Tempat Wisata di Indramayu yang Sayang Untuk di Lewatkan

Di Indonesia ada banyak destinasi wisatanya, terutama tempat wisata di Indramayu. Kota Mangga adalah julukan dari Kabupaten Indramayu yang dikenal sebagai penghasil buah mangga Cengkir dengan cita rasa yang manis dan enak. Kabupaten Indramayu terletak di Provinsi Jawa Barat. Indramayu memiliki sumber daya migas, salah satunya adalah Kilang Minyak Balongan yang terletak di Kecamatan Balongan.

Ada banyak jenis wisata di Indramayu yaitu tempat sejarah, wisata edukasi, cagar budaya, lokasi hiburan dan wisata alam seperti pantai di Indramayu yang bisa Kamu kunjungi  saat berlibur. Berikut ini destinasi tempat wisata Indramayu :

1. Pantai Karangsong Indramayu

tempat wisata di indramayu

Pantai Karangsong merupakan salah satu ikon tempat wisata di Indramayu. Di Pantai Karangsong ini tidak hanya menyuguhkan pemandangan laut yang menghampar luas namun juga menawarkan pengunjung berkeliling hutan bakau yang tumbuh subur di pesisir pantai ini. Posisi Pantai Karangsong terletak disebelah utara Kota Indramayu, berada di Desa Karangsong, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu. Pantai ini memang terkenal dengan pantai yang menyuguhkan suatu kegiatan nelayan mulai dari pembuatan kapal, mencari ikan, tempat pelelangan ikan hingga tempat berlabuhnya para kapal nelayan untuk meurunkan hasil tangkapan lautnya.

Jarang-jarang ada pantai yang sekaligus mempunyai wisata hutan mangrove dalam satu lokasi. Banyak hal-hal unik dan menarik yang bisa dijumpai di kawasan Pantai Karangsong. Mulai dari perjalanan menuju ke pantai, Anda akan disuguhi pemandangan para pengrajin kapal sedang membuat kapal kayu dalam ukuran kecil hingga besar. Memasuki area pantai akan terlihat TPI Karangsong dengan kegiatan para nelayan yang melakukan pelelangan hasil tangkapan mereka.

Satu lagi kegiatan yang sangat disukai di Pantai Karangsong yaitu berkeliling hutan mangrove sambil menikmati indahnya pemandangan. Di kawasan hutan ini, terdapat ribuan pohon Mangrove dari berbagai jenis. Selain pohon Mangrove, ada juga jenis pohon lainnya seperti pohon Ketapang yang ikut memadati kawasan hutan. Luas hutan ini kurang lebih 20 hektar. Ada dua cara menikmati wisata hutan mangrove di Pantai Karangsong, pertama dengan jalan kaki melewati jembatan kayu sambil menikmati indahnya pemandangan. Cara ini lebih murah karena tidak butuh mengeluarkan biaya namun tidak bisa mengelilingi seluruh kawasan karena ada beberapa faktor. Cara yang kedua adalah dengan menyewa perahu yang sudah disediakan dan berkeliling hutan dengan menggunakan perahu.

Untuk menikmati hutan bakau dari perahu, Anda harus membayar Rp. 15 ribu. Tidak mahal mengingat Anda bisa puas berkeliling kawasan hutan mangrove yang cukup luas di pantai tersebut. Hutan mangrove merupakan hutan berfungsi sebagai pelindungi dari ganasnya ombak laut yang tentunya bisa mengikis daratan disekitar bibir pantai. Hutan Mangrove di kawasan Pantai Karangsong ini dikabarkan merupakan yang paling terbesar khususnya untuk wilayah Kabupaten Indramayu.

Pantai Karangsong sebagai pantai di pesisir utara pulau Jawa mempunyai karakteristik ombak yang landau, berpasir cokelat dan bercampur lumpur. Jenis pantai seperti ini kurang cocok untuk bermain snorkeling atau pun kegiatan menyelam meski lautnya cukup tenang. Selain berkeliling hutan mangrove, kegiatan favorit pengunjung di Pantai Karangsong ini adalah memancing.

Jika Anda ingin bermain air seperti snorkeling, diving dan berenang, umumnya mereka akan menuju ke Pulau Biawak, karena di Pulau Biawak pantainya tidak terlalu landai dan sangat cocok untuk kegiatan ini, tapi jaraknya 40 kilometer dari bibir Pantai Karangsong. Pantai ini menjadi posisi start menuju ke Pulau Biawak dengan menyewa perahu nelayan yang sudah disiapkan. Untuk para pecinta kuliner, tidak perlu khawatir dengan makanan yang ada di sekitaran Pantai Karangsong ini, karena banyak kuliner khas seperti Ikan bakar, kerang hijau, dan tahu gejrot yang siap memanjakan lidah Anda.

Untuk menikmati keindahan Pantai serta hutan Mangrove Karangsong, Anda tak perlu mengeluarkan biaya yang banyak. Biaya yang harus Anda keluarkan yaitu dengan membeli tiket seharga 5rb untuk motor dan 10rb untuk mobil. Dengan biaya tersebut, Anda sudah bisa menikmati keindahan pantai Karangsong, berenang, bermain pasir, atau sekadar menikmati jajanan khas yang terdapat di sepanjang pantai.

Untuk anda yang akan berkunjung ke obyek wisata Karangsong Indramayu ini Anda bisa ambil patokan dari bunderan kijang Indramayu. Kalau anda sudah berada di bunderan Kijang, maka arahkan kendaraan menuju kearah utara ke desa Karangsong. Ikuti saja jalan yang menuju Desa karangsong ini hingga ke bagian yang paling ujung sekali dan Anda akan menemui gapura selamat datang. Nah kalau sudah sampai sini, berarti anda sudah sampai.

2. Pantai Tirtamaya Indramayu

pantai tirtamaya indramayu

Pantai Tirtamaya merupakan salah satu objek wisata menarik yang terdapat di Kota Indramayu, Lokasi Pantai Tirtamaya berada di Desa Juntinyuat, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat. Lokasi pantai dari pusat keramaian Kota Indramayu berjarak 20km, sehingga membutuhkan waktu kurang lebih 40 menit perjalanan.

Dulu lahan pertanian yang berada di pesisir Eretan, sekarang berubah menjadi lautan. 30 tahun lalu di depan SPBU Eretan merupakan kawasan hutan mangrove dan lahan pertanian subur, kini bahu jalan yang berdekatan dengan laut hanya kurang dari 10 meter. Diperkirakan daratan yang tergerus abrasi untuk Eretan mencapai 200 hektare. Lahan garapan petani Eretan menghilang, selain itu hutan mangrove dan tempat bermain warga serta tempat wisata, kini hanya tinggal kenangan. Diperkirakan abrasi akan semakin merusak daratan Indramayu.

Tempat wisata Pantai Tirtamaya telah dikelola oleh Pemerintahan Kabupaten Indramayu melalui Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga sehingga tempat wisata ini disuguhkan dengan seindah dan senyaman mungkin untuk pengunjung yang datang ke tempat ini. Pantai Tirtamaya memiliki panorama alam yang sangat indah, memiliki deburan ombak yang khas dan mampu menghilangkan kepenatan pengunjung, serta gemilir angin nya yang sejuk mampu menenangkan sehingga tempat ini dapat menarik perhatian wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kabar Gembira bagi anda para wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat wisata pantai Tirtamaya, karena tempat wisata ini dibuka setiap hari mulai pagi hari hingga sore hari. Jadi Anda bebas berkunjung kapan saja. Jika anda ingin merasakan segarnya udara pagi, jogging atau bersantai sambil menunggu terbitnya matahari, anda bisa datang di pagi hari. Nah, jika anda datang siang hari, anda juga dapat bersantai sambil menikmati gemuruhnya ombak dan hembusan angin laut yang sejuk. Pemandangan indah menawan juga dapat anda temui dipantai ini pada sore hari, selain keindahan alamnya yang eksotis, anda juga bisa menyaksikan terbenamnya matahari.

Selain para pengunjung dapat menikmati keindahan pantai Tirtamaya, pengunjung juga bisa menikmati fasilitas yang telah disediakan. Jika anda berlibur bersama keluarga jangan khawatir karena di kawasan pantai ini disediakan berbagai tempat yang luas untuk bersantai, berkumpul, serta tempat peristirahatan. Anda juga dapat berenang di pinggir pantai dengan catatan melihat kondisi ombak.

Tidak hanya itu, di pantai Tirtamaya ini juga terdapat perahu pariwisata milik pemerintahan daerah yang dapat dinaiki pengunjung untuk menyisiri laut. Untuk biaya naik perahu tersebut tidak mahal, cukup dengan Rp 30.000 anda dapat berjalan menyisiri pantai sepuasnya.

Tidak ketinggalan yang satu ini, tentu abadikan moment – moment seru ini bersama keluarga atau teman dengan berfoto bersama di dekat pantai atau di perahu, selain sebagai kenang – kenangan dapat juga dijadikan koleksi foto pribadi kan.

3. Hutan Mangrove Indramayu

hutan mangrove indramayu

Obyek wisata di Indramayu yang populer adalah Hutan Mangrove. Untuk menuju lokasi ini sangatlah mudah dan tidak terlalu jauh dari pusat Kota Indramayu. Jika Anda dari Jakarta, tinggal menuju Lohbener, terus menuju Bangkir sampai di Jembatan Cimanuk dekat Masjid Agung dan Alun-alun Indramayu, Anda belok ke kiri mengikuti Jalan Siliwangi nanti akan ada gapura besar Karangsong kurang lebih 3 kilometer untuk sampai ke lokasi.

Sementara untuk yang dari arah Cirebon Anda bisa mengambil jalan dari perempatan bunderan kijang belok ke kanan menuju Jalan Pahlawan, setelah itu ambil Jalan Tambak. Anda tinggal mengikuti jalan tersebut nanti akan menjumpai pertigaan lalu belok ke kanan kurang lebih 1 km Anda akan menjumpai laut.

Akses menuju area pintu masuk Pantai Karangsong, pengelola memberikan tarif kepada pengunjung yang masuk berdasarkan kendaraan yang masuk bukan per orang, sepeda motor hanya Rp 5.000 dan mobil dikenakan biaya Rp 10.000. Parkir kendaraan di tempat yang sudah ditentukan di sepanjang Pantai Karangsong. Sambil menikmati pemandangan huran mangrove Anda juga bisa melihat keindahan pemandangan laut Jawa yang luas dan langsung merasakan deburan ombak dan pasir pantai.

Setelah puas menikmati pemandangan Pantai Karangsong, Anda bisa menuju ke tempat penjualan tiket perahu di dekat sungai menuju hutan mangrove. Harga tiketnya sebesar Rp 15.000 per orang. Penumpang nanti akan menyusuri hutan mangrove dengan perahu kecil.

Pengunjung akan mendapatkan pengalaman yang seru saat menyusuri sungai ke lokasi Hutan Mangrove Karangsong. Untuk keamanan pengelola sudah menyediakan pelampung.

Setelah sampai tujuan, Anda akan melihat menara pandang yang tinggi, tempat ini bisa digunakan untuk menikmati keindahan sekitar pohon mangrove dari atas, Anda juga akan melihat burung-burung beterbangan ke sana kemari di atas hutan tersebut. Tempat ini tentu banyak digunakan oleh pengunjung untuk kumpul bersama, dan bersantai santai.

Tidak sedikit tempat ini dijadikan ajang foto, terutama untuk para remaja yang gemar ber-selfie ria. Dengan background hutan mangrove tentu akan membawa kesan tersendiri. Hutan mangrove sendiri mempunyai banyak manfaat bagi manusia, seperti mencegah intrusi air laut (perembesan air laut ke tanah daratan), mencegah erosi dan abrasi pantai, pencegah dan penyaring alami, tempat hidup dan sumber makanan satwa liar, dan membantu pembentukan pulau dan menstabilkan daerah pesisir.

Hutan Mangrove Karangsong Indramayu memiliki keunikan tersendiri. Berikut ini 5 Keunikan Hutan Mangrove Karangsong Indramayu:

1. Diperbolekan menggunakan kamera DSLR.

Bagi yang suka berfotoria bisa sepuasnya mengambil foto ini, karena pengelola tidak melarang mengambil gambar menggunakan kamera DSLR atau smartphone. Terkadang ada beberapa pengelola hutan mangrove di tempat lain yang melarang hal tersebut dengan berbagai alasan.

2. Dapat digunakan untuk foto pre-wedding.

Pengelola hutan mangrove Karangsong membolehkan tempat ini untuk foto prewedding, tetapi harus ijin terlebih dahulu dan tidak mengganggu pengunjung lain yang sedang menikmati Hutan Mangrove Karangsong.

3. Tempat berkembangnya berbagai spesies burung dan satwa liar.  

Di Hutan Mangrove Karangsong kini menjadi tempat singgahnya burung-burung dari berbagai wilayah dan Anda bisa melihat burung-burung tersebut dari menara pandang yang tinggi.

4. Dapat menyaksikan kapal tanker bersandar. 

Hutan Mangrove Karangsong memiliki keindahan tersendiri karena hampir setiap hari ada kapal tanker pembawa BBM (Bahan Bakar Minyak) bersandar di sekitar Hutan Mangrove Karangsong karena kapal-kapal tersebut tidak bisa bersandar ke Pertamina Balongan.

5. Pemandangan Kilang Minyak Pertamina Balongan.

Selain menikmati keindahan pantai dan hutan mangrove, pengunjung bisa menikmati keindahan Kilang Minyak Pertamina Balongan. Jika pengunjung tidak puas melihat dari bawah, pengunjung juga bisa melihat dari atas menara pandang yang ada di dekat pantai Hutan Mangrove Karangsong.

4. Bunderan Mangga Indramayu

Bunderan mangga Indramayu

Bundaran Mangga Indramayu adalah salah satu tempat wisata di Indramayu. Tempat ini merupakan sebuah bangunan berbentuk monumen atau tugu yang berada di Pekandangan, Indramayu. Bangunan ikonik dengan buah mangga di atasnya ini berada di tengah-tengah sebuah persimpangan yang kesemuanya menjadi akses penting dari dan ke kota Indramayu. Persimpangan (simpang lima) atau Bundaran Mangga ini juga menjadi salah satu ikon kota Indramayu yang sangat terkenal karena menjadi akses langsung menuju kawasan Balongan hingga ke Cirebon.

Pekandangan, merupakan sebuah desa atau kelurahan yang terletak di wilayah kecamatan/kota Indramayu. Desa ini cukup dikenal oleh masyarakat Indramayu maupun para pengendara yang sedang melintas di kawasan tersebut karena keberadaan sebuah simpang lima yang ditengah-tengahnya terdapat tugu atau monumen dengan buah mangga di atasnya.

Bundaran Mangga sendiri menjadi persimpangan yang ‘wajib’ dilalui oleh kendaraan yang melintas dari arah barat seperti Lohbener (celeng) atau Bangkir, dan hendak menuju arah Balongan, Karangampel hingga ke Cirebon. Kendaraan yang berasal dari arah barat kota Indramayu memang akan lebih cepat dan mudah sampai ke daerah bagian timur kota Indramayu seperti Karangampel, Gunungjati hingga ke Cirebon jika melewati jalur ini.

Saat berada di bundaran tersebut, kendaraan dari arah barat (Terminal Sindang Indramayu) memang harus mengambil jalur lurus untuk kemudian melalui kawasan unit pengolahan minyak milik Pertamina di Balongan. Dengan jalan yang cukup mulus dan relatif sepi, kawasan Balongan sendiri menjadi jalur alternatif menuju arah Cirebon bagi para pengendara yang ingin menghindari kawasan Jatibarang-Tegalgubug-Cirebon yang kerap mengalami kepadatan.

Selepas melewati Bundaran Mangga, pengendara akan langsung masuk ke kawasan Balongan dengan melaui jalan beraspal yang terbilang mulus dan cukup nyaman untuk dikendarai. Sepanjang perjalanan, pengendara akan disuguhi pemandangan berupa hamparan pesawahan dan kebun-kebun milik warga. Suasana akan terasa semakin berbeda manakala pengendara memasuki kawasan unit pengolahan minyak Balongan yang didominasi oleh bangunan industri dengan cerobong asap yang selalu mengepul.

Meski terbilang lengang, namun daerah ini juga menyediakan fasilitas yang cukup memadai bagi keperluan para pengendara seperti SPBU (pom bensin), minimarket, rumah makan, kantor polisi, dan bahkan fasilitas umum berupa rumah sakit. Selain itu, di kawasan tersebut juga terdapat komplek perumahan Pertamina Bumi Patra, yang disediakan untuk karyawan dan para pekerja di unit pengolahan minyak Balongan.

Selepas melalui kawasan tersebut, pengendara juga bahkan bisa berwisata dengan singgah di Pantai Tirtamaya yang terletak di sebelah kiri jalan. Pantai Tirtamaya adalah salah satu wisata pantai yang cukup ternama di Indramayu. Selain itu, cukup banyak pula para penjual kelapa muda yang menjajakan dagangannya di pinggir jalan.

Untuk pengendara yang kebetulan merasa lapar, bisa meneruskan perjalanan ke arah timur ke wilayah kecamatan Juntinyuat. Di daerah ini, bisa ditemui sebuah rumah makan yang tak terlalu besar namun sudah sangat terkenal, yakni Sate Mang Rum Junti. Selain menyediakan sate kambing muda, Sate Mang Rum juga menyediakan sate sapi, sate ayam, sop, empal dan gulai.

Selepas kecamatan Juntinyuat, maka para pengendara akan memasuki daerah atau pasar Karangampel yang ditandai dengan adanya lampu merah dan patung lele. Tak seperti Bundaran Mangga, patung lele tak terlalu dikenal dan terkesan tenggelam oleh hiruk-pikuk dan keramaian pasar Karangampel.

Sementara Bundaran Mangga adalah salah satu ikon kota Indramayu yang sudah dikenal luas oleh masyarakat khususnya di pesisir utara Jawa Barat. Bundaran Mangga sendiri menjadi penanda atau ikon Kabupaten Indramayu yang dikenal dengan sebutan kota mangga.

Hampir di semua tempat di Indramayu buah mangga memang tumbuh sangat subur. Bahkan salah satu jenis mangga ‘asli’ Indramayu yakni mangga gedong gincu sudah sangat termashyur karena rasa dan kelezatannya. Tak hanya bagi masyarakat Jawa Barat, mengga gedong gincu juga sudah dikenal secara nasional dan bahkan diekspor ke mancanegara.

Popularitas Bundaran Mangga juga banyak diabadikan dalam bentuk lagu yang sebagian besarnya mengisahkan roman percintaan. Beberapa lagu memang sengaja diciptakan untuk mempopulerkan kota Indramayu khususnya Bundaran Mangga. Dalam bait syairnya, beberapa lagu mengisahkan tentang asmara dan janji suci pemuda-pemudi yang diikrarkan disekitar Bundaran Mangga Indramayu.

5. Pantai Balongan Indah

Pantai Balongan Indah

Informasi Umum

Obyek Wisata Pantai Balongan Indah di Balongan Indramayu Jawa Barat adalah salah satu tempat wisata yang berada di desa balongan,  kabupaten indramayu, provinsi jawa barat, negara indonesia. Obyek Wisata Pantai Balongan Indah di Balongan Indramayu Jawa Barat adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan.

Obyek Wisata Pantai Balongan Indah di Balongan Indramayu Jawa Barat memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota indramayu tidak mengunjungi wisata pantai  yang mempunyai keindahan  yang tiada duanya tersebut.

Obyek Wisata Pantai Balongan Indah di Balongan Indramayu Jawa Barat sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari ibur lainnya.  Keindahan Obyek Wisata Pantai Balongan Indah di Balongan Indramayu Jawa Barat ini sangatlah baik bagi anda semua yang berada di dekat  atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi tempat Obyek Wisata Pantai Balongan Indah di Balongan Indramayu Jawa Barat di kota indramayu.

Lokasi

Obyek Wisata Pantai Balongan Indah terletak di Balongan Indramayu Jawa Barat terletak di desa balongan, Kecamatan indramayu, Kabupaten indramayu, Provinsi jawa barat.

Tetapi jika anda masih bingung di mana lokasi atau letak Obyek Wisata Pantai Balongan Indah di Balongan Indramayu Jawa Barat  saya sarankan anda mencari dengan mengetik Obyek Wisata Pantai Balongan Indah di Balongan Indramayu Jawa Barat di search google maps saja. Karena sudah tertandai di Google Maps.

Daya Tarik

Obyek Wisata Pantai Balongan Indah di Balongan Indramayu Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah indramayu juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota indramayu  juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Pantai Balongan Indah di Balongan Indramayu Jawa Barat ini. Obyek Wisata Pantai Balongan Indah di Balongan Indramayu Jawa Barat tergolong tempat wisata baru di Indramayu. Pantai ini memang belum seterkenal pantai-pantai lain, tapi pantai ini sudah bisa memanjakan mata anda saat melihat pemandangannya.

Disini kamu bisa menikmati indahnya sunset dan sunrise dengan seksama, karena bibir pantai yang cukup panjang dan luas. Selain itu, disini biasanya juga ada kapal-kapal nelayan yang bersandar yang menambah kecantikan pemandangan pantai ini.

Pesona pantai yang alami menjadikan daya tarik tersendiri karena belum tersentuh modernitas. Destinasi wisata pantai adalah salah satu tujuan favorit pada kalangan penikmat perjalanan, baik domestik maupun mancanegara. Letaknya tak jauh dari Pantai Tirtamaya, berjarak sekitar 10 km. Tepatnya di desa Balongan Kecamatan Balongan. Seperti halnya Pantai Tirtamaya, Pantai Balongan Indah cukup landai dan memiliki ombak yang tenang. Masyarakat Indramayu lebih mengenalnya dengan sebutan Pantai Bali, akronim dari balongan indah.

Fasilitas

Obyek Wisata Pantai Balongan Indah di Balongan Indramayu bisa dibilang sebuah wisata pantai  yang memiliki beberapa akan fasilitas dan pelayanan di antaranya sebagai berikut :

  • Area Parkir kendaraan
  • Mushola
  • Kamar mandi / MCK
  • Penginapan
  • dan masih banyak lainya

6.  Pantai Tanah Merah Eretan

Pantai Tanah Merah Eretan

Selain terkenal dengan mangganya, Indramayu juga mempunyai pesona alam yang menarik. Pantai Tanah Merah di Eretan dapat menjadi destinasi Anda berikutnya. Uniknya, pantai ini punya tanah yang berwarna kemerahan.

Saat musim mudik seperti ini dan melintasi Pantura, Anda bisa mampir di beberapa pantai di sana. Salah satunya adalah Pantai Tanah Merah yang dapat menjadi destinasi wisata menarik di Indramayu.

Pantai ini terletak Eretan, Indramayu. Posisinya tepat berada di tepi jalur Pantura dari Jakarta arah ke Cirebon, di sisi kiri jalan.

Nama Tanah Merah berasal dari tanahnya yang berwarna kemerahan, inilah keunikan dan daya tarik tersendiri. Saat matahari sedang terik, tanah merah di pantai ini terlihat sangat jelas, apalagi saat Anda mengabadikannya dengan kamera. Meski tidak berpasir putih, pantai ini memiliki batu-batu yang ditumpuk untuk menahan abrasi. Deru ombak dan pemandangan lautan menjadi oase tersendiri saat Anda bersantai dan menikmati pantainya.

Anda dapat menikmati sajian seafood yang lezat di pantai ini. Ada sekitar 10 rumah makan di pantainya yang menyajikan aneka macam seafood. Ada ikan kakap, gurame, bawal, kerapu, cumi, dan masih banyak lagi. Menyantap kuliner tersebut sambil ditemani angin pantai yang sepoi-sepoi sangatlah menyenangkan.

7.  Pantai Glayem Indramayu

Pantai Glayem Indramayu

Sejak di buka pada tahun 2004 Pantai Glayem sudah memikat banyak pengunjung, jumlah pengunjung yang datang meningkat sangat pesat. Letaknya yang strategis menjadi penyokong perkembangan kawasan ini. Tempat wisata di Indramayu ini merupakan tempat wisata murah meriah yang dapat anda kunjungi bersama keluarga.

Ombak di pantai ini cukup bersahabat sehingga aman bagi pengunjung yang berwisata dengan anak-anak. Pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas menarik diantaranya bermain air, berenang, dan duduk dipinggiran pantai sembari menikmati semilir angin dari hempasan ombaknya.

Cara lain yang dapat anda lakukan untuk menikmati keindahan Pantai Glayem adalah dengan menaiki perahu motor. Dikawasan ini banyak perahu motor yang sengaja disewakan kepada pengunjung untuk berkeliling. Harganya cukup terjangkau tidak akan membuat kantong anda jebol.

Pada waktu-waktu tetentu sering diadakan even oleh brand tertentu. Tak jarang mereka mengundang artis-artis kenamaan untuk menghibur para penonton. Diadakannya acara tersebut menjadi keuntungan tersendiri bagi kawasan ini. Secara tidak langsung mereka turut mempromosikan kawasan ini agar dikenal oleh masyarakat luas.

Ketika musim liburan sekolah tiba, akhir pekan, tahun baru, dan hari libur nasional lainnya merupakan waktu-waktu kunjungan paling ramai. Jadi jika sobat ingin menikmati suasana yang lebih private sobat dapat berkunjung ketika hari kerja.

Keistimewaan pantai ini terletak pada kulinernya yang lezat. Banyak rumah makan yang cukup populer dikawasan ini. Berbagai menu dengan citarasa lezat menjadi sajian utama. Sebagian besar menu didominasi oleh seafood segar hasil tangkapan nelayan.

Beberapa menu yang disediakan diantaranya ikan bakar, ikan goreng asam manis, pepess dan berbagai jenis olahan seafood lainnya. Jika kurang menyukai menu seafood sobat dapat memilih menu umum lainnya seperti bakso, dan mie ayam.

Menikmasti sajian kuliner lezat sembari ngopi dipinggir pantai bersama teman-teman merupakan sensai wisata yang tak akan anda lupakan. Terlebih jika suasana ini dipadukan dengan panorama Pantai Glayem yang sangat indah dan mempesona.

Demikianlah pokok bahasan tentang tempat wisata di Indramayu. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi pilihan Anda saat berlibur. Menurut Anda mana yang paling pas? Itu semua tergantung Anda. Sekian terima kasih