Seru Abissss, Inilah Wisata di Probolinggo Harus Dikunjungi

Probolinggo merupakan salah satu Kota di Jawa Timur, Kota ini mempunyai sejuta pesona dan panaroma alam yang menakjubkan dan masih banyak lagi yang lainnya, wisata di probolinggo juga punya banyak objek wisata yang keren dan eksotis, mulai dari Situs wisata budaya, situs wisata bersejarah, dan spot foto foto kekinian yang ta kalah dengan tempat wisata lainnya, seperti pantai, Pulau, sampai air terjun yang sangat memanjakan mata dan harus dan wajib kalian kunjungi.

di Probolinggo ini juga memiliki banyak tempat-tempat destinasi alam yang keren yang tak kalah dengan wisata di Jika Anda punya rencana untuk berlibur ke wisata di probolinggo, Jangan khawatir akan keeksotissannya, Kota ini memiliki berbagai wisata pilihan untuk bisa Anda coba . Jika slama ini di Probolinggo jarang terdengar ada tempat yang keren untuk berlibur, namun ternyata kota kota besar lainnya seperti Semarang, Jogja ataupun Kota besar lainnya.

Baiklah supaya tidak terlalu panjang lebar, langsung saja ke titik tujuan artikel ini yang kami buat, Artikel ini bertujuan Untuk memudahkan Anda menemukan tempat wisata di Probolinggo yang paling indah dan ta kalah keren dari lainnya , ini lah yang terbaru dan di rekomendasikan untuk Anda Jelajahi lebih dalam. Berikut kami ulas secara singkat tempat tempat Wisata di Probolinggo Terbaru yang harus segera Anda kunjungi.

Wisata di Probolinggo merupakan salah satu tempat wisata terfavorit bagi wisatawan baik lokal maupun luar daerah, tidak sedikit tempat wisata di Probolinggo sukses menarik wisatawan luar negeri dan mampu menompang perekonomian masyarakat sekitar. Kota Probolinggo adalah merupakan salah satu sebuah kota yang memiliki jumlah penduduk terbesar dan terbanyak urutan ke-empat, jika ditempuh dari kota Surabaya memerlukan jarak tempuh sekitar 100 km.

Jika kita pernah mendengar kota manggur mungkin merupakan sebuah sebutan untuk kota Mangga dan Anggur yaitu probolinggo karena di kota tersebut produksi buah mangga dan anggur cukup besar di banding kota lainnya, Kota probolinggo juga mendapatkan predikat kota Seribu Taman dikarenakan lingkungannya yang bersih dan tatanan hijau kotanya.

Dibalik kebersihan dan penghasilan buah mangga dan anggur yang amat besar ternyata wisata Probolinggo menjadi perhatian tersendiri bagi masyarakat Indonesia, ada beberapa tempat wisata di Probolinggo yang perlu anda kunjungi, sebagian dari tempat wisata tersebut telah banyak dikenali oleh masyarakat karena akan keindahan dan kemewahannya, berikut daftar tempat wisata Probolinggo yang wajib anda datangi saat liburan.

1. Gunung Bromo

tempat wisata di probolinggo

Gunung Bromo yang berada di 4 daerah yang tepatnya di jawa timur salah satunya yaitu di Probolinggo, gunung ini memiliki ketinggian mencapai hingga 2.392 meter ini masih aktif dan terkenal sebagai tempat wisata yang keren dan wajib di kunjungi tepatnya yang berada di Jawa Timur dengan pengunjung terbanyak pada saat weekend maupun libur panjang tiba, tidak hanya masyarakat sekitar atau wisatawan lokal saja yang berkunjung ke tempat wisata ini namun begitupun juga wisatawan asing pula ikut seta datang mengunjungi ke tempat wisata ini.

2. Gunung Argopuro

tempat wisata probolinggo

Gunung Argopuro adalah termasuk salah satu tempat wisata terfavorit  di jawa timur yang bertempat di Probolinggo, gunung argopuro merupakan bekas gunung berapi aktif yang mempunyai ketinggian 3.088 meter, gunung yang mempunyai beberapa puncak ini cukup banyak dikunjugi oleh para wisatawan terutama puncak Rengganis, Gunung ini memiliki sisa peninggalan purbakala dan dijadikan tempat penelitian hingga sampai saat ini yaitu puncak berundak.

3. Pulau Gili Ketapang

pantai di probolinggo

Tempat wisata selanjutnya di probolinggo adalah gili ketapang, pulau ini terletak di Selat madura dan mempunyai jarak 8 km dari bibir pantai Probolinggo, pantai yang indah di Gili Ketapang mempunyai kesan tersendiri dan tidak ditemukan di tempat wisata lain, di pulau ini anda bisa menikmati snorkeling bawah laut, terumbu karang dan indahnya hamparan laut biru.

4. Air Terjun Madakaripura

wisata probolinggo terbaru

Tempat wisata air terjun di Probolinggo, jawa timur yang paling terkenal sekali adalah air terjun Madakaripura yang berlokasi di Kecamatan Lumbang, tempat ini termasuk kawasan Taman nasional Bromo Tengger Semeru, pemandangan yang indah dan tempatnya yang asri membuat tempat ini banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun asing terutama pada saat hari libur.

5. Air Terjun Umbulan

wisata di probolinggo2

Air terjun Umbulan merupakan salah satu wisata unggulan di Probolinggo, air terjun ini bahkan pernah menjadi nominasi air terjun tercantik di Indonesia, air terjun ini berada di Desa Sukapura, Probolinggo dan jaraknya tidak jauh dengan air terjun Madakaripura.

Selain air terjun umbulan masih banyak air terjun lainnya di Probolinggo diantaranya adalah :

Air terjun watu lawang yang berada di Desa Ngepung

Air terjun triban yang juga bertempat di Desa Ngepung

Air terjun kedung amis

Air terjun Sumber pakis II

Air terjun darungan

Air terjun kali pedati

6. Arung Jeram Sungai Pekalen

wisata pantai probolinggo

Sungai pekalen menjadi wisata yang terfavorit bagi para pecinta olahraga air yaitu arung jeram, sungai yang melewati di tiga kecamatan yaitu Kecamatan Tiris, Maron dan Gading ini mempunyau jarak 25 km dari pusat kota Probolinggo, banyak wisatawan yang datang ke sungai pekalen untuk rafting dengan keluarga.

7. Danau Ronggojalu

Danau Ronggojalut merupakan termasuk sebuah danau di mana tempat penampungan air yang bersih untuk sarana pengairan para petani maupun mata air industri dan rumah tangga, selain tak hanya sebagai sumber air tempat ini juga merupakan tempat wisata di Probolinggo yang sangat banyak dikunjugi oleh warga ini terutama warga setempat, biasanya pada hari minggu disekitaran bibir danau banyak keluarga yang berkunjung untuk refresing bersama keluarga.

8. Danau Agung

Danau Agung juga menjadi salah satu tempat wisata di Probolinggo terfavorit berikutnya, danau ini tercipta dari letusan gunung berapi Lamongan dan sampai kini pun masih tetap aktif, danau ini memiliki pemandangan luar biasa yang tentunya enak untuk dilihat, danau agung ini bertempat di Desa Ranu Agung, Kecamatan Tiris.

9. Wisata Mangrove BJBR Probolinggo

wisata probolinggo bjbr

Wisata mangrove BJBR Probolinggo merupakan sebuah hutan mangrove untuk wisata pendidikan yang paling utama, terletak di pesisir pantai Mayangan, BJBR sendiri memiliki kepanjangan yaitu Beejay Bakau Resort ini diresmikan pertama kali pada tahun 2013 dan menjadi tempat wisata yang unik dan cocok sekali untuk dikunjungi.   

10. Museum Probolinggo

Museum di Probolinggo yang paling terpopuler adalah museum yang bertempat di Jalan Suroyo no. 7 Probolinggo, museum ini memiliki koleksi benda-benda bersejarah yang memegang penting dalam sejarah adanya kota Probolinggo, wisata pendidikan ini banyak didatangi terutama oleh siswa siswi di Kabupaten Probolinggo.

11. Macam macam wisata pantai probolinggo

Pantai Bentar

wisata pantai probolinggo3

merupakan salah satu pantai di Probolinggo yang memiliki keeksotisan objek yang sangat mempesona. Karena keindahan objek tesebut pemandangan yang disajikannya, pantai ini cukup terkenal hingga ke luar daerah. Jangan kaget apabila anda berkunjung kesini anda akan menjumpai banyak para wisatawan yang bukan berasal dari Probolinggo.

Tempat yang Paling terfavorit bagi wisatawan  berkunjung ke tempat ini yaitu jembatan kayu sepanjang 50 meter yang menjorok ke tengah laut. Dengan background laut lepas,  jembatan kayu ini memang menawarkan spot cukup baik untuk “selfie” atau foto bersama keluarga maupun dengan lainnya. Tak hanya para remaja, bahkan para orang tua pun banyak juga yang berfoto ria di tempat ini. Di tempat ini tersedia pula fasilitas seperti toilet, tempat parkir, dll sangatlah memadai bukan. Sehingga hal tersebut membuat wisatawan wisatawan yang menghabiskan waktu liburan di pantai ini merasa nyaman dan betah.

Pantai Bentar amat banyak dipenuhi pepohonan yang amat rimbun, sehingga para wisatawan wisatawan yang merasa kepanasan akibat sinar matahari yang sangat menyengat pada saat siang hari dapat berteduh di bawah sela sela pepohonan yang rimbun tersebut. Selain itu juga wisatawan wisatawan yang ingin menikmati jajanan atau makanan khas Probolinggo tersebut bisa juga dapat rehat di warung warung kecil yang berada di sekitar area pantai tersebut.

Wahana permainannya pun juga tak kalah menarik yaitu menaiki kereta pantai. Khusus untuk para pengunjung yang berlibur bersama keluarga mereka dapat mengajak buah hati nya untuk berkeliling sekitar pantai menggunakan kereta ini. Adapun tiket yang harus dibayarkan ketika hendak naik kereta ini juga cukup murah, yaitu hanya Rp. 4000 saja.

Kereta Pantai

Meskipun pantai ini cukup terkenal, namun tarif tiket masuknya sangat murah dan terjangkau, yaitu  Rp 4.000 bagi orang dewasa dan Rp. 3.000 bagi anak anak. Dengan harga tiket yang amat ramah kantong ini, Wisata Pantai Bentar ini menjadi pilihan yang cocok sekali untuk destinasi liburan bersama keluarga maupun dengan pasangan.

Lokasi pantai Bentar probolinggo terletak di desa Curahsawo, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo. Jika anda berangkat mulai dari Banyuwangi Menuju ke kota Probolinggo melalui jalur pantura, anda akan melewati pantai ini.

 Pantai Duta

Pantai Duta,asal mulanya dari akrononim dari nama desa Randutatah. Keistimewaan pantai ini adalah pemandangan saat matahari terbenam yang begitu indah dan desiran angina pesisir yang sejuk di bawah pohon pinus, merupakan kawasan paling timur di Kabupaten Probolinggo. pantai ini identik dengan pantai Lombang yang berada di Kabupaten Madura Sumenep.

Pantai Duta yang sebelumnya dipromosikan sebagai pusat mangrove oleh pemerintah daerah ini mendadak booming, Pantai Duta menjadi viral di sosmed, terbukti dengan membludaknya para wisatawan sebesar 50% pada liburan akhir tahun 2016 kemarin. Pantai yang dibuka sejak awal 2014 ini terus menarik perhatian wisatawan lokal dan mancanegara dari tahun ke tahun.

Di pantai Duta, selain banyak sekali ubur-ubur yang bisa kita temukan saat musim transisi di setiap tahunnya, sering juga disinggahi oleh ikan paus hiu Bentar (Rhincodon typus) yang bermain main di pantai ini, hiu paus yang berukuran sekitar 5-8 meter terlihat unik bermain sejak awal Januari tahun 2017. Untuk melihat sekawanan hiu paus yang sedang bermain tersebut, kamu bisa menggunakan jasa kapal dengan jarak tempuh sekitar 0,26 mil dari laut atau sekitar 500 meter dari pantai. Ikan pemakan plankton ini memikat perhatian para wisatawan yang dating ke sana, karena ini merupakan pertama kalinya sebuah kawanan hiu paus yang juga sering sekali disebut sebagai hiu macan tutul, sering muncul di perairan Pantai Duta Paiton.

Wahana permainan yang juga dapat juga dinikmati di pinggir laut adalah dengan bermain pasir pantai yang lembut tentunya yang sangat disukai oleh para anak-anak. Selain itu, wisata pantai yang juga di sebut hutan mangrove ini telah memiliki 1000 pohon pinus yang sangat teduh dan cocok untuk bermain untuk anak-anak, oleh karena itu Pantai Duta dijadikan Mangrove Centre, Selain sebagai cagar alam, Mangrove Centre juga merupakan Eduwisata dan Wisata Bumi Perkemahan. Ada juga yang unik pada pantai Duta ini,adalah ayunan yang berada di pinggir pantai yang cocok sekali menjadi spot foto , apalagi ketika sunset.

Untuk saat ini jalan menuju ke pantai Duta masih sedikit kurang bagus dikarenakan masih dalam proses perbaikan. Tapi setelah sampai di lokasi tempat wisata, setelah melewati ikon Pantai Duta, kamu akan memasuki pintu masuk ikon pantai Randu Tatah yang telah dilengkapi dengan tiang lampu yang menggunakan panel surya sebagai energi utamanya. Jadi meski terletak di pedesaan, namun pantai Duta ini sudah menggunakan teknologi modern yang tak kalah dengan lainnya.

Fasilitas yang tersedia di resor ini yaitu, tempat shalat atau mushola, kamar mandi, WC. Banyak juga warung yang menjual berbagai jenis makanan bagi kamu yang sedang menginginkan wisata kuliner disini. Namun Pantai Duta sendiri tak sama seperti tempat wisata lainnya pada umumnya, untuk dapat menikmati keindahan pantai duta, kamu tidak perlu membeli tiket masuk. Hanya saja pihak pengelola menarik biaya untuk kebersihan lingkungan yaitu berupa tarif parkir. Parkir untuk kendaraan bermotor roda dua Rp.5.000, mobil Rp.10.000 dan untuk minibus atau truk dikenakan Rp.15.000.

Pantai pasir putih probolinggo

merupakan salah satu pantai yang terletak di Selat Madura dengan pasir putih bersih yang membentang di sepanjang bibir pantai. Pantai ini sangatlah populer bagi masyarakat di Jawa Timur hal itu dikarenakan wisata ini menawarkan sejuta panorama yang menakjubkan. Ketika berkunjung ke wisata ini para wisatawan akan menjumpai warna warni koral dan ikan ikan lucu yang berkerumun di terumbu karang.

Panorama pantai pasir putih situbondo ombaknya yang tenang memberi pesona tersendiri yang indah dan memungkinkan para wisatawan untuk ber-eksplorasi melihat lihat pemandangan di bawah laut. Di sekeliling pantai ini terdapat pepohonan yang amat rimbun. Sehingga para wisatawan yang berkunjung pada saat siang hari dapat berteduh di rimbun nya pepohonan ini.

Pada saat musim liburan datang, di wisata Pasir Putih ini sering mengadakan berbagai macam event yaitu, mulai dari konser musik, lomba perahu, memancing dan lain lain.

Fasilitas yang ada di lokasi wisata juga cukup memadai sekali, sehingga hal tersebut membuat pengunjung yang berwisata ke pantai ini merasa nyaman. Fasilitas umum yang tersedia untuk pengunjung antara lain yaitu;

  • Musholla
  • Pusat oleh oleh (Souvenir)
  • Kamar mandi
  • Bangku untuk bersantai
  • Kantin

setelah bermain main di pantai, pengunjung dapat bersantai di sebuah warung warung yang menjual beraneka ragam jenis makanan dan minuman, sambil memanjakan mata menikmati keindahan panorama laut.

Ketika berkunjung ke tempat wisata ini, ada beberapa aktivitas amat menarik yang dapat dilakukan oleh para pengunjung. Wisata ini menawarkan berbagai aktivitas seru seperti;

  • Berenang
  • Berlayar menggunakan “Cano”
  • Snorkeling (Menyelam)
  • Memancing
  • Cross ATV
  • Dll

Aktivitas yang disebutkan diatas hanyalah beberapa aktivitas saja, dan masih banyak lagi aktivitas aktivitas lain yang dapat anda dilakukan baik bersama pasangan maupun keluarga. Selain itu, pantai ini juga dikenal sebagai tempat penghasil ikan. Tak jarang ketika musim liburan tiba banyak masyarakat Jawa Timur yang berkunjung ke tempat ini untuk mendapatkan ikan segar dengan harga yang sangat murah.

Pantai Pasir Putih Situbondo terletak di jalur Pantura Jawa Timur, lebih tepatnya di Kab. Situbondo, Kec. Bungatan, Desa Pasir Putih, Dsn. Kembangsambi. Lokasi nya yang strategis ini mudah untuk ditemukan.

 Rute Menuju Pantai Pasir Putih Situbondo.

Ada dua rute yang dapat di lalui ketika hendak berkunjung ke wisata ini, yaitu dari arah timur dan dari arah barat. Jika anda berangkat dari arah timur, maka rute yang harus ditempuh adalah Banyuwangi langsung menuju ke Situbondo dan Apabila berangkat dari arah barat, maka rute yang harus anda ditempuh yaitu dari Probolinggo langsung menuju ke Situbondo. Kedua rute ini berada di jalur Pantura. Dengan melewati jalur Pantura, sesampainya di Situbondo anda akan menjumpai papan nama dimana yang menunjukkan lokasi pasir putih berada.

Tempat Wisata probolinggo.

pasir putih probolinggo

Dengan julukan “Kota Seribu Taman”, tentunya ada banyak tempat wisata di Probolinggo yang rekomended banget untuk dijadikan destinasi keluarga di Jawa Timur. Namun tak hanya itu saja, terdapat juga beberapa spot wisata yang tak kalah keren lainnya yang wajib kamu explore.

Probolinggo bukanlah tujuan wisata utama di Jawa Timur, namun wilayah ini memiliki beranekaragam destinasi unik yang sangat menarik sekali untuk dikunjungi.

Jika ingin mengagendakan liburan keluarga anda di Probolinggo, maka anda tidak perlu khawatir ataupun cemas. Karena Probolinggo mempunyai berbagai objek wisata pilihan dengan keindahan alam yang mengagumkan dan eksotis.

Kamu bisa berfoto ria sepuas yang kamu mau di Wisata BJBR ini, tempat nongkrong yang asik yaitu di Alun-alun Kota Probolinggo, snorkeling di Gili Ketapang, sampai menanti sunset dan sunrise yang indah di sekitar pantai Bentar .

 Wisata Bjbr Probolinggo.

BJBR Probolinggo pertama dibangun pada tahun 2013, dan langsung disambut hangat oleh para wisatawan. informasi tentang keberadaan tempat wisata itu pun tersebar luas dengan sangat cepat. Tidak heran jika Wisata BJBR Probolinggo selalu dipenuhi para wisatawan dari luar daerah.

Objek wisata ini tengah menjadi bahan omongan di kalangan paraTraveller. Hal tersebut dikarenakan desain yang dibuat sangatlah amat unik, dimana para wisatawan dapat berjalan jalan mengelilingi hutan mangrove melalui sebuah jalan buatan yang terbuat dari kayu kelapa. Suasana yang tenang membuat pengunjung betah untuk berlama lama ditambah dengan semilir angin yang sangat sejuk. Selain itu juga terdapat bangku bangku kecil disetiap sudut belokan yang dapat digunakan untuk anda bersantai.

BJBRProbolinggo sangat cocok untuk dijadikan objek Fotografi. Keindahan pohon mangrove yang disertai dengan jalan setapak yang terbuat dari kayu, sangat tepat sekali untuk di jadikan latar belakang foto pra-wedding atau sekedar foto selfie bersama dengan pasangan maupun keluarga.

Objek iniadalah salah satu objek yang hampir tidak pernah dilewatkan oleh wisatawan ketika berkunjung ke BJBR Probolinggo. Hampir setiap semua pengunjung “Selfie” dengan berbagai banyak macam gaya ketika bertemu Icon dari wisata BJBR ini. Kebanyakan orang mengenal BJBR melalui gambar Icon tersebut, yang tersebar baik melalui internet maupun media sosial.

Selain namanya yang unik, objek ini diyakini mempunyai nilai mistis tersendiri. Dimana ketika seorang pasangan dan memasang kan gembok dengan menuliskan namanya, maka hubungan kedua orang tersebut bakalan langgeng.

Gembok cinta sebetulnya memiliki sebuah filosofi, kalian tahu gembok? pada umumnya setiap satu gembok memiliki satu kunci yang cocok. begitupun sebaliknya dengan hati kita yang hanya memiliki satu tempat untuk seseorang yang paling pas dengan diri kita.

Tepat pada bagian pintu masuk ada sebuah patung kuda yang sangat unik dan lucu, dimana patung tersebut di kenakan pelapis yang terbuat dari kumpulan pipa pipa besi.

Sebuah replika atau patung Kapal Pinisi buatan yang mengingatkan anda akan sejarah masa lalu. Untuk mereka yang sebelumnya hanya dapat melihat melalui gambar saja, melalui BJBR Probolinggo ini mereka akan lebih tau wujud asli dari kapal Pinisi seperti apa bentuknya, meskipun Kapal tersebut hanya sebuah replica tiruan saja.

Wisata Probolinggo BJBR dibangun tepat di tepi pantai. Jadi, selain mengambil foto dengan latar belakang pohon bakau, pengunjung juga dapat selfie atau berfoto ria dengan background laut dan gunung yang mempesona.

Pemandangan Laut dan Gunung

Sebuah Patung menyerupai bentuk “Globe” melayang disertai juga dengan semburan air. Patung ini sangat amat mirip dengan patung bola dunia yang ada di Universal Studio Singapura.

Bola Dunia/Globe BJBR

Pada saat berkunjung ke sebuah tempat wisata, hal yang paling menjadi prioritas utama yaitu keamanan. Pengelola BJBR Probolinggo tentunya sadar akan hal ini. BJBR Probolinggo mempunyai area parkir yang cukup amat luas, dimana kendaraan bermotor dan mobil ditempatkan secara terpisah. Dan petugas parkir selalu menjaganya secara ketat. Selain itu, semua pengunjung diperiksa satu persatu ketika saat hendak memasuki pintu masuk.

Tidak ketinggalan pula fasilitas-fasilitas lainnya seperti Musholla, toilet, Café juga disediakan dii sana. Semua para pengunjung merasa nyaman dengan adanya fasilitas-fasilitas tersebut. Karena selain dapat mempermudah ketika saat beribadah, mereka juga dapat bersantai atau beristirahat melepas lelah sambil menikmati camilan dan minuman.

Cafe Bungalow BJBR

Sebuah kafe yang cukup mewah yang terdapat di area wisata Probolinggo BJBR. Untuk tempat penginapan, setidaknya harus merogoh kocek sebanyak 750.000. Memang yang membuat mahal bukanlah menu yang ditawarkan, melainkan yaitu suasana pada tempat tersebut.

Ada 3 macam jenis tiket yang di tawarkan kepada wisatawan yang berkunjung ke BJBR Probolinggo yaitu:

Tiket masuk gerbang pelabuhan : Rp.3000,

Tiket masuk BJBR : Rp.10.000

Tiket parker kendaraan : Rp.2000

Jadi biaya yang harus dikeluarkan kurang lebih yaitu Rp.15.000. Dan tidak menutup kemungkinan jika adanya perubahan harga nantinya.

Wisata Probolinggo Terbaru.

Jembatan Biru

jembatan biru

Lokasi, Bago Pakuniran. Kab. Probolinggo, Jawa Timur

Bromo Camp House

bromo camp

Lokasi, Ds. Sapikerep Sukapura, Kab. Probolinggo, Jawa Timur

Madakaripura Forest Park

Madakaripura Forest Park

Lokasi, Negororejo, Lumbang, Negororejo, Lumbang, Probolinggo, Jawa Timur 67255

Hutan Damar

hutan kurcaci

Lokasi, Gn. Argapura, Kalianan, Krucil, Probolinggo, Jawa Timur

Gunung Argapura

Lokasi, Kalianan, Krucil, Probolinggo, Jawa Timur.

Itulah beberapa tempat Objek Wisata di Probolinggo yang Menarik dan wajib direkomendasikan untuk Dikunjungi pada saat Anda berada atau memutuskan untuk liburan di Kota Probolinggo. Semoga Artikel ini bermanfaat bagi para pembaca. Tetap selalu jaga lingkungan ya Guys, jangan sampai membuang sampah sembarangan dan tetap jagalah kearifan lokal saat kalian berkunjung ke Kota Probolinggo. Semoga Liburanmu di Probolinggo Menyenangkan dan Puas Pastinya!