Wisata Alam Di Bandung Terupdate Tahun Ini

Hay guys, dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang destinasi kota bandung, siapa yang tidak tahu kota bandung? Sebuah kota yang keberadaanya cukup terpencil karena terletak di antara pegunungan akan tetapi mempunyai daya tarik yang fantastis sehingga penjajah Belanda saja menamakannya “Parijs Van Java“. Keindahan kota Bandung, udaranya yang sejuk, factory outlet yang menjual pakaian-pakaian branded dengan harga miring, distro di mana kita bisa menjumpai kaos-kaos gaul ala anak-anak muda serta wisata kuliner yang beraneka ragam mulai dari makanan kaki lima, restoran high class hingga cafe-cafe di lembang dan dago atas yang selalu memanjakan pengunjungnya baik dengan makanannya yang menggugah selera ataupun nuansa romantis yang mereka sajikan menjadikan pengunjungnya begiu terpesona dengan kota Kembang yang luar biasa ini.

Jadi wajar saja kalau hari libur kota Bandung ini akan sangat sesak karena traveler dari Jakarta dan dari berbagai macam kota  akan menyerbu kota Bandung ini. Kali ini Jakarta – Bandung sudah bisa ditempuh hanya dengan 2 jam perjalanan mobil saja. Dengan begitu perekonomian kota Bandung maju begitu pesat, tingkat hunian hotel mulai meningkat, bisnis-bisnis mulai tumbuh subur mulai dari yang kecil hingga skala internasional. Jumlah mall di Bandung  juga mulai bertambah dengan cepat, salah satu contoh mall yang paling baru dan terbesar adalah Mall Paris Van Java yang ada di jalan Sukajadi di mana anda bisa menemukan berbagai branded items di mall ini. Langsung saja kita bahas wisata alam di bandung yang ter-update di tahun 2018 kali ini yaa.

Obyek Wisata Di Bandung

  • Kawah Putih

wisata alam di bandung

Bandung mempunyai sebuah kawah yang dihasilkan dari letusan Gunung Patuha. Nama Kawah Putih merujuk pada tanah yang notabene berwarna putih. Warna putih tanah itu sendiri disebabkan oleh faktor  beberapa unsur yang bercampur dengan belerang. Yang unik dari kawah ini yaitu air yang dimilikinya, dimana air di dalam kawah tidaklah berwarna bening melainkan berwarna putih kehijauan. Salah satu tempat wisata alam di bandung paling indah itu airnya juga bisa berubah ubah sesuai dengan kadar belerang, suhu, dan cuaca yang terjadi pada saat itu.

Kawah Putih Bandung terletak di dataran tinggi kawasan pegunungan yang berada kurang lebih 2.400 dpml. Karena berada di dataran yang tinggi inilah membuat temperatur hawa di kawah putih Bandung sangat dingin. Rata rata temperatur hawa di kawasan tersebut adalah Pesona Kawah Putih Ciwidey Bandung

Karena keindahan dan keromantisan nya yang sangat mempesona, kawah ini sering dijadikan background fotografi, film, melukis, dan juga prewedding. Dari salah satu contoh dari film berikut yang menjadikan sebuah pemandangan kawah putih yang sangat indah sebagai latar belakang pada film adalah ada di film “Heart” yang diperankan oleh beberapa artis terkenal yaitu Irwansyah, Acha Septriasa, dan Nirina Zubir.

Bukan sekedar ajang keromantisan, namun Kawah putih Bandung juga dijadikan sebagai  ajang aktivitas menantang lainnya seperti hiking dan berkuda.

Fasilitas di Kawah Putih Bandung

Fasilitas ini disediakan supaya traveler yang datang merasa nyaman dan bisa menikmati keindahan panorama Kawah. Fasilitas yang ada sangatlah memadai seperti,

Pusat Informasi,Musholla,Restaurant,Toilet,Transportasi dari gerbang menuju lokasi,Area Parkir yang cukup luas,Jika anda berencana ingin weekend ke Kawah Putih Bandung, ada baiknya mengetahui dahulu keperluan akomodasi dan juga transportasi yang dipakai, seperti beberapa kelengkapan lain dan juga Penginapan, Tiket masuk, Jenis angkutan umum yang akan Anda naiki, Lokasi dan lain sebagainya. Dan dibawah ini sudah disajikan informasi lengkap untuk keperluan yang harus di pertimbangkan sebelum berangkat, sehingga anda tahu berapa uang saku yang harus dipersiapkan.

Penginapan Kawah Putih Bandung

Buat anda yang berencana ingin weekend dan menginap, anda jangan khawatir karena di sekitar lokasi banyak sekali penginapan yang juga menyediakan fasilitas akomodasi yang dapat anda sewa.  Beberapa penginapan yang bisa anda gunakan yaitu:

  • Cimanggu Cottage Ciwidey : Jalan Raya Ciwidey Km.13, Ciwidey
  • Saung Gawir: Jalan Raya Ciwidey Rancabali Km.05
  • Villa Patengan: Jalan Raya Ciwidey, Rancanbali, Patengan

Dan banyak lagi penginapan yang lain.

Tiket masuk Kawah Putih Bandung

Harga Tiket Masuk Kawah Putih Bandung: Rp. 17.000 (Domestik) dan Rp.50.000 (Turis asing) Harga tersebut bukan termasuk biaya parkir. Dan tarif parkir tiap tiap kendaraan berbeda beda. Berikut ini tarif parkir di Kawah Putih:

Subjek Harga:

  • Parkir Atas (Mobil) 150.000
  • Parkir Atas (Motor) 35.000
  • Parkir Bawah (Mobil) 6.000
  • Parkir Bawah (Motor) 5.000
  • Parkir Bawah Bus 25.000
  • Naik ontang anting 13.000

Keterangan: Ada dua jenis tempat parkir yang disediakan disana, tempat parkir bawah dan atas. Tempat parkir bawah lebih murah karena anda memarkirnya di pintu masuk gerbang dan tidak membawanya ke atas (ke lokasi kawah), kemudian anda dapat naik ontang anting agar bisa sampai ke atas. Apabila anda memarkir kendaraan diatas (di lokasi kawah), maka tarif nya akan lebih mahal, seperti yang sudah saya bahas diatas.

Kawah putih bandung buka mulai pukul 07.00 pagi hingga 17.00 sore. Lokasi / Alamat Kawah Putih Bandung. Kawah Putih terletak di Ciwidey, Jawa barat yaitu di jalan Soreang Ciwidey kurang lebih 50 km selatan kota Bandung. Lokasi Kawah Putih juga tidak jauh dari Situ Patenggang. Rute yang ditempuh untuk sampai ke lokasi juga lumayan gampang, karena banyak sekali transportasi umum yang siap mendampingi anda  hingga ke depan pintu gerbang Kawah Putih.

Berikut rute Menuju Kawah Putih Bandung. Sebenarnya banyak sekali rute yang bisa ditempuh supaya cepat sampai ke Kawah Putih Bandung, akan tetapi disini cuma akan dijelaskan rute apabila berangkat dari Jakarta.

Rute menggunakan kendaraan pribadi:

Jakarta => Tol Cipularang => Pintu Tol Kopo => Soreang => Ciwidey => Kawah Putih

Rute menggunakan transportasi umum:

Terminal Leuwi Panjang => Terminal Ciwidey => Situ Patenggang => Kawah Putih Bandung

Tempat Wisata Baru Di Bandung

  • Glamping Lakeside Rancabali

tempat wisata baru di bandung

Wisata ini merupakan sebuah resort yang berada di alam terbuka yang luas dengan dominasi kebun teh, dan terbuka untuk umum. Ngga cuman menginap buat bisa menikmati keindahan alam dan berbagai fasilitas yang ditawarkan di sini. Hanya membayar tiket masuk sebesar Rp 20.000 per orang dan mobil Rp 5.000. Jam bukanya pukul 07.00-19.00 setiap hari. Apalagi Bandung selalu punya hal baru untuk ditawarkan. Salah satunya tempat wisata baru dibandung resort yang kini menjadi favorit yakni Glamping Lakeside Rancabali. Lokasinya di tepi Situ Patenggang, di kaki Gunung Patuha, kawasan wisata Ciwidey, Bandung, Jawa Barat.

  • Kawah Rengganis

tempat wisata lembang bandung

Terletak didaerah bandung selatan,tepatnya Ciwidey. Lokasinya berdekatan dengan situ patengan, asal mula terbentuknya kawah tersebut yaitu terjadinya letusan gunung sunda purba. Sebelumnya, kawah rengganis ini dikenal dengan kawah cibuni karena berada di desa cibuni, akan tetapi sejak kawah ini diambil alih oleh pihak pengelola, kawah ini lebih dikenal dengan nama kawah rengganis.

  • Upside Down Bandung

wisata alam di bandung

Tempat wisata alam dibandung terbaru yaitu Upside Down Bandung. Objek wisata yang belum lama di buka ini berhasil mencuri perhatian traveler lokal maupun yang berasal dari luar Bandung karena keunikan yang di milikinya. Di sini Anda bisa berpose yang sangat anti-mainstream yups betul sekali dengan poisisi terbalik, di sini Anda bisa berfoto dengan posisi kaki di atas dan kepala di bawah, persis seperti orang yang sedang mengawang di ruang hampa. Upside down selalu ramai pengunjung  seiring dengan kepopulerannya di medsos, ada banyak sekali foto-foto menarik yang sudah di upload oleh para traveler . Anda juga bisa memiliki satu dengan segera mengunjungi tempat wisata paling hits ini. Upside down bandung beralamat di Jl. H. Wasid No.31, Lebakgede, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 10.00 – 20.00 WB. harga tiket masuk Rp.100.000 dan dewasa dan Rp.50.000  untuk anak-anak dengan tinggi dibawah 120 cm.

  • The Lodge Earthbound Adventure Park

tempat wisata baru di bandung

Destinasi terbaru di Bandung selanjutnya yaitu The Lodge Earthbound Adventure Park. Nah jika tadi kita sudah mengunjungi tempat wisata unik yang ada di pusat kota, maka kali ini kita menuju ke objek wisata alam terbaru di Bandung yang juga ngga kalah menariknya. The Lodge Earthbound Adventure Park ini juga belum lama di buka buat umum, salah satu daya tarik dari tempat ini yaitu panorama alamnya yang begitu asri dan sejuk. Selain itu di dalamnya juga terdapat fasilitas permainan yang seru dan lengkap banget mulai dari wahana outbond, zip bike, ayunan di tepi tebing, paintball dan banyak yang lain macam macamnya. The Lodge Earthbound Adventure Park berlokasi di jalan Marabaya KM 4.5, Cibodas, Lembang Bandung. Buka mulai pukul 10.00 sampai 17.00.

  • Sendang Geulis Kahuripan

tempat wisata lembang bandung

Inilah salah satu tempat wisata alam di Bandung yang masih baru dan belum di ketahui orang karena lokasinya yang tidak terlalu gampang diketahui orang, namanya Sendang Geulis Kahuripan. Objek wisata alam di Bandung yang satu ini adalah sebuah mata air alami dan airnya yang sangat jernih. Daya tarik ini berada di kolam alami yang berasal dari sumber mata air di Sendang Geulis Kahuripan. Karena begitu jernihnya, Anda bisa berfoto di dasar kolam dengan tampilan yang sangat jelas. Hal ini lah yang membuat banyak traveler datang untuk berburu foto-foto menarik yang bisa di ambil di bawah air. Untuk bisa sampai di lokasi memang di butuhkan perjuangan karena lokasinya cukup tersembunyi. Anda bisa berkunjung ke tempat ini di akhir pekan atau weekend agar memiliki waktu yang cukup panjang.

  • Tebing Kraton

wisata di lembang bandung

Jika kalian mau menikmati pemandangan sunset atau sunrise terindah di Bandung, kalian bisa datang ke Tebing Keraton. Tempat wisata alam terbaru di Bandung yang satu ini sudah sangat terkenal namanya sejak akhir tahun 2017. Hingga kini tebing keraton adalah salah satu tempat paling favorit buat traveler menikmati keindahan alam di Bandung. Tebing keraton terletak di daerah Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Supaya kalian bisa masuk kalian harus membayar Rp. 11.000/orang, Lumayan murah kan, untuk bisa mendapatkan sunset dan sunrise yang indah.

Tempat Wisata Lembang Bandung

  • Gunung Tangkuban Perahu

wisata murah di bandung

Gunung tangkuban perahu adala destinasi paling keren dan terkenal,banyak traveler yang berkunjung ke gunung ini, yang berlokasi sekitar 20km di utara bandung. Dengan ketinggian kurang lebih 2000 mdpl, di seputaran gunung tangkuban perahu ii terdapat beberapa kawah yaitu kawah upas,kawah ratu,kawah domas,dan kawah jurig. Lokasi gunung ini berada di JL. Raya Tangkuban Perahu No. 147 Lembang Bandung Utara. Harga tiket masuk mencapai Rp. 20.000,-(WNI) ,Rp. 200.000,-(WNA).

  • Kampung Gajah Wonderland

wisata bandung murah

Berlokasi di Jalan sersan bajuri km 3.8, Lembang,Bandung, Kampung gajah yang berluas sekitar 60 hektar ini  menawarkan destinasi wisata yang terpadu dan unik banget, disini juga tersedia fasilitas water boom, permainan yang cocok buat berbagai usia dan restoran. Harga tiket masuk Rp. 10.000 sampai Rp. 20.000.

  • Floating Market Lembang

wisata ke bandung

Floating market sejenis pasar yang keberadaanya di atas perahu  yang terapung di air, akan tetapi yang di jual disini bukanlah barang barang pasar seperti biasanya, akan tetapi makanan khas bandung itu sendiri, yang cocok buat kamu kuliner, keberadan nya di Jalan grand hotel no. 33 E, bandung barat, tiket masuk hanya Rp.15.000/pax.

  • Kampung Daun Lembang

tempat wisata yang menarik di bandung

Villa Triniti atau disebut dengan kampung daun ini berlokasi di Jalan Sersan Bajuri KM. 4,7, Cihideung, Cigugur Girang, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40154, Indonesia, kampung ini buka setiap hari mulai dari pukul 11.00 – 23.00 harga tiket sampai Rp 10.000,- /orang.

  • Observatorium Bosscha

paket wisata bandung murah

Observatorium Bosscha merupakan tempat yang menarik soalnya jarang ada di Indonesia. Tempat ini merupakan sebuah tempat sebagai pengamatan bintang satu-satunya di Lembang. Observatorium Bosscha kerap memperoleh  kunjungan kunjungan oleh sekolah dan universitas karena menyimpan unsur pendidikan yang sangat berguna. Apabila kalian ingin sekali berkunjung ke Observatorium Bosscha, kalian ngga boleh langsung datang begitu saja, melainkan harus menjalani konfirmasi terlebih dahulu. Perlu diingat bahwa tidak setiap hari kalian dapat melihat bintang melalui teropong Observatorium Bosscha.

  • Jendela Alam

paket wisata ke bandung

Jendela Alam merupakan salah satu wisata keluarga di Lembang. Berlokasi di Jalan Sersan Bajuri, Jendela Alam merupakan tempat wisata yang mempunyai udara sejuk yang sangat cocok buat mengenalkan anak Anda dengan binatang dan tumbuhan. Anak-anak bisa belajar bagaimana cara merawat hewan, cara beternak, berinteraksi dengan hewan, mengetahui cara berkebun, memetik buah dan sayur yang benar, lalu bermain air dan berpetualang. Sangat lengkap bukan ?! Jendela Alam buka setiap hari mulai pukul 9 pagi sampai dengan pukul 4 sore (Senin sampai Jumat), dan pukul  8 pagi sampai dengan pukul  4.30 sore (akhir pekan dan hari libur).

  • Air Panas Ciater

wisata alam di bandung

Air Panas Ciater merupakan destinasi tempat wisata di Subang yang banyak dikunjungi  banyak wisatawan yang pergi berwisata ke Lembang dan sekitarnya. Sesuai dengan namanya, yang ditawarkan yaitu air panas. Akan tetapi , air panas ini tidak hanya air panas biasa, melainkan air panas alami dari kawah Gunung Tangkuban Perahu. Air Panas Ciater banyak dimanfaatkan untuk kegiatan berendam soalnya mengandung berbagai jenis mineral alami yang dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Selain itu banyak juga yang berkata bahwa Air Panas Ciater bisa membuat Anda lebih cantik dan tampan, wow bisa dicoba nih..,. Akan tetapi tempat wisata di Subang yang satu ini terlalu padat dengan traveler  pada akhir pekan karena dekat dengan wisata alam Lembang Bandung.

Wisata di Lembang Bandung
  • The Loadge Maribaya

tempat wisata baru di bandung

The Lodge Maribaya adalah destinasi tempat wisata alam di bandung yang berada di kawasan Lembang Bandung. Lokasi The Lodge ini berada pada satu jalur dengan obyek wisata Maribaya Resort, dan  wisata De Ranch serta Taman Bunga Begonia.

Lokasinya yang berada pada dataran tinggi serta menghadap pepohonan pinus yang segar membuat objek wisata ini mempunyai banyak sekali spot foto yang sangat indah dan menawan. Ngga kalah kreatif, pengelola disini pun menyajikan berbagai macam wahana yang bertujuan agar mendapatkan hasil foto yang sangat unik.

  • Grafika Cikole Lembang

tempat wisata lembang bandung

Grafika Cikole Lembang adalah area tempat wisata terpadu di Lembang yang manyajikan sensasi wisata alam, wisata kuliner, outbond,dan juga fasilitas penginapan.

Sampai Hotel, Pondokan, dan juga Camping Ground. Di sini terdapat banyak resto dan juga penginapan. Sedangkan harga penginapannya disini dimulai dari IDR 800.000.

Sedangkan buat kalian yang ingin berkunjung tetapi tidak menginap juga diperbolehkan.Anda cuman tinggal bayar sesuai dengan fasilitas yang dipilihnya. Dan setiap fasilitas sudah terdapat harganya sendiri sendiri.

Wisata Yang Sering Didatangi Pengunjung
  • Museum Geologi Bandung

wisata di lembang bandung

Museum geologi merupakan salah satu tempat wisata murah di bandung yang bisa Anda kunjungi saat mengisi liburan ke Bandung. Museum yang berlokasi di Jalan Diponegoro ini sangat gampang diakses soalnya ada angkutan umum yang bisa langsung menuju ke sana. Isi museum terbagi ke dalam bagian tengah, barat, dan timur dengan masing-masing koleksinya yang menarik buat dilihat.

Isi ruang tengah museum diantaranya: maket tambang terbesar di dunia yang berlokasi di daerah Irian Jaya, bebatuan dari Irian Jaya, miniatur untuk pengeboran minyak, dan juga miniatur pengeboran gas bumi. Sementarayang berada bagian timur diisi tengkorak manusia purba, informasi tentang bahaya bencana alam, cara mengolah energi, serta sederet koleksi lainnya. Tiket masuk yang wajib dibayar oleh traeler yaitu sebesar Rp.2000 (siswa), Rp.3.000 (wisatawan lokal), dan Rp.10.000 (wisatawan asing).wow gimana minat bukan ?

  • Rumah Sosis

wisata murah di bandung

Di sini kita menemukan wisata kuliner, bermain, dan juga berenang. Tiket masuk ke tempat  wisata murah di bandung ini yaitu cuman Rp3.000/ orang. Setelah di dalam, kita harus membayar lagi jika kalian ingin menikmati beberapa permainan. Harga tiketnya berkisar antara Rp10.000-Rp25.000. Harga makanan seperti aneka sosis pun dipatok dengan harga beragam, yaitu  mulai dari Rp10.000-Rp70.000.

  • Museum Konferensi Asia Afrika

wisata bandung murah

Museum Konferensi Asia Afrika Bandung merupakan salah satu tempat wisata di Bandung untuk wisata edukasi dan sejarah ,jika kalian ingin wisata alam di bandung  yang murah meriah silahkan datang ke Museum Konferensi Asia Afrika. Museum ini mengandung kenangan sebuah hajatan dunia yang terkenal, yaitu  Konferensi Asia Afrika yang diselenggarakan di Bandung pada 18-24 April 1955 lalu dengan hasilnya yang manjur dengan sebutan Dasa Sila Bandung, yaitu sebuah pedoman bangsa-bangsa terjajah di dunia dalam perjuangan menghasilkan kemerdekaan.

Tempat wisata murah di Bandung yang ini mempunyai rancang arsitektural Art Deco, didirikan dengan bahan lantai dasar marmer yang didatangkan langsung dari Italia. Ruangannya dibuat dari kayu Cikenhout yang sangat kuat dan berpenerangan lampu kristal. Museum Konferensi Asia Afrika adalah bagian yang tak terpisahkan dari Gedung Merdeka. Harga tiket masuk murah banget yaitu Rp. 2.500,- buat orang dewasa dan Rp.1.500,- buat anak-anak.

Wisata Yang Hitzz di Bandung
  • Sanghyang Heuleut

wisata ke bandung

Sanghwang Heuleut adalah tempat wisata yang menarik di Bandung yang belum diketahui oleh banyak orang. jadi, tempat wisata ini masih sangat asri, tidak banyak pengunjung dan juga polusi. Sanghyang Heuluet berada di Kecamatan Rajamanda Kulon, Cipatat, Bandung Barat. Tempat wisata ini merupakan sebuah danau yang dikelilingi perbukitan batu disekitarnya . Perbukitan batu tersebut  yang menjadikan Sanghyang Heuleut tidak begitu populer seperti tempat wisata yang menarik di Bandung dan sekitarnya yang lain. Di Sanghyang Heuleut Anda bisa berenang di danau tersebut , melakukan kemah atau sekadar mengabadikan keindahan alamnya dengan berfoto.Akan tetapi, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan ketika mengunjung Sanghyang Heuleut seperti jangan datang ketika musim hujan karena jalan yang licin dan tentunya danau yang pasti akan meluap. Selain itu, karena belum terjamah oleh banyak manusia, objek wisata Sanghyang Heuleut belum mempunyai fasilitas yang memadai seperti toilet umum dan warung. Meski begitu sekali Anda datang ke Sanghyang Heuleut, Anda tidak akan pernah menyesal karena pemandangan alamnya yang sangat memesona.

  1. Paket Wisata Bandung Murah

Wisata alam cimahi Paket wisata bandung murah buat kalian yang ingin memasuki Alam Wisata Cimahi tidak dikenakan tiket alias gratis. Akan tetapi buat menikmati aneka wahana yang ada pengunjung dibandrol dengan harga yang tertera dibawah ini:

ATV  rider :Rp. 20,000

Panahan :Rp. 15,000

Paintball :Rp. 20,000

Berkuda : Rp.10,000

Naik delman :Rp. 5,000

Menangkap ikan :RP. 10,000

Becak mini: Rp.10,000

Kereta mini : RP.15,000

Taman kelinci : Rp.10,000

Flying fox :Rp. 20,000

Hi-rope :Rp. 20,000

Memancing ikan :Rp. 15,000

Restoran Alam Wisata Cimahi juga bisa memanjakan lidah dan perut anda mulai dari masakan tradisional khas Sunda juga menu chinesse food dan western jadi banyak pilihan kuliner yang dapat memanjakan siapa saja yang datang. Ikuti juga paket wisata edukasi tentang pertanian dan perternakan. Untuk informasi lebih lanjut dan detail  silahkan menghubungi pengelola Alam Wisata Cimahi di nomor telepon ini  022 – 27 00 228.

  1. Paket Wisata ke Bandung

Harga tiket ke bandung buat kalian yang ingin berlibur ke badung yaitu: Rp 199.500,- /pax

Jumlah orang  Harga/Pax:

9 Orang           Rp 235.000,-/Pax

8 Orang           Rp 255.000,-/Pax

7 Orang           Rp 199.500,-/Pax

6 Orang           Rp 225.000,-/Pax

5 Orang           Rp 253.500,-/Pax

4 Orang           Rp 295.000,-/Pax

3 Orang           Rp 355.500,-/Pax

2 Orang           Rp 490.000,-/Pax

Destinasi wisata:

  • De Ranch
  • Kebun Bunga Begonia
  • Floting Market
  • Farm House
  • Oleh oleh khas Bandung
  • Harga Sudah Termasuk :
  • Transportasi ac sesuai kapasitas + sopir + bbm + tol & parkir
  • Tiket masuk wisata yang tertera
  • Harga Tidak Termasuk :
  • Tiket wahana dalam lokasi wisata
  • Makan siang dan malam.
  • Keperluan Pribadi.

Kebijakan:

  • Harga diatas adalah harga termurah, dapat berubah setiap waktu.
  • Harga akan kami hitung kembali sesuai dengan permintaan.
  • Harga diatas untuk 1-7 orang menggunakan Avanza / Xenia / Apv.
  • Harga diatas untuk 8-9 orang menggunakan Elf short.
  • Tujuan wisata yang berbeda memungkinkan untuk harga yang berbeda.
  • Mengenai penawaran harga yang sesuai dengan permintaan Anda, silahkan hubungi kami.
  • Kami juga menyediakan paket wisata Bandung Exclusive.
  • Tidak berlaku untuk High Season.

Dari artikel saya kali ini yang membahas tentang wisata alam di bandung , apakah kalian suka ? Itulah destinasi kota bandung yang paling popular tahun ini dari yang murah sampai dari wisata yang baru diketahui orang banyak, demikian artikel yang saya buat dan jika ada kekurangan dalam penulisan artikel kali ini , mohon maaf sebenar benarnya, eits,, jangan lupa ya baca juga artikel saya yang lainya, terima kasih.