Tempat Wisata Kota Semarang Terbaru Dan Paling Keren Terhits 2018

Semarang mempunyai daya tarik wisata yang kuat untuk kita kunjungi para wisatawan. Status kota ini sebagai ibukota provinsi merupakan nilai tambahan yang dimilikinya. tapi terlepas dari hal tersebut, Semarang memang kaya akan destinasi wisata yang menarik mulai dari wisata budaya, wisata alam, wisata buatan, hingga wisata kuliner. Banyak ragam wisata tersaji yang ada disana lengkap dengan macam macam fasilitasnya. tidak heran kalau Semarang memiliki banyak wisata yang sangat lengkap, faktor lainnya yang mendukung hal tersebut adalah karena topografi wisata kota semarang yang bisa dibilang sangat lengkap, mempunyai garis pantai sampai daerah wilayah perbukitan.

Wisata Semarang Yang Sangat Terkenal

  • Masjid Agung Jawa Tengah

wisata kota semarang

Di setiap kota tentu saja memiliki alun-alun dan juga terdapat masjid agung, tapi berbeda dengan kota Semarang merupakan Ibukota dari Provnsi Jawa Tengah. Masjid inipun mempunyai keistimewaan yang tersendiri salah satunya adalah mempunyai Museum Perkembangan Islam Jawa Tengah yang berada di Tower Asmaul Husna yang terletak di lantai 2 dan 3. Lalu masih berhubungan di Tower Asmaul Husna tepatnya pada lantai 18 ada sebuah resto dengan pemandangan terbaik di Koa Semarang. Selain itu juga masih satu kompleks Masjid Agung Jawa Tengah ada sebuah Hotel Graha Agung yaitu berada di sisi utara. Jadi tidak hanya untuk beribadah, Masjid Agung Jawa Tengah memang sangat didukung dengan berbagai macam fasilitas untuk ber wisata. Dengan ukuran luas yang lebih dari 7.500 meter persegi, masjid ini sanggup menampung sekitar 16.000 orang jamaah. Jika berwisata ke Semarang maka anda harus menyempatkan waktu untuk mampir di destinasi wisata kota Semarang yang satu ini.

  • Lawang Sewu

obyek wisata semarang

Ini dia  ikon wisata kota semarang yang berbau sejarah, namanya pun sudah terkenal apalagi jika bukan tempat wisata Lawang Sewu. Lawang Sewu adalah salah satu objek wisata yang berada di Semarang bandungan yang namanya sudah sangat terkenal kemana-mana. Tempat wisata yang satu ini adalah salah satu gedung yang bersejarah di Kota Semarang yang berdiri pada tahun 1904 dan dibangun  oleh Belanda. Gedung ini yang dulunya adalah gedung yang dipakai untuk kantor perusahaan kereta api Belanda. Lalu  setelah kemerdekaan digunakan untuk kantor Djawatan Kereta Api Republik Indonesia (DKARI) atau yang saat ini kita mengenalnya dengan nama PT Kereta Api Indonesia. Selanjutnya masih ada lagi sejarah dari penggunaan gedung ini setelahnya. Seperti namanya ‘Lawang Sewu’ yang mempunyai arti dari pintu seribu, bangunan ini memang sangat unik dengan memiliki banyak sekali pintu dan jendela meskipun jumlahnya tidak sampai seribu. Mendatangi gedung bersejarah yang satu ini selain untuk menambahkan wawasan juga bisa untuk anda jadikan kesempatan memotret foto yang sangat menarik. Banyak orang yang mengambil foto dari gedung ini dan tentu memang sudah banyak terbukti hasilnya sangatlah bagus hasilnya, selain dari bakat si tukang foto gedung ini memang mempunyai view yang sangat unik dari arsitektunya yang sangat khas. Yang lebih menarik dari  gedung ini ditambah oleh suasana horor atau mistisnya. Anda yang gemar menguji adrenalin bisa mencoba dengan mengelilingi berbagai sudut dari gedung ini. Hanya dengan mengeluarkan uang  10.000 rupiah anda dapat menikmati bermacam macam  sensasi di dalam obyek wisata di semarang yang satu ini.

  • Pagoda Buddhagaya Watugong

objek wisata di semarang

Vihara Buddhagaya Watugong adalah salah satu wisata kota semarang dan tempat untuk ibadah di kota Semarang yang juga bisa dijadikan untuk destinasi objek wisata kota Semarang. Vihara ini memang baru diresmikan pada tahun 2006 lalu tapi sudah banyak yang menarik minat para wisatawan. Selain dilihat dari bangunannya yang bagus, unik, dan juga beragam, vihara ini juga sudah dinyatakan untuk pagoda tertinggi di Indonesia oleh MURI. Tempat wisata yang ada di Semarang ini adalah kompleks yang luas dan mempunyai banyak bangunan. Salah satu tempat yang sangat terkenal di vihara ini adalah Pagoda Avalokitesvara atau yang biasa disebut juga dengan Pagoda Metakaruna. Nama ini mempunyai arti dari pagoda cita dan penuh kasih sayang. Menurut yang kita tau dari sejarahnya pagoda ini berdiri untuk menghormati Dewi Kwan Sie Im Po Sat oleh orang Budha dan dipercaya untuk dewi kasih sayang. Bukan hanya pagoda-pagodanya yang sangat menarik yang bisa membuat wisata daerah semarang ini patut untuk kita kunjungi.

  • Sam Poo Kong

destinasi wisata semarang

Klenteng Sam Poo Kong tempat wisata di semarang dan sekitarnya juga dapat menjadi salah satu pilihan wisata Kota Semarang yang harus untuk kita kunjungi, apalagi untuk kalian yang memang gemar wisata bangunan atau gedung. Klenteng ini mempenyuai beberapa anjungan dengan bangunan untuk ibadah atau pemujaan utama adalah  gua Sam Po Kong dan juga Klenteng Besar, Kyai Jangkar, Klenteng Tho Tee Kong, Kyai Cundrik Bumi dan juga mbah Kyai Tumpeng. Sejarahnya, tempat ini untuk pendaratan dan juga untuk tempat singgah pertama Zheng He atau Cheng Ho, dia adalah seorang Laksamana yang ber agama Islam.

  • Pasar Johar Semarang

wisata semarang terbaru

wisata di kota semarang belanja Semarang bisa juga anda nikmati di Pasar Johar Semarang jadi tidak hanya di simpang lima saja. Di pasar johar ini tersedia banyak macam produk dan tentu  juga tepat untuk di jadikan daftar tempat wisata belanja untuk membeli oleh-oleh keluarga dan untuk kerabat di rumah. Pasar ini adalah pasar yang memiliki dua lantai dan untuk salah satu pusat ekonomi bagi warga Semarang. Anda akan memperoleh berbagai macam barang yang berkualitas dengan harga yang murah asalkan andai pandai untuk menawar.

  • Simpang Lima

hotel semarang murah

Nah, objek wisata semarang untuk wisata yang satu ini tentu tak boleh anda lewatkan saat anda sedang mengunjungi kota Semarang. Simpang Lima juga menjadi tempat wisata kota Semarang dan telah banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Tempat ini adalah salah satu spot foto yang dapat anda ambil pada saat anda kota mengunjungi Semarang. Dapat menjadi pilihan untuk tempat wisata daerah semarang psds malam hari. Selain itu di Simpang Lima juga terkenal mempunyai pusat perbelanjaan yang paling lengkap yang ada di Semarang. Disekitar Simpang Lima ada banyak pusat perbelanjaan besar seperti contohnya Ramayana, Simpang Lima, , juga Matahari Mall dan lainnya. Kalau anda pergi kesana pada saat hari libur maka anda akan bertemu pusat jualan rakyat dengan ber aneka ragam barang yang dijual, bagus dan murah tentunya.

Tempat Rekreasi Di Semarang Terbaru

  • Taman Rekreasi Wonderia

objek wisata semarang

Ada lagi tempat wisata kota semarang  untuk wisata di Kabupaten Semarang yang dapat anda masukan ke dalam daftar  anda yaitu adalah wisata taman rekreasi Wonderia. Taman ini adalah salah satu dalam objek wisata yang ada di Semarang favorit dengan berbagai macam permainan yang tersedia dan fasilitas. Di taman rekreasi wonderia ada banyak sekali permainan seperti super rally, Merry Go Round, Kiddy Boat, Boom Boom Car, Typhoon Coaster,  Spae Gyro, dan masih banyak lagi. Arena untuk bermain ini tentu saja akan menjadi tempat bermain yang disukai oleh anak-anak dengan permainan-permainannya yang seru dan mengasikan. Untuk anda yang menyukai arena uji nyali juga tersedia Ghost House atau biasa disebut dengan rumah hantu. Untuk menemani anak anda tak akan bosan karena anda pun dapat ikut bermain dan menikmati berbagai wahana permainannya. Masih banyak lagi wahana untuk bermain yang seru dan wahana lainnya yang ditawarkan oleh Wonderia. Anda akan semakin merasakan nyaman dengan suasana lingkungan wisata yang sejuk dan rindang, dan tentu juga keamanan saat bermain akan terjamin. Anda juga tidak perlu khawatir untuk memboyong keluarga besar karena untuk tiket masuk ke tempat ini anda hanya perlu mengeluarkan uang  sebesar 5.000 untuk per orang.

  • Kampoeng Wisata Taman Lele

tempat wisata di semarang dan sekitarnya

Untuk kalian yang sedang mencari tempat wisata hotel semarang murah di kota semarang jadi anda bisa berkunjung ke Kampoeng Wisata Taman Lele. Tempat wisata yang berada di Semarang ini sangat cocok untuk tempat menghabiskan waktu liburan anda bersama dengan keluarga. Tempat wisata ini memiliki luas 2 hektar dengan berbagai macam fasilitasnya akan semakin menunjang untuk kegiatan wisata anda bersama dengan keluarga. Banyak sekali fasilitas yang tersedia di wisata ini diantaranta yaitu danau buatan,  kolam renang, kebun binatang kecil, taman bermain anak, gazebo, penginapan, tempat pertunjukan, dan masih banyak lagi yang lainnya. dengan hsnya membayar tiket masuk 2.000 rupiah pada hari biasa dan 3.500 di akhir pekan jadi anda dapat mengajak keluarga besar anda tanpa takut akan kekurangan budget.

  • Terjun Kali Pancur

wisata alam di semarang

Wisata alam di semarang juga memiliki wisata untuk air terjun. Salah satu dari air terjun yang bisa kita nikmati untuk keindahannya di Semarang adalah air terjun Kali Pancur. Biasa disebut dengan air terjun Kali Pancur adalah wisata di Semarang yang berupa air terjun yang paling terkenal keindahannya di semarang. Air terjun ini mempunyai tinggi sekitar 150 meter, pemandangan yang indah dilengkapi dengan bebatuan alam dengan pepohonan yang hijau dan segar  saat dipandang mata. Agar dapat menikmati keindahan dari air terjun ini anda harus berjuang untuk meniti anak tangga yang jumlahnya sekitar  kurang lebih 900. Jadi anda harus siapkan fisik jika memilih tempat wisata di Semarang yang satu ini. Untuk lokasi wisata yang satu ini selain menjadi favorit para wisatawan tapi juga menjadi tempat favorit untuk para pecinta alam yang gemar dengan panjat tebing. Untuk aktivitas panjat tebing ini Air mungkin bisa anda temui disana. Atau anda sangat gemar dengan kegiatan yang satu ini? Jadi cobalah untuk panjat tebing disana dan rasakan sensasinya.

Pantai Di Semarang Terpopuler

  • Pantai Tirang

wisata di kota semarang

Pantai Tirang juga tidak kalah menarik dari minat para wisatawan yang berkunjung ke kota Semarang. Jika anda mengunjungi pantai Maron maka anda sangat bisa untuk sekalian mampir ke Pantai Tirang karena di pantai ini bersebelahan dengan Pantai Maron. Untuk mengunjungi pantai ini anda dapat melihat aktivitas para nelayan yang membudidayakan rumput laut. Mengajak anak untuk pergi ke pantai ini juga bisa menjadi pilihan yang sangat tepat karena anda dapat mengajak anak ke wisata alam sekaligus untuk mengenalkannya pada berbagai macam kegiatan nelayan yang khususnya dalam membudidayakan tanaman rumput laut. Disana kita juga dapat menjumpai pohon mangrove dan juga batu batu terumbu karang, juga dapat melihat sunset yang sangat indah. Ombaknya juga tidak terlalu besar jika cuaca semakin mendukung kegiatan wisata apalagi wisata keluarga. Anda akan menemui berbagai sisi keeksotisan dari pantai tirang ini, bisa juga anda pilih untuk pilihan tempat wisata sekitar semarang romantis untuk berlibura bersama pasangan.

  • Pantai Marina

wisata kota semarang

Selanjutnya ini ada Pantai bernama Marina. Sangat unik kan namanya? Pantai ini adalah salah satu pantai yang eksotis di kota Semarang. Jika anda sedang berkunjung tempat wisata Semarang ini pada saat musim hujan jadi  di sisi utara agak ke timur anda akan melihat penampakan air laut disini berwarna kecoklatan. Hal itu terjadi karena pada sisi timur pantai ini adalah tempat bermuaranya sungai banjir kanal barat. Pantai Marina tergolong pantai yang kecil dan juga letaknya ada di sekitar kawasan di perumahan. Tapi pemandangannya tidak akan mengecewakan anda termasuk pemandangan saat matahari tenggelamnya. Anda yang menyukai pemandangan matahari tenggelam jadi anda dapat memilih pantai yang satu ini saat anda mengunjungi kota Semarang.

  • Pantai Maron

obyek wisata semarang

Semarang memang mempunyai banyak wisata semarang terbaru wisata alam yang lengkap dari mulai dengan wisata buatan, wisata pegunungan, dan juga pantainya. Pantai Maron adalah salah satu daftar wisata di Semarang yang juga menawarkan pemandangan keindahan panorama pantainya. Pantai ini sangat sering didatangi oleh para wisatawan yang khususnya pada akhir pekan atau pada saat libur. Untuk menenangkan diri di pantai memang menjadi salah satu pilihan untuk sebagian orang dan pantai Maron adalah salah satu pilihan yang cocok bila anda kebetulan kota yang anda kunjungi adalah Semarang. Pantai ini memiliki keunikan lain yaitu cerita-cerita asal nama yang disimpannya. Saya kurang tau atau masih merasa bingung mana yang memang benar namun ada cerita yang mencerirakan kalau nama pantai ini berasal dari sejarah warna merah maron khas baret penerbad karena konon katanya dulu pantai ini masih mejadi milik penerbangan TNI Angkatan darat (Penerbad). Cerita yang lain menyebutkan jika nama maron adalah singkatan dari kata Marina Kulon. Tapi untuk memastikan coba saja anda kunjungi pantai ini.

  • Candi Gedong Songo

objek wisata di semarang

Kalau  anda sedang mencari tempat untuk wisata Ungaran di Semarang jadi Candi Gedong Songo adalah salah satunya. Letak candi ini berada di lereng Gunung Ungaran yaitu yang mempunyai  ketinggian sekitar  kurang lebih 1.200 mdpl. Jadi selain candi megah yang bisa anda lihat ditempat ini, pemandangan untuk alam disana uga akan sangat memanjakan mata. Ada daerah untuk hutan pinus, dan juga wisata mata air yang mengandung belerang, dan masih banyak keindahan alam yang lainnya. Daerah wisata untuk candi ini dibangun pada abad ke-9 waktu Masehi. Dan diberi nama candi gedong songo.

  • Umbul Sidomukti

destinasi wisata semarang

Ini dia destinasi wisata semarang wisata Umbul Sidomukti Semarang yang masuk daftar salah satu wisata pegunungan di daerahSemarang. Tentu saja panorama alamnya yang sangat eksotis juga akan memanjakan mata anda. Selain itu yang menjadi salah satu daya tarik tempat ini adalah empat buah kolam yang bertingkat dan  air dalam kolam yang sangat jernih, ada dapat memilih kedalamannya yang sesuai dengan keinginan anda. Disana anda juga dapat menikmati rapelin, flying fox, marine brige, dan masih banyak wahana yang lainnya. Tempat wisata ini berada di lereng Gunung Ungaran yang memiliki ketinggian 1.200 mdpl tentu akan terbayang betapa sejuk dan indahnya suasana disana. Bermacam macam fasilitas pun terdapat disana jadi akan semakin mempermudah kegiatan travelling anda.

Tempat Wisata Kuliner di Semarang yang Wajib Dicoba

Berlibur ke daerah ibukota provinsi Jawa Tengah ini memang selalu menawarkan pengalaman yang mengesankan. Selain bisa mengunjungi beragam tempat tempat wisata, wisata untuk jelajah kuliner Semarang juga pasti menjadi rencana wajib yang harus Anda lakukan. Secara umum, pilihan kuliner Semarang kebanyakan masakan dari berbagai masakan khas Jawa. Untuk Anda yang sedang liburan di semarang dan yang ingin merasakan masakan kuliner tradisional di dalam balutan gemerlap kota semarang, berikut ini adalah ulasan rekomendasi tempat wisata kuliner Semarang yang wajib dicoba.

  • Java Noodle Pak Gareng

wisata semarang terbaru

Persiapan mie harus menjadi salah satu hidangan paling kuliner yang populer di berbagai lapisan masyarakat. Jika Anda ingin berburu mie di Semarang, kuliner Pak Gareng Bakmi Jawa ini adalah tempat makan yang sangat cocok. Bakmi Pak Gareng Jawa melayani pelanggan setia mereka setiap hari, tepat setelah matahari terbenam. Kuliner andalan kuliner Semarang adalah sajian mie dengan cita rasa khas Jawa. Variasi mi ini terdiri atas mie dan mi goreng. Selain mie andalannya, kuliner khas Semarang juga menawarkan menu nasi yang rumit. Nasi goreng olahan dicampur dengan sate dan sate ayam atau kambing, menu alternatif ini juga tidak kalah nikmat. Bakmi Jawa Pak Gareng terletak di Jalan Wotgandul Dalam no. 173, Gabahan, Semarang Tengah.

  • Mangut Welut Warung Bu Nasima

hotel semarang murah

Ikan sidat adalah salah satu jenis ikan yang memiliki daging paling enak. Ikan kaya nutrisi ini relatif mudah untuk diproses. Anda bisa menikmatinya dengan cara digoreng kering, bisa juga diolah menggunakan santan kental atau sering disebut mangut. Penyedia mangut yang paling terkenal di Semarang tentu saja adalah Warung Bu Nasima. Untuk membuktikan kelezatannya, Anda bisa bergegas ke Jalan Menoreh No. 10, Sampangan, Gajahmungkur. Racikan pedas pedas bumbu pedas, ditambah belut yang nikmat dan lembut saat dimakan, dijamin membuat keringat Anda mengalir deras. Juga mencicipi berbagai hidangan lainnya, seperti goreng belanak, ayam goreng, rempah-rempah indigo rujak, asem fermentasi, lele goreng, pedas keong pedas, bandeng goreng, mujair goreng, belanak goreng, tempe kering, dan oseng-oseng dan pepes. Wisata kuliner di Semarang siap melayani Anda dari Senin hingga Sabtu, mulai pukul 06.00 – 16.00 WIB.

  • Tahu Gimbal Pak Edy Gimbal

objek wisata semarang

Tahu Gimbal sudah terkenal objek wisata di semarang sebagai salah satu favorit kuliner di Semarang. Kunjungan Anda tentu tidak lengkap, jika Anda tidak menikmati olahan tahu yang dicampur dengan udang ini. Gimbal Tahu Pak Edy terletak di Jalan Menteri Supeno, Mugassari, Semarang Selatan. Tanda paling mudah adalah Family Planning Park (KB). Dapat dikatakan bahwa kawasan taman ini adalah pusat penjualan tahu gimbal di Semarang. Anda dapat menikmati kesenangan dari sore hingga malam hari. Tahu gimbal sendiri mengandung campuran irisan lontong, sayuran kubis, telur, tauge dan taburan bawang goreng bersama dengan biskuit. Dread Gimbal Pak Edy disajikan dengan bumbu kacang yang agak tipis dan banyak, sehingga kenikmatannya terasa merata. Jika Anda suka pedas, di tempat kuliner Semarang ini Anda juga bisa memesan tingkat pedasnya sesuai selera.

  • Lumpia Gang Lombok

tempat wisata di semarang dan sekitarnya

Semarang sangat identik obyek wisata semarang dengan lumpia. Bila Anda mampir di Semarang, pasti Anda akan berburu kuliner khas Semarang. Sebelum Anda membungkusnya untuk buah tangan keluarga dan teman, nikmati rasa pertama di Lumpia Siem Swie Kiem. Nama yang terkenal adalah Lumpia Gang Lombok, menurut lokasinya di Gang Lombok No. 1. 11, Kauman, Semarang Tengah. Wisata kuliner Semarang sangat dekat dengan Kuil Tay Kak Sie, jadi Anda tidak akan kesulitan menemukannya. Lumpia Gang Lombok berhasil mendapatkan tempat khusus di hati pecinta kuliner Semarang karena rasa rebung tidak terlalu dominan. Porsi juga cukup besar dan bisa dimakan bersama 2 orang sekaligus sehingga bisa lebih efisien. Meskipun buka dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore, Lumpia Gang Lombok dapat ditutup lebih cepat jika pelanggan datang berlimpah. Jangan kaget jika pesanan Anda harus antre hingga 1 jam, ya!

  • Warung Makan Asem-asem Koh Liem

Asem-asem adalah kuliner yang terbuat dari daging sapi potong dadu dengan saus berwarna coklat gelap. Menggunakan belimbing wuluh sebagai bahan utama, diproses dengan cabai untuk menghasilkan rasa asam dan pedas yang sangat menyegarkan. Kuliner Semarang adalah tempat terbaik untuk mencicipi rasa asem-asem yang segar, tentu saja di Warung Makan Koh Liem. Terletak di Jalan Karanganyar no. 28 / C4, Gabahan, Semarang Tengah, Warung Makan Asem-Asem Koh Liem siap melayani Anda setiap hari, mulai pukul 09.00 hingga 19.00 WIB. Selain melayani asem-asem, warung ini juga menawarkan banyak jenis kuliner lainnya, misalnya kikil lombok ijo, nasi langgi, dan ikan bandeng sarden yang sangat Indonesia. Ada juga pilihan menu khas Cina, seperti Cap Gomeh lontong, capcai, hingga daging babi olahan, udang, dan daging katak.

  • Waroeng Semawis

Wisata kuliner Semarang yang satu ini hanya buka pada malam hari saja. Antusiasme pecinta kuliner Semarang akan terlihat jelas ketika mereka memeriahkan Waroeng Semawis di malam akhir pekan. Tujuannya adalah untuk makan berbagai menu oriental dan nusantara yang ditawarkan di tempat-tempat kuliner di Semarang. Waroeng Semawis dapat ditemukan di Jalan Gang Warung no. 50, Kauman, Semarang Tengah. Pilihan makanan yang bisa Anda nikmati di sini termasuk nasi gudeg, nasi pindang, sate daging sapi, dan berbagai hidangan seafood. Adapun pilihannya minumannya, Anda bisa mencicipi wedang ronde dan aneka teh dengan berbagai merek tempo dulu.

  • Es Puter Cong Lik

wisata alam di semarang

Jpeg

Es Puter Cong Lik banyak sekali menyediakan pilihan rasa yang sangat enak, diantaranya adalah es puter cokelat, kopyor, leci, sirsak, kelengkeng, blewah, alpukat, kacang dan durian. Pilih saja sesuai selera Anda karena semua rasanya menawarkan tingkat kelezatan yang tidak berbeda.  es puter cong lik yang disajikan tidak kecil dan tidak terlalu besar, namun terlihat cukup padat dengan komposisi 1-2 scoop es krim biasanya. Untuk ukuran warung tenda yang tempatnya tidak terlalu besar, harga Es Puter Cong Lik relatif terjangkau, yakni sekitar Rp10-12 ribu. Penamaan Cong Lik sendiri berasal dari akronim “Kacung Cilik”. Dalam terjemahan bahasa Indonesia berarti “pembantu kecil”. Nama ini digunakan karena sang pemilik, Pak Sukimin, pernah menjadi pelayan orang Jepang semasa muda. Dia dikenal sebagai pekerja yang ulet dan lincah ketika berjualan es keliling kawasan Mataram dan Pecinan. Anda bisa menemukan Es Puter Cong Lik di Jalan K.H. Ahmad Dahlan A No.11, Karangkidul, Semarang Tengah.

Itulah beberapa rekomendasi wisata kota Semarang yang sangat terpopuler di tahun 2018. Semoga bermanfaat dan selamat liburan.