7 Tempat Wisata Di Kulon Progo Wajib Di Kunjungi

Kulon Progo bertempatan di kabupaten  DIY yang berbatasan dengan Kabupaten Bantul dan Sleman di timur, Purworejo di barat, Samudra Hindia di selatan, serta Magelang di utara. Popularitas Kulon Progo sebagai salah satu tujuan wisata semakin dikenal luas dengan banyaknya tempat wisata di kulon progo baru yang tengah booming baru-baru ini. Dengan Tema Wisata “Kulon Progo the Jewel of Java”, pariwisata di kabupaten ini mengalami perkembangan sangat pesat. Buat kamu yang penasaran akan eksotisme tempat wisata di Kulon Progo DIY, mari kita simak rangkuman tempat wisata di kulon progo.

1. Kebun teh kulon progo

kebun teh kulon progo

Pemandangan hijau yang tak terduga di kebun teh nglinggo yogyakarta

kebun teh kulon progo 1

kreatifitas warga nlinggo. Mereka merubah perkebunan teh yang sebenarnya biasa saja menjadi menarik banyak wisatawan untuk berkunjung. Inilah yang menajdikan kebun teh nglinggo menjadi tempat wisata di kulon progo yang wajib di kunjungi.

Kebun teh masyarakat hanya digunakan para petani teh tradisional untuk dipetik daun tehnya, sekarang menjadi tempat wisata yang menarik banyak pengunjung. Secara tak langsung ini meningkatkan perekonomian para petani teh tradisonal. Karena selain mendapatkan pemasukan dari daun teh, mereka mendapat penghasilan dari wisatawan.

Lokasi dan arah menuju ke kebun teh nglinggo

Secara administratif kebun teh nglinggo terletak di dusun nglinggo, desa pagerharjo , KEcamatan Samigaluh, Kab. Kulon Progo, Yogyakarta. Lebih betulnya berada di ujung barat Yogyakarta, di pucuk perbukitan menoreh. Jika kalian berada di jogja tengoklah ke arah barat, Dari selatan ke utara akan terlihat barisan perbukitan menoreh. nah di ujung sebelah utara itulah kebun teeh nglinggo , Samigaluh berada,

Arah paling cepat untuk menuju ke kebun teh nglinggo samigaluh melewati jalan godean. Dari tugu jogja ambil saja arah kebarat kurang lebih 18 Km menuju ke kabupaten kulon progo. Setelah melewati jembatan kali progo kalian akan menemukan lampu merah, belok lah kekanan kurang lebih 18 km sampai menemukan lampu merah berikutnya.

Lampu merah kedua itu adalah perempatan dekso, ambil saja arah kekiri kurang lebih 10 km nanti kalian akan menemukan pasar plono. Nah dari situ sudah deket , ikuti saja petunjuk arah sampai menuju ke pintu retribusi kebun teh.

Ciri khas di kebun teh teh nglinggo  kulon progo

Baru-baru ini Pemkab Kulon Progo bekerjasama dengan petani teh samigaluh dan PT. Pagilaran baru saja mengeluarkan produk teh yang diberi nama teh wangi suroloyo. Rencananya produk teh ini akan dijadikan produk ikon kebuh teh di wilayah samigaluh.

Sebelum bekerjasama petani tradisional kulonprogo menjual daun teh nya ke luar wilayah. Sehingga secara ekonomis sangat dirugikan karena tidak mengangkat nama wilayah samigaluh. Dengan di kluiarkannya produk teh tersebut diharapkan selain ekonomi, nama samigaluh akan lebih terkenal.

Tidak hanya Produk teh, kebun teh samigaluh juga terkenal dengan puncak kedeng gunung kukusan. Jalan menuju ke puncak memang sengaja tidak di cor, karena kalian benar-benar akan merasakan suasana alami pegunungan menoreh dengan tanah merah lengket yang menempel di alas kaki.

Fasilitas di kebun teh nglinggo samigaluh

Sebelum kebun teh banyak pengunjung seperti sekarang, desa nglinggo memang sudah menjadi  desa wisata, namun pengunjungnya kebanyakan wisatawan dari mancanegara. Jadi warga nglinggo memang sudah bersiap diri sejak lama untuk melayani wisatawan.

Jika hendak untuk menginap untuk berburu sunrise atau menikmati pagi hari di perkebunan teh, disana sudah tersedia homestay yang dilengkapi dengan tempat tidur, toilet yang bersih. Pemilik homestay pun akan mempersiapkan makanan khas daerah samigaluh.

Di sekitar kebun teh nglinggo juga sudah tersedia warung-warung kecil yang menyediakan makanan dan minuman ringan. Area parkir juga sudah disediakan sangat tertata  sehingga dihjamin mampu menampung kendaraan para wisatawan.

Namun sangat di sayangkan jalan aspal dari pasar plono menuju wilayah kebun teh masih sempit dan beberapa berlubang. Diperlukan kehati-hatian  jika melewati jalan tersebut, apalagi ketika berpapasan dengan kendaraan lain karena jalan tersebut kurang lebar.

Sampai diparkiran kita bisa  menikmati perkebunan teh yang luas dan hijau. Walau dimusim kemarau sekalipun suasana di kebun teh nglinggo samigaluh akan tetap hijau dan segar. Disiang hari sekalipun panas terik matahari tidak mampu melawan segarnya udara kebun teh nglinggo samigaluh.

Di area wisata kebun teh nglinggo samigaluh juga tersedia tempat duduk mainstream ala-ala puncak becici di imogiri bantul dan wisata alam kalibiru. Atau kalian bisa mencoba naik ke puncak kendeng gunung kukusan. kalian akan melihat  hijau yang tak terbatas.

2. Air Terjun Grojogan Sewu

air terjun grojogan sewu

Air Terjun yang satu ini sangat unik. Namanya terdapat di berbagai tempat . di daerah lain juga ada yang memakai nama ini untuk air terjun mereka. Tidak tau kenapa nama ini sering digunakan. Tetapi, satu hal yang pasti nama Grojogan Sewu mempunyai arti yang mengundang decak kagum di setiap wilayahnya.

Seperti Grojogan Sewu yang dimiliki oleh Karanganyar. berada di bawah kaki Gunung Lawu, air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 81 meter ini memiliki keindahan yang tidak akan tertandingi oleh mana pun.

 Pintu Masuk Ke Grojogan Sewu

Air terjun Grojogan Sewu Karanganyar terdapat dua pintu masuk yang bisa dipilih. Pintu masuk pertama terdapat  di dekat Taman Balekambang.

Kemudian, Pintu masuk yang kedua terdapat di dekat River Hill. Kedua pintu ini memiliki keindahan dan perbedaan masing-masing yang mungkin, bisa jadi plihan Sobat Traveller semua.

Pintu Pertama Grojogan Sewu

Pintu masuk pertama adalah pintu masuk yang paling terkenal oleh seluruh masyarakat. Lokasinya yang dekat dengan Terminal Tawangmangu, membuat banyak wisatawan akan lebih memilih tempat ini. Lagi pula, di pintu masuk ini sangat ramai karena banyaknya kuda-kuda yang berjajar, sehingga mendatangkan sebuah pemandangan yang berbeda.

Bagi Sobat Traveller yang suka akan petualangan. Pintu masuk ini menjadi yang paling di sarankan . tidak berupa jalur atau track yang menantang. Melainkan, jalur yang cukup mudah tetapi menuntut kekuatan fisik Sobat Traveller semuanya. Seperti, sebuah permulaan sebelum mendaki Gunung Lawu.

Jalur yang harus di lewati adalah anak tangga yang sudah sangat baik dan nyaman bagi Sobat Traveller semuanya. Lalu, apa yang harus ditakutkan dari jalur ini? Bukankah, Jalur tangga merupakan jalur yang nyaman dan aman. mengapavharus menuntut fisik? Jawabannya adalah banyaknya anak tangga yang cukup fantastis.

Sekitar 1000 anak tangga, ada juga yang berkata kalau jumlahnya ada 1250 anak tangga. Sebetulnya saya sendiri kurang tahu karena, saat masuk dan turun  tangga ini saya sendiri tidak sempat untuk menghitung anak tangganya. Jadi, kalau anda sempat boleh lah menghitung anak tangga Grojogan Sewu ini.

Saat jalan menurun, Sobat Traveller semua tidak terasa pegal . Tetapi, coba saat pulang dan tangga menjadi naik. inilah yang tadi disebut dengan membutuhkan tenaga ekstra. Akan menjadi susah lagi, bila ramai pengunjung yang datang. Sobat Traveller akan ingin istirahat secepat mungkin.

Pintu Kedua Grojogan Sewu

Pintu masuk yang kedua cukup mudah bagi Sobat Traveller semuanya. Karena jalurnya yang lumayan  landai. Memang menanjak dan bebatuan. Tetapi, lebih mudah apalagi untuk para lansia yang masih bersemangat untuk menikmati keindahan air terjun ini.

Di pintu masuk yang ini, Sobat Traveller semua akan di manajakan dengan sebuah taman mini dimana terdapat patung ular dan juga katak seperti sedang bertengkar.

Kedua patung ini dialiri air sehingga membentuk sebuah taman yang menarik untuk dipandang. dekat dari sini, anda akan menemui Tempat makan.

Warung-warung ini cukup spesial karena, ada menu yang khas Tawangmangu yaitu Sate Kelinci dan juga Sate landak yang begitu enak dan juga lezat. anda pasti akan ketagihan dengan kuliner yang satu ini.

Kera-Kera yang Berkeliaran

air terjun grojogan sewu1

Inilah yang membuat tempat ini menarik. Yaitu  Kera-kera yang berkeliaran dan bebas bergelantungan kesana-kemari. Tetapi, anda  harus behati-hati dengan kera-kera ini. Kera-kera akan mengambil makanan secara paksa jika, mengetahui ada yang membawa makanan.

Mitos Grojogan Sewu

Ada sebuah mitos yang terdapat di Grojogan Sewu Sobat Traveller. Tentang  jembatan yang ada di sini. Konon katanya kalau ada  pasangan yang melewati jembatan ini akan segera putus. Padahal, jembatan ini adalah salah satu tempat yang menarik. Namanya juga mitos bisa dipercaya dan juga bisa tidak. Semua kembali ke kepercayaan diri masing-masing.
Pesona Grojogan Sewu..

Ada larangan untuk  menjauhi Air Terjun, karena derasnya air yang turun dan disertai dengan angin yang sangat kencang. Akan membahayakan bagi Sobat Traveller semuanya. Anjuran ini memang harus diperhatikan. Agar liburan anda semua berkesan..

Rute Dan Lokasi Grojogan Sewu

Air terjun Grojogan Sewu terdapat di Desa Sepanjang, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. anda bisa mencapai tempat ini dengan menggunakan kendaraan pribadi. Arahkan kendaran anda menuju ke Terminal Tawangmangu. Jalur menuju Terminal Tawangmangu pun tidak susah. Hanya mengikuti jalan lurus, mulai dari Terminal Tirtonadi.

Dari Terminal Tawangmangu, Sobat Traveller bisa berjalan perlahan karena, jarak antara Terminal dan pintu masuk 1 lumayan dekat seitar 1 kilometer saja. Dan, jarak untuk ke pintu masuk ke dua 500 meter dari Pintu masuk pertama.

Grojogan Sewu Tawangmangu, merupakan salah satu pesona air terjun yang dimiliki oleh karanganyar. Dengan pesona dan keindahan yang luar biasa, anda wajib berkunjung ke sini bila berkujung ke Solo atau Karanganyar.

3 Pantai Glagah Terbaik di Kulon Progo

pantai glagah kulon progo

Jogja tidak hanya terdiri dari kawasan Malioboro, Kaliurang, dan Gejayan. Ada satu tempat wisata di Kota Gudeg ini yang mulai menarik perhatian banyak wisatawan. Ya, Kulon Progo yang menawarkan pantai dengan tempat indah dan fasilitas beragam.

Pantai yang paling faforit di Kulon Progo adalah Pantai Glagah kulon progo. Pantai ini dikenal memiliki laguna dan tetrapod beton yang dapat memecah ombak terbaik di kulon progo. Ombak yang menghantam tetrapod inilah yang akan menghasilkan guncangan ombak di pinggir pantai. Tak sebatas itu, ada banyak informasi yang harus kamu ketahui tentang Pantai Glagah. Berikut ulasannya:

Kelebihan Pantai Glagah

Pantai Glagah memiliki keistimewaan yang susah ditemukan di pantai kawasan Kulon Progo lainnya. Beberapa keistimewaan Pantai Glagah di bawah ini mampu memikat wisatawan untuk berkunjung

Bicara tentang Pantai Glagah, masyarakat Jogja pasti akan membicarakan tentang laguna yang dimiliki pantai ini. Umumnya, laguna pantai memiliki penghalang berupa pasir, batu karang, atau sejenisnya. Meski dekat dengan laut, laguna biasanya berada di lokasi perairan yang  dangkal dan sepi.

Tidak sama dengan laguna Pantai Glagah. Laguna di pantai ini terbentuk dari daratan berbentuk agak cekung yang berisi air laut pasang. Semakin lama, cekungan ini membentuk telaga luas berair tenang dengan pinggiran yang subur dan ditumbuhi rumput liar.

Laguna Pantai Glagah pun digunakan sebagai tempat wisata air, seperti perahu kayuh, kano, hingga sampan kecil yang bisa kamu gunakan untuk berkeliling di  laguna. Karena tempatnya yang tenang dan jauh dari debur ombak, laguna ini cukup ramai dikunjungi anak-anak. Untuk orang dewasa, terdapat tempat memancing di laguna.

Pantai Glagah terkenal sebagai salah satu pantai di Jogja yang memiliki ombak cukup besar. Oleh sebab itu, di kawasan pantai pun di dirikan tetrapod. Terbuat dari struktur beton berkaki empat yang memiliki fungsi sebagai pemecah ombak agar tidak masuk ke bibir pantai lebih jauh.

Di tengah jajaran tetrapod tersebut dibangun jalan setapak panjang dari beton yang menuju ke tengah laut. Jalan setapak ini juga memiliki fungsi sebagai akses menuju dermaga. Banyak pengunjung yang mengunakan area tetrapod ini untuk memancing sambil menikmati angin laut dan debur ombak.

Adanya  jalan setapak yang dikelilingi tetrapod inilah yang menjadi ciri khas dari Pantai Glagah. Kebanyakan pengunjung di Pantai Glagah tak melewatkan momen berfoto, juga memotret spot ombak yang terpecah setelah menghantam tetrapod.

Di balik keindahan panorama, Pantai Glagah menjadi sejarah berdirinya Desa Glagah. Di sekitar pantai, terdapat situs bersejarah bernama Stupa Cagar Budaya. Di kawasan cagar budaya inilah terdapat batu yang dinamakan Stupa Glagah.

Menurut warga setempat, stupa tersebut adalah  peninggalan masa pemerintahan bupati bernama Cangakmengeng di wilayah Kadipaten Sios. Warga yakin bahwa stupa di cagar budaya itu berasal dari abad ke-6 Masehi. tempat berdirinya stupa ini juga diduga menjadi tempat pertapaan anak gadis sang bupati, yaitu Nyi Sekar Kenanga.

Selain stupa, ada pula peninggalan sejarah lain yang ditemukan oleh warga setempat, yaitu batu yang diduga adalah sebuah gong dan batu yang memiliki bentuk Lingga dan Yoni (simbol kesuburan yang merupakan bentuk panjang untuk alat kelamin pria dan lubang untuk alat kelamin wanita).

4.Air terjun kedung kandang pesona alam gunung kidul

air terjun kedung kandang

Air terjun kedung kandang, sebuah air terjun unik yang tersembunyi di gunungkidul. Air terjun ini memiliki tingkatan sebanyak 6 tingkat. Berada di persawahan penduduk menjadikan pemandangan air terjun kedung kandang sangat alami, sejuk dan sangat terlihat hijau.

Air terjun kedung kandang memang belum dikelola secara resmi oleh pengelola wisata maupun pemerintah. Untuk saat ini pengelolaan wisata air terjun kedung kandang di kelola oleh desa wisata nglanggeran.  Sehingga untuk fasilitas memang belum tersedia, disana hanya ada bebeapa rumah-rumah penduduk yang menyediakan tempat untuk penitipan motor dan menjual makanan ringan. Ini dia lokasi menuju tempat wisata di kulon progo

Lokasi dan perjalanan menuju air terjun kedung kandang

Tempat air terjun kandang berada di dusun Gunungbutak, Desa Nglanggeran Kecamatan Patuk. Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Air terjun kedung kandang berada dekat dari embung dan gunung api purba nglanggeran, sehingga tidak terlalu sulit untuk menemukan air terjun ini. Air terjun kedung kandang bertempat di titik koordinat GPS S7°51’20.2″ E110°32’06.3 .

Perjalanan dari kota jogja menuju kedung kandang adalah melewati jalan wonosari, naik menuju ke kecamatan pathuk, Sebelum SMP n 2 pathuk ambil kiri ke arah dusun bobung, setelah bertemu perempatan silahkan masuk ke arah kiri, nanti bertemu dengan warung mie ayam mbak nining masuk ke kiri. Nanti ketemu lapangan volly, sepeda motor bisa di taruh disana.

Pesona keindahan air terjun kedung kandang

Sampai gerbang masuk air terjun kedung kandangkita langsung sambut dengan ramah tamah warga, Jika bertemu dengan warga lokal jangan sungkan untuk sekedar menyapa, karena memang warga di sekitar air terjun kedung kandang sangat ramah.

Jarak dari parkiran sampai ke air terjun kedung kandang sekitar 900 meter, dan jalan nya masih beanr-benar jalan tanah, belum di cor, ya tapi itulah tantangan menuju air terjun ini. Disana kita bisa langsung melihat para petani sekitar air terjun kedung kandang sedang bercocok tanam.

Tebing-tebung batu vulkanik dan hamparan padi merupakan ciri khas kawasan air terjun kedung kandang. Batuan di air terjun kedung kandang pun di dominasi dengan batuan vulkanik khas gunung api pirba  nglanggeran, ini karena memang lokasinya tidak terlalu jauh dengan gunugn api purba.

Air terjun kedung kandang sendiri sebenarnya memiliki 3 kedung dn ada sekitar 6 tingkatan air terjun. Kedung kandang merupakan kedung paling bawah dan paling besar,  lau diatasnya ada kedung temanten dan kedung keris. Tetapi kami mendapat larangan dari warga sekitar bahwa ada larangan untuk mandi atau nyemplung di kedung.

Hal yang harus kamu ketahui tentang air terjun kedung kandang

Air terjun Kedung Kandang merupakan  air terjun musiman yang ada ketika musim hujans aja. Jadi kami menyarankan datang ke air terjun ini ketika  musim hujan tiba atau perpindahan dari  musim penghujan ke musim kemarau. karena Saat musim kemarau, air terjun Kedung Kandang   mengering, dan tidak ada air yang mengalir sama sekali.

Untuk menuju ke air terjun kedung kandang belum ada retribusi untuk masuk. air terjun kedung kandang di kelola  karang taruna setempat yang bekerja sama dengan desa wisata nglanggeran. disana terdapat  kotak sukarela untuk biaya keamanan  parkir.

Di hari Sabtu, Minggu dan liburan , biasanya terdapat beberapa warga yang menjaga parkir di dekat lapangan voli. Jika tidak ada yang menjaga parkir , kendaraan  bisa dititipkan di rumah salah satu warga beranama  Pak Giyanto yang rumahnya bertempat di depan gerbang sebelum masuk air terjun kedung kandang.

5. Hutan Mangrove Kulon Progo, Wisata Yang Lagi Hits

wisata mangrove kulon progo

Berkunjung ke Yogyakarta memang selalu membawa kenangan dan harapan untuk dapat kembali mengunjungi kawasan ini lagi. Selain wisata alamnya yang mempesona, keramahan warga jogja dan sajian kuliner yang brmacam-macam dengan harga murah menjadi salah satu daya tarik tersendiri.

Biasanya wisatawan pergi ke Jogja itu hanya ke daerah Bantul, Gunungkidul. Dimana, kedua kawasan ini memiliki pesona wisata yang menarik seperti, Pantai dengan bebatuan karang dan area snorkelingnya. Atau, pesona sunset yang tidak bisa di hindari sedikit pun dan wisata manggrof kulon progo

Tahukah Sobat Native, bila Yogyakarta tidak hanya mempunyai 2 kota itu saja sebagai unggulan pariwisata. Yogyakarta memiliki Kulon Progo yang namanya mulai dilirik oleh Sobat Native lain. Keindahannya seakan mampu menyihir setiap wisatawan yang datang.

Hadirnya Perbukitan dan air terjun menjadi pilihan yang tidak boleh dilewatkan. Selain itu, kulon progo juga memiliki sunset dan dinobatkan memiliki pesona sunset tercantik di Jogja.

Hutan Mangrove Kulon Progo

Mulanya wisata mangrove kulon progo ini didirikan sebagai wilayah konservasi dan juga untuk mencegah terjadinya abrasi. Rencana menggunakan kawasan ini sudah ada sejak tahun 1989. Ada banyak ekosistem yang bisa dinikmati ditempat ini.

Daya Tarik Hutan Mangrove Kulon Progo

Wilayah Hutan ini masih berada di satu lingkungan dari Pantai Glagah Indah dan Pantai Trisik. Jadi, setelah ke tempat ini Sobat Native disarankan untuk mengunjungi Pantai Glagah yang terkenal dengan kecantikan senjanya.

Hutan bakau ini memang terlihat indah, ditambah dengan jembatan yang terbuat dari kayu. Seperti, wisatawan yang ingin berkunjung ke sini harus tahu waktu-waktu yang tepat datang ke sini. Dimana, dianjurkan bagi Sobat Native untuk datang pada pagi hari sekitar pukul 8 – 10 pagi dan sore hari mulai pukul 15:30.

Kedua waktu ini sengatan matahari belum terlalu menyengat. anda bisa mengambil berbagai macam foto dan gambar yang mengesankan. Sebenarnya, siang juga waktu yang tepat untuk datang, hanya saja saat siang terik matahari akan terasa sangat panas. Sedangkan gazebo yang bertempat di hutan bakau ini sangat tebatas.

Menikmati hutan bakau ini bisa dengan macam cara. Salah satunya dengan menikmati beberapa spot yang sudah disajikan pihak pengelola. Selain itu, semilir angin yang behembus menambah kesejukan tersendiri sehingga, berada di tempat ini bisa susah untuk move on.

Nah, disini ada yang namanya jembatan api-api. Jembatan ini merupakan tempat selfie favorit bagi Sobat Native yang lain. bagusnya jembatan ini bisa dilihat dari wahana permainan yang disajikan seperti ayunan. Sobat Native, bisa memainkan ayunan ini dan kembali ke masa lalu. Seru kan.

Mengapa Jembatan ini bisa dinamakan dengan Jembatan Si api-api? Karena,  hutan Mangrove yang berada di kawasan ini adalah api-api. Oleh karena itu, jembatan kebanggan wisatawan ini dinamakan sebagai Jembatan api-api.

Rute Dan Lokasi

Tempat Hutan Mangrove ini berada di Dusun Pasir Mendit, Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo. Sobat Native harus melewati perjalanan kurang lebih 2 jam lamanya. Dari arah Yogyakarta, Sobat Native bisa mengarahkan kendaraan menuju ke wates, Kulon Progo. Kemudian, melanjutkan perjalanan menuju pantai Glagah.

Jalur menuju pantai Congot ini merupakan jalur utama untuk  kearah purworejo. Sebelum menuju ke TPR pantai Glagah, anda akan bertemu dengan jalan besar yang bernama jalan Daendles belok kearah kanan kemudian lurus terus kearah barat. Sampai di lokasi jembatan sungai Bogowonto. Dimana, jembatan ini menjadi pembatas  Kulonprogo dan Purworejo.

Setelah sampai di titik ini temukan SD Jangkaran, sampai disini jalan hati-hati sampai menemukan pertigaan kecil yang akan mengarahkan anda menuju ke lokasi. Apabila, masih bingung Sobat Native bisa bertanya atau juga memakai apikasi peta yang sudah tersedia di smartphone Sobat Native.

6. Hutan Pinus Kalilo Punya Spot Selfie yang bagus

hutan pinus kulon progo

Tempat Wisata hutan pinus kulon progo sudah mulai banyak muncul di Daerah Istimewa Yogyakarta, terutama di daerah Bantul dan sekitarnya. Namun siapa sangka kalau di perbatasan Kulonprogo dan Purworejo juga mempunyai tempat wisata hutan Pinus yang asri dan tak kalah menawan.

beralamat di Dusun Kalilo, Telogoguo, Kali Gesing, Purworejo, Hutan Pinus Kalilo menjadi alternatif wisata alam lainnya yang dapat dikunjungi. Hutan Pinus yang baru dibuka sekitar lima bulanan itu, mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Menurut Walyunianto, selaku kepala pengelola hutan pinus Kalilo, hutan pinus tersebut sebetulnya  sudah dibuka pada awal 2017 ini.

“Tahun 2017 sebetulnya sudah mulai dibuka, namun baru dikelola dengan baik sekitar 5 bulanan. Awalnya kami pengelola, membuka akses jalan menuju hutan pinus, lalu karang taruna mulai membuka tempat tersebut untuk  kawasan wisata,” paparnya.

Karang taruna yang aktif mengelola hutan pinus Kalilo, mulanya juga belum yakin jika kawasan tersebut akan ramai pengunjung.

Namun seiring berjalannya waktu mereka semakin semangat mengembangkan tempat tersebut karena pengunjung mulai berbondong-bondong berdatangan ke hutan pinus Kalilo yang mereka kelola.

Walyunianto juga menjabarkan bahwa, kawasan wisata hutan pinus tersebut dikelola langsung oleh para pemuda dusun Kalilo.

Nama tempat ini sengaja kami beri nama Hutan Pinus Kalilo, agar nama desa kami tersebut juga bisa dikenal masyarakat. Dan hingga saat ini anggota karang taruna yang aktif mengelola tempat ini berjumlah 8 orang,” tambahnya.

Dalam mengelola tempat tersebut menjadi salah satu objek wisata, butuh banyak perjuangan bagi Walyunianto.

“Perjuangan mengelola hutan pinus ini sempat menjadi hal sangat pahit dalam hidup saya, banyak komentar negatif  dari banyak warga yang sering saya terima. Namun justru dengan komentar-komentar tersebut malah menjadi motivasi bagi saya dan kawan-kawan,untuk lanjut terus memajukan tempat wisata hutan pinus Kalilo ini,” jelasnya.

Usaha  yang terus diperjuangkan oleh karang taruna dusun Kalilo dalam memajukan tempat wisata Hutan pinus tersebut masih banyak naik turun.

Walaupun tidak banyak ada bantuan yang datang seperti akses jalan masuk yang dibantu oleh pihak RT, namun proposal yang diajukan ke pihak Perhutani hingga saat ini belum mendapat tanggapan apapun.

Memasuki lokasi Hutan Pinus Kalilo, anda bisa merasakan udara sejuk di bawah rindangnya pepohonan Pinus yang berjajar rapi.

Sejuknya udara di lereng pegunungan bisa anda nikmati di pagi hari, selain itu cahaya sinar matahari pagi memendarkan semburat kuning yang eksotis menembus celah-celah dahan pepohonan.

Kicauan burung di pagi hari, serta keramahan penduduk sekitar menjadi ciri khas tersendiri ketika mengunjungi kawasan wisata tersebut.

Sekitar 10 spot selfie unik juga bisa anda jumpai di kawasan wisata hutan pinus Kalilo tersebut. Panorama alam dari ketinggian, memamerkan kemegahan jajaran bukit menoreh yang hijau nan asri. Batuan-batuan besar di sisi atas hutan pinus tersebut, menjadi tempat selfie favorit bagi para pengunjung.

7.Wisata Alam Kalibiru Jogja

wisata kalibiru kulon progo

Bicara Yogyakarta berarti bicara perihal pariwisata. Yogyakarta dan sekitarnya memang merupakan kota wisata yang terkenal sejak dahulu kala. Setelah terkenal sebagai kota wisata budaya, Yogyakarta terus memajukan wilayahnya sebagai kota wisata. Saat ini sudah banyak objek wisata Yogyakarta dan sekitarnya yang sayang jika tidak di jelajahi. Salah satunya adalah objek wisata Kalibiru kulon progo.

Kalibiru sebetulnya adalah sebuah nama hutan yang saat ini diolah menjadi sebuah tempat wisata alam. Hutan Kalibiru mempunyai ketinggian 450 mdpl dan berupa kawasan perbukitan yang subur.  udara di tempat ini sangat sejuk. Kalibiru dikelola oleh pemerintah dan masyarakat setempat untuk  wisata alam dan edukasi. Ada banyak hal yang bisa didapatkan di sana, termasuk outbond, penginapan, dan beberapa tempat untuk mencari foto kekinian. Ada juga jalur trekking yang juga bisa dijadikan untuk lokasi camping.

Lokasi dan Akses

wisata Kalibiru terletak di kawasan Kulon Progo, Yogyakarta yang berkonsep wisata alam. Kalibiru hits baru-baru ini karena media massa dan media sosial. tepatnya terletak di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kulon Progo, Yogyakarta. Jarak dari pusat kota adalah sekitar 40 kilometer.

Kalibiru juga berdekatan dengan objek wisata lain seperti Waduk Sermo, Kebun Teh Nglinggo, dan air terjun Sidoharjo. Bahkan dari Kalibiru ini, akan bisa melihat pemandangan menawan Waduk Sermo dari jarak dekat. Perjalanan untuk menuju Kalibiru harus dilewati dengan menanjak dan cukup berliku. Sebaiknya menggunakan kendaraan yang kuat agar perjalanan menjadi lebih lancar.

Untuk mencapai Kalibiru, setidaknya ada beberapa alternatif  perjalanan yang bisa dipilih oleh para wisatawan, antara lain:

1.Rute Sermo

Rute yang pertama ini adalah rute faforit yang digunakan oleh wisatawan. Alasannya adalah karena dalam perjalanan, akan dijumpai juga pemandangan indah waduk Sermo, sehingga perjalanan akan lebih menyenangkan. Jika kamu adalah orang yang lebih suka menikmati perjalanan daripada tujuan destinasi, rute ini akan cocok untukmu.

Untuk menuju Kalibiru menggunakan rute Sermo, kamu bisa melewati daerah Sentolo, lalu ke Pengasih. Dari sana, tuju arah alun-alun ke Wates- RSUD Wates – Beji- Sermo. Baru dari Sermo, kamu bisa langsung menuju Kalibiru.

2.Rute Clereng

Rute kedua merupakan rute Clereng. Perjalanan dengan rute ini lebih cepat daripada rute pertama, karena tanjakan atau likuan tidak separah seperti rute pertama. Jika kamu tidak begitu menyukai  perjalanan jauh dan lebih suka perjalanan singkat, ambil saja rute ini. Dari pusat kota, kamu bisa langsung menuju Sentolo, lalu ke Pengasih.

Namun, setelah bertemu perempatan Pengasih, berbeloklah ke arah kanan (menuju Clereng). Ikuti  rute itu untuk menuju Kalibiru. Dalam perjalanan sudah ada penunjuk jalan, sehingga tidak perlu khawatir  akan tersesat.

3.Rute kota (dari Malioboro)

Rute ini adalah rute yang paling jarang dilewati, karena jarang ada wisatawan dari arah Malioboro yang menuju Kulon Progo. Namun, jika kamu ingin menuju Kulon Progo dari Malioboro,lewat saja jalur Purworejo. Ikuti jalan tersebut sampai di terminal Wates. Dari terminal itu, ikuti penunjuk jalan yang ada di situ untuk menuju ke waduk Sermo. Dari Sermo, ikuti terus rute menuju Kalibiru.

Fasilitas

Ada banyak fasilitas wisata yang disediakan oleh wisata alam Kalibiru ini. Di sediakan area parkir yang luas untuk motor dan mobil. Ada kios makanan, sehingga wisatawan tidak perlu khawatir  kehabisan perbekalan makanan. Di sediakan  juga fasilitas menginap seperti pendopo, homestay, dan juga camping ground. Untuk wisatawan yang ingin seru-seruan mengasah adrenalin, ada juga sarana outbond yang bisa digunakan.

Fasilitas untuk Melihat Pemandangan

Selain itu, juga ada menara pandang untuk menikmati pemandangan perbukitan dari Kalibiru. Dari sana juga akan bisa didapatkan pemandangan matahari terbenam yang keren jika berkunjung pada saat yang tepat.

Jika kamu  ingin berburu foto di sana, kamu perlu membayar Rp 10.000 saja. Selain itu, ada beberapa gardu pandang yang berbentuk rumah pohon untuk menikmati pemandangan matahari terbenam dan berburu foto sunset yang keren.

Pemandangan perbukitan yang sangat hijau dan dingin juga akan memanjakan mata para wisatawan. Tidak heran mengapa banyak anak muda yang ingin mengabadikan momen di sana.

Fasilitas untuk Menginap

Adapun fasilitas homestay totalnya berjumlah 6 dan keseluruhannya dapat  menampung sekitar 10-15 orang. Homestay ini bisa untuk homestay keluarga dengan harga paling murah dan ekonomis  adalah Rp 120.000 per malam untuk satu homestay.

Harga yang paling murah untuk sebuah lokasi wisata alam di Yogyakarta, bukan? Kapan lagi bisa menginap di Yogyakarta dengan harga murah dan mendapat pemandangan yang  khas perbukitan yang sejuk dan indah? Selain homestay, para wisatawan juga bisa berkemah di camping ground yang disediakan.

Itulah Beberapa Destinasi yang berada di tempat wisata di kulon progo yang saya rekomendasikan untuk anda yang ingin berkunjung kesana. Apa Anda Pernah Mengunjungi salah satu yang telah saya  sebutkan atau  belum ?.