Perkembangan Dan Sejarah Komputer Singkat

Komputer merupakan sebuah alat yang dipergunakan sebagai pengelola data yang diperintahkan dan telah dirumuskan. Kata komputer pertama dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmetika, menggunakan atau tanpa menggunakan alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Awal mulanya yakni pengolahan keterangan hampir eksklusif seperti persoalan aritmetika, tetapi komputer terbaru ini dipakai untuk mengerjakan berbagai tugas yang tidak ada huubungannya  dengan matematika.

Secara luas, Komputer bisa didefinisikan sebagai suatu alat elektronik yang terdiri dari beberapa komponen, yang bisa bekerja sama antara komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan sebuah informasi berdasarkan program dan data yang ada. Mengenai onderdil komputer yakni meliputi : Layar Monitor, central processing unit, Keyboard, Mouse dan juga Printer (pelengkap pada komponen).

Tanpa printer pun komputer masih dapat melakukan tugasnya sebagai pengolah data, namun sebatas tampil dilayar monitor belum dalam bentuk print out (kertas). Dalam keterangan hal ini terdapat alat semacam slide rule, seperti kalkulator mekanik berawal dari abakus dan sebagainya, hingga semua komputer. Sejarah komputer singkat Akan di bahas secara panjang dibawah ini.

Sejarah Komputer Lengkap

sejarah komputer singkat

Sejarah awal kebangkitan komputer terjadi pada tahun 1822 dimulai dengan penciptaan alat yang disebut mesin Perbedaan pertama yang dibuat oleh seorang ahli matematika bernama Dipanggil Charles Babbage. Ini telah menciptakan alat yang dapat digunakan untuk menghitung tabel matematika. Selama bertahun-tahun, 1833, Charles Babbage mulai berhasil memvalidasi Perbedaan Mesinnya dengan tema yang lebih canggih dan umum yang disebut Analytical Machine.

Alat ini dapat digunakan untuk menghitung semua jenis hal, untuk pertama kalinya alat ini dikenal sebagai Digital Purpose Computer. Penciptaan hebat Charles Babbage termasuk dunia untuk komputasi untuk saat ini, aktivitas yang berasal dari alat-alat prinsip Charles Babbage yang bertujuan untuk menciptakannya hari ini. Oleh karena itu, Charles Babbage disebut “Bapak Komputer Modern”.

Karena itu, tidak ada yang salah dalam bidang matematika. Prof Howard Aikem dari Harvard University adalah komputer di mana ada program yang memungkinkannya untuk melakukan tugas dan mekanik pada tahun 1937. Namun berkat bantuan dan informasi dari Perusahaan IBM perangkat tersebut dapat dicetak secara elektronik yang kemudian diberi nama “Harard Tandai I Kalkulator Pengontrol Berurutan Otomatis (ASCC) pada tahun 1944.

Ini adalah mimpi Charles Babbage yang kemudian dimanifestasikan oleh Howard Aikem. Komputer Profesor Howard Aikem langsung populer pada saat itu, tetapi mungkin dengan komputer saat ini yang memiliki beberapa perbedaan yang sangat baik dalam hal fisik, fitur, dan kecepatan.

Komputer Pertama Di Dunia

sejarah singkat komputer

Karena kejadian penyerangan dunia yang kedua, negara-negara yang tersangkut didalam pertempuran tersebut berusaha memajukan komputer untuk mengeksploit potensi yang fleksibel  pada komputer. Sejarah komputer singkat  Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik komputer. Saat tahun 1941, Konrad Zuse, adalah insinyur yang berasal dari  Jerman menciptakan komputer, Z3, sebagai pembuat desain pesawat terbang dengan peluru kendali.

Pihak sekutu juga membuat kemajuan lain pada pengembangan kekuatan komputer. Tahun 1943, Inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang di beri nama Colossus untuk memecahkan kode rahasia yang digunakan Jerman. Konsekuensi dalam  pembuatan Colossus tidak berdampak pada perkembangan industri komputer karena dua argumentasi.

Pertama, Colossus bukan merupakan komputer serbaguna(general-purpose computer ia hanya didesain untuk memecahkan kode rahasia. Kedua, keberadaan mesin pada Colossus dijaga kerahasiaannya hingga satu dekade setelah perang berakhir. Usaha yang dilakukan oleh pihak Amerika saat itu menghasilkan suatu kemajuan lain. Insinyur Harvard yang sudah sama sama merintis di IBM, sukses membuat kalkulator elektronik buat US Navy.

Kalkulator tersebut berukuran panjang sekitar setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil. The Harvard-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator, atau Mark I, adalah komputer relai elektronik.  Dengan memanfaatkan sinyal elektromagnetik untuk pengaktifan komponen mekanik. Cara kerja mesin ini sangatlah lama dan nggak fleksibel. Kalkulator tersebut bisa mengerjakan perhitungan aritmatika dasar dan persamaan jauh lebih kompleks.

Electronic Numerical Integrator and Computer komputer yang paling maju, penciptaan pemerintah Amerika Serikat yang bekerja sama dengan University of Pennsylvania. Komputer adalah komputer terbesar yang mempunyai daya hingga 160 kW. Komputer tersebut didesain oleh John Presper Eckert tahun 1919 hingga 1995 dan John W. Mauchly tahun 1907 hingga 1980  ENIAC komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja seribu kali lebih cepat jika disamakan dengan Mark I.

Di tahun 1930, John von Neumann (1903-1957) join bersama tim (University of Pennsylvania) dalam acara membuat desain komputer sampai 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik komputer. Von Neumann merancang  EDVAC tahun 1945 memakai memori sebagai penampung baik program dan data. Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali.

Komponen terpenting dari arsitektur von Neumann namanya CPU, alat ini berfungsi  komputer agar di sinkronasikan melalui satu sumber saja.  Pada tahun 1945, Remington Rand meluaskan UAC I, digunakan untuk komputer yang menguntungkan pertama sebagai desain arsitektur Von Neumann sendiri. Baik BSAS dan General Electric mempunyai UNIVAC.

Suatu kesuksesan yang didapatkan dari UNIVAC yakni kesuksesan dalam mengantisipasi kelulusan Dwilight D. Eisenhower dalam votting presiden di tahun 1952. Komputer  pertama di dunia kali khususkan dengan fakta bahwa perintah operasi dibuat secara spesifik untuk sebuah perintah tertentu. Masing-masing komputer mendapatkan program kode biner yang bermacam-macam yang disebut dengan “bahasa mesin” (machine language).

Permasalahan seperti ini membuat komputer sulit dibuat program dan membuat limit kecepatannya. Ciri khas komputer generasi pertama yakni pemakaian tube vakum beserta silinder magnetik untuk pengesave an data.

Komputer Generasi kedua

sejarah komputer lengkap

Pada tahun 1948, penciptaan transistor mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor untuk menyalakan televisi, radio, dan juga komputer. Artinya, ukuran mesin listrik berkurang drastis. Transistor awal digunakan pada komputer pada tahun 1956. Kreasi lain dari pusat memori membuat komputer lebih kecil, lebih fleksibel, lebih andal, dan lebih hemat energi bila dibandingkan dengan pengawal.

Mesin pertama yang digunakan, menggunakan teknologi ini adalah superkomputer. IBM menciptakan superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand menciptakan komputer yang disebut LARC. Komputer-komputer ini, yang dikembangkan untuk atom energi laboratorium, dapat menangani sejumlah besar data, suatu kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh para peneliti atom.

Mahal dan lebih rumit pada komputer ini untuk kebutuhan bisnis, sehingga melimitkan kepopulerannya. Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang dan satu: Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan lainnya di Pusat Penelitian dan Pengembangan Angkatan Laut AS di Washington DC. Komputer generasi kedua, Bahasa mesin berubah menjadi bahasa “perakitan”.

Perakitan artinya menggunakan singkatan untuk mengembalikan kode biner itu sendiri. Pada awal 1960-an, mulai bersaing untuk menciptakan komputer generasi kedua yang sukses dalam bisnis, universitas, dan pemerintah. Dari berbagai komputer yang memprioritaskan komputer. Mereka dapat memiliki printer, disket, memori, sistem operasi, dan program.

Salah satu contoh kecil dari komputer saat ini adalah 1401 yang digunakan di sektor industri. Mulai tahun 1965, banyak perusahaan besar, komputer, deklarasi keuangan generasi kedua. Program ini disimpan di dalam komputer dan bahasa yang dikandungnya. Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga yang pantas untuk penggunaan bisnis. Dalam perancangan kali ini, komputer dapat menjadi faktor pembelian konsumen dan kemudian desain produk sebagai perhitungan hitungan gaji.

Beberapa bahasa mulai muncul pada waktu itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN). Bahasa Inggris: Ubah kode mesin yang menggunakan kata-kata, frasa, dan metode yang lebih sederhana oleh manusia. Ini memungkinkan seseorang untuk memprogram komputer. Sejarah komputer singkat Pekerjaan baru muncul (programmer, analis sistem, dan pakar sistem komputer). Software Industr dan juga muncul dan kembangkan periode komputer ini.

Komputer Generasi ketiga

komputer generasi kedua

meskipun transistor melebihi tabung hampa udara, tetapi transistor mendapatkan panas yang cukup besar, yang dapat berenang untuk menghancurkan pola internal komputer. Batu kuarsa menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terpadu (IC: integrated circuit) pada tahun 1958. IC memadukan tiga bagian elektronik di salah satu disk silikon kecil yang berasal dari pasir kursa.

Para penemu kemudian berhasil memasukkan berbagai macam komponen lagi ke dalam satu chip yang disebut sebagai  semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi lebih kecil karena komponen dapat dipadatkan dalam chip. Perkembangan komputer generasi ketiga adalah penggunaan sistem operasi sebagai mesin untuk melakukan berbagai program yang disengketakan bersamaan dengan satu program yang bergerak dan koordinat dari memori komputer.

Komputer Generasi keempat

komputer generasi kelima

Setelah IC, visi pengembangan membuatnya lebih halus, ukuran, revolusi dan bagian listrik juga bisa sangat kecil. Integrasi Skala Besar LSI dapat menampung banyak komponen hanya dalam sebuah chip. Pada 1980-an, Integrasi Skala Sangat Besar (VLSI) memuat ribuan komponen pada satu chip. Integrasi Skala Ultra-Besar (ULSI) meningkatkan jumlah itu menjadi jutaan.

Kemampuan untuk terhubung terdiri dari komponen paling dalam dari keping setengah koin logam yang mempengaruhi penurunan harga. Ini juga meningkatkan kemampuan kerja, efisiensi dan keandalan komputer. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa IC ke depan dengan meletakkan semua komponen komputer (unit pemrosesan pusat, memori, dan kontrol input / output) dalam chip yang sangat kecil.

Sebelumnya, IC digunakan sebagai tugas khusus. Sekarang, salah satu mikroprosesor dapat dihasilkan dan kemudian diprogram untuk menyelesaikan semua persyaratan yang diperlukan. Seketika, setiap alat rumah tangga seperti microwave, oven, tv dan juga mobil menggunakan injeksi bahan bakar elektronik yang dilengkapi oleh mikroprosesor. Kemajuan seperti ini membuat semua orang menggunakan komputer standar.

Komputer tidak hanya menjadi dominasi kantor besar pemerintah. Di pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer mempromosikan produk komputer kepada pelanggan. Komputer dijuluki sebagai komputer mini, dijual dengan paket perangkat lunak yang mudah digunakan oleh orang awam. Perangkat lunak yang paling populer pada saat itu adalah pengolah kata dan program spreadsheet.

Ketika 1980 video game misalnya Atari 2600 mempopulerkan konsumen di komputer rumah paling maju dan dapat diprogram dengan sendirinya. Pada tahun 1981, IBM mempromosikan penggunaan komputer untuk rumah, tempat kerja, dan penggunaan pendidikan. Jumlah PC yang digunakan melonjak awalnya menjadi 2 juta unit pada tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit pada tahun 1982. Sekitar 10 tahun, 65 juta PC digunakan.

Komputer generasi ini melanjutkan evolusinya ke ukuran yang cukup lebih kecil, mulai dari komputer desktop hingga laptop yang dapat dibawa dalam ransel Anda, atau komputer genggam palmtop. PC IBM saling bertarung satu sama lain dengan kecanggihannya dengan Apple Macintosh. Apple Macintosh dapat menjadi populer karena sistem grafis yang dimilikinya, meskipun saingannya telah menggunakan komputer yang menggunakan teks.

Macintosh mempromosikan penggunaan perangkat mouse. Saat ini, kita tahu perjalanan itu kompatibel dengan penggunaan CPU IBM: IBM PC / 486, CPU seri ini dibuat Intel Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV. Komputer generasi keempat terdiri dari AMD k6, Athlon, dan lain-lain. Seiring dengan maraknya penggunaan komputer di tempat kerja, cara-cara baru untuk mengeksplorasi potensi terus dikembangkan.

Seiring dengan bertambahnya berbagai kekuatan komputer kecil, komputer bisa saja terhubung secara barengan  dalam jaringan untuk berbagi memori, perangkat lunak, informasi, dan juga untuk dapat berkomunikasi satu sama yang lain. Untuk membantu menyelesaikan tugas jaringan komputer dapat menggunakan komputer utama. Dengan menggunakan pemasangan kabel langsung (disebut juga Local Area Network atau LAN), atau [kabel telepon, jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar.

Komputer Generasi Kelima

komputer generasi ketiga

Mendefinisikan komputer generasi kelima memang cukup sulit ya, karena komputer ini adalah generasi komputer baru. Beberapa komputer dapat menerima instruksi lisan dan dapat meniru nalar manusia. Kemampuan untuk menerjemahkan bahasa asing juga dimungkinkan. Fasilitas ini terlihat sederhana. Tetapi kelengkapannya bisa menjadi hal yang sulit dari yang kita pikirkan ketika programmer memahami pemahaman manusia lebih bergantung pada konteks dan pemahaman daripada hanya mencerna bahasa secara langsung.

Banyak kemajuan diahli desain komputer dan teknologi semakin membolehkan sebagai penciptaan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa utama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model non-Neumann. Desain Non Neumann dapat diubah menggunakan opersai yang dapat mengkoordinasikan berbagai Central Personal Unit untuk saling menangani dan bekerja sama.

Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran listrik tanpa hambatan, yang dapat mempercepat kecepatan informasi. Negara yang paling maju dalam hubungan sosialisasi jargon dengan proyek komputer generasi terakhir ini. Lembaga dari Institut Teknologi Komputer baru secara bersamaan menyadari realisasinya. Berbagai berita menyatakan bahwa proyek ini adalah proyek yang gagal, tetapi beberapa informasi lain yang sukses dari proyek komputer generasi kelima ini akan mampu melakukan perubahan di dunia komputasi.

Perkembangan Teknologi Komputer

komputer generasi keempat

Jika Anda ingin menjadi bagian dari beberapa orang paling unggul ketika masa depan, Anda harus rajin membaca dan terus belajar perkembangan teknologi komputer saat ini. Siapa yang akan menduga jika teknologi komputer berkembang pesat, dan menjadikannya salah satu dari beberapa kelas penting dalam kehidupan sehari-hari. Ketika komputer generasi pertama hanya digunakan sebagai alat hitungan, nama komputer itu sendiri diperoleh dari kata “untuk menghitung” yang berarti sebagai hitungan.

Waktu terus berjalan teknologi komputer terlebih dahulu tidak hanya untuk counter saja tetapi juga mesin yang dapat mengoprasikan data. File yang awalnya kecil dan algoritma sederhana, bisa lebih panjang dan lebih luas dan kompleks. Mengetahui kemajuan ini, jika kita memikirkan setiap waktu, telah mengalami kemajuan berbagai perkembangan teknologi sesuai dengan kondisi tahun berjalan.

Ini karena sejarah komputer yang singkat dan berbagai teknologi komputer juga. Komputer pada mulanya adalah mesin yang sangat besar. Semakin kompleks kemampuannya, semakin besar ukuran komputer. Bahkan mampu mengisi setengah ruangan kamar kami. Pada saat itu aplikasi atau sistem operasi pilihannya hanya sedikit dengan kemampuan terbatas pula.

Sistem operasi yang digunakan memiliki fungsi sebagai aplikasi yang memungkinkan kita dan komputer untuk berkomunikasi. Salah satu sistem operasi yang paling terkenal saat itu bagi pengguna komputer adalah sistem operasi Unix. Kemudian perlahan-lahan tren perkembangan teknologi komputer berubah. Seperti halnya yang tertera di bawah ini.

Komputer pribadi

Sosok yang sukses dalam mengubah tren kemajuan teknologi komputer itu adalah dengan Bill Gates, pemilik proyek yang dibangun sendiri, yaitu Microsoft. Dengan usia yang sangat muda. Awalnya ia bermimpi sederhana, yang bersedia membuat setiap rumah memiliki komputer atau pribadi sendiri, dan pada akhirnya kita mengenal PC (Personal Computer). Ini mengubah gambar komputer yang semula hanya mesin sederhana dan memiliki tampilan yang tidak menarik sebaliknya.

Ini telah berhasil membuat komputer menjadi barang yang menarik dan membuat orang memilikinya. Sejarah komputer singkat bentuk komputer perlahan berubah. Pada awalnya besar, kemudian menjadi kecil sampai dapat ditempatkan di meja kerja kami. Bahkan bentuknya pun beragam. Dengan hadirnya fenomena Personal Computer (PC), ada juga koponen tren kemajuan dari teknologi komputer lainnya, memori pengolahan data, dan juga lain sebagainya.

  • Perangkat keras komputer

Perkembangan perangkat keras pada komputer yang semakin mendorong tren perkembangan teknologi komputer. Media penyimpanan data pada awalnya hanya mampu berukuran terbatas dan sangat kecil. Misalnya disket hanya mampu menyimpan file yang sangat kecil. Bahkan kemudian ukuran disket sangat besar, cukup sulit untuk dibawa. Kemudian pada saat ini, disket telah diganti dengan media penyimpanan lain, seperti USB (Universal Serial Bus), CD (Compact Disc), DVD (Digital Video Disc), kartu memori, dan sebagainya.

Bahkan media yang disebutkan secara perlahan telah tak tertandingi. Teknologi perangkat keras memiliki kecenderungan untuk tumbuh lebih kecil, tetapi memiliki kemampuan yang sangat besar. Salah satu dampak dan penyebab yang berasal dari kemajuan teknologi komputer yakni teknologi game di komputer. Game di komputer perlahan lebih semarak, memiliki tampilan grafis yang halus dan sangat cepat.

  • Komputer Seluler

Setelah tren perkembangan teknologi komputer pada komputer pribadi bergeser pada teknologi komputer yang dibawa ke mana-mana atau di portable, yaitu laptop. Penggunaan laptop memungkinkan pengguna untuk melakukan operasi komputer di mana saja dan kapan saja, tanpa harus di rumah atau kantor. Kemudahan yang ditawarkan tipe komputer seluler. Selain laptop, juga lahir serupa, yaitu notebook, notebook.

Bahkan teknologi komputer pada kemudahan untuk ponsel ini yang awalnya berukuran cukup besar, kali ini ukurannya juga bervariasi dari sedang hingga kecil. Terutama didorong oleh produsen yang bersaing untuk menawarkan harga yang ringan, semakin banyak pengguna komputer portabel jenis ini. Selain itu, tren teknologi komputer saat ini memiliki beberapa istilah baru yang diterapkan dalam implementasi teknologi komputer, seperti Teknologi Hijau, Komputasi Awan, Jejaring Sosial, komputasi seluler dan sebagainya.

Istilah-istilah ini dipicu oleh perkembangan teknologi komputer. Jika kita mengetahui, maka tren nyata yang terdapat dari teknologi komputer terarah untuk memfasilitasi kita di dalam bekerja, hobi atau bahkan hanya bermain game. Maka itu juga mengarah pada fungsi, pengguna, bentuk, kinerja yang lebih baik. Bukan tidak mungkin komputer hanya bisa di genggaman. Ya seperti saat ini bisa dilihat dalam bentuk smartphone.

Belakangan kita tidak dapat membedakan antara komputer dan telepon (karena keduanya ada di satu tangan). Masa Depan Komputer Diperkirakan semua material yang digunakan pada komputer masa depan akan menggunakan kaca seperti monitor dan keyboar. Keyboard masa depan tidak perlu disambungkan seperti sekarang ini hanya dengan menggunakan keyboard keyboar pengguna dapat mengetik kata dengan membaca koordinat keyboard yang terdaftar di keyboard.

Di Jepang, perusahaan bernama NEC Design Ltd menawarkan konsep baru teknologi komputer. Konsepnya adalah Pena Model Komputer. NEC telah menjelaskan bahwa model komputer pena dirancang dengan desain ‘Paket Gadget Jaringan Pribadi Pen-style’. Jenis komputer P-ISM ini memiliki beberapa fungsi, seperti kata sandi ID yang berfungsi sebagai identitas pemilik, Kamera yang Dipindai, Proyektor Kecil, Keyboar Virtual.

P-ISM terhubung satu sama lain dengan teknologi nirkabel yang berdekatan. Model ini juga dapat ditikam dengan internet menggunakan fungsi telepon pada P-ISM ini. Gadget pribadi ini adalah gaya pena minimalis berfitur lengkap. Banyak orang berpikir bahwa teknologi ini hanya menggunakan model teknologi “Keyboar and screen”. Tapi kita tidak dapat menyangkal bahwa pena dan kertas adalah alat tulis dan simbol yang kita terima secara alami, hanya masalah waktu sampai seseorang menemukan bintang bintang dengan konsep Smart Pen atau Smart Paper.

Selain NEC Design Ltd, perusahaan komputer terkemuka di dunia yang juga ingin dilewatkan Microsoft Corporation. Microsoft sudah memiliki proyek dan sedang mengembangkan prototipe komputer masa depan dan menyempurnakannya. Komputer ini disebut Microsoft Surface. Teknologi menggunakan sistem dengan dukungan waraless yang dapat dihubungkan dengan pameran digital disebuah ponsel gengam.

Sebagai contoh kita akan memotret objek atau orang, Nah dengan teknologi yang dikembangkan oleh microsof tadi maka kita bisa meletakkan kamera di atas layar monitor sentuh atau layar sentuh yang menyerupai meja. Setelah ditempatkan, maka akan muncul gambar atau wajah berbeda yang telah kami potret sebelumnya di layar tanpa kita pindahkan.

Kemudian dengan teknologi ini gambar dapat diperbesar atau diperkecil bolak-balik dengan tangan. Dan lebih menarik. Jika kita meletakkan ponsel di atas meja. Geser gambar yang dimonitor ke arah ponsel maka segera juga gambar telah pindah kememori kartu telepon kita tanpa kita pegang ponsel. Dua perkembangan teknologi komputer di atas dapat direalisasikan dalam waktu yang lama.

Namun dalam jangka panjang akhirnya kita akan disuguhi perkembangan teknologi lainnya yang tidak akan kalah canggih. Nah, komputer generasi akan terus berkembang lebih maju dan juga lebih canggih, telah dibahas di atas tentang perkembangan komputer mulai dari sejarah, generas pertama hingga kelima, dan juga komputer masa depan, wow tidak asik dengan kecanggihan yang dimiliki oleh komputer masa depan ini?

Tidak bisa menunggu kehadirannya, jadi bisa saya sampaikan pada Anda semoga Anda mengerti referensi tentang sejarah komputer singkat di atas, jika ada kesalahan dalam tulisan saya mohon maaf, terima kasih sudah membaca artikel kami.