Tempat Wisata Religi Makam Wali Songo Di Tanah Jawa

Kebudayaan Makam Wali Songo yang berkembang ada di Pulau Jawa didominasikan oleh pengaruh agama Islam, walau sebagian budaya Hindu-Buddha masih bertahan. Wali Songo merupakan sembilan orang tokoh bersejarah yang ikut andil menyebarkan ajaran Islam di Pulau Jawa. Sembilan orang tersebut bukan hanya menyebarkan agama Islam, tetapi ikut juga aktif membangun kemajuan buat masyarakat setempat melalui bidang pendidikan seperti membaca dan menulis, seni budaya, dan penanaman kearifan lokal yang bersumber dari ajaran agama.

Setelah para wali songo meninggal dunia, masyarakat mengingat jasa para wali songo dengan cara membangun tempat pemakaman yang agung. Kegiatan keagamaan yang tampak dilihat adalah ikut mendoakan arwah para tokoh walisongo melalui kegiatan ziarah kubur. Pemakaman Wali Songo berkembang menjadi tempat wisata religi yang ramai dikunjungi oleh masyarakat dari berbagai penjuru Nusantara.

Makam Wali Songo berada di Pulau Jawa dan tersebar di tiga provinsi, yaitu Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat. Sebuah perjalanan tour wisata agama dengan tujuan berziarah ke makam Wali Songo biasanya dilakukan secara berurutan selama 7 hari mulai dari Jawa Timur sampai Jawa Barat.  Sesungguhnya berziarah ke makam para wali adalah hal yang baik, selain kita mengenal sejarah dan asal usul wali songo, kita juga mendapat ilmu pengetahuan dari hal tersebut.

  • Makam Sunan Ampel

makam wali songo

Makam Sunan Ampel yaitu berada di Kota Surabaya, Jawa Timur,indonesia, tepatnya di Jalan Nyamplungan. Salah satu tempat wisata religi ini ramai/banyak dikunjungi warga muslim karena lokasinya yang berada di tengah tengah kota . Makam Sunan Ampel berada dalam kawasan wisata budaya Surabaya

  • Makam Sunan Giri Dan Syekh Maulana Malik Ibrahim

sunan wali songo paling sakti

Kota Gresik memiliki keistimewaan memiliki dua makam anggota Wali Songo, yaitu Sunan Giri dan Syekh Maulana Malik Ibrahim (Sunan Gresik). Tempat Makam Sunan Giri tersebut terletak di sebuah puncak diwilayah Kebomas, sedangkan jika makam Syekh Maulana Malik Ibrahim tempatnya tidak terlalu jauh dari arah alun-alun Kota Gresik, Jawa Timur. Keduanya menjadi daya tarik wisata di Kota Gresik sehingga wisata kuliner Gresik ikut dikenal masyarakat luas

  • Makam Sunan Drajat Dan Syekh Maulana Malik Ibrahim

nama asli wali songo

Sunan Drajat menyiarkan agama Islam di sekitar wilayah Lamongan. Setelah beliau meninggal, Sunan Drajat dimakamkan di daerah Paciran, Lamongan, Jawa Timur. Tempat wisata di Lamongan tersebut berada pada bukit dengan dikelilingi pepohonan yang luas. Untuk mengenal sejarah-sejarah walidan beberapa budaya bagi dunia pendidikan, telah dibangun sebuah museum Sunan Drajat di sekitar makam Sunan Drajat yang dapat Anda kunjungi secara gratis.

  • Makam Sunan Bonang

nama wali songo dan gambarnya

Sebenarnya terdapat beberapa versi cerita mengenai sejarah makam Sunan Bonang. Ada yang mengatakan Sunan Bonang dimakamkan di 3 lokasi, yaitu Rembang, Tuban, dan Pulau Bawean. Namun sebagian besar para ulama dan beberapa ahli sejarah menyatakan bahwa makam asli Sunan Bonang tepatnya memang berada di kota Tuban, Jawa Timur. Makam tersebut terletak di sebelah barat Masjid Agung Tuban, yang lebih tepatnya di salah satu sisi alun-alun Kota Tuban saat ini.

  • Makam Sunan Kudus

sejarah wali songo lengkap

Berikut menjelaskan tentang makam Sunan Kudus yang terletak diKota Kudus, Jawa Tengah. Letak lokasinya makam Sunan Kusdus sangat tidak jauh dengan tempat atau  lokasi masjid Kudus yang terkenal memiliki menara yang sama mirip dengan bangunan candi Hindu. Makamnya terletak disebuah atau daerah dataran yang sangat rendah sehingga lokasi tempatnya sangat mudah dijangkau para wisatawan yang ingin mendoakan. Salah satu tempat wisata di Jawa Tengah ini ramai dikunjungi wisatawan melalui paket wisata Wali Songo.

  • Makam Sunan Muria

ziarah wali songo

Puncak gunung muria itu terletak tepat pada makam Sunan Muria. Sebagian besar literatur menyatakan bahwa makam sunan muria berada pada kawasan Jepara. Ketika anda telah sampai pada objek wisata yang terdapat dijawa tengah tersebut, para wisatawan harus menguji fisik atau mental untuk melalui jalur pendaki yang sngat terjal menuju lokasi makam.

  • Makam Sunan Kalijaga

wali songo dan nama aslinya

Kota Demak bukan hanya terkenal dalam bidang sejarah budaya karena pernah berdiri Kerajaan Islam Demak. Dalam bahasa setempat yang disebut sunan kalijaga disitulah terdapat Sunan Kalijaga . Lokasi makam agak ke daerah pinggiran kota Demak. Jarak tempuh untuk pergi ke makam Sunan Kalijaga dan kompleks pemakaman keluarga Kerajaan Demak bisa menaiki mobil dengan waktu selama kurang lebih 15 menit.

  • Makam Sunan Gunung Jati

makam para wali

Bagian paling barat dari makam Wali Songo adalah makam Sunan Gunung Jati. Lokasi makam yang terletak disebuah daerah jawa barat , dikota cirebon. Makam Sunan Gunung Jati yang berhiaskan ornamen dengan piring sangat antik dari China.

Sunan wali songo paling sakti

rute ziarah wali songo

Sunan Wali Songo Paling Sakti? Beberapa yang termasuk Wali Songo antara lain  terdiri dari Sembilan wali yang dikenal di berbagai pelosok tanah yaitu tanah Jawa bahkan juga di Nusantara. Wali songo terdiri dari :

  1. Sunan Gresik atau Maulana Malik Ibrahim
  2. Sunan Ampel atau Raden Rahmat
  3. Sunan Bonang atau Raden Makhdum Ibrahim
  4. Sunan Drajat atau Raden Qasim
  5. Sunan Kudus atau Ja’far Shadiq
  6. Sunan Giri atau dapat disebut dengan Raden Paku atau Ainul Yaqin
  7. Sunan Kalijaga atau Raden Sahid
  8. Sunan Muria atau Raden Umar Said
  9. Sunan Gunung Jati atau Syarif Hidayatullah

Dari kesembilan wali-wali tersebut siapakah sunan Wali Songo yang paling sakti? Sangatlah begitu  wajar dalam sebuah hal tersebut karena selama itu Sunan Kalijaga memang sangatlah terkenal dengan ilmu  kebatinannya, ilmu spiritual, ilmu laduni hingga ilmu hikmah yang beliau kuasai. Namun tahukah anda ternyata sunan Wali Songo paling sakti bukanlah Sunan Kalijaga.

  • Sunan Muria, Sunan Wali Songo Paling Sakti

makam para wali songo

Hal tersebut ini terbukti dengan letak sebuah padepokan diatas gunung. Bahkan jarak antara kaki undag-undagan atau tangga dari bawah bukit sampai kemakam Sunan Muria (tidak kurang dari750 M).

Inilah beberapa bukti lain bahwa Sunan Muria merupakan  sunan Wali Songo yang dikatakan sangat sakti mandraguna , ditemukannya dalam kisah cerita Perkawinan Sunan Muria dengan Dewi Roroyono. Dewi Roroyono adalah putri dari Sunan Ngerang. Sunan Ngerang merupakan seorang para ulama yang tentu sangat disegani oleh semua kalangan masyarakat karena ketinggian ilmunya, dan bertempat tinggal di kota Juwana (Jawa Tengah).

Dalam acara merayakan hari jadinya putri Sunan Ngerang tersebut mengundang banyak  seluruh muridnya termasuk juga Sunan Muria dan Sunan Kudus.

  • Menghormati Adat Jawa dan Kesenian

Sunan Muria menjadi sosok sunan Wali Songo yang paling sakti Karena itu ilmu dan kemampuannya dalam segala hal Agama serta adat istiadat. Bisa kita lihat dari segi pengetahuan agamanya seimbang dengan pengetahuan tentang negara dan kehidupan sosial. Sunan muria dikenal sebagai seorang wali yang amat menjunjung kebudayaan nenek moyang masyarakat Jawa.

Jaman sekarang masih banyak orang Jawa walau sudah masuk Islam namun tetap juga menjalankan adat istiadat lama. Terhadap kesenian Jawa, Sunan Muria tidak bersikap antipati. Kesenian yang dimaksud adalah Tembang, Gending dan Wayang Kulit. Dalam bidang kesenian Wayang kulit, para wali telah menciptakan lakon yang terbuat dari karangan sendiri yang tidak bersumber kepada buku Mahabrata. Berikut ini para Lakon-lakon atau disebut juga para tokoh seperti : Dewa Ruci, Jimat Kalisada, semar Ambarang Jantur, Begawan Ciptaning, Obong Bale Sigala-gala,  Petruk Dadi Raja, Pandu Pragola, ,Mustaka Weni, Sekutrem Yasa Pustaka, Wahyu Widayat, Kresna Gugah dan lain sebagainya.

  • Sikap Toleransi yang Sangat Tinggi

Contoh tindakkan sunan muria dengan sunan kudus yang hendak merangul masyarakat agama hindu sunan Wali Songo paling sakti . Beliau menyengaja membangun Menara yang sangat begitu mirip dengan Kuil Hindu, disamping itu juga menara ditambahkan lembu.

Menurut kepercayaan Hindu, Lembu adalah binatang suci yang dikeramatkan. Bagi Sunan Kudus hal itu hanya taktik atu strategi saja. Lembu ya tetap lembu. Dengan cara itu banyak orang Hindu menyangka Sunan Kudus itu menghormati Tuhannya orang Hindu. Mereka juga sering melihat Menara yang begitu indah,dan juga sering mendengarkan Sunan Kudus menembangkan lagu-lagu Mijil, apabila mereka sedang berkumpul Sunan Kudus memberikan selingan atau nasehat ceramah agama.

Meski demikian namun tidak lantas sunan wali songo lainnya tidak sakti. Itulah mengapa Sunan Muria dianggap sebagai sunan Wali Songo paling sakti. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan bagi kita semua.

Wali Songo menjadi kebiasaan untuk kita dengar dalam kehidupan masyarakat muslim di Indonesia. Nama panggilan untuk para ulama Wali Songo diberikan pada 9 orang Wali yang berjasa besar dalam penyebaran ajaran-ajaran agam Islam di Indonesia pada zaman dahulu.

Wali Songo terdiri dari dua kosa kata yaitu Wali dan Songo. Kata tersebut memiliki makna tersendiri yaitu kata Wali artinya wakil atau bisa dikatakan menurut agama Islam ada istilah waliyullah yang berarti wali Allah yang juga mempunyai makna sahabat Allah atau para  kekasih Allah.

Sembilan orang tersebut termasuk ke dalam Wali Songo yang dijuluki sebagai para Sunan. Sebetulnya terdapat banyak sekali yang telah berjasa dan sudah menyebarkan ajaran Islam di Indonesia pada Sunan, namun hanya terdapat 9 Sunan Wali Songo yang terkenal di masyarakat Indonesia pada zaman sekarang.

Beberapa para ulama atau wali Allah berdakwah di Nusantara dengan mengajak kalangan masyarakat untuk segera masuk ke dalam agama Islam dengan syarat tanpa adanya paksaan. Setiap Sunanyang sedang berdakwah memiliki banyak wilayah atau bagian dakwahnya dan terdapat juga beberapa sepeninggalan sejarah yang menjadi bukti terhadap perannya dalam tersebarnya Islam di Negeri ini.

Inilah kumpulan  nama wali songo dan gambarnya, nama asli wali songo beserta sejarah wali songo lengkap

  • Sunan Gresik: Maulana Malik Ibrahim

sholawat ziarah makam wali

Sunan Maulana Malik Ibrahim adalah termasuk salah satu seorang dari Sunan yang ke 9 nama-nama Wali Songo. Pendapat atau saran tentang cerita sejarah Wali Songo tersebut inti pokoknya adalah  perjuangan Sunan Gresik  untuk menghapuskan sistem kasta yang ada pada sebuah kalangan semua masyarakat.

Nama Asli dari Sunan Gresik adalah Maulana Malik Ibrahim.

  • Ketika ia berdakwah diWilayah Gresik, Jawa Timur.
  • Peninggalan Sunan Gresik merupakan Masjid Malik Ibrahim yang di Leran, Gresik, Jawa Timur.
  • Tahun meninggal atau waffat beliau adalah 1419 masehi
  • Letak makam Sunan Gresik di Desa Gapura Wetan.

Beliau pandai menarik hati semua masyarakat pada waktu itu dengan cara bertani dan menjadi pedagang. Banyak sekali rakyat jelata yang terbantu dan juga secara perlahan-lahan tertarik untuk belajar tentang Islam.

Bertambahnya kalangan masyarakat yang ingin mengetahui dan mempelajari tentang Islam dengan baik. Akhirnya Sunan Gresik mendirikan sebuah pondok pesantren di daerah Leran, Gresik, Jawa Timur. Di tempat itulah Sunan Gresik selama bertahun-tahun mengajarkan tentang ilmu agama Islam hingga akhir hayatnya.

Asal Usul Sunan Gresik

Sunan gresik berasal dari Turki banyak orang yang menyebutkan kalau sunan gresik pernah mengembara di Gujarat hingga beliau banyak sekali pengalaman dalam menghadapi orang-orang Hindu di pulau Jawa.

Dahulu sebelum Syekh Maulana Malik Ibrahim datang ke Pulau Jawa. Sebenarnya sudah terdapat sebagian masyarakat yang memeluk agama islam di daerah sekitar pantai utara, termasuk di desa Leran. Dapat kita ketahui hal tersebut dapat kita ketahui tentang adanya bukti berupa makam seorang wanita yang bernama Fatimah Binti Maimun telah meninggal pada tahun 1082 M atau tahun 475 Hijriah.

Dapat kita cerna dan kita simpulkan  bahwa Islam yang sudah ada di pulau jawa sebelum jaman Wali Songo. Tepatnya terletak di daerah sekitar Jepara dan Leren

Sejarah Sunan Gresik

Nama Syekh Maulana Malik Ibrahim atau yang lebih jelasnya dikenal oleh penduduk setempat dengan nama Kakek Bantal itu diprediksi pertama kali datang kedaerah Gresik pada tahun 1404 M. Ketika beliau berdakwah di Gresik sampai akhir wafatnya yaitu pada tahun 1419 Masehi.

Pada masa waktu itu seolah kerajaan yang berkuasa di Jawa Timur adalah Majapahit. Raja dan rakyat Majapahit sebagian besar masih beragama Hindu atau Budha. Terdapat berbagai beberapa rakyat Gresik yang beragam Islam, tapi masih banyak yang beragama Hindu atau bahkan sebagian tidak memiliki agama.

Pada makamnya terdapat sebuah tulisan yang berbunyi:

“Berikut ini adalah makam Almarhum Almaghfur, yang mengharap rahmat Tuhan, para Sultan dan para Menteri, penolong para Fakir dan Miskin, yang berbahagia lagi syahid,kebanggaan para pangeran, cemerlangnya simbol negara dan agama, Malik Ibrahim yang terkenal dengan Kakek Bantal. Sang maha pencipta kuasa meliputi Rahmat dan KeridhaanNya, dan dimasukkan ke alam Surga. Telah Wafat pada hari Senin 12 Rabiul Awal tahun 822 H.”

Dalam berdakwah beliau menyebarkan tentang agama islam kakek bantal memakai cara yang bijaksana dan begitu strategi tepat sesuai dengan tuntunan Al Quran yaitu :

“Dan hendaklah kau ajak ke jalan Tuhan-Mu dengan hikmah (kebijaksanaan) dengan petunjuk-petunjuk yang baik serta ajaklah mereka berdialog (bertukar pikiran) dengan cara yang sebaik-baik mungkin  (QS. An Nahl ; 125)”

Beliau mempunyai sifat yang lemah lembut, ramah tamah, dan welas asih kepada semua kalangan masyarakat , baik orang muslim maupun non muslim menjadikan beliau terkenal sebagai tokoh masyarakat yang sangat disegani.

  • Sunan Ampel

makam wali songo

Sunan Ampel merupakan termasuk salah satu seorang Sunan. Sejarah dari ajaran Sunan Ampel yang saat ini terkenal pada saat itu yaitu “Moh Limo“. Nah arti dari Moh Limo itu  merupakan bahasa jawa yang mempunyai makna arti yang berarti Moh adalah tidak atau menolak, dan Limo memiliki arti lima.

Pada inti ajaran beliau terdapat makna arti “Untuk menolak dan tidak mengerjakan lima perkara tersebut. Kelima perkara itu  adalah Moh Madat (Tidak Menghisap Narkoba), Moh Madon (Tidak Berzina) ,Moh Main (Tidak Berjudi), Moh Ngombe (Tidak Minum Alkohol), Moh Maling (Tidak Mencuri) .

  1. Nama Asli Sunan Ampel adalah Raden Rahmat.
  2. Wilayah Dakwah Sunan Ampel di Surabaya.
  3. Peninggalan Sunan Ampel ada diMasjid Ampel di Ampel Denta, Surabaya.
  4. Wafat pada tahun 1481 M.
  5. Makam Sunan Ampel terletak di Sebelah barat Masjid Ampel, Surabaya.

Menurut tentang sejarah Sunan Ampel adalah anak dari pasangan Sunan Gresik dan Dewi Condro Wulan. Beliau yang menyebarkan agama Islam di kalangan semua masyarakat di daerah pedesaan Ampel Denta di Surabaya. Tempat Beliau tersebut mendirikan pondok pesantren bagi masyarakat yang hendak belajar dan mendalami ajaran agama Islam.

  • Sunan Bonang

sunan wali songo paling sakti

Salah seorang yang termasuk Sunan dalam 9 nama-nama Sunan Wali Songo adalah sunan bonang . Tokoh Wali Songo termasuk salah satunya sunan bonang yang ajarannya menyampaikan tentah hal “Jangan bertanya, Jangan memuja nabi dan wali-wali, jangan mengaku Tuhan.

  1. Nama Asli Sunan Bonang adalah Maulana Makdum Ibrahim.
  2. Dakwah Sunan Bonang terletak di daerah Tuban, Jawa Timur.
  3. Beberapa peninggalan Sunan Bonang adalah Alat musik tradisional termasuk gamelan yang berisi bonang, bende dan kenong. Juga perkenalkan gapura yang berarsitektur tema islam.
  4. Wafatnya pada tahun 1525 M.
  5. Makam Sunan Bonang di Tuban, Jawa Timur.

Asal cerita dari Wali Songo Sunan Bonang tersebut ini memiliki nama asli Maulana Makdum Ibrahim adalah putra dari pasangan Sunan Ampel dan Dewi Condrowati. Sesudah telah ayah Sunan Ampel meninggal Sunan Bonang mengambil keputusan untuk belajar agama di Malaka yang berada di wilayah Samudra Pasai.

Di tempat itu Sunan Bonang berguru dan belajar dari Sunan Giri yang memiliki ilmu khusus dalam tata cara dakwah mengajarkan agama Islam yang dapat membuat banyak masyarakat tertarik hatinya.

  • Sunan Drajat

nama asli wali songo

Salah satu seorang Sunan termasuk dalam kategori  9 nama dari Sunan Wali Songo yaitu sunan drajat . Dalam cerita tersebut Sejarah cerita Walisongo yang sering disampaikan oleh Sunan Drajat adalah kepada murid-muridnya yaitu “Suluk Petuah”.

  1. Nama Asli dari Sunan Drajat adalah  Raden Qosim
  2. Wilayah Dakwah Sunan Drajat Desa Jelog Pesisir Banjarwati.
  3. Peninggalan Sunan Drajat adalah Gamelan singa mangkok.
  4. Wafat pada tahun 1522 M.
  5. Makam Sunan Drajat di Paciran, Lamongan.

Sunan Drajat termasuk saudara seibu dengan Sunan Bonang. Setelah ayahnya wafat meninggal, Beliau belajar dan berguru tentang ilmu agama Islam dari Sunan Muria.

Ada kutipan tentang beberapa perkataan yang terdapat pada kata suluk petuah antara lain:

  1. Wenehono busono marang wong kang wudo artinya berilah pakaian kepada orang yang telanjang.
  2. Wenehono ngiyup marang wong kang kudanan artinya berilah tempat untuk berteduh pada orang yang kehujanan.
  3. Wenehono teken wong kang wuto sing berarti berilah tongkat pada orang yang buta.
  4. Wenehono mangan marang wong kan luwe artine beri makan pada orang yang kelaparan.

Ketika saat tiba di Lamongan, Beliau menyampaikan pelajaran tentang apa yang sudah didapatkan dari dari Sunan Muria kepada kalangan masyarakat Lamongan, akhirnya Sunan Drajat memutuskan mendirikan pondok pesantren yang berada di Daleman Duwur, Desa Drajat, Paciran Lamongan.

  • Sunan Kalijaga

nama wali songo dan gambarnya

Salah satu seorang Sunan dalam 9 nama Sunan Wali Songo. Cerita sejarah Sunan Kalijaga adalah seorang Wali yang mengajarkan tentang hal agama Islam dengan cara dengan bertahap.

  1. Nama Asli Sunan Kalijaga adalah Raden Said.
  2. Wilayah Dakwah Sunan Kalijagad diCirebon, Jawa Barat.
  3. Peninggalan Sunan Kalijaga: Seni ukir, wayang, gamelan dan suluk.
  4. Tahun Wafatnya Sunan: 1513 M.
  5. Makam Sunan Kalijaga: Desa Kadilangu, Demak Bintara, Jawa Barat.

Cerita asal mula sejarah Sunan Kalijaga adalah orang pribumi asli yang lahir di Tuban, Jawa Timur. Dusun tersebut memiliki nama Kalijaga, karena zaman dulu ada sebuah cerita sejarah Sunan Kalijaga memiliki hubungan dekat dengan Sunan Gunung Jati.

  • Sunan Kudus

sejarah wali songo lengkap

Salah seorang Sunan Wali Songo adalah sunan kudus. Sejarah cerita Sunan Kudus merupakan salah satu seorang Wali yang mewariskan budaya toleransi antar umat yang beragama.

  1. Nama Asli Sunan Kudus adalah Ja’far Shadiq
  2. Wilayah Dakwah Sunan Kudus berada diJawa Tengah
  3. Peninggalan Sunan Kudus terletak diMasjid Menara Kudus
  4. Wafat pada tahun1550 Masehi
  5. Makam Sunan Kudus ada diKudus, Jawa Tengah

Julukan Sunan Kudus yang telah diberikan kepada Keponakan dari Sunan Bonang dan Sunan Drajat berasal dari nama tempat beliau belajar yaitu Al Quds. Hal ini karena Beliau adalah keponakan dari Sunan Bonang dan Sunan Drajat.

Sejarah Singkat Sunan Kudus

Selain belajar di Yerusalem, Sunan Kudus banyak mendapat tambahan pelajaran mengenai ilmu agama dan ilmu pengetahuan dari para ulama Arab. Menimba ilmu agama Islam di Al-Quds, Yerusalem, Beliau juga belajar agam islam dari kedua  pamannya (Sunan Bonang dan Sunan Drajat). Sunan Kudus juga mengajarkan tentang ilmu agama Islam dan berdakwah untuk mengajak kalangan masyarakat setempat agar beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. Sunan Kudus pun mengambil tawaran itu, karena beliau menilai bahwa ini dapat menjadi salah satu kesempatan untuk menyebarkan tentang ajaran-ajaran agama Islam untuk  lebih luas lagi. Beliau memiliki kesempatan untuk mengajarkan tentang agama Islam di kalangan pejabat, dan bangsawan-bangsawan pada kerajaan Jawa. Saat beliau berdakwah dikalangan masyarakat,cara dakwah beliau dengan menyelipkan sebuah hal tentang ajaran agama Islam pada kebiasaan ataupun budaya rakyat setempat.

  • Sunan Muria

ziarah wali songo

salah satu seorang Sunan muria termasuk dalam 9 nama Sunan Wali Songo. Berdasarkan metode pengajaran beliau menggunakan tembang kinanti dalam menyampaikan ajaran-ajaran agama islam. Salah satu tokoh Wali Songo yang memiliki metode pembelajaran agam Islam yang terkenal adalah sunan muria.

Selain itu juga mewariskan sebuah budaya yang dinamakan kenduri. Budaya Kenduri tersebut adalah sebuah budaya agar untuk mendoakan orang yang sudah wafat meninggal sesudah dimakamkan. Di dalam budaya kenduri tersebut terdapat istilah kata nelung dinani yang artinya 3 hari, mitung dinani artinya 7 hari, matang puluhi artinya 40 hari, nyatus artinya 100 hari, mendak pisanmendak pindonyewu artinya 1000 hari.

  1. Nama Asli Sunan Muria adalah Raden Umar Said.
  2. Wilayah Dakwah Sunan Muria terletak Kudus dan Pati.
  3. Peninggalan Sunan Muria di Masjid Muria.
  4. Wafat pada tahun 1551 M.
  5. Makam Sunan Muria ada diKudus, Jawa Tengah.

Putra dari Sunan Kalijaga dan Istrinya yang bernama Saroh yaitu sunan muria, adik kandung dari Sunan Giri. Dalam berdakwah disebuah kalangan masyarakat Beliau menggunakan cara syiar dengan menyisipkan nilai-nilai tentang Islam kedalam budaya dan dan kesenian masyarakat setempat.

  • Sunan Gunung Jati

sejarah wali songo lengkap

Salah satu seorang Sunan dalam 9 nama Sunan Wali Songo berikutnya adalah sunan gunung jati . Cerita Sunan Gunung Jati yang merupakan salah seorang tokoh Walisongo yang terpopuler akan pesan-pesan wasiatnya.

Isi pesan dari wasiat tersebut berbunyi “Sugih bli rerawat, mlarat bli gegulat” yang berarti menjadi kaya bukanlah untuk diri kita sendiri, menjadi miskin bukan untuk menjadi beban orang lain.

  1. Nama Asli Sunan Gunung jati adalah Syarif Hidayatullah.
  2. Wilayah Dakwah Sunan Gunung Jati diCirebon, Banten dan Demak.
  3. Peninggalan Sunan Gunung Jati ada diMasjid merah Panjunan, Kumangang Pintu, dan Kereta untuk berdakwah.
  4. Wafat pada tahun 1568 M.
  5. Makam Sunan Gunung Jati terletak di Desa Astana, Kecamatan Gunung Jati, Cirebon Jawa Barat.

Seorang Wali keturunan bangsawan dari Timur Tengah yang bernama Sultan Syarif Abdullah Maulana adalah sunan gunung jati . Ayah sunan gunung jati termasuk Keturunan  bani hasyim dan membesar dinegara mesir yang berasal dari palestina .

Semasa hidupnya beliau menyampaikan tentang ajaran Islam di wilayah sekitar daerah Cirebon, Jawa Barat. Di sana Beliau membangun sebuah pondok pesantren untuk mengajarkan tentang  ilmu agama Islam kepada kalangan masyarakat yang tinggal di Cirebon.

  • Sunan Giri

ziarah wali songo

Salah satu seorang Sunan giri adalah yang termasuk dari 9 nama Sunan Wali Songo. Seorang Wali yang sangat populer akan cara penyampaian dakwah dan berbicaranya yang ceria kepada masyarakat adalah sosok kriteria dari sunan giri.

Dalam cara penyampaian dakwahnya, Sunan Giri juga menyelipkan ke dalam hiburan lagu permainan contohnya cublak-cublak suweng dan lir ilir.

  1. Nama Asli Sunan Giri adalah Muhammad Ainul Yakin.
  2. Daerah Penyebaran Islam Sunan Giri diGresik, Madura, Lombok, Kalimantan, Sulawesi dan Maluku.
  3. Peninggalan Sunan Giri termasuk adalah Tembang Pucung, Tembang Asmarandana, Masjid Giri, Giri Kedaton dan Telogo Pegat.
  4. Wafatnya tahun sunan giri adalah 1506 M
  5. Makam Sunan Giri terletak Cirebon, Jawa Barat.

Putra keturunan dari ulama Islam yang sedang melakukan syiar Islam di daerah Pasai, Malaka adalah sunan giri. Pada saat itu timbulah sebuah konflik masalah, sehingga ayah Sunan Giri menitipkan Sunan Giri pada seorang nelayan supaya membawanya pergi ke Jawa.

Berikut ini beberapa sejarah wali songo dan nama aslinya dari kami.

Rute Ziarah Wali Songo

Perjalanan dari surabaya ke tuban . Dari Pasuruan terdapat banyak Rombongan berangkat pagi hari tiba di Surabaya, untuk kemudian ziarah ke makam Sunan Ampel. Setelah itu melanjutkan perjalanan menuju Gresik ziarah ke makam Sunan Gresik, dan makam Sunan Giri, Setelah perjalanan dilanjutkan menuju Lamongan untuk ziarah ke makam Sunan Drajat, kemudian dilanjutkan perjalanan menuju kota Tuban untuk berziarah ke makam Sunan Bonang.

  • Makam Sunan Ampel
  • Makam Sunan Gresik
  • Makam Sunan Giri
  • Makam Sunan Drajat
  • Makam Sunan Bonang

Hari Selanjutnya Muria – Kudus – Demak (Jawa Tengah)

Sehabis sholat subuh, kemudian rombongan akan check out hotel untuk melanjutkan perjalanan ziarah menuju makam Sunan Muria, ketika perjalanan dilanjutkan menuju Kudus untuk ziarah ke makam Sunan Kudus. Setelah itu lanjut perjalanan menuju Demak ziarah ke makam Sunan Kalijaga di Kadilangu serta mengunjungi Masjid Agung Demak.

Disajikan Makan siang dan makan malam di rumah makan local setempat.

Malam harinya cek in Hotel di Anugerah Palace Hotel disitulah anda bisa istirahat

  • Makam Sunan Muria
  • Makam Sunan Kudus
  • Makam Sunan Kalijaga

Hari berikutnya ada Di Solo (Acara Haul Habib ‘Ali Simtuddurar) disana kita bisa Bermalam di Hotel Anugerah Palace

Kemudian lanjut dengan Hari Selanjutnya diCirebon  (Jawa Barat)

Sehabis sholat Ashar, dari Solo para  rombongan akan check out hotel untuk melanjutkan perjalanan menuju Cirebon guna ziarah ke makam Sunan Gunung Jati, kemudian perjalanan dilanjutkan menuju Bogor  ziarah ke makam Empang Bogor, setelah itu kemudian perjalanan  menuju Jakarta untuk ziarah ke makam Luar Batang.

  • Makam Sunan Gunung Jati
  • Makam Habib Abdullah bin Muhsin Al-Atthas
  • Makam Habib Husien bin Abu Bakar  Al-Aydrus
  • Makam Habib Hasan bin Muhammad al Haddad  (Jakarta Utara)
  • Makam Habib Balawi, Al-Syathiri (Jakarta Utara)
  • Makam Habib Ali bin Abdulrahman Al-Habsyi (Jakarta Pusat)
  • Makam Habib Ali bin Husien Al-Atthas (Jakarta Timur)
  • Makam Habib Utsman Betawi (Jakarta Timur)
  • Makam Habib Ahmad bin Alwi al Haddad (Jakarta Selatan), kemudian Persiapan Balik Menuju kota pasuruan.

Beberapa pengetahuan tentang makam para wali songo yang kami sampaikan. Dan ada juga beberapa sholawat ziarah makam wali yang biasa orang doakan ketika mereka berziarah, adapun bacaan sholawat tersebut.

سَــــــلَامُ اللّــهِ وَرَحْـــــــــمَةٌ õ عَلَيْــــكُمْ يـَـــاوَلِـــيَ اللهْ

أَتَــيْــنَــاكُمْ وَزُرْنَــــــاكُمْ õ وَقِفْنَا يَاوَلِـــيَ اللهْ

سَعِدْنَا إذَ لَقِـيْـــنَــــاكُمْõ قَصَدْنَا يَاوَلِـيَ اللهْ

تَـــوَسَّــــــــلْــنَــا بِـــــكُـــمْ لِلَّهْ õ أَجِيْبُوا يَاوَلِـيَ اللهْ

رَجَـــــــــوْنَا مِنْ مَزَايَـكُمْ õ لِتَدْعُوْا يَاوَلِـيَ اللهْ

إِلَى الرَّحْمَنِ مَايُـــرَامْ õ لَدَيْــــــنَا يـَــــــاوَلِـيَ اللهْ

طَلَبْـنَا وُسْعَةَ اْلأَرْزَاقِ õ حَــــــلَالًا يَــــــــاوَلِـــــــيَ اللهْ

وَحَجَّ الْبَـيْتِ فىِ الْحَرَامِ õ مِـــــــــــــــرَارًا يَــــــــــــــــاوَلِـــــــيَ اللهْ

وَحُسْنًا فىِ اخْتِــتَامِنَا õ كِــــــــــرَامًـــــا يَــاوَلِـيَ اللهْ

عَسَى نَرْضَى عَسَى نَحْظَى õ بِـــــــقُــــــــرْبِ يَــــــــــــــــــاوَلِـــــــــــــــــــيَى اللهْ

وَصَــــــــــــلّـَىى سَلَّمَ عَلَى õ مُحَمَّـــــدٍ يَاوَلِـيَ اللهْ

وَحَـــــمْــــــدًا لِلْــــمُـــــــهَــيْــمِــــنِ õ وَشُكْـــــــرًا يَــاوَلِـىيَ اللهْ

Nah itulah sholawat yang biasa dilantun dan bisa anda baca ketika berziarah ke wali songo. Dengan adanya artikel ini mengajari pengetahuan tentang makam wali songo ini, semoga bisa menambah ilmu serta ilmu pengetahuan bagi anda semua dan juga bermanfaat .