Wisata Kuliner Bali Yang Menjadi Pilihan Favorit Untuk Dicoba

Memang banyak tempat-tempat dan destinasi pariwisata di Indonesia yang menarik dan tentunya jadi pemikat untuk banyak orang di Indonesia ataupun para wisatawan yang sudah berlibur di negara tercinta ini. Salah satu tempat yang memiliki daya pikat liburan dan kuliner yang sangat menarik adalah  wisata kuliner bali. Di tempat pulau yang satu ini banyak banget hal yang memikat contohnya saja tempat-tempat yang mempesona, kebudayaan yang sangat kental dan tidak kalah juga adalah kuliner bali yang enak dan wajib dikunjungi. Pulau Bali selain tempatnya yang indah, destinasi wisata kuliner bali lezat dan murah juga menjadi buruan banyak wisatawan. Seperti yang kita tahu pulau bali ini tidak pernah sepi dari pengunjung.

Tempat kuliner di bali yang rekomendasi

kuliner di bali yang wajib kalian kunjungi dan kalian coba saat liburan, berikut adalah nama-nama makanan yang terkenal di kalangan kuliner yang ada di Bali.

  1. Ayam Bakar Bumbu Kuning Cak Iwan

wisata kuliner bali

Rumah Makan Cak Iwan yang berada di Kota Denpasar, Provinsi Bali, Indonesia ini menampilkan menu makanan yang patut kalian coba. Menu spesial yang populer di rumah makannya adalah “Ayam Bakar Bumbu Kuning” yang mempunyai cita rasa yang special di lidah. Tidak ada salahnya mengunjungi tempat ini bareng keluarga untuk mencicipi menu kuliner di tempat ini.

  1. Nasi Ayam Kedewetan Ibu Mangku

kuliner di bali

Pulau Dewata yang indah ini menjadi salah satu surganya makanan, kalau kalian lagi jalan-jalan ke Ubud, jangan sampai ketinggalan mencoba Nasi Ayam Kedawetan Ibu Mangku. Sebenarnya ada banyak warung Makan yang menjual menu masakan ini di Jalan Kedawetan, Ubud, Bali, tapi dari banyaknya Warung Makan, Warung Nasi Ayam Kedawetan Ibu Mangku yang paling enak terekomendasikan, karena rasanya yang beda dengan yang lain. Warung Nasi Ayam Ibu Mangku buka mulai dari jam 08:00-18:00,

Lokasi  : Jalan Raya Kedawetan No. 18, Ubud, Gianyar, Bali, Indonesia.

  1. Nasi Campur Men Weti

wisata kuliner di bali

Warung makan ini berlokasi di daerah Sanur, warung ini sudah sangat populer disekitar orang lokal mayarakat Bali. Warung makan ini hanya menjual menu “Nasi Campur khas Bali” yang di mana dalam penyajiannya ada dari berbagai macam lauk pauk dan sayuran yang melimpah serta membuat sehat pastinya.

Warung makan ini sudah buka mulai pukul 07:00 sampai makanan habis. tempatnya sangat sederhana hanya duduk menggunakan kursi diluar warung.

Lokasi  : Berdekatan dengan Pantai Sanur Bali, sekitar 50 meter dari bibir pantainya atau Jl. Segara Ayu, Sanur, Bali, Indonesia.

  1. Sanur Night Market

Sanur Night Market adalah salah satu tempat terfavorit untuk mencari makanan murah dan enak layaknya makanan khas kaki lima, jajanan pasar, dan lain lain. Wisata yang satu ini wajib untuk kalian jadikan wisata keluarga, selain tempatnya strategis pengunjungnya akan puas berkeliling dengan anggota keuarganya. Di Pasar Sindhu Night Market Sanur juga ada penjual berbagai macam barang-barang yang sangat menarik untuk kita miliki.

Lokasi  : Jl. Pasar Sindhu No. 5, Sanur, Denpasar, Bali, Indonesia. Sesuai dengan namanya pasar ini di buka dari pukul 17:00 – 22:00.

  1. Bale Udang Mang Engking

kuliner khas bali

Restaurant terbaik Bali yang selanjutnya adalah sebuah kedai bernama Bale Udang Mang Engking yang mana menampilkan sajian masakan khas Sunda. Dalam pelayanannya, restaurant ini layaknya mengapung di atas kolam. Restoran yang terkenal ini buka mulai jam 10:00 sampai pukul 22:00 yang bertempat di Jalan Nakula 88, Sunset Road, Kuta, Provinsi Bali, Indonesia.

Wisata kuliner malam di bali

Buat kalian yang suka kelaparan ditengah malam dan lagi jalan-jalan di Kota Bali. Kami merekomendasikan beberapa tempat kuliner malam di bali.

  1. Mannekepis

Menikmati kuliner Belgia dengan tambahan musik jazz di malam hari pastinya akan membuat suasana yang berbeda. Mannekepis memberikan pelayanan yang berbeda dengan suasana yang nyaman. merasakan enaknya waffle dengan banyak toping yang beragam yang akan membuat perutmu kenyang.

Jika perut sudah lapar maksimal, kamu bisa memesan steak dengan sausnya yang bercita rasa Belgia. Harga juga cukup terjangkau dan tidak membuat kantong atau budget liburan menipis akibat rasa lapar di malam hari. Kalau kalian menginap di sekitar Seminyak, kalian cukup dengan berjalan kaki menuju ke jalan Raya Seminyak, Kuta, Kabupaten Badung, Bali untuk mendapatkan makanan tersebut.

  1. Zibiru

kuliner malam di bali

Mau cari tempat dinner yang tidak terlalu ramai tapi tempatnya nyaman? Zibiru menjadi salah satu destinasi yang cocok bagi kalian yang mencari kuliner malam menjelang tidur. Menikmati cita rasa dari tangan Chef Luigi Calcagno yang bisa memberikan suasana Italia di pulau dewata. Semua daftar makanan seperti Fitturina, Buratta Tagliolini dan yang lainnya dibuat dengan bahan-bahan segar untuk menjaga kualitas rasa. Menu yang lezat dipadukan dengan tempat yang sangat nyaman dan rindang pepohonan dengan penataan yang artistik. Zibiru ini juga menyediakan rooftop bagi yang mau menikmati makanan sambil melihat langit Bali disaat malam hari.

  1. Nasi Pedas Ibu Andika

wisata kuliner bali halal

Masakan lokal masih mempunyai pesona dan tidak bisa kita tinggalkan. Terlebih untuk mulut  yang suka sama rasa pedas bercampur bumbu rempah yang menambahkan nafsu makan kita. Nasi Pedas Ibu Andika akan menyelesaikan masalah kelaparan kalian, dengan banyaknya sajian hidangan yang dicampur dengan variasi resep khusus Jawa.

Untuk tempat, sebagai warung memang berbeda dengan resto-resto lainnya, namun sajian makanan dan sambal yang pedas akan mengingatkan kamu akan rumah. Sangat menggiurkan ketika melihat semua menu di display pada etalase kaca, terlebih harganya juga sangat bersahabat. Cicipi rasa kuliner di kuta bali dengan menuju ke jalan Raya Kuta Gang Kubu No 120C, Benoa, Badung, Kuta Selatan.

  1. Warung Indonesia

kuliner malam bali

Lapar di malam hari memang tak bisa dihindari, terlebih setelah berkeliling menjelajah Bali yang tentunya menguras tenaga. Warung Indonesia bisa menjadi penyelamat rasa laparmu di malam hari dengan menu andalannya Nasi Campur. Meski dimasak dengan resep khas Indonesia, namun resto yang berada di kawasan Poppies Lane II, Gang Ronta, Kuta Bali ini juga digemari oleh para wisatawan mancanegara. Harganya cukup terjangkau dengan porsi yang banyak serta rasa yang begitu lezat dan berkualitas.

  1. Warung Nyoman

kuliner halal di bali

Selama di Bali sempatkan untuk menikmati menu khas Pulau Dewata yang juga tak kalah lezat. Warung Nyoman adalah destinasi yang pas bagi kamu yang ingin merasakan kelezatan Ayam Betutu dengan sambal lawarnya. Silahkan menikmati menu yang disediakan di warung yang terletak di Jalan Raya Bedugul yang akan membuatmu jatuh cinta.

9 Tempat wisata kuliner khas bali yang recommend

  1. Bali Strawberry Farm & Restaurant Bali

kuliner bali halal

Kuliner bali yang kedua merupakan sebuah tempat agrowisata stroberi yang berada di jalan raya baturiti, Bedugul. Jadi ketika kalian sambil menikmati beberapa menu wisata kuliner bali di tempat ini, kamu juga dapat berkeliling tempat agrowisata stroberi dan di pastikan bahwa teman-teman bisa mendapatkan pemandangan yang sangat luar biasa indahnya. Bagaimana tidak menarik, tempat ini selain sebuah restoran juga terdapat beberapa kebun stroberi, dimana kalian jika berkunjung ke tempat ini juga dapat menikmati buah stroberi yang sudah matang.

Dataran tinggi di Bedugul memang terlihat sangat cocok untuk bercocok tanam menanam buah stroberi. Beberapa menu kuliner yang di hadirkan di restoran dan agrowisata ini salah satunya seperti es krim stroberi, nasi goreng stroberi, kue stroberi dan milk shake stroberi. Semuanya serba stroberi.

  1. Sanur Night Market Bali

Tempat kuliner di bali yang ketiga adalah sebuah tempat yang banyak orang menyebutnya sebagai Pasar Sindhu. Ada Berbagai macam kebutuhan pokok di tempat ini dan biasanya buka pada pagi hari sampai siang hari yang berlokasi di Jalan Danau Temblingan.

Ciri khasnya Pasar Sindhu ini pada saat malam hari akan berubah menjadi salah satu tempat kuliner malam di bali, pada malam hari akan menampilkan berbagai macam makanan. Mulai dari makanan kelas berat, makanan ringan dan tidak lupa ada beberapa minuman segar. Tempat ini buka sampai dengan jam 12 malam.

  1. Cafe Degan Bali

kuliner di kuta bali

Wisata kuliner bali selanjutnya adalah sebuah tempat yang menyediakan aneka makanan yang lezat dan tentunya bisa membuat banyak orang yang mendatanginya betah karena arsitektur cafenya seperti rumah joglo khas dari jawa yang menampilkan suasana klasik yang indah.

Menu makanan bali di tempat ini adalah makanan yang tradisional Indonesia dan juga Thailand contohnya misalkan tahu telor, gai hor bai toey dan pad thai. Jika kalian ingin mencicipi makanan yang ada di sini silahkan langsung datang ke Jalan Petitenget 9, Seminyak.

  1. Bakers Corner Bali

Daftar wisata kuliner di bali yang selanjutnya ialah sebuah tempat yang menampilkan pastry dan aneka kue yang enak banget yaitu Bakers Corner. Macam macam jenis roti dan kue di sini banyak disediakan dengan tampilan dan rasa yang enak, telah di pastikan para wisatawan atau pengunjung akan merasakan kelezatannya.

Selain makanan yang berbentuk roti dan kue, Bakers Corner ini juga menampilkan makanan lainnya contohnya bebek krispy dan sop buntut yang sangat enak dan gurih. Jika kalian ingin mencoba atau mencicipi makanan yang satu ini, kalian bisa langsung datang ke Jalan Teuke Umar 173, Denpasar.

  1. Bale Udang Mang Engking Bali

tempat kuliner di bali

Kuliner bali yang lezat selanjutnya adalah sebuah tempat wisata kuliner bali yang terkenal dengan nama Bale Udang Mang Engking. Tempat kuliner ini menyediakan makanan khas sunda yang di masak dengan bertempatkan layaknya saung yang mengapung di atas kolam, pastinya akan menjadi pengalaman kuliner yang sangat menarik.

  1. Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku Bali

wisata kuliner bali

Kuliner di bali yang tidak pernah sepi pengunjung dan merupakan wisata kuliner bali halal yaitu tempat makan Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku. Menu yang di sediakan di tempat makan bali ini adalah ada banyak seperti ayam, nasi sate lilit, sambal kacang teri, telur, sambal pedas dan urap.

Bertemakan lesehan, Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku ini berada di Jalan Kedewatan 18, Ubud. pastinya Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku ini adalah tempat wisata kuliner bali yang paling lezat, karena tempat ini sangat ramai pengunjung yang datang.

  1. Warung D’ Sawah Bali

kuliner di bali

Kuliner bali yang wajib banget kalian kunjungi adalah sebuah tempat makan yang menghadirkan pemandangan sawah yang sangat asri dan sejuk. Bahkan saja tempat makan yang satu ini berhasil meraih Certificate of Excellence 2013 yang di dapatkan dari TripAdvisor.

  1. Mama San Bali

wisata kuliner di bali

Tempat wisata yang satu ini di namakan Mama San Bali yang memiliki desain yang sangat luar biasa indah dan elegan dari sisi bangunan dan makanan yang di hidangkan. Berbagai makanan yang di sediakan di tempat ini contohnya seperti makanan khas Indonesia, makanan khas Kamboja, makanan Khas Thailan dan makanan khas Vietnam.

menu makan yang wajib untuk kalian coba adalah crispy lamp ribs with ginger dan thai fish cake. Café ini Buka setiap hari dari jam 11 siang sampai 2 siang dan buka lagi dari jam 6 sore sampai jam 11 malam, alamatnya ada di Jalan raya Kerobokan.

Masakan khas dari daerah Bali

Bali merupakan Salah satu destinasi favorit wisatawan, baik dari dalam negeri ataupun mancanegara. Banyak kuliner yang diciptakan di pulau ini, dari makanan khas nya yang enak sampai café café restaurant yang cocok buat kalian yang eksis di social media, di bali tidak hanya memiliki kuliner halal di bali, ada juga makanan yang tidak halal contohnya masakan yang berasal dari hewan babi, tapi jangan salah lohh. Masakan yang terbuat dari babi juga banyak di minati oleh para pengunjung dan menjadi salah satu kuliner khas bali. Yuk simak macam macam kuliner khas dari bali yang cocok buat lidah kalian,

  1. Bebek Betutu

kuliner khas bali

Dahulu wisata kuliner bali , bebek betutu ini berasal dari Kuta, Bali ini merupakan makanan yang banyak disukai para raja di Bali. Cara memasaknya cukup menarik, yakni daging bebek yang sudah dibumbui harus dipijat-pijat lebih dahulu. Dengan dipijat-pijat daging bebek bakal menjadi empuk dan bumbunya meresap hingga ke tulangnya. Bebek yang sudah dipijat lalu dibungkus dengan memakai daun pisang atau daun pinang lalu dipanggang menggunakan api sekam. Cara memasak bebek betutu membutuhkan waktu berjam-jam sampai bebek betutu hanya dimasak saat ada acara adat atau upacara keagamaan. Selain masakan tradisional bebek betutu, ada juga ayam betutu. Beda kedua masakan ini hanya dari teksturn dagingnya saja. Salah satu tempat makan yang menjual bebek betutu yang populer adalah Desa Melinggih, Kecamatan Payangan, Kabupaten Gianyar.

  1. Babi Guling

kuliner malam di bali

kalian pasti telah mendengar masakan tradisional khas dari Bali. Babi guling (be guling) berasal dari anak babi yang perutnya berisi bumbu dan sayuran, contohnya daun ketela pohon, lalu dipanggang dengan cara diputar-putar (diguling-gulingkan) sampai masakan telah matang. Pertama kali babi guling cuman disajikan untuk upacara adat atau keagamaan. Tetapi dengan perkembangan jaman, babi guling telah dijual di berbagai macam warung warung dipinggir jalan.

  1. Bubur Mengguh

wisata kuliner bali halal

Bubur mengguh adalah bubur khas yang berasal dari daerah Bali utara (Buleleng) makanan ini sering disajikan saat upacara adat. Bubur mengguh dibuat dari beras dan santan yang disajikan dengan ayam suwir yang lalu dibumbui dan disiram kuah ayam kental dan urap sayur yang disiapkan terpisah. rasanya sangat lengkap, perpaduan gurih dan pedas dengan renyahnya sayur urapnya begitu cocok dilidah.

  1. Serombotan

kuliner malam bali

Srombotan adalah sayuran khas Klungkung, Bali berbentuk lalapan sayur seperti kangkung, kacang panjang, dan kubis yang diberi bumbu yang dipanggil kalas. Kalas merupakan santan yang diberi kunyit tumbuk, lengkuas, bawang merah, bawang putih, ketumbar dan sedikit kencur setelah itu dimasak sampai kental. Kalas menjadi ciri khas srombotan. Srombotan ini harus dihidangkan menggunakan bumbu kacang dan bumbu pedas yang dicampur hingga rata.

  1. Nasi Jinggo

kuliner halal di bali

Nasi jinggo (atau nasi jenggo) adalah makanan khas Bali yang berupa nasi putih yang di bungkus menggunakan daun pisang dengan lauk pauk dan sambal. nasi disajikan berukuran satu kepalan tangan saja dan lauk pauknya biasanya berupa sambal goreng tempe, serundeng dan ayam suwir. Kata orang orang jaman dahulu nama nasi jingo berasal dari kata jinggo (jenggo) dari bahasa Hokkien jeng go yang berarti seribu lima ratus. Sebelum krisis keuangan tahun 1997, nasi jinggo ini dijual Rp 1.500,00 per porsi.

  1. Lawar

kuliner bali halal

Lawar merupakan masakan berbentuk macam macam sayur-sayuran yang telah direbus, kelapa yang dipanggang, dan daging cingcang yang sudah dibumbui. Daging yang dipakai contohnya daging sapi, babi, ayam, itik, dan penyu. Sementara sayurannya berupa buah nangka muda, pepaya muda, daun jarak, dan kacang-kacangan. Ada banyak macam macam lawar. jika dilihat dari warnanya, ada lawar putih dan lawar merah. Lawar merah merupakan lawar yang menggunakan campuran darah dari daging yang dimasak. lawar dinamakan seperti dengan jenis daging atau jenis sayuran yang digunakan, contohnya lawar babi dan lawar nangka.

  1. Nasi Tepeng

kuliner di kuta bali

Nasi tepeng merupakan makanan tradisional khas Bali dari Gianyar, Bali. Rasa pedah dicampur rempah rempah yang khas karena dimasak menggunakan basa genep, yakni campuran lengkap rempah-rempah (spices and herbs). Nasi tepeng disajikan dengan sayur-sayuran contohnya kacang panjang, kacang merah, nangka muda, terong, daun kelor, dan kelapa parut. Nasi tepeng yang disajikan dengan menggunakan daun pisang ini telah menjadi salah satu jenis sarapan yang wajib dikunjungi saat ke Gianyar karena makanan ini merupakan kuliner bali halal.

  1. Sate Plecing

tempat kuliner di bali

Sate plecing di Bali bahanya ada yang menggunakan daging ayam, babi, ataupun ikan laut. Keistimewaan sate ini adalah biasanya sate pada umumnya disajikan dengan bumbu kacang, tetapi sate plecing disajikan dengan bumbu plecing. Plecing ini merupakan makanan khas Indonesia dari Lombok dan Bali. Rempah rempah Bumbu Plecing adalah sambal tomat yang dibuat dari cabai rawit, garam, terasi, tomat, dan kadang diberi tetesan jeruk limau.

  1. Sate Lilit

wisata kuliner bali

Sate lilit berasal dari ikan yang telah dihaluskan lalu diberi tepung serta bumbu-bumbu khas Bali. Sate lilit dimasak dengan cara melilitkan daging ikan pada batang serai. Rasa sate ini sangat khas, rasanya adalah perpaduan antara pedas, wangi, manis dan gurih dengan aroma dari batang serai. tak hanya sekedar nikmat dan enak, sate lilit pun sehat karena rendah lemak.

  1. Tum Ayam

kuliner di bali

Tum ayam merupakan makanan tradisional khas Bali yang pengolahanya sama seperti masakan pepes. Daging ayam yang dicincang dan dibumbui dengan bermacam macam rempah dan santan, lalu dibungkus menggunakan daun pisang dan dikukus.

Tips menghemat budget makan saat berwisata kuliner

Kalian para traveling tidak mau kehabisan uang saat berwisata kuliner? disini kita akah berbagi tips bagaimana cara menghemat budget saat kuliner.

  1. Atur Waktu Makan dengan Tepat

Pengeluaran uang makan bisa menjadi makin membengkak akibat tidak makan tepat waktu sesuai dengan jadwal yang seharusnya, kalian pasti lebih banyak membeli cemilan daripada makanan berat. Kalian harus menghindari kegiatan itu, karna membeli cemilan dapat membuat kantong kalian terkuras.

  1. Tentukan Budget untuk Makan

Kalian harus memperhitungkan budget untuk makan, hindari tempat makan yang berharga mahal. Jangan sampai kalian melewati batas budget yang kalian perhitungkan.

  1. Jangan Sembarangan Masuk Restoran

Kalian harus menela’ah restaurant mana yang mempunyai harga makanan yang mahal, kalian juga harus cermat mencari restaurant yang mempunya harga murah. kalian bisa membaca restaurant atau tempat makan yang murah dari membaca artikel kami.

  1. Hindari Makan di Restoran Hotel

Kalian harus menghindari makan di restoran hotel karena harga makanan yang ditawarkan di sana kemungkinan akan jauh lebih mahal dari berbagai restoran lain di luar. Sebagian besar restoran yang berada di hotel akan mengambil harga yang sangat tinggi untuk makanan yang mereka jual di sana.

  1. Manfaatkan Voucher Restoran

Jika kalian memiliki voucher makanan di restoran berkelas dengan harga yang cukup murah. dengan voucher ini pengalaman kuliner bisa didapatkan dengan harga yang ramah di kantong, sampai tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak untuk mendapatkan menu mewah yang kalian ingin cicipi nanti.

  1. Cek Harga sebelum Memilih Restoran

Kalian harus membedakan restoran mana yang punya kualitas makanan yang tinggi tapi mempunyai harga yang murah.

  1. Pilih Menu dengan Harga yang Masuk Akal

Jangan memesan makanan dengan harga yang tidak masuk akal, sebab itu akan membuat uang kalian cepat habis.

  1. Kelola Biaya Makan dengan Cerdas

Kalian juga harus menjaga pola makan kalian dengan teratur.

Nahh, buat kalian semua yang hobi traveling. Kalian wajib banget baca artikel ini, apa lagi saat kalian traveling ke pulau dewata bali. Kalian tidak perlu susah untuk mencari masakan yang khas dari daerah bali yang super duper enak, kalian bisa menemukan banyak refrensi dari artikel ini. kalau kalian lagi ada di bali, jangan lupa buat mencicipi kuliner khas dari pulau dewata ini ya. Selain tempat wisatanya bali juga memiliki masakan khas yang tidak kalah enak dari daerah lain, kuliner dibali buka saat pagi menjelang tengah malam loh, jadi kalau kalian kelaparan saat jam jam dini hari. Kalian tidak perlu khawatir, kalian bisa mencari makanan saat jam jam tengah malam. Yuk cobain berbagai macam wisata kuliner bali yang cocok buat kalian.