Tempat Wisata Di Samarinda Yang Lagi Hitsss

Samarinda adalah ibu kota Provinsi Kalimantan Timur.Kota ini merupakan kota yang paling padat di Kalimantan. Selama ini tempat wisata di samarinda juga banyak dikenali oleh semua kalangan orang tuwa maupun yang muda. Pada kenyataannya, kota ini memilliki banyak potensi pariwisata yang sudah di kenal oleh banyak orang .

Objek wisata di Samarinda Kaltim menawarkan sensasi liburan yang menyenangkan dengan tujuan wisata yang cukup beragam. Kamu bisa mengexplore wisata yang ada di samarinda agar momen liburanmu ke Samarinda semakin tak terlupakan.

Jika dibandingkan dengan kota lain di Indonesia, pariwisata Samarinda tidak banyak dikenal. Namun sebenarnya kota samarinda memiliki banyak tempat wisata yang layak dikunjungi. Berikut tempat wisata Samarinda yang tak kalah dengan tempat wisata lain di Indonesia:

Wisata di samarinda

Air Terjun Tanah Merah

tempat wisata di samarinda

Mungkin belum banyak traveler yang pergi ke tempat wisata di Samarinda. Padahal, ada wisata Air Terjun Tanah Merah yang akan jadi destinasi alam yang menawan. Airnya yang sejuk dan alamnya asri cocok untuk tempat Anda berkumpul dengan teman atau kerabat.

banyak tempat wisata alam yang di suguhkan di  Samarinda. tempat perbelanjaan yang menjamur di ibukota Kalimantan Timur ini membuat sebagian besar orang berbondong berwisata ke tempat yang lebih  modern.Salah satu wisata alam yang ada di Kota Samarinda adalah Air Terjun Tanah Merah

Air terjun Tanah Merah terletak terletak di Dusun Purwosari, Desa Tanah Merah kecamatan Samarinda Utara atau sekitar 14 Km ke arah timur laut Kota Samarinda, di ruas jalan poros Samarinda-Bontang. Untuk pergi ke  objek wisata ini, pengunjung dapat dengan mudah menjangkaunya dengan kendaraan pribadi maupun umum.

Lepas dari itu semua, air terjun di Tanah Merah sangat layak dikunjungi untuk wisatawan yang sedang di kota samarinda, atau pun yang ingin ke Kota Samarinda. untuk masuk ke obyek wisata ini sangat terjangkau  adalah Rp 5.000. untuk parkir tarif kendaraan roda dua Rp 2.000 dan kendaraan roda empat Rp 5.000. Gemericik air dan asrinya alam di sekitarnya membuat betah siapaun yang mengunjunginya. Selamat berlibur, traveler, dan buanglah sampah pada tempatnya.

Monument pesut di samarinda

wisata di samarinda

Monumen Pesut Samarinda, adalah salah satu tempat yang banyak dikunjungi oleh warga sekitar. monumen ini melambangkan kota samarinda karena dahulu kala kota ini memiliki ikan yang begitu indah , yaitu ikan pesut, dan monumen ini sengaja dibuat untuk mengenang masa masa dimana ikan pesut tersebut yang masih berada di aliran sungai mahakam daerah samarinda.

Monumen ini berada di dekat kantor gubernur kaltim, dan dekat dengan gedung Bank Indonesia, yang terletak di jalan Gajah mada.Kegunaan yang dimiliki monumen ini sangatlah banyak, di dekat monumen ini terdapat sebuah taman dan lahan parkir, yang memungkinkan pengunjung untuk mampir bersantai sambil memandangi monumen ini, dan tak kalah menarik, di sekitar taman dekat monumen ini, banyak sekali pedagang kaki lima yang rapi berada di pinggir taman untuk menjajakan makanan&minumanya.

bisa dikatakan monumen ini adalah salah satu monumen penting yang harus dijaga keindahanya, agar orang orang semakin ramai mengunjunginya untuk mengabadikan momen bersama monumen yang dapat dibilang sangat fenomenal ini.

Untuk menikmati tempat wisata bagi orang samarinda maupun wisatawan dari luar kota, dapat singgah dan bersantai di sore hari yang menyejukan di taman dekat monumen bersejarah ini, wisatawan maupun warga lokal tidak perlu takut akan kehilangan kendaraanya, karena di daerah ini terdapat tukang parkir yang bersedia menjaga sepeda motor anda.

Puncak bukit biru

tempat wisata samarinda

para pengunjung di bukit biru samarinda

Puncak bukit biru, nama yang tidak asing dikalangan pecinta alam, berlokasi di desa Sumber Sari Kecamatan Loa Kulu, Kutai Kartanegara. Puncak Bukit biru memang sudah sejak lama dikenal sebagai salah satu tujuan wisata alam terutama bagi kalangan muda.

Beberapa komunitas juga pernah menjelajah hingga ke puncak bukit. Sebut saja Komunitas Photografer Lensa Kukar. Salah satu daya tarik yang menjadi tujuan komunitas tersebut, yakni menikmati keindahan alam yang berada dibawahnya, seperti hamparan sawah – sawah yang luas.

Tidak hanya itu, Menyaksikan matahari terbit atau terbenam dari atas ketinggian menjadi magnet tersendiri bagi pengunjung di kawasan tersebut. Moment seperti inilah yang membuat puncak biru dikunjungi berbagai kalangan, yang tidak hanya berasal dari Tenggarong saja.

Untuk menuju lokasi, perjalanan hanya bisa dilakukan dengan berjalan kaki sejauh 1 kilometer. Namun perlu diingat, disisi kiri dan kanan saat akan naik ke puncak tidak akan ditemui pagar pengaman, karena itu disarankan untuk menggunakan pemandu yang sudah berpengalaman. Beberapa hal juga harus diperhatikan untuk keamanan selama menempuh perjalanan hingga sampai ke atas bukit.

Pertama, mempersiapkan kondisi fisik, mengingat jarak yang cukup jauh dan menanjak akan menjadi salah satu pemicu kelelahan, Kedua, mempersiapkan bekal seperti minuman pengganti cairan, obat-obatan berupa balsem dan sebagainya, Ketiga, membawa alat komunikasi untuk melakukan kontak jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, dan terakhir, berkoordinasi serta memberitahukan kedatangan kepada warga sekitar.

Perlu diketahui, Desa Sumber Sari telah diresmikan sebagai kawasan wisata alam dan edukasi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar Edi Damansyah, pada 10 Januari 2015 lalu. Kawasan ini dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata Desa Sumber Sari, berbagai paket wisata pun ditawarkan dengan harga murah.

Wisata pulau beras basah

tempat wisata di samarinda1

Pantai Beras Basah adalah pantai yang terletak di Selat Makassar bagian Timur namun memasuki kawasan wilayah Kalimantan Timur bisa di bilang Kota Bontang. Nama pantai Beras Basah berasal dari kata “Beras” dan “Basah”. Menurut cerita penduduk setempat zaman dahulu ada sebuah Kapal yang membawa bahan makanan termasuk beras. Kapal tersebut tiba-tiba saja karam namun tidak semuanya tergenang air.

Bawaan kapal yang sebagian besar adalah beras yang tidak tenggelam, melainkan muncul sebagian seperti gundukan. Lama – kelamaan gundukan yang tedapat dari bawaan kapal  tersebut berubah menjadi pulau yang berpasir putih seperti beras yang selalu basah karena dikelilingi oleh lautan.

Untuk dapat mengakses ke Pantai Beras basah pengunjung harus naik kapal atau Speed-Boat. Akses yang paling cepat dan mudah ke Pantai Beras Basah ini adalah melalui dermaga Badak NGL dengan menggunakan Speed-Boat dan memakan waktu sekitar 15 menit. Adapun akses lain yang dapat digunakan pengunjung untuk pergi ke pantai beras basah adalah Dermaga Tanjung Limau dan Dermaga Tanjung Laut. Dari sini kita bisa naik Kapal kecil bermesin dan perjalanan memakan waktu sekitar 1 jam. Untuk biaya penyeberangan satu kapal dikenakan biaya Rp 400 – Rp 600 ribu rupiah tergantung berapa banyak penumpangnya untuk pulang dan perginya. Untuk menyiasatinya kalau mau menyeberang bergabunglah dengan teman-teman yang lain agar ongkos penyeberangannya lebih murah.

ketika sampai di Pantai wisatawan akan melihat indahnya hamparan pasir putih dan juga banyaknya  pohon-pohon kelapa dan menjadi lokasi berteduh para wisatawan untuk menghilangkan penak setelah bermain pasir ataupun berjalan-jalan di pinggir pantai sembaring mencari kerang, ikan-ikan kecil dan juga bintang laut atau bulu babi. Dan juga wisatawan yang tidak membawa bekal atau makanan ringan tidak perlu khawatir karena disini banyak makanan yang dijual dan harganya pas dikatong untuk anak indonesia misalnya nasi campur seporsinya hanya Rp 20.000,- dan Bakso hanya Rp 15.000,- dan berikut beberapa hal yang patut dicoba di Pantai Beras Basah ini

Taman wisata lembah hijau

lembah hijau samarinda

Taman Rekreasi Lembah Hijau merupakan salah satu tempat wisata samarinda yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Obyek wisata ini adalah perpaduan antara wisata alam dan tempat outbound dengan berbagai sajian atraksi yang disediakan. Tak kalah dengan berbagai obyek wisata terkenal lainnya di kota Samarinda, Taman Rekreasi Lembah Hijau Samarinda ini juga mampu menarik perhatian berbagai wisatawan yang datang ke kota ini.

Letak  atau tempat Taman Rekreasi Lembah Hijau ini bersebelahan dengan taman rekreasi Kebun Raya Unmul Samarinda. Jika di taman rekreasi Kebun Raya Unmul dapat melihat berbagai jenis tanaman yang langka dan tanaman indah lainya, maka di Taman Rekreasi Lembah Hijau dapat dilihat berbagai jenis replika tanaman tersebut. Bagi yang hobi memancing bisa menghabiskan waktu untuk memancing di tempat sejuk ini karena di tempat ini juga tersedia kolam pancing.

Fasilitas

Tersedia pula tempat camping ground dimana para wisatawan biasanya berkemah di sini pada akhir pekan. Jadi tidak mengherankan jika pada akhir pekan ataupun pada hari libur lainnya, obyek wisata yang satu ini ramai pengunjung. Tak perlu repot-repot membawa peralatan kemah karena di sini sudah tersedia tempat penyewaan tenda dan perlengkapan lainnya.

Di kawasan obyek wisata ini juga menyediakan fasilitas outbond. Berbagai wahana permainan yang lain juga bisa dinikmati oleh para pengunjung di sini, seperti waterboom, flying fox dan beraneka macam wahana permainan lainnya. Untuk wisatawan yang berkunjung bersama keluarga, tersedia tempat bermain bagi anak-anak.

Fasilitas lain yang tersedia di tempat ini adalah pendopo yang bisa digunakan sebagai tempat pertemuan dan kafetaria yang menyediakan berbagai makanan dan minuman lezat. Pastinya seru kan menikmati berbagai jenis atraksi wisata di kawasan yang hijau dan segar? jadi, jangan lupa singgah ke Taman Rekreasi Lembah Hijau saat berkunjung ke kota Samarinda.

Biaya tiket masuk wisata taman wisata lembah hijau

Rp 5.000 per orang, paket outbond rp. 180.000 per orang.

Kebun raya di samarinda

kebun raya samarinda

ketika anda berwisata  ke kota samarinda, belum lengkap rasanya kalau tidak mampir ke kebun raya samarinda yang terletak di sebelah utara dari pusat kota samarinda, kalau Jarak antara kota samarinda menuju kebun raya samarinda ini diperkirakan 20km dan dapat di tempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat dengan memakan waktu sekitar 30 menit dari pusat kota samarinda. Di dalam kebun raya samarinda ini terdapat banyak objek wisata yang dapat anda kunjungi sepeti , panggung hiburan, kebun binatang, fasilitas olah raga dan perahu wisata, di sini juga terdapat sebuah atraksi danau alam.

Kebun raya ini juga memiliki potensi alam yang sangat baik, diantara beberapa keistimewaan tempat ini adalah memiliki Kebun binatang yang cukup luas dan menjadi kesenangan tersendiri bagi para pengunjung. tempat wisata di samarinda memang kalau di jelajahi tidak ada habisnya.contohnya kebun raya samarinda yang biasa disebut kebun raya unmul yang memiliki flora dan fauna didalam kebun raya samarinda ini memiliki keunikan tersendiri seperti adanya beberapa ekor orang utang yang sengaja di lepas dan sebagian memiliki ukuran hampir sebesar manusia dewasa, jadi para pengunjung kebun binatang ini dapat langsung berinteraksi langsung dengan hewan yang ramah tersebut.

Kolam renang di samarinda

Kolam renang bumi sembaja

kolam renang di samarinda

Kolam renang ini sangat cocok dikunjungi bersama teman/sahabat dan keluarga tercinta. Selain lokasinya yang masih berada di kawasan kota Samarinda, di kolam renang ini juga terdapat wahana adventure yang sudah terjamin keamanannya.

Fasilitas yang disediakan di kolam renang tersebut sangat lengkap. Ada kolam renang untuk dewasa, kolam renang anak yang dilengkapi dengan permainan, kamar ganti yang bersih, loker, dan cafe.

Tiket masuk ke kolam renang ini cukup terjangkau. Anak berusia 0-3 tahun bebas biaya masuk. Pada hari biasa dikenakan tarif dua puluh lima ribu rupiah per orang (dewasa dan anak-anak). Untuk weekend dan hari libur nasional cukup merogoh gocek tiga puluh ribu rupiah per orang.

CitraLand city

kolam renang di samarinda1

kolam renang ini merupakan masterpiece persembahan ciputra Group, developer terkemuka dengan berbagai proyek properti di Indonesia dan mancanegara. Selamlebih dari 30 tahun, Ciputra Group telah membangun reputasi unggul dalam pengembangan propertiyang berkualitas dalam infrastruktur, bangunan dan pelayanan pelanggan.

Dr. HC. Ir. Ciputra, pendiri Ciputra Group yang telah berkarya lebih dari 30 tahun, dianggap sebagai Begawan dalam dunia property Indonesia, beliau juga merupakan pendiri dari grup developer raksasa lain seperti Metropolitan Group dan Jaya Group. Dr. HC. Ir. Ciputra adalah seorang tokoh entrepreneurship nasional yang berkomitmen menciptakan generasi entrepreneur melalui sekolah dan universitas yang didirikannya.

Setelah sukses dengan penjualan tahp pertama seluas 33 hektar, kini CitraLand City Samarinda menghadirkan masterplan tahap II dengan konsep “A New Dimension of Living” seluas 60 hektare. Privasi dan keamanan penghuni semakin sempurna dengan adanya jaringan utilitas bawah tanah, system keamanan 24 jam serta fasilitas penghuni berupa Electronic Access Card pribadi, Security System & Alarm System dan CCTV, yang menjamin keamanan rumah dan privasi keluarga Anda. Komitmen jangka panjang Ciputra Group akan memastikan pengembangan berjalan kontinu dalam skala yang lebih besar, sekaligus memberikan peningkatan kualitas gaya hidup dan investasi bagi Anda yang menjadi bagian di dalamnya.

Temui The Symphony of Park,ini luasnya kurang lebih 5 hektar yang membatasi site CitraLand City Samarinda sepanjang 1 km dan menjadi jantung kawasan untuk menghadirkan A New Dimension of Happiness.  Konsep Symphony of Park menggabungkan dimensi Leisure, Healthy Living dan Lifestyle menjadi sebuah harmoni, bagaikan gubahan simfoni yang selaras. demi mewujudkan Inner Personal Happiness penghuni tersebu, taman ini didesain untuk mensinergikan aspek Mind, Body & Soul melalui 3 tema taman yang selaras : Garden of Love, garden of Sound , dan Garden of Vigor . untuk ending – dimensi celebration of life, hadir Garden of Bliss, terdiri atas CitraLand Waterpark, Ballerina Lake dan Promenade of Joy.

Sebagai komitmen Ciputra Group untuk menciptakan hunian prestisius yang lengkap dan hidup, CitraLand City Samarinda menghadirkan Sekolah Citra Kasih dan Sparkling Taste @ I-Walk. Kehadiran sekolah swasta terbaik dan konsep baru kuliner ini akan semakin menaikkan image kawasan, sekaligus nilai investasi property Anda.

Sekolah Citra Kasih menempati site seluas 8.000m2, menawarkan pendidikan nasional plus berkualitas dengan spirit 21st century education & entrepreneurship, mulai jenjang TK, SD, SMP dan SMA. Sekolah Citra Kasih ini merupakan sekolah yang dikelola langsung oleh Ciputra Group.

CitraLand City ini memiliki lokasi yang sangat strategis di Jalan D.I. Panjaitan, merupakan jalur utama kota Samarinda. Lokasi bisa ditempuh dengan waktu hanya 10 menit dari pusat kota dan 25 menit dari bandara baru Samarinda

Tempat nongkrong di samarinda

Republik Coffee

tempat nongkrong di samarinda

Coffee shop kini tak sekadar menjadi tempat minum kopi, namun sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Bersantai, menikmati waktu istirahat, hingga menyelesaikan pekerjaan sambil minum kopi mulai menjadi keseharian banyak orang.

Untuk menunjang kebutuhan itu, coffee shop berusaha menampilkan beragam jenis seduhan dan campuran kopi. Tak hanya disajikan panas, kopi dingin pun sudah banyak bermunculan. Metodenya pun beragam.

Di Samarinda, Kalimantan Timur, ada satu jenis penyajian kopi yang paling banyak diminati para penikmat kopi. Metode tersebut dinamai cold drip. Pengusaha kedai Republik Coffee, Nugraha Kris, mengatakan kini cara pembuatan kopi tidak itu-itu saja. Kalau dulu kopi hanya dikenal dengan kopi tubruk, sekarang tidak lagi.

Ada metode ice coffee atau kopi panas biasa yang kemudian dicampur es. Ada juga metode cold brew atau kopi yang diseduh dengan air bersuhu kamar. Namun yang kini paling banyak dicari adalah cold drip.

tempat nongkrong di samarinda1

Tempat menemukan kopi (cold drip)

“Cold drip itu seduhan kopi dingin. Metode cold drip punya alat khusus yang eksklusif dan berbeda dari metode kopi manapun. Prinsipnya adalah memaksimalkan lelehan es untuk mendapatkan ekstrak kopi,”

Alat yang gunakan pun khusus memiliki tiga tabung yang disusun vertikal. Tabung paling atas diisi es, tabung kedua berisi bubuk kopi, dan tabung paling bawah merupakan tempat untuk menampung hasil ekstraksi kopi.

kopi yang dihasilkan bisa dibilang istimewa. Acidity atau tingkat keasaman rendah, tidak kental namun cita rasa dan aroma kopi lebih menonjol, dan tentu saja aman bagi pencernaan. “Prinsip yang ditekankan cold drip sebenarnya lebih ke arah bagaimana menciptakan rasa kopi yang dapat dinikmati pada musim panas. Sangat cocok di daerah tropis seperti Indonesia,”

“Cold drip is the best. Sebelumnya banyak orang yang  belum pernah mencoba kopi dingin, lalu dapat rekomendasi dari teman ke teman. Ternyata sangat enak di perut, cukup kaget bagi pemula seperti saya. Rasanya enak dan cara penyajiannya sangat menarik,”. Meski baru terdengar di Indonesia, metode cold drip ditemukan di Kyoto, Jepang pada abad ke-16. Hanya saja, para petualang kopi yang baru mengetahui dan menikmati kopi dengan metode ini.

Jika ingin mencoba seduhan kopi dengan metode cold drip di Samarinda, silahkan kunjungi Republik Coffee di kompleks Stadion Segiri, Jalan Kesuma Bangsa. Hanya cafe ini yang menyajikan cold drip di Samarinda mulai pagi hingga malam hari.

Warung Kopi Pelabuhan (Warkop Koh Abun)

tempat nongkrong di samarinda2

Maraknya coffee shop di Samarinda ternyata tak membuat warung kopi yang sudah berdiri puluhan tahun ditinggalkan pelanggan setianya. Berjalan-jalan ke daerah Pelabuhan Samarinda, tentunya banyak warung kopi dan warung makan yang sudah lama berdiri di daerah tersebut

Salah satunya “Warkop Pelabuhan” atau para penggemarnya biasa menyebut Kopi Ko Abun. Ruko tua, dengan cat yang sudah memudar dan dibagian depan nampak dipenuhi beberapa pengunjung yang asyik bermain kartu ditemani secangkir kopi hitam. Tak beda dengan bagian luar, bagian dalam juga dipenuhi dengan pelanggan tetap yang asyik berbincang bersama teman atau dengan rekan bisnisnya.

Dengan menjaga ciri khas penyajian dan cita rasa yang tidak pernah berubah membuat warung kopi ini tidak pernah sepi dari pengunjung setianya.

Warkop Ko Abun mempunyai ciri khas tersendiri dalam menyajikan kopi, dengan menggunakan saringan kain lalu meyeduhkan kopi kedalam ceret tinggi sebeluam dituang kedalam gelas kopi.

Kopi yang disajikan disini adalah jenis Robusta, biji kopi tersebut didatangkan langsung dari Jawa Timur dan cara pengolahannya melalui proses roasting (menyangrai) lalu menggiling hingga jadi bubuk kopi

Warung Kopi Pelabuhan ini buka dari pukul 06.00 WIT hingga 18.00 WIT, dari buka hingga tutup pelanggan silih berganti. Menu yang disajikan bukan hanya kopi hitam tapi juga kopi susu, roti bakar, telur setengah matang, dan teh susu.

Nah jika kalian adalah pecinta  kopi sejati , kami merekomendasikan  warkop Pelabuhan yang memiliki segudang cita rasa dan keunikan tersendiri.

Salmont coffee expert

tempat nongkrong di samarinda3

Perkembangan coffee shop dan kedai kopi di Samarinda sedang ramai-ramainya, mulai dari warung kopi, kedai kopi kecil, coffee shop kecil sampai coffee shop besar. Ini mungkin dipicu oleh faktor perkembangan kopi itu sendiri yang kini sudah memasuki gelombang ketiga. kali ini saya akan sedikit mereview coffee shop baru yang ada di Kota Samarinda. Coffee shop itu bernama Salmont Coffee Expert.

Salmont Coffee Expert. Coffee shop baru ini berada di tengah Kota Samarinda yang letaknya cukup dekat dengan salah satu Mall di Samarinda. Berada tepat di Jalan Cempedak (Komplek Vorvo) Samarinda, Salmont Coffee Shop berdiri tegak di deretan ruko yang bersebelahan dengan tempat bermain dan belajar untuk anak dan berseberangan dengan lapangan volly yang cukup ramai digunakan klub volly di Kota Samarinda.

Interior yang di tawarkan coffee shop ini cukup memanjakan mata apalagi buat yang suka foto atau yang suka upload ke sosmed tempat ini cocok banget buat anak remaja sekarang apalagi di lantai 2 coffee shop ini tersedia smoking area buat cowok-cowok yang ngrokok.

Nama salmont diambil dari nama ikan salmon yang berpergian melawan arus dari laut menuju sungai untuk bertelur yang artinya mereka ingin salmont coffe expert menjadi coffe shop yang beda dengan coffee shop yang pernah ada sebelumnya di kota samarinda.

Jadi buat kalian yang mau ngumpul nongkrong atau nge-date bareng atau sama pacanya bisa deh datang kesini.dijamin waktu ngumpul bareng sama pacar atau sahabat jadi lebih betah karena interior yang di suguhkan buat kita waktu ngopi jadi semakin lebih lama.

Itulah beberapa referensi tempat wisata di samarinda yang dan tempat nongkrong asyik dan seru untuk dikunjungi. Tentu pastinya masih ada banyak tempat wisata  yang lain di samarinda yang menarik untuk dijadikan destinasi liburan anda bersama keluarga, teman, dan orang – orang terdekat anda.

Wisata alam yang disajikan di setiap tempat wisata di samarinda memiliki daya tarik yang menarik setiap mata yang memandang tetapi juga minat untuk berkunjung. Tempat Wisata manakah yang akan menjadi destinasi wisata anda?