Tempat Wisata di Madiun Yang Wajib Anda Kunjungi

Pariwisata adalah kegiatan perjalanan yang dilakukan untuk mengisi kekosongan waktu yang bertujuan untuk merefleksikan diri  disela kesibukan. Berpariwisata bisa dilakukan pada waktu liburan atau hari biasa, banyak orang yang mengajak keluarga masing masing untuk mengunjungi tempat tempat wisata, seperti yang ada di Madiun. Kota Madiun terletak  di Provinsi Jawa Timur, Kota ini terletak di sebelah barat kota Surabaya.

Di artikel ini kami merekomendasikan tempat wisata di Madiun yang wajib di kunjungi. Kota Madiun memiliki banyak  julukan yaitu Kota Gadis kota gadis di sini bukanlah gadis atau cewek, melainkan gadis itu adalah singkatan dari Perdagangan, Pendidikan, dan Indsutri, Kota Brem, Kota Pelajar, Kota Sepur, Kota Pecel,dan Kota Budaya. Selain Madiun terkenal dengan makanan, budaya dan industri nya. Kota Madiun juga menyimpan banyak tempat wisata, tempat wisata yang merupakan peninggalan prasejarah kerajaan dan peninggalan penjajahan jepang. Apabila anda kesana, anda akan bingung untuk pergi ke tempat wisata yang bagus untuk dikunjungi.

Berikut ini adalah beberapa destinasi tempat wisata yang bisa anda kunjungi :

1. Nglambangan. Tempat wisata dengan beberapa peninggalan pada masa lampau.

tempat wisata ngamblangan

Tempat ini diberi nama Nglambangan karena memang tempatnya terletak di desa Nglambangan, Kecamatan Wungu. Ada beberapa peninggalan dari zaman kerajaan majapahit di Madiun ini seperti Pura Lambang sari, Lumbung, Sumur Kuno, Petirtaan, lalu ada juga Watu Dakon yang merupakan tempat penyimpanan pusaka pada masa lampau. Cobalah ke wisata ini pada bulan suro, karena di sini ramai, karena lokasinya digunakan untuk upacara ritual tahunan.

Tempat wisata ini juga tempat edukasi bagi para siswa untuk mengetahui peninggalan zaman zaman kerajaan.

2. Dumilah Park. Tempat yang menjadi tujuan untuk para wisatawan lokal maupun domestik.

Dumilah Park

Tempat wisata di Madiun yang kedua adalah Dumilah Park merupakan waterpark  yang ada dikota Madiun, disini juga banyak fasilitas seperti game zone, water zone, garden zone dan pujasera.  Para wisatawan bisa mengajak anak- anak nya karena mereka bisa bermain air di water zone, disini juga disediakan gazebo untuk berteduh. Para wisatawan yang suka memancing juga bisa datang ke Dumilah park, karena selain waterpark disini juga ada tempat pemaaancingan lho….

Letak Dumilah Park ini sangat strategis yaitu di pusat kota Madiun, jadi tempat ini adalah wisata yang wajib dikunjungi di kota Madiun.

3. Taman Wisata Umbul. Tempat wisata yang hadir dengan wajah baru yang sangat  menarik.

wisata umbul madiun

Tempat ini pernah menjadi tempat wisata di Madiun yang paling banyak dikunjungi pada tahun  1990-an. Kemudian ditinggalkan, setelah tahun-tahun tersebut. Lalu setelah dilakukan renovasi, taman wisata Umbul resmi dibuka kembali pada tahun 2012 dengan wajah baru yang lebih bagus.

Wajah baru yang siap mendulang kembali popularitas sebagai tempat wisata favorit, sebagaimana yang pernah terjadi pada tahun 1990-an. Fasilitas taman rekreasi ini merupakan taman peninggalan Belanda.

Ada berbagai macam fasilitas, antara lain seperti kolam renang, pesanggrahan, kebun binatang mini, dan tempat bermain anak.

Taman wisata Umbul ini letaknya berada di Desa Glonggong, kota Madiun. Tempat ini merupakan satu satunya  wisata umbul Madiun..

4. Monumen Kresek, bangunan peninggalan orde baru.

wisata kota madiun

Tempat wisata Madiun yang mengandung sejarah adalah Monumen Kresek. Monumen ini merupakan bangunan peninggalan orde baru. Melalui monumen ini menggambarkan mengenai keganasan PKI pada zaman itu. Di dekat monumen ini terdapat nama -nama para prajurit TNI dan pamong desa, yang menurut orde baru, mereka tewas dalam melawan PKI di desa Kresek.

Nama-nama mereka diukir pada batu prasasti. Di antara nama – nama tersebut, salah satunya ada Kolonel Muladi. Sebagai bentuk penghormatan kepadanya pada zaman order baru, nama beliau dijadikan sebagai nama salah satu jalan di kota Madiun.

Selain itu, didirikan pula patungnya di alun alun Madiun. Letaknya berada di timur kota Madiun. Di tempat ini terdapat fasilitas antara lain pendopo untuk tempat istirahat, taman tanaman langka, lengkap dengan area parkir.

Tempat ini tidak jauh dari alun alun Madiun karena anda pasti akan menemukan di pinggir jalan kota madiun.

5. Wana wisata Grape. Tempat yang cocok untuk melepas penat.

tempat wisata madiun

Jangan lupakan yang kelima ini, karena wisata grape ini adalah tempat wisata di Madiun yang popular. Wana wisata Grape merupakan salah satu obyek wisata yang bernuansa sejuk dan alami. Air sungai di sini mengalir jernih, bersumber dari mata air pegunungan Dungus.

Di sini, anda juga bisa melakukan aktifitas olah raga gunung seperti sepeda, panjat tebing, hiking, dan berkemah.

Wana wisata Grape ini letaknya berada di kaki gunung Wilis dengan jarak kira kira cukup jauh  dari  kota Madiun, dan berada di pinggir hutan jati yang merupakan wilayah KPH Madiun.

Kalau anda merasa stres dengan pekerjaan yang menumpuk berhari-hari, tak ada salahnya menghabiskan waktu libur ke sini.

6. Air Terjun Krecekan Denu, tempat wisata cukup baru penemuan warga.

air terjun di madiun

Air terjun Krecekan Denu ini tidak jauh dari Wana Wisata Grape, atau tepatnya, berada di desa Kepel. Air terjun ini tergolong masih baru, karena warga juga menemukan air terjun krecekan denu akhir akhir ini . Jadi maklum kalau kalian harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk bisa sampai ke sana.

Dari Wana Wisata Grape, kalian  bisa jalan naik terus dengan mengikuti jalan satu arah didekat air terjun. Kemudian anda akan menemukan sebuah Gapura yang bertuliskan selamat datang di Air Terjun Krecekan Denu. Tulisan itu berada di sebelah kanan jalan.

Setelah memarkir kendaraan, anda harus turun menyusuri jalan yang mengarah ke bawah. Butuh waktu 15 menit untuk sampai ke bawah dan melihat Air terjun Krecekan Denu. Oh ya, untuk menikmati Air terjun Krecekan Denu, anda cukup membayar tiket masuk  1000 rupiah  per orang saja.

Jadi jika anda ingin kesini, anda harus menyiapkan mental dan fisik untuk menuju ke tempat air terjun.

7. Waduk Kedungbrubus, tempat wisata yang cocok untuk anda yang suka memancing.

waduk kedung brubus

Lokasi waduk Kedungbrubus berada di sebelah utara Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun yang bersebelahan dengan Kabupaten Bojonegoro. Selain sebagai sarana irigasi, waduk Kedungbrubus ini juga dijadikan sebagai sarana wisata. Sebelum memasuki area waduk, anda akan disuguhi dengan pemandangan hutan jati sepanjang jalan, yang khas dan tentu saja mampu menyejukkan pikiran yang ruwet.

Banyak para pemancing yang memanfaatkan waduk Kedungbrubus dengan sangat baik ini untuk memuaskan hobi mereka memancing ikan. Saat berkunjung ke sana, anda juga dapat menikmati ikan goreng/bakar yang disajikan oleh pihak pengelola yang di ambil langsung dari keramba. Mantap kan? Tempat wisata ini tidak dipungut biaya sekalipun.

Bicara soal kuliner, makanan yang terbersit ketika menyebut kota Madiun adalah pecel. Karena memang kota ini sangat terkenal dengan Pecelnya bahkan ada patung ibu-ibu jualan pecel sebagi salah satu simbol kotanya. Ternyata madiun juga memiliki aneka macam makanan dan pas untuk kalian para pencinta kuliner yang doyan mencicipi makanan baru.

Berikut ini daftar 10 Tempat Kuliner dan Tempat Nongkrong di Madiun :

1. Jiero Wedangan

tempat nongkrong di madiun
Tongkrongan yang memiliki slogan “Makin Dekat Makin Akrab” ini memang dikonsep sangat anak muda sekali, yang butuh tidak hanya makanan yang enak, tetapi juga tempat yang nyaman dan membuat betah berlama-lama bercanda bersama teman-teman tercinta.Tempat kulineran pertama sekaligus dapat menjadi tempat nongkrong asik di Madiun yaitu adalah Jiero Wedangan. Tempat ini sangatlah terkenal di kota Madiun ini, menyajikan banyak sekali jenis menu makanan dengan rasa yang nikmat dan harga yang terjangkau.

Lokasi ini salah satu tempat hangout di Madiun yang populer. Apa lagi bagi kalian yang hoby foto selfie, tempat ini pas sekali untuk kalian mengekspresikan kenarisisan kalian, karena di Jiero ini banyak sekali sudut yang dapat dijadikan tempat foto.

Lokasi Jiero Wedangan Madiun

Lokasi Jiero Wedangan ini berada satu area dengan I-Club Madiun. Alamat lokasi Jiero Wedangan ini berada di Jalan Bali No.17, Kartoharjo, Kota Madiun.

2. Trapesium Cafe

tempat nongkrong madiun
Makanan di Trapesium Cafe ini cukup beragam. Dari Sandwich hingga Bakso tersedia di Trapesium Cafe ini. Untuk harga cafe ini terbilang cukup terjangkau. Jadi kalian tidak terlalu menguras kantong terlalu dalam untuk berlama-lama di tempat ini.Trapesium Cafe  ini sangat terkenal di Madiun. Lokasinya yang terletak di dekat kampus, membuat Trapesium Cafe ini ramai dikunjungi oleh banyak anak muda. Konsep Cafe yang menarik dan sangat anak muda sekali, membuat tempat ini sangat nyaman untuk dijadikan tempat menghabiskan waktu bersama teman atau keluarga.

Lokasi Trapesium Cafe

Cafe ini berlokasi di kawasan bundaran Serayu, Pandean, Taman, Kota Madiun, Jawa Timur

3. Garasi Cafe

garasi coffe madiun
Cafe ini selalu ramai ketika malam hari, banyak sekali anak muda yang nongkrong di tempat ini sembari menikmati alunan live musik yang ditampilkan di Garasi Cafe ini.Garasi Cafe dulunya adalah lokasi tempat bengkel dan cuci mobil yang kini di jadikan tempat nongkrong menarik untuk di kunjungi ketika berada di kota Madiun.

Tempatnya yang luas sangat cocok bagi kalian yang ingin menggelar event, atau ingin mengadakan pertemuan, kalian dapat menggunakan fasilitas yang di berikan Garasi Cafe. Di Garasi Cafe kalian dapat menikmati fasilitas seperti aneka macam game, Biliard dan ada Playstation Corner.

Lokasi Garasi Cafe

Lokasi dari Garasi Cafe ini terletak di Jalan Slamet Riyadi atau letaknya berada di depan Polsek Kartoraharjo Madiun.

4. I Club Madiun

Karena tempatnya enak untuk dijadikan tempat nongkrong, maka tim kami sangat merekomendasikan kalian untu mengunjungi tempat ini. Selain makanan yang enak, tempat yang nyaman untuk sersantai bersama teman dan banyak sekali fasilitas yang dengan mudah diakses.Tempat Hangout di Madiun berituknya adalah I Club Madiun. I Club Madiun sangat terkenal dengan konsep yang keren abis dan enak untuk bersantap bersama keluarga. Apalagi berada di kawasan kota di Madiun membuat pengalaman bersantap makan di sana akan terasa menyenangkan.

Lokasi I Club Madiun

Lokasi I Club Madiun ini berada di Jalan Bali no 17 Kecamatan Madiun.

5. Warung Om Breng

Mie godog, ayam geprek sampai aneka Ice Cream tersedia di tempat ini.Dari namanya terlihat lucu untuk sebuah cafe, tapi percayalah Warung Om Breng ini punya tempat yang nyaman dan salah satu tempat makan romantis di Madiun. Makanan disini juga beragam, dari

Lokasi Warung Om Breng

Lokasi dari warung Om Breng ini berada di  Jalan. Jawa No. 11, Kartoharjo, Kec. Madiun, Jawa Timur.

6. M Cafe & Resto Madiun

Lokasi M Cafe MadiunTempat nongkrong di Madiun selanjutnya adalah M cafe. Tempat makan romantis di Madiun ini sangat digemari berbagai kalangan. Lokasinya yang berada di Madiun Plaza membuat tempat ini dengan mudah dapat dijangkau oleh banyak kalangan. Lokasi dari tempat ini berada di Madiun Plaza, Jalan Pahlawan Madiun.

7.  Sasono Kautaman

Sedikit keunikan yang dimiliki cafe Sasono Kautaman ini adalah konsepnya yang sangat Jawa dan banyak ornamen dari bambu yang menambah nuansa adem dan romantis di tempat ini.Jika kalian ingin merasakan suasana cafe yang sangat jawa sekali, kalian harus mampir ke Sasono Kautaman. Cafe ini menyediakan makanan-makanan khas Jawa Timur, seperti Rujak Cingur, ada juga sop iga dan masih banyak lainnya.

Lokasi Sasono Kautaman

Cafe Sasono Kautaman ini berada di Jl. Sumber Karya, Mojorejo, Taman, Kota Madiun

8.  Warung Latte Madiun

Bagi anda para pencinta kopi kalian wajib melipir ke Warung Latte Madiun ini. Seperti dengan namanya, kalian akan menemukan banyak jenis kopi dan yang jadi khas dari tempat ini adalah sajian lattenya yang luar biasa nikmatnya.

Ada pula beberapa menu makanan yang menarik pula untuk dicicipi. Menu seperti steak dan Black Burger adalah menu andalan dari Warung Latte Madiun ini yang sudah sangat tersohor di seantero kota Madiun ini.

Lokasi Warung Latte Madiun

Alamat dari Warung Latte ini berada di Jalan HOS. Cokroaminoto, Taman, Madiun

9. Gado-Gado dan Tahu Campur Pak Tomo

Daftar cafe yang menarik di kota madiun, kita beranjak ke kuliner dengan konsep warung namun soal rasa jangan ditanya, sudah pasti nikmatnya. Warung yang wajib kalian kunjungi adalah Gado-Gado dan Tahu Campur Pak Tomo.

Warung yang mulai ada sejak tahun 80an ini memulai usahanya dengan hanya berupa grobak hingga sekarang bertransformasi menjadi warung yang cukup besar dan dikenal banyak orang.

Meskipun hanya menyediakan menu Gado-Gado dan Tahu Campur saja tapi jangan meremehkan rasanya. Dijamin kalian akan ketagiahan setelah menyantap nikmatnya sajian di warung Pak Tomo ini.

Lokasi Gado-Gado dan Tahu Campur Pak Tomo

Alamat warung ini berada di dekat SMA 2 Madiun tepatnya di  Jl. Biliton, Madiun Lor, Mangu Harjo,

Kota Madiun, Jawa Timur.

10. Warung Dhampit Bu Palupi

Bagi kalian yang berburu makanan khas madiun seperti pecel atau ingin mencari makanan khas jawa timur seperti Rawon dan lainnya, kalian bisa berkunjung ke Warung Dhampit Bu Palupi ini. Rasa masakan yang ditawarkan di Warung Dhampit Bu Palupi sungguh sangat nikmat.

Lokasi Warung Dhampit Bu Palupi

Alamat dari Warung Dhampit Bu Palupi ini berada di jalan Kol. Suwarno

Tidak hanya tempat wisata dan kuliner pada siang hari yang bisa anda kunjungi di kota Madiun, kota ini juga menyuguhkan wisata malamnya penuh dengan lampu – lampu kota yang indah. anda bisa bersantai menikmati malam, bermain dengan keluarga atau mengobrol – ngobrol dengan teman – teman anda.

Berikut ini adalah beberapa wisata kota Madiun malam yang bisa anda kunjungi jika anda pergi berlibur ke kota Madiun:

Madiun Umbul Square Night Festival

alun alun madiun

Taman Wisata Umbul yang ada di Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Dulu tempat ini hanyalah sebuah taman wisata biasa. Tetapi kini, Pemkab Madiun telah mengubah semua aset pariwisata tersebut menjadi sebuah wahana multiwisata dengan julukan sebagai Madiun Umbul Square Night Festival.

Sebelumnya masyarakat tidak ingin datang ke obyek wisata milik pemerintah daerah ini sebab dahulu fungsinya telah disalahgunakan oleh pihak ketiga selaku pengelolanya. Pada saat itu wahana banyak digunakan sebagai tempat prostitusi.

Berbagai sarana wisata terus saja dibangun, mulai dari pemandian air belerang, waterboom, wahana permainan dewasa dan anak-anak, serta juga mini zoo. Untuk dapat masuk ke wahana wisata yang berjarak 18 kilometer dari Kota Madiun ini tiket masuknya apabila siang hari dikenakan biaya sekitar Rp 10.000, pada malam hari dikenakan biaya sekitar Rp 5.000, serta untuk hari weekend dikenakan biaya sekitar Rp 15.000.

Wahana wisata ini adalah suatu peninggalan zaman Belanda yang namanya kini telah berubah menjadi Umbul Square Night Festival. Supaya pengelolaannya maksimal, Pemkab Madiun sudah mengajukan surat izin prinsip lembaga konservasi ke Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup.

Untuk dapat mempercantik suasana Umbul di malam hari,  pengelola memasang lampion di beberapa tempat sampai pepohonan di tempat wisata tersebut. Harapannya lampion yang berwarna-warni berbentuk satwa ini akan dipasang pada sekeliling Umbul Square Night Festival supaya menarik para pengunjung.

Alun-alun Kota Madiun

alun alun madiun

Alun-alun kota merupakan suatu tempat yang sangat sering dikunjungi. Tempat tersebut telah dimanfaatkan sebagai sarana olahraga, tempat pertemuan, maupun bazaar. Banyak kota yang memanfaatkan tempat ini seproduktifitas mungkin dan salah satu kota yang menerapkan hal tersebut ialah Kota Madiun.

Kota Madiun terdapat di Provinsi Jawa Timur. Mungkin jika di daerah lain, hanya memanfaaatkan alun-alun sebagai sebuah tempat berolahraga, namun berbeda pula dengan Kota Madiun. Kota tersebut telah memanfaatkan alun-alun sebagai sumber keramaian kota, misalnya saja seperti tempat berolahraga, untuk suatu pertemuan ataupun pengadaan lomba, hingga menjadi tempat untuk para pedagang yang menjajakan dagangannya.

Di setiap harinya, baik itu waktu pagi hari hingga di malam hari tempat ini selalu saja ramai di kunjungi oleh warga Kota Madiun. Mereka yang menghabiskan waktunya hanya untuk menikmati keadaan sekitar yang masih kelihatan alami, serta juga ada yang berjajan ria di sekitar alun-alun tersebut. Tempat ini memiliki rumput yang masih hijau dan tanah gembur.

Alun-alun Kota Madiun umumnya ramai pada waktu malam hari dan juga menjadi salah satu pusat tongkrongan anak muda sekitar Madiun. Hampir di sekeliling alun-alun banyak sekali pedagang kaki lima yang berjualan dari makanan misalnya saja seperti batagor, tahu petis, aneka jenis minuman dan lain sebagainya, sehingga banyak motor ataupun mobil yang parkir di sini, dan hal tersebut membuat jalanan kadang tersendat-sendat.

Alun-alun Kota Madiun sangat cocok untuk dijadikan tempat tongkrongan apalagi untuk anak-anak muda yang gemar sekali mencari tempat ngobrol sambil menyantap hidangan berbiaya murah serta pastinya juga akan menggairahkan perekonomian rakyat kecil.

Ikon pusat Kota Madiun tersebut dilengkapi juga dengan taman kota serta lapangan dan di tengahnya terdapat sebuah kapal terbang milik AURI. Di sebelah selatan alun-alun  terdapat sebuah patung Kolonel Marhadi

Jiero Wedangan Madiun

tempat nongkrong madiun

Tempat nongkrong  yang satu ini bisa dibilang sebagai tempat nongkrong terasyik di Kota Madiun. Selain mempunyai suasana yang nyaman banget rasanya, maka sebagai salah satu anak gaul Madiun anda sangat wajib tahu Jiero Wedangan Madiun.

Untuk konsep makanan pada intinya sama saja dengan Warung Angkringan sejenisnya yang dapat anda temui di kota ini, tetapi cara penyajiannya saja yang mungkin sedikit berbeda dengan warung pada umumnya. Restaurant ini juga sudah menyatu dengan I Club yang mempunyai Resto, sekaligus klub kebugaran tersebut. Yang pastinya anda akan melihat cewek serta cowok sporty yang hobi nge-gym, serta renang.

Jiero menjadi semakin lengkap, sebab beberapa tempatnya merupakan sebuah lahan potensial yakni sebagai salah satu tempat untuk anda berselfie serta bernasis ria di akun sosmed anda.

Mulai dari tempatnya yang bergaya Vintage dengan desain Mural, Phone Box ala British, sampai Photo Booth Instagram. Dan yang jelas sangat recommended food misalnya saja seperti Sego Kucing Keluwen, Ketan Duren, Kopi Tetes, Teh Tarik bisa melengkapi sebuah perjalanan wisata kuliner anda di kota ini, sembari cuci mata.

Alamatnya di Jalan Bali 17, Kec. Madiun, Kota Madiun, Jawa Timur 63116.

Rock and Roll Cafe Madiun

tempat nongkrong kota madiun

Wisata malam yang selanjutnya ialah Rock and Roll Café yang lumayan keren dari cara penataannya. Rock And Roll Cafe yang terdapat di Jalan Kapuas, Madiun ini dapat menjadi tempat selanjutnya untuk anda serta juga komunitas yang memang ingin mencoba tempat unik bergaya ala tahun 70’an.

Di tempat tersebut berbagai dekor yang nunjukin kesan ala anak 90an dapat anda temui. Mulai dari mobil serta motor antik, sampai koleksi Black Pop Art dari berbagai selebriti ataupun musisi dunia juga ada di sini.

Tempat ini cukup besar, terbukti dengan adanya bangunan 2 lantai, ditambah juga dengan Show Case untuk menunjukkan aksimu. Pada waktu tertentu sangat sering diadakan suatu pertunjukkan musik Rock and Roll dan katanya Ian Antono juga pernah perform di tempat ini.

Untuk menu andalan dapat anda cicipi di tempat ini misalnya saja seperti beberapa sajian khas Kedai Kopi, Otentik Junk Food, sampai berbagai cemilan lainnya yang sangat cocok untuk makan bersama komunitas anda. Steaknya juga sangat recommended banget dan wajib untuk anda coba.

Alamatnya di Jalan Kapuas, Madiun 63128.

Madiun merupakan salah satu kota yang memiliki tempat wisata yang cukup menarik. Tidak hanya tempat wisata namun Madiun memiliki makanan khas yang terbilang cukup unik. Wisata di Madiun sebenarnya memiliki prospek yang baik untuk kedepannya, akan tetapi banyak orang yang kurang mengetahui akan tempat wisata ini sehingga tempat wisata di Madiun tidak terkenal.

Anda cukup tertarik dengan beberapa destinasi liburan di atas ? Ceritakan kisah atau pengalaman anda ketika mampir atau berlibur di kota Madiun.

Itu lah tadi beberapa destinasi tempat wisata di madiun yang bisa anda kunjungi Bersama keluarga, bermain air di wisata umbul Madiun menikmati indah nya malam hari di alun alun Madiun atau ke tempat sejarah di Monumen Kresek atau anda juga bisa nongkrong – nongkrong santai dengan teman – teman anda di beberapa cafe yang populer di atas, untuk berdua dengan pasangan.