Tempat Rekreasi di Malang Yang Sangat Populer

Kota Malang merupakan kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Ibukota Provinsi Surabaya. Kota yang dikelilingi pegunungan ini memiliki udara yang masih sejuk sehingga cocok untuk dijadikan tempat yang layak dijadikan destinasi untuk berlibur.Banyak tempat rekreasi di malang yang bisa kamu kunjungi.

Kota Malang menyimpan banyak sekali tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Sebagai Kota yang memiliki julukan sebagai Kota apel ini tak henti-hentinya menyuguhkan berbagai macam wahana wisata baru yang sayang jika kita tidak mengunjunginya

Kota di Jawa Timur yang lokasinya paling dekat dengan Surabaya ini memang salah satu kota Indonesia yang jago di bidang pariwisata. Sangat banyak tempat wisata di kota Malang yang dapat dikunjungi para turis. Dengan berbagai macam atraksi dan wahana yang dapat ditawarkan serta foto-foto tempat wisata Malang yang menarik di berbagai media online maupun cetak, tempat wisata Malang dapat menjadi alternatif berwisata untuk kalian para turis lokal maupun mancanegara.

Dengan perkembangannya, dalam bidang pariwisata malang memiliki kreasi- kreasi baru sehingga terdapat juga beberapa tempat wisata baru di malang. Berikut adalah tempat-tempat wisata yang wajib kamu kunjungi jika kamu berencana menghabiskan liburanmu ke Kota Malang :

Tempat wisata Malang dekat stasiun, Kampung warna-warni Jodipan

tempat rekreasi di malang

Kampung warna warni yang indah ini ternyata dulunya adalah sebuah perkampungan yang kumuh. Namun sekarang kesan kumuh tersebut hilang berganti menjadi perkampungan cantik yang sangat memanjakan mata. Ide awal untuk mengecat kampung menjadi warna-warni merupakan gagasan dari mahasiswa-mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang sewaktu mendapatkan tugas kuliah,dan hasilnya dengan kerja keras mereka dibantu warga sekitar menjadikan kampung warna-warni sebagai tempat wisata baru dan dapat meningkatkan perekonomian warga. Kampung warna-warni terletak di daerah Jodipan, Kota Malang.

Taman Cerdas Trunojoyo

wisata baru di malang

Taman ini adalah hasil pembaharuan dari taman sebelumnya yaitu Taman Trunojoyo. Taman Cerdas Trunojoyo memiliki lokasi yang sangat strategis yaitu tepat di depan Stasiun Kota Malang. Taman ini didominasi oleh rumput-rumput hijau dengan berdiri gazebo kecil berwarna putih di tengah-tengah taman. Di sekitar taman terdapat pohon trembesi yang rimbun yang juga membuat udara di sekitar taman ini semakin sejuk. Di taman ini terdapat taman bermain anak dan fasilitas lain seperti toilet, tempat sampah. Di sekitar taman banyak sekali para penjual makanan..

Museum Malang Tempo Doeloe

wisata pantai di malang

Museum Malang Tempo Doeloe merupakan salah satu destinasi wisata Malang yang sudah ada cukup lama. Lokasi wisata museum Malang Tempoe Doeloe ini berada dekat dengan stasiun Malang. Tepatnya di Jalan Gajahmada atau belakang balaikota Malang. Museum ini berisi koleksi dan sejarah dari Kota Malang sejak awal berdiri. Koleksinya sangat lengkap. Bisa menambah wawasan bagi kita semua yang haus dengan sejarah Kota Malang.

Balai Kota Malang

tempat wisata di kota malang

Salah satu tips wisata ke malang murah ialah mendatangi objek wisata gratis. walaupun sesungguhnya gedung Kota malang bukan merupakan tempat wisata, tapi terdapat banyak juga pengunjung yang singgah ke gedung Kota malang untuk hanya berfoto-foto. tempat gedung Kota tepat di seberang tugu. Terlebih tugu itu sendiri merupakan salah satu bagian dari balai Kota.

Hal menarik dari balai Kota malang ialah bangunannya yang berasitektur megah bekas peninggalan  kolonial Belanda. Bangunan itu memang sudah mengalami beberapa kali perubahan, tapi cukup terawat sampai saat ini.

Hal menarik lainnya dari balai Kota ialah keberadaan bus wisata tingkat (malang City Tour) yang bekerja di pagi hari. Bus itu memang sengaja diperuntukkan pengunjung yang mau mengelilingi kota malang. Tetapi kabarnya kamu harus hadir sangat pagi untuk dapat mendaftar sebagai penumpang.

Taman Rekreasi Kota (Tarekot)

tempat wisata malang dekat stasiun

Taman rekreasi Kota ini sebenarnya bukan salah satu tempat wisata di malang yang modern. Tapi tidak ada salahnya bila kamu singgah ke tempat wisata dekat Stasiun malang yang satu ini.Fasilitas wisata di sana yaitu kolam renang, playground, dan juga sebagian kandang hewan. Kamu dapat melihat sebagian jenis hewan yang dipelihara di sana.Lokasi Tarekot berada di jalan simpang Majapahit No. 1.

Wisata yang ada di malang bukan hanya itu saja,selanjutmya yang kita bahas adalah wisata pantai di malang, Pantai memang merupakan sebuah destinasi tempat wisata yang banyak di gemari oleh banyak wisatawan baik lokal maupun wisatawan internasional. Di Malang ternyata banyak sekali tempat wisata pantai yang sepertinya keindahannya tidak kalah dari tempat wisata pantai yang ada di kota lain. Daya tarik dari tempat wisata pantai di malang adalah ombak biru, pasir yang terhampar luas dan masyarakat lokalnya yang terkenal ramah.

Banyak orang yang telah datang ke tempat wisata pantai malang ini dan tentu saja setelah berkunjung ke pantai di malang tersebut banyak orang juga yang rasanya ingin kembali untuk menikmati keindahannya.

Daftar Tempat Wisata Pantai Malang Terfavorit dan Populer

Pantai Balekambang Malang

wisata yang ada di malang

Yang akan kita bahas sesaat lagi merupakan sebuah pantai di malang yang sepertinya memang namanya sudah sangat terkenal di kawasan malang dan sekitarnya. Hal ini di sebabkan karena adanya  banyak orang yang mengatakan jika sebuah pantai yang berada di malang yang bernama Pantai Balekambang ini sangat mirip dengan tanah lot yang ada di bali. Uniknya di pantai yang satu ini sangat sering di adakan upacara seperti jalanidhi puja dan suron.

Memang upacara adat sering di adakan di tempat wisata pantai malang yang satu ini, selain indah nampaknya ombak yang ada di Pantai Balekambang ini cukup bersahabat, akan tetapi kondisikan sendiri ombaknya kadang cukup besar dan kadang juga cukup bersahabat untuk berenang. Di Pantai Balekambang ini terdapat sebuah pulau Ismoyo yang di atasnya terdapat sebuah pura yang indah.

Pantai Bajul Mati Malang

tempat wisata alam di malang

Selanjutnya  yang akan kita bahas adalah sebuah pantai di malang yang juga sudah sangat terkenal, pantai ini terkenal dengan nama Pantai Bajul Mati. Orang – orang banyak yang mengatakan jika Pantai Bajul Mati ini merupakan sebuah pantai yang mempunyai teluk sangat indah, hal ini lah yang menjadi daya tarik dari pantai di malang paling indah dan populer yang terkenal dengan nama Pantai Bajul Mati ini.

Namanya yang unik yakni Pantai Bajul Mati yang artinya Buaya Mati juga menjadi hal yang unik yang ada di Pantai Bajul Mati ini, di namakan dengan nama Pantai Bajul Mati. Pasalnya jika anda melihat ke seberang pantai dari Pantai Bajul Mati ini, anda akan melihat gugusan bukit yang bentuknya mirip dengan bentuk buaya mati. Tempat pantai di malang ini juga menjadi salah satu tempat favorit untuk camping dan untuk dapat ke tempat ini, anda harus datang ke Desa Bajulmati, Kelurahan Gajah Rejo, Kecamatan Gedangan, Malang.

Baca Juga  Tempat Wisata Di Bogor Yang Murah dan Seru Untuk Dikunjungi

Pantai Ngliyep Malang

wisata malang jawa timur

Tempat wisata pantai di malang yang selanjutnya adalah sebuah tempat wisata yang terkenal dan populer dengan nama Pantai Ngliyep. Pantai yang satu ini merupakan sebuah pantai yang baru-baru ini menjadi pantai yang di favoritkan oleh banyak orang, karena masih bisa terbilang pantai di malang yang satu ini masih alami. Di Pantai Ngliyep yang merupakan pantai di malang ini anda akan melihat banyak sekali terdapat hutan lindung, karena pada dasarnya Pantai Ngliyep ini di kelilingi oleh hutan lindung yang mungkin menjadi Pantai Ngliyep ini lebih menarik.

Pantai  ini biasanya di jadikan sebagai tempat untuk labuhan yakni acara yang di adakan pada 15 Maulud yang tentunya dengan adanya acara tersebut, wisata pantai malang yang terkenal dengan nama Pantai Ngliyep ini sangat di padati dengan pengunjung. Mungkin jika anda tengah berada di malang, tidak ada salahnya untuk mencoba berkunjung ke tempat wisata pantai yang ada di malang ini dengan datang ke Desa Kedungsalam Kecamatan Donomulyo, Malang.

Pantai Bantol Malang

wisata keluarga di malang

Ada sebuah tempat wisata pantai malang yang tidak kalah cantik dari tempat wisata pantai di tempat lainnya, tempat wisata pantai di malang yang satu ini sangat populer dengan nama Pantai Bantol. Akan tetapi untuk dapat menikmati keindahan dari Pantai Bantol ini anda harus menempuh perjalanan melewati hutan jati. Pantai Bantol ini ternyata di dalamnya juga terdapat hutan bakau yang sepertinya merupakan sesuatu yang unik jika berada di kawasan pantai selatan.

Pantai Bantol ini memiliki air yang sangat jernih, akan tetapi pantai bantol merupakan pantai  yang memiliki ukuran kecil di malang. Jika anda suka dengan kuliner  lobster, rupanya tempat wisata pantai di malang yang satu ini sangat wajib untuk anda kunjungi, pasalnya di Pantai Bantol ini terdapat berbagai macam lobster seperti lopster kembang, lobster macan dan lobster warna. Jika anda tertarik untuk menikmati keindahan dari Pantai Bantol ini atau mencicipi kulinernya silahkan datang ke Dusun Sumber Celeng, Desa Banjarejo, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang.

Wisata yang ada di malang jawa timur bukan sampai di situ saja, masih banyak juga tempat rekreasi di malang,Malang dan sekitarnya memang terkenal dengan destinasi wisata nya, sama halnya dengan batu , berikut objek wisata di batu malang :

Wisata Terbaik di Batu Malang

Jatim Park 1

objek wisata di batu malang

Jawa Timur Park atau biasa disebut sebagai Jatim Park merupakan sebuah sarana rekreasi sekaligus belajar. Jatim Park sendiri merupakan ikon dari jawa Timur dengan 56 wahana permainan seperti kolam renang raksasa (dengan latar belakang patung Ken Dedes, Ken Arok, dan Mpu Gandring), spinning coaster, drop zone, 3D Ghost Haunter, dan lain-lain.

Jatim Park 2

tempat rekreasi di malang

Jatim Park 2merupakan hasil rekomendasi dari jatim park 1. Jika Jatim Park 1 lebih mengusung konsep taman hiburan, maka Jatim Park 2 lebih mengedepankan konsep edukasi. Jatim Park 2 mengusung konsep belajar ilmu alam, biologi, dan pembelajaran satwa. Di dalam area Jatim Park 2 yang berdiri di lahan seluas 14 hektar ini, terdapat kebun binatang Batu Secret Zoo, penginapan Pohon Inn yang unik, dan museum satwa yang bangunannya menyerupai Istana Negara. Di Jatim Park 2 ini juga terdapat sekitar 50 wahana edukatif dan 21 macam area khusus anak-anak. Terdapat juga insektarium yang berisi 5000 jenis serangga dari berbagai negara. Di dalam museumnya pun, Anda dapat menjumpai 80 diorama satwa dari berbagai negara. Menurut saya, Jatim Park 2 adalah tempat wisata wajib untuk putra-putri Anda, di Jatim Park 2di sini para pengunjung bisa belajar banyak tanpa merasa bosan.

Batu Night Spectacular (BNS)

wisata baru di malang

Tempat wisata di Batu, Malang yang berikutnya adalah Batu Night Spectacular (BNS). Batu Night Spectacular ini juga berlokasi di Desa Oro-oro Ombo, dekat dengan Jatim Park 2. Di Batu Spectacular Night, terdapat puluhan wahana permainan yang mengasyikkan, seperti gallery hantu, slalom test, sepeda udara, lampion garden, dan trampoline. Terdapat juga  berbagai wahana yang menguji adrenalin, seperti drag race dan mouse coaster. Untuk anak-anak, terdapat Kids Zone yang memiliki 25 wahana. Di Batu Spectacular Night, juga terdapat panggung musik yang menampilkan musik dan kesenian tradisional. Sesuai dengan namanya, Batu Night Spectacular ini merupakan tempat wisata keluarga di malang yang baru beroperasi pada malam hari, Batu Night Spectacular beroperasi mulai pukul 15.00 – 24.00.

Malang juga terkenal tempat rekreasi dimalang yang banyak dengan alam nya yang indah yang mampu memanjakan mata para pengunjung, dan membuat pengunjung betah berlama –lama disini berikut tempat wisata alam di malang :

Tempat Wisata Alam di Malang yang Menarik

Air Terjun Coban Rondo Malang

wisata pantai di malang

Waterfall atau dalam bahasa Indonesianya Air Terjun adalah salah satu wisata dambaan yang selalu dikunjungi para traveller. Kali kami akan bercerita sedikit tentang air terjun coban rondo, Coban dalam bahasa Jawa memiliki arti Air Terjun dan Rondo dalam bahasa Jawa berarti Janda, jadi “air terjun janda”. Menurut legenda, air terjun ini ada karena kisah percintaan Dewi Anjarwati dengan suaminya Raden Baron Kusuma.Legenda munculnya air terjun mengatakan konon dahulunya ada suami yang tewas dalam pertempuran dengan Joko Lelono yang sangat menyukai seoramg wanita yang bernama Dewi Anjarwati dan berniat merebut Dewi Anjarwati dari tangan Raden Baron Kusuma. Namun sang suami menyembunyikan sang istri dari Joko Lelono maka sejak saat itu pula di duga air terjun ini mulai ada. Air Terjun ini terletak di desa Pandansari Kecamatan Pujon.

Gunung panderman

tempat wisata di kota malang

Terletak di kawasan pegunungan dataran tinggi tentunya membuat Malang menjadi salah satu tempat favorit bagi para pencinta alam yang selalu haus akan petualangan. Gunung Panderman yang terletak di Kota Batu, Kabupaten Malang ini nantinya akan memberikan pengalaman yang baru bagi anda. Selain itu, gunung yang sering kali digunakan untuk para pecinta alam atau petualang yang baru mulai untuk mencoba hobi barunya ini tidak hanya terkenal di Malang saja. Cukup banyak sekali para pecinta alam yang datang dari luar daerah Malang untuk berpertualang di gunung ini. Bahkan, gunung yang namanya diambil dari nama orang belanda yang bernama Van Der Man , di karenakan namanya berasal dari bahasa belanda maka gunung ini pun terkenal hingga belanda.

Letak gunung panderman dari Kota Malang sebenarnya tidak bisa dibilang dekat. Jika anda memulai perjalanan dari jantung Kota Malang dengan kendaraan, maka anda akan memerlukan waktu sekitar dua jam perjalanan. Perjalanan menuju gunung panderman pun sudah akan terasa menantang karena banyak jalan yang berkelok dan menanjak. Maka dari itu, pengunjung harus berhati-hati bila ingin mengunjungi gunung ini di musim hujan karena air hujan dapat membuat jalanan licin dan bisa berbahaya. Namun, sama seperti kebanyakan tempat wisata alam di Malang, perjalanan yang mendebarkan ini pun juga akan di netralkan dengan banyaknya pemandangan indah yang anda akan bisa temui selama perjalanan. Sudah tidak aneh lagi jika anda menemukan banyak pepohonan hijau di kanan dan kiri jalan. Anda juga bisa merasakan sejuknya hawa pengunungan dan semilir angin yang berhembus di sela-sela daun daun di pepohonan.

Baca Juga  29 Tempat Wisata Di Jambi Terhits 2018

Begitu anda tiba di lokasi gerbang pintu masuk gunung panderman, perjalanan harus anda lanjutkan dengan jalan kaki jika anda ingin menuju puncak gunung ini. Harga tiket masuk sekitar Rp. 10.000,- rupiah saja kok, tidak sampai membuat jebol dompet anda. Selain itu, jangan lupa untuk menitipkan kendaraan anda di tempat yang di sediakan dengan membayar tariff parkir yang juga cukup murah. Setelah membayar semua tiket, perjalanan ke puncak panderman pun bisa anda lakukan.

Jika anda berencana untuk melakukan perjalanan ke puncak gunung panderman, maka sangat disarankan anda untuk melakukannya di musim panas dan tidak dimusim hujan. Pasalnya, keadaan di musim hujan akan sangat licin sehingga sangat berbahaya. Bahkan, jika turun hujan akan banyak sekali genangan genangan lumpur dan air yang pastinya sangat tidak menyenangkan sekali untuk ditemui. Tips lain jika anda ingin mendaki puncak panderman adalah dengan melakukannya di waktu malam sehingga anda dapat mencapai puncak pada saat hari masih gelap anda bisa melihat indahnya bintang dan bulan di langit yang tanpa awan. Dan inilah juga yang membuat anda harus mendatangi gunung panderman di malam hari.

Sesampainya di puncak gunung panderman, anda akan disuguhi pemandangan yang sangat indah ke manapun mata anda terarah. Menengadahkan mata anda ke langit, anda akan disuguhi pemandangan bintang dan bulan yang tidak akan nampak jika anda melihatnya di kota. Mengarahkan mata anda ke depan, maka anda akan dibuat takjub oleh gemerlip lampu yang terpancar dari kota batu dari kejauhan. Jangan lupa abadikan momen ini dengan menggunakan kamera ponsel atau digital anda. Namun,hati-hati dengan barang bawaan anda karena banyak sekali monyet usil di puncak gunung panderman.

Kaliwatu Malang

tempat wisata malang dekat stasiun

Jika anda datang berwisata beramai-ramai bersama keluarga dan sahabat anda bisa menguji adrealin anda dengan rafting di kaliwatu malang. Rasakan derasnya air yang mengalir mengombang ambing perahu karet anda. Wisata rafting ini sangat kami anjurkan untuk anda yang datang beramai-ramai karena bisa menambah kekompakan anda.

Tujuh Air Terjun Sumber Pitu Malang

wisata yang ada di malang

Destinasi yang satu ini merupakan salah satu lokasi yang masih jarang sekali diketahui wisatawan jadi masih sedikit pengunjungnya, namun memiliki pemandangan yang indah sekali, namanya sumber pitu atau dalam bahasa inggrisnya seven source dan dalam bahasa Indonesia tujuh sumber, Terletak di Desa Duwet Krajan, Kecamatan Tumpang, Malang, Jawa Timur. Menurut beberapa sumber yang kami tanya dan masyarakat setempat terdapat 7 sumber yang berdekatan yang terletak di tebing sehingga memuncratkan air dan jadilah air terjun sumber pitu sekarang.

Masih banyak yang percaya bahwa air terjun ini memiliki nilai magis bisa di bilang kepercayaan masyarakat tradisional, sehingga jangan heran jika masih ada orang yang sengaja datang melakukan ritual dan membawa air dari air terjun tersebut karena dianggap sebagai air suci. Namun meskipun masih memiliki nilai magis nan mistis air terjun ini cukup menawan

Air Terjun Coban Talun dan Pesona Pelanginya

tempat wisata alam di malang

Rute menuju Coban Talun cukup mudah. Dari Terminal Arjosari Malang naik angkutan menuju Landungsari (ADL/AL) – Di Landungsari naik angkutan te terminal Batu (angkutan warna pink / ungu) – Dari terminal Batu dilanjutkan naik angkutan jurusan Selecta – Coban Talun (angkutan warna orange), setelah itu akan diturunkan di gerbang air terjun Coban Talun. Jika dari Surabaya bisa mengambil jalur Cangar melalui Trawas namun jalannya cukup berbahaya jika malam hari karena tidak ada penerangan serta kondisi jalan yang berliku dengan tururunan curam. Tempat rekreasi di malangyangsatu ini juga tidak kalah menarik, yups Coban Talun adalah salah satu wisata air terjun di malang. Berada di kawasan wisata Bumi Perkemahan Coban Talun yang ada di lereng barat Gunung Arjuna -Welirang. Terletak di Dusun Junggo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, kota Batu, Malang. Lokasinya kurang lebih 15 km dari kota Malang.

Sepanjang perjalanan menuju ke lokasi air terjun Coban Talun akan disuguhi pemandangan yang indah dengan kanan dan kiri pohon apel yang banyak ditanam oleh warga sekitar yang menggugah selera. Kondisi jalan menuju lokasi berupa jalan berbatu namun cukup aman dilewati kendaraan roda empat. Setelah sampai di gerbang lokasi, kendaraan bisa diparkir di berbagai sudut area parkir. Selanjutnya kondisi jalan berganti menjadi jalan setapak.

Dengan tiket masuk Rp 5.000, ada dua tempat yang bisa dikunjungi. Pertama adalah Bendungan yang jaraknya cukup dekat. kedua adalah air terjun yang harus ditempuh dengan jalan kaki melintasi sungai dan hutan pinus yang ternyata merupakan bagian atas dari air terjun coban talun, sekitar 30 menit. Jika ada persimpangan maka beloklah kekiri, air Terjun Coban Talun ada di dasar tebing sungai dan untuk mencapainya harus turun melewati jalan tanah berkelok-kelok disisi tebing yang cukup curam. Ada anak tangga yang disangga dengan kayu, namun sebagian sudah hilang, jadi pengunjung harus berhati-hati saat menuju ke lokasi.

Air terjun Coban Talun memiliki ketinggian sekitar 75 meter dengan diameter kurang lebih 15 meter. Panorama alam di sekitar sangat indah, selain dikelilingi hutan pegunungan yang sejuk, kadang bisa menyaksikan pelangi di setiap sudut air terjun jika cuaca sedang cerah. Selain itu adanya bebatuan besar dan batuan berwarna putih mendominasi isi sungagi menambah keeksotikan air terjun Coban Talun ini. Di dasar air terjun terdapat kolam air dangkal sebagai kolam pelimpahan. Sungguh perpaduan alam yang sangat menawan.

Karena sering digunakan sebagai area camping ground, kawasan wisata air terjun Coban Talun menyediakan fasilitas umum yang berhubungan dengan kegiatan alam seperti kamar mandi, WC, air bersih, persewaan tenda, kayu bakar, lampu minyak, generator dan perlengkapan lain. Ada warung makan yang berjejer rapi di pintu masuk bumi perkemahan, warung cinderamata dan oleh-oleh tanaman hias, buah khas apel Batu dan stroberi.

Tips wisata ke air terjun Coban Talun :

  1. Gunakan sandal anti selip karena jalan yang dilalui saat menuju air terjun cukup curam dan becek.
  2. Cukupkan perbekalan terutama air karena diperjalanan menuju air terjun membutuhkan tenaga ekstra.
  3. Apabila hujan turun, semua pengunjung diwajibkan meninggalkan lokasi karena ditakutkan terjadi banjir.

Bagaimana tempat rekreasi di malang memang indahkan , cocok buat kamu untuk menghabiskan waktu libur.