Intip Keindahan Pantai Pasir Putih Situbondo Dan Wisata Lainnya

Pantai Pasir Putih situbondo ini merupakan salah satu pantai yang paling dikenal di kabupaten Situbondo. Pantai ini sudah diperbanyak  sedemikian rupa oleh pemerintah setempat. Berbagai fasilitas sudah ada  untuk menunjang kegiatan wisata. Lokasi pantai ini berada di tepi jalan yang menghubungkan Situbondo, Banyuwangi dan Probololinggo.

Di pantai ini kita dapat menyewa perahu layar yang biasanya akan mengantarkan pengunjung ke beberapa spot snorkeling. Lokasi pantai ini sendiri menghadap ke Selat Madura. Jaraknya sekitar 21 km dari pusat kota Situbondo.

Wisata Pantai di Kabupaten Situbondo yaitu pasir yang di kenal dengan hamparan pasir pantai yang berwarna putih bersih. Bibir pantai yang membentuk lengkungan mengahadap pantai membuat keindahan artistik pantai ini. Pemandangan panorama hutan di belakang Pantai Pasir Putih ini suasananya indah dan sejuk menambahkan di pantai semakin menenangkan.

Tidak cuma itu, morfologi pantai pasir putih pun terbilang unik.Bentuknya yang melengkung menghadap ke arah laut dengan latar belakang hutan yang membentuk gugusan pemandangan yang amat indah.Ke arah utara, Di belakangnya, rimbunan hutan menghidangkan kesejukan tersendiri.Pasir Putih adalah di antara tujuan wisata pantai andalan untuk Propinsi Jawa Timur. Hal ini dikarenakan letaknya yang strategis, yakni tepi di pinggiran jalur utama Surabaya-Banyuwangi.

Wisatawan yang pingin menuju ke Bali (dari Surabaya ), atau menuju Gunung Bromo(dari Banyuwangi), umumnya singgah utk beristirahat sejenak dan melihat keindahan pemandangan yang disuguhkan, terlebih nikmati eloknya matahari terbenam (sunset).

KEISTIMEWAAN DARI PANTAI PASIR PUTIH SITUBONDO

pantai di situbondo

Disamping itu, pada Bulan Oktober beberapa nelayan pada umumnya mengadakan beberapa upacara Petik Laut, yakni dengan melarung makanan, jajanan, dan kepala lembu ke sedang laut sebagai usaha memohon barokah dari hasil laut kepada Tuhan. Pada upacara ini tidak jarang diadakan  pementasan musik Gandrung, musik Gandrung ini adalah  musik tradisional yang populer terkenal di tempat Banyuwangi dan sekitarnya.Lokasi Pantai Pasir Putih berada di Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

AKSES JALAN PANTAI PASIR PUTIH SITUBONDO

wisata di situbondo

Akses jalan tidak kalah menarik dengan  yang lain arah ini menuju ke area Pantai Pasir Putih terbilang gampang atau mudah  karena posisinya di pinggir jalur utama Surabaya jurusan Banyuwangi.Obyek wisata pantai pasir putih ini berjarak surabaya banyuwani kurang lebih sekitar 200 km dari Surabaya atau lebih kurang 5 jam perjalanan memakai bus besar atau angkutan umum dari terminal Bungurasih (Surabaya).Dari daerah Situbondo,Pantai Pasir Putih berjarak sekitar 25 km atau 2  jam lama banget perjalanan dari Kota Situbondo.Dari Ibu Kota Situbondo ini

AKOMODASI DAN FASILITAS DI PANTAI PASIR PUTIH

Para Wisaatawan  yang belum bisa berenang, di lokasi pantai pasir putih ini ada banyak penyewaan ban-pelampung.Wisatawan juga bisaberangkat ke penyewaaan perahu yang melengkapi kota-kaca utk melihat panorama bawah laut.Pengelola wisata juga menyediakan sarana kamar mandi, musholla, dan sebagian area utk beristirahat berbentuk bangku beton yang umumnya dekat dengan beberapa penjual makanan. Di pasir ptih ini juga ada kios-kios yang jual souvenir  yang layakdapat  tiruan perahu dan hiasan dan aksesori aksesoris dari kerang.Untuk yang pingin menginap, lokasi ada penginapan berbentuk hotel, motel, dan losmen. Namun bila pingin berkemah, ada juga area spesial utk berkemah.

Wisata Pasir Putih Situbondo

Pesona Pasir Putih Situbondo

tempat wisata di situbondo

Secara administratif, Pantai Pasir Putih ini bertempat di Dusun Kembangsambi, Desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur. Dengan strukturnya yang melengkung serta pepohonan berwarna hijau yang ada di tepinya menambah pemandangan indah dan sejuk dari pantai ini. Barisan pohon pohon cemara udang, kelapa, serta deretan pepohonan jati memberikan udara yang enak dihirup dan menghadirkan ketenangan di kawasan Pantai Pasir Putih.

Pada bagian hutan di pasir putih ini, Anda dapat melihat sejumlah satwa berkeliaran di pepohonan. Salah satunya adalah kera hitam, satwa yang berapakali berebut makanan di jalan masuk ke kawasan Pasir Putih. Suara kicauan burung juga terdengar sepanjang hari. Dengan relief pantai yang  dilaluinya, ombak laut terasa sungguh kecil sangat kecil. Belum lagi ditambah dengan beningnya air laut yang memperlihatkan Anda formasi terumbu karang serta pemandangan indah bawah laut yang ada di dalamnya.

Mengingat lokasinya yang strategis indah, Pasir Putih Situbondo adalah salah satu destinasi yang sangat ramai dikunjungi, terlebih atau kurangnya ketika musim libur tiba. Di antara para wisatawan wisatawan yang ingin  pergi ke Pulau Bali dari Surabaya, atau ke Gunung Bromo jika dari Banyuwangi, sebagian besar dari mereka berhenti untuk melepas lelah dan bersantai dengan menikmati kesejukan dan melihat keindahan pesona Pantai Pasir Putih ini.Banyak para wisatawan  pecinta lingkungan serta peneliti datang mengunjungi wisata Pasir Putih di Situbondo bertujuan untuk menanam serta meneliti terumbu karang yang hidup dipantainya. Mereka setiap hari rutin meletakkan terumbu karang buatan menggantikan terumbu karang yang telah rusak akibat faktor faktor alam ataupun tindakan perilaku manusia.

Terdapat banyak tempat penginapan mulai dari losmen, motel, hingga hotel. Tidak hanya itu, disini anda juga disediakan area perkemahan bagi  yang ingin menghabiskan malamnya dengan berkemah dipantai ini. Karena letak Pasir Putih Situbondo bertempat di jalan raya Surabaya – Banyuwangi, maka Perjalanan dari kota Surabaya menuju lokasi pantai ini akan membutuhkan waktu sekitar 6 jam dengan menggunakan motor.

Tempat Wisata Di Situbondo

Situbondo merupakan sebuah kabupaten yang berada di propinsi Jawa Timur.. Di kabupeten ini juga terdapatTaman Nasional Baluran dengan Savana Bekol nya yang sering disebut sebagai Afrika versi Jawa Timur. Meski namanya tidak setenar sang tetangga (Banyuwangi), namun Situbondo merupakan salah satu destinasi wisata menarik yang layak kita masukkan dalam wishlist.

1. Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran iini seharusnya berada di urutan pertama daftar itinerary di Situbondo. Baluran merupakan salah satu taman nasional terindah dan menarik di Indonesia. Tempat yang paling dikenal di sana adalah Savana Bekol yang merupakan padang rumput luas sebagai pos pengamatan binatang liar. Spot ini semakin cantik dengan latar belakang Gunung Baluran yang tampak gagah dan indah

Taman Nasional Baluran sendiri juga meliputi kawasan perairan. Pantai lain yang juga dapat kita kunjungi di Baluran adalah Pantai Bilik Sijile, Pantai Balanan dan Pantai Lempuyang.

2. Gunung Argopuro

Gunung Argopuro

Gunung Argopuro adalah pegunungan  yang berada di Jawa Timur yang terkenal mempunyai jalur pendakian terpanjang di Pulau Jawa. Ada dua jalur pendakian utama gunung ini yakni melalui Baderan dan Bremi. Jalur Baderan berada di Kecamatan Sumbermalang, Kabupaten Situbondo.

Gunung Argopuro sendiri sangat terkenal dengan padang rumputnya yang luas dan indah. Padang rumput ini dikenal dengan nama Cikasur dan merupakan salah satu spot favorite pada pendaki untuk camping, selain Danau Taman Hidup.

3. Puncak Rengganis Gunung Argopuro

Gunung Argopuro adalah Gunung berapi,tetapi sudah tidak aktif. Ketinggian gunung ini mencapai ketinggian 3.088 mdpl, Gunung yang merupakan bagian dari pegunungan Iyang.Terdapat beberapa puncak Gunung di pegunungan ini. Sedangkan Puncak yang paling Populer dan keren yaitu puncak Rengganis.Di puncak rengganis terdapat 3 kompleks purbakala dengan 5 bekas bangunan bangunan  yang merupakan situs rengganis yang berupa teras-teras berundak. Konon bangunan ini merupakan kerajaan Dewi Rengganis yang sudah hancur.

4. Padang Rumput Sikasur yang mempesona

Padang Rumput Sikasur yang mempesona

Hamparan Rumput hijau yang berlokasi di situbondo. Tempatnya di Desa Baderan, Kecamatan Sumbermalang berada diantara pegunungan Hyan(Gunung Argopuro) dan Puncak Rengganis, berjarak sekitar 20 Km dari Besuki. Tidak hanyapenampakan pemandangan panorama hamparan rumput yang indahdan mempesona,disana  anda juga akan menjumpai danau Sitanjung yang menambah keindahan Alam di tempay ini.

5. Taman Nasional Baluran

Lokasinya berada di ujung timur Kabupaten Situbondo,sama saja termasuk dalam Kec.Banyuputih.Akses jalan untuk menuju ke tempat menarik dan tidak kalah seru di Situbondo ini sangat mudah. Karena pada letaknya yang berada di pinggir jalan Raya menuju Kota Banyuwangi. Hamparan laut pantai yang membentang indah dan mempesona di kawasan Taman Nasional Baluran Situbondo Jawa Timur. Tempat liburan Taman Nasional Baluran di Situbondo ini di jadikan sebagai Cagar Alam dan Konservasi Flora dan Fauna.

6. Padang Savana yang Eksotis

Padang Savana

Padang savana Situbondo terletak di kawasan Taman Nasional Baluran Jawa Timur.Sensasi alam seperti di Amerika ataupun Afrika,dengan panorama padang savana yang membentang luas. Kamu  dapat merasakan di tempat wisata alam di Situbondo ini.Kamu juga bisa melihat pemandangan pegunungan serta Hewan-hewan liar yang masih berkeliaran bebas kesana kesini di kawasan Padang Svana yang Eksotis.

7. Bekol Savanah

Sebuah tempat rekreasi di Situbondo yang di gunakan untuk mengamati satwa seperti merak,rusa,ayam hutan,burung,banteng,kerbau liar,kera.Tempat ini berbentuk menara yang fungsinya untuk pengawasan dan pengamatan terhadap hewan-hewan yang ada di sini.

Wisata Di Situbondo

Bagi kamu yang berada di kawasan Jawa Timur pastinya sudah pernah mendengar mengenai Kabupaten daerah Situbondo, Situbondo merupakan sebuah tempat atau kawasan yang berada di pesisir utara Pulau Jawa tepatnya di wilayah Jawa Timur. Wilayah ini berbatasan langsung dengan Laut Jawa dibagian utara, Kabupaten Banyuwangi di sebalah timur, Kabupaten Bondowoso di sebelah selatan dan Kabupaten Probolinggo di sebelah barat.Sejak jaman kolonial Belanda tempat kawasan ini sangat ramai sekali, hal ini dikarenakan tempatnya yang cukup strategis yaitu terletak di wilayah tapal kuda dan juga merupakan ujung timur jalan raya POS atau Grote Postweg yang dibangun pada masa Gubernur Jenderal Daendels, yang berada tepat di kecamatan Panarukan. Selain hal tersebut kabupaten Situbondo juga menyimpan keindahan alam yang sangat cukup indah dan  mempesona. Ok dari pada kita berlama – lama mari kita ulas lebih lengkapnya.

1. Taman Nasional Baluran

Tempat wisata di daerah Situbondo yang satu ini bisa dikatakan sebagai Iconnya dari Situbondo sendiri, Baluran merupakan sebuah tempat untuk konservasi suaka flora dan fauna yang ada di penjuru Indonesia. Disini Anda dapat menyaksikan pemandangan alam yang cukup menarik, dengan mengunjungi gugusan pantai, padang savana, serta menyaksikan hewan – hewan yang bebas berkeliaran. Nuansa Afrika akan dapat Anda rasakan dengan mengunjungi Taman Nasional Baluran ini.

Lokasi tempat wisata di Kabupaten Situbondo ini bertempat di kawasan Kecamatan Banyuputih, wilayah timur Kabupaten Situbondo dan berbatasan dengan wilayah Banyuwangi.Tujuan pembangunan sumberdaya alam ini mengusahakan terwujudnya kelestarian sumberdaya alam hayati dan non hayati dan serta keseimbangan ekosistem di daerah tersebut,sehingga anda bisa mendukung paya peningkatan kesejahteraan masyarakat dan sumber kehidupan manusia.

Taman Nasional Baluran mempunyai keaneragaman hayati yang cukup banyak setinggi baik flora dan fauna adapun ekosistemnya,termasuk keindahan pemandangan panorama alamnya.

2. Pantai Pasir Putih Situbondo

Objek wisata terbaik dan terbaik di Situbondo yang lainnya adalah Pantai Pasir Putih, kawasan ini sangat ramai dikunjungi wisatawan karena lokasinya yang dekat dengan perlintasan kendaraan umum. Sehingga pengunjung dapat dengan mudah untuk mengunjungi baik sebagai tujuan wisata utama atau sekedar untuk tempat beristirahat. Lokasi tempat ini cukup nyaman, dengan pemandangan yang elok ditambah suasana yang sejuk dan asri, sehingga membuat betah para pengunjung yang datang kesini.

Lokasi objek wisata terkenal di Situbondo Jawa Timur ini berada di Dusun. Kembangsambi, Desa. Pasir Putih, Kec. Bungatan, Kab. Situbondo. Jadi apabila Anda berkunjungi ke  Situbondo, jangan sampai lupa untuk mengunjungi tempat wisata terpopuler di Situbondo yang satu ini.Tempat wisata Pantai Pasir Putih Situbondo sudah dilengkapi berbagai fasilitas terlengkap seperti mushola,parkir,warung makan ,toko souvenir,toilet dan juga jasa persewaan ban atau pelampung untuk dibuat bermain di laut Pantai Pasir Putih.Penginapan tersedia banyak di kawasan pantai ini yang membuat berlibur di tempat wisata wisata di Jawa Timur ini semakin nyamann dan memuaskan mempesona.Selain memang untuk liburan anda bisa mampir ke Pantai Pasir Putih ini untuk bersantai sejenank juga bercengkeramah.

3. Air Terjun Setancak

Objek wisata di daerahSitubondo salah  satu ini juga sangat menarik dan indah untuk Anda kunjungi. Air Terjun ini mempunyai ketinggian setancak sekitar 8 meter yang dikelilingi dengan dinding – dinding bukit sebagai hiasan. Apabila kamu ingin melihat  pemandangan yang berbeda kmu bisa mengunjunginya pada jam 06.00 atau 17.00 WIB. Karena Anda bisa melihat banyak burung – burung walet yang ada disana.

Lokasi Air Terjun Setancak ini berada di  Desa Mojosari, Kec. Asembagus, Kab. Situbondo. Jadi apabila kamu sedang berkunjung ke Situbondo, jangan sampai lupa untuk mengunjungi objek wisata yang indah dan keren di Situbondo yang satu ini. Dengan menempuh jarak kecepatan 3-4 jam dari  kota Situbondo agar bisa sampai tujuan. Perjalanan anda 5 km dengan mengendarai kendaraan  mobil atau sepeda motor, lalu lanjut berjalan kaki sekitar 2 km. diusulkan untuk melihat cuaca terlebih dahulu ya sebelum berkunjung, karena di musim hujan, jalan setapaknya basah dan licin.

4. Padang Rumput Sikasur

Objek wisata di daerah Situbondo Jawa Timur salah satu ini sangat dikunjungi para petualang yang ingin mengeksplore pemandangan alam. Selain itu memiliki pemandangan yang cukup elok,  Anda dapat juga menjadikan tempat wisata di daerah Situbondo ini sebagai menjadi lokasi camping atau berkemah yang cukup strategis.  Lokasi Padang Rumput Sikasur ini berada di kawasan Baderan, Kec. Sumber Malang, Kabupaten Situbondo. Bagi Anda para pecinta alam jangan sampi melewatkan untuk mengunjungi tempat wisata terbaik di Situbondo Jawa Timur yang satu ini. Pengujung para wisatawan yang datang ke Sikasur selalu meluangkan waktu untuk beristirahat,berkemah dan menikmati suasana alam yang indah dan mempesona. Di padang rumput ini terdapat lapangan terbang yang sudah tidak berfungsi lagi, dan dibangun sejak tahun 1940 an oleh AJM Ledeboer untuk kegiatan pembudidayaan rusa yang telah datang dari luar negeri.

5. Air Terjun Talempong

Air Terjun Talempong

Objek wisata terbaik dan terkeren di Situbondo selanjutnya adalah Air Terjun Talempong yang memiliki pemandangan cukup cantik dan mempesona. Untuk dapat mengunjungi objek wisata ini Anda harus melakukan perjalanan kaki sekitar 2 Km, karena lokasinya yang masih alami dan belum dikelola secara maksimal oleh pemerintah setempat.

Lokasi tempat wisata di daerah  Situbondo salah satunya berada di kawasan Ds. Talempong, Kec. Banyuglugur, Kab. Situbondo.Beberapa fasilitas fasilitas yang harus dibangun,di antaranya tempat peristirahat di sepanjang jalan desa menuju ke tempat wisata agar pengunjung wisatawan bisa menikmati pemandangan keindahan alam yang lain dan sarana pengunjung lainnya di lokasi wisata ini. Wisata Air Terjun Talempong ini  Merupakan tempat wisata yang dapat anda kunjungi karena pesona keindahan alamnya tidak ada duanya. Penduduk masyarakat lokal daerah  talempong , juga sangat ramah tamah terhadap parawisatawan lokal, adapun dari luar kota bahkan wisatawan dari luar negeri.Kota Situbondo  juga dikenal begitu banyak obyek wisatanya , salah satunya wisata air terjun talempong ini , Jika anda tiba tiba di gapura Desa Talempong, udara dingin dan sejuk akan mengenakan hati para wisatawan air terjun Talempong. Sebelum gapura desa, pohon dan ranting kosambhi (kesambi) yang batangnya merah tumbuh di sepanjang jalan .  Lumut berwarna hijau  ini semakin banyak di bebatuan air terjun Telempong. Karna tempat ini sangat lembab. Katanya lumut ini juga dapat dijadikan obat. Selain itu wisata air terjun talempong ini mempunyai air yang segar dan dingin , sehingga cocok sekali apabila anda ingin berwisata di air terjun ini waktu musim kemarau saja . nama air terjun ini di ambil dari nama desa tempat air terjun ini berada yaitu desa talempong , karena itu air terjunnya di namakan dengan nama air terjun Talempong .

6. Pantai Tampora

Tempat wisata di daerah Situbondo yang satu ini menawarkan pemandangan yang masih alami, selain itu suasana pantai yang cukup tenang menjadikan pilihan tersendiri bagi Anda yang jenuh dengan riuh perkotaan. Adanya tebing – tebing yang ada di tengah pantai, menjadikan pantai ini sangat menarik untuk digunakan spot foto bagi pecinta fotografi.

Lokasi objek wisata di daerahSitubondo yang satu ini berada di daerah kawasan Kec. Banyuglugur, wilayah barat Kabupaten Situbondo. Jadi apabila Anda mencari spot foto yang bagus dan keren  di kawasan Situbondo, Pantai Tampora dapat menjadi pilihan.Pantai yang bertempat di jalur pantura, mudah diliat, airnya jernih, ada bukit dan guanya, ada juga tempat untuk beristirahat makan makan dan akses toiletnya. Pantai yang banyak karangnya, jadi dilarang berenang karena berbahaya.

Pantai Di Situbondo

Situbondo adalah Kabupaten yang dilalui jalur Pantai Utara. Di beberapa tempat, bahkan lautan bisa kamu nikmati dari jalan raya. Jangan hanya numpang lewat, sebaiknya kamu mendekat. Menikmati deretan pantai di daerah Situbondo berikut ini untuk bersenang-senang.Ini lah 8 Pantai yang terbaik di Situbondo:

1. Pantai Tampora

Pantai di Daerah Situbondo bertempat di wilayah desa Banyuglugur, Kecamatan Besuki. Pepohonan besar dan rindang di tepi pantai cukup menyumbang kesejukan saat cuaca sedang panas-panasnya. Ombaknya juga tenang sehingga aman untuk berenang. Di salah satunya sudut juga dapat melihat bebatuan yang menambah sisi cantik Pantai Tampora. Selain itu, juga ada spot melihat matahari terbit dan terbenam.

2. Pantai Bama

Pantai Bama

Pantai Bama ini dapat  kamu kunjungi setelah bertandang ke Baluran. Di perjalanan saat menuju lokasi, ada pemandangan padang rumput dan belantara. Penantianmu yang mungkin melelahkan akan terbayarkan begitu sampai dan menghadapi Pantai Bama. Tempat ini terkenal karena memiliki pasir begitu halus dan putih. Airnya pun jernih dan tenang. beberapa areanya juga ditumbuhi Mangrove yang lebat.

Objek wisata di daerah Situbondo terbaik salah  satu ini berada di kawasan Taman Nasional Baluran, pantai ini memiliki pemandangan yang cukup mempesona dan tidak kalah indahnya dengan pantai yang lain, dengan pasir putih yang bersih dan air yang cukup jernih. Bukan hanya itu di lokasi wisata wisata Anda juga bisa menemukan kawanan kera kera , monyet abu – abu ekor panjang yang akan menyambut kedatangan Anda.

Lokasi wisata Pantai Bima berada di kawasan Ds. Wonorejo, Kec. Banyuputih, Kab. Situbondo,  untuk bisa kesana Anda harus masuk melalui gerbang Taman Nasional Baluran, dan melanjutkan perjalanan sekitar 8 Km ke arah utara.

Pantai Bama baru bisa kamu kunjungi setelah bertandang ke Taman Nasional Baluran. Di perjalanan saat menuju lokasi, ada pemandangan padang rumput dan belantara. Penantianmu yang mungkin melelahkan akan terbayarkan begitu sampai dan menghadapi Pantai Bama. Tempat ini terkenal karena memiliki pasir begitu halus dan putih. Airnya pun jernih dan tenang. beberapa areanya juga ditumbuhi Mangrove yang lebat.

3. Pantai Pasir Putih

Rasanya belum lengkap jika ke Situbondo, tapi tidak mampir ke Pantai Pasir Putih. Dibanding destinasi lainnya, tempat ini telah lama dikembangkan menjadi wisata andalan. Bukan hanya alamnya yang indah, kuliner di sini juga nikmat. Selain itu juga ada fasilitas mewah seperti tempat menginap tepi pantai. Pengunjung bisa memilih berbagai atraksi wisata. salah satunya adalah naik perahu dan melintasi lautan.

4. Pantai Tangsi

Letak Pantai Tangsi ada di ujung Situbondo. Perjalanan ke sini lumayan seru, karena ada deretan tambak dan hutan bakau yang menyumbang banyak manfaat. Tempatnya Pantai Tangsi ini berada di Daerah Tanjung Pecinan, Kecamatan Mangaran. Jika berangkat dari pusat Kota Probolinggo, maka harus menempuh perjalanan sejauh 10 km. Airnya sangat cocok untuk bermain-main. Kemudian ada juga bangunan mercusuar sebagai penanda untuk kapal-kapal yang ingin berlabuh.

5. Pantai Banongan

 Pantai Banongan

Yang unik dari Pantai Banongan adalah jajaran pohon kelapa yang menambah daya tariknya. Udara sejuk pun bisa dirasakan sepanjang waktu karena pepohonan tersebut. Kegiatan bertema air tersedia dengan harga murah meriah bahkan gratis. Seperti bermain kano atau berenang. Ombaknya tidak ganas dan cenderung tenang, kamu tak perlu khawatir akan terseret arus. Meski begitu, kamu harus tetap berhati-hati.

6. Pantai Blitok

Pantai Blitok bisa jadi wisata alternatif saat kamu membutuhkan tempat istirahat ketika berada dalam perjalanan menuju atau dari Banyuwangi. Lokasinya dekat dengan jalan utama, dan memiliki keindahan paripurna. Pengunjung bisa melakukan banyak hal selain melihat-lihat pemandangan laut. Mulai dari kulineran, atau sekadar jalan-jalan.

7. Pantai Pandean

Wisata di daerah kabupaten Situbondo ini memiliki karakteristik yang unik. Area pantainya sangat luas dan menjadi Desa Nelayan dengan banyak daya tarik. Yang paling terkenal di sini adalah spot foto dan dapat  melihat matahari terbit dan terbenam. Kalau kamu datang saat musim ikan, bisa kulineran dan bawa pulang hasil lautnya.

Itulah beberapa pantai di Kabupaten Situbondo yang bikin seru. Senangnya seperti saat baru ketemu jodoh. Ya, kira-kira begitulah. Terlalu rumit dijelaskan dengan kata-kata. datanglah sendiri dan nikmati apa yang ada.

8. Pantai Bilik yang mempesona

Pantai yng satu ini masukk dalam kawasan Taman Nasioanal Baluran,tempatnya di Labuhan merak,bertempat di daerah Kecamatan Banyuputih,Situbondo.Tempat piknik atau berkemah di Situbondo yang indah dan keren  sebagai dokumentasi  liburan anda di Kabupaten Situbondo selain pantai pasir putih. Pantai dengan keindahan wisata laut anda bisa melihat  panorama alam yang mempesona.Pemandangan air laut yang sejuk dan jernih,warna pasir pantai yang indah dan mempunyai  banyak warna pasir, Pantai Bilikdengan nuansa pegunungan ini sangat menarik untuk di kunjungi.

9. Pantai Lempuyang

Destinasi wisata anda yang menawarkan pantai dengan pasir putih,laut yang jernih dan bersih, serta pemandangan karang laut yang masih alami. Bibir pantai yang berhuruf U jika di lihat dari ketinggian semakin menambah keunikan pantai lempuyang ini.Tempat hunting di Situbondo ini masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Baluran. Selain panorama pantai anda juga dapat menikmati indahnya pohon mangrove dengan sela-sela akar yang di hinggapi banyak ikan.

10. Pantai Tangsi di Situbondo

wisata pasir putih situbondo

Lokasi di Desa Semiring ini memiliki pesona Alam yang masih alami dan indah, hamparan pasir pantai yang luas membuat suasana menenangkan dan menyenangkan. Adanya pasir mercusuar membuat pantai ini semakin menarikdan keren. Anda bisa bermain – main di antara hamparan pantai yang sangat luas,di sekitar pantai pun ada juga warung – warung yang menyediakan menu olahan hasil dari laut. Jadi anda dapat membeli oleh oleh makanan wisata kuliner di Situbondo Sehingga anda tidak usah takut kelaparan jika berlibur ke tempat ini.

11. Pantai Keperan

Lokasi pantai ini berada di Desa Semiring,Kec Manggaran, Kab Situbondo. Pantai dengan Deburan Ombak yang lumayan Besar. Tempat ini merupakan tempat wisata  untuk pelelangan ikan ikan hasil laut para Nelayan.Pemandangan eksotis di sekitar pantai ini cukup bagus dan indah, di hiasi banyak perahu-perahu milik para nelayan yang terparkir rapi di sekitar pantai keperan ini.Tambak-tampak ikan ikan dan hewan laut para nelayan, tanaman tumbuhan bakau yang indah akan menambah keeksotisan kamera foto anda. Lokasinya tempat Pantai Keperan ini di dekat pantai tangsi.

Keperan merupakan sebuah kawasan pesisir yang mencakup hutan bakau dan pantai. Lokasi tempat wisata ini berada di Tanjung Pecinan, Kecamatan Mangaran. Lokasinya berada di sebelah timur Pantai Tangsi. Menjadikan tempat ini sebagai tujuan wisata ketika traveling di Situbondo bukanlah pilihan yang salah karna selain berkunjung ke pantai, kita juga bisa menyusuri area hutan dan tambak bakau menggunakan sepeda ontel. Lokasi Pantai Keperan sendiri berada di sebelah utara tambak bakau. Pantai tersebut adalah  salah satu pusat kegiatan para nelayan di Situbondo. Para nelayan biasanya menjual hasil tangkapan ikannya mereka di pantai pantai Keperan ini. Deretan perahu nelayan akan banyak kita temui di Pantai Keperan.

12. Pantai Tampora

Pantai lain di Situbondo yang tidak  ramai dari kunjungan wisatawan wisatawan namun mempunyai  pesona yang memikat mata dan hati  adalah Pantai Tampora. Pantai ini berada di Kecamatan Banyugluyur. Karna belum dikembangkan secara serius oleh pemerintah setempat maka di pantai ini belum tersedia fasilitas yang lengkap meski untuk masuk ke pantai kita sudah dikenakan biaya retribusi. Kalau anda termasuk penggemar berat di pantai-pantai “perawan”, datang ke pantai tampora ini anda bisa menjadi  pilihan yang tepat saat di Situbondo.

13. Pantai Tangsi

Pantai Tangsi situbondo

Letak Pantai Tangsi ada di ujung Situbondo. Perjalanan ke sini lumayan seru, karena ada deretan tambak dan hutan bakau yang menyumbang banyak manfaat.tempatnya berada di Desa Tanjung Pecinan, Kecamatan Mangaran. Jika berangkat dari pusat Kota Probolinggo, maka harus menempuh perjalanan sejauh 10 km. Airnya sangat cocok untuk bermain-main. Kemudian ada juga bangunan mercusuar sebagai penanda untuk kapal-kapal yang ingin berlabuh.

Tempat wisata situbondo

Kabupaten Situbondo  yang bertempat  di wilayah Jawa Timur ini berlokasi di pesisir laut utara Pulau Jawa. Memiliki potensi wisata pemandangan yang  indah dan mempesona.Kabupaten ini juga memanfaatkan wilayahnya sebagai  ladang pertanian, perkebunan dan perikanan karena wilayah yang strategis dan menjanjikan tanah yang subur. Situbondo juga memiliki  banyak gudang  gudang pariwisata yang tidak kalah menarik dan keren dengan wisata-wisata di daerah lain di Jawa Timur. Berikut ini adalah daftar daf\tar Pariwisata di kabupaten Situbondo yang keren dan indah  dapat anda kunjungi di Kabupaten Situbondo :

1. Rumah Residen Basuki

Wisata Rumah Residen Besuki Situbondo merupakan  salah satu tempat pariwisata .yang bertempat di sebelah selatan dengan Alun-Alun Kota Besuki, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Indonesia. Wisata Rumah Residen Besuki Situbondo adalah tempat wisata yang sangat ramai dikunjungi dengan wisatawan wisatawan pada hari biasa maupun hari berlibur. Tempat ini sangat unik tidak kalah keren  dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan pekerjaan  kita sehari hari. Wisata Rumah Residen Besuki Situbondo memipunyai pesona keindahan yang sangat menarik dan sejuk untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota Besuki tidak berkunjung ke Rumah Residen Besuki Situbondo yang memiliki keunikan atau keaneragaman yang tiada duanya tersebut. Rumah Residen Besuki Situbondo sangat cocok atau bagus untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional.Masyarakat di daerah Situbondo juga sangat ramah tamah sopan terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan yang tidak dikenal dengan orang sana. Kota Situbondo juga terkenal  Rumah Residen Besuki Situbondo yang sangat menarik dan keren untuk dikunjungi.
Rumah ini dikenal sejak sekitaran tahun 1803,bentuk rumah ini bergaya campuran Eropa dan China. Kondisi bangunan saat ini cukup memprihatinkan dan sangat tua, perlu adanya pemeliharaan mengingat bangunan ini memiliki nilai histori yang sangat tinggi terkait dengan sejarah keresidenan
Besuki.

2. Alun Alun Situbondo

wisata situbondo kota santri

Alun Alun Taman Kota Wisata Situbondo adalah salah satu tempat wisata Alam yang berada di desa Besuki kota Situbondo kabupaten Situbondo provinsi Jawa Timur negara Indonesia.
Alun Alun Taman Kota Situbond ini sangat ramai dikunjungi parawisatawan pada hari hari biasa maupun pada weekand atau hari libur. Tempatnya sangat indah dan bisa memberikan suasana yang sangat sejuk dan menghibur kejenuhan  akan aktivitas kita sehari hari. Harga tiket masuk ke Alun Alun Taman Kota Situbondo sangat murah, tapi  jangan sampai salah menilai pesona keindahan yang di hidangkan oleh Alun Alun Taman Kota Situbondo bukan hal yang murahan.Alun Alun Taman Kota Situbondo sangat bagus untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasinal, Hari libur Lebaran, Hari libur Kemerdekaan, Hari libur nyepi, Hari libur idul adha, Hari libur idul fitri, Hari libur tahun baru, Keindahan wisata Alun Alun Taman Kota Situbondo ini sangat cocok bagi anda semua yang ingin berlibur di kota Situbondo ini.Penduduk  daerah Situbondo juga sangat ramah tamah dibilang sopan terhadap wisatawan lokal, maupun dari luar kota bahkan juga wisatawan dari luar negeri.  Alun Alun Taman Kota Situbondo tempatnya sangat strategis untuk menuju ke kota Situbondo. Untuk menuju  Alun Alun Taman Kota Situbondo akses jalan untuk kendaraan sendiri,angkutan umum maupun jalan kaki sangat mudah. Di pinggir perjalanan ke  Alun Alun Taman Kota Situbondo banyak pepohonan  besar sehingga suasanan menjadi rindang dan sejuk. Di Alun Alun Taman Kota Situbondo terdapat banyak ornamen atau  patung berbentuk kapal layar berwarna emas. Ornamen tersebut mengingatkan bahwa Situbondo merupakan daerah yang mempunyai kawasan Bahari dengan aktivitas nelayannya.

3.Kawasan Bekol Savanah

Bekol Savannah merupakan tempat wisata alam yang terkenal di Taman Nasional Baluran. Padang rumput yang sangat luas  terdapat di savana ini mirip dengan alam liar yang ada di Benua Afrika.Karena persamaan tersebut, wilayah ini banyak yang menyebutnya sebagai Bekol Savana miniatur Afrika di Jawa Timur.Secara administratif, Bekol Savanna adalah bagian dari wilayah Situbondo. Jaraknya sekitar 17 km dari pintu masuk ke taman nasional baluran.Akses perjalanan ke sana kita bisa melakukan  dengan kendaraan motor dan mobil.Sesudah sampai  di lokasi Bekol Savanna kita akan disambut oleh padang rumput yang sangat luas yang membuat mata kita tidak pernah bosan melihat.Sekitar Bekol Savanna kita bisa menemukan berbagai hewan liar yang hidup di sekitar taman nasional seperti Rusa, kerbau liar dan berbagai jenis burung. Keberadaan tanaman liar Acacia nilotica membuat pemandangan di sekitar Bekol Savanna menjadi semakin menarik dan benar-benar alami nusantara.Jika Anda ingin mendapatkan pengalaman yang luar biasa di Bekol Savanna, usahakan anda berangkat dan tiba di sana pada waktu fajar untuk melihat matahari terbit serta pemandangan yang indah. Percikan sinar matahari yang menyinari rumput sekitar savana adalah pemandangan yang benar-benar membuat mata tidak ingin berkedi

4. Pantai Pathek Situbondo

Pantai Pathek Situbondo

Pantai Pathek adalah  pantai yang berada di pesisir laut barat di Situbondo, tepatnya di Kecamatan Panarukan. Pantai Pathek juga bukan pantai yang sangat ramai dikunjungi para wisatawan wisatawan seperti Pantai Pasir Putih. Di Pantai Pathek kita semua bisa mendapatkan pemandangan senja yang indah. Kita akan disajikan pemandangan pemandangan sunset yang sangat indah dan istimewa di pantai Patek .

Pantai Pathek merupakan salah satu pantai yang dapat kmu kunjungi saat berada di Kabupaten Situbondo. Terletak 10 Km ke arah laut utara kota Situbondo, pantai Pathek ini di lihat lihat pantai yang masih alami dan tidak terlalu ramai di kunjungi.

Pantai Pathek dapat menawarkan keindahan alam yang cukup sejuk dan asri.Pemandangan matahari terbenam dan keindahaan bawah laut menjadi daya tarik bagi hati Anda yang menyukai wisata laut. Jika pemandangan langit tidak mendung anda bisa menyaksikan  atau melihat keindahan matahari terbenam yang menyentuh hati keindahan tiada tara.

Jalanan ke arah barat dari pantai Pathek, Anda bisa melihat saksi sejarah berupa jalan Anyer – Panarukan, yang dibangun pada jaman jaman kolonial Belanda. Pantai Pathek bertempat di desa Gelung, kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo.

Sebagai besar negara dengan garis pantai terpanjang dan terlebar ke-empat di dunia, Indonesia menjdi salah satu negara bahari terbesar dengan potensi kekayaan lautnya yang melimpah. Hal tersebut patut disyukuri sebagai pembangun ekonomi bangsa, terlebih pantai-pantai Indonesia sangat kaya dengan berbagai karakteristiknya yang menawan. Salah satunya adalah Pantai Pathek, pantai nelayan dengan pemandangan alamnya yang indah.

Meski demikian, pantai pathek ini menjadi tempat  favorit bagi para pemancing tradisional. Dengan teknik merendam diri  setengah badan di pesisir pantai, para pemancing pemancing tradisional ini banyak terlihat di siang hari. Menurut pengakuan salah seorang pemancing, hasil tangkapan ikan yang mereka dapat biasanya digunakan untuk konsumsi pribadi.

Selain itu Pantai Pathek juga dilengkapi akses pendopo di sepanjang garis pesisir pantainya. Menikmati wisata kuliner khas pesisir sambil merasakan keteduhan dan kesejukan. Pantai Pathek menjadi salah satu kegiatan favorit yang banyak dilakukan para  pengunjung pantai ini. Tidak mengherankan jika Pantai Pathek menjadi salah satu alternatif destinasi wisata pantai yang selain murah, juga menawarkan kemeriahan bagi pengunjungnya.

Jadi sampai  disini saja pembahasan artikel ini mengenai pantai pasir putih situbondo dan beberapa tempat wisata yang lainnya yang berada di situbondo. Jadi apakah anda setuju dengan artikel diatas tentang keindahan pasir putih situbondo? Silakan tulis komentar anda .