Seru, Inilah Wisata Di Gresik Tidak Boleh Di Lewatkan

Kabupaten Gresik merupakan salah satu wilayah yang berada di Provinsi Jawa Tmur yang berbatasan dengan Kota Surabaya dan Selat Madura di sebelah timur. Sementara di bagian selatan berbatasan langsung dengan Kabupaten Sidoarjo dan Mojokerto. Jika anda berfikir kalau kota  gresik dikenal sebagai kawasan industri saja anda sepertinya perlu tau wisata di gresik yang akan kami bahas agar anda tau gresik juga punya tempat yang sangat indah.

Banyaknya tempat wisata yang berada di kota gresik ini akan membuat anda ingin menjelajah kesemua tempat tersebut. Apalagi pantainya yang selalu ramai dengan banyak pengunjung disaat liburan, Dan sebenarnya masih banyak lagi wisata di gresik yang tidak boleh terlewatkan.

Kami bahas mengenai beberapa tempat wisata yang berada di kota gresik mulai dari  pantainya hingga lain lain silakan di simak :

Pantai Dan Pulau Di Kota Gresik Rekomended

Dengan semakin banyaknya tempat wisata yang berada di kota kota besar yang cukup indah , Disini Kota Gresik tidak ingin kalah dan ingin mamerkan kalau kota ini juga memiliki  tempat wisata pantai yang sangat indah bahkan bisa jadi lebih indah dari beberapa  pantai yang berada di kota lain. Berikut adalah Pantai dan pulau yang berada di kota gresik yang di jamin sangat indah :

1. Pantai Bawean

pantai bawean gresik

Pantai Bawean Gresik ini terletak sekitar 120 Kilo Meter dari Kabupaten Gresik. Pulau Bawean memiliki daya tarik tersendiri berupa beningnya air laut dan juga terdapat  berbagai jenis terumbu karang yang masih di lestarikan.

Tak hanya itu pantai di pulau ini pun sangat bersih dan indah. Hamparan Pantai pasir putih gresik ini sangat bersih dan masih alami sangat menambah pesona pulau ini. Apalagi wisata pantai di gresik ini belum banyak orang tau sehingga tak jarang di kunjungi oleh wisatawan. Anda bisa bermain dan berenang dengan sangat nyaman. Pulau ini juga sudah sangat terkenal dengan penangkaran rusanya.

Semua orang yang pergi berlibur pastinya selalu menginginkan suasana nyaman dan tempat indah. Karena dengan suasana tersebutlah, mereka akan mendapatkan ketengan batin dan jiwa yang akhirnya berimbas pada segarnya fikiran dan kembalinya semangat untuk menjalani kehidupan ataupun aktifitas di hari mendatang.

Semua yang anda butuhkan untuk mendapatkan kenyamanan dan kepuasan tersebut ada pada di pulau ini. Disamping halnya dengan keramahtamahan penduduknya, objek – objek wisata di sana juga sangat lengkap.

Anda bisa menikmati hampir semua jenis objek wisata seperti wisata bahari, wisata alam dan wisata fauna pada pulau ini. Selain menyatu dengan bawean, objek-objek wisata tersebut juga ada yang terpisah, namun bisa dinikmati di lokasi yang tidak terlalu jauh dari pantai.

Untuk bersenang senang di Pulau / pantai bawean gresik  anda perlu menempuh perjalanan, Anda dapat memanfaatkan akses transportasi laut yang tersedia berada di Pelabuhan Gresik. Biasanya ada tiga armada kapal yang selalu melayani rute perjalanan ke pulau bawean, yaitu armada Bahari Ekspres, armada Natuna Express, dan armada Gili Iyang.

Biayapun hanya satu kali perjalanan biasa nya berkisar antara mulai dari 70 – 130 ribuan rupiah. Untuk waktu tempuh nya sendiri, jika tidak ada halangan akan memakan waktu sekitar 4 sampai dengan 5 jam perjalanan atau bisa kurang dari itu.

Jika waktu yang ditempuh tersebut dirasa terlalu lama, ada satu lagi akses transportasi yang bisa Anda pakai, yaitu transportasi udara. Ya meski pun biaya tiket nya sendiri cenderung lebih mahal, namun waktu perjalanan nya akan menjadi jauh lebih singkat dan efektif,sehingga jatah waktu liburan Anda di pulau bawean bisa menjadi lebih banyak.

2. Pulau  Noko Gili

Pulau Noko Gili

Pantai Pulau Gili adalah salah satu pantai  yang berada di Pulau Bawean. Pulau Bawean sendiri adalah pulau yang terletak sekitar 80 Mil atau 120 km di sebelah utara gresik, tepatnya ada di laut Jawa. Secara administrasi, Pulau Bawean masih termasuk dalam wilayah pada Kabupaten Gresik. Siapa sangka, ternyata pulau yang memiliki sekitar 70.000 penduduk ini menyimpan banyak sekali pantai yang sangat indah. Salah satunya sendiri adalah Pantai Pulau Gili.

Pulau Bawean ini memiliki dua kecamatan, yaitu kecamatan Sangkapura dan Kecamatan Tambak. Pulau Bawean juga sering disebut dengan pulau Putri karena legendanya yang beredar dengan pesat tentang adanya seorang putri raja meninggal di pulau ini.

Meski belum banyak dikenal, seperti di Pulau Bali atau Karimun Jawa. Pantai di gresik ini sebenarnya pulau ini menyimpan banyak pesona wisata bahari yang tidak kalah dengan pulau – pulau tersebut. Apalagi pantai – pantai yang ada di pulau Bawean belum banyak terjamah wisatawan, tidak terkecuali Pulau Gili. Maka tidak heran jika kebersihan dan ke eksotisan dari Pulau Gili masih sangat terjaga.

Untuk bisa sampai ke Pulau Gili yang sangat indah, kita memang harus menempuh perjalanan laut ke Pulau Bawean terlebih dahulu. Setelah kita sampai ke Pulau Bawean, barulah kita melanjutkan perjalanan ke Pulau Gili yang berada pada di sisi timur pulau Bawean.

Ada 3 pilihan kapal Ferry menuju pulau Bawean yang bisa dipilih sesuai dengan jadwal, kecepatan, dan kapasitas yang cukup berbeda – beda. Jika sudah sampai ke pulau Bawean, kita bisa melanjutkan perjalanan ke Pulau Gili.

Selama perjalanan menuju ketempat wisata yang berada di sekitar pulau Bawean dan Pulau Gili hampir tidak ada penunjuk jalan ataupun tour guide resmi. Karena itu, jika anda ingin berkunjung ke Pulau Gili, sebaiknya anda mencari guide lokal untuk menghindari kemungkinan anda tersesat.

3. Pantai Delegan

pantai delegan gresik

Bila tengah berliburan di Kabupaten Gresik, jangan lupa untuk bertandang ke tempat wisata pantai. Satu diantara pantai yang sangat populer adalah Pantai Delegan gresik. Walau dulunya tak demikian disukai orang orang, pada saat ini Pantai Delegan sudah dikelola dengan baik serta beralih jadi tempat favorite banyak wisatawan untuk menghabiskan waktu berlibur disini.

Pantai yang dikenal juga dengan sebutan Wisata Segoro Indah Delegan (Wisid) ini, berada di Desa Delegan, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik, Propinsi Jawa Timur. Jaraknya sekitaran 40 km dari pusat Kota Gresik.

Pantai Delegan sendiri memiliki daya tarik dari pasir putih dengan ombak yang tidak terlalu tinggi. Deretan payung yang menyewakan ban pelampung akan kita jumpai di pinggir pinggiran pantai. Sebagai salah satu tujuan wisata populer, Pantai Delegan sudah memiliki berbagai fasilitas yang dibutuhkan oleh wisatawan

Untuk anda yang ingin kesana bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Bila memakai kendaraan pribadi, Anda bisa langsung segera menuju Kabupaten Gresik di Jawa Timur. Untuk mempermudah perjalanan, Anda bisa memakai aplikasi GPS yang sudah ada  di ponsel anda untuk memandu perjalanan Anda. Setelah tiba di Gresik, perjalanan bisa di lanjutakn segera menuju Pantai Delegan dengan panduan dari GPS.

4. Pulau Noko Selayar Bawean

Pulau Noko Selayar Bawean

Noko Island. Sebuah pulau yang tak berpenghuni yang berada di Bawean yang memiliki luas area 1 km2. Akhir – akhir ini, pulau Noko sering menjadi incaran para pelancong.

Meskipun tidak selapang Gili Island, tapi pulau noko menampilkan pemandangan yang bakal membuat pengunjung tertawan hatinya.

Seluruh daratan di objek wisata tersebut merupakan berpasir putih. Jadi, seperti hamparan pasir putih tanpa batas. Tapi, masih ada beberapa pepohonan yang tetap tumbuh.

Mirip halnya dengan Pulau Gersik atau Kesik di Kecamatan Selat Nasik, Kabupaten Belitung. Bedanya, di sana masih terdapat aktifitas warga, seperti nelayan yang menangkap ikan dan lain – lain.

Penduduk sekitar masih sangat menjaga kondisi ekosistem terumbu karang di pulau yang berada di Provinsi Bangka Belitung itu.  Jadi tidak heran bila sumber daya hayati tersebut masih sangat terawat dan hanya sedikit yang rusak.

Pantai di Pulau Noko sendiri terbilang cukup dangkal, membuat pasir putih di bagian dasarnya semakin terlihat jelas. Apalagi dari air lautnya berwarna biru jernih. Arusnya juga tampak tenang, sehingga Anda dapat bermain – main di pesisir tanpa harus takut terseret arus.

Bila ingin menikmati surga di bawah lautnya, Anda disarankan untuk melakukan snorkeling. Cukup dengan membayar Rp75.000,- dengan rincian Rp50.000 untuk naik perahu dan Rp25.000,- untuk sewa peralatan.

Kapan lagi Anda bisa mengagumi kecantikan dan mengambil gambar dengan biota laut, berbagai jenis ikan serta terumbu karang tanpa harus membayar mahal?

Letak Pulau Noko yang berada di Dusun Pamona, Desa Sidogedungbatu, Kecamatan Sangkapura, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Menurut peta, jaraknya dari kota Semen sekitar kurang lebih 129 km.

Cara untuk menuju ke lokasi hanya dapat dengan melalui jalur laut. Jadi, bila berangkat dari Gresik, pengunjung bisa langsung menumpang kapal penyeberangan. Tarifnya lumayan menguras isi dompet, yakni sekitar kurang lebih Rp150.000,- untuk yang tercepat. Dengan kapal itu, Anda akan sampai di Bawean dengan cepat dalam waktu kurang dari 4 jam.

Dari sana, lanjutkan perjalanan selama 15 menit dengan menyewa kapal nelayan yang bersandar pada Jembatan Apung. Harganya juga terbilang cukup mahal, sekitar Rp300.000,-.

Karena belum ada campur tangan manusia dalam perawatannya, Pulau Noko terlihat sangat bersih, elok dan mengagumkan. Layak dikunjungi oleh wisatawan yang ingin mencari ketenangan setelah berhari-hari disibukkan oleh pekerjaannya.

Sayangnya, zona wisata tersebut masih minimnya fasilitas. Jika tempat pelesir pada umumnya menyediakan beberapa sarana dan prasarana yang memadai, seperti toilet, mushola dan sebagainya, di Noko Island Anda tidak akan menjumpai satu pun dari mereka.

Penginapan di Noko Island juga belum ada. Jadi, bila ingin bermalam, Anda dapat mendirikan tenda yang di bawah sendiri dari rumah atau sewa. Begitu pula halnya dengan warung makanan. Sehingga, disarankan untuk membawa bekal yang cukup sebelum menyeberang. Hanya terdapat satu gazebo yang cukup kecil. Itu pun harus berebutan dengan pengunjung lain jika ingin menggunakannya. Pulau ini sangat rekomended untuk yang ingin ber wisata di gresik.

Tempat Wisata Bukit Gresik

Selain Pantai ada tempat wisata di gresik lainnya berupa bukit yang memperlihatkan keindahannya dari segala sisi yang ada. Berikut adalah bukit bukit yang paling rekomen buat anda yang sedang berkunjung di gresik :

1. Bukit Jamur

Bukit Jamur Gresik

Di Gresik ternyata ada destinasi wisata bukit yang bentuknya mirip jamur. Bukit ini ternyata merupakan tempat wisata di gresik bekas galian kapur yang sudah lama telah ditinggalkan. Akibat pengikisan alami, batuan di wilayah ini pun akhirnya terbentuk secara alami menyerupai kumpulan jamur. Waktu yang tepat untuk berkunjung ke sini adalah pada pagi hari ataupun sore hari ketika matahari tidak panas panasnya.

Anda hanya perlu mengeluarkan uang 10,000 Rupiah bisa bebas berkeliling area perbukitan. Berada di Bukit Jamur ini akan memberikan pengalaman berpetualang menyerupai di negeri dongeng. Cocok juga untuk kamu yang senang berburu foto.

Tidak seperti jamur yang tumbuh di tempat yang lembab, Bukit Jamur ini justru berada di daerah pertambangan kapur yang cuacanya teramat panas. Lokasi dari Bukit Jamur ini tepatnya di Desa Bungah, Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik.

ambil dari arah Gresik Kota menuju ke arah barat melewati jalur Pantura. Kemudian dari Jembatan Sungai Bengawan Solo Sembayat akan bertemu dengan Pertigaan Bungah. Dari pertigaan ini belok ambil ke kiri. Kalian dapat mengikuti arahan  yang ada menuju bukit.

Dari petunjuk tersebut kurang lebih 1 km di sebelah kanan jalan ada gang masuk ke pertambangan bukit kapur dan proyek perumahan bernama Pondok Bungah Indah. Ikuti gang tersebut hingga ujung jalan menjumpai pertigaan lalu belok kiri. Lalu kemudian cukup ikuti jalan hingga terlihat Bukit Jamur di sebelah kanan jalan.

Jalur lain yang bisa ditempuh misalnya melewati petunjuk dari arah Tuban. Dari pertigaan Bungah ikuti jalan lurus sekitar kurang lebih jaraknya sekitar 700 meter. Di sebelah kiri kanan jalan terlihat Gedung Serba Guna Tiga Putra Sport Center. Sedangkan pada sebelah kiri terdapat jalan masuk ke proyek pertambangan. Ikuti jalan tersebut hingga terlihat Bukit Jamur yang berada di sebelah kanan jalan.

2. Bukit Kapur Sekapuk Gresik

Bukit Kapur Sekapuk Gresik

Bukit Kapur Sekapuk memang sebenarnya bukanlah tempat wisata, karena tempat ini adalah sebenarnya lokasi penambangan. Bekas aktivitas penambangan di sini  justru membentuk tebing -tebing dan lorong – lorong kapur unik dan indah yang menjadikan alasan beberapa wisatawan datang dan berfoto foto di sini sampai akhirnya menjadi cukup fenomenal di instagram.

Alamat dari Bukit Kapur Sekapuk ini berada di Kabupaten Gresik yang  terletak di provinsi Jawa Timur, Indonesia. Tepatnya di Sekapuk, Ujung pangkah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur 61154. Untuk menuju Bukit Sekapuk ini .

Sebenarnya ada 2 rute  untuk ke  Bukit kapur  ini ,Jika Anda dari arah Timur, Anda bisa mengambil rute menuju ke arah kota Gresik, lalu menuju arak jalur Pantura Lamongan ke Ujung Pangkah dan  langsung menuju Desa Sekapuk hingga sampai ke Gunung Kapur Sekapuk. Jika Anda datang dari arah Barat, Anda bisa langsung mengambil jalur ke Lamongan, Paciran, jalur Pantura Gresik, Ujung Pangkah, Desa Sekapuk, dan langsung menuju arah Gunung Kapur Sekapuk.

Begitu sampai, Anda akan Langsung bisa melihat barisan bukit kapur masif dan panjang. Bukit-bukit kapur ini memang menjulang hingga Desa Cangaan atau sekitar ketinggian 3 km. Bebatuan berwarna putih itu niscaya akan membuatmu merasa kecil karena sangking besarnya.

Seperti kawasan lain wisata kota Gresik lainnya, udara di Bukit Kapur terasa sangat panas. Jangan lupa untuk menggunakan sunblock saat berfoto foto di sana. Jika ingin lebih aman, lebih baik tunggu sampai sore, sampai matahari  sedikit tidak panas.

3. Bukit Bintang Gresik

bukit bintang gresik

Tak lengkap rasanya jika hanya liburan saat pagi sampai sore saja. Mengenai tempat wisata malam yang pas saat berada di Gresik, tampaknya bukit yang satu ini bisa menjadi destinasi yang pas bagi Anda jika ingin merasakan liburan malam hari di gresik. Terlebih lagi bukit bintang ini menawarkan panorama yang sangat indah yang memikat banyak pasang mata.

Tempat ini memang banyak merekomendasikan untuk malam hari, hal ini terlebih lagi karena bintang yang bersinar pada malam hari dan tampak berkilau jika dilihat malam hari dari bukit ini. Untuk lokasinya ini sendiri berada di Desa Ngargosari.

Bukit Bintang gresik. Ini adalah tempat wisata  malam yang menyajikan panorama alam Kota Gresik dari ketinggian dan berbagai macam menu makanan lezat. Bahkan, Jembatan Suramadu juga bisa kalian lihat dari atas ketinggian Bukit Bintang.

Selain bisa melihat bintang – bintang yang berada langit, Anda juga bisa melihat pabrik pabrik dari atas bukit ini. Dengan kata lain, selain cahaya bintang, cahaya dari lampu pabrik – pabrik yang menyala juga akan menambah kilauan malam dari sudut pandang bukit ini dan menambah kesan indah pada malam hari.

Datanglah ke Bukit Bintang pada malam hari agar view yang terlihat semakin menambah kesan keren. Kerlap – kerlip lampu penduduk Kota Gresik kelihatan begitu indah, desiran angin malam menambah suasananya yang kian romantis.

Tempat Nongkrong Keren Di Gresik

Dari Beberapa Tempat wisata tadi mungkin anda akan merasa puas, karena setiap tempat wisata di gresik ini memperlihatkan keindahan dari segi kotanya maupun tempat  itu sendiri. Tapi disini kita juga akan membahas tempat Nongkrong di gresik yang rekomended yang cocok untuk anak anak muda jaman sekarang :

1. Gili Hills Coffe House

Gili Hills Coffe House

Tempat nongkrong yang satu ini, kamu bisa menikmati makanan dan minuman sambil melihat pemandangan indah yang ada di kota Gresik dari ketinggian. Gak cuma itu, di cafe ini juga banyak spot foto yang cukup membuat anda senang para pemburu foto. Didalam ruangan ataupun diluar ruangan semuanya terlihat sangat bagus. Apalagi kalau malam hari, lampu hias yang  menyala buat  kesan cafe ini  semakin keren.

Tempat ini sangat cocok buat tempat nongkrongnya anak muda, karena dari segi desain coffe house ini terlihat cukup modern bergaya klasik. Cafe yang lagi hits yang satu ini lokasinya berada di Jalan Awikoen Tirta No.2, Sidomoro, Kebomas, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Buka setiap hari dari pukul 13.00-24.00 malam dan khusus hari Jumat buka mulai pukul 14.00.

Cafe yang satu ini terdiri dari 2 lantai, lantai satu terbagi jadi area indoor dan outdoor. Area outdoor yang keren, furnitur outdoor bergaya vintage disediakan cocok buat anak muda yang mau menikmati suasana alam yang masih hijau. Di area indoor lantai satu tersedia berbagai fasilitas yang  cukup lengkap, mulai dari mushola hingga kamar mandi bergaya natural.

Yang unik lagi, sewaktu lagi menaiki anak tangga lantai dua, anak tangga itu terbuat dari parket dan kaya melayang gitu. Tapi tak perlu takut, soalnya ngeliat dari bahan dan kekuatannya, aman kok pastinya.

Di lantai dua, berbagai pernak – pernik vintage yang banyak banget. Tapi ada yang lebih segar di bagian interior lantai dua ini. Kafe ini walaupun memakai konsep vintage, tetapi buat pemilihan cat memakai pilihan warna – warna pop art. Jadi hasilnya itu suasananya terlihat segar dan enggak ngebosenin.

2. Kedai Puncak Gresik

kedai puncak gresik

Konsepnya terbilang hampir mirip dengan konsep kafe di Giri Hills Coffee House, Kedai Puncak Gresik ini juga menawarkan tempat makan yang menawarkan juga keindahan Kota Gresik dari atas ketinggian. Tidak cuma itu, makanan yang ada pada  kafe ini juga enak – enak.

Mungkin saja kafe ini boleh saja kalau disebut bukit bintang, karena gemerlapnya lampu dibawah terlihat indah begitupun bintang yang di atas langit. Sambil makan dan menikmati secangkir kopi tidak lupa untuk mengabadikan momen ini. Tempatnya juga bagus dengan adanya dekorasi yang pastinya sesuai dengan gaya anak muda jaman sekarang. Ada hal menarik yang bisa temui di kafe ini, yaitu semua pengunjung yang datang kesini ingin duduk paling pojok, mungkin karena viewnya juga yang sangat bagus, kalau yang pojok sudah pergi nanti yang sebelahnya pasti geser kesitu begitupun seterusnya dan seterusnya.

Lokasi dari Kedai Puncak, Beralamatkan di Jalan Awikoen Tirta Ngargosari Kebomas Gresik, kalau dari arah Perempatan Kebomas, menuju ke arah  Jalan Dewi Sekardadu (Pertigaan Tlogo Pegat) , Naik ke arah Putri Cempo, lalu sesampai di Pertigaan Perumahan Andalusia Cluster langsung Belok kiri Naik ke arah Makam Putri Cempo, sebelum sampai puncak belok kanan, ada sebuah kafe yang berlantai 2, menghadap ke arah stadion Gelora Joko Samudro Gresik .

3. Gubuk Taman Sari

gubuk taman sari

Jika Anda hobi nongkrong, tetapi sedang mencari tempat nongkrong yang asyik dan romantis, maka Gubuk Taman Sari ini kami rekomendasikan buat Anda.

Foto – foto seputar cafe Gubuk Taman Sari ini sudah cukup banyak yang tersebar di Instagram, dan terlihat sangat klasik tapi sangat keren. Di Tempat ini menyediakan berbagai menu spesial yang bisa Anda nikmati, dan juga desain- desain dinding yang sangat keren cocok buat kamu yang hobi banget untuk berfoto foto

Gubuk Taman Sari, tempat nongkrong santai dengan suasana pedesaaan yang sedang hits di Gresik.

Karena mengusung dengan tema pedesaan, perabotnya pun dari kayu – kayuan, ada pagar bambu, lengkap dengan genteng dari bahan jerami. Namun, payung-payung yang tergantung memberi sentuhan modern tersendiri.

Dibangun dengan interior yang sangat unik, jelas menarik pelanggan untuk selalu berkunjung. Apalagi masih baru. Buruan datang sebelum tempatnya ramai.

Nongkrong beramai – ramai hingga malam juga tak perlu khawatir soal harga. Menu kuliner Gresik yang dijual juga cukup terjangkau. Pesan berkali – kali pun tidak akan bikin kantong jebol. Terkadang ada juga penampilan band akustik yang bisa jadi hiburan tersendiri.

Tepatnya terletak Jalan KH Syafi’i no 100, desa Suci, kecamatan Manyar, kabupaten Gresik, Jawa Timur. Kamu bisa ke sana dengan memanfaatkan GPS yang terpasang di ponsel, alamat tersebut sudah tercantum di peta Google.

Letak dari kafe yang sangat strategis dan akses jalan yang lancar, ini tentu memudahkan kamu untuk berangkat ke sana. Gubuk Taman Sari buka setiap hari mulai dari pukul 16.00 sampai 12.00 WIB.

Jadi itulah beberapa tempat yang paling rekomended bisa di sebut juga tempat wisata gresik

Mulai dari Pantainya, Bukitnya,Dan Tempat nongkrong nya yang menawarkan tempat makan berserta dengan pemandangan kota gresik. Jadi itu saja yang dapat kami bahas mengenai wisata di gresik , Lantas Anda Sudah menemukan tempat yang cocok untuk liburan di kota gresik ? apa ada tempat yang Anda sukai kami sebutkan?.