Rekomendasi Tempat Makan Di Palembang Yang Nikmat Dan Menghemat Budget

Palembang di kenal dengan sebutan kota Pempek, meskipun sebenarnya kota ini memiliki macam-macam kekayaan kuliner lainnya yang bercita rasa tinggi. Yang akan kami bahas di sini ada 14 Rumah Makan tempat wisata kuliner di Palembang yang paling enak dan sayang sekali untuk dilewatkan.

14 Kuliner Palembang Paling Terkenal

  • Warung Kopi H Madina Kuto

Di Warung ini tersedia berbagai macam makanan khas Palembang yang jarang ditemui di tempat lain, seperti Burgo, Lakso, Laksan, Celimpungan dan lain lain. Warkop ini termasuk warkop yang sangat laris. Selain itu Warkop H Madina Kuto ini juga menyediakan Nasi Uduk, Pempek, Tekwan, Lupis, Ketan, Srikaya dan aneka Kue Kue lainnya

  • Martabak HAR

tempat makan di palembang

Martabak HAR ini juga termasuk tempat makan di palembang yang enak. Belum lengkap ke Palembang, kalau tidak menyantap hidangan yang satu ini, Martabak HAR. HAR adalah singkatan dari Haji Abdul Rozak, Saudagar Keturunan India yang sudah meninggal tahun 2001, akan tetapi Rumah Makan Martabak Har sampai sekarang tetap bertebaran di seluruh kota ini. Tempat ini berlokasi di Jalan Jend Sudirman, Simpang Sekip Palembang. Martabak ini berisikan telur (ayam / bebek) dan berkuah Kari dengan campuran kentang, ditambah kuah cuka dan irisan cabai rawit., Ukuran satu porsi nya cukup nendang untuk mengisi perut yang keroncongan.

  • Mie Celor 26 Ilir

kue khas palembang

Mie nya berukuran besar seperti spaghetti dan disajikan dengan taburan udang , bawang goreng, potongan telur rebus dan tauge (kecambah). Aroma udang yang khas ini konon berasal dari otak udang satang yang dilembutkan sehingga menghasilkan kuah yang bewarna kemerahan yang kental dan gurih. Berlokasi di Jalan K.H Ahmad Dahlan , dekat Pasar 26 ilir, Mi Celor 26 H M Safei Z.

  • Pindang Sri Melayu Palembang

wisata kuliner palembang

Tempatnya luas, nyaman dan bersih, di rumah makan ini tersedia beragam jenis pindang dan hidangan khas Palembang lainnya, antara lain Pindang Patin, Pindang Bawung, Pindang Ikan Salai, dan masih banyak lagi. Tempat ini juga termasuk tempat makan di palembang yang enak.

  • Pindang Sophia Kertapati

Rumah Makan pindang sophia kertapati ini terkenal dengan udang Satang nya yang berukuran sangat besar (Satang dalam bahasa palembang berarti galah, dinamai demikian mungkin karena kaki udang ini sangat panjang sehingga menyerupai galah)

  • Pindang Musi Rawas

resep masakan palembang

Rumah Makan Pindang Musi Rawas ini terletak di Jalan Angkatan 45 Palembang. Seperti Rumah makan Pindang lainnya, Rumah makan ini juga menyediakan beraneka ragam Pindang dilengkapi sambal dan lalapan.

  • Pindang Linggau

Salah satu tempat makan pindang lainnya yang patut dicoba di Palembang adalah Rumah Makan Linggau, Rumah makan ini berlokasi di Simpang Empat, Jalan Radial  Palembang

  • Pindang Tulang Bu Darmin

Perbedaan antara pindang ikan dan pindang tulang adalah jika pindang ikan bumbu bumbunya tidak ditumis, sementara pindang tulang bumbu bumbunya, seperti bawang, lengkuas, jahe dan lain lain di tumis terlebih dahulu.

  • Nasi Minyak Abuk Palembang

masakan khas palembang

ayo coba Nasi Minyak di RM H Abuk yang terletak di Jalan Dr M Isa, 8 Ilir  deket Pasar Kuto Palembang. Disebut Nasi Minyak, karena merupakan olahan nasi dan Minyak Samin. Lebih lezat dimakan bersama lauk lauk pendamping seperti Malbi Sapi (daging sapi yang dimasak manis dengan kecap dan rempah rempah) , Kari Kambing nya yang sangat mantap, sate pentol. Sangat di sayangkan sekali jika anda tidak mampir ke tempat makan di palembang yang satu ini.

  • Pempek Saga Sudi Mampir

Rumah makan ini terletak di Jl Merdeka, di Seberang Kantor Walikota Palembang. sesuai namanya pempek ini di masak dengan cara dibakar / di panggang, sementara pempek lenggang, berbahan dasar sama, tetapi dicampur dengan telur bebak dan diletakkan di wadah yang terbuat dari daun pisang sebelum di panggang.

  • Tekwan Wak Aba Bukit Besar

Warung Pempek Wak Aba yang terletak di Jalan Srijaya Negara Bukit Besar Palembang . ini adalah Salah satu Warung Makan yang menyajikan Tekwan paling enak.

  • Es Kacang Merah Mamat Lapangan Hatta

Di hari yang panas, enaknya kita menuju ke salah satu tempat kuliner legendaris lainnya di palembang, yaitu Es Mamat. Es ini sangatlah enak sekali, kacang merahnya yang lembut dan manis, dipadu dengan parutan es, susu, alpukat dan cincau, dijamin membuat anda ketagihan.

  • Kerupuk dan Kemplang Suwandi

Penganan yang satu ini dapat juga dipilih sebagai alternatif oleh oleh dari palembang selain pempek. Rasa kemplang nya sangatlah enak dan mantap.

  • Pesta Duren Palembang

durian di Palembang kebanyakan berasal dari Lahat, Muara Enim, Empat Lawang, Lubuk Linggau, Bengkulu dan daerah daerah sekitarnya.

Kue Khas Palembang Enak

makanan enak di palembang

Selain makanan nya, palembang juga punya kue khas palembang, Di sini akan kami bahas tentang kue lebaran khas palembang. Beberapa kue ini sangat terkenal di Palembang dan rasanya yang sangat enak.

  • Maksubah

Maksubah adalah kue lapis khas Palembang yang disajikan hanya pada acara-acara khusus terutama pengantin baru, kue maksubah menjadi antaran wajib ke rumah orang tua-mertua mereka

  • Bolu Kojo

Bolu Kojo adalah makanan khas daerah Sumatera Selatan termasuk Palembang. Biasanya kue ini dihidangkan pada acara-acara adat. Rasanya manis dan legit karena terdapat campuran gula dan juga susu kental manis. Bolu kojo khas Palembang memiliki warna hijau. Warna tersebut berasal dari daun suji atau daun pandan. Selain memberikan warna yang cantik, daun suji atau daun pandan juga memberikan aroma yang nikmat.

  • Bolu 8 Jam

Bolu ini memang dibuat dalam waktu 8 jam. Konon, dulunya kue ini hanya dinikmati untuk kelas bangsawan. Makanan ini populer ketika Sultan Palembang IV berkuasa tepai, sekarang makanan ini lazim dinikmati semua lapisan masyarakat. Pembuatannya harus persis 8 jam. Kalau kurang, bolunya tidak kenyal. Kalau lebih, bolunya akan terlalu padat.

  • Lapis Legit Palembang

Lapis legit punya perbedaan dengan kue lapis lainnya, yakni lapisannya yang mencapai 18 lapis. Lapis Legit khas dengan aroma rempah. Tiap lapisannya dioven satu persatu dalam satu loyang. Di tiap daerah, memang sih ada yang namanya lapis legit. Lapis legit ini bahkan menjadi salah satu kue terenak nasional. Tradisi membuat kue lapis legit ini sendiri berasal dari tradisi Belanda saat menjajah di Indonesia.

Wisata Kuliner Palembang Yang Terkenal

minuman khas palembang

  • Pempek dan Lenggang Candy

Jika bicara tentang kuliner kota Palembang, pasti langsung teringat dengan pempek. Olahan ikan dan tepung kanji yang biasanya di sajikan setelah digoreng dengan kuah cuko yang berwarna gelap dengan rasa asam manis menyegarkan. Salah satu pempek yang paling terkenal di Palembang adalah Pempek Candy yang terkenal dengan pempeknya yang garing dan renyah di luar namun tetap empuk di dalam. Outletnya banyak tersebar di penjuru kota dan bahkan sampai di luar kota. Selain pempek, jangan lupa mencoba lenggang, pempek lenjer yang di goreng dengan telur bebek lalu dibakar.

  • Tekwan Lince

Tekwan adalah bakso khas kota Palembang. Biasanya berupa bakso ikan yang di sajikan dengan kuah bening, daun bawang dan mie putih. Biasanya tekwan juga dijual di resto-resto pempek sebagai salah satu pilihan menu. Salah satu resto favorit warga Palembang untuk menikmati tekwan adalah R.M. Pempek Lince. Kuah nya khas karena terbuat dari sari kepala udang, dan bakso ikannya pun empuk dan kenyal. Selain itu, pempek Lince juga terkenal unik karena setelah digoreng, pempek dibakar dulu sebelum disajikan.

  • Warung Aba

Makanan khas lainnya yang sering menjadi menu sarapan favorit warga setempat adalah Laksan dan Celimpungan. Keduanya terbuat dari bahan dasar ikan yang menyerupai adonan pempek, hanya saja disajikan dengan kuah kari kental yang menggugah selera. Yang paling terkenal adalah Warung Aba yang sudah berdiri dari tahun 1981. Kuah kari Warung Aba terkenal mantap dengan paduan rempah-rempah yang bikin lidah dan perut gembira pagi-pagi. Ada juga menu Burgo dan Lakso yang terbuat dari tepung beras dan juga siap disantap dengan kuah kari dan taburan bawang goreng.

  • Martabak HAR
Baca Juga  45 Makanan Tradisional Jawa Barat Terenak Dan Populer

Palembang juga punya menu martabak yang berbeda dengan martabak khas kota-kota lainnya. Walaupun bentuknya mirip dengan martabak pada umumnya dan berbahan kulit tipis renyah yang campuran telur dan daging, martabak palembang disantap dengan kuah kental. Martabak HAR adalah yang paling terkenal di kota jembatan Ampera ini. Penciptanya adalah Haji Abdul Rozak, yang sering disingkat menjadi HAR. Rasanya gurih renyah dengan kuah yang kental kaya rempah-rempah dengan beberapa potongan kentang. Pastinya sangat sayang untuk dilewatkan jika berkunjung ke kota Palembang.

  • Mie Celor 26

Menu sarapan khas kota Palembang lainnya adalah Mie Celor. Mie Celor berarti mie celup, yang memang sesuai dengan proses pembuatannya yang tidak di rebus melainkan di celup saja dalam kuali berisis air panas. Mie celor disajikan dengan kuah kaldu santan kental, tauge dan potongan telur rebus. Mie Celor yang terkenal di Palembang tentu saja Mie Celor 26 ilir Haji Syafe’i. Rasa kuahnya gurih dan beraroma khas karena terubat dari sari rebusan kepala udang besar. Mienya pun kenyal dan segar karena dibuat sendiri oleh pemiliknya. Sebaiknya segera nikmati hidangan ini hangat-hangat agar terasa benar-benar kesegaran bahan-bahan pilihannya.

  • Pindang ikan Ibu Ucha

Masih seputar masakan ikan, karena memang kota palembang jagonya mengolah masakan yang berbahan dasar ikan dan udang. Sop pindang ikan patin merupakan hidangan lain yang juga tidak boleh dilewatkan. Yang dimaksud dengan pindang ikan patin adalah masakan ikan patin kuah santan dengan rasa kuah asam, manis, pedas gurih yang sangat nikmat dan menyegarkan. Jika ingin menikmati sup pindang ikan patin yang top abis dan juga berbagai olahan makanan ikan dan udang yang tidak kalah mantap, silakan berkunjung di RM Pindang Meranjat milik Ibu Ucha yang terletak di daerah Meranjat. Daging ikan patinnya lembut dan segar, kuahnya pun bebas rasa amis serta pastinya membuat ketagihan.

  • Tempoyak Musi Rawa

Jika masih penasaran dengan menu sop pindang khas Palembang, masih ada beberapa resto yang tidak kalah enak dengan RM Pindang Ibu Ucha, dengan ciri khas rasa masing-masing. Namun, menu andalan dari RM MUSI RAWA ini adalah pepes patin tempoyak. Sambal tempoyak terbuat dari durian yang sudah difermentasikan, namun setelah matang rasa yang dominan adalah asam dengan aroma khas durian samar-samar.

  • M Sri Melayu

Sasana restonya cukup luas dan didominasi interior khas Sumatera Selatan. Selain pendopo utama, resto yang teduh ini juga menyediakan gazebo lesehan di tepi kolam kecil buatan yang menghiasi bagian tengah resto. Seperti restoran yang lain, R.M Sri Melayu juga menyajikan berbagai sop pindang khas makasar sebagai menu utamanya, hanya saja yang jadi andalannya adalah sop pindang udang sungai. Jangan lupa juga mencicipi aneka sambal kreasi mereka yang mantap abis dan tiada duanya.

  • Pondok Kelapo

Alternatif resto hidangan khas Palembang lainnya adalah R.M Pondok Kelapo. Resto yang cukup luas ini dibangun dengan konsep. Jangan lupa untuk mencisip hidangan kerangnya yang cukup lengkap dengan berbagai pilihan jenis kerang yang unik seperti kerang bambu, kerang hijau dan kerang madu.

  • Sate Sapi Wak Din

Jika bosan dengan makanan berbahan ikan, kuliner khas Palembang lainnya yang juga terkenal adalah Sate Sapi Wak Din. Disebut juga sate manis karena disajikan dengan bumbu kecap manis yang dicamur cuka. Rasanya cukup eksotis karena paduan manis dan asam yang menggigit di lidah. Aromanya yang khas sudah menguar dari depat warung karena sate-sate tersebut dibakar di depan pintu masuk. Satu porsi hanya berisi 5 tusuk saja, namun pengunjung pasti puas karena potongan dagingnya besar-besar dan masih terasa empuk dan kenyal.

  • Bakmi Aloi

Resto yang satu ini termasuk makanan non-halal karena menggunakan daging babi sebagai pelengkap lauknya. Masakan cina memang banyak berkembang di daerah Sumatera, tertuama di kota-kota besar seperti Palembang dan Medan. Yang satu ini merupakan kegemaran warga Palembang karena mie nya yang kenyal dan gurih. Pengunjung dapat memilih dua macam mie yaitu mie gilik biasa dan mie lebar yang menyerupai kwetiau. Untuk pilihan toppingnya resto ini menawarkan olahan ayam, babi panggang, babi cincang dan jamur. Jangan lupa mencicipi ngohiang babi, yaitu gorengan yang menyerupai kekian dengan aroma khas dan rasa luar biasa enak.

  • La Vita Bella

Tidak hanya restoran khas Palembang saja yang menarik untuk dikunjungi di Palembang, beberapa fine dining di sini menawarkan pengalaman kuliner yang asyik dan unik. La Vita Bella mengunggulkan masakan ala western yang disesuaikan dengan lidah penduduk setempat. Resto ini menawarkan menu-menu resto bintang lima seperti iga, lidah sapi dan salmon yang disajikan cantik bak karya seni. Memang harganya cukup mahal jika dibandingkan resto yang lain, namun pengunjung akan sangat puas menikmati karya kuliner resto La Vita Bella.

  • River Side Restaurant

Pengunjung dapat memilih tempat duduk di rooftop agar bisa menikmati angin semilir dan pemandangan kota. Sebaiknya datang di malam hari ketika udara sudah sejuk dan lampu-lampu jembatan sudah dinyalakan. Menu yang ditawarkan didominasi berbagai olahan ikan seperti sup pindang, pepes patin dan aneka sambal.

  • M Pagi Sore

R.M Pagi Sore adalah restoran masakan Padang yang terkenal di Palembang. Walaupun bukan makanan khas dari daerah ini, namun penduduk setempat juga menggemari masakan dari provinsi tetangga ini. Menu andalannya adalah rendang yang tak kalah mantap dengan resto-resto di Padang. Restorannya juga dibangun luar dan lapang dengan atap tinggi dan dekorasi yang menyenangkan. Pengunjung juga bisa menikmati menu-menu khas bersantan dengan bumbu rempah yang mantap dan menggugah selera lainnya seperti gulai cumi dan gulai otak, sambal lado serta kerupuk janggek yang terbuat dari kulit sapi.

  • Golden Abalone Restaurant

Makanannya disajikan di meja putar khas restoran cina dengan berbagai pilihan menu yang enak-enak. Andalannya adalah berbagai olahan abalon dan sup sirip hiu serta menu seafood lainnya. Restoran ini selalu ramai pengunjung saat perayaan hari besar etnis Tionghoa seperti tahun baru dan festival kue bulan. Pembahasan di atas termasuk juga tempat tempat makan di palembang.

Beberapa Resep Masakan Palembang

tempat makan enak di palembang

  • Cara membuat pempek

Bahan:

  • 1 Cangkir (1 bagian) IkanTenggiri Giling
  • 1 Cangkir (1 bagian) Air putih
  • Garam secukupnya
  • 2 sdm minyak goreng
  • Tepung kanji secukupnya

Saus Cuko:

  • 1 kg gula merah yang bagus,potong-potong
  • cabai rawit sesuai selera
  • 200 g bawang putih
  • 3 sdm cuka putih/air asam/air jeruk nipis
  • garam secukupnya
  • 2 liter air

Cara Membuat:

  • Campur ikan giling dengan air dan garam hingga benar-benar larut dan cukup asinnya.
  • Tambahkan tepung kanji secukupnya sampai adonan bisa diuleni (banyak sedikit tepung kanji tergantung pada kekenyalan yang diinginkan). Jika suka yang kenyal bisa dipakai lebih banyak.
  • Adonan pempek siap dibentuk sesuai selera. Untuk pempek kapal selam, ambil adonan secukupnya, bentuk seperti mangkuk, isi dengan telurayam mentah lalu rekatkan agar tidak bocor.
  • Rebus dalam air mendidih dengan api sedang hingga mengapung. Angkat, tiriskan. Masukkan dalam air dingin.
  • Untuk pempek lenjer, bentuk adonan seperti silinder dan rebus sampai mengambang kemudian angkat dan masukkian dalam air dingin.
  • Untuk andaan, ambil adonan secukupnya, tambahkan sedikit bawang goreng atau daun bawang iris seta telur, aduk rata.
  • Bentuk adonan menjadi bola-bola dan goreng dalam minyak panas dengan api kecil hingga mengapung dan matang.

Saus Cuka:

  • Masak gula merah bersama air secukupnya hingga larut.
  • Haluskan bawnag putih dan cabai rawit lalu tambahkan ke dalam rebusan gula dan didihkan.
  • Masukkan cuka dan garam. Rebus dengan api kecil selama 1 jam hingga agak kental. Angkat dan saring.
  • Sajikan pempek dengan ebi yang dihaluskan.

Adapun juga beberapa Masakan Khas Palembang yang akan kami ulas disini. Kota Palembang terkenal dengan kelezatan makanan khasnya. Mungkin Sebagian dari makanan ini sudah dijual di kota-kota lain tetapi lebih nikmat lagi apabila langsung makan di tempat asalnya. Berikut ini adalah  berbagai macam makanan khas yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke kota Palembang :

  • pempek

Pempek terbuat dari ikan, tepung dan sagu. Pempek telah berkembang menjadi banyak variasi.

  • Tekwan
Baca Juga  Resep Membuat Nasi Goreng Rumahan Spesial Enak Dan Praktis

Bahan yang di gunakan untuk membuat tekwan hampir sama dengan bahan yang digunakan untuk membuat pempek. Hanya saja ada perbedaan dari bentuk nya. bentuk tekwan dibuat bulat kecil-kecil menyerupai bakso ikan.

  • Laksan

Laksan hampir mirip dengan pempek lenjer yang sudah diiris setebal 1 cm. Namun bedanya, Laksan disajikan bukan dengan cuko melainkan menggunakan kuah santan.

  • Pindang Patin

Pindang merupakan makanan khas palembang yang terkenal selain pempek. ketagihan.

  • Rasanya yang nikmat dan juga pedas, membuat yang mencicipinya pasti Mie Celor

Mie celor memiliki bentuk yang tebal seperti udon. Berbeda dengan mie biasa, Mie Celor memiliki kuah yang kental dan sangat gurih.

  • Martabak Har

Kuah martabak har adalah kuah kari yang punya rasa rempah kuat, serta dicampur kentang dan daging. Asal mula dinamakan Martabak HAR ini sebenarnya merupakan menu masakan dari rumah makan HAR. Masyarakat Palembang pasti tahu dengan resto ini, karena lokasinya yang sangat strategis terletak di jalan protokol Sudirman. Tempoyak disukai oleh masyarakat Palembang sebagai campuran untuk menikmati pindang ikan patin atau makanan lainnya. Tempoyak memiliki rasanya gurih dan unik.

  • Lenggang

Masakan khas Pelembang ini dibuat dari olahan ikan yang dicampur dengan telur yang dikocok. Lau olahan ini diletakkan di atas daun pisang dan dimasak dengan cara dipanggang

Makanan Enak Di Palembang memang sangat banyak sekali, Kota yang dijuluki wong kito galo ini merupakan kota terbesar kedua di Sumatera setelah Medan. Kota tempat lahirnya club sepakbola nasional, Sriwijaya FC ini punya magnet sendiri bagi wisatawan yang sedang berkunjung ke Palembang. Salah satu adalah makanannya yang enak. Tidak perlu takut timbangan berat badan naik. So check it out 9 makanan enak wajib di Palembang.

  • Pempek

Ragam jenis pempek yang timbul karena kreatifitas si pembuat mulai dari pempek kapal selam, pempek lenjer, pempek keriting, pempek adaan, pempek kulit, pempek tahu, pempek pistel, pempek udang, dan pempek lenggang. Selain itu untuk menambah cita rasa enak maka colenak (cocok enak) yang pas adalah saus cuka (cuko) yang berwarna kehitaman terbuat dari rebusan gula merah dan cabe.

  • Adaan

pempek adaan adalah salah satu favorit masyarakat Palembang. rasa gurih dan ada potongan bawah merah adalah ciri khas dari pempek adaan .

  • Lenggang

Penyajian lenggang terbuat dari olahan ikan yang dicampur dengan kocokan telor. Selanjutnya diletakkan di dalam wadah dari daun pisang. Dimasak dengan cara dipanggang menggunakan arang hitam sehingga aroma dari daun pisang dan dipanggang makin mengugah selera. Apabila cara masaknya digoreng berarti kocokan telor tinggal digoreng bercampur dengan irisan pempek.

  • Es Kacang Merah

Teman makan pempek yang tepat itu adalah semangkok es kacang merah khas Palembang.

  • Model

Makanan ini juga berbahan dasar daging ikan dan sagu dibentuk seperti pempek kapal selam. Isi di dalamnya adalah tahu putih. Namun tekstur dari olahan ikan ini lembut. Penyajian model dipotong kecil-kecil ditambah kaldu udang sebagai kuah serta potongan mentimun sebagai pelengkap. Selain itu ada 2 jenis model, yaitu Model Ikan dan Model Gandum.

  • Burgo

Makanan ini berkuah santan kuning. Dibentuk mirip dadar gulung yang kemudian diiris dan disiram dengan kuah santan. Umumnya, burgo bisa dijumpai di pedagang kaki lima pas pagi hari untuk sarapan pagi.

  • Laksan

Hanya saja laksan bentuknya seperti pempek lenjer yang tebal kemudian dipotong, teksturnya kenyal.

  • Tekwan

Tekwan berbentuk hampir mirip seperti Model, tetapi tekwan bentuknya dari pelintiran kecil tidak beraturan.

  • Pindang

cocok disantap dengan nasi putih hangat maka rasa gurih, pedas dan segar sangat mengoyang lidah.

Dan tidak kalah penting, Minuman Khas Palembang juga banyak yang sangat terkenal, Palembang memiliki berbagai kuliner yang khas. Selain makanan yang khas dan memiliki rasa yang cukup memanjakan lidah, palembang juga memiliki minuman yang khas loh, yaitu es kacang merah. Banyak pedagang yang juga menyediakan es kacang merah dengan rasa yang variatif. Seperti tekstur kacang yang lembut, sedang atau sedikit keras. Juga dicampur dengan santan dan gula jawa. biasanya penjual pempek pasti menjual es ini.

Beberapa Tempat Makan Enak Di Palembang Yang Hits

kuliner di palembang

Palembang adalah kota terbesar kedua di Sumatera setelah Medan. Sebagai kota terbesar urutan kedua tentu juga memiliki beragam tempat kuliner yang menarik dan bisa anda kunjungi. Rekomendasi tempat kuliner di Palembang yang bisa anda kunjungi . Ingin tahu dimana saja tempat kuliner khas Palembang yang menarik dan menjadi tempat nongkrong anak muda. Berikut rekomendasi tempat kuliner di Palembang yang bisa anda kunjungi.

  • Serendipity cafe

Rekomendasi tempat kuliner di Palembang yang pertama adalah serendipity cafe. Cafe murah di Palembang ini bernuansa outdor dan menyatu dengan alam. Menu makanan yang ditawarkan seperti baked pasta, BBQ, chicken wings, dan hot chocolate. Anda bisa langsung datang ke alamat Jalan AKBP Cek Agus No.284 Ilir Timur Palembang.

  • B777 sky kitchen

Tempat makan enak di Palembang yang bisa anda kunjungi yaitu B777 sky kitchen. Restoran ini memiliki desain seperti di kabin pesawat. Menu andalan di tempat ini seperti mie ayam kuah cha cha, spicy noodle, dan tom yum seafood noodle. Jika anda ingin mencobanya langsung datang ke Jalan Angkatan 45, Lorok Pakjo, Palembang.

  • Kedai tiga nyonya

Kedai tiga nyonya menjadi daftar tempat wisata kuliner di Palembang yang wajib anda kunjungi. Tempat kuliner ini menghadirkan konsep zaman dahulu. Suasana resto seolah anda makan dirumah sendiri. Menu yang disajikan perpaduan antara Indonesia, Belanda dan Tionghoa. Anda bisa berkunjung ke alamat Jalan Supeno, Talang Semut, Bukit Kecil, Palembang.

  • Cafe hello kity

Cafe unik di Palembang bernuansa pink dan hello kity. Tempat ini menyediakan menu untuk anak-anak hingga orang dewasa. Menu yang ditawarkan seperti nasi chicken katsu kuah kari, mix fread, cuppa cup chicken cury dan aneka pancake. Tempat ini berada di Palembang Indah Mall dan Palembang Square.

  • Seoul restaurant

Tempat makan anak muda di Palembang yang tak kalah menarik yaitu seoul restaurant. Tempat kuliner ini memang terkenal dengan khas korea yang terdapat di Palembang. Makanan favorit ditempat ini adalah daging BBQ. Tempat kuliner ini berada di Jalan Mayor Santoso No.1540 C/D, Ilir Timur I, Palembang.

  • River side restaurant

River side restaurant merupakan tempat nongkrong di Palembang dengan pemandangan jembatan ampera. Pengunjung dapat memilih tempat duduk di rooftop agar bisa menikmati pemandangan kota. Menu yang ditawarkan berbagai olahan ikan seperti sup pindang, pepes patin dan aneka sambal. Lokasi berada di Jalan Temon Ilir Barat II, 19 Ilir, Bukit Kecil, Kota Palembang.

Tidak usah di tanya lagi, kulier yang enak khas palembang karena sudah kami jelaskan di atas. Yakni pempek, tekwan, pindang, mie celor, martabak HAR, laksan, burgo, dan celimpungan. Sangat di sayangkan sekali jika anda berkunjung ke palembang tetapi tidak mencicip kuliner khas palembang ini.

MAKANAN KHAS PALEMBANG DAN CARA MEMBUATNYA

makanan khas palembang dan cara membuatnya

Apabila anda suka dengan makanan khas palembang, selain tempat makan di palembang  anda juga bisa membuat nya sendiri di rumah dengan mengikuti resep nya. Berikut ini adalah beberapa cara pembuatan makanan khas palembang.

  • pempek
  1. keluarkan daging ikan, biarlah mencair, Mengeluarkan adonan biang dari kulkas.
  2. Campur 2 sisi daging ikan tenggiri dengan 1 sisi adonan biang, Tambahkan tepung kanji seperlunya sedikit sedikit.
  3. Aduk dengan ujung jari sampai tercampur rata.
  4. gunakan plastik yang sudah di olesi minyak goreng untuk membuat adonan.
  5. Apabila campuran terlalu keras, tambah lagi sedikit adonan biang supaya lentur.
  • Mie celor
  1. Aduk udang dan air jeruk limau, diamkan selama 15 menit.
  2. Didihkan 1500 ml air, masukkan kulit udang, angkat. Ukur kaldunya 1250 ml.
  3. didihkan / rebus kaldu udang, tambahkan santan, garam, gula, merica dan udang kupas, rebus sampai matang.
  4. tambahkan potongan telur rebus, siram dengan kuah panas, taburkan kucai dan bawang goreng. Sajikan.
  • pindang
  1. Rebus semua bumbu yang dihaluskan dalam air mendidih
  2. jangan lupa Masukkan juga daun salam, daun kunyit, lengkuas, batang serai dan air asam jawa
  3. Masukkan juga potongan ikan patin dan potongan buah nanas kedalam rebuasan air bumbu