Rekomendasi Aneka Masakan Ikan Sederhana dan Enak Lengkap

Nahh! Sobat kuliner di artikel ini kita akan membahas aneka masakan ikan yang bisa kamu olah sendiri di rumah. Sebelumnya kalian harus tahu bahwa Ikan adalah salah satu penyedia protein hewani untuk manusia di dunia ini, hampir tidak ada didunia ini yang belum pernah merasakan lezatnya olahan ikan. Di sini Ikan juga bertanggung jawab dalam hal menjaga kesehatan dan metabolisme tubuh manusia, karena hampir 60 persen protein yang dibutuhkan tubuh manusia diperoleh dari olahan masakan ikan. Di artikel ini akan memberikan tips tips cara mengolah ikan, dan masih banyak lagi yang akan artikel ini bahas tentang aneka olahan ikan yang wajib untuk kamu ketahui, simak yuk apa saja!

Macam-macam Ikan Yang Bisa Di Konsumsi

  1. Ikan Tongkol

aneka masakan ikanYang harus kalian ketahui yaitu ikan tongkol Berasal dari keluarga yang sama dengan cakalang dan tuna. Dengan warna yang sedikit gelap dan bentuk tubuh yang sedikit langsing, Panjang ukuran ikan tongkol rata-rata sekitar 60 cm. Bagian punggung tongkol berwarna biru gelap metalik dengan pola garis-garis. Tongkol lebih banyak dikonsumsi resep olahan ikan masyarakat Jawa dan Sumatera. Selain dimasak dengan cara digoreng, ikan tongkol sering diolah menjadi olahan gulai, cabe hijau, rica sampai pindang asem.

  1. Ikan Cakalang

resep olahan ikanCakalang memiliki warna lebih terang dibanding tongkol, sehingga sering disebut “tongkol putih”. Perbedaan utamanya terletak pada bentukan badannya yang lebih gemuk dibanding tongkol. Warnanya biru keunguan hingga gelap. Cakalang adalahsalah satu masakan ikan laut menu andalan dari Sulawesi dan Maluku. Cakalang oalahan rica-rica suwir sering dijumpai di daerah ini, mulai dari bubur manado sampai dengan nasi kuning Ambon.

  1. Ikan Tuna

resep olahan ikanIndonesia adalah salah satu negara didunia yang terkenal dengan banyaknya ikan tuna dilautannya. Tuna populer karena memiliki nilai komersial tinggi dan punya ukuran yang cukup besar. Tuna dewasa memiliki dari 35 sampai dengan 350 kilogram. Daging ikan tuna biasanya memiliki warna merah muda ke merah.

Selain olahan dari ikan ini contohnya olahan sushi dan juga sashimi, ikan tuna juga sering diolah dengan kuah kuning, bumbu balado,saus tiram,  saus teriyaki, sup, sampai dengan olahan tongseng. Tuna juga termasuk ikan yang sangat mudah olahannya seperti diolah menjadi abon, baso, ikan kering, dan juga untuk dikalengkan dengan mayonnaise.

  1. Ikan Teri

masak ikan bandengmeskipun ikan ini berukuran kecil, ikan teri memiliki banyak manfaat. Ikan teri termasuk salah satu ikan yang disebut sebut bisa untuk menyembuhkan penyakit jantung, tulang dan bisa mengontrol gula darah karena tingginya kandungan kalsium yang terdapat di dalam tubuh ikan teri, omega 3, asam lemak dan rendah kandungan lemak jenuh dan juga karbohidratnya.

Sudah biasa kita temui dalam kondisi kering, basah ataupun diasinkan. sayangnya kandungan yang dimiliki ikan teri basah memiliki kalsium dan fosfornya lebih sedikit ketimbang yang terdapat pada ikan teri kering tawar. Ikan teri sangat terkenal dengan olahan sambal atau kacang. Ikan teri juga bisa kita olah menjadi masakan dalam pepes, sayur daun singkong, atau botok.

  1. Ikan Kakap

masakan ikan lautTerdapat dua jenis ikan kakap, kakap merah (Red Snapper) dan kakap putih (White Seabass). Tetapi kedua kakap ini memiliki suku keluarga yang berbeda. Kakap merah memang lebih banyak menjadi favorit dari aneka masakan ikan laut chef profesional karena sangat mudah untuk diolah dan juga bisa dipadupadankan dengan beraneka bumbu dan juga memiliki daging yang tebal serta duri yang mengumpul di tengah. Rasa khas yang dihasilkan dari olahan kakap merah juga lebih kuat dibanding kakap putih. Selain dikenal dengan olahan masakan gulai kepala kakap, ikan kakap juga sering diolah dan disajikan untuk sup atau ikan bakar.

  1. Ikan Kembung

cara masak ikan bakarBerasal dari keluarga yang sama dengan ikan tongkol, tuna, dan cakalang, ikan kembung ini menu masakan ikan berukuran lebih kecil dibandingkan yang lainnya. Namun secara harga, ikan kembung ini jauh lebih murah. ikan kembung juga bisa diolah menjadi sambal matah, pepes dan pesmol.

  1. Ikan Makarel

aneka olahan ikanIkan yang sering kita jumpai di swalayan dalam bentuk kalengan ini juga berasal dari keluarga yang sama dengan ikan kembung. Ikan yang lebih banyak menghabiskan hidupnya untuk tinggal di laut dalam ini, dikenal dengan mempunyai kandungan asam lemak omega 6 dan omega 3 yang tinggi. Ikan makarel mempunyai tubuh langsing dan memiliki bentuk menyerupai silinder. Mempunyai ukuran tubuh yang lebih kecil dari ikan tuna, dan memiliki warna yang sedikit keperakan. Sebagian literatur menyebut, di beberapa negara makarel tidak spesifik pada satu jenis ikan tetapi bisa juga mencakup tenggiri dan kembung.

Cara memasak ikan yang enak Selain di masak menjadi bumbu saos tomat, cabe dan bawang contohnya sarden, makarel juga bisa dimasak menjadi rica-rica, sambal balado, atau pepes.

  1. Ikan Baronang

aneka resep masakan ikanIkan ini merupakan ikan laut dangkal pemakan tumbuh-tumbuhan. Dikenal sebagai ikan Samadar di Maluku dan Biawas di Jawa Tengah, panjang baronang dewasa mencapai 20-45 cm. Bentuk tubuhnya melebar dan memipih dengan sisik-sisik kecil sesuai jenisnya. Ada banyak jenis ikan barongan di antaranya yaitu baronang tompel, angin, susu, batik, kea-kea dan lada.

Yang perlu kalian perhatikan saat cara memasak ikan laut mengolah ikan ini yaitu punggung ikan baronang dilengkapi duri tajam yang beracun berada dibawah kulit. Racun yang terdapat dalam ikan ini tidak mematikan, hanya saja jika terkena racun ini, gejala yang ditimbulkan cukup parah.

Jika kalian sedang memasak Daging Baronang kalian wajib memasaknya dengan cara dibakar bahkan saja para pemancing lebih suka ikan barongan karena lebih sedap dibanding kakap merah. Ikan barongan ini juga bisa diolah menjadi bumbu pepes, rica, saus asam manis, bumbu kuning, atau diolah menjadi nugget atau schotel.

  1. Ikan Tenggiri

olahan ikan lautAneka resep masakan ikan ini masih termasuk dalam keluarga ikan tuna dan ikan kembung bahkan olahan ikan tenggiri ini mungkin yang paling populer di Indonesia bahkan sudah menjadi produk ekspor. Ikan tenggiri yang sudah dewasa pada umumnya mempunyai ukuran tubuh kurang dari 1 meter. Ada juga tenggiri Melayu yang mempunyai Panjang tubuh sekitar lebih dari 2 meter.

Makanan khas di Indonesia banyak yang menggunakan bahan dasar ikan tenggiri. Seperti pempek, tekwan, tahu bakso ikan, kerupuk, kemplang, siomay, dan otak-otak. Tenggiri juga nikmat  dimasak dengan bumbu lempah khas dari tauco, pindang, Bangka Belitung gulai, maupun dengan saos tomat. ResepKoki akan share beberapa resep pempek dan siomay yang paling populer berikut.

  1. Ikan Belanak

aneka masakan ikan lautIkan ini termasuk ikan yang bisa tinggal di lautan tropis dan sub tropis. Dengan bentuk yang memanjang dan sedikit pipih, bentuk ikan belanak sekilas persis dengan ikan bandeng .ikan ini mempunyai harga yang cukup terjangkau dikalangan masyarakat. Tekstur daging ikan belanak ini sedikit keras jika digoreng.

Tips Mudah dan Bermanfaat Menghilangkan Bau Amis Pada Ikan

cara masak ikan bakarBau amis yang terdapat pada  ikan memang pada dasarnya bisa untuk dikurangi atau dihilangkan. Ada beberapa cara memasak ikan goreng yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau amis pada ikan, salah satunya yaitu dengan menggunakan bahan-bahan alami. Dengan manggunakan cara dan bahan alami ini rasa khas pada ikan dipastikan tidak akan hilang, yang terpenting dengan takaran tertentu.

  • Air lemon

Cara untuk menghilangkan bau amis pada ikan dengan cara memakai perasan dari lemon memang cukup mudah dan juga sederhana. Dimana langkah yang harus anda lakukan yaitu menyiapkan terlebih dahulu lemon secukupnya. Jika sudah siap, anda bisa langsung memeras airnya. kemudian siramkan hasil dari perasan air jeruk lemon ini ke seluruh bagian ikan sebelum ikan dimasak. Cara ini biasanya bisa untuk menghilangkan bau amis pada ikan. supaya air lemon yang dipakai untuk masak tidak merubah rasa ikan, maka sebelum dimasak atau digoreng akan lebih baiknya jika anda mencuci kembali ikan sampai benar-benar bersih di bawah air mengalir.

  • Air cuka

Tidak hanya air lemon saja, air cuka putih juga bisa dipercaya untuk mengurangi bau amis yang ada pada ikan. tapi, hal yang sangat perlu anda ingat adalah pada saat memakai cuka untuk menghilangkan aroma bau amis, maka anda harus mengusahakan memakai cuka secukupnya saja. kenapa demikian? Karena rasa asam yang ada pada cuka bisa merusak rasa ikan yang akan anda masak.

  • Daun dan kulit jeruk

Daun dan kulit jeruk pun sangat bisa  membantu anda untuk menghilangkan aroma bau amis yang menempel pada ikan. Cara untuk menggunakan daun atau kulit jeruk ini sangat cukup mudah, dimana anda hanya tinggal merebus daun atau kulit jeruk hingga matang. Lalu gunakan air rebusan tersebut untuk mencuci ikan sebelum ikan diolah atau dimasak. Untuk masakan yang diolah dengan menggunakan kuah santan, maka anda dapat memasukan 1 sampai 2 daun jeruk ke dalam air santan. Untuk penambahan daun jeruk ini, selain dapat membantu bau amis pada ikan hilang dan juga akan menambah cita rasa pada makanan menjadi lebih sedap dan lezat.

  • Jahe

Aroma harum yang dihasilkan oleh tanaman jahe tidak hanya akan membuat tubuh anda merasa hangat saja, karena bau jahe juga bisa membantu untuk menghilangkan  bau amis yang terdapat pada ikan. saat anda mengolah ikan, baik itu digoreng, dibakar, atau dimasak dengan kuah, maka usahakan masukan jahe ke dalam bumbu. Jahe yang dipakai tidak hanya dihaluskan saja, karena anda hanya cukup mememarkannya.

  • Apel

Buah apel terkenal dengan buah yang digunakan sebagai pencuci mulut setelah makan, namun selain untuk pencuci mulut buah yang satu ini juga biasa digunakan untuk menghilangkan bau amis pada ikan, cara ini memang ampuh jika anda menggunakan buah apel. Cara memakainya pun  cukup mudah, dengan hanya mengiris ngiris tipis buah apel saja. kemudian masukan buah apel yang sudah diiris tadi ke dalam minyak atau airs untuk memasak ikan. Ketika irisan buah apel layu, maka anda bisa langsung mengangkatnya.

Restaurant yang terkenal dengan olahan masakan ikan

  •  Ikan Bakar Cianjur

cara memasak ikan laut

Kalian bisa bener bener ketagihan jika sedang makan direstauran sunda ini yang menghadirkan masakan serba ikan yang super lezat. Restoran Ikan Bakar Cianjur ini mahir sekali jika disuruh mengolah masakan dengan bahan ikan. semua makanan yang dimasak disini jadi sedap dan lezat Cocok sama namanya, restoran ini spesialisasinya ikan bakar. Kunjungan kamu ke sini nggak akan lengkap tanpa memesan Ikan Gurame Bakar nya, olahan ikan bakarnya sama sekali tidak tercium bau amis. Rasa sambal yang dimasak disini cocok banget dipadukan dengan ikan gurami bakarnya. Bumbunya juga sangat meresap dan bikin ketagihan. Yang paling penting sih, sambel di sini itu free flow. Surga banget deh buat pecinta sambal. Tidak hanya Ikan Bakar yang punya rasa enak, Ayam Bakar, Nasi Liwet, serta Ikan Pesmol juga punya rasa yang tidak kalah nikmat.

Lokasi:

Ikan Bakar Cianjur

– Jl. Batu Tulis Raya No. 39, Pecenongan, Jakarta. Telp. (021) 3507788.

– Jl. Cipete Raya No. 35, Fatmawati, Jakarta. Telp. (021) 75900222.

– Ruko Sentra Niaga 6, Blok 8 No. 5-6, Jl. Harapan Indah Bulevard, Medan Satria, Bekasi.

  • Pangkep 33

Untuk kalian yang belum tahu aneka masakan ikan, Pangkep 33 ini merupakan satu restoran Makassar yang hitz banget di Jakarta. Nah, olahan makanan yang berasal dari Makassar itu biasanya didominasi dengan masakan seafood yang rasanya unik berkat racikan bumbu tradisional yang mereka buat, ada satu menu masakan dari ikan yang wajib banget buat kalian rasakan yaitu Ikan Aji-Aji Bakar Rica yang rasanya enak parah, sedikit asam, dan garing di bagian kulit ikannya. Pedasnya sambal rica memang akan membakar lidah kamu, tapi justru itu letak kenikmatannya, dan rasanya bikin ketagihan. Lebih sedap lagi kalau kamu juga memesan Tumis Bunga Pepaya. Kombinasi rasa pahit, asin, dan pedasnya terasa mantap saat disantap dengan nasi putih hangat.

menu masakan ikan

Lokasi:

Pangkep 33

– Jl. Pluit Putra Raya No. 12A, Pluit, Jakarta. Telp. (021) 6632296.

– Jl. Batu Ceper No. 63, Pecenongan, Jakarta. Telp. (021) 3523783.

– Central Park, Lantai 2, Urban Kitchen, Jl. Letjen S. Parman, Tanjung Duren, Jakarta.

  •  Radja Gurame

Ini dia restoran keluarga andalan yang lokasinya ada di Cempaka Putih, Bekasi, dan Puri Indah. Semua outletnya punya tempat yang luas dan nyaman banget buat kumpul keluarga besar. Menu aneka masakan ikan andalannya sudah pasti Gurame. Kalian bisa mencicipi berbagai macam masakan yang terbuat dari gurami yang dimasak dengan aneka bumbu, mulai dari rica, kuah Thailand, kuah tauco, asam manis, sampai pesmol. Tapi tidak ada yang bias untuk menandingi dahsyatnya Gurame Bakar Cabe Ijo yang ada disini. Ikannya dibakar sampai kering dan rasa cabe ijonya fresh dan pedas. Sambal yang ada disini rasanya tidak terlalu pedas karena telah dicampur dengan tomat hijau yang membuat rasanya semakin balance dan fresh.

masakan dari ikan

Lokasi:

Radja Gurame

– Jl. Cempaka Putih Raya No. 137, Cempaka Putih, Jakarta. Telp. (021) 4260008.

– Jl. Pesanggrahan No. 63B, Puri Indah, Jakarta. Telp. (021) 5822148.

– Pondok Gede Plaza, Jl. Raya Pondok Gede, Pondok Gede, Bekasi. Telp. (021) 8463819.

  • Ikan Bakar dalam Bambu “Karimata”

Ikan yang disajikan direstaurant ini benar benar sangat unik. Dari namanya saja sudah terlihat jika ikan bakar yang diolah di sini memang tidak dimasak dengan cara yang biasa saja, tapi dengan cara memasak ikan bakar di dalam bambu. kalian wajib mencoba hidangan Patin Bakar Dalam Bambu saat berkunjung ke sini. cara mengolah masakan ikan bakar patin adalah, Ikan patin dibungkus memakai daun pisang, lalu dimasukkan ke dalam bamboo yang sudah dipilih, selanjutnya adalah dengan cara yaitu dibakar. Rasanya sangatlah lezat enak dan tentu tidak akan mengecewakan. Daging ikannya yaitu sangat lembut sekali dan bumbu merah yang menyelimuti masakan olahan si ikan sangat terasa sedap. Nah yang membuat terasa beda yaitu, di masakan ikannya ada harum aroma bambu yang terbakar yang membuat nafsu makan semakin bertambah.

cara memasak ikan yang enak

Lokasi:

Ikan Bakar dalam Bambu “Karimata”

– Jl. Taman Mini, Taman Mini, Jakarta. Telp. (021) 29468156.

– Jl. Tol Lingkar Luar Bogor, Exit Pintu Tol Sentul Selatan 2, Bogor Tengah, Bogor. Telp (0251) 36869765.

  • Ikan Bakar Manado Kemayoran

Rumah makan aneka masakan ikan Manado ini memang sangat terkenal jadi juara di dunia olahan seafood. Untuk anda yang gemar dengan olahan makanan pedas, restoran Ikan Bakar Manado pasti sangat cocok dengan selera makan anda. Hampir semua makanan yang tersedia di sini mempunyai cita rasa pedas. Olahan masakan yang menjadi favorit para pengunjung yaitu adalah Ikan Kuwe Bakar Manado yang ketika kita santap sama sekali tidak tercium bau amis sedikit pun. Dari segi penampilannya saat dihidangkan saja sudah terlihat sangat pedas karna bumbu di atas ikan yang sangat banyak. Bumbu tersebut sangat meresap sampai ke dalam daging ikan yang terasa manis pedas dan terasa lembut. Lebih unik nya lagi yaitu, menu hidangan ini juga disajikan dengan sambal dabu-dabu lho. Jadi sangat terasa pedasnya!

masakan serba ikan

Lokasi:

Ikan Bakar Manado Kemayoran

Jl. Bungur Besar No. 107,Kemayoran, Jakarta. Telp. (021) 4255063.

Aneka Olahan Ikan Tenggiri yang Wajib Kamu Coba

Tidak asing lagi jika ikan tenggiri menjadi salah satu ikan laut ter favorit oleh masyarakat indonesia. Dagingnya memiliki cita rasa yang empuk, khas, lembut, dan pastinya juga sangat bergizi jika untuk dikonsumsi. Selain itu, ikan tenggiri ini memang sangat mudah untuk diolah menjadi berbagai macam olahan dan dimasak memakai dengan cara apa saja, baik untuk digoreng, dibakar, dipepes, ataupun  diolah menjadi sup. Nah, jadi bagi kalian khususnya untuk para pecinta olahan masakan ikan laut atau seafood, khususnya yaitu adalah olahan ikan tenggiri, berikut ini ada beberapa aneka masakan ikan olahan dari masakan ikan laut tenggiri yang dijamin akan menambah selera makanmu.

Masakan Ikan Rumahan Enak
  • Ikan Tenggiri Bumbu Kuning

olahan dari ikanKelezatan dari daging ikan tenggiri memang akan sangat terasa jika diolah dengan kuah bumbu kuning yang sangat segar dan gurih. Cara untuk mengolah ikan tenggiri ini dengan bumbu kuning ini tidak terlalu rumit. karena bahan dasarnya yang sangat mudah untuk kita cari, cara masaknya pun juga memang sangat mudah.

Cara mengolahnya, ikan tenggiri dipotong-potong menjadi fillet, lalu dilumuri memakai perasan air jeruk, garam dan bawang putih. Selanjutnya yaitu, goreng sampai benar benar matang, dan dimasak kembali dengan bersama bumbu bumbu kuning yang terdiri dari olahan bawang putih, bawang merah, kunyit, kemiri dan juga jahe.

  • Ikan Tenggiri Balado Pedas

aneka masakan ikanIkan tenggiri bumbu balado pedas ini memang sangat direkomendasikan untuk para pecinta kuliner masakan pedas. Paduan cita rasa yang sangat khas dari ikan tenggiri berpadu dengan rasa pedasnya olahan dari bumbu balado, pasti sangatlah menggoda selera anda untuk menyantap masakan ini. Cara mengolah ikan tenggiri balado pedas ini juga bisa dibilang cukup mudah. Ikan tenggiri ini digoreng terlebih dahulu sampai benar benar  matang, kemudian dimasak kembali bersama dengan bumbu balado yang terdiri dari cabe cabe merah, cabe rawit, tomat, dan juga bawang merah.

  • Ikan Tenggiri Pesmol Daun Kemangi

resep olahan ikanMasakan ikan bumbu pesmol yang berasal dari Sunda ini memang mempunyai cita rasa yang sangat unik dan khas. kebayang kan gimana rasa sedapnya ikan tenggiri ini dimasak dengan memakai bumbu pesmol yang asam, gurih, pedas dan manis? Apalagi kalau ditambah dengan memakai aroma daun kemangi yang segar dan wangi. Makanan ini diolah dengan memakai cara menggoreng ikan tenggiri untuk terlebih dahulu, lalu ditumis bersamaan dengan daun kemiri, kunyit, bawang merah, bawang putih, serai, mentimun dan tak lupa dengan daun kemangi.

  • Ikan Tenggiri Gulai Padang

cara memasak ikan gorengMenu andalan yang satu ini tentu saja tidak akan dilewatkan oleh para penggemar oalahan makanan Padang. Ikan tenggiri dimasak dengan menggunakan bumbu gulai padang yang memang sangat gurih dan kaya dengan rempah rempah. Sungguh masakan yang memanjakan lidah para penikmat atau pecinta masakan padang. Untuk mengolah menu masakan ini, lumuri ikan tenggiri memakai perasan dari jeruk nipis supaya tidak berbau amis. kemudian, tumis bumbu yang sudah halus yang terdiri dari bawang putih, bawang merah, kunyit, dan kemiri. lalu, tambahkan juga asam jawa dan santan, dan juga masukkan ikan tenggiri bersama dengan belimbing.

  • Ikan Tenggiri Tepung Crispy

masak ikan bandengjika anda biasanya menemukan makanan olahan ikan tenggiri dengan cara dimasak memakai aneka bumbu, ternyata ikan tenggiri digoreng dengan tepung crispy juga tidak kalah enaknya. Ikan tenggiri yang dagingnya empuk dan lembut bisa menjadi lebih gurih dan renyah kalau dibalut dengan kulit tepung yang crispy dan digoreng sampai kering dan kriuk. tidak ada salahnya kalau anda mencoba variasi menu olahan ikan tenggiri yang satu ini.

  • Ikan Tenggiri Asam Manis

Ikan tenggiri dengan olahan bumbu asam manis ini memang menjadi salah satu favorit dan tentu saja sudah tidak terasa asing lagi untuk lidah kita. Nah, bagaimana rasanya jika bumbu favorit satu ini diolah atau dipadukan dengan lembutnya daging dari ikan tenggiri. Pasti rasanya sangat lezat dan juga sangat menggoda. Seperti dengan cara memasak dengan masakan asam manis pada umumnya, ikan tenggiri asam manis ini juga ditumis bersama bumbu halus yang terbuat dari olahan dari bumbu bumbu tomat, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, jahe, saus sambal, saus tomat, serai, gula dan garam. Menu ini akan menjadi semakin komplit kalau disajikan bersama dengan tumisan kangkung dan kerupuk!

  • Nugget Ikan Tenggiri

masakan ikan lautJika pada umumnya nugget adalah makanan yang terbuat dari olahan daging ayam, sekarang anda juga bisa membuat olahan nugget sendiri dari ikan tenggiri. Jika ditanya soal rasa, leas sudah pasti tidak kalah enak dengan nugget ayam. Nugget ikan tenggiri kini bisa di jadikan sebagai menu favorit barumu, karena selain bergizi, dan enak, nugget ikan tenggiri juga sangat mudah untuk dibuat. Nugget ikan tenggiri ini sangat cocok sekali jika jadi lauk tambahan atau mungkin bisa untuk menjadi camilan.

  • Sup Ikan Tenggiri

Sup dari ikan tenggiri ini juga bisa dijadikan salah satu menu pilihan untuk jadi menu makan siangmu bersama dengan keluarga. Rasa dagingnya juga yang terasa lembut akan semakin jadi terasa sedap jika dimakan bersama dengan kuah sup yang bening, segar, dan gurih. Akan semakin lezat kalau ditambahkan dengan cabe rawit supaya menambah rasa pedas. Cara mengolah sup ikan tenggiri ini juga sangat praktis.

Itulah beberapa rekomendasi aneka masakan ikan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan selamat mencoba untuk memasaknya pecinta kuliner.