rotinya. Ada cabangnya juga di lain. Ga tau persis ada berapa toko kue crystal di banjarmasin ini.

Tempatnya berada di Jl. Ahmad Yani, Sungai Baru, Banjarmasin Tengah,  Kalimantan Selatan 70122,provinsi Indonesia

KANTIN KEBUN

Buka puasa bersama di Kantin Kebun sangatlah berbeda dibanding tempat lain. Bagaimana tidak, kita bisa memasak sendiri makanan yang dipesan.

Ya, Kantin Kebun yang berlokasi di Jalan Adhyaksa, Kayutangi, Banjarmasin, memang menawarkan sensasi memasak sendiri.

Menu disajikan di Kantin Kebun antara lain makanan tradisional Banjar, contohnya haruan (gabus) acan bakacak. Menu ini berupa ikan gabus goreng yang disajikan bersama cacapan terasi dan bawang bakar serta perasan jeruk.

HAJI ANANG SOTO

Kalau ingin menikmati soto banjar dengan cara yang berbeda, Soto Banjar H. Anang Ayam Bapukah adalah tempat yang wajib kamu kunjungi. Berbeda dari kedai soto banjar lain yang menyajikan soto dengan suwiran daging ayam, maka Soto Banjar H. Anang Ayam Bapukah justru menyajikan potongan ayam secara utuh di piring terpisah. Keunikan ini yang membuat kedai Soto Banjar H. Anang Ayam Bapukah selalu ramai oleh pengunjung. Biasanya, warga Banjarmasin menyantap soto banjar di sini sebagai menu sarapan karena Soto Banjar H. Anang Ayam Bapukah sudah buka sejak pukul 06.00 hingga 16.00.

Tempat ini berlokasi di Jalan Pangeran Samudera Cempaka, Banjarmasin, Indonesia

DEPOT NYONYA

Rumah makan ini selalu jadi objek pertama saat oarng orang berkunjung di daerah Banjarmasin karena tempatnya yang bersih dan sangat nyaman. Juga free wifi loo….

Depot ini berlokasi Jl. Gatotsubroto no. 28, Banjarmasin, Indonesia.

LEZAT BARU

Lezat Baru merupakan salah satu restoran di Banjarmasin Chinese Food yang populer di Banjarmasin. Menyediakan beragam makanan khas China(sapi, ayam, udang, kepiting, ikan, babi)

Dapat dipesan untuk menu halal.

Lezat baru berlokasi di Jln. Pangeran Samudera No. 22 , Banjarmasin 70111, Indonesia.

1. II POMODORO

il pomodoro adalah nama rumah makan yang menyajikan masakan italia yang terdapat di kota Banjarmasin tentunya. Namanya juga rumah makan, ya rumah yang ada tempat makannya. Itulah il pomodoro, rumah yang banyak set-set meja dan kursi untuk makan. menunya yang pasti khas negara Italia. such as spaghetti, lasagna, bruchetta e pizza. bisa makan satu menu disana : spaghetti dengan varian rasa yang berbeda-beda.

Berlokasi di Jln. Kayu Tangi – Jalur 1 – Rt.16 n. 5 , Banjarmasin 70235, provinsi Indonesia

RESEP DAN MASAKAN KHAS BANJARMASIN

Ada banyak makanan enak di Banjarmasin yang mungkin bisa kalian coba sediri dirumah jika kalian tidak sempat atau tidak ada biaya untuk ke Banjarmasin. Nah disini ada beberapa resep masakan khas Banjarmasin yang sangat mudah untuk dicoba.

CAPCAY SEDERHANA BANJARMASIN

Resep : wortel ukuran sedang, bayam kecil, kol, buncis, bawang putih, garam, gula, lada, dan penyedap, larutan maizena, air.

KIKICAK/ HINTALU KARUANG KHAS BANJAR

makanan enak di banjarmasin

Resep : tepung ketan, gula merah, telur, gula pasir, gula merah, garam, kelapa tua, daun pandan.

SAMBAL GORENG ATI KENTANG ALA BANJAR

Resep : kentang, hati ampela ayam, rupiah bumbu sambal goreng, daun salam, gula, garam, penyedap rasa.

SOTO BANJAR

Resep : ayam kampong, rebus, air kaldu rebusan ayam, miyak untuk menumis bumbu halus, jahe, dipotong, bawang merah, dipotong potong, bawang.

BISTIK AYAM BANJAR

Resep : ayam, kentang, wortel, kayu manis, garam, gula pasir, gula merah, kecap manis.

BISTIK CEKER BANJAR

Resep : ceker ayam, bawang merah, bawang putih, lada, kentang, jahe, royco, ayam, garam.

GANGAN ASAM BANJAR

Resep : ikan kembung, potong sesuai selera, kacang panjang, kol secukupnya, mentimun.

MASAK MERAH BANJAR

Resep : ayam, tahu putih, bumbu halus : Lombok besar kering, bawang merah, bawang putih, air asem, garam.

RAWON BANJAR

Resep : daging sapi, bawang merah, bawang putih, kemiri, luas, serai, kunyit, jahe.

SELADA BANJAR

Resep :  dada ayam, kentang, bumbu sop olahan, tomat, daun seledri, bawang goring, gula garam dan royco.

Itu tadi adalah referensi makanan khas Banjarmasin beserta resep yang dapat kalian coba untuk masak dirumah, Dan selain kaya dengan makanan beratnya ,Tapi dikota ini juga terkenal dengan oleh oleh khas banjarmasin.